Wahid Priyono

Blogger

Web Designer

Freelancer

Teacher

Writer

Content Creator

Badminton Lovers

Wahid Priyono

Blogger

Web Designer

Freelancer

Teacher

Writer

Content Creator

Badminton Lovers

#BlogPost

#AmbilLangkahMu Untuk Belajar Koding di Era Society 5.0

4 Juli 2021 Teknologi
#AmbilLangkahMu Untuk Belajar Koding di Era Society 5.0

Di era masyarakat society 5.0 atau super smart society (society 5.0), maka kebutuhan manusia akan teknologi dan komunikasi semakin berkembang pesat. Kita mengenal adanya teknologi internet, aplikasi digital seperti yang sering kita instal dari Google Playstore, teknologi penyimpanan data cloud, big data, kecerdasan buatan (Artificial Intelligence), dan lain sebagainya tersebut sangat dibutuhkan pada bidang karir di dunia profesional.

Mengutip sedikit dari halaman Ditpsd Kemdikbud, bahwa era society 5.0 adalah masyarakat yang dapat menyelesaikan berbagai tantangan dan permasalahan sosial dengan memanfaatkan berbagai inovasi yang lahir di era Revolusi industri 4.0 seperti Internet on Things (internet untuk segala sesuatu), Artificial Intelligence (kecerdasan buatan), Big Data (data dalam jumlah besar), dan robot untuk meningkatkan kualitas hidup manusia. Society 5.0 juga dapat diartikan sebagai sebuah konsep masyarakat yang berpusat pada manusia dan berbasis teknologi.

lustrasi era Society 5.0
lustrasi era Society 5.0, sumber gambar: RDK FM UNJ

Peluang untuk karir dan bisnis di era society 5.0 ini sangat terhampar luas, tinggal tergantung manusianya saja, apakah mau mencari peluang untuk dijadikan rintisan bisnis atau tidaknya. Semuanya itu bisa tercapai asalkan ada niat dan usaha/ikhtiar untuk mewujudkan peluang-peluang yang ada sehingga bisa memberikan manfaat dan meningkatkan perekonomian keluarga dan masyarakat Indonesia secara luas.

Bahkan, orang-orang yang ahli di bidang teknologi seperti programming untuk menciptakan suatu produk dan basis data tertentu, maka kebutuhan di dunia kerja saat ini semakin banyak yang dicari. Orang-orang dengan kemampuan programming menurut saya pribadi adalah kepribadian yang jarang ditemukan saat ini, atau populasinya tidak banyak. Sehingga kalau saya prediksi peluang karir seseorang akan semakin baik jika mempunyai kemampuan operasional komputer serta juga skill koding/coding sebagai programmer. Ini sangat bagus dan bidang pekerjaan terkait teknologi sering merekrut orang-orang dengan keahlian koding (seorang programmer).

Menjadi programmer yang kesehariannya berkutat pada kode-kode pemrograman memang sesuatu hal yang sangat menantang. Jika keahlian sebagai seorang programmer terus ditekuni, maka besar kemungkinan akan menjadi seorang programmer yang profesional, sukses secara karir dan bisa bermanfaat bagi masyarakat sekitarnya. Tentunya untuk menjadi seorang yang ahli di bidang programming ini maka perlu belajar secara berkala.

By the way, untuk belajar koding/programming bisa dimulai dengan belajar secara autodidak atau memang sudah ada tutornya langsung yang siap mendampingi. Menurut saya belajar koding juga akan sangat membantu dan tentunya semakin baik apabila ada tutornya yang lebih paham tentang programming. Maka, jika ada anggaran/dana lebih bisa mencoba kursus (course), meminta bantuan mastah koding untuk belajar atau menyelesaikan proyek-proyek berbasis koding. Namun, jika anggaran cukup terbatas, maka tidak ada salahnya untuk mencoba belajar koding secara autodidak. Caranya adalah dengan langsung melihat video-video di youtube, di group telegram, group facebook, dari sumber di internet, atau buku-buku seputar koding yang bisa dibeli di toko buku terdekat di kotamu.

Buku-buku yang bisa dipelajari untuk belajar koding dan sangat rekomendasi yang pernah saya ketahui dari teman-teman saya yang jago koding diantaranya adalah sebagai berikut:

  • The Pragmatic Programmer: Your Journey to Mastery. Penulis: Andrew Hunt, David Thomas;
  • Structure and Interpretation of Computer Programs;
  • Code Complete: A Practical Handbook of Software Construction;
  • Clean Code: A Handbook of Agile Software Craftsmanship;
  • Introduction to Algorithms (Algoritma Pemrograman);
  • dan masih banyak jenis buku seputar programming yang lainnya.

Pada dasarnya untuk belajar koding memang butuh ketekunan dan kemauan yang tinggi. Bahkan, sebagai alur proses belajar programming ini haruslah bertahap. Berikut ini rinciannya:

Kalau Untuk Frontend Programmer:

Fokus belajar ke: (1). HTML, CSS, Javascript (2). Lanjut belajar Framework CSS dan Javascript (diawali dengan Bootstrap dan JQuery juga bisa) (3). Lanjut ke pemahaman Tools seperti Webpack, npm dan lain sebagainya, (4). Membuat Aplikasi sederhana dengan Vue/React.

Kalau untuk Backend Programmer:

  • Belajar dasar-dasar PHP;
  • Buat Apps Basis OOP (MVC);
  • Pahami Tools seperti Git, Composer dan lain sebagainya;
  • Pelajari Framework yang mudah dipelajari seperti Codeigniter 3;
  • Pelajari Framework lainnya seperti Laravel/Yii/Zend.

Selain belajar koding dengan tutor yang ahli dibidangnya langsung, maka bergabung di komunitas online maupun offline sangat penting. Tujuannya adalah untuk mencari sebanyak mungkin teman untuk sharing dan bertanya seputar permasalahan koding sehari-hari. Hidup di zaman society 5.0 saat ini tidak bisa hidup sendiri-sendiri karena kita akan jauh tertinggal, serta relasi semakin sedikit tentu proyek-proyek bisnis dan pengetahuan seputar koding akan menjadi terbatas. Sebagai seorang programmer memang harus gaul disana-sini, tidak sungkan untuk bergabung di sebuah komunitas sebagai sarana untuk mempertajam ilmu pengetahuan yang sudah dimiliki selama ini. Saling berbagi dengan anggota komunitas adalah pilihan terbaik supaya ilmu yang didapatnya menjadi lebih berkah, bermanfaat untuk semua orang.

Membangun relasi melalui pembelajaran secara online maupun offline sangatlah penting untuk menambah wawasan. Bergabung menjadi bagian dari komunitas koding adalah pilihan tepat sebab bisa menambah wawasa seputar pelajaran koding, meningkatkan personal branding sesuai passion (minat dan bakat), meningkatkan online portofolio sehingga akan sangat mudah dilirik oleh tech recruiter

Selain itu, terdapat 12 bahasa pemrograman yang bisa dipelajari sesuai kebutuhan saat belajar koding meliputi:

  • HTML & CSS;
  • JavaScript;
  • Node.js;
  • React;
  • SQL;
  • Python;
  • Java;
  • Ruby;
  • PHP;
  • Sass;
  • Git;
  • Command Line

Untuk belajar bahasa pemrograman yang efektif dan efisien, maka langkah pertamanya bahwa pastikan teman-teman harus fokus dengan bidang bahasa pemrograman apa yang akan ditekuni. Saran dari saya pilihlah bahasa pemrograman yang sekiranya gampang terlebih dahulu. Barulah nanti ketika bahasa pemrograman satu selesai, maka lanjutkan lagi dengan belajar ke bahasa pemrograman lain sehingga ke depannya akan ada banyak bahasa pemrograman yang semakin dikuasi. Dengan begitu banyaknya bahasa pemrograman yang makin mahir dikuasi, maka wawasan teman-teman akan semakin bertambah dan bisa bermanfaat untuk mendukung karir/pekerjaan teman-teman di bidang IT dan programming.

Oya, terakhir dari tulisan saya ini, maka saya mengajak kepada teman-teman blogger, penggemar dunia IT dan dunia programming dimana saja berada agar di kehidupan era society 5.0 ini kita harus mau dan siap mengikuti perubahan zaman yang serba cepat ini sehingga kita tidak tertinggal oleh bangsa lain, serta kita akan menjadi lebih ramah dengan teknologi mutakhir terbaru.

Menjadi programmer adalah pilihan terbaik untuk bisa bersaing di era yang serba digital seperti era society 5.0 ini. Tentunya belajar koding dapat dilakukan dimana saja, kapan saja, dengan siapa dan media apa saja asalkan ada kemauan untuk belajar pasti bisa, kuncinya adalah tekun dan ulet. Oya, mudah-mudahan saja apa yang sudah saya jelaskan di atas bermanfaat untuk teman-teman blogger dan programmer di Indonesia. Happy koding guys !

Sumber Referensi Pendukung Tulisan:

  • Ditpsd Kemdikbud. Menyiapkan Pendidik Profesional Di Era Society 5.0, tersedia secara online di situs: http://ditpsd.kemdikbud.go.id/artikel/detail/menyiapkan-pendidik-profesional-di-era-society-50.
  • Persiapan Diri Hadapi Era Society 5.0, tersedia secara online di situs: http://rdk.fidkom.uinjkt.ac.id/index.php/2020/11/27/persiapkan-diri-hadapi-era-society-5-0/.

Taggs:
38 Comments
  • RIZKI FAYA ISLAMI 12:08 am 5 Juli 2021 Balas

    Menarik artikelnya, sukses mas..

    • Wahid Priyono 9:30 am 7 Juli 2021 Balas

      Terimakasih mas Rizki atas apresiasinya.

      • Wanika 9:29 pm 18 Juli 2021 Balas

        Dari dulu selalu merasa kesulitan sekali kalau berhubungan dengan dunia IT. Pengen sekali belajar

  • Sandra Hamidah 4:40 pm 6 Juli 2021 Balas

    Wah ga kerasa udah 5.0 ya kak, aku rasa artikel ini sangat membantu para Programmer kini

    • Farida Pane 1:25 am 7 Juli 2021 Balas

      Baru tahu belajar dengan sesama programmer itun penting. Nice info.

      • Wahid Priyono 5:38 pm 7 Juli 2021 Balas

        @FaridaPane: Iya kak, belajar koding penting ya…

    • Wahid Priyono 9:31 am 7 Juli 2021 Balas

      Hallo kak Sandra. Mudah2an artikel yang saya tulis ini bisa bermanfaat bagi mereka yang ingin belajar progaramming.

    • Annisa Tang 4:11 pm 7 Juli 2021 Balas

      Saya orangnya senang belajar, termasuk coding dan programing. Tapi ternyata pas nyobain dasar-dasarnya, duh otak saya rasa sudah tak sanggup buat ingat rumus-rumus java, hihihiii. Jadinya nyerah duluan. Pokoknya para programmer ini keceh-keceh menurut saya. Keren.

      • Fenni Bungsu 5:25 pm 7 Juli 2021 Balas

        Idem kak anisa, daku juga demen belajar hal yang baru. Apalagi ini bisa bermanfaat buat website alias blog kita juga. Jadi gak kudet banget misalnya mau oprek html dan gak perlu ada rasa takut hehe

        • Wahid Priyono 5:42 pm 7 Juli 2021 Balas

          Hallo kak @Fenni: Iya betul kak, tidak ada ruginya untuk belajar koding. Karena memang sebagai pemilik website/blog setidaknya punya bekal ilmu koding untuk kebutuhan maintance websitenya.

      • Wahid Priyono 5:40 pm 7 Juli 2021 Balas

        Kak Annisa Tang: Hallo kak, iya betul kak setidaknya punya basic2 koding ya misalnya untuk memeperbaiki struktur theme website yang error, dll. Bekal koding memang oenting menurut saya apalagi seorang blogger. 🙂

  • nurulrahma 5:04 pm 6 Juli 2021 Balas

    Bener banget, pak guru.
    era society 5.0 adalah masyarakat yang dapat menyelesaikan berbagai tantangan dan permasalahan sosial dengan memanfaatkan berbagai inovasi yang lahir di era Revolusi industri 4.0 seperti Internet on Things (internet untuk segala sesuatu), Artificial Intelligence (kecerdasan buatan), Big Data (data dalam jumlah besar), dan robot untuk meningkatkan kualitas hidup manusia.

    • Wahid Priyono 9:33 am 7 Juli 2021 Balas

      Iya betul kak, Belajar koding Keren pokoknya untuk menambah portofolio online sehingga akan semakin mudah bekerja di bidang karir seputar teknologi.

    • Helen Fetriani 7:51 am 10 Juli 2021 Balas

      Era terus berubah, 4.0 sekarang sudah era society 5.0. Mau gak mau harus cepat adaftasi juga ya. Anakku pertama suka nih sama urusan IT. Ulasan diatas sangat memberi solusi akan ilmu teknologi. Aku pun mau belajar ini.

  • Moch. Ferry 7:02 pm 6 Juli 2021 Balas

    Ngonten agar tampilan menarik juga membutuhkan. Aplikasi yang disampaikan mas wahid membantu pemula.

    • Wahid Priyono 9:35 am 7 Juli 2021 Balas

      Iya menurut saya gitu sih mas, bikin aplikasi atau membuat website pastinya membutuhkan bahasa pemrograman. Nah, belajar 12 bahasa pemrograman lengkap ada sangat penting bisa disesuaikan dengan kebutuhan tentunya.

  • Maria Soemitro 11:06 pm 6 Juli 2021 Balas

    asyik ya belajar koding.

    kemarin saya baca tentang program patriot desa yang terdiri pemuda/sarjana untuk memimpin desa sesuai revolusi 4.0, penting banget mereka tahu coding ya?

    • Wahid Priyono 9:54 am 7 Juli 2021 Balas

      Iya kak selain ada fitur komunitasnya untuk saling say hi dengan anggotanya, maka bisa uga ikut kursus/coursesnya yang cukup menarik menurut saya.

  • YSalma 8:24 am 7 Juli 2021 Balas

    Belajar itu memang harus sama ahlinya, apalagi soal coding ya. Salah satunya belajar koding perlu ya mempunyai komunitas untuk tempat berkembang bersama. Sebab kemajuan teknologi digital mengharuskan generasinya menguasai coding.

    • Wahid Priyono 9:56 am 7 Juli 2021 Balas

      Iya betul kak, era teknologi saat ini memang semakin luas sekali ilmu pengetahuan. Teknologi digital yang melibatkan koding saat ini banyak dibutuhkan dalam perusahaan2, sehingga peluang besar bagi mereka yang menekuni dunia programming.

  • Retno Kusuma Wardani 2:55 pm 7 Juli 2021 Balas

    wah asik juga ya bisa belajar pemrograman dari ahlinya langsung, ini bisa untuk semua umur ya? soalnya kalau aku udah nggak nutut, mungkin nanti anakku ada yang tertarik…

    • Sumiyati Sapriasih 3:31 pm 7 Juli 2021 Balas

      Belajar coding memang seru terkadang kalo lagi asyiknya suka lupa makan, biasanya anak muda lebih cepet nangkepnya

    • Wahid Priyono 5:35 pm 7 Juli 2021 Balas

      Hallo kak Retno, belajar koding memang dari masa kanak2 bagus memang.

  • Sumiyati Sapriasih 3:31 pm 7 Juli 2021 Balas

    Belajar coding memang seru terkadang kalo lagi asyiknya suka lupa makan, biasanya anak muda lebih cepet nangkepnya

    • Wahid Priyono 5:37 pm 7 Juli 2021 Balas

      Haha, iya juga ya bener tuh kadang lupa makan mungkin bisa jadi ya kak karena saking asyiknya ngoding 😀 kalo saya siapin ngopi aja kadang memang perlu lembur juga tuk ngerjain projek.

  • Maria Tanjung Sari 9:48 am 8 Juli 2021 Balas

    Sejujurnya saya ga mudeng kalau belajar coding dan mungkin ga akan mau belajar, hihihi. saya serahkan kepada yg ahlinya saja. Tapi hebat sih menurut saya orang orang yg punya tekad belajar coding

  • Enny 12:09 am 9 Juli 2021 Balas

    Katanya juga programmer itu bayarannya tinggi ya. Mungkin karena memang coding itu susah. Tapi bagi teman-teman yang memang passionnya di sana pasti menganggapnya sebagai tantangan. Apa lagi sekarang bisa belajar coding di progate. ^^

  • Hendra Suhendra 10:12 pm 9 Juli 2021 Balas

    Meski ilmu coding bisa didapatkan secara otodidak, tapi tetap harus belajar lewat platform atau minimal ada tutor nya, biar hasilnya sesuai ekspektasi. Belajar sendiri jauh lebih sulit, daripada belajar lewat platform. Beruntung banget nih ada Progate.com, belajar coding jadi lebih asyik.

  • Iim Rohimah 12:33 am 10 Juli 2021 Balas

    Bahasa pemrograman bagai bahasa antah berantah ketika saya lihat di daleman blog. Tapi, kagum dan menarik sih., Hanya saja, entah kapan saya akan punya kesempatan belajar. hmmm Semoga kalau luang nanti pas anak sudah besar, bisa belajar. Amiin

  • Yuni Bint Saniro 7:22 am 10 Juli 2021 Balas

    Aku suka salut sama programmer itu. Bagaimana mereka mengerti bahasa-bahasa pemrograman yang begitu rumit.

    Dan ternyata proses belajarnya juga nggak mudah. Plus waktunya nggak singkat.

    Tapi bukan berarti nggak bisa dipelajari. Salah satunya bisa dengan web progate ini.

  • bang iyus 10:06 am 10 Juli 2021 Balas

    Karena saat ini perkembangan teknologi informasi sudah merambah ke semua lini dan perangkat pc, laptop hingga smartphone sudah menjamur kayak kacang goreng penggunanya

    Kedepannya coding juga sepettinya salah satu ilmu dasar yg harus dimiliki..atau minimal paham ya mas…

    Apalagi saat ini kelas coding juga sudah banyak dibuka utk anak anak yang masih duduk dikelas sd…dan sudah ada kompetisinya..

    • Waode_1453 10:55 am 13 Juli 2021 Balas

      Setuju sama bang Iyus. Sekarang malah lebih susah nyari kacang goreng daripada gadget. Hehehe.

      Iy, aku punya kenalan yang anaknya udah belajar koding padahal baru sembilan tahun. Ini menunjukkan bahwa koding bisa dipelajari oleh segala usia.

    • Jihan Fauziah 2:22 pm 24 Juli 2021 Balas

      Bahasa pemograman itu banyak bgt ya ternyata. Baru tau aku
      .

  • BayuFitri 12:40 pm 10 Juli 2021 Balas

    Pengen banget saya belajar koding, masih bisa gak ya kalau sudah setua ini ..

  • Shafira-ceritamamah.com 6:30 am 11 Juli 2021 Balas

    semakin banyak kemudahan belajar saat pandemi ini ya, buat anak muda atau kita yang masih berjiwa muda belajar koding bbisa banget ikut kotakode ini/

  • Nurhilmiyah 6:18 pm 11 Juli 2021 Balas

    Sepertinya emang gak bisa menghindar lg deh dari pentingnya belajar koding ini yaa Mas Wahid… Progate udah ada nih tinggal kitanya mau apa gak menumbuhkan sikap terus belajar, lifelong learning ya. Saya pernah baca di timeline medsos, bahkan anak2 usia SD juga udah belajar koding ya

  • Waode_1453 7:20 pm 12 Juli 2021 Balas

    Era digital sekarang ini memang secara tidak langsung memaksa manusia untuk kran dengn teknologi. Slah satunya koding ini meskipun cuma dasar.

    Dengan adanya Progate, kita akan terbantu banget memhamai koding. Apalagi bagi yang memang berniat terjun dalam dunia koding.

  • Aisyah Dian 9:19 am 17 Juli 2021 Balas

    Wah seru nih belajar coding, keren banget ya … Jadi pengen belajar juga jadinya

Write a comment