Wahid Priyono

Blogger

Web Designer

Freelancer

Teacher

Writer

Content Creator

Badminton Lovers

Wahid Priyono

Blogger

Web Designer

Freelancer

Teacher

Writer

Content Creator

Badminton Lovers

#BlogPost

Pengalaman Saya Adopsi Bibit Pohon Di ASRI

8 Mei 2021 Edukasi
Pengalaman Saya Adopsi Bibit Pohon Di ASRI

Mungkin teman-teman pernah dengar ya kalau ada orang yang mengadopsi anak? hehe.. nah, kalau saya beda, jadi saya melakukan adopsi pohon. Apakah teman-teman sudah tahu atau masih pertama kali mendengar istilah “adopsi bibit pohon/adopsi pohon”? Untuk lebih jelasnya, mari simak pembahasan saya di bawah ini.

Apa Itu Adopsi Bibit Pohon?

Dilansir dari website resmi Alam Sehat Lestari bahwa pengertian adopsi bibit yaitu sebuah cara untuk berpartisipasi dalam program reforestasi hutan melalui dukungan untuk membeli bibit pohon asli Kalimantan, penanaman dan pemeliharaan hingga dua tahun. Adapun jenis-jenis bibit tanaman yang bisa diadopsi meliputi tanaman buah dan tanaman/pohon berkayu seperti meranti, jati, bibit pohon asli Kalimantan, dan tentunya masih banyak jenis pohon berkayu yang lainnya.

Mengapa Kita Perlu Adopsi Bibit Pohon?

Sebagai manusia yang mencintai lingkungan hidup dan menginginkan bumi ke depannya jauh lebih hijau dan sejuk, maka program adopsi pohon dari Yayasan Alam Sehat Lestari (ASRI) ini saya dukung, karena ini bentuk tanggungjawab kita kepada bumi yang kita huni. Program adopsi pohon yakni langkah bijak kita untuk selamatkan hutan dari kerusakan. Hal ini supaya bumi kita terhindar dari pemanasan global (global warming).

Nah, berikut ini ada beberapa manfaat jika kita melakukan adopsi pohon/adopsi bibit pohon diantaranya adalah:

  • Hutan yang terdegradasi dapat kembali pulih (kembali hijau);
  • Mencegah deforestasi hutan bagi orang-orang yang tak bertanggungjawab;
  • Menjadikan bumi semakin hijau karena banyak adopter yang menyalurkan donasi pohon;
  • Menyadarkan umat manusia agar tetap peduli, mencintai, merawat dan menjaga hutan sejak dini;
  • Sebagai sarana edukasi, rekreasi, dan membangun sikap sosial kepada sesama manusia dan lingkungan alam, termasuk hutan di dalamnya;
  • Sebagai warisan pohon yang kita donasikan atau yang kita adopsi untuk keadaan hutan di masa yang akan datang;
  • Hutan yang hijau berkat adopsi bibit pohon tentu akan membuat bumi kita semakin hijau, sehingga banyak satwa-satwa yang hidup dan betah tinggal di hutan;
  • Menjaga keberlangsungan hidup satwa-satwa di alam bebas, serta komponen ekosistem dan biodiversitas di dalamnya;
  • Memperbanyak jumlah kadar Oksigen di atmosfer bumi dan mencegah bumi dari pemanasan global, efek rumah kaca, dan lain sebagainya.
  • Bermanfaat bagi anak cucu kita di 50 tahun yang akan datang, serta masa depan bumi yang jauh lebih baik dan hijau berkelanjutan.

Bagaimana Cara Adopsi Bibit Pohon di ASRI?

Cara adopsi bibit pohon melalui Yayasan Alam Sehat Lestari (ASRI) ini cukup mudah dan praktis jika kita tahu caranya. Sebab, bisa hanya dalam satu genggaman hape kita melakukan adopsi bibit ini caranya silakan bisa teman-teman baca pada halaman resmi website ASRI berikut >> https://www.alamsehatlestari.org/adopsi-bibit.

Saya sendiri sudah melakukan adopsi bibit pohon walaupun belum banyak, namun saya akan coba di lain waktu untuk jumlah pohon yang lebih banyak lagi. Doakan ya teman-teman ada rezeki cukup.

Oya, sebagai informasi ketika teman-teman sudah melakukan adopsi pohon melalui ASRI, maka di akhir nanti teman-teman akan memperoleh notifikasi melalui email tentang progress dari adopsi pohon yang teman-teman lakukan. Jadi saya mendapatkan sertifikat dan gambar pohon yang saya adopsi secara online. Saya juga bisa mendownloadnya lho.

Nah, ini sertifikat yang saya dapatkan, lumayan ya…hehe..untuk nambah-nambah portofolio.

Nah, kalo yang ini adalah foto pohon yang diadopsi atas nama saya. Dengar-dengar dari isi email yang saya lihat dan baca bahwa pohon yang saya adopsi ini akan ditanam untuk reboisasi lahan hutan di kawasan Taman Nasional Gunung Palung.

Wah, alhamdulillah ya kalau begitu, karena sekecil apapun ikhtiar dan kontribusi kita untuk menyelamatkan hutan dari kehancuran, maka mudah-mudahan bisa berguna untuk masa depan bumi yang jauh lebih baik lagi. Yuk temen-temen bisa ikutan juga adopsi pohon hehe, cek website disini ya https://www.alamsehatlestari.org/adopsi-bibit.

Sebagai bonus terakhirnya, silakan teman-teman bisa baca juga artikel saya sebelumnya yang terkait tentang program adopsi bibit pohon berikut >> Surat Kecil Untuk Diriku, Bumiku, dan Hutanku 50 Tahun yang Akan Datang.

41 Comments
  • Moch. Ferry 2:03 pm 8 Mei 2021 Balas

    Alhamdulillah keren dan menginspirasi menjaga lingkungan dengan adopsi pohon

    • Wahid Priyono 2:05 pm 9 Mei 2021 Balas

      Silakan kak, bisa ikut adopsi pohon dengan yayasan ASRI. Linknya sudah kuletakkan di dalam artikel..

  • Pria kesepian 2:34 pm 8 Mei 2021 Balas

    Saya baru pertama sih dengar istilah ini,tp kayaknya solusi ini bagus demi kelestarian lingkungan.

    Salam lestari bang

  • Pria kesepian 2:34 pm 8 Mei 2021 Balas

    Saya baru pertama sih dengar istilah ini,tp kayaknya solusi ini bagus demi kelestarian lingkungan. Hihi

    Salam lestari bang

    • Wahid Priyono 1:54 pm 9 Mei 2021 Balas

      Salam lestari juga kak, hehe…tetap semangat berkarya dan mari kita sama2 peduli kelestarian lingkungan hidup di sekitar kita…

  • Nanik Nara 2:07 am 9 Mei 2021 Balas

    Bagus banget program adopsi bibit ini, ada laporan progressnya juga.
    Jadi kepikiran buat ngajak anak-anak adopsi bibit, terus nanti saat dewasa dia bisa pergi bertualang buat ketemu sama bibit adopsinya ini

    • Wahid Priyono 1:53 pm 9 Mei 2021 Balas

      Nah, saya juga berpikiran begini kak Nanik,,,memang kita butuh menanamkan rasa cinta kepada sesama makhluk hidup, termasuk adopsi pohon ini bagus untuk melatih sikap sosial lebih berkapasitas tinggi.

  • triyatni 3:25 am 9 Mei 2021 Balas

    Program adopsi pohon ini mantap. Jadi bisa semakin menumbuhkan kesadaran untuk menjaga lingkungan. Aku baru tahu pohonnya memang khusus dari Kalimantan.

    • Wahid Priyono 1:51 pm 9 Mei 2021 Balas

      Iya kak Tri..hehe, pohon berkayu dari Kalimantan. Memang pohon-pohon yang masa hidupnya bisa bertahan lama itu bagus untuk reboisasi..

  • Maria Soemitro 8:12 am 9 Mei 2021 Balas

    semula lihat daunnya saya menebak-nebak nama pohonya

    tahu tapi lupa.
    untung tercantum di sertifikat : pohon petai! ^^

    Alhamdulilah semakin banyak dan mudah ikut program adopsi pohon ya?

    jangan sampai hutan kita gundul, dan jangan sampai lupa, kita butuh oksigen untuk bernafas 😀

    • Wahid Priyono 1:49 pm 9 Mei 2021 Balas

      Iya kak pohon petai…butuh waktu 10 tahun bisa berbuah maksimal hehe..

  • Annie Nugraha 11:00 am 9 Mei 2021 Balas

    Satu lagi sarana untuk mewujudkan cinta kita terhadap lingkungan. Dan kali ini dalam sebuah tindakan nyata yang simpel banget. Reforestasi yang dimulai dari diri sendiri, di halaman rumah sendiri.

    Saya juga pengen beli ah. Biar rumah juga tampak hijau meski di lahan terbatas

    • Wahid Priyono 1:49 pm 9 Mei 2021 Balas

      Silakan kak, bisa ikut adopsi pohon. Linknya sudah kuletakkan di dalam artikel..

  • Hairun Nisa 12:30 pm 9 Mei 2021 Balas

    Wah menarik sekali kak konsep adopsi kayak gini. Aku tertarik nih. BTW, aku dari Kalimantan nih kak. Jadi juga ada pohon asli Kalimantan ya kak di ASRI.

    • Wahid Priyono 1:14 pm 9 Mei 2021 Balas

      Silakan kak, bisa ikut adopsi pohon. Linknya sudah kuletakkan di dalam artikel..

  • Rhoshandhayani 12:41 pm 9 Mei 2021 Balas

    wuah udah 2 tahun adopsi bibit ya, pantesan udah gede.
    gambar pohonnya itu yg ada di sertifikat itu kan?

    • Wahid Priyono 1:14 pm 9 Mei 2021 Balas

      Baru kemaren kak, hehe, karena saya baru beli bibitnya, jadi ya nanti dari temen2 ASRI yang merawatnya, jadi nanti kalo sudah cukup bagus pertumbuhannya baru tanam di wilayah reboisasi ASRI.

  • Nanik Nara 2:12 pm 9 Mei 2021 Balas

    Adopsi bibit ini bisa menjadi salah satu kontribusi kita untuk menyelamatkan kelestarian hutan di Indonesia. Walau tinggal jauh dari hutan, tapi tetap bisa turut menjaga dan merawat kelestarian hutan dengan cara adopsi bibit

    • Wahid Priyono 2:14 pm 9 Mei 2021 Balas

      betul sekli kak, setuju…yuk rame2 temen2 blogger semuanya adopsi pohon…hehe

  • Lintang 4:34 pm 9 Mei 2021 Balas

    Mudah banget ya adopsi bibit pohon ASRI apalagi dapat sertifikat juga. Bener banget kalo kita harus mengambil peran dalam menjaga hutan. Karena apa yang kita lakukan sekarang akan berdampak besar bagi anak cucu kita 50 tahun lagi.

    • Wahid Priyono 4:47 pm 9 Mei 2021 Balas

      Iya tentu saja kak Lintang, kita harus ambil peran dalam perlindungan dan perawatan hutan yang ada di Indonesia supaya hidup kita semuanya makin terjamin.

  • Munasyaroh 7:35 am 10 Mei 2021 Balas

    Menarik nih, baru pertama kali mengetahui ada program adopsi pohon ini. Ntar dapat sertifikat pula. Semoga makin banyak yang mau adopsi pohon untuk menjaga kelestarian bumi

    • Wahid Priyono 7:53 am 10 Mei 2021 Balas

      Iya kak, yuk coba adopsi bibit pohon kak melalui lembaga/yayasan ASRI ini. Link untuk adopsi pohonnya sudah saya sertakan di dalam artikel ya…thanks.

      • Dawiah 11:49 am 10 Mei 2021 Balas

        Saya jadi tertarik.nih adopsi pohon. Soalnya saya setuju banget dengan niat mulia mas, bahwa sekecil apapun kontribusi kita terhadap kesehatan lingkungan akan jauh lebih baik daripada tidak sama sekali.

  • Susindra 11:14 am 10 Mei 2021 Balas

    Menyenangkan sekali ada sertifikatnya gitu. Bisa atas nama anak agar ia merasa bangga dan tergugah melestarikan alam

    • Wahid Priyono 11:52 am 10 Mei 2021 Balas

      Iya betul sekali kak Susi. Silakan bisa dicoba kak…

  • Shyntako 11:54 am 10 Mei 2021 Balas

    wah mudah yaa ternyata mengadopsi bibit pohon utk bantu penghijauan tuh mas, dan praktis plus transparan juga kita dikasih berbagai info update soal bibit pohon yang kita adopsi ya, jadi mau coba juga deh. pilihan pohonnya bisa kita pilih kah mas?

    • Wahid Priyono 7:12 am 11 Mei 2021 Balas

      iya bisa mbak. bisa pilih pohon buah atau pohon berkayu..

  • Bang Doel 11:55 am 10 Mei 2021 Balas

    Ternyata ada juga ya program adopsi pohon Jadi kita gak usah ke hutan-hutan untuk melakukan penanaman dan perawatan hingga pohon itu tumbuh cukup akarnya. Keren ini.

  • Tempat Ulas 5:40 pm 10 Mei 2021 Balas

    Wah keren ini konsepnya. Cocok buat masyarakat urban yang ngga punya halaman buat menanam. Tapi pengen banget ikut melestarikan alam. Jadi bisa ikut program ini ya

    • Wahid Priyono 7:19 am 11 Mei 2021 Balas

      Iya kak boleh sekali kak ikut program adopsi pohon dari ASRI.

  • Mutia Ramadhani 9:57 am 11 Mei 2021 Balas

    Senangnyaaa. Alumnus biologi menanam pohon. Hehehe. Semoga banyak yg baca dan ikut terpanggil ya mas.

  • steffifauziah 9:33 pm 11 Mei 2021 Balas

    wah kereeen, jadi mau ikutaan. di rumah orang tua juga udah mulai nanem yang hijau-hijau nih. suka banget liatnya jadi lebih adem rumah. baru tahu loh ada adopsi bibit pohon begini. ibu saya pasti mau ikutan jugaa. seru yaa.

    • Wahid Priyono 8:08 am 12 Mei 2021 Balas

      Ayok kak rekomendasiin sebanyak orang untuk partisipasi dlm pelestarian hutan melalui program adopsi pohon…

  • […] Pengalaman Saya Adopsi Bibit Pohon Di ASRI […]

  • Aisyah Dian 2:33 pm 16 Mei 2021 Balas

    Wah adopsi pohon terlebih pohon petai bisa jadi sarana berbagi nih pak wahid. Nanti kalau Sudah besar dan berbuah tentu semua orang akan suka ya

    • Wahid Priyono 12:30 am 17 Mei 2021 Balas

      hehe iya kak mudah2an ada manfaatnya juga untuk orang lain juga.

  • Nanie 12:58 am 22 Mei 2021 Balas

    Masya Allah keren ya programnya sampai ada sertifikatnya segala. Mudah-mudahan programnya berjalan lancar biar bumi makin hijau

Write a comment