Wahid Priyono

Bloger

Web Designer

Influencer

Freelancer

Teacher

Writer

Content Creator

Badminton Lovers

Wahid Priyono

Bloger

Web Designer

Influencer

Freelancer

Teacher

Writer

Content Creator

Badminton Lovers

#BlogPost

Testimoni Mosehat Untuk Penderita Asam Urat Menahun

25 Maret 2022 Health

Asam urat (gout arthritis) merupakan jenis penyakit yang sering dialami oleh orang tua yang sudah berumur. Namun, tidak hanya orang tua, bahkan anak-anak remaja juga bisa mengalaminya.

Bahkan kakek saya sendiri menderita asam urat. Jika sudah parah maka bisa sulit berjalan, karena pada bagian persendian di pergelangan kakinya terlihat membesar dan berwarna kemerahan (mengalami peradangan). Sudah pasti rasanya sakit sekali. Beberapa kali sering konsultasi ke dokter dan juga mengonsumsi obat herbal dan memang terbukti sangat membantu dalam proses penyembuhan dan meringankan gejala yang terkadang muncul.

Pengertian Penyakit Asam Urat 

Penyakit asam urat ialah kondisi dimana seseorang mengalami gejala nyeri yang tak tertahankan, pembengkakan, serta adanya rasa panas di sekitar persendian. Semua sendi di tubuh seseorang berisiko terkena asam urat, akan tetapi sendi yang sering terserang ialah bagian jari tangan, area lutut, pergelangan kaki, serta jari kaki. Pada umumnya, penyakit asam urat ini dapat mudah menyerang pria yang berusia di atas 30 tahun.

Pada kaum wanita, penyakit asam urat ini biasanya muncul setelah ada tanda-tanda menopause. Rasa sakit yang dialami pengidap asam urat bisa berlangsung hingga rentang waktu 3-10 hari, pastinya dengan gejala yang begitu cepat dalam beberapa jam pertama. Sering orang salah kaprah serta menyamakan penyakit asam urat ini dengan rematik. Padahal, rematik itu berbeda dengan penyakit asam urat. Rematik merupakan istilah yang menggambarkan rasa sakit pada persendian/otot yang telah mengalami peradangan (inflamasi).

Faktor Risiko Penyakit Asam Urat

Terdapat beragam faktor risiko yang bisa memicu naiknya kadar asam urat dalam darah seseorang, yakni:

  • Mempunyai keluarga yang mengidap asam urat;
  • Baru mengalami cedera/pembedahan;
  • Seringnya mengonsumsi makanan yang mempunyai kandungan kadar purin tinggi, seperti misalnya pada daging merah, jeroan hewan, serta beberapa jenis makanan laut (contohnya ikan teri, sarden, kerang-kerangan, keong, atau ikan tuna);
  • Seringnya mengonsumsi minuman beralkohol serta kandungan minuman tinggi gula (glukosa);
  • Kerap menggunakan obat kemoterapi;
  • Mempunyai kondisi medis tertentu, seperti diabetes, gangguan sindrom metabolik, sakit jantung, sakit ginjal, pembengkakan pada tiroid, kolesterol tinggi, leukemia (kanker darah), anemia, sleep apnea, hipertensi, serta berat badan berlebih (obesitas).

Penyebab Penyakit Asam Urat 

Berikut ini merupakan faktor yang sering menjadi penyebab penyakit asam urat, yakni:

  • Mengonsumsi makanan yang berkadar purin tinggi yang dikonsumsi, seperti jeroan hewan, makanan laut (sea food), dan daging merah;
  • Terlalu berlebihan dalam mengonsumsi minuman berkadar gula tinggi serta minuman beralkohol;
  • Menggunakan obat-obatan tertentu, seperti obat pengencer darah, obat penghambat enzim, serta obat-obatan kemoterapi;
  • Mempunyai riwayat genetik penyakit asam urat pada anggota keluarga. 

Gejala Penyakit Asam Urat 

Terdapat gejala/tanda-tanda bagi seseorang yang mengidap penyakit asam urat, yakni:

  • Sendi mendadak terasa sangat sakit atau merasa tidak nyaman dan disertai rasa kebas/panas;
  • Kesulitan berjalan akibat sakit yang terlalu membuat tidak nyaman, khususnya pada malam hari;
  • Nyeri dapat berlangsung dengan cepat beberapa jam dan disertai nyeri yang hebat, pembengkakan dan tonjolan, rasa panas/kebas, dan biasanya muncul warna kemerahan pada kulit di sekitar sendi yang meradang tersebut;
  • Saat gejala mereda maka diikuti bengkak pun mengempis, serta akan nampak bahwa kulit di sekitar sendi yang terdampak akan tampak bersisik, terkelupas hingga terasa gatal-gatal;
  • Walaupun gejala penyakit ini dapat mereda dengan sendirinya, namun tetap perlu juga dilakukan pengobatan untuk mencegah risiko kambuh dengan tingkat gejala yang lebih serius.

Diagnosis Penyakit Asam Urat

Untuk mendiagnosis (memastikan) apakah gejala suatu gejala penyakit tertentu merupakan indikasi penyakit asam urat atau bukan, maka umumnya dokter akan melakukan beberapa tindakan diagnosis. Dokter mungkin akan melakukan beberapa hal dan catatan, seperti misalnya menanyakan riwayat penyakit pasien, kapan gejala muncul, serta memeriksa bagian sendi yang terasa sakit dan nyeri. Selain itu, dokter juga akan melakukan pemeriksaan lanjutan seperti:

  • Tes Darah: Tes ini bertujuan untuk mengukur kadar asam urat dan kreatinin pada darah pasien. Orang yang menderita penyakit asam urat mempunyai kadar kreatinin hingga 7 mg/dL darah. Akan tetapi, tes ini tidak akan selalu memastikan penyakit asam urat, sebab pada beberapa orang diketahui mempunyai kadar asam urat tinggi, namun belum tentu mengidap asam urat;
  • Tes Urine 24 jam: Tes ini dilakukan guna memeriksa kadar asam urat pada urine pasien setidaknya selama 24 jam terakhir;
  • Tes Cairan Sendi: Tes ini dilakukan dengan mengambil sampel cairan sinovial pada sendi yang terasa sakit tersebut, lalu kemudian akan diperiksa di bawah alat mikroskop;
  • Tes Pencitraan: Pemeriksaan foto rontgen perlu dilakukan untuk mengetahui faktor penyebab radang pada sendi pasien tersebut. Sedangkan USG juga bisa dilakukan sebagai penunjuk atau mendeteksi kristal asam urat pada sendi yang sakit.

Cara Pencegahan Penyakit Asam Urat 

Ada beberapa cara/langkah pencegahan yang bisa dilakukan oleh seseorang untuk mencegah penyakit asam urat, antara lain adalah sebagai berikut:

  • Menghindari makanan dengan kadar purin tinggi;
  • Memperbanyak konsumsi minum air putih (8 gelas per hari);
  • Tidak mengonsumsi minuman-minuman memabukan (beralkohol);
  • Minum kopi secukupnya (tidak berlebihan gula yang dicampurkan); 
  • Konsumsi buah karena mempunyai kadar antioksidan tinggi;
  • Membuat tubuh tetap ideal sehingga tidak terjadi kenaikan berat badan/obesitas;
  • Rutin berolahraga per pekan minimal 3x.

Pengobatan Penyakit Asam Urat 

Pengobatan asam urat mempunyai dua sasaran utama yaitu untuk meringankan gejala asam urat serta mencegah kambuhnya asam urat yang tidak membuat nyaman seseorang/pasien. Biasanya, terdapat dua macam pengobatan untuk penderita asam urat.

Pertama, pengobatan asam urat yang bertujuan untuk meringankan gejala asam urat yaitu dengan cara menempelkan sebuah kantung/kain yang berisi es kemudian ditempelkan pada bagian sendi yang sakit. Selanjutnya pengobatan kedua yaitu dengan cara mengonsumsi obat pereda sakit dan obat-obatan golongan steroid dari dokter atau dengan mengonsumsi jamu-jamuan herbal yang ada di sekitar tempat tinggal.

Adapun jenis jamu-jamuan yang bisa digunakan adalah jahe, sambiloto, brotowali, meniran, dan lain sebagainya. Selain itu, obat-obatan herbal yang bisa dikonsumsi oleh penderita asam urat menahun adalah dengan mengonsumsi obat dari MOSEHAT.

MOSEHAT merupakan obat dari segala jenis penyakit yang telah anda derita. MOSEHAT memberikan solusi kesehatan kepada masyarakat Indonesia, di tengah semakin maraknya penyakit yang tidak diinginkan semakin banyak. Mulai dari diabetes, kolesterol, asam lambung, darah tinggi, batu empedu, serta asam urat, dan lain sebagainya. MOSEHAT hadir untuk mengatasi masalah di atas semua.

Berikut ini testimoni mosehat dari Ibu Sendi (37 tahun) yang sembuh dari asam urat setelah rutin minum obat Mosehat yang saya kutip dari situs resmi Mosehat >> https://testimoni.id/terbukti-khasiatnya-asam-urat-sembuh-setelah-rutin-minum-mosehat/:

Terbukti Khasiatnya Asam Urat Sembuh Setelah Rutin Minum Mosehat

Assalamualaikum warahmatullahi wa barokatu
Nama saya Sendi sebut saja aca.
Saya punya penyakit asam urat yang aga tinggilah, saya sebenarnya ga PD, Kadang kadang pegel pegel, sakit.

Terus saya lihat dari Facebook ko ada obat yang namanya Mosehat.
Saya coba-coba pakai Mosehat, Katanya bagus, buat nurunin asam urat, saya pesan 1.

Sekarang saya sudah aga mendingan,bisa berjalan lagi, kaki saya tidak pegel pegel lagi, badan saya lebih fit.

Mosehat Keajaiban Moringanya sangat bagus.

Coba 1 dulu,
Kalau tidak percaya di coba dulu, baru liat khasiatnya

Ada juga testimoni mosehat yang lainnya dari Ibu Partijah (58 tahun), yang mana asam urat pada kakinya sembuh hanya dalam satu kali pemakaian obat dari Mosehat. Untuk testimoni mosehat ibu Partijah silakan bisa cek pada halaman situs ini: https://testimoni.id/asam-urat-kaki-ibu-partijah-sembuh-karena-minum-mosehat/.

Obat Asam Urat dari Mosehat memang sudah banyak membuktikan kesembuhan pada beberapa pasien yang mengonsumsinya. Oleh karena itu, jika ada saudara atau tetangga anda yang sedang menderita penyakit apapun itu, termasuk penyakit asam urat, diabetes, darah tinggi, batu empedu, kolesterol, dan lain sebagainya, maka cobalah berikhtiar dengan mengonsumsi obat yang diproduksi oleh Mosehat. Selamat mencoba dan semoga kita semua selalu dilimpahkan kesehatan dan umur serta rezeki yang berkah, aamiin.

Sumber Referensi Tulisan:

  • Testimoni Mosehat, tersedia di situs: https://testimoni.id/
  • Gaman, P.M dan Sherrington. 1994. Ilmu Pangan (Pengantar Ilmu Pangan Nutrisi dan Mikrobiologi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
  • J, Sutrisno S. 1995. Masyarakat Yang Sehat. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.
  • Karyadi, Darwin dan Muhilal. 1990. Kecukupan Gizi yang Dianjurkan. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.
  • Peel, Kathy. 1998. Manajer Keluarga. Jakarta: PT. Gramedia Widiasarana Indonesia.
  • Pearce, Evelyn. 1990. Anatomi dan Fisiologi Untuk Paramedis. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.
  • Zang, S.M dan Bailey N.C. 2004. Manual Perawatan-Di-Rumah. Jakarta: Penerbit Buku Kedokteran EGC.
Taggs:
38 Comments
  • Dian Restu Agustina 7:46 pm 4 April 2022 Balas

    Karena sudah usia jelita, setahun belakangan saya mulai ada gejala asam urat. Kalau habis makan jerohan dan seafood berlebihan , kambuh. Duh, rasanya!
    Mau coba Mosehat lain kali pas terasa lagi

    • Wahid Priyono 5:50 am 7 April 2022 Balas

      Yups, usia lanjut maka kita juga harus peka dengan kesehatan diri sendiri, atur pola hidup sehat, mudah2an akan sehat seterusnya.

  • Dennise Sihombing 9:24 pm 4 April 2022 Balas

    Aku punya asam urat cukup tinggi kak 8-10. Padahal wanita antara 3-5 deh kalau gak salah normalnya. Ini penyebabnya karena aku vegetarian penyuka sayuran hijau seperti kangkung, daun singkong,kacang-kacang. Kalau pas naik terasa sakit ini kaki. Nah biasanya aku esoknya diet kacang-kacangan selama beberapa hari nah berikutnya asam uratku normal kembali

    • Sendy Yunika 3:16 pm 5 April 2022 Balas

      Bagus refrensi obatnya, Mas. Saya kadang merasa kaki kebas, takutnya sih asam urat. Karena dulu pernah melebihi angka normal. Kalau masih berlanjut, sepertinya bisa nih konsumsi mosehat

    • Lithaetr 7:16 pm 5 April 2022 Balas

      Saya masih ingat ketika asam urat papa kambuh, beliau sampai tidak bisa jalan karena telapak kakinya sakit. Tak ayal terkadang jadi terlihat bengkak. Setelah membaca ini jadi mau rekomendasiin mosehat untuk papa

      • Wahid Priyono 5:41 am 7 April 2022 Balas

        Yups, pastinya sakit kak sendi yang terkena asam urat.

    • Wahid Priyono 5:49 am 7 April 2022 Balas

      Yups betul kak, bagi penderita asam urat agar gejala menjadi ringan bahkan sembuh maka harus hindari makanan yang mengandung kadar purin tinggi, seperti yang kakak sebutkan pada komentar kk di atas.

  • Maria G 1:03 am 5 April 2022 Balas

    mertua saya nih bertahun-tahun terkena asam urat

    kasihan banget lihatnya

    sayang dulu belum ada Mosehat ya? Yang akan membantu penderita asam urat

    • Wahid Priyono 5:48 am 7 April 2022 Balas

      Yups kak, bisa coba Mosehat. Mudah2an berjodoh dan mertuanya sembuh dari asam urat.

  • kaka-store 7:18 am 5 April 2022 Balas

    Ingin herbal sehat buat keseharian penggunaan, ada Mosehat buat keluarga.

  • Okti Li 7:28 am 5 April 2022 Balas

    Alhamdulillah dapat informasi bagus nih. Ibu saya punya asam urat juga. Kasihan ia selalu merasa tidak nyaman. Semoga berjodoh dengan mosehat ini. Terimakasih informasinya ya

  • Dian 8:57 am 5 April 2022 Balas

    Wah iya, penting banget ya mengobati asam urat ini
    Nanti aku rekomendasikan ke ibu mertuaku ah
    Apalagi MOSEHAT ini sudah terstandar BPOM y

    • Taufiqur rahman 12:42 pm 5 April 2022 Balas

      Hyperuricemia atau lebih dikenal dengan Asam Urat memang salah satu penyakit yang menjengkelkan. Kalau kambuh, sakit luar biasa… Penanganannya sebenarnya cukup mudah. Hindari makan makanan yang mengandung asam urat…

      • Wahid Priyono 5:43 am 7 April 2022 Balas

        Yups betul kak, asam urat bikin sendi di pergelangan kaki yang terdampak asam urat menjadi memerah, bengkak dan kadang pasien tak bisa jalan dengan sempurna.

    • Wahid Priyono 5:47 am 7 April 2022 Balas

      Yups, yang saya pahami jamu Mosehat ini sudah terdaftar di BPOM, insya Allah bakalan aman bagi penderita asam urat yang mengonsumsinya.

  • T.Retno 10:02 am 5 April 2022 Balas

    Asam urat itu jadi salah satu tanda bahaya di keluargaku. Pasalnya dulu bapak (alm) asam uratnya twinggiiiii banget, kemudian menyebabkan gagal ginjal yang mengharuskan bapak rutin cuci darah.

    • Wahid Priyono 5:46 am 7 April 2022 Balas

      Kuncinya kita harus jaga pola makan sehat ya kak serta banyak bergerak/olahraga teratur dan cegah stress berlebih.

  • Yuni Bint Saniro 11:04 am 5 April 2022 Balas

    Ibuku waktu itu coba cek asam urat ternyata katanya tinggi. Bisa kali ya coba terapi pake Mosehat.

    • Wahid Priyono 5:45 am 7 April 2022 Balas

      Yups, betul kak harus pake Mosehat kalo mau sehat dan bebas asam urat.

  • Annie Nugraha 11:29 am 5 April 2022 Balas

    Saya baru tahu kalau asam urat ini adalah penyakit genetik dan ikan tuna adalah salah satu penyebab munculnya penyakit ini. Di rumah termasuk sering soalnya mengkonsumsi ikan tuna karena memang semua anggota keluarga suka. Terutama saat bikin camilan atau makan roti. Isinya lebih banyak pakai tuna. Wah, jadi musti hati-hati lagi ini ya.

    • Wahid Priyono 5:45 am 7 April 2022 Balas

      Yups, faktor genetik bisa jadi salah satu faktor yang mewarisi genotif penderita asam urat ke keturunannya.

  • Nanik Nara 11:35 am 5 April 2022 Balas

    Lengkap banget nih infonya tentang penyakit asam urat. Temanku juga ada beberapa yang menderita penyakit asam urat, kalau pas kambuh jalannya tuh satu kaki di seret aja. Kadang malah sampai nggak masuk kantor. harus saya kasih tahu tentang mosehat nih

    • Wahid Priyono 5:44 am 7 April 2022 Balas

      Makasih kak nanik. Yups silakan disebarkan info tentang Mosehat ini ke sanak saudara kak nanik. Makasih.

  • Zakia 2:25 pm 5 April 2022 Balas

    Makin ke sini tuh usia muda juga banyak yang udah kena asam urat. Dulu waktu magang, mas-mas di kantor juga ada yang gini. Mungkin bisa coba diobati dengan mosehat ini ya.

    • Wahid Priyono 5:42 am 7 April 2022 Balas

      Yups betul kak, asam urat tidak mengenal usia. Kuncinya menurut saya ya harus melakukan pola hidup sehat dan hindari stress.

  • Bayu Fitri 10:13 pm 5 April 2022 Balas

    Wah bagus nih testimoninya bisa diinfokan buat pakde saya yang kena asam urat menahun semoga pak de saya bisa sembuh dan membaik dengan mosehat ini

    • Wahid Priyono 5:41 am 7 April 2022 Balas

      Silakan kak Bayu bisa infokan Mosehat ke keluarga atau teman2 kakak yang menderita asam urat.

  • Fenni Bungsu 12:05 pm 6 April 2022 Balas

    Baca artikel ini langsung terpikirkan karena jadi momen yg pas juga buat 2x lebaran mendatang, biar lebih menjaga pola makan

    • Wahid Priyono 5:40 am 7 April 2022 Balas

      Yups kak, atur pola makan sehat dan kurangi makan-makanan yang mengandung purin tinggi biar gak kena asam urat.

  • Irra Octaviany 11:35 pm 6 April 2022 Balas

    pernah lihat visualisasi asam urat, selalu berdoa semoga saja gak pernah kena penyakit asam urat ini. kebayang nyerinya kayak gimana.

    • Wahid Priyono 5:40 am 7 April 2022 Balas

      Yups, Asam urat itu juga bagian dari gangguan/penyakit pada sendi kak yang bikin bengkak dan memerah.

  • Palupi 12:05 am 7 April 2022 Balas

    Kalau udah berumur wajib kurangi makanan yg banyak mengandung purin ya berarti. Padahal enak semua.

    • Wahid Priyono 5:39 am 7 April 2022 Balas

      yups, betul banget kak… kadar purin tinggi pada makanan inilah yang menyebabkan asam urat.

  • Yustrini 9:18 pm 10 April 2022 Balas

    Informasi yang bermanfaat mas Wahid. Asam urat ini kadang sulit dibedakan dengan rematik.

Write a comment to Sendy Yunika Cancel Reply