Wahid Priyono

Bloger

Web Designer

Influencer

Freelancer

Teacher

Writer

Content Creator

Badminton Lovers

Wahid Priyono

Bloger

Web Designer

Influencer

Freelancer

Teacher

Writer

Content Creator

Badminton Lovers

#BlogPost

Ini Dia Biaya Mengganti Kaca Mobil Pecah

1 Maret 2023 Otomotif
Ini Dia Biaya Mengganti Kaca Mobil Pecah

Ketika kaca mobil pecah, langkah yang bisa dilakukan adalah menggantinya dengan kaca baru. Pasalnya, tidak mungkin melakukan perbaikan pada kaca yang sudah terlanjur pecah. Apakah biayanya sangat mahal?

Ternyata biaya yang dibutuhkan untuk mengganti sebuah kaca mobil tidak terlalu mahal. Namun kembali lagi pada ukuran kaca yang pecah, jenis material yang dipilih, dan ukurannya. Untuk mengetahui lebih detail tentang penggantian kaca mobil yang pecah, simak penjelasan ini sampai akhir.

Penyebab Kaca Mobil yang Pecah

Sebelum membahas tentang biaya yang dibutuhkan untuk mengganti, sebaiknya kenali dulu beberapa penyebab kaca yang pecah.

1. Faktor Usia

Seiring dengan bertambahnya usia, kaca mobil akan kehilangan kekuatannya secara perlahan. Wajar jika kaca mobil lawas lebih rapuh dan rentan pecah. Bahkan kaca bisa tiba-tiba pecah tanpa menunjukkan gejala apapun jika memang sudah termakan usia.

Terlebih untuk kaca yang tidak dilapisi dengan kaca film atau tidak dirawat dengan baik. Sebaiknya rawat kaca mobil dengan baik agar usia pakainya bisa lebih panjang.

Sumber gambar: https://www.seva.id/blog/kaca-mobil-pecah-berapa-biaya-gantinya-082022-tr/

2. Perbedaan Tekanan

Penyebab kaca pecah selanjutnya adalah karena perbedaan tekanan. Hal ini kerap terjadi pada kaca belakang yang sudah dilengkapi dengan defoger.

Penggunaan defogger memang membantu untuk menghilangkan kabut pada kaca. Sayangnya, alat ini bisa membuat kaca pecah jika penggunaannya terlalu sering. Pasalnya, penggunaan defogger akan menyebabkan tekanan yang berbeda pada kaca.

3. Terkena Kerikil dan Benda Tumpul

Kaca mobil memang dirancang kuat dan tidak mudah retak atau pecah. Namun ada benda yang bisa membuatnya mudah pecah, yaitu kerikil dan benda tumpul lainnya.

BACAAN LAINNYA:  Ingin Memiliki Mobil Impian? Pelajari Cara Mengambil Kredit Mobil Bekas dengan Cerdas dan Efisien

Ketika melewati jalan berbatu dan ada kerikil yang terbang mengenai bagian depan mobil, ini bisa membuat kaca retak dan pecah. Untuk menghindari hal ini agar tidak terjadi, sebaiknya jagalah jarak dengan kendaraan di depan, terutama di jalanan yang terdapat banyak kerikil atau batu.

Biaya Penggantian Kaca Mobil Pecah

Harga kaca mobil akan berbeda satu sama lain. Adapun yang membedakan adalah faktor model mobil, ukuran, dan kualitasnya. Di bawah ini terdapat tabel kisaran harga kaca mobil depan untuk beberapa model.

Sumber gambar: https://www.seva.id/blog/kaca-mobil-pecah-berapa-biaya-gantinya-082022-tr/
Model MobilKisaran Harga
AvanzaRp1,900,000
APVRp2,200,000
AylaRp1,800,000
BrioRp2,200,000
Carry Pick UpRp2,000,000
ErtigaRp2,400,000
Grand LivinaRp2,200,000
InnovaRp2,500,000
L300Rp2,100,000
MobilioRp2,200,000
RushRp2,200,000
SigraRp2,000,000
TeriosRp2,200,000
XeniaRp1,900,000
XpanderRp2,500,000

Tabel di atas hanyalah kisaran harga kaca depan mobil. Di bengkel, harganya mungkin saja lebih tinggi atau rendah. Harga ini juga masih belum termasuk biaya lainnya seperti lem, jasa pasang, dan pemasangan kaca film.

Harga kaca belakang atau kaca pintu juga berbeda dengan harga kaca depan ini. Untuk kaca pintu atau samping, harganya mungkin lebih murah. Sedangkan untuk kaca belakang bisa lebih mahal karena terdapat defogger di sana.

Selain menggantinya, kaca mobil yang pecah namun kondisinya tidak parah masih bisa diperbaiki. Sebaiknya konsultasi langsung ke bengkel untuk perbaikan dan biayanya.

Taggs:
Write a comment