Wahid Priyono

Blogger

Web Designer

Freelancer

Teacher

Writer

Content Creator

Badminton Lovers

Wahid Priyono

Blogger

Web Designer

Freelancer

Teacher

Writer

Content Creator

Badminton Lovers

#BlogPost

Penghasilan Adsense Turun Pasca Dideportasinya Unit Iklan Link

3 April 2021 Bisnis Online
Penghasilan Adsense Turun Pasca Dideportasinya Unit Iklan Link

Pada bulan Desember 2020 lalu saya mendapatkan email dari pihak Google AdSense bahwa unit iklan link tidak lagi tersedia mulai 10 Maret 2021. Pengumuman ini merupakan kabar yang sebenarnya tidak mengenakan, tapi sebagai seorang publisher Google AdSense tentu saja tetap harus patuh dengan program kebijakan mereka. Menurut laman yang saya baca pada panduan mereka, bahwa penghentian (retired) unit link ads bertujuan untuk menggantinya dengan unit iklan responsif. Karena pihak Google AdSense meyakini bahwa unit iklan responsif merupakan jenis iklan yang ramah terhadap semua perangkat pengguna baik itu PC, komputer, tablet, smartphone, maupun versi mobile lainnya. Berikut ini lampiran email yang saya dapatkan dari pihak AdSense terkait penghentian dan deportasi unit iklan link ads:

Membaca isi email tersebut sudah jelas bahwa tujuannya memang baik. Dan dalam dunia bisnis online periklanan memang semuanya bisa berubah dengan cepat. Tidak ada yang abadi. Karena perubahan IPTEK sangat cepat dan tuntutan pengguna (user) yang semuanya ingin lebih mudah diakses, iklan bisa tampil penuh di layar pengguna tanpa mereka harus merasa terganggu, dll.

Nah, memang banyak juga sih teman-teman publisher AdSense (baik di forum AdSense, ads.id, dll) yang mengaku bahwa penghasilan AdSense mereka turun pasca unit link dihapuskan. Saya baru menyadari bahwa unit iklan ini hilang semenjak tanggal 1 April 2021. Pada rentang tanggal 10-31 Maret 2021, unit iklan link masih bisa terlihat dan bagi penghasilan AdSense saya memang masih terbilang stabil.

Penghasilan AdSense saya turun hampir 30% terjadi akibat unit iklan link yang sebelumnya saya pasang (ada 3 unit) di bagian konten telah diubah oleh adsense menjadi iklan responsif secara otomatis. Dari pengumuman email itu memang unit iklan link responsif akan secara otomatis berubah menjadi unit iklan display jika memang kita tidak mau menggantinya secara manual. Karena nyatanya bahwa iklan link ini sangat bagus dan mengundang banyak klik dari user jika ditempatkan di bagian konten. Iklan link akan relevan dengan isi konten dan itulah mengapa jenis unit iklan ini sangat mudah diklik, dibandingkan iklan display.

Karena baru tanggal 1-3 April 2021 perubahan unit iklan link terjadi, maka saya tidak perlu gegabah menyimpulkan penurunan terjadi secara signifikan. Saya akan menunggu beberapa minggu untuk menyimpulkan keseluruhan hasil yang terjadi. Karena biasanya CPC/jumlah klik iklan akan turun pada hari-hari libur, dan konon advertiser beriklan pada kondisi-kondisi tertentu. Namun, dari mulai tanggal 1-3 April 2021 yang saya amati memang CPC semakin naik dengan digantinya iklan unit link menjadi iklan display. Persentase kenaikan CPC bisa mencapai 40%, RPM juga jadi naik-turun (fluktuatif), tetapi jumlah klik iklan jadi turun mencapai 45-50%. Hayo lho? hahaha. Saya pun kaget melihat data-data statistik di akun AdSense saya. Maaf ya tidak saya lampirkan karena prihal privasi.

Oke, baiklah saya akan menunggu terlebih dahulu apakah perubahan dan penurunan penghasilan AdSense saya ini sifatnya hanya sementara atau dalam jangka lama. Jika tidak ada perbaikan dari data-data yang saya amati, maka saya akan melakukan ekperimen lanjutan untuk menentukan posisi iklan yang cocok dengan figur website saya tersebut.

Ya, pada akhirnya berbisnis advertiser dengan Google AdSense tidak serta merta akan stagnan disitu. Karena Google merupakan penguasa mesin pencari dan mereka tentunya menginginkan sesuatu hal yang sangat berguna bagi user-nya. Pun termasuk unit-unit iklan yang ada di Google AdSense bisa saja akan terus berubah menyesuaikan dengan kebutuhan pengguna (user). Kita hanya bisa mengikuti alur yang sudah ada. Tetap semangat untuk rekan-rekan pejuang receh, hehe. Kalau ada yang mau berbagi bagaimana kabar penghasilannya pasca unit iklan link AdSense dideportasi silakan komen yuk biar teman-teman yang lain jadi tahu?. Terima kasih.

Taggs:
2 Comments
  • Ismet 8:53 am 7 April 2021 Balas

    Saya masih tahap awal ngeblognya, traffik msh rendah, pa lagi adsense. Yang penting fokus ke content dulu. Makasi share nya pak bro. Semangat ngeblog.

    • Wahid Priyono 8:55 am 7 April 2021 Balas

      Iya, sama2 kak, semangat ngeblog juga ya kak 😀 hehe, betul kak fokus perbaiki dan perbanyak konten saja dulu, baru bisa pasang adsense agar hasilnya lebih optimal. Btw, alamat blog kk apa ya?

Write a comment