Wahid Priyono

Bloger

Web Designer

Influencer

Freelancer

Teacher

Writer

Content Creator

Badminton Lovers

Wahid Priyono

Bloger

Web Designer

Influencer

Freelancer

Teacher

Writer

Content Creator

Badminton Lovers

#BlogPost

Pentingnya Belajar Ilmu SEO Dasar Bagi Seorang Bloger

7 Mei 2023 Blogging
Pentingnya Belajar Ilmu SEO Dasar Bagi Seorang Bloger

Sebagai seorang bloger yang terbiasa menulis di blog/website lalu mempopulerkannya di halaman pencarian google itu adalah tugas yang memang harus dikerjakan. Tujuan dari cara ini agar artikel yang kita tulis bisa diindeks oleh mesin pencarian google, sehingga bisa ditemukan oleh semua orang yang mencari informasi di internet.

Untuk mencapai hal di atas, maka seorang bloger penting sekali untuk belajar ilmu SEO. Jadi SEO (Search Engine Optimization) merupakan upaya yang dilakukan agar sebuah artikel tampil optimal di halaman pencarian google. Namun perlu sekali pengembangan SEO ini dengan cara-cara yang disukai oleh google agar artikel tidak dianggap spam.

Secara umum dua dasar ilmu SEO yang sering saya praktekan sejak menjadi bloger dari tahun 2012 – 2023 ini, yaitu SEO Onpage dan SEO Offpage. Istilah ini pastinya sudah santer di kalangan para pakar SEO dan juga bloger kawakan.

SEO Onpage merupakan upaya untuk mengoptimalkan halaman website/artikel agar tampil lebih baik di halaman pencarian google, seperti pembuatan judul artikel dengan teknik long tail keyword, pemberian atribut ALT pada gambar, menulis artikel lebih dari 1000 kata, pemberian gambar/video/infografis pada tulisan, pembuatan H1/H2/H3/H4 pada artikel, dan masih banyak yang lainnya.

Sementara itu, untuk SEO Offpage, yaitu lebih ke promosi konten artikel yang sudah dibuat misalnya dengan mempromosikannya dengan google ads, fb/ig ads, saling komentar/blog walking dengan sesama bloger, pemberian backlink dari situs lain, share artikel di sosial media/group sosmed, dan masih banyak teknik lainnya.

Dari kedua teknik SEO Onpage dan SEO Offpage di atas merupakan langkah umum yang perlu kita terapkan selama menjadi seorang bloger yang notabene sering menulis di platform blog.

BACAAN LAINNYA:  Mengapa Saya Menulis di Blog?

Dengan kita menerapkan kedua teknik SEO dasar di atas, mudah-mudahan artikel yang sudah kita buat akan mudah sekali bersaing di halaman pencarian google, sehingga akan mudah ditemukan oleh orang-orang yang membutuhkan artikel kita di internet. Semoga bermanfaat.

Taggs:
Write a comment