Wahid Priyono

Blogger

Web Designer

Freelancer

Teacher

Writer

Content Creator

Badminton Lovers

Wahid Priyono

Blogger

Web Designer

Freelancer

Teacher

Writer

Content Creator

Badminton Lovers

#BlogPost

13 Manfaat Menulis di Blog Agar Tetap Produktif dan Kreatif di Masa New Normal

6 Agustus 2021 Blogging
13 Manfaat Menulis di Blog Agar Tetap Produktif dan Kreatif di Masa New Normal

Selama pandemi COVID-19, waktu luang saya banyak dicurahkan untuk aktivitas virtual dan menulis di blog. Apalagi saya yang notabene sebagai seorang guru, maka aktivitas virtual saat ini cukup padat. Saya juga telah banyak mengelola blog dengan berbagai topik, sehingga perlu kiranya saya mengupdate artikel sehingga blog tidak sepi dengan tulisan-tulisan terbaru.

Menulis di blog selama pandemik menurut saya sangat bagus dampaknya untuk kesehatan mental dan jiwa asalkan manajemen waktunya tepat. Selain itu, karena menulis adalah hobi dan passion saya dari kecil, maka tidak berat rasanya jika harus menulis di blog dengan topik yang berbeda-beda. Karena saya suka, maka saya akan lebih senang dalam mengeksplorasinya.

Kegiatan menulis di blog menurut saya bisa dijadikan sebagai sarana untuk self healing, mencari lahan silaturahmi dengan sesama blogger, bahkan yang tak kalah menariknya adalah bisa memperoleh penghasilan/cuan dari kegiatan menulis di blog sehingga selain kreativitas semakin terasah, juga akan semakin produktif di masa adaptasi kebiasaan baru (new normal) saat ini.

Beginilah 13 Manfaat Menulis di Blog Versi Saya

Selain sebagai self healing, ternyata menulis di blog sesuai topik yang disukai juga bisa potensial menghasilkan banyak cuan selama new normal ini. Karena kita ketahui bersama bahwa hidup di masa pandemi COVID-19 seperti sekarang ini cukup sulit baik secara finansial maupun menjaga agar ketahanan mental tetap baik-baik saja. Apalagi menjaga kesehatan selama pandemik COVID-19 juga tak kalah pentingnya supaya tubuh tetap sehat bugar seperti hari-hari biasanya sebelum munculnya wabah COVID-19 ini.

Nah, berikut ini akan saya sampaikan tetang beberapa manfaat mengelola blog hingga menghasilkan cuan seperti yang telah saya lakukan.

1. Melatih Kemampuan Menulis

Menurut saya yang namanya menulis itu harus dimulai dari hari ini, esok dan seterusnya. Jika belum bisa menulis dengan baik maka cobalah terus asah skill-nya setiap hari, nanti juga seiring berjalannya waktu pasti juga akan semakin terbiasa dan tulisan jadi lebih enak untuk dibaca. Kemampuan menulis menurut saya perlu diasah oleh setiap orang karena menulis adalah bagian penting dari komunikasi non-verbal baik untuk diri sendiri maupun untuk orang-orang di sekitar kita. Menulis adalah seni, maka harus terus dilatih seumur hidup.

Oya, terkadang masih banyak teman-teman saya yang tidak percaya diri untuk menulis. Mereka malu jika hasil tulisannya jelek, tidak enak dibaca, atau hal-hal buruk yang mungkin bisa terjadi. Padahal tidak boleh over thinking yang berlebihan karena bisa memupus keinginan untuk menjadi pribadi yang jauh lebih baik. Berpikirlah yang jernih dan jangan takut untuk mencoba. Dari sekecil kesalahan yang pernah kita lakukan, maka sudah semestinya akan jadi dasar pengalaman untuk perbaikan diri ke depannya.

Tulislah hal-hal sederhana yang ada di sekitar kita, atau apa-apa yang telah kita alami saat itu juga. Misalnya ketika kita telah pulang dari tempat wisata, maka kita bisa menuliskan diary sepanjang kita melakukan travelling ke tempat wisata tersebut di dalam platform blog yang dimiliki. Semudah ini lho menulis artikel di blog? hayuk dimulai dari sekarang guys.

2. Meningkatkan Personal Branding

Dengan mempunyai kemampuan menulis yang semakin hari semakin bagus, tentu saja ragam tulisan yang dibuat akan mempunyai sudut pandang yang semakin mantap. Selain itu, dengan menulis ini juga bisa membuat orang menjadi terkenal baik sesama komunitas blogger maupun untuk orang lain di sekitar kita. Apalagi menulis melalui patform blog tentu saja jangkauannya semakin luas (mendunia), sehingga bisa meningkatkan personal branding kita.

3. Menyalurkan Passion dan Hobi Melalui Tulisan

Blog bisa diisi dengan tulisan-tulisan yang mencerminkan passion kita itu apa. Misalnya jika passion saya adalah tentang seni, maka saya bisa menuliskan topik seputar seni di dalam blog/website yang saya kelola. Jika passion kita adalah memancing, juga bisa membuat konten tulisan di blog seputar dunia mancing-memancing, asalkan jangan ngasih trik cara memancing hati cewek agar klepek-klepek wkwkwkwk 😀

4. Semakin Belajar Lebih Banyak Hal

Dengan menulis di blog sesuai passion atau berbeda topik yang sebelumnya belum kita kuasai, tentu saja kemampuan menulis akan terasah, juga ada banyak hal yang akan semakin banyak diketahui. Melalui kegiatan menulis juga akan memperkaya ide tulisan, bahkan hal-hal yang belum diketahui sebelumnya akan semakin detail diketahui karena kita menuliskannya di blog. Artinya, dengan menulis selain kita memberikan ilmu kepada diri sendiri juga memberikan ilmu kepada orang lain. Sungguh luar biasa kan? Auto jadi amal jahriyah nih.

5. Menyalurkan Buah Ide dan Pikiran

Dengan melatih diri menulis di blog juga secara nyata telah menyalurkan ide/opini dan juga buah pikiran melalui kata-kata. Ide dapat diperoleh dari lingkungan sekitar kita dan bisa kita bahas di dalam blog yang kita miliki. Ide ini sangat mahal, jadi carilah ide yang unik sesuai topik blog yang sedang diangkat, sehingga dari ide yang teman-teman tulis tersebut akan memberikan dorongan motivasi, semangat, serta hal-hal inspiratif untuk orang lain.

6. Menjadi Orang yang Ahli di Bidang Tertentu

Menjadi blogger dengan menulis di blog juga bisa disesuaikan dengan bidang keahlian yang kita miliki. Misalnya saya seorang guru, maka saya bisa mendokumentasikan semua materi pelajaran di sekolah di dalam website pribadi saya. Atau jika teman-teman mempunyai keahlian di bidang pertanian maka bisa menulis artikel seputar pertanian di blog seperti yang saya tulis pada blog saya tipspetani.com. Bahkan jika teman-teman yang cewek punya keahlian di bidang dunia kecantikan maka bisa menjadi beauty blogger atau jika suka masak-memasak bisa menuliskan resep masakan di blog, seperti yang saya lakukan misalnya dengan menulis artikel seputar resepmpasi bayi. Intinya menulis di blog itu sangat gampang bisa dilinearkan dengan bidang karir yang sedang ditekuni, sehingga saat mengisi konten blog tidak susah karena kita sudah tahu/ahli di bidang tersebut.

7. Membantu Orang Lain Melalui Informasi Yang Kita Tulis

Menjadi seorang blogger tentu saja harus disyukuri karena tulisan bermanfaat yang kita tulis di blog akan kemungkinan besar memberikan dampak positif di masyarakat. Jika tulisan kita berisi dan memberikan solusi kepada mereka yang membutuhkan, tentu saja ini akan bermanfaat bagi mereka. Kebermanfaatan ini juga akan dirasakan oleh pemilik blognya karena sudah bersedekah ilmu pengetahuan serta jadi amalan jahriyah yang mengalir walau pemiliknya sudah meninggal dunia. Itulah mengapa sangat penting sekali menulis sesuatu hal yang positif di blog supaya orang lain terinspirasi kepada hal-hal yang positif dan berguna.

8. Belajar Hal-Hal Teknis dan Non-Teknis

Menjadi seorang blogger tidak hanya bisa ditekuni oleh mereka yang lulusan di dunia IT. Namun, bagi yang berpendidikan rendah juga bisa menikmati aktivitas blogging ini. Mereka bebas menulis sesuai kemampuan mereka, sesuai hobi/passion mereka sehingga mampu menarik minat banyak orang untuk belajar dari si blogger tersebut.

Melalui kegiatan blogging dan menulis juga memberi pembelajaran penting tentang hal-hal teknis dan non-teknis. Dalam ranah hal teknis, maka seorang blogger akan diajarkan bagaimana memanajement waktu dengan baik, mengelola website/blog, belajar dasar-dasar bahasa pemrograman web seperti HTML/javascript, CSS, dan lainnya, bagaimana mengupdate tulisan secara kontinyu sehingga bermanfaat bagi pembaca. Selain itu, belajar non-teknis seperti kepekaan terhadap lingkungan sosial, silturahmi dengan sesama blogger, dan lain sebagainya. Keduanya ini penting dibangun jika kita telah menjadi seorang blogger.

9. Meningkatkan Kemampuan SEO Blog

Awal ngeblog saya tidak mengerti apa itu SEO. Dulu masih buta. Ngeblog ya menulis saja pikir saya waktu itu. Padahal saat ngeblog itu penting sekali belajar ilmu SEO (Search Engine Optimization) agar artikel yang kita tulis mudah ditemukan di halaman pencarian Google Search.

Kemampuan SEO ini sangat penting sekali bagi blogger pemula maupun yang sudah di atasnya. Itulah mengapa banyak blogger berlomba-lomba untuk menulis aritel dan mendesain blognya yang SEO friendly agar omset bisnis menjadi naik karena artikel atau produknya mudah ditemukan pada orang-orang yang tepat di internet.

10. Memperluas Jaringan

Melalui kegiatan ngeblog jujur saja saya memperoleh banyak kenalan sesama blogger di group atau jejaring sosial media. Kita bisa saling support atau mendukung dalam hal perbloggingan baik dalam hal job blogger, lomba-lomba menulis artikel blog, dan lainnya. Bentuk support sesama blogger misalnya bisa saling berkunjung ke sesama blogger (blogwalking) lalu meninggalkan jejak berupa komentar positif. Selain itu bisa diskusi seputar aktivitas blogging sehari-hari sampai pada pembahasan tentang bagaimana memperoleh penghasilan dari aktivitas blogging ini. Dari kegiatan blogging ini saya sadar bahwa jaringan pertemanan bisa semakin luas, silaturahmi semakin terjaga, sehingga benar kata pepatah bahwa “banyak teman, banyak rezeki” itu nyata.

11. Memperoleh Banyak Wawasan dan Sudut Pandang Berbeda

Saat saya menekuni dunia perbloggingan, maka aktivitas menulis saya semakin kerasa lebih tertantang untuk semakin kreatif dan produktif. Saat saya menulis banyak topik berbeda di blog maka secara tidak langsung saya dilatih untuk mencari dan mengesekusi beragam sudut pandang yang harus ditulis di blog. Pada akhirnya saya semakin banyak belajar dari diri saya dan lingkungan sekitar, serta wawasan saya juga semakin bertambah.

12. Memperoleh Penghasilan

Dari kegiatan blogging yang sudah saya tekuni sejak tahun 2012 silam hingga saat ini, maka sejumlah penghasilan telah saya kantongi. Saya memperoleh penghasilan dari jualan online bibit tanaman, artikel review, mengikuti lomba blog, content placement, buzzer, Google Adsense, jasa pembuatan website, SEO dan lain sebagainya.

13. Meningkatkan Produktivitas dan Kreativitas

Dengan kegiatan menulis yang saya lakukan di blog, maka hari-hari saya semakin produktif serta kreativitas menulis juga semakin terasah, yang minimal saya bisa semakin lebih baik dalam menyusun kata-kata menjadi sebuah kalimat. Artinya saya akan semakin banyak menciptakan banyak artikel tulisan karena saya terus-menerus belajar untuk menjadi pribadi yang jauh lebih baik. Apalagi ini masa pandemi COVID-19, maka harus memunculkan banyak ide tulisan serta kreativitas tanpa batas di platform blog yang saya miliki.

Kreativitasnya juga bisa bermacam-macam ya, tentunya disesuaikan juga dengan kemampuan (skill) yang dimiliki. Misalnya kreativitas saya mengubah tulisan menjadi lumbung uang, caranya dengan memasang iklan bersponsor di artikel, baik dengan kolaborasi di periklanan Google AdSense, content placement, mengikuti lomba blog, menjadi buzzer, berjualan online dan lain sebagainya. Dan dari aktivitas blogging yang semakin produktif dan kreativitas tanpa batas ini, maka pemasukan keuangan selama pandemik COVID-19 juga tetap terjaga dengan baik, artinya ada pemasukan keuangan yang saya peroleh dari aktivitas blogging.

Tentu pencapaian di atas tidak mungkin akan saya dapatkan jika saya tidak mempunyai kemampuan menulis yang terus saya asah sepanjang waktu. Atau jika saya bermalas-malasan juga pastinya pencapaian di atas tidak akan saya peroleh. Jadi mumpung masih muda dan kuat, maka menulislah untuk keabadian. Tentunya, tidak ada yang sia-sia dari apa yang kita tulis, karena siapa tahu apa yang kita tulis bisa mengantarkan kita menuju surga Allah yang sudah dijanjikan, setuju ya? Yuk, bagikan juga tips/kiat untuk menjaga produktivitas dan kreativitas yang sudah teman-teman lakukan selama adaptasi kebiasaan baru kali ini melalui kolom komentar di bawah. Terima kasih.

Disclaimer: Artikel ini diikutsertakan dalam lomba blog memperingati hari ulang tahun (milad) #1tahunSundaXploit dengan tema: “Tantangan Produktivitas untuk Penuhi Kreativitas di Masa New Normal”. Saya #BanggaBersamaSundaXploit. Selamat ulang tahun ke-1 untuk SundaXploit, sukses dan terus jaya selalu ya…. 🙂

75 Comments
  • reyneraea.com / Rey 7:33 pm 6 Agustus 2021 Balas

    Menulis itu, me time banget buat saya, rasanya bisa berjam-jam duduk deh, saya kalau udah nulis, apalagi kalau yang ditulis hal-hal curhatan, hahaha.

    Dan setuju banget semua poinnya, termasuk membantu orang lain mengetahui informasi dari tulisan kita.

    Ini paling sering terjadi, orang dapat info dari blog

    • Wahid Priyono 6:26 pm 9 Agustus 2021 Balas

      Wah, sudah gak diragukan lagi lah kalo kak Rey ini mah jago banget soal tulis-menulis. Saya sering baca2 tulisan kak Rey keren abiz..

  • firsty molyndi 8:41 pm 6 Agustus 2021 Balas

    selamat suhu blogger nih, menang terus bawaannya. hehe.. hoki banget. ajarin dong tipsnya biar bisa menang terus lomba seo

    • Wahid Priyono 6:25 pm 9 Agustus 2021 Balas

      Hehe, masih terus belajar kok kak, hehe 🙂

    • Siti Nurjanah 2:08 am 12 Agustus 2021 Balas

      Setuju, menulis bisa menjadi sarana utk self healing ketika berbagai aktivitas outdoor menjadi sangat terbatas.
      Jadi teringat kisah Almarhum eyang Habibie yg menjadikan menulis sebagai therapi.
      Menarik nya era digitalisasi semakin banyak media nya utk menuangkan tulisan salah satunya blog yg sekaligus juga bisa utk saling sharing

      • Nurul Rahma 9:33 am 12 Agustus 2021 Balas

        Kak Wahid,
        Cetharrr banget ini penjabarannyaaa

        Makasii makasiii
        Jadi makin smangat ngeblog lagii

        Btw, kak Wahid punya berapa blog total jendral?

        • Wahid Priyono 7:16 pm 12 Agustus 2021 Balas

          +5 blog kak alhamdulillah…

          • Rafahlevi 9:49 pm 13 Agustus 2021

            Aku sepakat denga semua poinnya. Salah satunya” Melalui kegiatan menulis juga akan memperkaya ide tulisan, bahkan hal-hal yang belum diketahui sebelumnya akan semakin detail diketahui karena kita menuliskannya di blog.”
            Belum lama aku membuat artikel soal merancang pernikahan. Da aku jadi paham lagi tehnik mengelola renca pernikahan.

          • Wahid Priyono 9:13 am 14 Agustus 2021

            Iya betul kak, ide/wawasan akan semakin berkembang pesat dan kemampuan berbahasa akan semakin mahir.

      • Wahid Priyono 7:17 pm 12 Agustus 2021 Balas

        Betul kak @siti, alhamdulillah ya kak waktu hidup bisa produktiv dan kreativitas terus terasah dengan menulis di blog dan media online maupun offline lainnya. Seru pastinya ya kak 🙂

  • Shyntako 10:06 pm 6 Agustus 2021 Balas

    Ngeblog di masa pandemi bisa jadi buat terapi juga ya menghilangkan jenuh karena harus di rumah aja, or mengasah skill dengan ikut lomba blog siapa tau menang yaa

    • Wahid Priyono 6:24 pm 9 Agustus 2021 Balas

      Betul sekali kak Shynta, menulis di blog bisa menghilangkan jenuh, sehingga lebih banyak aktivitas produktif dan kreativitas yang terus dikembangkan. Sehingga lebih banyak karya yang akan diciptakan melalui patform blog.

    • Santi Suhermina 10:30 pm 11 Agustus 2021 Balas

      Waduh, klo urusan teknis ngeblog langsung nyerah. Mending serahin ke ahlinya. Tp emang sih klo kita bisa tau dikit2 teknis tuh membantu banget di tengah perjalanan

      • Wahid Priyono 7:18 pm 12 Agustus 2021 Balas

        Seiring perjalanan nanti insya Allah bakalan paham sendiri dan bisa lebih bagus kak baik segi artikel yang ditulis maupun blog secara keseluruhan.

  • Aisyah Dian 10:18 pm 6 Agustus 2021 Balas

    Poin me 12 Pak wahid sudah menang banyak dari lomba ya , Alhamdulillah berkah rezekinya ya pak

    • Wahid Priyono 6:23 pm 9 Agustus 2021 Balas

      Aamiin kak, dapat hadiah dari lomba blog juga karena berkat aktivitas blogging yang kita lakukan sehari-hari. Bersyukur aja yang penting.

      • Fionaz Isza 5:55 am 21 Agustus 2021 Balas

        Wah, kak Wahid sering menang lomba blog nih. Selamat ya atas semua prestasinya..
        Btw aq jarang ikut lomba blog soalnya udah insecure duluan. Hihi

  • Lithaetr 11:48 pm 6 Agustus 2021 Balas

    Setuju banget, mas. Saya juga belajar banyak hal baru dari blogwalking teman-teman. Lalu, bisa menambah pertemanan juga. Serulah pokoknya ngeblog itu.

    • Wahid Priyono 6:22 pm 9 Agustus 2021 Balas

      Yups kak, bisa juga menambah silaturahim ya kak, biar panjang umur dan murah rezekinya hehe 🙂

    • Wahid Priyono 6:22 pm 9 Agustus 2021 Balas

      Makasih kak Iwan, sukses juga dengan blognya kak Iwan. Makin keren aja kak 🙂

      • Iwan Hendrawan 6:44 pm 12 Agustus 2021 Balas

        template web mas wahid bagus, bisa ajarin bikin templatenya heheh

        • Wahid Priyono 7:19 pm 12 Agustus 2021 Balas

          Makasih mas Iwan, hehe…masih belajar juga saya kok 🙂

  • Maria Soemitro 1:39 am 7 Agustus 2021 Balas

    saya pernah gak aktif nulis karena waktu habis bikin kue

    karena awalnya mau nulis sambil bikin kue untuk penghasilan, eh bikin kue malah ngabisin waktu

    rasanya sakaw lho, pingin nulis tapi gak bisa 😀 😀

    • Wahid Priyono 6:21 pm 9 Agustus 2021 Balas

      Hehehe, ya memang kadang kita butuh menejemen waktu ya kak dengan sebaik2nya. Agar apa yang kita kerjakan sesuai target dan pencapaian yang diinginkan. Semangat kak nulisnya.

  • Dian 5:03 am 7 Agustus 2021 Balas

    setuju mas, ngeblog ini punya banyak manfaat ya
    nggak cuma sebagai profesi saja, tapi juga banyak manfaat juga yang bisa didapatkan

    • Wahid Priyono 6:21 pm 9 Agustus 2021 Balas

      Betul sekali kak Dian, banyak hal yang bisa kita dapatkan dengan menulis di blog. Tentunya semakin produktif dan kreativitas terus dikembangkan dengan menulis.

  • Moch. Ferry 6:48 am 7 Agustus 2021 Balas

    Mas wahid makin mantep dengan karya tulisan platform blognya, mengedukasi, menginspirasi kebaikan, berkarya.

    • Wahid Priyono 6:20 pm 9 Agustus 2021 Balas

      Wah makasih kak Fery, saya juga masih terus belajar kok hehe.

  • diane 7:55 am 7 Agustus 2021 Balas

    Menulis di blog emang banyaaaak banget manfaatnya.. Apalagi sekarang bisa dijadikan ATM ya…makin banyak deh manfaatnya..

    • Wahid Priyono 6:20 pm 9 Agustus 2021 Balas

      Yups, betul sekali kak, setuju sekali dg statment kakak di atas 🙂

      • Dian 1:15 pm 12 Agustus 2021 Balas

        awal ngeblog dulu cuma modal bisa nulis doang, sambil jalan belajar banyak soal blog ini, termasuk urusan seo ini

        • Wahid Priyono 7:20 pm 12 Agustus 2021 Balas

          Iya kak, ternyata ngeblog juga gak cuma tentang urusan SEO saja ya, ternyata menyajikan artikel berkualitas untuk pengunjung situs juga sangat penting pastinya.

  • Rhoshandhayani 10:35 am 7 Agustus 2021 Balas

    aku juga ngerasain banyak manfat ngeblog saat pandemi
    alhamdulillah ada penghasilan tambahan dari blog
    juga membuat kita tetap membaca karena ada banyak referensi yang kita baca

    • Wahid Priyono 6:19 pm 9 Agustus 2021 Balas

      Wah alhamdulillah walaupun sedang pandemi/new normal seperti sekarang ini, maka dengan menulis di blog bisa jadi mesin uang ya kak…

  • Susindra 2:01 pm 7 Agustus 2021 Balas

    13 manfaat yang sudah saya dapatkan setiap hari selama menjadi blogger. Menyenangkan sekali. Ada dua tambahan yang membuat saya selalu semangat menulis blog adalah sedekah dan warisan saya. Semogatak putus meskipun sudah lama berkalang tanah.

    • Wahid Priyono 6:18 pm 9 Agustus 2021 Balas

      Alhamdulillah kalau begitu kak Susi. Mantap.

      • Susindra 2:05 pm 14 Agustus 2021 Balas

        Terima kasih Kak. Makanya saya setia pada blogspot dan suami juga sudah biasa setting2 kebutuhan blog istrinya. PR-nya membuat anak juga mau ngeblog sehingga juga tahu cara lepas domain berbayarnya

        • Wahid Priyono 5:16 pm 14 Agustus 2021 Balas

          Alhamdulillah ya kak Susi, semua keluarga termasuk anak dan ayahnya mau ngeblog. Jadi lebih produktif tentunya. Aamiin.

  • Melina Sekarsari 4:36 am 8 Agustus 2021 Balas

    Harus bilang setuju. Ketiga belas alasan di atas memang benar adanya. Saya sih merasakan banget, dengan menulis, otak saya bisa tetap terasah. Nggak kebayang hidup saya tanpa menulis. Pasti tumpul banget karena nggak terstimulasi untuk berpikir.

    • Wahid Priyono 6:18 pm 9 Agustus 2021 Balas

      Yups betul sekali kak, otak jadi bisa lebih produktif dengan menulis ya kak…

  • iffiarahmandotcom 6:26 am 10 Agustus 2021 Balas

    bener banget nih mas manfaatnya, cuma kadang sebagai irt saya sering dibilang ngeblog mulu, padahal kan pas lagi nulis artikel berbayar, kadang suka sebel aja gitu sama orang yang ga tau apa2 tapi komen. padahalkan manfaat ngeblog banyak banget.

    • Wahid Priyono 1:30 pm 11 Agustus 2021 Balas

      Iya sabar ya kak, nanti juga kalo mereka tahu manfaat ngeblog pastinya bakalan klepek-klepek dibuatnya hehe. Waktu harian akan jadi semakin aktif dan produktif ya kan 😀

  • Diah Alsa 11:42 am 11 Agustus 2021 Balas

    manfaat blog itu memang banyak banget deh, kalau orang masih ada aja yang menganggap remeh ngeblog itu buang waktu aja duuhh harus diajak ikut ngeblog juga biar terbuka mata dan pikirannya apalagi jika udah kenal monetize lewat blog juga, pasti dia bakalan candu juga deh 😀

    • Wahid Priyono 1:29 pm 11 Agustus 2021 Balas

      Hehe, betul kak, harus diajak kopdar ya kak 😀

  • Maria Soemitro 1:50 am 12 Agustus 2021 Balas

    setuju banget, blogging merupakan pekerjaan otak

    sehingga banyak banget manfaatnya, mulai dari kesehatan mental hingga keuntungan materi

    • Mutia Ramadhani 12:29 pm 12 Agustus 2021 Balas

      Blogging adalah passion seumur hidup. Mau nulis sampai nanti, meski udah jadi nenek-nenek. Hehehe. Ada yang punya rencana kayak saya?

      • Wahid Priyono 7:21 pm 12 Agustus 2021 Balas

        Wah rencana yang bagus tuh untuk kak Muthe…ngeblog sampe nenek-nenek, tentunya ide yang cukup bagus biar otaknya tetap terasah ya kak, biar gak pikun hehe..

  • Sumiyati Sapriasih 5:59 am 12 Agustus 2021 Balas

    Point 1 benar sekali bahwa kita harus mengasal skill kita dimulai hari ini, besok dan lusa. Dengan latihan menulis setiap hari maka ide akan muncul dengan sendirinys

    • Wahid Priyono 7:21 pm 12 Agustus 2021 Balas

      Iya kak, menulis sepanjang waktu selama masih mampu ya…

    • Syahri 10:59 am 14 Agustus 2021 Balas

      Ah betul bgt nih ulasannya mas. Dengan menulis juga, ruang gerak kita tidak dibatasi untuk berimajinasi. Ada banyak ilmu serta informasi yg kita peroleh dan miliki untuk dibagikan pada orang lain

      • Wahid Priyono 5:16 pm 14 Agustus 2021 Balas

        Betul kak Syahri. Ilmu itu harus dibagikan ya supaya berkah untuk kita dan semua semesta.

  • Annie Nugraha 6:25 am 12 Agustus 2021 Balas

    Sepakat dengan 13 poinnya Mas Wahid. Banyak (banget) manfaat yang saya rasakan setelah beberapa tahun aktif menjadi blogger.

    Meski pada awalnya tujuan saya menjadi blogger dan penulis adalah meninggalkan legacy untuk anak keturunan saya, nyatanya kualitas diri saya sendiripun turut berkembang dengan baik.

    • Wahid Priyono 7:23 pm 12 Agustus 2021 Balas

      Wah betul sekali kak Annie, intinya menulis untuk menghidupkan jiwa dan raga ya kak. Pola pikir juga akan semakin positif menyikapi banyak hal dalam hidup melalui tulisan-tulisan yang sudah tergoreskan. Menulis sepanjang perjalanan hidup….

  • Hendra Suhendra 9:40 am 12 Agustus 2021 Balas

    Iya nih, sejak bergelut di dunia blogging, jadi sedikit tau dasar ilmu HTML, meski nggak menguasai. Selain itu juga jadi banyak teman di dunia maya maupun dunia nyata. Saya juga jadi mahir mengetik 10 jari. Pokoknya banyak banget deh manfaat menulis di blog. Makasih atas tulisan yang inspiratif sekali dari suhu blogger yang satu ini. Saya harus banyak belajar dari Mas Wahid Priyono nih.

    • Wahid Priyono 7:24 pm 12 Agustus 2021 Balas

      Betul sekali kak Hendra, jadi terus belajar memperbaiki skill ngeblognya ya kan.. semoga lancar kak untuk kita semua sebagai blogger..

  • Mutia Ramadhani 10:05 am 12 Agustus 2021 Balas

    Semua manfaatnya sudah saya rasakan mas. Hehehe. Paling terasa itu untuk menyalurkan passion dan hobi. Saya juga gak memungkiri dulu bisa jadi jurnalis salah satunya karena hobi menulis di blog juga. Jadi jurnalisnya udah pensiun, ngeblognya lanjut terus. Pengen ngeblog terus sampai udah jadi nenek sekali pun. Insya Allah. Wkwkwk.

    Sejatinya menulis itu gak mengenal kata ‘pensiun’ atau ‘expired’ ya. Soalnya ada saja yang bisa kita kembangkan.

    • Wahid Priyono 7:25 pm 12 Agustus 2021 Balas

      Sama kak Muthe…saya juga menulis di blog untuk menyalurkan hobi dan passion juga. Sayang sekali ya kalo hal-hal produktif dan kreatif di hidup kita gak disebarkan kebermanfaatannya untuk semua orang.

  • Moch. Ferry 10:19 am 12 Agustus 2021 Balas

    Membuat karya melalui tulisan di blog membuat pembaca bisa membaca dengan baik untuk dipraktikkan di kehidupan. Mantep mas wahid.

    • Wahid Priyono 7:25 pm 12 Agustus 2021 Balas

      Makasih mas Ferry, sukses selalu juga untuk mas Ferry-nya.

  • Ira Hamid 11:37 am 12 Agustus 2021 Balas

    saya pun merasakan banyak manfaat menulis di masa PPKM ini, salah satunya bisa menambah penghasilan yang bisa dipakai untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari

    • Wahid Priyono 7:27 pm 12 Agustus 2021 Balas

      Iya kalo begitu alhamdulillah ya kak Ira, masih bisa menghasilkan pendapatan melalui blog selama pandemik COVID-19. Terus bersyukur ya kak, dan semangat menulisnya. Mudah2an ke depannya para blogger tanah air tetap mengalir rezekinya, aamiin.

  • diane 2:31 pm 12 Agustus 2021 Balas

    13 plus plus ya pokoknya kalau manfaat nulis di blog.. Dari yang awalnya cuma iseng-iseng nulis geje buat curcol2an

    • Wahid Priyono 7:28 pm 12 Agustus 2021 Balas

      Hehe, blog itu adalah platform bebas kak, jadi mau curcol juga gpp kak hehe 😀 yang penting bisa seneng aja passion/hobi bisa tersalurkan dan bisa dibaca serta bermanfaat untuk orang-orang di sekitar kita. Sukses kak Diane untuk blognya.

  • Yuni Bint Saniro 5:45 am 13 Agustus 2021 Balas

    Ah iya benar. Pandemi membuat yuni harus kehilangan lapangan pekerjaan. Jadi, harus mencari alternatif lain sebagai penghasilan. Maka ngeblog menjadi jalan lain.

    Apalagi bagi orang yang suka menulis. Tentu menjalaninya dengan hati riang dan gembira. Hasilnya, apa yang dituliskan terbaca oleh hati. #eh…

    • Wahid Priyono 8:56 am 13 Agustus 2021 Balas

      Alhamdulillah ya kak, melalui media blog bisa jadi sarana untuk menjemput rezeki Allah..aamiin semoga berkah kak Yuni.

  • Sarieffe 5:04 pm 13 Agustus 2021 Balas

    Alhamdulillah, dari nulis ternyata ada banyak manfaat yang bisa kita dapatkan ya mas. Sayapun bersyukur, hobi yang kita tekuni sungguh-sungguh ternyata bisa menghasilkan sekaligus bermanfaat bagi orang lain. Mantap!!

  • Nanik Nara 9:40 pm 13 Agustus 2021 Balas

    Aduh baca ini jadi ketampol saya.
    Di masa pandemi ini, waktu luang saya malah banyak kepakai buat ngegame.
    Nah, pas udah pengen nulis lagi, kadang jadi stuck lagi, mulainya dari mana.

    • Wahid Priyono 9:14 am 14 Agustus 2021 Balas

      Ngegame juga bagus kok kak untuk hiburan selama pandemik COVID-19. Sesekali nulis juga masih tetap oke kok 😀

  • Rini Novita Sari 9:36 am 16 Agustus 2021 Balas

    Bener bgt, aku bisa dapat penghasilan setengah dari gaji kantor cuma dari blog dan nulis. Itu amazing dan nggak pernah terpikirkan sebelumnya sih.

    Nggak cuma dpt duit, manfaat lain juga buaaaanyakkkkk bgttt

    • Wahid Priyono 9:04 am 18 Agustus 2021 Balas

      Alhamdulillah ya kak Rini, mantap sekali dan luar biasa sekali kak 🙂

  • Aisyah Dian 12:25 pm 19 Agustus 2021 Balas

    Awalnya hanya menyalurkan passion … Tapi Makin kesini Makin bertambah celah dari blog… Bahagia banget pastinya Karena semua bernilai positif

    • Wahid Priyono 1:41 pm 19 Agustus 2021 Balas

      yups kak…betul sekali karena passion saya juga adalah menulis.

  • Steffi Budi Fauziah 10:39 am 23 Agustus 2021 Balas

    bener banget sih, selama pandemi dan di rumah aja kita harus lebih produktif ya. apalagi bagi kita yang sukanya menulis. Alhamdulillah nih selama di rumah aja, semakin semangat menulis buku. semoga menulis blog juga hihi. makasih sharingnya.

Write a comment