Wahid Priyono

Blogger

Web Designer

Freelancer

Teacher

Writer

Content Creator

Badminton Lovers

Wahid Priyono

Blogger

Web Designer

Freelancer

Teacher

Writer

Content Creator

Badminton Lovers

#BlogPost

5 Tips Memilih Jurusan Kuliah di Kampus Vokasi

14 Agustus 2021 Edukasi
5 Tips Memilih Jurusan Kuliah di Kampus Vokasi

Memilih jurusan atau program studi kuliah untuk menentukan jenjang karir di kemudian hari adalah sesuatu hal yang tidak mudah. Hal ini tentu saja butuh analisis mendalam serta tidak perlu terburu-buru memutuskan. Perlu banyak pertimbangan, kematangan berpikir, serta melihat prospek ke depannya. Maka memilih kampus serta jurusan kuliah yang sesuai untuk jenjang karir cemerlang di masa depan adalah pilihan tepat.

Sebelum fiks memutuskan jurusan atau kampus untuk kuliah, maka saya akan berbagi 5 tips memilih jurusan/program studi kuliah terbaik di kampus vokasi sebagai berikut:

1. Tanyakan Passion/Hobi/Minat Bakatmu Apa

Memilih jurusan atau kampus untuk kuliah tidak perlu ikut-ikutan teman. Maka memilihnya bisa kamu sesuaikan dengan passion, minat atau bakat kamu itu apa. Jika minat kamu di dunia informasi dan teknologi (IT), maka kamu bisa mencoba mengambil jurusan di kampus vokasi yang menyelenggarakan perkualiah/jurusan di bidang IT. Bahkan, di Indonesia sendiri kampus vokasi itu cukup banyak dan beragam jurusan yang dipilih sesuai minatmu, yakni mulai dari jurusan pariwisata, broad casting, entrepreneurship, agribisnis, dan lain sebagainya.

2. Pilih Kampus/Jurusan yang Sudah Terakreditasi

Saat menentukan kampus dan jurusan/program studi yang hendak dipilih, maka pastikan akreditasinya itu apa. Sebaiknya untuk akreditasi yang masih bisa ditoleransi itu adalah C. Dan syukur-syukurnya kamu bisa dapat akreditasi kampus vokasi A atau B. Nah, tentunya ini sangat baik untuk mendukung jenjang karir ke depan. Terkadang akreditasi kampus bisa jadi pertimbangan job recruiter dalam mencari sosok karyawan di perusahaan yang mereka pimpin.

3. Fasilitas Kampus/Jurusan/Program Studi

Pertimbangan yang tak kalah pentingnya saat memilih kampus vokasi adalah ketersediaan fasilitas pembelajaran yang disediakan. Kamu bisa melakukan observasi (datang langsung) ke lokasi kampus/jurusan sambil melihat-lihat fasilitas disana. Kamu juga bisa tanyakan langsung dengan mahasiswa yang berkuliah disitu. Jika jawaban mereka memuaskan, selanjutnya kamu bisa putuskan untuk berkuliah di jurusan tersebut.

4. Kurikulum yang Diberikan Pihak Kampus

Setiap pembelajaran yang dilakukan oleh dosen di kampus pastinya ada kurikulum yang dipakai. Jangan ragu untuk menghubungi pihak kampus/jurusan untuk menanyakan jenis kurikulum yang dipakai, apakah relate dengan dunia kerja kekinian?

5. Kampus/Jurusannya Berkualitas

Ciri-ciri kampus/jurusan/program studi berkualitas yaitu banyak lulusannya tersaring di dunia kerja. Sehingga untuk memilihnya tidak boleh dipilih secara cuma-cuma, tapi harus memberikan keuntungan untuk jenjang karir di masa depan yang lebih baik.

Politeknik Wilmar Bisnis Indonesia (WBI), sumber gambar: wbimedan.blogspot.com

Kampus-kampus di Indonesia kini sudah menggunakan konsep vokasi untuk menjaring lulusannya yang mampu bersaing di dunia kerja. Misalnya adalah kampus Politeknik Wilmar Bisnis Indonesia (WBI) yang merupakan Kampus Entrepreuner di Sumut siap mencetak entrepreuner muda dengan berbagai macam jurusan/program studi yang tersedia seperti:

1. Teknologi Rekayasa Perangkat Lunak (TRPL)

Program Studi Teknologi Rekayasa Perangkat Lunak WBI ini bertujuan untuk menghasilkan lulusan terampil, teruji, dan tersertifikasi dan berjiwa entrepreuner melalui kurikulum yang merujuk pada Asosiasi Pendidikan Ilmu Komputer Indonesia (APTIKOM) dan standar pendidikan global.

2. Agribisnis Hortikultura

Merupakan program studi terapan yang memanfaatkan teknologi dalam bidang pertanian untuk menghasilkan entrepreneur muda dalam bidang Agribisnis Hortikultura.

3. Akuntansi Perpajakan

Program studi Akuntansi perpajakan ini berfokus untuk mencetak calon akuntan perpajakan yang mampu bersaing di dunia teknologi 4.0 dengan menumbuhkan semangat kreativitas dan inovasi global.

4. Manajemen Pemasaran Internasional

Program studi ini bertujuan membekali mahasiswa untuk memiliki pengetahuan terkini, praktik pemasaran, serta soft skill yang disiapkan untuk dunia kerja ke depannya.

5. Pengelolaan Konvensi dan Acara (PKA)

Program studi PKA WBI ini mempunyai konsep pengembangan pendidikan berbasis bisnis di bidang pariwisata, serta pengelolaan konvensi dan acara. Sistem belajarnya dengan praktek serta pelatihan langsung.

Pada akhirnya memilih kampus dan program studi/jurusan terbaik adalah mutlak penting. Dan kampus vokasi seperti WBI ini bisa menjadi pilihan tepat untuk menunjang karir di masa depan yang lebih cemerlang.

Sumber Referensi:

Taggs:
44 Comments
  • Susindra 11:14 pm 14 Agustus 2021 Balas

    Jurusan-jurusan di WBI sangat menarik dan tidak yang single ilmunya. Jadinya lebih beragam dan lebih beragam yang skill yang dipeajari.

    • Wahid Priyono 5:25 pm 15 Agustus 2021 Balas

      alhamdulillah kak lengkap dan cocok untuk yang mau berwirausaha langsung daftar aja di WBI..dijamin oke.

  • Hendra Suhendra 2:46 pm 15 Agustus 2021 Balas

    Penting banget untuk tau apa minat dan bakatnya, biar nggak salah pilih dan menyesal di kemudian hari. kalo udah ketemu passion yang pas, ya tinggal nyari kampusnya aja, mau yang seperti apa. But, this is worth it lah ya, cocokk banget bagi yang ingin jadi enterpreneur, ya bisa kuliah di Politeknik WBI ini.

    • Wahid Priyono 5:26 pm 15 Agustus 2021 Balas

      Menurut saya memang kuliah itu sebaiknya disesuaikan dengan bakat dan minat atau passionnya apa supaya jadi lebih gampang, senang dalam menjalaninya. Alias lebih enak dan tidak setengah2.

    • Supadilah Padil 3:54 pm 16 Agustus 2021 Balas

      Memang paling pas kalau kuliah sesuai dengan minat. Kuliah di politeknik bisa mendukung cepat dapat kerja. Apalagi di WBI ada jurusan pengelolaan konvensi dan acara ini menarik juga.

      • Wahid Priyono 7:50 am 18 Agustus 2021 Balas

        Iya betul sekali mas Padil. Harus disesuaikan dengan minat kalau mengambil jurusan/program studi kuliah. Supaya menjalaninya lebih yakin dan senang hati.

    • Ira Hamid 4:46 pm 16 Agustus 2021 Balas

      Akreditasi kampus dan jurusan ini penting banget yaa, jangan sampai deh kita kuliah di kampus yang belum terakreditasi

  • Mutia Ramadhani 10:24 pm 15 Agustus 2021 Balas

    Kalo masuk kampus vokasi, kayaknya masuk jurusan apa aja jadi ya. Jadi, pada dasarnya menyesuaikan dengan kemampuan akademik kita aja, dan gak lupa minat.

    Seandainya aku mahasiswa baru nih, aku balikin lagi ke diri aku. Kelak aku mau ngejar passion karena aku idealis, atau aku bisa jadikan apa aja di masa depan sebagai passion aku. Hehehe.

    Pertimbangan pertama pasti kampusnya dong ya. Di Sumut kalo gak salah Politeknik WBI ini udah punya nama.

    • Wahid Priyono 7:58 am 18 Agustus 2021 Balas

      Iya kak mengembalikan ke diri sendiri dan sesuaikan dengan passion ya tentunya akan jauh lebih baik.

  • Maria Soemitro 10:43 pm 15 Agustus 2021 Balas

    waw lengkap banget Politeknik Wilmar Bisnis Indonesia (WBI)

    saya biasanya mengajak anak-anak ikut tes minat bakat ke biro psikolog agar tidak salah menentukan jurusan

    • Wahid Priyono 8:12 pm 16 Agustus 2021 Balas

      Wah mantap kak Maria sharingnya. Anak2 memang perlu diarahkan untuk kuliah sesuai minat/passion mereka itu apa…

  • Rizka Edmanda 9:04 am 16 Agustus 2021 Balas

    Baru tau ada universitas vokasi kirain cuma sampe SMK aja, di luar negeri juga banyak kayak gini. Sepupuku yang orang Malaysia kuliah juga di pendidikan vokasi gitu

    • Wahid Priyono 8:11 pm 16 Agustus 2021 Balas

      yups kak. SMK juga ada vokasi. kuliah pun begitu…

  • Bang Doel 9:19 am 16 Agustus 2021 Balas

    Pemberian materi kuliah yang terintegrasi dengan skill entrepreneur menjadikan mahasiswanya punya nilai plus ya. Sehingga kalau lulus dan belum ada panggilan kerja dari perusahaan, dia bisa mencari peluang lain yang mungkin saja lebih menjanjikan.

  • diane 11:42 am 16 Agustus 2021 Balas

    Pilihan jurusan vokasinya bagus2 juga ya.. Dan memang pilih jurusan sebaiknya disesuaikan dengan minat..jadi menjalaninya nanti bisa lebih enjoy ya..

  • Tanti Amelia 11:54 am 16 Agustus 2021 Balas

    bener banget ini mas tipsnya,
    pemberian materi kuliah juga harus sesuai dengan yang diminati dan plus skill entrepreneur karena anak jaman now butuh itu

    • Wahid Priyono 8:06 am 18 Agustus 2021 Balas

      Iya memang jiwa enterpreneur penting sekali ya ditanamkan di bidang pendidikan, supaya lulusannya bisa bersaing di dunia kerja.

  • Moch. Ferry 1:00 pm 16 Agustus 2021 Balas

    Memilih kampus sesuai passion memang benar mas wahid agar sesuai harapan

  • Rhoshandha 1:36 pm 16 Agustus 2021 Balas

    wuah sayang banget usiaku udah sekian
    kalau boleh muda lagi, pengen banget kuliah di jurusan Pengelolaan Konvensi dan Acara

    • Wahid Priyono 8:09 am 18 Agustus 2021 Balas

      Iya ya kak, pengen mengulang waktu ke asalnya 🙂

  • Desi 1:48 pm 16 Agustus 2021 Balas

    Wah, menarik nih ada akuntansi juga, kebetulan kerjaanku di bidang akuntansi dan aku bukan lulusan akuntansi

    • Wahid Priyono 8:10 am 18 Agustus 2021 Balas

      Wah keren kak, kerja di bidang akuntansi.. sukses selalu ya kak Desi untuk karirnya.

  • Nurul Sufitri 2:02 pm 16 Agustus 2021 Balas

    Wah, ternyata banyak faktor yang mesti dipikirkan ya untuk mengambil jurusan kuliah. Anakku sekarang duduk di kelas 11. Ga terasa sebentar lagi mesti bersiap2. Minat dan bakat itu berkorelasi terus ya. Jangan sampai salah pilih jurusan sehingga hidup merana 🙂 TFS mas Wahid.

    • Nengsi 2:58 pm 17 Agustus 2021 Balas

      Tipsnya bermanfaat banget ini kak. Biar nggak salah dalam memilih jurusan. Jangan sampai karena salah milih jurusan akhirnya malas kuliah. Kacau balau dah kalau udah gitu.

      • Wahid Priyono 8:14 am 18 Agustus 2021 Balas

        Betul sekali kak Nengsi….

        • Richa Miskiyya 7:22 pm 21 Agustus 2021 Balas

          Wah, menarik nih jurusan-jurusannya. Ternyata di Sumatera Utara ada kampus vokasi juga

    • Wahid Priyono 8:10 am 18 Agustus 2021 Balas

      @Nurul : betul sekali kak Nurul. Pertimbangan yang saya tulis di atas hanya sebagian saran saja. Hehe..

  • Fenni Bungsu 2:24 pm 16 Agustus 2021 Balas

    Bener sih dibicarakan dulu apa yang jadi minat dan yang disukai. Sehingga nggak salah ambil jurusan, dan bisa fokus belajarnya. Daku pernah diposisi itu juga

    • Wahid Priyono 8:11 am 18 Agustus 2021 Balas

      Iya kak, harus tahu dulu ya inner passion yang ada di dalam diri seseorang ketika hendak berkarir atau kuliah.

  • Dian Restu Agustina 3:08 pm 16 Agustus 2021 Balas

    Pilihan jurusannya lengkap ya, bisa siap kerja ini nanti…Memang memilih kampus dan program studi/jurusan terbaik itu penting. Dan WBI bisa menjadi pilihan tepatnya

    • Wahid Priyono 8:12 am 18 Agustus 2021 Balas

      Yups betul kak, bahwa kampus Politeknik WBI memang bisa jadi pilihan tepat kok untuk menunjang karir ke depannya. Aamiin.

  • Aisyah Dian 3:11 pm 16 Agustus 2021 Balas

    Memilih yang sesuai passion, Dan hobby ini memang sangat penting banget ya kak, tapi kalau salah pilih Kita sendiri yang bertanggung jawab Tanpa bisa nyalahin ortu hehehe

    • Wahid Priyono 8:13 am 18 Agustus 2021 Balas

      Yups benar sekali. Harus yakin dengan pilihan kita. Ortu kita sebagai jalan pengarahnya.

  • Nur Asiyah 8:27 pm 16 Agustus 2021 Balas

    Sepengalaman saya, memilih jurusan baiknya memang sesuai dengan yang kita senangi atau minati. Karena jika di tengah jalan terasa berat, kita enggak gampang nyerah.

    • Wahid Priyono 3:16 am 17 Agustus 2021 Balas

      yups betul sekali kak. Gak maen2 y pilih jurusan/prodi kuliah

  • Maria Tanjung Sari 6:00 pm 17 Agustus 2021 Balas

    Bagus banget tipsnya nih mas. PAra calon mahasiswa harus selektif ya dalam memilih jurusan kuliah. Kebanyakan yg saya lihat para calon mahasiswa ini masih sekadar ikut teman karena masih bingung

    • Wahid Priyono 8:13 am 18 Agustus 2021 Balas

      Iya betul, masih banyak yang ikut-ikutan teman. Makainya di sekolah saya tempat mengajar sering ada konseling antara siswa dengan guru BK.

  • Arai Amelya 7:10 pm 19 Agustus 2021 Balas

    Andai aku baca soal WBI ini pas lulus SMA, kayaknya jadi makin mantap pikih sekolah vokasi deh. soalnya memang benar2 siap untuk terjun langsung ke dunia kerja dan bersaing dalam lingkungan profesional

    • Wahid Priyono 8:09 pm 19 Agustus 2021 Balas

      Betul kak. Sekolah/kampus vokasi itu menurutku lebih baik karena persentase praktikum/terjun lapangan itu lebih tinggi daripada teori. Jadi skill dan pengalamannya akan semakin meningkat karena memang disiapkan untuk menghadapi dunia kerja yg beragam tantangannya. Politeknik WBI ini bisa jadi solusi untuk tempat menimba ilmu bagi calon mahasiswa baru.

  • jihan fauziah 2:22 pm 2 September 2021 Balas

    Kampus WBI ini emang keren bgt ya… Ada jurusan agribisnis yang bener2 jawab tantangan industri pertanian sekarang. Aku rekomendasikan ponakanku buat kuliah disini.

Write a comment