Wahid Priyono

Blogger

Web Designer

Freelancer

Teacher

Writer

Content Creator

Badminton Lovers

Wahid Priyono

Blogger

Web Designer

Freelancer

Teacher

Writer

Content Creator

Badminton Lovers

#BlogPost

Refleksi 9 Tahun Menjadi Seorang Blogger

22 Agustus 2021 Blogging
Refleksi 9 Tahun Menjadi Seorang Blogger

Menjadi seorang blogger telah saya tekuni sejak tahun 2012. Saat itu saya hanya iseng-iseng membuat blog gratisan di blogger dan menulis apapun yang ada pada kejadian setiap hari. Kadang saya harus menuliskan kegiatan-kegiatan saya selama berpendidikan di kampus. Atau juga saya menuliskan hal-hal yang berbau mata kuliah di kampus.

Seiring berjalannya waktu, sekitar tahun 2015, saya mengenal seorang bernama Ahmad Wibawa melalui sebuah komunitas blogger Lampung. Saat itu saya kagum dengan beliau, karena dengan usianya yang masih muda dia sukses dari bisnis online melalui platform blog. Dia mampu menghasilkan ratusan juta dari artikel yang dia tulis di blog miliknya. Caranya yaitu memonetisasi blognya dengan iklan Google AdSense. Bahkan beliau juga mampu memperkerjakan karyawan untuk blognya.

Saat itu, saya coba bertanya-tanya dengan beliau bagaimana caranya biar dapat uang dari blog. Lalu beliau menginstruksikan kepada saya untuk rutin menerbitkan artikel di blog yang saya kelola. Jika blog sudah banyak artikel dan pengunjungnya, maka beliau berpesan agar blog saya itu didaftarkan ke layanan Google AdSense.

Saat itu saya mengikuti instruksi mas Ahmad ini, dan singkat cerita pada akhirnya saya coba daftarkan blog saya ke Google AdSense dan alhamdulillah diterima. Saat itu, saya mulai fokus belajar secara kontinyu dan memonetisasi konten di blog saya dengan Google AdSense hingga saat ini. Bahkan, saya juga ternak banyak blog untuk memaksimalkan penghasilan Google Adsense atas saran-saran dari beliau.

Alhamdulillah, dari kegiatan menulis dan mengisi konten di blog saya tersebut, akhirnya saya memperoleh penghasilan dari Google AdSense. Saya tidak menyangka ini bisa terjadi pada diri saya sebagai langkah menekatkan diri untuk berbisnis online blog dari internet.

Namun, menurut saya memang jika semua pekerjaan apapun itu jika kita lakukan dengan tekun dan niat yang tulus pasti akan memperoleh buah dari usaha yang kita lakukan. Yang terpenting harus ada kemauan dan kesungguh-sungguhan untuk belajar pasti akan berhasil.

Nah, berikut ini beberapa refleksi pengalaman saya 9 tahun menjadi seorang blogger yang tidak akan saya lupakan seumur hidup:

1. Cita-Cita Menjadi Penulis Sejak Kecil Tercapai

Sebenarnya saya sejak kecil sangat suka dunia literasi, menulis, menggambar, bahkan membaca. Kadang saat ibu saya membeli ikan asin atau cabai di warungkan bungkusnya itu dari kertas koran atau kertas pelajaran sekolah, kadang saya sering baca-baca informasi yang ada pada kertas pembungkus ikan asin tersebut. Dan saat Sekolah Dasar (SD) saya memang paling suka nongkrong di perpustakaan saat jam istirahat dan meminjam banyak buku dan dibawa pulang ke rumah.

Sejak SD, SMP, SMA bahkan kuliah saya senang sekali membuat karya tulisan berupa artikel, menggambar, dan membuat bait lagu karya sendiri. Beberapa kali sering mewakili sekolah untuk mengikuti lomba menulis, atau menggambar. Jadi saat sudah dewasa juga paling senang kalau ikutan lomba yang digelar oleh pemerintah atau swasta. Ada rasa menggebu-gebu dan jiwa kompetisi bergoncang saat berkompetisi. Hehe.

Dan hingga dewasa saat ini, ternyata cita-cita saya menjadi penulis tercapai, walaupun menulisnya hanya didokumentasikan melalui platform blog saja, tapi bagi saya tidak masalah, yang penting intinya adalah berbagai ilmu atau pengalaman kepada orang lain.

2. Kemampuan Menulis Semakin Terasah

Saat menjadi seorang blogger, saya merasa bahwa kemampuan menulis saya terus dilatih dan mau tidak mau saya akan sampai pada tujuan saya menulis. Dari yang dulu saya tidak paham EYD/EBI, saat ini sedikit demi sedikit saya pelajari bertahap. Jika saya ragu dengan ejaan yang tuliskan, maka saya akan membuka KBBI online dan mengoreksi setiap tulisan yang saya buat. Saya juga semakin berhati-hati untuk menuliskan kata demi kata, dan lebih memperhatikan ejaan baku serta kalimat efektif yang mudah dipahami semua orang.

Walaupun saat ini saya terus aktif menjadi blogger, namun saya akan terus belajar menulis sampai batas waktu yang tidak bisa saya tentukan. Tekat saya akan terus menulis sampai akhir hayat.

3. Silaturahmi Terjaga, Semakin Banyak Teman, dan Rezeki Lancar

9 tahun menjadi seorang blogger telah mengajarkan banyak hal dan pengalaman berkesan. Saya bisa bersilaturahmi dengan teman-teman blogger baik melalui komunitas (offline) atau secara online melalui grup-grup WAG. Dari grup WhatsApp tersebut saya bisa menemui banyak orang dengan kemampuan ngeblog yang di atas rata-rata. Bahkan ketika saya blogwalking ke blog mereka saya melihat ada sisi keunikan dari masing-masing blogger. Namun, menurut saya mereka itu luar biasa sekali karena mau berbagi ilmu dan pengalaman mereka melalui tulisan yang bisa dilihat semua orang di dunia melalui jejaring sosial maupun internet.

Sudahlah tentu bahwa ilmu dan apa yang teman-teman blogger bagikan itu bisa bernilai manfaat dan mudah-mudahan mendapatkan pahala sebagai amalan jariyah. Aamiin.

Semakin aktif dengan komunitas dan blogwalking dan menjalin pertemanan maka semakin banyak teman, dan rezekipun semakin lancar. Percayalah bahwa rezeki itu perlu dijemput.

Di sebuah komunitas blogger yang saya tahu kita semua itu adalah saudara dan saling support untuk semua hal, bahkan kita bisa saling berkunjung di blog teman-teman blogger dan memberikan komentar guna menambahkan impresi dan pageview kunjungan situs. Dari pertemanan sesama blogger ini juga biasanya akan memunculkan peluang-peluang usaha baru lho, termasuk info job blogger, dan lain sebagainya. Tentunya ini banyak sekali manfaat yang didapatkan. Satu kata luar biasa !

3. Memunculkan Banyak Peluang-Peluang Bisnis Baru

Selama menjadi blogger hingga sampai saat ini, saya merasa bahwa peluang-peluang bisnis baru juga semakin terikuti. Bahkan tidak hanya ini saja, kadang ada saja job-job blogger yang bisa saya dapatkan misalnya job content placement, guest post berbayar, job review, bahkan saya memonetisasi blog saya dengan iklan-iklan bersponsor.

Bahkan dari aktivitas ngeblog juga saya bisa memenangkan lomba blog, membuat sebuah website usaha tujuannya untuk belajar enterpreneur jual bibit tanaman buah. Dari pembuatan website ini sudah banyak order saya dapatkan dan tentunya berpenghasilan cukup untuk memenuhi kebutuhan harian.

Selain itu, saya juga bisa membuka peluang usaha baru seperti jasa pembuatan website, jasa content writer, dan lain masih banyak yang lainnya.

4. Meningkatkan Kapasitas Diri dan Personal Branding

Dari kegiatan ngeblog, ada banyak tawaran kerjasama, bahkan saya sering sekali mengisi kegiatan-kegiatan seminar seputar blogging dan Google AdSense. Dari sini tentu saja akan berbagi pengalaman dan memotivasi banyak orang untuk belajar blogging dan AdSense. Tentu dengan semakin saya sering berbagi ilmu maka kapasitas diri saya akan meningkat dan personal branding saya semakin banyak orang yang tahu.

Blog adalah sarana yang tepat untuk memperkenalkan diri kita kepada dunia dan orang-orang sekitar. Bahkan, dengan ngeblog ini juga akan banyak orang yang mengenal kita, bahkan dengan sesama blogger pastinya akan semakin lekat nama kita di mata mereka. Bahkan dari hubungan pertemanan inilah maka bisa melancarkan rezeki yang tak disangka-sangka.

5. Memudahkan Saya Saat Berkarir di Luar Blogger

Saat menjadi seorang blogger dan sudah berkarir di luar blogger maka saya merasakan ada dampak positif yang bisa saya dapatkan. Misalnya adalah kemampuan beradaptasi dengan lingkungan kerja dan rekan kerja semakin mudah dipelajari. Sebagai seorang guru yang mengajar di sekolah maka paltform blog bisa saya jadikan sebagai media pembelajaran siswa, serta untuk memberikan informasi pelajaran yang saya ampu kepada siswa. Tentu hal ini akan semakin membuat pembelajaran yang saya lakukan semakin efektif dan efisien.

Karena banyak rekan kerja yang kenal kita sering ngeblog maka biasanya akan ada tawaran-tawaran kerja misalnya menjadi penulis lepas (influencer), meminta tolong saya untuk membuatkan blog, bahkan saya pernah diajak kerjasama dengan perusahaan swasta dan kampus di daerah saya untuk sebuah proyek SEO dan pembuatan websitenya. Tidak hanya ini saja, tentunya banyak tawaran-tawaran kerjasama dan karir lainnya yang cukup menggiurkan.

Nah, kalau untuk teman-teman pembaca sendiri, apa saja nih refleksi ketika menjadi blogger yang sudah bertahun-tahun dijalani? yuk bagikan kisahnya pada kolom komentar di bawah ini. Saya juga mau dengar pengalaman teman-teman semuanya ketika menjadi blogger. Terima kasih.

64 Comments
  • Mugniar 2:55 pm 22 Agustus 2021 Balas

    Masya Allah, sampai memudahkan karier di luar blogger ya. Saya mirip dengan Mas Wahid. Saya jadi punya banyak teman dan dapat peluang di luar lingkaran blogger. Salah satunya adalah pernah dapat kerjaan freelance di sebuah NGO dan berteman dengan para pegawai di situ, awalnya karena saya suka menulis secara sukarela acara2 offline-nya.
    Sukses ya Mas Wahid ngeblognya. Semoga semakin bermanfaat dan berkah.

    • Dian 3:50 pm 23 Agustus 2021 Balas

      wah mantap banget sudah lama ya mas jadi blogger
      sudah banyak pengalaman yg didapat
      klo saya baru 4 tahun terakhir ini

      • Wahid Priyono 8:09 am 24 Agustus 2021 Balas

        Insha Allah iya kak @Dian. Ada saja suka dan dukanya ya berpengalaman menjadi seorang blogger. Hehe. Tapi pengalamannya berkesan untuk diceritakan..

    • Wahid Priyono 4:01 pm 23 Agustus 2021 Balas

      Iya kak Mugniar. Dari kegiatan blogging selama ini ada banyak hal yang saya dapatkan akibat ngeblog rutin.

  • Diary Novri 3:32 pm 22 Agustus 2021 Balas

    menarik refleksinya mas.. banyak hal positif yang bisa diambil dari nge blog ya. Saya juga merasa sangat beruntung bisa terjun di dunia blogging. Menambah jaringan pertemanan, nambah wawasan, nambah income juga..

    • moch. ferry dwi cahyono 7:32 am 23 Agustus 2021 Balas

      Menulis di sebuah blog tantangannya beragam. Mas wahid mampu melewati itu dengan menceritakan dampak positif sebagai publisher. Mantap

      • Wahid Priyono 8:15 am 24 Agustus 2021 Balas

        Hallo kak @Ferry, iya kak pengalaman menjadi seorang blogger memang tantangannya banyak sekali ya, dan itu tentunya melatih kita untuk semakin berpikir dewasa dalam hal menyikapi berbagai permasalahan yang muncul di sekitar.

    • Wahid Priyono 8:14 am 24 Agustus 2021 Balas

      Hallo kak Novri, iya kak banyak hal positif yang didapat ya tentunya asalkan ada kemauan untuk bekerja keras, tekun dan disiplin.

  • nurulrahma 4:31 pm 22 Agustus 2021 Balas

    Berkah berlimpah bangeettt ya Kak Wahid.
    Memang banyak hal positif kita dapatkan, apabila konsisten dan ajeg menekuni kancah blogging ini.
    Semangaaatt semangaattt!

    • Fionaz Isza 8:18 pm 22 Agustus 2021 Balas

      Poin ke 4 sampe ke 5 Alhamdulillah aq juga merasakan hal yang sama kak, dan bersyukur banget sudah berada di titik ini karena merasa lebih banyak teman dari berbagai daerah dan banyak kebaikan lainnya

    • Wahid Priyono 8:16 am 24 Agustus 2021 Balas

      Insha Allah kak @Nurulrahma, alhamdulillah banyak hal positif yang saya dapatkan selama berpengalaman lebih dari 9 tahun ngeblog. Seru dan menantang pastinya 🙂

  • Dian Restu Agustina 8:34 pm 22 Agustus 2021 Balas

    Wah sudah 9 tahun ngeblog ya ternyata Mas..Alhamdulilah sudah banyak pencapaiannya, semoga makin sukses ya
    Saya hampir 5 tahun ngeblog, dan yang paling syukuri saya jadi nambah teman. Maklum sejak jadi ibu rumah tangga pergaulan terbatas, dengan jadi blogger pertemanan jadi meluas dan itu berefek positif ke semua hal.Alhamdulillah

    • Wahid Priyono 8:17 am 24 Agustus 2021 Balas

      Iya kak udah 9 tahunan ngeblog. Yang paling penting adalah pertemanan sesama blogger makin kenceng dan bisa membuka peluang banyak usaha dan rezeki tentunya. Ini point yang paling saya suka dari ngeblog atau menulis.

      • Dian Restu Agustina 2:02 pm 24 Agustus 2021 Balas

        Iya betul, Mas…dari rumah saja saya pun bisa mendapatkan penghasilan tambahan. Juga wawasan saya bertambah seperti saat blogwalking begini jadi tahu banyak hal dari sharing teman-teman blogger

        • Wahid Priyono 4:16 pm 24 Agustus 2021 Balas

          Alhamdulillah ya kak Dian, mudah2an rezeki kita semua blogger selalu berkah…

  • Keke Naima 9:04 pm 22 Agustus 2021 Balas

    MasyaAllah manfaat blog memang banyak, ya. Dari mulai membuat wadah untuk hobi menulis. Hingga mendatangkan lahan pekerjaan

    • Wahid Priyono 8:18 am 24 Agustus 2021 Balas

      Iya kak keke, betul dengan sebab ngeblog ada banyak hal yang dipelajari hingga kegiatan menulis dan membuka lapangan pekerjaan bagi semua orang.

  • Ira Hamid 11:37 pm 22 Agustus 2021 Balas

    wow udah cukup lama juga yaa, Mas. Kalo saya, mulai hobby menulis di blog itu tahun 2015

    • Wahid Priyono 8:19 am 24 Agustus 2021 Balas

      Iya mbak, insha Allah dah 9 tahunan ngeblog nih hehe..mudah2an saya bisa terus konsisten mengisi tulisan di blog dengan hal-hal positif yang bermanfaat.

  • Handiko Rahman Pebrianto 1:41 am 23 Agustus 2021 Balas

    Wah blogger senior nih, udah 9 tahun ya mas. Aku malah lupa sejak kapan jadi blogger, kayaknya masih 6-7 tahunan deh. Dari awal cuma iseng pengen nulis, eh sekarang keterusan pengen nulis dan nulis. Semangat mas, semoga bisa jadi blogger sampai waktu yang tak terbatas hehe

    • Wahid Priyono 8:31 am 24 Agustus 2021 Balas

      haha, saya masih belajar kok mas Diko. hehe…

  • Maria Soemitro 2:05 am 23 Agustus 2021 Balas

    setuju banget dengan isi tulisan
    saya mulai nulis tahun 2010, tapi di kompasiana
    baru tahun 2016-an saya mulai di blog pribadi dan dua-duanya menguntungkan secara materi dan non-materi

    • Lita Chan Lai 7:51 am 23 Agustus 2021 Balas

      Wah…udah 9 tahun ya…
      cita2 menulis yang sama walau cuma lewat blog. pengen nulis novel tapi ga kelar2.
      Keren mas refleksinya. jadi mengingatkan saya dg kehidupan seorang blogger

    • Yeni Sovia 8:36 am 23 Agustus 2021 Balas

      MasyAllah Kak 9 tahun gitu lho. Pasti bukan waktu yang mudah juga untuk konsistennya dan ada banyakkkkk hal ya yang di dapatkan dari ngeblog ini. Aku juga ngerasain sendiri manfaat dari ngeblog ini soalnya. Emang udah passion kakak menulis ya. Sukses untuk ngeblognya ya kak

    • Wahid Priyono 8:32 am 24 Agustus 2021 Balas

      Wah keren nih pengalaman kak Maria, sudah dari 2010 mah udah master banget 😀 hehe.. mudah2an kita semua sebagai seorang blogger terus konsisten ya untuk ngeblognya 😀

  • Fenni Bungsu 9:13 am 23 Agustus 2021 Balas

    Mantap Kak Wahid udah dari 2012, daku di tahun itu belum kenalan sama si blog hehe.

    Refleksi menjadi blogger memang jadi masukan untuk diri kitanya juga atas pencapaian dan apa yang harus diperbaiki untuk kedepannya

    • Wahid Priyono 8:44 am 24 Agustus 2021 Balas

      Betul kak refleksinya memang luar biasa..karena setiap blogger punya pengalaman yang berharga selama ngeblog dan bisa jadi pelajaran hidup…

  • diane 1:02 pm 23 Agustus 2021 Balas

    Happy 9th anniversary di dunia perbloggeran…semoga makin banyak manfaat dan semangat ..Makin banyak teman..makin banyak rejeki juga..

  • Intan Daswan 1:34 pm 23 Agustus 2021 Balas

    Wah, udah 9 tahun, hampir sama kayak aku, Mas. Aku juga merasakan banyak manfaat dari ngeblog, termasuk pasangan hidup hehehe…

    • Iwan Hendrawan 8:05 pm 23 Agustus 2021 Balas

      Wah saya belum ada apa-apa dengan mas wahid, saya belum setahun ngeblog hehehe, pengalaman mas wahid luar biasa

    • Wahid Priyono 8:46 am 24 Agustus 2021 Balas

      Wah, satu angkatan kita ya kak hehe… Dah lama juga kita di dunia perbloggingan…hehe.

  • AisyahDian 1:47 pm 23 Agustus 2021 Balas

    MasyaAllah sudah 9 tahun saja ngeblognya. Sukses terus karir ngeblog Dan diluar ngeblognya ya kak

    • Wahid Priyono 8:46 am 24 Agustus 2021 Balas

      Iya kak @AisyahDian, thank ya motivasinya 😀

  • Hidayah Sulistyowati 2:58 pm 23 Agustus 2021 Balas

    Aku mulai punya blog tahun 2012, tapi beneran serius menekuni tahun 2015.

    Keren nih blogger udah 9 tahun, semoga tetap konsisten berbagi tulisan yang bermanfaat dan menginspirasi ya

    • Lasmicika 5:29 pm 23 Agustus 2021 Balas

      Masya Alloh 9 tahun. Sudah mastah ini mah. Pasti banyak banget suka duka dan pengalaman berharganya.

      • Aisyah Dian 5:24 pm 24 Agustus 2021 Balas

        Mastah betulan ya, kak wahid ini low profile pula… Kereen Terbaik deh

        • Wahid Priyono 8:16 am 25 Agustus 2021 Balas

          Hallo kak @Aisyah Dian, aamiin makasih kak atas inspiring-nya.

      • Wahid Priyono 8:15 am 25 Agustus 2021 Balas

        Hallo kak @Lasmicika, saya juga masih terus upgrade kapasitas saya sebagai seorang blogger.

    • Wahid Priyono 8:47 am 24 Agustus 2021 Balas

      Hallo kak @Hidayah, wah tahun 2015 udah lama juga tuh, 6 tahunan serius ngeblog sampai sekarang tentu saja bukan halyang mudah.

  • Lia Lathifa 5:23 pm 23 Agustus 2021 Balas

    Wah keren jadi banyak ya manfaatnya ngeblog. Setidaknya kita bisa menuangkan ide pikiran dan mengasah literasi. Selamat mas, mantap blog dan tulisannya

    • Wahid Priyono 8:49 am 24 Agustus 2021 Balas

      Hallo kak @Lia, iya betul kak melalui kegiatan blogging tentu literasi kita makin terus diasah…

      • Lia Lathifa 5:36 pm 24 Agustus 2021 Balas

        Iya mas, aku merasakannya, jadi kalau ikutan kuiz cerita di sosial media seperti facebook atau instagram gak bingung lagi, alhamdulillah suka menang

        • Wahid Priyono 8:14 am 25 Agustus 2021 Balas

          Alhamdulillah ya kak @Lia kalo sering menjadi juara quiz di sosmed ya, sukses selalu kak 😀

  • Maria Soemitro 3:02 am 24 Agustus 2021 Balas

    saya berencana agar blog bisa memberi saya uang pensiun

    jadi sedang berancang-ancang daftar Google Adsense

    telat ya? Hehehe gapapa…..ikhtiar aja

    • Wahid Priyono 8:50 am 24 Agustus 2021 Balas

      Gak telat kok kak Maria, yuk daftar Google AdSense… hehe, mudah2an bisa lancar uang gajian bulannya dari AdSense..

  • Moch. Ferry 7:00 am 24 Agustus 2021 Balas

    Tulisan inspirasi dari mas wahid cukup memberi bekal bagi saya dan pembaca, membuat tulisan akan mewarnai manfaat bagi semua

    • Wahid Priyono 8:51 am 24 Agustus 2021 Balas

      Aamiin, makasih mas Ferry. Sukses juga untuk mas ferry dkk blogger di tanah air. Ayo tetap semangat ngeblognya.

  • Annie Nugraha 1:51 pm 24 Agustus 2021 Balas

    MashaAllah. Ternyata sudah 9 tahun ya Mas berkembang dan tumbuh sebagai blogger. Direntang waktu sepanjang ini pastinya sudah banyak suka duka, plus minus dan aneka pengalaman yang beragam. Keep writing and inspiring Mas Wahid.

    • Wahid Priyono 4:15 pm 24 Agustus 2021 Balas

      Iya kak Annie, makasih ya support-nya. Yes, saya suka “keep writing and inspiring :)”

  • Intan Daswan 4:43 pm 24 Agustus 2021 Balas

    9 tahun bukan waktu yang sebentar loh. Keren bisa selama itu. Harus banyak belajar nih. Sukses terus, Mas.

    • Siti Nurjanah 8:10 pm 24 Agustus 2021 Balas

      9 tahun menggeluti dunia blogging tentu sudah banyak pengalaman yg dialami.
      Betul sekali kegiatan menulis digital ini selain juga membuka pintu rejeki juga menjalin silaturahmi lebih luas

      • Wahid Priyono 8:22 am 13 September 2021 Balas

        Iya kak, alhamdulillah 9 tahun ngeblog tentu banyak hal positif yang diperoleh, terlepas ada banyak sekali halangan dan rintangan ngeblog yang juga dirasakan. Tetap semangat ngeblognya yang penting mah.

      • Wahid Priyono 8:23 am 13 September 2021 Balas

        Betul kak Siti, tentunya dengan silaturahim kita sesama blogger, mudah2an membuka pintu rezeki yang semakin berlimpah, berkah di ujungnya nanti..aamiin.

  • Bayu Fitri 10:18 pm 24 Agustus 2021 Balas

    Banyak keuntungannya ya kak dalam dunia tulis menulis khususnya blogger ini apalagi jam terbangnya sudah lama keren deh

    • Wahid Priyono 7:46 am 25 Agustus 2021 Balas

      Iya kak Bayu Fitri, ada banyak keuntungan (cuan) ya bisa diperoleh dari aktivitas blogging. Tentunya bisa jadi kenangan hidup.

  • Tanti Amelia 7:22 am 25 Agustus 2021 Balas

    Ck ck ck “baru” 9 tahun dan udah bisa beternak blog, bisa menghasilkan ratusan jeti dari blog? Menjuraaaaa mas!
    Lanjutkan perjuangannya, ankku inspiring banget nih mau ikutin jejak mas Wahid

    • Wahid Priyono 7:47 am 25 Agustus 2021 Balas

      Makasih kak Tanti. Sukses selalu untuk anak kakak ya, semoga bisa sukses jadi blogger dan content creator.

  • Dyah ummu AuRa 10:20 am 25 Agustus 2021 Balas

    MasyaAllah, ternyata sudah lama ngeblog ya mas. Gak salah jika sering menang lomba blog juga, ternyata emang udah banyak pengalamannya di dunia pembloggeran. sukses terus buat mas wahid.

    • Wahid Priyono 10:25 am 25 Agustus 2021 Balas

      makasih kak Dyah..sukses juga untuk kak Dyah dalam kegiatan ngeblognya.

  • Nia Haryanto 8:58 am 26 Agustus 2021 Balas

    Jadi blogger ini memang banyak benefit yang kita dapat ya. Ya materi, ya nonmateri. Alhamdulillah. Aku sendiri kenal blog 2008. Tapi mulai rada konsisten sejak 2013. Dulu pun aku rajin ngontes. Alhamdulillah bbrp kali menang. Sekarang makin banyak saingan, dan pada keren2 dengan grafiis yang jago2. Jadinya nyerah deh. Hehehe. Untuk adsense aku belom berani nih. Huhu takut ditolak Google. Semoga selalu konsisten ya. Dan makin banyak menang lomba 🙂

    • Wahid Priyono 12:12 pm 26 Agustus 2021 Balas

      Wah, luar biasa kak sampeyan udah dari 2008 ngeblog. Semoga tetap semangat dan berkah ngeblognya ya kak.. aamiin.

  • Sarieffe 3:57 am 11 September 2021 Balas

    Ternyata udah lama juga ya mas Wahid ngeblog, bagi tipsnya nih biar bisa konsisten nulis plus gimana caranya sering menjuarai lomba blog

    • Wahid Priyono 8:26 am 13 September 2021 Balas

      Kalo saya nulis konsisten saja. Seminggu kalo bisa harus ada artikel yang terbit di blog. Ngeblog dijadikan sebagai rutinitas juga kak, bisa dibuat jadwal kapan harus mengisi artikel di blog kita.

      Btw, untuk menjuarai lomba blog yang terpenting dicoba dulu kak ikut lombanya. Niatkan semuanya karena untuk beribadah dan memberikan manfaat kepada orang lain.

Write a comment