Wahid Priyono

Blogger

Web Designer

Freelancer

Teacher

Writer

Content Creator

Badminton Lovers

Wahid Priyono

Blogger

Web Designer

Freelancer

Teacher

Writer

Content Creator

Badminton Lovers

#BlogPost

Pengalaman Maen Google AdSense

24 November 2020 Bisnis Online
Pengalaman Maen Google AdSense

Saya mulai menekuni dunia blogging sejak tahun 2010 hingga sekarang. Waktu yang menurut saya tidak sebentar untuk menjadi sosok blogger yang bisa dibilang semakin lebih baik lagi.

Kegiatan ngeblog bagi saya adalah “nyawa hidup” dan telah banyak berkontribusi dalam kehidupan nyata saya terutama dari segi finansial.

Hidup di desa dengan hanya mengandalkan gelar sarjana bagi saya tidak cukup untuk membuat orang menjadi sukses. Karena perubahan zaman telah mengubah segala lini kehidupan. Bahkan, saat mencari kerja saja sangat sulit ketika lulus dari bangku kuliah. Ini nyata, dan memang banyak juga saudara saya yang dari desa pergi ke kota untuk mencari kerja.

Kecintaan saya pada dunia literasi dan jurnalistik tentu saja memancing adrenalin saya sejak pertama kali mengenal platform semacam blogger.

Saat itu, ketika saya hendak menuliskan artikel untuk blogspot saja, maka saya harus mengeluarkan uang untuk datang ke warnet. Bahkan hampir setiap hari saya ke warnet untuk menulis di blog karena hape saya waktu itu belum mendukung layanan internet. Kadang saya harus menggunakan WIFI kampus saat kuliah untuk menulis di blog. Atau pernah juga nongkrong hingga larut malam menggunakan layanan student corner Universitas Lampung hanya ingin update blog dan aktivitas internet lainnya.

Dari kegiatan menulis saya di platform blog saya tersebut, hingga pada tahun 2015 saya dipertemukan dengan sosok orang-orang hebat dari komunitas blogger Lampung (KBL) yang salah satunya adalah mas Ahmad Wibawa. Beliaulah orang yang pertama kali mengenalkan saya dengan Google AdSense. Beliau memang orang yang menurut saya sukses dari binis Google AdSense di Lampung, karena saya melihat dengan mata saya sendiri bahwa dia mampu mempekerjakan orang lain di rumahnya untuk menjadi penulis di blog yang ia ternak (content writer). Tidak hanya itu, di rumahnya juga banyak karyawan dari anak-anak milenial yang mengerjakan proyek seperti android app. Sungguh luar biasa ya?

Saat saya akan memonetisasi blog saya untuk AdSense, maka mas Ahmad Wibawa inilah yang memberikan banyak pengarahan mulai dari cara mendaftar serta bagaimana bisa cepat gajian (pay out) dari Google AdSense. Berkat saran-saran dari beliau, maka pengajuan akun AdSense saya diterima dan kemudian bisa lekas gajian. Terimakasih untuk mas Ahmad Wibawa.

Keseruan, suka, dan duka bermain Google AdSense telah saya nikmati sejak pertengahan 2015 hingga saat ini. Bahkan alhamdulillah, saya masih sering rutin gajian dari Google AdSense, walaupun sedikit tapi sangat-sangat cukup untuk menghidupi keluarga saya. Alhamdulillah.

Namun, saat saya bermaen Google AdSense, ada saja beberapa akun adsense saya yang mendapati peringatan dari Google bahwa melanggar kebijakan mereka. Ini terjadi karena ada sedikit kata-kata di dalam artikel yang saya tulis menyebut istilah-istilah yang dilarang AdSense. Sempat setelah diperbaiki, alhamdulillah akun saya jadi aman dan awet sampai sekarang.

amplop berisi PIN adsense yang pertama kali saya miliki.

Nah, terakhir di tulisan ini, maka saya berpesan bagi teman-teman yang akan mencoba memonetisasi blognya dengan Google AdSense, maka saya memberikan beberapa saran berdasarkan pengalaman saya yaitu:

  • Ketika akan berbisnis online dengan Google AdSense, maka saran saya fokus saja memperbanyak konten artikel tulisan di blog sehingga akan ada banyak pengunjung yang terjaring. Ini sangat penting untuk mendongkrak penghasilan. Tanpa pengunjung yang masif dan organik dari search engine (SE), maka tidak ada yang mengklik iklan (hasilnya kurang maksimal);
  • Buat konten artikel yang ditujukan untuk orang-orang awam (non-blogger) supaya mereka dengan suka rela mau mengklik iklan AdSense. Dengan begitu, maka kesempatan untuk mendulang dolar sebanyak-banyaknya bisa terwujud. Pada kenyataannya bermain Google AdSense itu tidak gampang, sehingga butuh riset dalam peletakan iklan yang cocok dengan karakteristik masing-masing blog. Namun, praktik terbaik untuk meletakan iklan yang baik adalah di bagian atas situs (above the fold) seperti di header, di bawah judul artikel, tengah dan akhir artikel;
  • Tetap mematuhi program kebijakan Google AdSense. Dengan begitu maka akun AdSense akan aman dan bisa bertahan lebih lama;
  • Menambah wawasan dengan membaca banyak artikel-artikel dari narablog yang lainnya, sehingga pengetahuan tentang dunia blog akan bertambah. Teman-teman bisa membaca tulisan seputar blogging, bisnis online Google AdSense, dan sejenisnya;
  • Jangan terlalu percaya dengan kata-kata para master AdSense yang bilang jika menghasilkan uang di internet itu mudah. Big No, No, No ! Menghasilkan uang di internet, terutama dengan Google AdSense itu perjuangannya cukup sulit. Harus siap-siap mental saja jika harapan tidak sesuai dengan realita (kenyataan). Soalnya banyak nih teman-teman saya yang ambisinya hanya ingin dapat uang sebanyak-banyaknya dari AdSense, tapi saat menjalaninya cukup berat. Banyak blogger pemula yang mencoba peruntungan di AdSense, ujung-ujungnya mandek, karena mentalnya tidak kuat;
  • Tetap belajar dan terus belajar, ini yang paling terpenting. Menjadi blogger yang haus ilmu dan tidak sombong itu penting, karena ibarat seperti padi yang semakin merunduk, maka semakin berisi.

Sekian, semoga bermanfaat ya!

4 Comments
  • Avatar
    Agus warteg 10:03 am 27 November 2020 Balas

    Saya sampai sekarang belum pernah gajian adsense google, padahal sudah hampir dua tahun. Mungkin karena kebanyakan pembaca adalah blogger lain kali ya jadinya malas klik iklannya? Sepertinya harus buat artikel untuk masyarakat awam saja nih. Makasih banyak ya sarannya pak guru.😃

    • Wahid Priyono
      Wahid Priyono 10:10 am 27 November 2020 Balas

      Iya mas Agus, sama-sama ya.. target orang/pembaca awam itu sangat tepat untuk para pemain AdSense untuk memaksimalkan potensi penghasilan dari Google AdSense.

  • Avatar
    Yustrini 1:33 pm 9 Desember 2020 Balas

    Penghasilan Ads ini bisa jadi penghasilan pasif ya Mas Wahid. Saya belum pasang nih, masih mengumpulkan informasi dan membaca pengalaman blogger lainnya :))

    • Wahid Priyono
      Wahid Priyono 3:12 pm 9 Desember 2020 Balas

      Betul mbak yus. Penghasilan sy juga dari google Adsense juga 😊

Write a comment