Wahid Priyono

Bloger

Web Designer

Influencer

Freelancer

Teacher

Writer

Content Creator

Badminton Lovers

Wahid Priyono

Bloger

Web Designer

Influencer

Freelancer

Teacher

Writer

Content Creator

Badminton Lovers

#BlogPost

Kini Monitoring Dan Pembukuan Usaha UMKM Makin Gampang Berkat Aplikasi Kasir Online OASSE

7 April 2023 Bisnis Online
Kini Monitoring Dan Pembukuan Usaha UMKM Makin Gampang Berkat Aplikasi Kasir Online OASSE

Saat ini pembukuan usaha sangat dibutuhkan bagi semua pelaku usaha atau bisnis baik itu skala Usaha Kecil Menengah (UKM) maupun Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM).

Saat ini masih banyak pelaku usaha/bisnis mikro kecil menengah (UMKM) yang masih belum mengetahui terkait pentingnya monitoring serta pembukuan usaha.

Selama ini para pelaku usaha UKM/UMKM masih kesulitan membuat pembukuan usaha/catatan keuangan. Sementara itu, untuk perusahaan besar kini sudah banyak yang mempunyai akuntan khusus untuk pembukuan usaha yang sedang dijalankan. Oleh sebab itu, kini pelaku bisnis UMKM penting sekali untuk beralih dari pembukuan konvensional ke pembukuan usaha secara digital/online.

Pengertian Pembukuan Usaha Bagi Pelaku Bisnis UMKM

Pembukuan usaha merupakan proses pencatatan keuangan yang dilakukan secara teratur dan sistematis dengan tujuan untuk mengumpulkan berbagai data serta informasi keuangan.

Pembukuan usaha sangat diperlukan karena sebagai patokan untuk mengetahui sejauh mana bisnis yang sedang dijalankan itu berkembang atau tidak. Selain itu, melalui pembukuan usaha ini juga bisa mengukur dan mengetahui keuntungan bisnis hingga pada keuangan usaha.

Pembukuan usaha meliputi beberapa hal seperti harta, kewajiban, modal, serta biaya lainnya yang nantinya akan ditutup dengan menyusun laporan keuangan berupa neraca pada periode tertentu.

Kenapa pembukuan usaha begitu sangat pentingnya? Hal ini karena untuk menghindari kerancuan keuangan usaha dan pribadi demi berjalannya sebuah usaha/bisnis.

Manfaat Pembukuan Usaha Bagi Pelaku Bisnis UMKM

Dokumentasi Pribadi: Es Teler AA, bisnis UMKM dari keluarga saya.

Pembukuan keuangan dalam setiap bisnis pastinya sangat penting sekali. Bahkan ketika saya dan keluarga membangun usaha UMKM kecil-kecilan dengan berjualan β€œEs Teler AA” ini juga melakukan pencatatan modal, bahan baku, gaji karyawan hingga pada pembukuan untung-rugi. Setahu pengalaman saya pribadi, ada banyak kesalahan yang mungkin sering dilakukan oleh pelaku usaha/bisnis UMKM yaitu seringnya mencampur keuangan usaha dengan uang pribadi sehingga berpotensi membuat bisnis menjadi mandek/gulung tikar. Maka dari itu, setiap kali pelaku bisnis menjalankan roda bisnis agar tetap melakukan pembukuan usaha walaupun baru pertama kali menjalankan bisnis.

Ada beberapa manfaat/keuntungan/benefit jika kita sebagai pelaku bisnis menerapkan pembukuan usaha, diantaranya yakni:

  • Bisa mengontrol besar-kecilnya biaya operasional usaha/bisnis yang sedang dijalankan;
  • Meminimalisir beragam risiko akan kehilangan aset perusahaan;
  • Dapat mengetahui progres dari usaha/bisnis yang sedang dijalankan;
  • Dapat berpengaruh terhadap aset, laba/rugi dari perusahaan/usaha yang sedang berjalan.

Lalu, Bagaimana Cara Membuat Pembukuan Usaha?

Waktu yang paling tepat untuk membuat pembukuan usaha adalah ketika bisnis itu dimulai hingga bisnis itu berjalan secara ajeg (kontinyu). Dalam pembukuan usaha, ada beberapa hal yang perlu dilakukan seperti mencatat kewajiban, modal, harta, serta pendapatan lainnya secara terus-menerus supaya nantinya bisa menyusun neraca dan laporan laba rugi usaha/bisnis yang sedang berjalan.

Setidaknya terdapat 7 langkah yang bisa kamu ikut untuk membuat pembukuan keuangan untuk usaha yang sedang kita jalani yaitu:

BACAAN LAINNYA:  Samsung dan Toyota Siapkan Anggaran Baterai Listrik yang Lebih Baik, Produsen Lain?

1. Buatlah Catatan Pengeluaran dan Pemasukan

Sejak awal membuat usaha, tentunya sebagai pelaku bisnis UKM/UMKM harus melakukan pemisahan pembukuan pada keuangan usaha. Jadi saat pertama kali menjalankan bisnis tentu bisa membuat pembukuan usaha dari semua pengeluaran bisnis mulai dari biaya operasional, bahan baku hingga pada gaji karyawan secara rinci dan jelas.

Dengan catatan pengeluaran keuangan tersebut maka kita akan tahu modal usaha yang sudah dikeluarkan seberapa besar dan dari situ juga kita bisa menetapkan target dari bisnis yang sedang berjalan.

Selain membuat catatan pengeluaran bisnis, maka kita juga perlu membuat catatan pemasukan usaha. Karena dari catatan pemasukan usaha inilah kita akan semakin mengetahui jumlah uang masuk ke usaha yang pada akhirnya nanti menjadi keuntungan bisnis.

Catatan pemasukan perlu dilakukan secara terus-menerus setiap harinya, tujuannya untuk memudahkan kita dalam menyusun pembukuan usaha tiap bulannya.

2. Buku Kas Utama

Langkah selanjutnya yaitu menyusun buku kas utama. Pada buku kas ini maka kita menjadi tahu keuntungan atau kerugian yang dialami bisnis yang sedang berjalan.

Sebab buku kas utama ini dibuat dari hasil penggabungan antara transaksi pemasukan dan pengeluaran.

Kita juga dapat menentukan anggaran bisnis terkait uang yang masuk dan uang keluar.

Dalam membuat catatan buku kas ini, maka kita perlu teliti dan dilakukan secara terus-menerus selama bisnis itu masih berjalan.

3. Pembukuan Stok Barang

Ketika menyusun pembukuan usaha, maka hal yang dihitung dan dicatat tidak hanya berupa uang saja melainkan barang juga perlu didokumentasikan. Kita sebagai pelaku bisnis UKM/UMKM diharuskan untuk melakukan pencatatan jumlah barang yang masuk dan juga barang keluar.

Dengan melakukan pencatatan stok barang maka akan memudahkan kita dalam mengawasi setiap persediaan barang yang ada di perusahaan/lapak jualan kita.

Selain itu, catatan stok barang ini berfungsi untuk menyusun manajemen gudang agar kinerjanya lebih optimal serta menghindari kecurangan yang mungkin bisa jadi terjadi pada pabrik/perusahaan yang sedang kita pimpin.

4. Catatan Inventaris Barang

Membuat catatan inventaris barang tentu saja mempunyai fungsi/manfaat/kegunaan seperti memudahkan untuk mencari barang, mencegah hilangnya stok barang yang ada, serta sebagai alat untuk mengawasi setiap barang yang masuk dan keluar gudang.

Jadi, dengan adanya buku inventaris barang ini pastinya dapat membantu pelaku bisnis untuk mencatat semua barang yang ada di gudang/di perusahaan sehingga aset perusahaan dapat terjaga secara maksimal.

5. Laporan Laba Rugi Usaha/Bisnis

Selanjutnya kita bahas tentang laporan laba dan rugi, yang mempunyai fungsi untuk mencatat transaksi pendapatan dan beban usaha. Jadi intinya dari pencatatan ini maka kita akan mengetahui apakah bisnis yang sedang berjalan ini mengalami keuntungan atau kerugian?

Sebagai pengusaha pemula pastinya kita dapat memulainya dengan menyusun pembukuan usaha untuk laba-rugi secara sederhana agar mudah dipahami.

Ada satu hal yang lebih penting dari laporan laba-rugi yaitu sebagai langkah evaluasi, pemantapan, serta untuk mengambil strategi yang cocok/tepat sebagai bagian cara untuk memperbaiki langkah strategi ke depannya yang jauh lebih baik.

BACAAN LAINNYA:  Pentingnya Transformasi Digital Bagi Pelaku Bisnis UMKM

6. Laporan Perubahan Ekuitas

Seperti yang kita ketahui bahwa ekuitas yaitu jumlah kekayaan dari pemilik usaha pada harta perusahaan/bisnis. Ekuitas didapatkan dari selisih jumlah aktiva dikurangi dengan pasiva. Pada laporan ekuitas ini pastinya mencakup semua perubahan dalam satu periode waktu tertentu.

7. Membuat Neraca Keuangan

Neraca keuangan mempunyai beberapa unsur seperti harta, kewajiban, dan modal. Neraca keuangan mempunyai tugas sebagai penentu terkait kondisi keuangan suatu bisnis/badan usaha pada periode waktu tertentu. Sebab dengan neraca keuangan inilah kita akan semakin tahu kira-kira bagaimana kondisi keuangan usaha saat ini, apakah kondisinya sedang baik atau tidak. Tentunya kita juga bisa mengetahui lebih pasti nilai suatu usaha/bisnis sesudah menjalankan aktivitas yang berkaitan dengan persoalan keuangan.

Contoh Pembukuan Usaha Sederhana/Konvensional

1. Contoh Pembukuan Pemasukan

Pembukuan pemasukan tentunya harus dipisah dengan pengeluaran sebab pada catatan pemasukan berisi tentang penjualan produk dan utang piutang. Oleh sebab itu, untuk membuat catatan pemasukan sangat disarankan untuk dilakukan setiap hari secara teratur dan tertib agar dapat mengetahui keuntungan usaha yang didapatkan setiap harinya.

2. Contoh Pembukuan Pengeluaran

Pada pembukuan pengeluaran mencatat semua alur pengeluaran uang perusahaan/badan usaha untuk biaya operasional dari bisnis misalnya terkait akan bahan baku, gaji karyawan, serta peralatan operasional.

Dari catatan pengeluaran inilah kita bisa tahu besar modal yang dikeluarkan serta dapat menetapkan target dan strategi pemasaran dari bisnis ke depannya.

3. Pembuatan Buku Kas

Buku kas ini mencakup antara catatan pengeluaran dan pemasukan sehingga kita bisa tahu, bukan hanya keuntungan usaha saja, akan tetapi kerugian usaha juga bisa terlihat dengan jelas (jika sewaktu-waktu bisa terjadi).

4. Pembukuan Stok Barang

Selain pencatatan terkait keuangan dengan buku kas, kita juga harus mencatat stok barang yang ada. Pembukuan pengeluaran sangat berkaitan derat engan catatan stok barang sebab dengan pencatatan stok barang maka kita dapat mengawasi usaha yang sedang berjalan.

5. Pembukuan Inventaris Barang

Selanjutnya, selain pembukuan stok barang maka perlu juga kita melakukan pembukuan inventaris barang. Dari sinilah maka kita akan mengetahui berapa jumlah barang hibaan hingga anggaran belanja dari perusahaan/badan usaha yang kita miliki. Tujuan inventarisasi barang supaya semua barang dapat dikelola dengan baik dan teratur.

Nah, itulah penjelasan singkat mengenai pembukuan usaha secara sederhana (konvensional). Pastinya kita akan semakin tahu bahwa pembukuan usaha tidak hanya melulu soal keuangan melainkan sampai ke stok barang dan inventaris barang di kantor/bisnis yang sedang kita kelola.

Pembukuan Usaha UMKM Kini Makin Gampang Karena Sudah Ada Aplikasi Kasir Retail Terbaik Dari OASSE

Membuat pembukuan usaha secara manual (konvensional) tentu saja membutuhkan sumber daya yang mumpuni, energi, waktu juga dibutuhkan dalam hal ini. Walaupun pembukuan usaha bisa dikatakan sebagai instrumen untuk memonitoring usaha agar arahnya menjadi lebih jelas, akan tetapi saat ini pelaku bisnis UMKM perlu beralih ke aplikasi digital untuk memonitoring usaha.

BACAAN LAINNYA:  Solusi UMKM Masa Kini ! Cairkan Dana Cepat dengan AgreeSIP dan Kembangkan Bisnis Bersama IDwebhost

Maka dari itu, jika teman-teman mempunyai usaha UMKM dan makin kesini semakin tumbuh-berkembang, maka kita bisa menggunakan aplikasi pembukuan usaha secara digital/online mudah digunakan oleh semua pelaku bisnis/usaha, praktis dan aman karena bisa langsung dioperasikan melalui aplikasi digital keuangan yang komplet melalui handphone/smatphone.

Untuk paket layanan dari OASSE ini terdiri dari paket silver, paket gold, dan paket platinum dengan harga terjangkau. Tentunya berisi fitur-fitur monitoring dan pembukuan usaha yang lengkap untuk kelola bisnis lebih mudah.

Sekedar informasi singkat bahwa, aplikasi OASSE ini merupakan hasil inovasi karya anak bangsa yang digagas lagsung oleh Ahmad Syahfuddin, Ak, CA, yang merupakan seorang akuntan sukses yang sudah membantu dan mempelajari lebih dari 60 perusahaan, di bawah naungan PT. ASCON INOVASI DATA yang bermarkas di Kota Bengkulu.

Aplikasi kasir online OASSE hadir untuk memberikan solusi bagi para pelaku bisnis UMKM agar terus berinovasi, tumbuh dan berkembang. Tentunya UMKM harus segera go digital agar dapat bersaing secara sehat di pasar lokal maupun dunia.

Keunggulan Aplikasi Kasir OASSE Untuk Pelaku Bisnis UMKM

Tentunya berkat adanya aplikasi kasir digital kekinian seperti OASSE ini, maka tentunya dapat memudahkan kita sebagai pelaku usaha untuk melakukan pembukuan keuangan usaha UKM/UMKM yang biasanya kita lakukan secara manual/sederhana. Dengan aplikasi kasir online OASSE ini kita bisa secara praktis memantau (monitoring) usaha UMKM dimana saja dan kapanpun.

Dengan aplikasi online OASSE ini, maka teman-teman tidak perlu ribet untuk mengurus bisnis dan pencatatan buku usaha yang dulunya masih dilakukan secara tradisional (manual).

Bersama aplikasi kasir teman-teman pelaku bisnis juga bisa kelola semua kebutuhan harian dan bisnis dalam satu aplikasi mulai dari membuat laporan penjualan, pembelian, hutang, piutang, kemudahan transaksi sehingga gampang cetak struk jualan secara praktis, pakai mode kasir catat transaksi keuangan jadi lebih cepat, atur stok barang lebih mudah terpantau dan praktis, sampai kelola keuangan bisnis melalui catatan keuangan usaha harian UKM/UMKM yang sedang dijalankan secara real time.

Bersama aplikasi OASSE maka teman-teman bisa santai saja tinggal monitoring usaha sebab tidak perlu repot lagi dalam pembukuan usaha/bisnis yang sedang dijalani sebab pembukuan usaha bisa dilakukan secara online dan canggih. Kapan dan dimanapun saja kita sebagai pelaku bisnis bisa dengan mudah memonitor usaha secara real time sepanjang hari.

Apakah Aplikasi OASSE Ini Yang Terbaik?

Tentu saja menurut saya pribadi sangat baik sekali jika para pelaku bisnis UKM/UMKM menggunakan aplikasi monitoring dan pembukuan keuangan usaha dari aplikasi kasir ini. Karena selain fitur-fiturnya lengkap untuk monitoring usaha, juga membuat para pelaku bisnis semakin tumbuh (naik kelas) yang artinya mudah dalam menjalankan bisnis tanpa harus pusing mikirin pembukuan/pencatatan usaha yang masih dilakukan secara manual/tradisional.

Taggs:
42 Comments
  • Sugianto 9:08 am 9 April 2023 Balas

    Paket yang Rp.99.000 per bulan sudah bisa mendukung kemudahan pengelolaan keuangan dan stok barang usaha ya, Kak. Aplikasi Kasir OASSE ini bisa nih jadi pilihan bagi pelaku UMKM pastinya…

    • Wahid Priyono 12:34 pm 10 April 2023 Balas

      Hallo kak Sugianto, bisa banget dong pilih yang paket 99K dulu. Dan aplikasi OASSE ini emang rekomended banget untuk kita yang bergerak di bidang usaha UMKM. Harus dicoba nih aplikasi OASSE.

    • Nia K. Haryanto 8:35 am 14 April 2023 Balas

      Terjangkau ya ini harganya. Dengan uang segitu, berbagai macam fitur premium sudah bisa digunakan. Dan iya bener, ini bisa jadi pilihan para pelaku UMKM. Biar usahanya ter-manage dengan baik. Penggunaan OASSE ini praktis pula.

      • Dian 5:08 pm 15 April 2023 Balas

        Aplikasi kasir OASE ini bisa membantu umkm untuk bisa mengatur keuangannya dengan baik ya mas

    • Khairiah 4:58 pm 14 April 2023 Balas

      Hanya dengan 99.000 udah dapat kemudahan dalam pengelolaan keuangan mantap

  • Maria Soemitro 4:58 pm 9 April 2023 Balas

    Iya banget, salah satu penyebab UMKM bangkrut adalah menyepelekan pembukuan sehingga gak ketahuan laba rugi dan gak bisa membuat rencana jangka panjang

    • Wahid Priyono 12:35 pm 10 April 2023 Balas

      Bener banget kak Maria, ternyata pembukuan usaha itu sangat penting sekali, dan bisa dilakukan dengan gampang menggunakan aplikasi kasir online OASSE. Semoga bermanfaat dan membantu pelaku bisnis UMKM dimana saja berada.

  • Dian Restu Agustina 8:29 pm 9 April 2023 Balas

    Benar nih, pembukuan usaha secara manual tentu saja membutuhkan sumber daya yang mumpuni, energi, dan waktu. Karenanya, kemudahan aplikasi kasir online OASSE akan sangat membantu pelaku bisnis UMKM.

    • Wahid Priyono 12:37 pm 10 April 2023 Balas

      Yups bener kak, pembukuan usaha manual bener2 menguras energi. Karena sekarang sudah ada aplikasi kasir online OASSE, jadi bisa dicoba oleh semua pelaku bisnis UMKM agar proses pembukuan usaha/keuangan jadi semakin ringas, praktis dan cepat.

    • Kang Ugi 1:45 pm 14 April 2023 Balas

      Betul Kak, Restu. Apalagi harus ngecek transaksi. Kalau pencatatan manual, bisa bikin pusing, bahkan stress. Untung ada aplikasi yang bisa membantu seperti OASSE ini. Jadinya makin mudah kelola usaha

  • Lia Yuliani 3:16 am 10 April 2023 Balas

    Dengan aplikasi kasir OASSE bikin pencatatan keuangan jadi lebih praktis terutama buat yang punya UMKM. Mudah-mudahan bisnis keluarga Es Teler AA makin laris ya Kak.

    • Wahid Priyono 12:37 pm 10 April 2023 Balas

      Aamiin, makasih ya kak Lia, sukses untuk kakaknya juga…

  • Reyne Raea 5:04 am 10 April 2023 Balas

    Zaman sekarang banyak banget ya aplikasi pendukung UMKM seperti aplikasi kasir OASSE ini.
    Dan memang ini memudahkan banget ya, no rempong bikin laporan lagi, lumayan saving waktu buat hal itu

    • Wahid Priyono 12:38 pm 10 April 2023 Balas

      Betul banget, saving waktu dengan aplikasi kasir online OASSE, bikin pekerjaan seperti pembukuan keuangan jadi lebih cepat dan ringkas…

  • Annie NUGRAHA 5:54 am 10 April 2023 Balas

    Salah satu barometer untuk mengukur kesuksesan sebuah usaha adalah di laporan keuangannya. Sebagai pembina UKM, khususnya di bidang administrasi, jejak langkah suatu usaha dapat terbaca dengan menyusur kondisi keuangannya. Dan agar laporan ini jelas langkahnya, memang harus ada/dibuat seefektif mungkin.

    Aplikasi Kasir online OASSE ini sepertinya patut juga direferensikan ya. Terutama untuk urusan administrasi paperless dan mudah untuk diakses.

    • Wahid Priyono 12:39 pm 10 April 2023 Balas

      Yups, bener banget kak, aplikasi kasir online OASSE ini bisa jadi referensi bagi pelaku bisnis UMKM di Indonesia agar mudah dalam melakukan pencatatan stok barang, untung-rugi, dan lain sebagainya. Jadi lebih praktis, efektif dan efisien dalam proses pembukuan usaha.

  • Adi 7:28 am 10 April 2023 Balas

    Keren ya kelihatannya. Fiturnya lengkap dan ternyata juga karya anak bangsa. Salut.

    • Wahid Priyono 12:44 pm 10 April 2023 Balas

      Yups bener kak aplikasi kasir OASSE ini karya anak bangsa dari Bengkulu. Keren ya, bisa ikut berkontribusi dalam pembuatan aplikasi online untuk pencatatan/pembukuan usaha.

      • Farida Pane 7:44 am 14 April 2023 Balas

        Memudahkan sekali ya aplikasi kasir online ini. Fiturnya lengkap buat dukung bisnis umkm

    • Annie NUGRAHA 6:53 am 14 April 2023 Balas

      Setuju banget Mas. Tinggal sekarang disosialisasikan dengan baik ya. Supaya banyak UKM yang tertarik dan memanfaatkan fasilitas ini.

  • Dian 8:21 am 10 April 2023 Balas

    Wah iya, pelaku UMKM wajib pakai
    Aplikasi Kasir Online OASSE ini ya
    Agar urusan keuangan Bisnis semakin mudah diatur dengan baik.

    • Wahid Priyono 12:45 pm 10 April 2023 Balas

      Yups bener banget kak, pelaku bisnis UKM/UMKM bisa coba aplikasi kasir OASSE untuk memudahkan dalam kegiatan pembukuan usaha. Biar usaha lancar dan berkah pastinya, aamiin.

  • April Hamsa 9:48 am 10 April 2023 Balas

    Sekarang makin banyak ya aplikasi kasir. Untuk biaya langganannya pun termasuk terjangkau. Lumayan banget untuk mengatur pembukuan yang berkaitan dengan catatan finansial pelaku usaha. Jadi tau juga mana produk yang lbh diminati pembeli mana yang kurang, krn bisa ngecek stok barang juga di OASSE ini.

    • Wahid Priyono 12:47 pm 10 April 2023 Balas

      Yups bener, di aplikasi kasir OASSE bisa cek stok barang. Bahkan kita sebagai pelaku bisnis UMKM bisa langsung mengecek secara real time pembukuan usaha langsung dari handphone, bisa langsung dimonitoring lansung gitu. Bisa tahu juga untung-ruginya bisnis. Keren ya aplikasi kasir OASSE ini?

    • Fenni Bungsu 8:29 pm 13 April 2023 Balas

      Betul, dengan tahu produk mana aja yang diminati bisa ditambah lagi stoknya, sedangkan yang kurang bisa dikurangi atau diganti dengan produk lainnya ya

  • Fenni Bungsu 12:04 pm 10 April 2023 Balas

    Aplikasi kasir OASSE udah harus ada deh ya buat para pelaku bisnis, karena manfaatnya yang demikian besar biar urusan laporan keuangan lancar jadinya.

    • Wahid Priyono 12:47 pm 10 April 2023 Balas

      Yups bener, pelaku bisnis skala UMKM harus mulai mencoba pakai aplikasi OASSE ini. Bisnis lancar, laris, dan semoga makin berkah…

  • lendyagassi 1:50 pm 10 April 2023 Balas

    Wah, jenis-jenis pembukuan dalam usaha ini kudu dibuat sedetil itu ya.. Dan dengan memanfaatkan kecanggihan teknologi Aplikasi Kasir Online OASSE, semua menjadi serba sederhana karena input data langsung bisa menyesuikan kebutuhan sang pemilik usaha.

    • Wahid Priyono 9:14 pm 10 April 2023 Balas

      Bener banget kak Lendy, dengan aplikasi kasir OASSE ini, semua pekerjaan bisnis jadi lebih ringkas, gampang dipraktekkan oleh para pelaku bisnis untuk memantau bisnisnya secara realtime, kapan saja dan dimana saja. Praktis !!!

      • lendyagassi 4:04 pm 14 April 2023 Balas

        Salut banget sama aplikasi OASSE yang merupakan hasil inovasi karya anak bangsa. Bangga menggunakannya dan dengan berlangganan sekaligus mengapresiasi kemajuan teknologi dan fitur yang ada di aplikasi keuangan ini.

        • Lia Lathifa 11:35 pm 14 April 2023 Balas

          Setuju banget, apa pun kegiatan bisnis dan transaksi harus tercatat, dibukukan supaya lebih aman. Apalagi udah ada aplikasi kasir OASSE, jadi makin mudah pembukuan usahanya…

  • Nia Haryanto 2:38 pm 10 April 2023 Balas

    Thanks to technology ya. Di zaman kayak sekarang, bahkan pencatatan pembukuan, dan urusan perkasiran bisa jadi mudah dengan adanya aplikasi ya. Kudu nih yang punya usaha pake OASSE ini. Praktis!

    • Wahid Priyono 9:11 pm 10 April 2023 Balas

      Yups, bener banget nih kak, kalo aplikasi kasir online OASSE ini sangat praktis bisa jadi sahabat para pelaku bisnis UMKM di Indonesia. Wajib coba nih pelaku Usaha UMKM agar pembukuan usaha makin cepat, bisa real time dipantau secara berkala setiap harinya.

      • nurul 8:50 pm 13 April 2023 Balas

        pelaku ukm tentu sangat terbantu bangetttt dgn app ini
        memudahkan utk daily activities

  • Ira Hamid 3:50 pm 10 April 2023 Balas

    semoga usaha es telernya semakin maju yaa, kak. aplikasi kasir OASSE ini membantu pembukuan usaha kita jadi lebih rapi yaa..

    • Wahid Priyono 9:10 pm 10 April 2023 Balas

      Hallo kak Ira, makasih ya kak atas supportnya πŸ™‚ sukses juga untuk kakak ya πŸ™‚

    • Taufiqur rahman 5:08 pm 13 April 2023 Balas

      Lengkap ya fitur nya OASSE. Orang yang gak paham pembukuan, langsung friendly deh pake aplikasi OASSE ini…

  • maria tanjung sari 8:01 pm 13 April 2023 Balas

    Kalau dihitung hitung, paket tahunannya lebih hemat dibanding kita bayar bulanan ya mas.. Aplikasi OASSE bagus banget untuk pelaku usaha agar pembukuan lebih rapi

  • Tanti Amelia 10:38 pm 13 April 2023 Balas

    Enak juga ya ada satu aplikasi yang bisa mengelola semua kebutuhan harian dan bisnis

    Mulai dari membuat laporan penjualan, pembelian, hutang, piutang, bahkan sampai ke kemudahan transaksi

    dudududuu kebayang fungsi manusia semakin jauh berkurang!

  • Okti Li 12:12 am 14 April 2023 Balas

    Senang banget saya ikut belajar pembukuan usaha UMKM disini. Ha, ada banyak contohnya bikin saya makin paham padahal waktu sekolah pelajaran pembukuan ini satu hal yang cukup malas dikerjakan.

  • Maria Soemitro 12:53 am 14 April 2023 Balas

    Solutif banget aplikasi kasir online OASSE karena mempermudah proses pembukuan UMKM
    Seperti kita ketahui, UMKM Indonesia banyak yang gulung tikar gara gara lemahnya pembukuan

  • Windi Astuti 12:53 pm 14 April 2023 Balas

    menyadari betul, pembukuan usaha apapun sangat penting untuk menentukan keuangan umkm sehat. Salah satu pendukungnya aplikasi OASSE ya

Write a comment