Wahid Priyono

Bloger

Web Designer

Influencer

Freelancer

Teacher

Writer

Content Creator

Badminton Lovers

Wahid Priyono

Bloger

Web Designer

Influencer

Freelancer

Teacher

Writer

Content Creator

Badminton Lovers

#BlogPost

10 Manfaat Mengikuti Program Pendidikan Profesi Guru (PPG) Dalam Jabatan/Prajabatan Bagi Seorang Guru dan Calon Guru

9 April 2023 Edukasi
10 Manfaat Mengikuti Program Pendidikan Profesi Guru (PPG) Dalam Jabatan/Prajabatan Bagi Seorang Guru dan Calon Guru

Untuk menjadi guru profesional di abad ke-21 ini, maka Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI mengadakan sebuah program Pendidikan Profesi Guru (PPG).

PPG ini jenisnya ada dua macam yaitu Pendidikan Profesi Guru Dalam Jabatan (PPG Daljab) dan Pendidikan Profesi Guru (PPG) Prajabatan.

Pendidikan Profesi Guru Dalam Jabatan (PPG Daljab) merupakan pendidikan kuliah gratis yang disubsidi oleh pemerintah guna meningkatkan kompetensi para guru di Indonesia agar semakin profesional. Sasaran PPG dalam jabatan adalah untuk guru-guru yang sudah lama mengabdi. Setidaknya untuk guru-guru yang lebih dari 5 tahun mengajar di sekolah dan aktif di Data Pokok Pendidik (Dapodik).

Sementara itu, Pendidikan Profesi Guru Prajabatan (PPG Prajab) merupakan pendidikan kuliah yang biasanya bersifat mandiri dan ada juga yang mendapat beasiswa khusus ditujukan untuk para calon guru. Artinya, sasaran PPG Prajab ini untuk mahasiswa lulusan sarjana pendidikan (S1) yang baru lulus kuliah dan belum terdaftar aktif di Data Pokok Pendidik (Dapodik) serta nantinya siap ditempatkan di sekolah-sekolah pemerintah.

Perkuliahan PPG Daljab 2022 Prodi/Jurusan Biologi dengan Dosen Unkhair Pak Ilham Majid.
Saya dan Para Guru Mengikuti Perkuliahan PPG Daljab 2022 Prodi/Jurusan Biologi dengan Dosen Unkhair Pak Ilham Majid.

Bagi guru dan calon guru yang hendak mengikuti PPG Dalam Jabatan maupun PPG Prajabatan tentu saja akan mendapatkan banyak manfaat. Hal ini seperti yang saya rasakan banyak sekali manfaat/keuntungan/keunggulan/benefit mengikuti program PPG dari Kemdikbudristek ini, diantaranya adalah:

  • Mendapatkan Sertifikat Pendidik (Serdik). Serdik ini sangat penting dimiliki seorang guru, karena sebagai kendaraan guru dianggap sudah profesional dan layak/boleh mengajar. Seperti halnya seorang tenaga medis pun harus mempunyai sertifikat STR agar bisa melakukan praktek;
  • Mendapatkan gelar guru profesional (Gr.) di belakang gelar sarjana;
  • Mendapatkan gaji/tunjangan profesi guru sebesar gaji pokok untuk PNS, dan sebesar 1.500.000/bulan untuk guru swasta;
  • Berpotensi besar menjadi Aparatur Sipil Negara (ASN);
  • Mempunyai kompetensi lebih dibandingkan dengan guru yang belum ikut PPG;
  • Lebih melek dengan dunia luar, bisa cepat beradaptasi dengan perubahan zaman di bidang digital, serta lebih mampu menguasai kelas;
  • Kemampuan seorang guru lulusan PPG untuk menerapkan model-model pembelajaran abad ke-21 seperti problem based learning, project based learning, pembelajaran kooperatif, STEM, inquiri, dan masih banyak yang lainnya;
  • Memiliki kompetensi kebinekaan global dan menambah banyak wawasan baru seputar pendidikan;
  • Mempunyai banyak saudara baru (rekan guru) dari berbagai daerah di Indonesia;
  • Mempunyai bekal kemampuan pedagogik yang lebih baik sehingga bisa disebarkan ke rekan guru yang lainnya;
  • Bisa menjadi instruktur di sekolah demi membantu guru lain yang memiliki masalah dalam kegiatan pembelajaran;
  • Semakin disiplin dan tanggungjawab;
  • Dan masih banyak yang lainnya.
BACAAN LAINNYA:  Bersyukur Rangkaian Kegiatan Kuliah PPG Daljab Telah Usai. Sertifikat Pendidik Saya Sudah Sampai Di Rumah
Alhamdulillah saya lulus UKMPPG 2023.

Nah, itulah sekilas tentang manfaat jika kita sebagai guru ataupun calon guru agar bisa mengikuti program Pendidikan Profesi Guru (PPG), baik itu PPG Daljab maupun PPG Prajab.

Semoga informasi pada artikel ini bermanfaat bagi teman-teman pembaca yang sedang membutuhkan referensi bacaan tentang PPG.

Taggs:
49 Comments
  • Sugianto 6:01 pm 18 Mei 2023 Balas

    PPG bentuk perhatian bagi guru yang non PNS untuk memperoleh kesejahteraan. Selain itu, dengan PPG juga bisa meningkatkan kompetensi mengajar mereka.

    • Wahid Priyono 7:27 pm 19 Mei 2023 Balas

      Betul mas, diklat PPG Dalam Jabatan dan PPG Prajabatan ini pastinya bisa membuat guru semakin profesional dan mutu pendidikan Indonesia makin bagus.

    • Emma 5:07 am 20 Oktober 2023 Balas

      Banyak manfaat yang diterima dengan mengikuti acara tersebut ya, jadi sayang klo tidak dilakukan oleh para guru.

      • Aliendasophia 4:32 pm 20 Oktober 2023 Balas

        Semoga diklat PPG ini dapat diterima secara merata bagi semua pengajar, sehingga setiap kawan guru mampu memberi potensi dan kinerja terbaiknya saat berbagi kepada murid

      • Wahid Priyono 5:00 pm 20 Oktober 2023 Balas

        Iya, betul banget kak Emma bahwa ada banyak sekali manfaat jika guru di Indonesia ikut diklat PPG.

  • Maria G 9:36 pm 18 Mei 2023 Balas

    jadi ingat kasus Husen, guru Pangalengan yang sedang viral
    Jadi PPG ini bisa diikuti guru honorer untuk meningkatkan kompetensinya nya?
    Susah enggak prosesnya hingga bisa ikut PPG?

    • Wahid Priyono 7:26 pm 19 Mei 2023 Balas

      Iya betul kak, bisa untuk meningkatkan kompetensi guru agar jadi guru profesional sesuai bidangnya masing-masing.

      • Ada Resensi 4:48 am 20 Mei 2023 Balas

        Nebeng di sini ah. Ralat dikit, Ambu. Husen dari Pangandaran, bukan Pangalengan. Kebetulan agak ngikutin kasusnya juga.

        Semoga makin banyak guru yang profesional dan berintegritas ya, sehingga murid-muridnya juga mendapat teladan yang baik.

        • Wahid Priyono 11:12 am 20 Mei 2023 Balas

          Aamiin ya kak, harapannya tentu begitu, agar guru2 di Indonesia semakin profesional dengan mengikuti PPG Prajabatan maupun PPG Dalam Jabatan.

      • Retno Kusumawardani 6:36 am 14 Juni 2023 Balas

        Semoga para guru menjadi lebih bersemangat untuk mengabdi…

  • Annie NUGRAHA 10:11 am 19 Mei 2023 Balas

    Banyak sekali ya manfaatnya Mas. Jadi sepertinya wajib nih para guru mendapatkan sertifikasi ini. Otomatis kualifikasi diri semakin membaik dan meningkat. Pun nantinya dalam rangka mengembangkan diri dan meraih gelar akademis yang lebih tinggi.

  • Fenni Bungsu 12:43 pm 19 Mei 2023 Balas

    Waktu melamar jadi pengajar di salah satu sekolah, pas tes wawancara daku sempet dikasih tahu bisa dipromosikan ikut PPG, cuma katanya agak lama. Mungkin tergantung kuotanya juga ya

    • Wahid Priyono 7:26 pm 19 Mei 2023 Balas

      Iya PPG itu ada kuotanya, terutama yang PPG dalam jabatan untuk guru2 yang sudah lama mengajar di sekolah swasta maupun induk sekolah negeri.

  • Andy Hardiyanti 4:46 pm 19 Mei 2023 Balas

    Masya Allah…banyak sekali yaa manfaat yang bisa diperoleh dengan mengikuti program Pendidikan Profesi Guru ini. Semoga dengan demikian, guru-guru di Indonesia bisa makin sejahtera deh hidupnya.

    • Wahid Priyono 7:25 pm 19 Mei 2023 Balas

      Iya kak, PPG Dalam Jabatan maupun PPG Prajabatan semuanya bagus untuk membentuk guru yang profesional.

  • Lia Yuliani 5:14 pm 19 Mei 2023 Balas

    Banyak juga ya manfaat program PPG ini bagi guru. Guru juga perlu upgrade ilmu karena sekarang ngajar lebih banyak tantangannya. Beda kondisi zaman saya dulu sekolah dengan anak saya meski sekolahnya di tempat yang sama.

    • Wahid Priyono 7:24 pm 19 Mei 2023 Balas

      Iya bener kak, dengan PPG setidaknya guru bisa memperbaiki pedagogiknya saat mengajar di kelas.

  • Khairiah 5:20 pm 19 Mei 2023 Balas

    apa semua guru bisa ikut ppg? apa ada kriteria khusus guru yang ikut ppg? dengan banyaknya keuntungan dan bisa dapat tunjungan juga pasti banyak guru yang ingin ikut ppg

    • Wahid Priyono 7:23 pm 19 Mei 2023 Balas

      Gak semuanya kak bisa ikut. Paling penting itu harus punya NUPTK, terdaftar di DAPODIK/SIMPATIKA, dan merupakan guru GTT Swasta atau CPNS.

  • Nanik Nara 8:00 pm 19 Mei 2023 Balas

    Semoga dengan program PPG baik dalam jabatan maupun prajabatan, kualitas guru makin meningkat, baik kompetensi pedagogik maupun profesionalnya. Yang pastinya bakal berimbang pada kualitas siswa juga nantinya

    • Wahid Priyono 8:06 pm 19 Mei 2023 Balas

      Aamiin kak, makasih kak sudah kasih support untuk para guru di Indonesia, semoga berimbas kepada kualitas siswa dan juga mutu pendidikan di Indonesia agar semakin baik, aamiin ya Rob..

      • Dian 10:25 pm 19 Mei 2023 Balas

        Semoga dengan program PPG baik dalam jabatan maupun prajabatan bisa menningkatkan kualitas guru
        Sehingga pendidikan di Indonesia makin maju

  • Dea 5:49 am 6 Juli 2023 Balas

    maaf izin bertanya, misalnya kita sudah lulus ppg prajabatan lalu setelah itu kita diterima mengajar di sekolah negeri/swasta dan terdaftar di dapodik. apakah akan berpengaruh untuk kedepannya ya?

    • Wahid Priyono 6:17 am 6 Juli 2023 Balas

      Setahuku gpp kak. Klo untuk lebih jelasnya bisa hubungi LPMP/Dinas Pendidikan terkait.

  • Imawan 12:51 am 20 Oktober 2023 Balas

    Banyak juga manfaat ikut program Pendidikan Profesi Guru (PPG) baik untuk dalam jabatan maupun prajabatan ya, apalagi bisa bantu meningkatkan kualitas guru semangat maju, semoga hidup guru pun makin sejahtera ya.

    • Fenni Bungsu 10:45 am 20 Oktober 2023 Balas

      Bener kak,
      Punya sertifikat PPG ini memang jadi lebih semangat juga pastinya ya buat mengajar

    • Wahid Priyono 5:01 pm 20 Oktober 2023 Balas

      Yups, bener banget kak Imawan, ada banyak sekali manfaat ikut PPG. Pastinya membantu para guru untuk memperbaiki cara mengajar dan memperlakukan siswa secara humanis.

  • YSalma 5:57 am 20 Oktober 2023 Balas

    Selamat sudah lulus mengikuti PPG-nya< Mas. Semoga semakin bersemangat membagikan ilmunya pada murid-muridnya.
    Semangatnya juga untuk guru-guru lain untuk mengikuti PPG agar menjadi guru profesional dan mengikuti perkembangan.

    • Wahid Priyono 5:00 pm 20 Oktober 2023 Balas

      Terimakasih banyak kak Salma atas ucapannya 🙂 sukses untuk kakak juga ya… 🙂

  • April Hamsa 8:02 am 20 Oktober 2023 Balas

    Ooo baru tahu sekarang ada gelar Gr di belakang gelar kesarjanaan kalau ikutan program ini mas. Ternyata kalau mau ikutan programnya free ya karena didukung pemerintah. Bagus sih buat meningkatkan kualitas guru. Emang online gtu ya? Atau sebenarnya ada kegiatan offline-nya per daerah?

    • Wahid Priyono 8:09 am 20 Oktober 2023 Balas

      Setahu saya selama ini masih online untuk PPG yang dalam jabatan. Tapi yang untuk PPG Prajabatan (untuk yang baru lulus kuliah S1) biasanya dilakukan secara offline langsung datang ke kampusnya. Kalo sy yang PPG Dalam Jabatan versi onlinenya, kuliahnya juga disubsidi oleh pemerintah (Kemendikbudristek).

    • Wahid Priyono 4:59 pm 20 Oktober 2023 Balas

      Iya kak, gelar Gr diletakan di atas gelar S1. Gr artinya guru profesional.

  • Suci 8:58 am 20 Oktober 2023 Balas

    Masyaallaah, kalau seperti 10 poin itu manfaatnya ngga bole dilewatkan ya, mas…

    Sukses selalu untuk para guru di Indonesia, diberi kekuatan dalam rangka mencerdaskan bangsa, aamiin

    • Wahid Priyono 4:59 pm 20 Oktober 2023 Balas

      Makasih ya kak Suci atas doa terbaik Anda untuk semua guru di Indonesia.

  • Maria G Soemitro 11:37 am 20 Oktober 2023 Balas

    Selamat Mas Wahid, sukses ya
    Sekarang senang ya, bisa via online
    Saya inget dulu temen2 saya harus pontang panting ngajar sambil ngurusin sertifikasi karena dilakasanakan offline

  • Andi Telaumbanua 4:14 pm 20 Oktober 2023 Balas

    selamat ya mas, sudah lulus di PPG. banyak guru yang kewalahan dalam mengikutinya. apalagi guru daerah yang jauh dari pusat kota. ada saja kesulitan saat sedang kuliah onlinenya

    • Wahid Priyono 4:57 pm 20 Oktober 2023 Balas

      Makasih mas Andi.

      • nurul rahma 7:45 pm 20 Oktober 2023 Balas

        congrattsss BarokAllah pak guru

        ilmunya berkaahh dan siap menebarkan banyak manfaat ya

        keren bgt, slalu inspiring

  • Lendyagassi 4:43 pm 20 Oktober 2023 Balas

    Selamat dan sukses, mas Wahid atas lulusnya ujian PPG.
    Gimana beratnya dan perjuangan nya, semoga ilmunya berkah.

  • Ririn Famur Wandes Lubis 10:53 am 21 Oktober 2023 Balas

    Pasti banyak banget manfaatnya nih memang mengikuti program PPG ini. Saya sebagai guru pun memahami pentingnya mengikuti program tersebut. Keren nih Mas Wahid sudah lulus ya.

    • Wahid Priyono 1:11 pm 21 Oktober 2023 Balas

      Hallo kak Ririn makasih ya bu guru sudah ikut komentar disini. Semoga harapan besar kita bersama bahwa guru2 di Indonesia semuanya akan tersertifikasi.

  • Bayu Fitri 9:55 am 22 Oktober 2023 Balas

    Sukses ya kak PPG nya dan pengetahuan yang didapat semoga bisa bermanfaat buat anak didiknya

    • Wahid Priyono 7:45 pm 22 Oktober 2023 Balas

      Makasih kak Bayu, alhamdulillah saya sekarang sudah lulus PPG Daljab dan sudah dapat sertifikat pendidik. Aamiin, ini berkat Allah SWT. Aamiin.

Write a comment