Wahid Priyono

Blogger

Web Designer

Freelancer

Teacher

Writer

Content Creator

Badminton Lovers

Wahid Priyono

Blogger

Web Designer

Freelancer

Teacher

Writer

Content Creator

Badminton Lovers

#BlogPost

10 Tips Menaikan Imun Tubuh Secara Alami Di Masa Pandemi

11 September 2021 Health
10 Tips Menaikan Imun Tubuh Secara Alami Di Masa Pandemi

“Mens Sana In Corpore Sano”

Dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat

Menjaga tubuh agar tetap sehat selama pandemi COVID-19 adalah hal yang penting dilakukan oleh semua orang. Tujuannya supaya jiwa menjadi kuat dan tidak gampang sakit-sakitan. Termasuk saya pribadi memang akhir-akhir ini lebih memperhatikan faktor kesehatan sehingga banyak hal-hal positif yang perlu dilakukan untuk mencapai derajat kesehatan yang jauh lebih baik.

Bekerja di luar rumah selama masa pandemi terkadang membuat saya sering merasa lelah, sedikit stress, serta ada perasaan was-was jika nantinya tertular COVID-19. Sehingga jika saya tidak bisa mencari solusi untuk hal ini, maka bisa-bisa saya mengalami depresi, bahkan bisa jatuh sakit akibat imun di tubuh saya menurun. Sehingga penting sekali bagi kita semua untuk mampu menjaga kesehatan yang sudah ada. Salah satunya adalah dengan menaikan imun tubuh secara alami dengan beragam aktivitas positif.

Berikut ini cara menaikan imun secara alami yang bisa kita lakukan selama masa pandemi COVID-19, antara lain:

1. Melakukan Vaksinasi COVID-19

Protokol Kesehatan (Prokes) dari pemerintah menganjurkan untuk melakukan vaksinasi COVID-19. Saya sendiri sudah lengkap melakukan vaksinasi tahap 1 dan 2 di Rumah Sakit Natar Medika, Kecamatan Natar, Kabupaten Lampung Selatan. Karena saya seorang guru di sekolah menengah atas (SMA), maka vaksinasi lebih awal. Jadi, vaksinasi tahap 1 saya lakukan pada tanggal 12 April 2021 (sekitar H-3 sebelum puasa Ramadhan), sedangkan vaksinasi tahap 2 di tanggal 20 Mei 2021, atau 1 minggu setelah lebaran Idul Fitri 2021 lalu.

Dokumentasi Pribadi: Saya disuntik vaksin COVID-19 tahap 1, di Rumah Sakit Natar Medika, Natar, Lampung Selatan.
wahid priyono vaksinasi covid 19
Dokumentasi Pribadi: Saya divaksin COVID-19 tahap 2, di Rumah Sakit Natar Medika, Natar, Lampung Selatan.

Sejak melakukan vaksinasi COVID-19 saya merasa bahwa kondisi sistem imun tubuh saya semakin baik. Jujur saja sebelum vaksinasi COVID-19 saya mudah terkena flu/pilek dan batuk. Namun, pasca vaksinasi lengkap saya jadi nyaris tidak pernah terkena flu dan batuk. Alhamdulillah, ternyata efek positif vaksinasi COVID-19 ini tidak hanya sebagai bentuk untuk merangsang pembentukan antibodi yang akan siap menyerang virus COVID-19 saja, tapi juga bermanfaat menjaga kesehatan tubuh secara menyeluruh.

Vaksinasi COVID-19 tahap 2 beres
Dokumentasi Pribadi: Saya telah vaksinasi COVID-19 tahap 2 (beres)

Tapi saya sendiri yakin bahwa vaksinasi COVID-19 yang dianjurkan oleh pemerintah ini tujuannya adalah baik agar herd immunity skala nasional terbentuk, sehingga dampak pandemik akan semakin berkurang dan kondisi kesehatan dan perekonomian nasional juga akan semakin membaik. Jadi, bagi teman-teman yang belum melakukan vaksinasi COVID-19 mari segera lakukan vaksinasi. Jangan takut ya teman-teman untuk divaksinasi COVID-19, sebab saat disuntik vaksin tidak sakit kok, rasanya cuma seperti digigit semut, percayalah, karena saya sendiri sudah mengalaminya.

sertifikata vaksinasi COVID-19 milik saya
Dokumentasi Pribadi: Sertifikat vaksinasi COVID-19 milik saya

Oya, pasca vaksinasi COVID-19 ini saya juga berusaha untuk tetap mematuhi prokes dari pemerintah dengan mencuci tangan pakai sabun, memakai masker saat keluar rumah, serta menjaga jarak minimal satu meter dengan rekan kerja di sekolah.

2. Mencuci Tangan Pakai Sabun

Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) serta prokes yang dianjurkan oleh pemerintah salah satunya adalah mencuci tangan pakai sabun sebagai upaya untuk mencegah penyebaran virus COVID-19 ini tujuannya tidak lain adalah baik.

Sejak waktu kita Sekolah Dasar (SD) dulu guru di sekolah selalu menganjurkan cuci tangan pakai sabun sebelum masuk ke ruang kelas atau saat makan supaya tidak ada kuman atau bibit penyakit yang masuk ke tubuh. Tujuannya supaya tubuh tetap sehat dan imun terjaga dengan baik.

Ada baiknya memang gerakan cuci tangan di masa pandemi ini semakin digencarkan, dan sebagai masyarakat yang patuh kesehatan maka yuk bareng-bareng kita melakukan cuci tangan setelah beraktivitas dari luar ruangan, ketika hendak makan, atau setelah bersentuhan dengan benda-benda di sekitar tempat tinggal atau yang telah banyak dipegang orang-orang di fasilitas umum seperti di kereta, halte, terminal, angkutan umum, dan fasilitas umum lainnya.

3. Menjaga Jarak Minimal 1 Meter

Virus COVID-19 ini mudah menyebar dari satu orang ke orang lainnya. Maka penting sekali memakai masker serta menjaga jarak dengan orang lain selama pandemi COVID-19.

Menjaga jarak minimal 1 meter adalah jarak yang dianjurkan dalam prokes yang diterbitkan oleh pemerintah kita. Maka, ayo patuhi anjuran ini, karena dengan begitu maka sama saja kita peduli dan gotong-royong hadapi pandemi agar semua orang tertolong.

4. Memakai Masker

Memakai masker adalah hal yang sebenarnya sudah saya terapkan saat sebelum pandemi COVID-19. Namun, saat pandemi himbauan pemerintah akan pentingnya memakai masker semakin tergaungkan di skala nasional.

Memakai masker medis jauh lebih baik dan beberapa waktu lalu muncul himbauan untuk memakai masker ganda untuk mencegah penyebaran virus COVID-19 dengan berbagai varian baru.

Pakai Masker saat rapat
Dokumentasi Pribadi: Pakai sasker saat rapat di sekolah.

Masker ini sangat penting sebagai pelindung saluran pernapasan dari kemungkinan infeksi akibat virus COVID-19. Dan jujur saja, setelah semakin rutin memakai masker selama pandemi ini, saya merasa bahwa kualitas kesehatan saya semakin hari semakin bagus. Saya nyaris tidak pernah radang tenggorokan, tidak batuk-batuk lagi, flu tidak pernah ada dan alhamdulillah tidak pernah sakit karena mungkin sistem imunitas semakin kuat.

Maka buat teman-teman semuanya agar terus memakai masker saat berpergian keluar rumah dan di tempat umum, masker menjagamu dari virus COVID-19 yang tidak nampak terlihat oleh kasat mata.

5. Olahraga Teratur

Sebelum pandemi saya memang sangat rutin sekali menjaga sistem imunitas tubuh dengan berolahraga rutin, seminggu bisa 2-3 kali. Saya melakukan olahraga badminton dan work out lari-lari kecil di rumah. Badminton adalah olahraga rutin saya karena memang sangat hobi sekali. Biasanya saya melakukan olahraga ini pada pagi atau malam hari. Saya melakukan olahraga badminton ini bersama teman-teman di lapangan tertutup (indoor).

Sebagai informasi, selama pandemi COVID-19 ini maka penting sekali untuk melakukan aktivitas bergerak yang melibatkan fisik dan mental. Aktivitas bergerak aktif (olahraga) ini penting supaya tubuh rileks, imunitas tubuh semakin kuat, serta peredaran darah menjadi lancar ke seluruh tubuh, mencegah penyakit degeneratif seperti diabetes, stroke, dan jantung koroner.

Ayo mulai sekarang lakukan olahraga secara teratur sesuai hobi teman-teman. Bagi teman-teman yang hobi bola futsal, sepak bola, basket, voli, dan lain sebagainya, ayo lakukan secara teratur ya oke? Ingat ya teman-teman investasi berharga bagi tubuh adalah dengan berolahraga rutin supaya tubuh tetap bugar.

6. Istirahat Cukup

Kerja dan cari duit memang penting, tapi jangan lupa istirahat cukup. Hindari begadang. Percuma kerja tanpa kenal waktu kalau nanti ujung-ujungnya sakit. Saya khawatir jika tidak melakukan istirahat cukup maka tubuh akan gampang lelah, stress, pusing, dan bahkan bisa jatuh sakit. Uang gaji habis cuma untuk berobat karena selama bekerja tidak dibarengi dengan istirahat yang cukup setiap hari. Badan juga butuh istirahat cukup.

Istirahat cukup juga penting untuk mengistirahatkan tubuh dari kelelahan fisik dan mental. Biasanya setelah istirahat tubuh saya kembali bugar, semakin sehat dan tentunya imun tubuh dan mood semakin bagus lagi. So, setelah seharian kerja, jangan lupa istirahat cukup, jangan mainan gadget sampai larut malam, ayo tidur, tidur, jangan banyak begadang ya teman-teman? Hehe..

7. Cegah Stress dan Stay Happy

Selama pandemi COVID-19 ini tubuh harus mendapatkan suasana kehidupan yang nyaman. Jangan berpikir negatif, berpikirlah yang baik-baik saja baik untuk diri sendiri dan kepada orang lain. Mengatur stress dan bijak dalam memperbaiki mood agar berada dalam suasana bahagia adalah hal penting saat pandemi supaya imun tubuh tetap pada performa terbaiknya.

Jika stress muncul maka carilah cara untuk menghalaunya, serta berupaya untuk berada pada lingkungan yang baik, isi waktu luang dengan hal-hal atau kegiatan positif sesuai hobi seperti misalnya olahraga, berkebun di samping rumah, membaca buku, menulis, bersepeda di sekitar kompleks perumahan, berkunjung ke rumah teman atau saudara, dan aktivitas positif lainnya yang tentunya berguna.

8. Terus Berdoa dan Berpikir Positif

Berdoa meminta kesehatan kepada Tuhan adalah cara terbaik agar hati tenang, pikiran sehat, otak semakin waras, jasmani dan rohani semakin benar. Berdoa bisa dilakukan setelah beribadah sesuai kepercayaan/agama masing-masing dan dilakukan rutin setiap hari.

Berdoalah agar pandemi COVID-19 segera berakhir, tubuh kita semakin sehat, keluargapun mudah-mudahan semakin sehat walafiat dan terbebas dari penyakit.

Ternyata doa-doa yang kita panjatkan kepada Tuhan dapat memberikan pikiran positif sehingga berefek pada peningkatan sistem imunitas tubuh agar tetap baik.

Berpikir positif tetang diri sendiri dan kepada orang lain adalah mutlak dilakukan supaya apa yang didengar, dilihat dan dirasakan semuanya berjalan baik dan tidak ada prasangka buruk di antara kita.

9. Mengonsumsi Menu Makanan Seimbang

Menjaga sistem imunitas tubuh agar kuat juga bisa dilakukan dengan rutin mengonsumsi menu makanan seimbang. Menu makanan seimbang ini dapat diperoleh dari makanan mengandung zat gizi seperti karbohidrat, lemak, protein, air, vitamin dan mineral.

Makanan bergizi seimbang
Dokumentasi Pribadi: Mengonsumsi makan menu seimbang penting untuk jaga imun tubuh dan kesehatan.

Mengonsumsi buah-buahan dan sayur-mayur tentunya bagus karena kaya akan vitamin dan mineral dan hal ini rupanya penting agar tubuh terhidrasi air dengan cukup. Vitamin sebagai pengatur regulasi tubuh agar tubuh tetap sehat dan bugar, serta imunitas tubuh semakin membaik. Sementara itu, mineral berfungsi untuk memacu kerja enzim dan metabolisme tubuh agar berjalan lancar.

10. Mengonsumsi Suplemen Herbal

Selain mengonsumsi menu makanan seimbang, juga penting bagi kita untuk mengonsumsi suplemen herbal alami yang terbuat dari bahan rempah dan tanaman obat seperti jahe, kunyit, meniran, dan lain sebagainya.

Tanaman herbal ini memang bagus sebagai obat karena mengandung senyawa imunomodulator untuk meningkatkan sistem imunitas dan daya tahan tubuh terhadap beragam penyakit yang disebabkan oleh virus, bakteri, jamur atau patogen berbahaya bagi tubuh. Imunomudulator berfungsi untuk memodifikasi respon imun, menstimulasi mekanisme pertahanan alamiah dan adaptif, serta dapat berfungsi baik sebagai imunosupresan maupun imunostimulan.

Saat ini untuk mendapatkan khasiat tanaman herbal mengandung zat imunomodulator yang berfungsi sebagai penguat imun tubuh maka sudah bisa dalam bentuk minuman sachet seperti misalnya produk peningkat imun tubuh dari Martha Tilaar Herbal yaitu Berto Imunku.

Berto Imunku merupakan suplemen produk herbal alami yang terbuat dari tanaman obat (biofarmaka) seperti meniran, kunyit, jahe, serta madu. Bisa dikonsumsi rutin setiap hari (sebanyak 3x/hari), langsung teguk, rasanya enak, praktis bisa dibawa kemana-mana, menyehatkan dan tanpa efek samping.

Wajar saja jika kelelahan saat beraktivitas di dalam atau di luar rumah dan kondisi pandemi COVID-19 yang belum usai ini, mengonsumsi suplemen herbal seperti Berto Imunku ini sangat penting sekali untuk Booster Imun. Dengan begitu sistem imun tubuh akan terjaga dengan baik setiap harinya. Semua urusan kerja jadi beres/produktif karena tubuh tetap fit dan tidak gampang jatuh sakit.

Oya, Berto Imunku juga bisa teman-teman dapatkan di online shop (olshop) seperti di tokopedia, shopee dan apotek terdekat di sekitar tempat tinggal teman-teman semuanya. Silakan dipesan ya teman-teman. Karena produk herbal ini bisa disimpan di lemari es dan jika membutuhkan tinggal ambil saja, mudah dan praktis bukan?

Yuk, tetap jaga imun tubuh dengan mengikuti 10 tips atau cara menaikan imun ditubuh kita saat pandemi COVID-19 seperti pada ulasan di atas ya? semoga bermanfaat. Terima kasih.

Taggs:
15 Comments
  • Nurul Sufitri 8:13 pm 15 September 2021 Balas

    Wah, iya mas Wahid, kita menjaga kesehatan dengan berbagai cara. Salah satunya mengonsumsi produk herbal dengan kandungan alami. Buat yang sehat, dalam masa penyembuhan dan sebagainya, Berto Imunku dapat membantu kita ya mas. Namanya juga ikhtiar. Sehat2 terus ya mas aamiin.

    • Wahid Priyono 6:02 pm 17 September 2021 Balas

      Iya kak, Berto Imunku ini juga bisa dicoba untuk dikonsumsi setiap hari kak, karena tanpa efek samping dan bisa booster imun tubuh dengan gercep. Wajib stok berto nih di lemari es. 🙂

  • Uchi 8:56 pm 15 September 2021 Balas

    Aku termasuk paling payah minum sesuatu yang berbentuk pil atau sirup baik itu obat maupun herbal 🥺. Jadi solusi jaga imun aku usahakan sllu positif vibes. Jaga pola makan dan pola tidur. Olahraga meski sebentar tapi rutin.
    semoga kita selalu sehat….aamiin

    • Mpo Ratne 3:25 pm 16 September 2021 Balas

      Sakit itu tidak enak tapi bisa jaga imunitas bukan banyak buat sendiri tapi buat jaga keluarga agar kita bisa kumpul terus

  • Maria Soemitro 11:17 pm 15 September 2021 Balas

    semua sudah saya lakukan : vaksinasi dll

    kecuali olah raga dan minum Berto Imunku

    Besok beli ah Berto Imunku karena mudah, yang susah olah raga nih, susah bangun pagi 😀

  • Reyne Raea 5:00 am 16 September 2021 Balas

    Masalah istrahat cukup nih masih PR banget buat saya, selama pandemi ini, justru saya kurang istrahat 😀
    Ngurus anak sekolah online, dll, benar-benar menyita waktu ketimbang sebelum pandemi.

    Kayaknya butuh Berto Imunku deh ini 🙂

    • Siti Nurjanah 11:24 am 16 September 2021 Balas

      Dimasa Pandemi ini harus lebih ekstra lagi Menjalankan pola hidup sehat juga akan lebih baik dilengkapi dgn vaksin
      Selain itu mengkonsumsi minuman herbal juga ditenggarai bisa utk meningkatkan imun tubuh apalagi sekarang lebih asik karena ada yg instan seperti Berto imunku

  • Dyah ummu AuRa 11:05 am 16 September 2021 Balas

    Aku setuju dengat tips-tips di atas, soalnya aku juga melakukan hal ini. Walaupun kemarin sempat kena covid, alhamdulilah bisa cepet pulih.

    • Wahid Priyono 6:07 pm 17 September 2021 Balas

      Yups kak, mudah2an masih terus sehat ya kak, tetap jaga kesehatan selama pandemi COVID-19 emang penting banget. Terutama jaga imun tubuh agar tetap baik.

  • Annie Nugraha 11:25 am 16 September 2021 Balas

    Selain vaksin dan prokes 5M, asupan gizi dan ditunjang dengan vitamin memang wajib sepertinya ya Mas. Setidaknya dengan cara-cara ini kita sudah menjaga diri sendiri dan bertanggungjawab juga akan kondisi kesehatan orang yang berada di sekitar kita.

    • Wahid Priyono 6:20 pm 17 September 2021 Balas

      Iya betul kak, prokes yang dianjurkan pemerintah memang perlu dijalankan ya, kita harus patuh itu. Selain itu, jaga imun tubuh juga penting dengan cara/tips di atas. Semoga bermanfaat. Aamiin.

  • nurulrahma 12:46 pm 16 September 2021 Balas

    Tipsnya sangat bisa dipraktikkan siapapun ya.
    Memang kita kudu jaga kesehatan jiwa raga.
    utamanya kala pandemi seperti saat ini.

    • Hendra Suhendra 8:25 pm 16 September 2021 Balas

      Wah bener banget poin-poin yang disebutkan di atas Mas. Semua sudah saya lakukan, kecuali vaksin dan minum herbal bertoimunku. Sangat penting banget menjaga kesehatan saat ini. Sehat itu sangat mahal harganya…

      • Wahid Priyono 6:24 pm 17 September 2021 Balas

        Bisa dicoba kak konsumsi Berto Imunku, saya sendiri sudah minum Berto Imunku, makin terasa oke dan sehat badannya. Tentu harus diimbangi dengan pola makan, istirahat dan olahraga yang cukup per pekannya ya. Oke..?

    • Wahid Priyono 6:21 pm 17 September 2021 Balas

      Iya betul kak nurul. Masa pandemi harus pintar2 kita jaga kesehatan tubuh. Imun tubuh gak boleh drop harus naik terus biar gak gampang sakit.

Write a comment