Wahid Priyono

Blogger

Web Designer

Freelancer

Teacher

Writer

Content Creator

Badminton Lovers

Wahid Priyono

Blogger

Web Designer

Freelancer

Teacher

Writer

Content Creator

Badminton Lovers

#BlogPost

Bersama “MOXA Super App Andal” Wujudkan Semangat Pelaku UMKM Agar Bangkit Dari Pandemi

10 September 2021 Otomotif
Bersama “MOXA Super App Andal” Wujudkan  Semangat Pelaku UMKM Agar Bangkit Dari Pandemi

Merasakan kemelaratan ketika ditimpa musibah pandemi COVID-19 adalah sesuatu hal yang pernah kita alami bersama-sama. Tidak punya uang sepeserpun, mengganggur akibat di PHK dari tempat kerja, sulit cari makan, harga bahan makanan pokok melambung tinggi, atau nilai tukar rupiah semakin melemah sehingga daya beli masyarakat turun. Bahkan, terkadang kita menyaksikan sendiri bahwa bisnis rumahan yang kita rintis mandek atau gulung tikar. Melihat kondisi demikian, maka tentu saja kita butuh semangat untuk bangkit melawan pandemi. Bukankah Tuhan senang melihat hamba-Nya yang berjiwa optimis, selalu berusaha lebih ketika ditimpa musibah? atau tidak mengeluh ketika dilanda cobaan bertubi-tubi?

Saya sendiri berusaha sabar untuk menjalani hidup di masa pandemi COVID-19. Sabar untuk menjalani hari-hari yang sudah ditakdirkan Tuhan kepada kita semuanya. Sabar ketika ditimpa kegagalan, kecemasan, rasa sakit, kekecewaan, bahkan kerugian dari bisnis yang sudah dirancang, dan lain sebagainya.

Pandemi COVID-19 tentu saja mengajarkan kita banyak hal tentang perjalanan hidup dan arti kesusahan dalam hidup. Sehingga kita tidak boleh berlebihan dan menyalahkan kondisi yang sudah terjadi. Yang perlu kita lakukan saat ini adalah gotong-royong secara bersama-sama antara elemen pemerintah, masyarakat, dan tenaga medis untuk membuat kondisi akibat COVID-19 ini semakin membaik. Dengan semakin membaiknya kondisi, maka derajat kesehatan serta perekonomian negara kita juga akan kembali pulih. Hal ini tentu saja pada akhirnya inklusi keuangan negara kita pun akan semakin membaik.

Roda perekonomian negara kita masih terus berjalan walaupun kondisi masih pandemik. Hal ini dapat terjadi berkat upaya-upaya yang telah dilakukan oleh pengusaha serta pelaku bisnis UKM/UMKM yang terus semangat memperbaiki kondisi yang ada saat ini. Dengan munculnya pelaku UKM/UMKM yang dari hari ke hari semakin meningkat, tentu saja hal ini diharapkan mampu memulihkan stabilitas perekonomian bangsa secara menyeluruh dari Sabang sampai Merauke.

Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) merupakan produk pilar ekonomi bangsa yang harus kita dukung keberadaannya sebab mampu memperkuat dan meningkatkan inklusi keuangan negara. Bahkan jika kita tengok pada grafik di atas, negara kita (Indonesia) menempati urutan paling atas di Asia sebagai negara dengan konsentrasi UMKM paling tertinggi. Hal ini membuktikan bahwa masyarakat kita semakin berdaya, sudah makin banyak yang melek dengan literasi keuangan, digital marketing, bisnis-bisnis berbasis mikro, kecil dan menengah, atau bisnis rumahan yang bisa menghasilkan selama masa pandemi COVID-19 ini.

Mereka para pelaku UMKM tinggal dimantapkan saja bisnis yang mereka rintis dengan beragam bentuk bimbingan, penyuluhan, serta kegiatan positif seperti seminar-seminar bisnis baik dilakukan secara online maupun offline. Selain itu, pembelajaran tentang pembukuan usaha dan pemasaran produk/jasa secara online melalui digital marketing juga perlu mereka kuasai agar mendapatkan target pasar yang cocok sehingga profit dari bisnis/usaha yang dijalankan semakin meningkat. Namun hal lain yang perlu dimiliki oleh seorang pengusaha/pelaku UMKM yaitu mentalitas sebagai pebisnis, etos kerja, moralitas, serta daya saing baik di level lokal, nasional, maupun internasional.

Dokumen pribadi: Es Teler AA besutan bisnis UMKM keluarga saya.

UMKM merupakan poros usaha/bisnis yang banyak ditekuni oleh kelompok masyarakat menengah ke bawah dan tentunya ada sisi kelebihan dan kelemahannya. Kelebihan UMKM yakni mencegah pengangguran, mampu menciptakan pasar baru, produk lokal yang dihasilkan beragam/variatif, inovasi produk tanpa batas, serta mampu menciptakan lapangan kerja baru serta memberi kesempatan orang lain untuk berinovasi melalui usaha/bisnis yang diminatinya.

Sisi kelemahan UMKM yakni seringnya terkendala modal usaha di awal, sehingga masih banyak generasi muda milenial/gen-Z kita yang enggan membuka usaha/bisnis karena mungkin mereka masih terkendala dana (pembiayaan usaha/bisnis) yang harus mereka siapkan.

Berdasarkan pada data/diagram yang telah dirilis oleh Kementerian Koperasi dan UKM (Kemenkop UKM) di atas bahwa permasalahan UMKM yang serius yakni UMKM mengalami kesulitan permodalan (jumlahnya ada 141 UMKM) dengan persentase sebanyak 12%. Kendala distribusi barang/jasa dialami oleh sebanyak 111 UMKM (persentase 10%), kendala stok bahan baku dialami 63 UMKM (6%), 42 UMKM terhambat produksinya (4%), serta efek pandemi COVID-19 juga mempengaruhi prosesi penjualan barang/jasa dimana ada setidaknya 774 pelaku UMKM mengalami penurunan penjualan (persentase sebanyak 68%).

Melihat kondisi di atas, tentu saja kita perlu gotong-royong secara kolektif selama pandemi COVID-19 untuk bersama-sama membangkitkan kembali UMKM yang mengalami kesulitan/defisit permodalan usaha, penjualan yang cenderung menurun, produksinya terhambat, kesulitan suplai bahan baku, dan lain sebagainya.

Terkait dengan adanya kesulitan permodalan usaha, maka para pelaku UMKM dapat mengajukan peminjaman uang sebagai modal usaha melalui lembaga keuangan seperti di bank milik pemerintah, atau bisa juga mencoba peminjamannya melalui platform keuangan digital. Namun hal yang perlu diingat bahwa, ketika melakukan peminjaman dengan cara digital sebaiknya uang yang telah didapatkan harus dipakai sebaik mungkin untuk modal usaha, bukan untuk memenuhi gaya hidup mewah (hedonisme). Menurut saya tujuan orang meminjam uang ke bank atau platform digital itu harus dipakai untuk wirausaha, buka bisnis rumahan, investasi, dan hal-hal yang bermanfaat untuk hari ini dan masa depan nanti.

Ada salah satu aplikasi untuk meminjam uang dengan paltform keuangan digital yang saya rasa bisa dicoba oleh teman-teman pelaku UMKM yaitu dengan menggunakan MOXA Super App Andal dari Astra Financial.

Apa Itu MOXA Super App Andal?

Sumber gambar: moxa.id

Dilansir dari situs resmi MOXA, bahwa MOXA adalah aplikasi mobile pintar yang diciptakan secara user-centric. Adapun tagline dari MOXA ini yaitu: “Your Life’s Financial Companion”, berfungsi sebagai Astra Financial Wealth Hub mencakup seluruh layanan Astra Financial. Pengguna adalah fokus dari MOXA ini. Selain itu, MOXA juga mendukung dalam memenuhi segala kebutuhan finansial pengguna dengan mudah, cepat, praktis, dan tentunya akan ada banyak keuntungan yang didapatkan.

MOXA Super App Andal ini merupakan aplikasi/platform keuangan digital besutan Astra Financial yang menyediakan banyak produk finansial yang bisa dicoba oleh seluruh pengguna di Indonesia baik untuk pemenuhan kebutuhan harian mulai dari asuransi, hingga pada pembiayaan permodalan usaha. Selain itu, hadirnya aplikasi MOXA ini diharapkan bisa berkontribusi untuk menciptakan masyarakat yang dinamis melalui beragam solusi keuangan terbaik dan tentunya akan terus menawarkan nilai yang hanya dapat diberikan oleh MOXA.

Untuk visi dari MOXA by Astra Financial ini yaitu menjadi platform solusi keuangan terintegrasi terbaik di kelasnya yang paling diminati. Sementara itu, misinya adalah menjadi platform terpercaya untuk membantu masyarakat Indonesia menyelesaikan masalah keuangan dan menuju kemakmuran.

Adapun mitra kerja afiliasi (partners) dari MOXA ini antara lain yaitu Asuransi Astra, Astra Life, Sanf, MauCash, Toyota Astra Finance (TAF), Astra Credit Companies (ACC), dan FIFGroup.

Oya, aplikasi MOXA ini dapat diinstal di hape smartphone/android teman-teman, tentu saja dengan terlebih dahulu download dan instal aplikasi MOXA Super App Andal melalui Google Playstore atau AppStore.

Mengapa Penting Meminjam Dana Usaha di MOXA Super App Andal?

Platform digital keuangan di Indonesia telah banyak tersebar di dunia maya (internet). Akan tetapi, jika teman-teman khususnya pelaku UMKM yang akan meminjam modal usaha, sebaiknya ke MOXA Super App Andal saja, karena selain aman, bersahabat, juga legal dan terpercaya. Legal karena sudah langsung ditangani oleh Astra Financial yang kredibel di bidang otomotif dan finansial. Sangat penting diperhatikan bahwa, apabila teman-teman UMKM akan meminjam dana online agar tetap waspada. Pilihlah jasa peminjaman uang online yang jelas perusahaannya, serta legalitas perusahaannya dapat dipertanggungjawabkan ke khalayak umum (publik).

Maka dari itu, dengan meminjam dana untuk pembiayaan modal usaha UMKM di MOXA Super App Andal ini, maka ada banyak hal positif yang didapat seperti dana yang dipinjam tanpa agunan dengan bunga rendah, menyediakan modal memadai untuk perkembangan usaha/bisnis, proses peminjamannya cepat, aman, nyaman dan terpercaya. Aman dan terpercaya karena selain terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK), juga ada teknologi mutakhir Alibaba Cloud yang mendampingi aplikasi MOXA ini, sehingga menjamin kerahasiaan data-data yang terinput oleh pelanggan sehingga tidak mudah “bocor” di tangan orang-orang jahil yang tidak bertanggungjawab, serta tidak ada lagi praktek pencurian data pelanggan.

Selain itu, alasan mengapa teman-teman pelaku UMKM perlu mencoba peminjaman modal usaha di MOXA Super App Andal ini, karena beberapa alasan seperti:

  • Wide Array of Financial Product Selections: Maksudnya bahwa pilihan produk di MOXA ini banyak ragamnya, ada sekitar 10 produk finansial mulai dari pembiayaan mobil, pembiayaan motor, asuransi kesehatan, asuransi jiwa, pembiayaan alat berat, pinjaman multiguna, pembiayaan perjalanan umroh, dan banyak lagi yang lainnya;
  • Friendly UX With Conversational UI: Maksudnya aplikasi MOXA ini didesain menggunakan pendekatan yang berfokus pada user-centric, yang menghasilkan sebuah user experience (UX) yang sederhana, intuitif, dan mudah dipahami. Aplikasi MOXA ini juga mempunyai UI berbasis percakapan yang memungkinkan aplikasi berinteraksi untuk menemukan apa yang pengguna inginkan melalui dialog interaktif;
  • Trusted Astra Brand in One Ecosytem: Maksudnya adalah tidak seperti agregator finansial yang hanya mengumpulkan beragam produk dari perusahaan-perusahaan berbeda, MOXA bagian dari Astra Financial dan semua produk yang ditawarkan membawa reputasi dari Astra yang sudah ternama sebagai salah satu bagian dari Unit Bisnis Astra Financial (TAF, ACC, FIFGROUP, Astra Life, dan lain sebagainya).

Apa Saja Produk MOXA Super App Andal?

Keuntungan bergabung dan menjadi konsumen di MOXA Super App Andal tentu akan semakin mudah mengeksplorasi banyak hal termasuk menikmati beragam produk-produknya yang bisa menunjang kebutuhan finansial harian kita termasuk untuk permodalan usaha/bisnis. Adapun untuk produk-produk MOXA Super App Andal antara lain sebagai berikut:

  • Beli mobil atau motor baru;
  • Travelling atau pergi liburan;
  • Perjalanan umroh;
  • Pinjaman beli gadget;
  • Asuransi untuk pribadi dan keluarga;
  • Pembiyaan alat berat;
  • Pinjaman modal usaha;
  • dan masih banyak yang lainnya.

Apa Saja Benefit/Manfaat MOXA Super App Andal Bagi Pelaku Bisnis UMKM?

Modal usaha merupakan hal yang sangat penting bagi pelaku bisnis UMKM, terutama yang ada di desa-desa dengan keterbatasan modal (yang biasanya umum terjadi). Karena modal usaha ini adalah “nyawa” bagi bergeraknya roda bisnis yang sedang dijalankan.

Maka, bagi teman-teman yang tertarik untuk membangun bisnis/usaha tetapi terkendala dana/modal usaha akibat COVID-19, maka tidak perlu khawatir, karena sekarang sudah ada aplikasi pintar untuk semua kebutuhan finansial kita yaitu MOXA Super App Andal sebagai solusinya. Bersama MOXA Super App Andal ini, tentu saja semua rintisan usaha akan semakin gampang karena proses peminjaman modal usaha sangat mudah dan praktis dilakukan.

Astra Financial melalui MOXA Super App Andal ini mempunyai komitmen untuk memberi kemudahan akses kepada peminjam untuk pemenuhan finansial teman-teman mulai dari beli mobil/motor, asuransi kesehatan, pembiayaan alat berat, travelling atau pergi liburan, hingga permodalan usaha.

Untuk peminjaman dana usaha di MOXA Super App Andal sebagai bekal modal bisnis tersebut, maka teman-teman dapat terlebih dahulu mendownload dan instal app MOXA Super App Andal di google playstore.

Dan pada akhirnya, apabila usaha/bisnis teman-teman lancar dan sukses, maka tentu saja akan semakin mudah dalam pengembalian pinjaman modal usaha ke MOXA. Segampang itu ya ternyata jika ingin meminjam modal usaha melalui MOXA Super App Andal? Yuk, teman-teman pelaku usaha/bisnis UMKM bisa mencobanya nih !

Oya, menurut saya nih, dengan adanya platform digital dari Astra Financial seperti MOXA Super App Andal ini maka tentu saja akan ada banyak benefit/manfaat yang bisa diperoleh oleh pelaku UMKM, pemerintah maupun masyarakat secara umum.

Bagi pelaku UMKM tentu saja mereka yang terkendala dengan permodalan usaha/bisnis akan semakin gampang walaupun sekarang kondisinya sedang sulit akibat wabah COVID-19.

Bagi pemerintah, maka dengan munculnya sektor UMKM dengan beragam produk dan inovasi yang muncul di pasaran, maka tentu saja perekonomian Indonesia akan semakin pulih dan bangkit dari pandemi. Selain itu, inklusi keuangan negara kita juga akan naik ke level tertingginya, mendorong perputaran ekonomi Indonesia semakin rapih, serta akan ada surplus pertumbuhan ekonomi yang terjadi secara kontinyu dari hulu ke hilir.

Bagi masyarakat umum, tentu saja dengan adanya MOXA Super App Andal ini maka akan mendapatkan kemudahan finansial sehari-hari seperti kemudahan dalam pembelian mobil/motor, permodalan usaha, asuransi kesehatan, perjalanan umroh, pinjaman beli gadget, pembiayaan alat berat, dan lain sebagainya. Dengan adanya peminjaman modal usaha, maka pelaku UMKM di kalangan masyarakat desa akan semakin gampang dalam mengelola bisnis mereka, maka secara otomatis masyarakat kita akan semakin melek dengan literasi keuangan, serta masyarakat akan memperoleh cuan dari inovasi bisnis/usaha yang mereka jalankan.

Bagaimanakah Cara Pelaku Usaha/Bisnis UMKM Mengajukan Pinjaman Modal di MOXA Super App Andal?

Untuk melakukan pinjaman modal usaha melalui aplikasi MOXA Super App Andal ini ternyata cukup mudah dan praktis, bisa dilakukan kapan saja dan dimana saja, karena bisa dilakukan hanya dalam satu genggaman. Teman-teman pelaku UMKM bisa melakukan pengajuan/permohonan aplikasi dengan mengikuti panduan seperti yang saya lansir dari laman website https://www.moxa.id/faq, sebagai berikut:

  1. Pastikan teman-teman sudah menginstal aplikasi MOXA Super App Andal di Google Playstore/App Store di hape;
  2. Masuk ke aplikasi MOXA Super App Andal yang sudah terinstal di hape;
  3. Pilih layanan dan produk keuangan yang sesuai dengan kebutuhan teman-teman dengan cara:

(a). Klik logo MOXA (tombol berwarna kuning) untuk menampilkan menu

(b) Melalui chat (tombol berwarna biru) untuk menampilkan menu dalam bentuk percakapan

4. Selanjutnya teman-teman dapat mengisi informasi yang dibutuhkan. Informasi yang dibutuhkan dapat berbeda untuk setiap layanan dan produk keuangan yang dipilih;

5. Untuk lakukan pengajuan, maka teman-teman dapat melengkapi profil dan selanjutnya akan menerima kode OTP yang dikirimkan melalui SMS ke nomor handphone yang terdaftar;

6. Setelah memasukkan kode OTP, maka pengajuan teman-teman akan terkirim;

7. Teman-teman akan mendapatkan email konfirmasi yang berisi detail pengajuan;

8. Selanjutnya, teman-teman akan dihubungi oleh partner MOXA untuk melanjutkan proses pengajuan.

Cukup mudah bukan cara untuk pengajuan pinjaman modal usaha di aplikasi MOXA? namun, hal lain yang perlu diingat untuk teman-teman pelaku usaha UMKM yang telah meminjam dana usaha di aplikasi MOXA Super App Andal ini, sebaiknya dipakai untuk pemenuhan kebutuhan sehari-hari, pengembangan diri, serta sebagai modal usaha/bisnis yang sedang dirintis.

Apabila usaha/bisnis teman-teman telah sukses, tumbuh dan berkembang optimal, maka proses pelunasan atau penyicilan pinjaman modal usahanya akan semakin gampang dikembalikan. Jadi diharapkan tidak ada lagi tunggakan pinjaman dana usaha.

Terakhir dari tulisan saya ini, maka saya berdoa semoga usaha/bisnis yang sedang teman-teman UMKM rintis dapat berjalan lancar, serta berhasil sesuai harapan, walaupun dalam pelaksanaannya masih terkendala dengan bayang-bayang pandemi COVID-19. Sehingga dengan kondisi seperti ini, maka perlu sekali gairah/semangat dan kerja keras teman-teman untuk mewujudkan mimpi-mimpi besar yang selama ini diharapkan. Karena berkat adanya MOXA Super App Andal ini, maka pelaku UMKM tidak perlu repot lagi harus pinjam dana usaha kemana, karena dengan aplikasi MOXA ini, tentu saja prosesnya cepat dan lebih menguntungkan.

Oya, terima kasih buat teman-teman pelaku usaha/bisnis UMKM yang telah membaca tulisan saya ini. Semoga bermanfaat ya, sukses selalu untuk kita semuanya.

Sumber Referensi:

Taggs:
40 Comments
  • Moch. Ferry 8:38 pm 11 September 2021 Balas

    Umkm dengan dukungan beragam pihak akan mendorong perkembangan lebih baik sesuai harapan. Aplikasi moxa membantu dengan sejumlah kegunaan dalam pengaturan keuangan.

    • Wahid Priyono 7:40 am 13 September 2021 Balas

      Yups mas Ferry. Moxa bisa jadi pilihan tepat untuk peminjaman modal usaha bagi pelaku UKM/UMKM yang ingin mengembangkan bisnis mereka.

  • Keke Naima 9:26 pm 11 September 2021 Balas

    Nah, sabar harusnya menjadi salah satu kunci utama saat pandemi. Sayangnya banyak yang gak sabar dan terus gak patuh prokes. Insya Allah UMKM akan bangkit. Di saat pandemi ini juga kelihatannya banyak melahirkan UMKM baru, ya

    • Wahid Priyono 7:42 am 13 September 2021 Balas

      Betul memang Prokes 3M (Memakai Masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak) itu penting sekali selama masa pandemi COVID-19. Btw, untuk UMKM emang makin menjamur ya kak, dan ini tentunya terlihat ada geliat UKM/UMKM untuk terus bergerak saat pandemi.

  • Iwan Hendrawan 5:16 am 12 September 2021 Balas

    Aplikasi moxa sangat dibutuhkan oleh UMKM sebagai pilar ekonomi bangsa. Moxa sama dengan pinjaman online tidak ya mas?

    • Wahid Priyono 8:14 am 13 September 2021 Balas

      Yups betul kak, Aplikasi Moxa ini bisa dipakai untuk pelaku usaha UKM/UMKM untuk peminjaman modal usaha. Apalagi ini sedang pandemi ya, saya rasa masih ada banyak pelaku usaha yang kekurangan modal.

  • Okti 5:57 am 12 September 2021 Balas

    Hebat ya sekarang Astra Financial sudah meluncurkan aplikasi pembiayaan dan investasi moxa.

    Pastinya aplikasi ini bakal berperan penting di Astra Financial Wealth Hub yang dapat mengintegrasikan berbagai kebutuhan finansial hanya dalam satu aplikasi. Keren …

    • Wahid Priyono 8:11 am 13 September 2021 Balas

      Iya kak, inovasi Astra Financial memang beragam ya, selain mencover dunia industri otomotif, juga di aplikasi finansial juga tercover oleh mereka. Benar2 keren ya perkembangan teknologi keuangan digital buatan anak negeri. Patut kita apresiasi memang.

  • Yeni Sovia 6:07 am 12 September 2021 Balas

    Bener kak pandemi ini kita seperti hidup dengan ketidak pastian. Rasanya cemas. Bukan hanya cemas takut keluarga kena covid, juga cemas soal perekonomian juga ya. Kasian juga para pelaku usaha di tengah pandemi begini mereka jadi kesulitan soal uang juga.

    Untung ada aplikasi moxa ya aplikasi untuk meminjam uang dengan paltform keuangan digital. Baru tahu saya soal moxa ini

    • Lidia Hayaty 4:38 pm 12 September 2021 Balas

      Betul apalagi sedang pandemi begini segalanya butuh modal pembiayaan untuk usaha. Moxa tentu bisa jadi wadah untuk membantu usaha kecil.

      • Wahid Priyono 7:56 am 13 September 2021 Balas

        Iya betul kak Lidia, syukurlah ya ada Moxa Super Aplikasi Andal ini, yang sangat-sangat membantu bagi pelaku usaha kecil seperti UMKM ini.

    • Wahid Priyono 8:10 am 13 September 2021 Balas

      Iya kak Yeni, ada banyak perasaan kalut di tengah badai Pandemi COVID-19. Mau buka bisnis/usaha rumahan kadang maju mundur ya karena butuh permodalan usaha/bisnis ya. Tapi kalo modal nekat bisnis kecil-kecilan juga gpp sih menurutku, yang penting ada pemasukan harian. Platform Moxa tentunya bisa dicoba untuk mereka pelaku UKM/UMKM yang masih terkendala modal usaha, siapa tahu bisnisnya semakin tumbuh dan berkembang, maka tentu proses pemulangan pinjaman ke Moxa akan semakin gampang.

  • Intan Daswan 6:51 am 12 September 2021 Balas

    Moxa bisa menjadi solusi kebutuhan keuangan kita ya… Aplikasi ini memang keren.

    • Wahid Priyono 8:07 am 13 September 2021 Balas

      Yups kak Intan, betul sekali…Moxa Super App Andal ini tentunya bisa memenuhi kebutuhan finansial sesuai kebutuhan kita. Bisa didownload kok kak Aplikasinya di Google Playstore/app store. Makasih.

  • Maria Soemitro 7:45 am 12 September 2021 Balas

    sesudah dijelaskan Mas Wahid, saya baru paham

    saya pikir Moxa hanya untuk urusan kendaraan roda4 dan 2 ternyata juga mencakup pemenuhan kebutuhan harian mulai dari asuransi, hingga pada pembiayaan permodalan usaha

    keren ya?

    • Wahid Priyono 9:26 am 12 September 2021 Balas

      Betul kak Maria, MOXA Super App Andal bisa juga kok dipakai untuk membantu pembiayaan modal usaha, terutama untuk para pelaku UKM/UMKM.

  • Ririn Wandes Melalak Cantik 10:45 am 12 September 2021 Balas

    Masa pandemi gini ada banyak sekali yang merasakan kesusahan ya. Dampak dari pandemi ini cukup besar bagi beberapa orang. Tentunya bantuan-bantuan sangat dibutuhkan sih. Aplikasinya memang andal ya apalagi dari brand yang sudah punya nama juga seperti Astra ini.

    • Wahid Priyono 8:06 am 13 September 2021 Balas

      Iya kak pandemi COVID-19 tentunya memberikan kita banyak hikmah dan pelajaran hidup. Setuju memang bantuan2 kemanusian memang harus sama2 kita terapkan, sama-sama gotong-royong hadapi pandemi intinya. Btw, betul kak Aplikasi Moxa dari Astra Financial ini bisa dicobalah untuk pelaku UKM/UMKM yang ingin membangun bisnis/usaha tapi terkendala modal.

  • Fadli 12:09 pm 12 September 2021 Balas

    UMKM agaknya betul-betul terdampak oleh pandemi ini. Tapi sebenarnya bukan tidak ada solusi untuk bangkit. Salah satu solusi yang ada itu adalah melek dengan literasi finansial.

    • Wahid Priyono 8:04 am 13 September 2021 Balas

      Setuju kak Fadli, memang sudah saatnya pelaku usaha UKM/UMKM harus melek dengan literasi keuangan. Tentu ini adalah proses jangka pendek dan jangka panjang yang semestinya harus dipelajari sepanjang waktu. Semuanya butuh proses belajar dan tidak sebentar. Perbanyak jam terbang pasti akan semakin bagus ya kak untuk bisnis UKM/UMKM yang sedang dirintis.

  • Annie Nugraha 1:08 pm 12 September 2021 Balas

    Penawaran fasilitas financial sedang menjamur di masa pandemi ini ya Mas. Karena banyak yang kehilangan pekerjaan dan ingin bangkit dengan usaha sendiri. Untuk UKM/UMKM, masalah permodalan dan pemasaran memang hasil krusial yang perlu terus menerus melewati pendampingan dan proses pembelajaran yang tidak sebentar.

    Semoga dengan hadirnya MOXA bisa menjawab semua hal di atas.

    • Mutia Ramadhani 6:54 pm 12 September 2021 Balas

      Khusus asuransi kendaraan juga banyak yang promo Mba Annie. Kalo semisal ada mobil yang belum diasuransikan, better beli sekarang mba. Lumayan murah harganya dibanding sebelum pandemi. Langsung aja bayar setahun kayak beberapa temanku.

      • Wahid Priyono 7:50 am 13 September 2021 Balas

        makasih infonya kak Mutia, asuransi kendaraan penting juga ya ternyata. cakeppp…

    • Wahid Priyono 8:02 am 13 September 2021 Balas

      Betul ya kak, kadang pelaku UKM/UMKM masih adaptasi dengan kondisi pandemi COVID-19 ini, dan menerka2 masa depan bisnis mereka. Perencaaan keuangan (finansial/modal usaha) memang penting digerakan sedini mungkin. Pandemi juga bisa jadi hikmah bahwa UMKM harus tetap bangkit dari pandemi dan bisa berprospek cerah untuk ke depannya.

  • Lidia Hayaty 3:13 pm 12 September 2021 Balas

    Aplikasi Moxa ini tentu sangat membantu para pelaku UMKM apalagi saat pandemi begini yaa mas. Semoga layanan app Moxa makin baik dan bisa bermanfaat bagi lebih banyak lagi UMKM di Indonesia.

    • Wahid Priyono 8:17 am 13 September 2021 Balas

      Iya kak, saya berdoa demikian juga, semoga Moxa bisa menjadi mitra/sahabat bisnis bagi pelaku UKM/UMKM yang sedang merintis bisnis, sehingga dengan keterbatasan dana usaha, mereka masih bisa bangkit di tengah pandemi.

  • Hendra Suhendra 4:35 pm 12 September 2021 Balas

    Ngerasain banget saat pandemi gini kalo nggak punya financial planning yang matang. Itulah salah satu manfaat ketika kita punya rencana keuangan yang matang, agar siap menghadapi segala kondisi, termasuk saat pandemi seperti ini.

    BTW, saya baru dengar nih aplikasi Moxa. Masih terhitung baru ya Mas?

    • Wahid Priyono 7:59 am 13 September 2021 Balas

      Iya betul kak, misalnya juga kita harus menyiapkan dana darurat, dana kebutuhan harian, dll ya kak, betul sih kak ini gak boleh diabaikan. Asuransi kesehatan selama pandemik juga penting sih menurut hemat saya karena jika sewaktu2 kondisi tubuh tidak sehat akan semakin mudah dalam pengurusannya. Yups kak, Moxa tahun 2020 saja sudah ada kak, hehe. Silakan bisa cek disini ya kak untuk informasi tentang Moxa >> https://www.moxa.id/

  • Fenni Bungsu 5:13 pm 12 September 2021 Balas

    Bisnis yang dijalankan UMKM memungkinkan ada kendalanya, maka kebutuhan finansial yang memudahkan menjadi solusinya, sehingga mereka dapat berkembang dan bangkit di tengah pandemi ini

    • Wahid Priyono 7:55 am 13 September 2021 Balas

      Iya betul kak, ketersediaan finansial yang memadai dan mendukung rencana bisnis emang penting banget nih menurut saya. Karena itu seperti “nyawa” bagi bergeraknya roda bisnis. Apalagi ini sedang pandemik ya, mudah2an pelaku UMKM bisa terus bangkit dan semangat untuk adaptif dengan keadaan agar kembali pulih.

  • nyi Penengah Dewanti 5:49 pm 12 September 2021 Balas

    pembayaran apaa aja bisa ya di Moxa, keren banget ini sih gebrakan untuk umkm agar makin memudahkan mengelola keuangan ya kak

    • Lithaetr 6:29 am 13 September 2021 Balas

      Pengelolaan keuangan buat pelaku bisnis, khususnya UKM/UMKM penting. Kalau ada platform yang lengkap enak ini. Penasaran sama rasa es teler AA-nya. Sukses ya mas Wahid, berkah selalu.

      • Wahid Priyono 7:45 am 13 September 2021 Balas

        Iya kak Litha, Aplikasi Moxa ini bisa jadi pilihan tepat bagi pelaku UKM/UMKM untuk pertumbuhan bisnis mereka dengan melakukan peminjaman untuk modal usaha.

    • Wahid Priyono 7:53 am 13 September 2021 Balas

      Iya betul kak Nyi, gebrakan Astra Financial dengan menciptakan platform Moxa Super App Andal ini patut diapresiasi karena mampu mencoba berinovasi untuk membuat pelaku usaha/UMKM terus makmur sehingga bisa mendapatkan peminjaman modal usaha dengan mudah dan cepat.

  • Mutia Ramadhani 6:48 pm 12 September 2021 Balas

    Moxa itu platform yang udah terintegrasi ya. Gak kayak spesifik ke asuransi kendaraan doang misalnya, soalnya kan Astra ciri khasnya tuh kendaraan. Ternyata bisa sekalian asuransi jiwa juga ya di sini.

    • Wahid Priyono 7:52 am 13 September 2021 Balas

      Iya kak Mutia, di Moxa Super App Andal ini memang ada asuransi kesehatan, kendaraan, peminjaman modal usaha, perjalanan religi (umroh), dll. Lengkap kok isi aplikasi Moxa yang bisa mendukung aktivitas kita sehari-hari.

  • Muna Hidayat 10:30 pm 12 September 2021 Balas

    Bener juga sih.
    Jaman sekarang pinjol menjamur dan aduh.. banyak yang terjerumus.
    Tapi kalau mengajukan pinjaman ke Astra Financial agak adem lah ya, karena udah terpercaya sejak lama.

    • Wahid Priyono 7:48 am 13 September 2021 Balas

      Iya kak, Astra Financial memang sudah terpercaya sejak lama. Produk otomotifnya juga kan sudah banyak berkiprah di Indonesia. Nah, mereka sekarang meluncurkan aplikasi Moxa yang bisa dicoba untuk pelaku UKM/UMKM dalam menjalankan roda bisnis mereka, tentunya dengan peminjaman modal usaha. Mudah2an menguntungkan dan membantu bagi pelaku UMKM yang terpuruk saat pandemik COVID-19.

  • Bang Doel 11:44 am 13 September 2021 Balas

    Perencanaan keuangan bagi UMKM memang urgen banget harus dilakukan. Mudah-mudahan dengan bantuan kemudahan merencanakan keuangan dari MOXA, UMKM di Indonesia bisa tahan banting.

    • Wahid Priyono 11:58 am 13 September 2021 Balas

      Iya mas, saya pun berharap begitu, UMKM bisa berdikari di negeri sendiri, bisa bangkit dari pandemi dengan kemudahan layanan peminjaman modal usaha yang diberikan oleh Astra Financial melalui aplikasi Moxa ini.

Write a comment