Wahid Priyono

Bloger

Web Designer

Influencer

Freelancer

Teacher

Writer

Content Creator

Badminton Lovers

Wahid Priyono

Bloger

Web Designer

Influencer

Freelancer

Teacher

Writer

Content Creator

Badminton Lovers

#BlogPost

5 Alasan Kenapa Kamu Harus Gabung di Group WhatsApp BlogWalking Asik (BWA)

28 November 2021 Blogging
5 Alasan Kenapa Kamu Harus Gabung di Group WhatsApp BlogWalking Asik (BWA)

Kurang lebih baru hampir dua tahunan ini saya bergabung dan menjadi penghuni di group WhatsApp Blogwalking Asik (BWA). Group ini ceritanya dibentuk pada 20 November 2019 dan diprakarsai oleh kak Hani dan mbak Rini yang sudah lama melintang di dunia perbloggeran. Soal prestasi mereka sudah gak usah ditanya, ada banyak banget pokoknya. Setahuku mbak Rini ini selain ngeblog juga berkarir di bidang jasa penulisan artikel juga sering muncul ikutan lomba blog. Termasuk kak Hani Handayani juga seorang dosen di salah satu kampus di Bandung, serta selalu aktif ngeblog hingga sekarang.

Selain kedua narablog di atas, member (anggota) di BWA itu menurut saya karakternya unik-unik ya, dan tidak ada hari yang sepi di group tersebut. Pokoknya ada saja bahan perbincangan seputar blog, dll. Bahkan ada juga bahan ghibahan (*red) yang selalu asyik untuk diperbincangkan. Dan walaupun sering meng-ghibah (hehe) tapi jangan ditanya prestasi membernya wow banget, yakni mulai dari yang sering rajin menang lomba blog, juga banyak yang prestatif di luar kegiatan ngeblognya. Bahkan, tak pelit mereka jika harus berbagi ilmu dan info-info job didalam group.

Nah, berikut ini ada 5 alasan mengapa seorang blogger perlu bergabung di group WhatsApp BWA:

1. Banyak Ilmu Yang Didapat

Sejak pertama bergabung di group WhatsApp BWA hingga sampai saat ini, maka ada banyak sekali ilmu yang telah saya dapatkan seputar ngeblog hingga ajang kompetisi. Dulu saya nyaris tidak pernah ikut ajang kompetisi lomba blog, namun setelah bergabung di group tersebut saya jadi sering ikutan lomba blog walaupun jarang menang hehe.

Di group ini juga banyak narablog yang menurut saya punya keunikan sendiri dalam menggali dan melakukan kegiatan blogging. Dan hasil dari studycase mereka biasanya tidak pelit untuk disebarkan ilmunya di group.

Kadang juga di group ini sering mengadakan webinar seputar blogging, SEO, kompetisi lomba blog, dll dan narasumbernya diambil dari member di group BWA tersebut. Jadinya, semua saling berbagi ilmu dan memantik semangat peserta lain yang ada di group tersebut.

BACAAN LAINNYA:  13 Manfaat Menulis di Blog Agar Tetap Produktif dan Kreatif di Masa New Normal

2. Banyak Teman Yang Didapat

Di group BWA serasa kehidupan ngeblog makin bertenaga karena didukung banyaknya teman-teman di group BWA yang benar-benar peduli terhadap sesama narablog. Di group tersebut juga kita bisa menanyakan seputar kegiatan blogging yang kurang dikuasai dan biasanya jika ada member group lain yang paham pasti akan membalas kesulitan yang kita ajukan.

Selain itu, di group juga kita bisa saling mengenal semua blogger dari sabang sampai marauke dengan berbagai karakteristik uniknya masing-masing. Sebagai informasi bahwa group BWA ini setahuku membernya sudah mencapai 221 peserta dengan berbagai latarbelakang profesi, mulai dari dosen, guru, fulltime blogger, influencer, content writer, IRT, dll. Semua jadi satu bergabung. Pokoknya rame banget lho.

Dari kegiatan sharing, berbagi ilmu dll di group juga pastinya akan menambah pertemanan dan inilah yang tentunya akan menambah banyak rezeki juga.

Jujur ketika saya bergabung di group ini maka rezeki dari ngeblog juga semakin lancar, mungkin karena dari silaturahmi dan banyaknya ilmu yang didapat dari group ini. Aamiin.

3. Interaksi Positif dan Profesionalisme

Di group WhatsApp BWA saya mendapatkan banyak interaksi positif selama menjadi member disitu. Kedewasaan orang-orang disitu bisa dipertanggungjawabkan sebagai seorang blogger. Semuanya saling mendukung satu sama lain dalam ekositem perblogingan. Sebagai contohnya, setiap hari Senin, Kamis dan Sabtu diadakan kegiatan blogwalking+literasi ke situs/website teman-teman lainnya dengan terlebih dahulu menyantumkan nama dan link URL artikel yang hendak dikunjungi. Selain berkunjung, kita juga bisa memberikan komentar/tanggapan terhadap artikel teman lain yang ikut ngelist di kegiatan blogwalking tersebut.

Interaksi positif semacam blogwalking ini sebenarnya sangat bagus dan harus menjadi adat-istiadat di dunia perblogingan. Istilahnya setiap blogger itu harus berkawan sebanyak mungkin supaya semuanya saling mendukung dan meningkatkan pencapaian masing-masing ketika ngeblog.

BACAAN LAINNYA:  Pentingnya Belajar Ilmu SEO Dasar Bagi Seorang Bloger

Aura profesionalisme juga tercermin dari anggota group BWA dengan semakin banyaknya member yang sering menang kompetisi lomba menulis baik di tingkat daerah, nasional maupun internasional. Bahkan, di group ini juga banyak member yang sudah banyak menulis di kompasiana, mantan jurnalis media cetak dan lain sebagainya.

So, tidak ada ruginya untuk bergabung di group ini, karena kita pastinya akan bertemu dengan member yang memiliki latarbelakang kepenulisan yang menurut saya sudah di atas rata-rata. Bahkan, jika saya bandingkan dengan gaya menulis saya, mereka masih lebih baik dari saya, dan pastinya capaian mereka bisa menjadi penulis profesional pastinya karena sering dilatih dan tidak instan.

4. Kepekaan dan Kemampuan Menulis Semakin Bertambah

Kepekaan dan kemampuan menulis merupakan dua hal yang menurut saya tidak bisa terpisahkan. Jika misalnya orang sudah tidak peka untuk menulis, maka boro-boro ada tulisan yang tercipta, yang ada cuma kertas tanpa goresan.

Di group BWA saya selalu mendapatkan motivasi dan kepekaan hidup untuk menyampaikan narasi yang tersimpan di otak untuk dikembangkan menjadi bahan tulisan. Motivasi dan kepekaan itu muncul manakala ada member yang rajin menulis di blognya, sehingga saya pun harus bisa seperti dia.

Kepekaan menulis inilah yang sering membuat saya tidak telat untuk menelurkan semacam tulisan apapun itu di dalam blog saya. Jadi intinya saya semakin rajin untuk update blog walaupun tentatif tapi setiap pekannya pasti ada.

Kalau ditanya apakah ada tambahan kemampuan menulis ketika bergabung di group BWA. Tentu saja ada. Saya di group BWA menemukan banyak karakter blogger dalam menyampaikan argumen/opini dan pengalamannya di dalam blog. Saya sering membaca gaya tulisan mereka yang unik-unik, menarik, bahkan story telling-nya yang mengalir dan enak untuk dibaca. Jujur ya saya sampai sekarang saja masih belajar membuat tulisan yang kuat dari segi story telling-nya, tapi belum bisa maksimal karena yang ada tulisan seperti masih kaku dan gak fleksibel gitu.

BACAAN LAINNYA:  Pengalaman Ikut Lomba Blog

Tapi dari group BWA ini saya semakin terus melatih kebiasaan untuk rajin dan disiplin menulis, serta kemampuan menulis saya rasakan ada peningkatan dari waktu ke waktu.

5. Wawasan Semakin Bertambah

Ngeblog tanpa didukung blogger lain juga gak akan nikmat menurut saya. Di group BWA ini saya merasakan ada suntikan khusus bukan vaksin yang meracuni otak saya untuk terus tumbuh dan berkembang.

Banyak sekali wawasan dan sudut pandang berbeda yang didapat selama saya bergabung di group ini. Mulai dari latarbelakang kehidupan masing-masing blogger di group ini, cara bertutur kata setiap member, bahasan topik yang disampaikan di group, hingga hal-hal menarik dari apa yang didapat seorang blogger dari kegiatan ngeblognya itu.

Setelah saya bergabung di group BWA, saya jadi dapat intinya ngeblog ya begini ya harus bergabung dengan komunitas, menambah banyak relasi/teman, sehingga akan banyak ilmu dan wawasan yang didapatkan, sehingga ngeblog makin berisi dan hari-hari kita sebagai blogger semakin produktif dan pastinya rezeki juga akan semakin bertambah karena silaturahmi yang terjaga.

Terakhir dari tulisan saya ini, maka saya terus berdoa semoga group BWA ini membernya makin kompak “guyub”, semakin sehat wal afiat, rezeki semakin bertambah, makin saling support satu sama lain, tidak pelit untuk berbagi ilmu dan job hehe, serta semua pokoknya yang baik-baik ajalah. Aamiin.

Oya, untuk teman-teman blogger pemula yang ingin bergabung di grup WhatsApp BWA supaya mendapatkan banyak manfaat maka bisa komentar disini ya, nanti insya Allah akan saya kontak/izin ke mbak Rini/kak Hani supaya bisa dimasukkan ke dalam group tersebut.

Taggs:
4 Comments
  • Hendra Suhendra 10:17 am 1 Desember 2021 Balas

    Yes, betul banget Mas. Saya juga udah cukup lama join, tapi nggak tau kapan tepatnya. Diundang sama Rini blogger femes itu lho. Banyak banget wawasan baru di dunia blog dan permasalahan lainnya selalu ramai saja dighibahin, hehehe…. Eh nama Mas Wahid juga kan sering muncul di group sebagai pemenang lomba blog dong….

    • Linimasaade 4:29 pm 9 Desember 2021 Balas

      Poin-poinnya benar banget Mas. Udah ilmunya daging, relasi oke, wawasan apalagi selalu up to date. Yang paling penting selalu ingin belajar terus.

  • Sitatur R 12:39 pm 1 Desember 2021 Balas

    Memang ya mas,kalau kita tergabung di suatu komunitas baik lewat WA ataupun lain nya akan banyak dampak positif.
    Apalagi kalau di group tersebut bisa saling sharring ilmu

  • Susindra 9:10 pm 1 Desember 2021 Balas

    Grup Blogwalking memang menawarkan keakrabn dan kesempatan berkembang bersama. Warganya tak pernah sayang berbagi ilmu.

Write a comment