Wahid Priyono

Bloger

Web Designer

Influencer

Freelancer

Teacher

Writer

Content Creator

Badminton Lovers

Wahid Priyono

Bloger

Web Designer

Influencer

Freelancer

Teacher

Writer

Content Creator

Badminton Lovers

#BlogPost

10 Manfaat Guru Menerapkan Media dan Model Pembelajaran Saat Mengajar di Kelas

4 November 2023 Edukasi
10 Manfaat Guru Menerapkan Media dan Model Pembelajaran Saat Mengajar di Kelas

Di era pertumbuhan dan perkembangan teknologi yang semakin meningkat pesat, maka seorang guru terus dituntut untuk bertransformasi secara digital, setidaknya di dalam kegiatan pembelajaran di kelas, maka seorang guru harus menerapkan media serta model pembelajaran.

Media pembelajaran merupakan pendukung kegiatan belajar mengajar di kelas. Bisa dikatakan bahwa media pembelajaran adalah alat bantu, sumber pendukung atau sebuah cara agar pembelajaran di kelas semakin menyenangkan.

Beberapa media pembelajaran yang bisa digunakan guru untuk menarik siswa untuk belajar misalnya berbasis power point, media poster, video animasi, kahoot, video pembelajaran, media belajar menggunakan tipe game online, media audio, infografik, dan lain sebagainya.

Praktikum Biologi di Lab Biologi SMA Yadika Natar Lampung Selatan

Sementara itu, untuk model-model pembelajaran yang bisa digunakan oleh guru dalam kegiatan pembelajaran di kelas misalnya adalah Project Based Learning (PjBL), Problem Based Learning (PBL), inkuiri, Discovery Learning, Team Game Tournament (TGT), Student Teams Achievement Division (STAD), dan masih banyak yang lainnya.

Semua media dan model pembelajaran di atas sebaiknya digunakan atau dicoba guru saat mengajar, sehingga guru akan memahami karakteristik siswa dan melihat model dan media apa yang paling cocok diterapkan oleh guru pada satuan pendidikan tertentu. Selain itu, beberapa manfaat, fungsi atau keuntungan dan kegunaan jika guru menggunakan model dan media pembelajaran diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Pembelajaran lebih menarik dan menyenangkan karena ada media yang ditampilkan baik itu media audio, visual, maupun audio-visual, dan sejenisnya;
  • Pembelajaran di kelas semakin lebih terarah;
  • Efisiensi waktu pembelajaran agar tepat pada porsinya;
  • Mempermudah guru dalam menyajikan materi dan juga tugas-tugas kepada siswa;
  • Siswa menjadi lebih aktif sehingga tidak gampang bosan karena semua waktu belajar menggunakan semua organ tubuh, lebih dinamis dan tidak pasif/tidak diam saja;
  • Siswa menjadi lebih antusias, serta memiliki sikap tanggungjawab penuh terhadap tugasnya;
  • Membuat siswa semakin kreatif dan inovatif;
  • Siswa menjadi lebih up to date tentang IPTEK terbaru di dunia pendidikan;
  • Membuat siswa lebih berpikir kritis dan mampu memberikan sebuah solusi terhadap permasalahan yang mucul di sekitar mereka;
  • Penggunaan media dan model pembelajaran dari beberapa penelitian juga mengungkapkan dapat meningkatkan motivasi belajar, melatih kreativitas siswa, serta mampu meningkatkan hasil belajar siswa.

Tentunya, semakin berkembangnya IPTEK, maka baik model maupun media pembelajaran akan terus berkembang dari waktu ke waktu, sehingga para guru harus siap untuk terus belajar, berinovasi, serta mau bertransformasi secara digital sehingga ke depannya akan menjadi guru yang lebih profesional. Dengan begitu, maka siswa akan memperoleh pembelajaran berkualitas dari guru berkualitas.

Terima kasih sudah menyimak ulasan singkat ini, semoga materi ini bermanfaat untuk kita semuanya, aamiin.

Taggs:
Write a comment