Wahid Priyono

Bloger

Web Designer

Influencer

Freelancer

Teacher

Writer

Content Creator

Badminton Lovers

Wahid Priyono

Bloger

Web Designer

Influencer

Freelancer

Teacher

Writer

Content Creator

Badminton Lovers

#BlogPost

Mengenal Pendidikan Profesi Guru (PPG) Dan Bagaimana Cara Untuk Mengikutinya?

31 Agustus 2023 Edukasi
Mengenal Pendidikan Profesi Guru (PPG) Dan Bagaimana Cara Untuk Mengikutinya?

Mengikuti program Pendidikan Profesi Guru (PPG) Dalam Jabatan bagi saya adalah sesuatu hal yang bisa dibilang cukup kompleks tantangannya, namun harus dicoba khususnya bagi guru yang ingin mendapatkan sertifikat pendidik (Serdik).

Jika seseorang telah mengikuti PPG dan lolos, maka akan mendapatkan Serdik, dan menandakan bahwa guru yang bersangkutan sudha tersertifikasi, telah dianggap sebagai guru profesional.

Untuk mendapatkan serdik, tentu para guru harus mengikuti PPG yang telah dibukan pendaftarannya secara rutin setiap tahunnya. Biasanya dalam setahun, untuk pembukaan pendaftaran PPG ini bisa lebih dari 3x (kalau seingat saya), dan bisa ditempuh melalui PPG Dalam Jabatan maupun PPG Prajabatan (bagi lulusan baru dari Perguruan Tinggi Negeri maupun Perguruan Tinggi Swasta).

Alhamdulillah, saya sendiri sudah mengikuti PPG Dalam Jabatan sejak tahun 2022 lalu, dan baru dinyatakan lulus UKMPPG (Ukin maupun UP) pada tanggal 11 Agustus 2023. Dan Insya Allah saat ini saya dan kawan-kawan PPG Dalam Jabatan Kategori 1 Gelombang 2 Tahun 2022 tinggal menunggu penerbitan Serdik dan Nomor Registrasi Guru (NRG) yang sebentar lagi akan saya dapatkan.

Berbicara tentang mendapatkan Sertifikat Pendidik ini tidak gampang rupanya. Kita harus mengikuti pretest di awal untuk menentukan apakah kita akan lanjut atau mengulang test kembali. Jika kita lulus pretest awal, maka akan lanjut ke kuliah PPG dan selanjutnya juga ada post test, dimana kita sebagai mahasiswa PPG akan mengikuti ujian UKMPPG berupa UKIN dan UP. Jika kita lolos UKMPPG, barulah kita akan mendapatkan Sertifikat Pendidik.

Perkuliahan PPG Daljab 2022 Prodi/Jurusan Biologi dengan Dosen Unkhair Pak Ilham Majid.
Perkuliahan PPG Daljab 2022 Prodi/Jurusan Biologi dengan Dosen Unkhair Pak Ilham Majid.

Btw, dalam perjalanan mengikuti PPG Dalam Jabatan, setidaknya saya membutuhkan waktu sekitar setahun lebih, padahal jadwal yang diberikan untuk menempuh kuliah hanya 3-4 bulan. Mengapa PPG di zaman saya bisa lebih dari setahun? jawabannya karena banyak sekali hal-hal urgent yang sering dilakukan oleh Kemendikbud, misalnya penundaan jadwal pengumuman maupun test UKMPPG dan lainnya, sehingga waktunya sering mundur, tidak sesuai jadwal yang telah disepakati di awal.

BACAAN LAINNYA:  Bersyukur Rangkaian Kegiatan Kuliah PPG Daljab Telah Usai. Sertifikat Pendidik Saya Sudah Sampai Di Rumah

Namun, alhamdulillah, rasa lega dalam hati dan hilang semua beban, dan semua jerih payah telah dibayar lunas, dengan dinyatakannya saya Lulus UKMPPG. Itu artinya bahwa Sertifikat Pendidik (Serdik) sebentar lagi akan saya dapatkan.

Wahid Priyono Lulus UKMPPG 2023
Wahid Priyono Lulus UKMPPG 2023

Btw, saya ucapkan terimakasih untuk semuanya yang telah mendukung saya dalam setiap langkap persiapan maupun perjalanan ketika saya menempuh perkuliahan PPG Dalam Jabatan dengan sebaik mungkin. Sekali lagi, terimakasih banyak.

Taggs:
Write a comment