Wahid Priyono

Bloger

Web Designer

Influencer

Freelancer

Teacher

Writer

Content Creator

Badminton Lovers

Wahid Priyono

Bloger

Web Designer

Influencer

Freelancer

Teacher

Writer

Content Creator

Badminton Lovers

#BlogPost

Tips dan Trik Lulus Seleksi Akademik (Pretest)Pendidikan Profesi Guru (PPG) Dalam Jabatan dan Prajabatan

Tips dan Trik Lulus Seleksi Akademik (Pretest)Pendidikan Profesi Guru (PPG) Dalam Jabatan dan Prajabatan

Alhamdulillah pada tanggal 11 Agustus 2023 telah diumumkan hasil UKMPPG Dalam Jabatan dan saya dinyatakan lulus seleksi.

Itu artinya saya sudah menyelesaikan semua kegiatan PPG Dalam Jabatan dan tinggal menunggu sertifikat pendidik (Serdik) saya terima.

Wahid Priyono Lulus UKMPPG 2023
Wahid Priyono Lulus UKMPPG 2023

Dan sedikit berbagi pengalaman saja bahwa saya mengikuti kegiatan PPG sejak tahun 2022 sampai 2023. Saya termasuk angkatan PPG Gelombang 1 Kategori 2 tahun 2022.

Dan PPG Dalam Jabatan di angkatan saya termasuk yang paling lama, karena seringkali jadwal ditunda-tunda baik untuk pengumuman hasil pretest maupun ketika pelaksanaan kuliah maupun ujian UKMPPG sebagai penentu akhir kegiatan PPG.

Oya berikut ini saya bagikan tips/tirik/cara agar teman-teman bisa lulus seleksi akademik (pretest) PPG Dalam Jabatan maupun PPG Prajabatan:

  • Saat hendak mengikuti pretest PPG Daljab maupun Prajab maka segeralah cari kisi-kisi pretest PPG dari website resmi: https://ppg.kemdikbud.go.id/;
  • Setelah file PDF kisi-kisi pretest sesuai bidang mapel kita ketemu, maka selanjutnya baca dan pelajari satu persatu isinya. Jangan sampai ada yang terlewat;
  • Setelah semua kisi-kisi dipelajari dan dibaca, maka pastikan paham isi kisi-kisi tersebut. Jika tidak paham pada salah satu kisi, maka pelajari lagi hingga paham. Bisa cari sumber literatur/referensi dari internet, buku, dan jurnal agar semakin bagus belajarnya;
  • Jika semua sudah menguasai kisi-kisi, maka itu artinya kita sudah siap untuk ujian pretest;
  • Saran saya, sebaiknya fokus pelajari kisi-kisi saja jika ingin lulus pretest PPG (sampai matang). Dengan begitu saya yakin anda akan lulus pretest. Ingat jangan belajar di luar kisi-kisi yang diberikan karena justru akan menghabiskan waktu saja. Sebab peluang anda akan lulus pretest PPG sangat kecil;
BACAAN LAINNYA:  Contoh Pertanyaan dan Jawaban Uji Komprehenshif (UKOM) PPG Dalam Jabatan dan Prajabatan Lengkap, Selamat Belajar Guys :)

Untuk tips dan trik selengkapnya, bisa lihat pada video di bawah ini:

Semoga tips/trik dan video yang saya cantumkan pada artikel ini bermanfaat untuk bapak/ibu guru yang hendak mengikuti seleksi akademik/pretest PPG Dalam Jabatan maupun PPG Dalam Jabatan. Aamiin.

Taggs:
Write a comment