Wahid Priyono

Bloger

Web Designer

Influencer

Freelancer

Teacher

Writer

Content Creator

Badminton Lovers

Wahid Priyono

Bloger

Web Designer

Influencer

Freelancer

Teacher

Writer

Content Creator

Badminton Lovers

#BlogPost

Alhamdulillah, Saya Lulus UKMPPG Tahun 2023

16 Agustus 2023 Edukasi
Alhamdulillah, Saya Lulus UKMPPG Tahun 2023

Menjadi seorang mahasiswa Pendidikan Profesi Guru (PPG) Dalam Jabatan pada mata pelajaran Biologi di kampus Universitas Khairun (Unkhair) Ternate, Maluku Utara adalah kebanggan saya tersendiri.

Pertama, selama mengikuti perkuliahan PPG ini saya benar-benar senang karena semua biaya kuliah ditanggung oleh pemerintah, dalam hal ini oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbudristek).

Kuliah PPG Dalam Jabatan ini dilakukan kurang lebih selama 3 bulan, namun dalam proses pelaksanaannya memang banyak hal yang ditunggu, termasuk kapan orientasi mahasiswa, kegiatan perkuliahan, hingga pelaksanaan PPL, dan juga UKMPPG di akhir sesi kuliah.

Terhitung total waktu PPG Daljab yang saya lakukan dari awal seleksi berkas, pretest (seleksi akademik) hingga mengikuti UKMPPG dan pengumuman hasil kelulusan lebih dari 12 bulan.

Alhamdulillah, selama menjalani perkulihan PPG Daljab di kampus Unkhair ini berjalan dengan lancar walaupun dalam prosesnya masih banyak kekurangan yang perlu saya perbaiki di lain waktu.

Dan bertepatan pada hari Jumat, 11 Agustus 2023, secara resmi halaman website Kemdikbud menyampaikan pengumuman final hasil seleksi UKMPPG dan alhamdulillah saya lulus UKMPPG. (Lihat: https://ppg.kemdikbud.go.id/news/hasil-uji-kompetensi-mahasiswa-ppg-ukmppg-periode-ii-tahun-2023).

Dan setelah saya cek memang di Kampus Unkhair dimana saya melaksanakan PPG Daljab, ada sejumlah 108 mahasiswa yang tidak lulus UKMPPG 2023 ini. Bahkan saya ikut sedih juga karena ada beberapa teman satu angkatan PPG Biologi yang tidak lulus UKMPPG. Jadi mau tidak mau mereka harus mengulang untuk ikut Uji Pengetahuan (UP) maupun Uji Kinerja (UKin) melalui jalur Retaker.

Namun, berkat doa orang tua dan teman-teman semua, ketika saya cek kelulusan di situs https://ukm.ppg.kemdikbud.go.id/, maka nama saya dinyatakan Lulus UKMPPG.

Perasaan saya dan orang tua ketika melihat saya dinyatakan Lulus UKMPPG adalah sangat bangga sekali, dan saya sekarang posisinya tinggal menunggu kapan acara yudisium serta pembagian sertifikat pendidik (Serdik).

BACAAN LAINNYA:  12 Asas-Asas Bimbingan dan Konseling di Sekolah

Dengan menerimanya Serdik tersebut, tentu posisi saya sekarang diamanahkan oleh Allah melalui PPG ini yaitu menjadi guru profesional. Itu artinya saya harus benar-benar melaksanakan amanat UUD 1945, dimana harus siap untuk mencerdaskan anak bangsa melalui pendidikan yang bermutu.

Semoga saja saya sebagai guru bisa mengimplementasikan ilmu pengetahuan yang telah saya dapatkan selama ini di PPG, sehingga bisa secara profesional melaksanakan tugas mulia ini.

Taggs:
Write a comment