Wahid Priyono

Bloger

Web Designer

Influencer

Freelancer

Teacher

Writer

Content Creator

Badminton Lovers

Wahid Priyono

Bloger

Web Designer

Influencer

Freelancer

Teacher

Writer

Content Creator

Badminton Lovers

#BlogPost

Cara Menangani Siswa Atau Anak-Anak Yang Malas Belajar di Rumah Maupun di Sekolah

31 Agustus 2023 Edukasi
Cara Menangani Siswa Atau Anak-Anak Yang Malas Belajar di Rumah Maupun di Sekolah

Menjadi seorang pendidik, dalam hal ini saya sebagai seorang guru yang merupakan tempat sharing (berbagi) ilmu kepada siswa di sekolah tentunya menghadapi banyak sekali karakter mereka yang unik.

Saya menemukan berbagai macam karakter siswa, mulai dari karakter yang biasa sampai yang luar biasa.

Sepemahaman saya bahwa, sebenarnya siswa yang datang ke sekolah itu adalah siswa dengan karakteristik dan latar belakang tertentu, serta ke sekolah ternyata mereka membawa masalahnya mereka masing-masing.

Ada anak yang cenderung pendiam saat di kelas, sangat hiperaktif, ramah dengan siapa saja, murah senyum, rajin, dan seterusnya.

Saya tidak pernah menganggap dan meremehkan siswa dengan mengecap siswa pemalas, kurang pintar dan seterusnya. Sebenernya mereka itu adalah produk unggul ciptaan Tuhan yang mungkin melalui tangan-tangan kita sebagai guru, masa depan mereka akan lebih baik.

Btw, ngomongin soal siswa malas belajar di rumah maupun di sekolah, sebenarnya konteks masalahnya bisa dilihat dari sisi siswa dan siapa yang mengajarnya.

Mengajar siswa yang malas belajar adalah tantangan tersendiri bagi seorang pendidik. Dan tidak banyak pendidik yang mau mengajari atau sharing dengan siswa pemalas.

Justru tugas seorang guru yang mau menangani siswa bermasalah menjadi siswa yang lebih baik adalah suatu hal yang sangat luar biasa.

Cara menangani siswa yang cenderung tidak ada keinginan untuk belajar, biasanya saya melakukan beberapa pendekatan seperti:

  • Memanggil siswa tersebut secara personal di ruang guru dan menanyakan terkait masalah mereka. Hal ini penting untuk mendiagnosa dan mengetahui secara pasti alasan terkait masalah mereka tersebut;
  • Menanyakan hal yang mereka sukai selama belajar, gaya belajar dan model belajar yang mereka inginkan. Kita bisa memberikan angket tanggapan mereka tentang proses pembelajaran;
  • Berikan motivasi, sanjungan, arahan dan juga sentuhan personal secara humanis melalui cara-cara yang mendidik supaya mereka mau belajar;
  • Berikan ice breaking selama kita mengajar, bisa di awal pelajaran, di tengah maupun di akhir kegiatan pembelajaran di kelas supaya mereka tidak jenuh;
  • Buat sistem belajar yang bervariatif. Gunakan model-model pembelajaran abad ke-21 yang lebih menuntut pada komunikasi, kolaborasi dan berpikir kritis;
  • Adakan pembelajaran dengan game turnament (model pembelajaran TGT);
  • Sesekali lakukan pembelajaran di luar kelas agar lebih seru.
BACAAN LAINNYA:  ICAN Education, Lembaga Kursus Bahasa Inggris Online Terpercaya di Indonesia

Nah, itulah beberapa cara yang saya lakukan untuk menangani siswa yang terkadang cenderung malas untuk belajar. Bukan berarti mereka malas, cuma belum cocok saja mereka dengan gaya mengajar kita. Maka dari itu, penting memberikan gaya belajar yang berbeda setiap waktunya saat di kelas.

Oya mungkin teman-teman pendidik (guru) yang baca tulisan ini ada alternatif cara untuk menangani siswa malas belajar baik di rumah maupun di sekolah. Bisa tolong bagikan pengalamannya pada kolom komentar di bawah ini. Terimakasih banyak.

Taggs:
Write a comment