Wahid Priyono

Bloger

Web Designer

Influencer

Freelancer

Teacher

Writer

Content Creator

Badminton Lovers

Wahid Priyono

Bloger

Web Designer

Influencer

Freelancer

Teacher

Writer

Content Creator

Badminton Lovers

#BlogPost

Pengalaman Beli Ban di Planet Ban dan Bagaimana Cara Merawat Motor Matic Agar Tetap Berperforma Bagus

14 Desember 2022 Otomotif

Seorang teman saya, sebut saja namanya Rizki tiba-tiba mengirim pesan WhatsApp ke saya, yang kira-kira isinya seperti ini:

“Hid (nama sapaan saya), tolongin saya sih !, beliin ban di Planet Ban yang waktu itu pas sama kamu ganti ban di Natar (sebuah nama kecamatan di Lampung Selatan) !”

Saya pun langsung mengiyakan bahwa saya menyanggupi permintaan dia untuk membelikan ban di Planet Ban di daerah Natar yang merupakan tempat saya tinggal.

Motor vario punya teman saya yang sering ganti ban di Planet Ban.

Sesampainya di Planet Ban Natar, kemudian saya dilayani oleh dua orang yang sangat ramah. Bahkan sempat menanyakan jenis dan tipe ban apa yang mau dibeli?, serta untuk jenis motor apa?” katanya.

Lalu saya menjawab ke dua orang petugas di Planet Ban tersebut, bahwa ban motor yang saya akan beli ini untuk ban belakang dan depan, jenis motor matic Vario 125 cc. Dengan rincian ban yang saya beli di Planet Ban adalah sebagai berikut:

  • Diablo Rosso 90190-14 (harga Rp. 357.000);
  • Diablo Rosso 80190-14 (harga Rp.320.000).

Jadi total saya beli ban depan dan ban belakang di atas adalah Rp.677.000,-.

Dokumen pribadi: Nota Bukti Beli Ban di Planet Ban Natar, Lampung Selatan.

Setelah membeli ban itu, maka teman saya itu (Rizki) meminta saya untuk mengirimkan ban itu melalui jasa kirim paket melalui BUS Jurusan Rajabasa ke Kotabumi (Lampung Utara), dimana tempat dimana teman saya tinggal. Jadi setelah saya membeli ban, langsung ban itu saya kirim ke Kotabumi melalui jasa paket bus.

Sore itu, setelah beberapa waktu menunggu bus lewat, akhirnya datang juga bus Jurusan Kotabumi yang saya incar. Langsung saja saya melambaikan tangan, dan benar bus itu berhenti. Lalu saya tanya ke kenek mobil, apa bisa membawa paket ban ini ke Kota Bumi, kemudian sang kenek menjawab bisa. Oke deh langsung saja ban tersebut diambil kenek kemudian dimasukan pada bagasi belakang bus.

BACAAN LAINNYA:  Ingin Memiliki Mobil Impian? Pelajari Cara Mengambil Kredit Mobil Bekas dengan Cerdas dan Efisien

Sang kenek kemudian meminta uang untuk biaya pengiriman paket ban ke Kotabumi sebesar Rp.25ribu, langsung aja saya kasih. Lalu sang kenek bus juga meminta saya untuk mencatat nomor HP beliau, dan memfoto nomor plat bus tersebut. Semua saya lakukan, untuk memvalidasi bahwa semuanya telah beres dan aman.

Teman saya ini meminta saya membelikan ban motor di Planet Ban karena menurutnya harganya cukup terjangkau, pelayanannya oke, dan juga produk yang dijual original. Setahu saya juga para petugas di Planet Ban ini juga berasal dari para teknisi profesional, serta beberapa yang saya temui berasal dari lulusan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Bahkan beberapa cabang juga ada yang dari lulusan Perguruan Tinggi (PT). Jadi soal kwalitas sumber daya manusianya juga tidak perlu diragukan lagi.

Di Kota Bumi (Lampung Utara), untuk Planet Ban belum buka cabang disana. Jadi kebetulan kalau teman saya itu maen ke rumah saya di Natar (Lampung Selatan), biasanya dia sekalian ganti ban di Planet Ban, service kendaraan, dan lain sebagainya. Ya, saya melihat pasti dia setidaknya sekaligus beli ban cadangan di Planet Ban.

Mengapa sih harus service kendaraan/ganti ban di Planet Ban?

Planet Ban.

Menurut teman saya, ada beberapa alasan mengapa penting sekali melakukan perawatan (service kendaraan) di Planet Ban karena beberapa hal seperti:

  • Sama halnya seperti organ tubuh manusia, bagian properti/mesin di kendaraan juga butuh dirawat supaya performanya bagus, ngacir saat dibawa berkendara, dan juga menghindari kekonsletan pada mesin yang bisa membahayakan bagi pengendara di jalan raya;
  • Pelayanan petugas/teknisi di Planet Ban sangat ramah, bahkan saat datang saja langsung ditanya terkait keluhan kendaraan dll;
  • Servicenya memuaskan;
  • Harga cukup terjangkau dengan kualitas tidak main-main. Barang yang dijual, misalnya ban yang dibeli teman saya saja variasinya banyak sesuai jenis motor, serta barang original;
  • Bukan ban tiruan yang dijual, semuanya setahu saya original langsung dari pabriknya;
  • Kata temen saya juga bannya juga awet, mungkin karena original itu kalik ya? hehe.
BACAAN LAINNYA:  Ini Dia Biaya Mengganti Kaca Mobil Pecah

Oya sepengetahuan saya juga bahwa penting banget lho kita melakukan perawatan motor/kendaraan (check up service) secara berkala, mulai dari cek komponen baut, busi, cek kondisi oli mesin, ban, rem, radiator coolant, aki, filter udara, v-belt/gear set, roller, slider, oil seal, pulley depan/belakang, kampas kopling, bearing CVT, reset ECU, dan lain sebagainya.

Nah, berikut ini cara merawat motor matic agar tetap berperforma bagus:

  • Ganti ban secara berkala, biasanya tiap 6 bulan sekali sudah cukup;
  • Periksa komponen penting misalnya rem, ban, aki, baut, busi, dll;
  • Lakukan pemanasan motor matic beberapa menit sebelum dipakai;
  • Memastikan bahwa air radiator serta oli mesinnya masih berfungsi dengan baik.

Untuk oli sendiri menurut saya sangat penting bagi kendaraan karena sebagai pelumas, sebagai pendingin motor, mencegah kebocoran gas, sebagai suku cadang serta mencegah kerusakan pada komponen mesin lainnya.

Nah, untuk motor matic sendiri, ada beberapa jenis oli motor matic yang sangat rekomended untuk dicoba antara lain:

  • X-TEN 10W30 MATIC 0.8L
  • X-TEN DOUBLE ESTER PREMIUM SPORT 4T SAE 10W 40 0.2L
  • X-TEN DOUBLE ESTER PREMIUM SPORT 4T SAE 10W 40 1L
  • X-TEN OLI GEAR MATIC
  • X-TEN DOUBLE ESTER MATIC 10W40 900ML
  • X-TEN DOUBLE ESTER MATIC 10W30 800ML
  • X-TEN 10W40 MATIC 0.8L

Anda bisa mencoba membeli jenis oli di atas di https://planetban.com/. Dengan membeli oli di Planet Ban di daerah terdekat anda, maka merawat motor matic jadi lebih gampang dan mudah bukan?

Taggs:
Write a comment