Wahid Priyono

Blogger

Web Designer

Freelancer

Teacher

Writer

Content Creator

Badminton Lovers

Wahid Priyono

Blogger

Web Designer

Freelancer

Teacher

Writer

Content Creator

Badminton Lovers

#BlogPost

Penilaian Ranah Psikomotorik Siswa Dalam Kegiatan Pembelajaran

6 Desember 2020 Edukasi

Ranah psikomotor merupakan ranah yang berkaitan dengan keterampilan (skill) atau kemampuan bertindak setelah seseorang menerima pengalaman belajar tertentu. Ranah psikomotor adalah ranah yang berhubungan dengan aktivitas fisik, misalnya menggambar bentuk spesies yang diamati melalui mikroskop, melukis, menari, berenang, memanjat, menggambar, mendesain, membuat video, membuat audio visual, bernyayi, dan lain sebagainya.

Intinya bahwa dalam penilaian ranah psikomotorik ini, maka seorang guru harus menilai secara utuh sesuai bakat-bakat yang dimiliki oleh setiap siswa. Karena pada dasarnya setiap siswa itu dilahirkan unik dan berbeda dari siswa yang lainnya.

Hasil belajar ranah psikomotor dikemukakan oleh Simpson (1956) yang menyatakan bahwa hasil belajar psikomotor ini tampak dalam bentuk keterampilan (skill) dan kemampuan bertindak individu. Hasil belajar psikomotor ini sebenarnya merupakan kelanjutan dari hasil belajar kognitif (memahami sesuatu) dan dan hasil belajar afektif (yang baru tampak dalam bentuk kecenderungan-kecenderungan berperilaku).

Hasil belajar kognitif dan hasil belajar afektif akan menjadi hasil belajar psikomotor apabila peserta didik telah menunjukkan perilaku atau perbuatan tertentu sesuai dengan makna yang terkandung dalam ranah kognitif dan ranah afektif.

Sumber Referensi:

(1). Hartono. 2003. Pengantar Sosiologi. Bandar Lampung : Universitas Lampung.

(2). Ihsan, fuad. 2008. Dasar – Dasar Kependidikan. Jakarta : Rineka Cipta.

(3). Nasution. 2008. Berbagai Pendekata dalam Proses Belajar dan Menagajar. Jakarta : Bumi Aksara.

Taggs:
Write a comment