Wahid Priyono

Bloger

Web Designer

Influencer

Freelancer

Teacher

Writer

Content Creator

Badminton Lovers

Wahid Priyono

Bloger

Web Designer

Influencer

Freelancer

Teacher

Writer

Content Creator

Badminton Lovers

#BlogPost

Pentingnya Transformasi Digital Bagi Pelaku Bisnis UMKM

Di era masyarakat society 5.0 atau super smart society (society 5.0), maka kebutuhan manusia akan teknologi dan komunikasi semakin berkembang pesat. Kita mengenal adanya teknologi internet, aplikasi digital seperti yang sering kita instal dari Google Playstore, teknologi penyimpanan data cloud, big data, kecerdasan buatan (Artificial Intelligence), dan lain sebagainya tersebut sangat dibutuhkan pada bidang karir di dunia profesional.

Mengutip sedikit dari halaman Ditpsd Kemdikbud, bahwa era society 5.0 adalah masyarakat yang dapat menyelesaikan berbagai tantangan dan permasalahan sosial dengan memanfaatkan berbagai inovasi yang lahir di era Revolusi industri 4.0 seperti Internet on Things (internet untuk segala sesuatu), Artificial Intelligence (kecerdasan buatan), Big Data (data dalam jumlah besar), dan robot untuk meningkatkan kualitas hidup manusia. Society 5.0 juga dapat diartikan sebagai sebuah konsep masyarakat yang berpusat pada manusia dan berbasis teknologi.

Ilustrasi era Society 5.0, sumber gambar: RDK FM UNJ

Di era society 5.0 ini, maka kita juga sebagai bagian dari masyarakat harus mampu mengikuti perkembangan IPTEK dengan bijak, serta memanfaatkannya untuk hal-hal penting/positif yang dapat mempermudah semua aktivitas kita sehari-hari.

Saking pentingnya IPTEK dalam mempermudah aktivitas kita, maka sudah semestinya kita harus mulai beralih dari pemanfaatan teknologi yang masih konvensional/tradisional menuju teknologi digital yang mutakhir, ya semacam pemanfaatan Artificial Inteligence (AI), IOT, big data dan lain sebagainya. Selain itu, menjaga keamanan data-data perusahaan/bisnis juga sangat penting karena walau zaman sudah era digital tapi kita juga harus menjaganya dari tangan-tangan usil (hacker) yang mencoba merusak reputasi bisnis yang sedang dijalankan. Cara-cara ini merupakan proses yang kita kenal sebagai transformasi digital.

Apa Itu Transformasi Digital?

Transformasi digital merupakan pengunaan teknologi untuk mentransformasi proses analog menjadi digital. Di era serba modern saat ini aktivitas manusia pastinya semakin beragam, dan tentunya tak pernah lepas dari pemanfaatan teknologi digital untuk mendukung setiap pekerjaan yang dijalani.

Untuk Apa Transformasi Digital?

Tranformasi digital sudah semestinya dipakai dalam mendukung setiap aktivitas yang kita lakukan sehari-hari. Di perusahaan-perusahaan besar dan bidang karir profesional saat ini pemanfaatan transformasi digital begitu penting karena bisa menjadi faktor penentu dari beberapa hal seperti:

#1. Keberlangsungan Perusahaan/Badan Usaha

Transformasi digital merupakan investasi jangka panjang yang menjadi jalan bagi perusahaan/badan usaha tersebut menjadi lebih mudah dan murah. Salah satu contohnya adalah pemanfaatan data analaysis. Walaupun semuanya menjadi lebih efisien, namun seorang IT leaders harus berani mengambil tindakan tegas dalam memanage masalah-masalah perusahaan yang berujung pada hancurnya perusahaan/badan bisnis yang sedang dijalankan karena saat ini cyber attack dan pencurian data-data pokok perusahaan semakin mudah dilakukan di era digital.

BACAAN LAINNYA:  Dapatkan yang Terbaik, Inilah Tips Memilih Advertising Agency Indonesia!

#2. Efektivitas Operasional Perusahaan/Badan Usaha

Dengan transformasi digital maka efektivitas operasional perusahaan/badan usaha akan semakin gampang dan terarah dimana teknologi konvensional termakan zaman telah ditinggalkan dan pada akhirnya diganti dengan teknologi automasi. Pada kenyataannya, teknologi automasi ini sangat berperan penting dalam pengendalian dan ketangkasan suatu bisnis, selain itu juga menjadi sahabat bagi para chief information officer (CIO). Pengendalian bisnis yang juga termasuk penyediaan produk berkualitas yang konsisten, serta dibarengi efisiensi operasional tanpa atau sedikit sekali penambahan biaya. Pun terdapat anggaran/biaya yang cukup signifikan, maka hal tersebut tergolong investasi jangka panjang bagi sebuah perusahaan. Jadi, “mau tidak mau” perusahaan akan segera bertransformasi. Jika pada akhirnya akan keluar biaya juga, selagi mampu mengapa tidak bertransformasi dengan segera?

Selain dari automasi, proses digitalisasi (proses pengubahan informasi dari analog menjadi digital) juga begitu penting untuk mencari, membagi, serta menganalisa data. Contohnya pada customer service, dimana digitalisasi ini mampu mempermudah akses ke data pelanggan lewat komputer/PC/laptop.

#3. Peningkatan Customer Experience

Terjadinya perubahan internal perusahaan/badan usaha dari cara-cara tradisional menuju cara digital (pada point #1 dan #2) di atas maka pastinya akan mengubah sudut pandang perusahaan/badan usaha menjadi lebih baik. Tidak hanya sebatas ini, sudah pasti akan berdampak pada pengalaman pelanggan (customer experience).

Calon pelanggan akan semakin nyaman dan mudah dalam menggunakan fitur/produk/jasa perusahaan karena semuanya sudah tercover dengan basis teknologi digital yang dapat diakses dengan mudah oleh pelanggan tanpa batas waktu. Pelanggan bisa menggunakan, memanfaatkan, atau membeli produk/jasa perusahaan secara bebas, kapan saja, dimana saja tanpa ada batasan ruang dan waktu.

Namun yang terpenting dari sebuah perusahaan untuk meningkatkan pengalaman pelanggan yaitu kejujuran dari sebuah perusahaan dalam menjual produk/jasa mereka. Dengan memegang teguh kejujuran dan profesionalisme sebuah perusahaan maka bisnis akan semakin cepat tumbuh dan berkembang.

Pentingnya Transformasi Digital Bagi Pelaku Bisnis UMKM

Tidak hanya bagi pelaku bisnis/badan usaha besar yang melakukan transformasi digital akan tetapi bagi pelaku bisnis Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), maka transformasi digital itu sangat penting.

UMKM adalah produk pilar ekonomi bangsa yang harus kita dukung untuk terus tumbuh dan berkembang karena secara tidak langsung bisa meningkatkan inklusi keuangan kita. Indonesia sendiri (berdasarkan grafik di atas) menempatkan posisinya di urutan teratas di Asia sebagai negara dengan konsentrasi UMKM tertinggi. Itu artinya bahwa banyak masyarakat kita yang semakin melek literasi keuangan, bisnis berbasis mikro-menengah, dan tugasnya saat ini perlu dimatangkan lagi melalui bimbingan/penyuluhan, kegiatan seminar-seminar bisnis baik secara online maupun offline, pendampingan usaha serta model pelatihan pemasaran produk/jasa menggunakan digital marketing, pelatihan pembukuan usaha maupun kegiatan-kegiatan produktif lainnya yang berguna bagi pengembangan skill, mentalitas bisnis, dan daya saing baik di level lokal maupun internasional.

Dan tentunya bagi setiap orang yang terlibat sebagai pelaku bisnis UMKM juga harus mengerti dan mau mencoba memanfaatkan teknologi digital yang ada. Walaupun demikian, terdapat framework yang perlu diperhatikan bagi pelaku bisnis/entrepreneur ketika hendak memulai transformasi digital, antara lain:

  • Customer experience;
  • Operational agility;
  • Budaya dan kepemimpinan;
  • Pemberdayaan tenaga kerja;
  • Integrasi teknologi digital;

Sebagai contohnya, ketika saya berbisnis bibit tanaman buah, maka saya memanfaatkan integrasi teknologi digital untuk pemasaran produk bibit saya. Saya bisa membuat website toko online yang mengcover semua produk bibit tanaman buah yang saya jual. Dari toko online ini, pastinya para pembeli akan langsung bisa melihat katalog produk, mengklik sebuah tombol call to action, sehingga pada akhirnya berpeluang untuk terjadi pembelian.

Selain membuat toko online, pemasaran produk yang bisa saya lakukan yaitu dengan memanfaatkan social media semacam facebook, instagram, tiktok, dan bahkan pernah saya beriklan di instagram/facebook ads. Semua cara-cara ini dilakukan dengan tujuan agar calon pembeli tahu akan tersedianya produk yang siapa tahu cocok dengan minatnya.

Transformasi digital ini penting sekali untuk dikuasai setiap penjual yang ingin terjadi pembelian secara berulang. Memperkenalkan produk adalah kuncinya. Jujur saja sebelum mengenal cara pemesaran digital, saya dulu berjualan bibit tanaman masih dari rumah ke rumah (door to door), atau hanya dari mulut ke mulut, dan alhasil masih kurang efektif hasilnya. Dan setelah bertransformasi dengan berjualan secara digital, hasilnya bisa jauh lebih baik. Itulah sekilas manfaat yang saya rasakan dengan transformasi digital untuk bisnis.

Manfaat lain dari pemanfaatan transformasi digital bagi pelaku bisnis UMKM antara lain:

  • Efisiensi kinerja dan produktivitas karyawan/pemangku kepentingan yang ada di suatu lembaga/perusahaan bisnis tertentu;
  • Hemat waktu, tenaga, dan anggaran yang bisa tertarget dengan jelas
  • Dapat memperkirakan/menganalisis tentang minat pelanggan;
  • Calon pembeli/target yang sesuai keinginan;
  • Kemungkinan terjadi pembelian berulang akan meningkat pesat;
  • Memudahkan calon pembeli dalam memilih produk/jasa yang mereka inginkan;
  • Pemilik badan usaha UMKM bisa mengevaluasi hasil omset yang didapatkan;
  • Keamanan data-data perusahaan bisa terekam secara digital dan pastinya lebih aman jika tahu cara yang semestinya dilakukan;
  • Teknologi digital berbasis kecerdasan buatan (AI) berdampak memudahkan pelaku binis/badan usaha dalam menjual produk. Bahkan website marketplace saat ini sudah banyak yang memanfaatkan teknologi digital AI.
BACAAN LAINNYA:  Kini Pembukuan Usaha UMKM Jadi Gampang Berkat Aplikasi Digital Accurate #BisaSantaiDeh

Melihat pentingnya transformasi digital tersebut, maka untuk mendukung rencana pemasaran bisnis yang tepat dan terarah sehingga tidak ada salahnya untuk para pelaku bisnis UMKM mencoba mengintegrasikan bisnisnya dengan memanfaatkan produk/jasa dari Widya Analytic.

Dengan menggunakan produk/jasa teknologi Widya Analytic untuk kepentingan bisnis perusahaan/badan usaha UMKM, maka alur perusahaan akan semakin jelas dan semakin terarah. Sebagai informasi bahwa tersedia beberapa produk unggulan dari Widya Analytic seperti:

  • Toba.AI merupakan platform social media monitoring yang saat ini memiliki dua social media platform yaitu Twitter dan Instagram. Pada tahun 2022 ini akan dikembangkan di media sosial TikTok, dan dikembangkan menjadi platform analisis jaringan media sosial;
  • TobaDATA merupakan praktik menggabungkan data dari sumber yang berbeda ke dalam satu kumpulan data dengan tujuan akhir menyediakan akses dan pengiriman data yang konsisten kepada pengguna di seluruh spektrum subjek dan jenis struktur, dan untuk memenuhi kebutuhan informasi semua aplikasi dan proses bisnis;
  • Toba Apps merupakan layanan pengembangan aplikasi untuk web dan seluler. Opsi untuk menggunakan kerangka kerja aplikasi dan teknologi yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan. Toba Apps juga melayani pengembangan sistem dan integrasi data untuk berbagai use case. Integrasi data ini dapat menggunakan berbagai metode dan platform, seperti Data Warehouse berbasis SQL, NoSQL, Big Data atau menggunakan sistem integrasi klasik;
  • Toba Algo merupakan layanan pengembangan algoritma berbasis kecerdasan buatan yang berfokus pada Natural Language Processing dan sistem rekomendasi yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan pengguna. Algoritma ini dapat digunakan sebagai mesin dari suatu aplikasi atau sistem yang terintegrasi;
  • Toba Labs merupakan layanan dari Toba yang mewadahi konsultasi, kolaborasi, dan akademi. Layanan ini berfokus pada pengembangan kecerdasan buatan berbasis NLP, sistem rekomendasi, big data, dan analisis data.

Oya, sebagai harapannya dengan para pelaku bisnis UMKM di Indonesia memanfaatkan produk/jasa teknologi Widya Analytic, maka semakin mempermudah ruang gerak pelaku UMKM dalam memasarkan bisnisnya sehingga produk bisnis akan semakin dikenal oleh banyak orang yang pada akhirnya akan meningkatkan omset bisnis. Selain itu, diharapkan bisnis akan terus tumbuh dan berkembang sesuai harapan dan tentunya dapat memperoleh cuan sebanyak-banyaknya. Sekian dan terima kasih.

Sumber Referensi:

  • About Widya Analytic. Tersedia secara online di situs https://widyaanalytic.com/#about.
  • The Entreprisers Project. (2020). What is digital transformation? Tersedia secara online di situs https://enterprisersproject.com/what-is-digital-transformation#q2.
  • Ditpsd Kemdikbud. Menyiapkan Pendidik Profesional Di Era Society 5.0, tersedia secara online di situs: http://ditpsd.kemdikbud.go.id/artikel/detail/menyiapkan-pendidik-profesional-di-era-society-50.
  • Persiapan Diri Hadapi Era Society 5.0, tersedia secara online di situs: http://rdk.fidkom.uinjkt.ac.id/index.php/2020/11/27/persiapkan-diri-hadapi-era-society-5-0/.
  • Oliver Wyman dalam World Bank tentang grafik comparison of number of micro, small, and medium enterprises across emerging Asian Countries.

Taggs:
19 Comments
  • Maria G 8:21 pm 21 Maret 2022 Balas

    setuju banget

    dengan transformasi digital, income UMKM akan naik berlipat kali

    sehingga mereka bisa membuat rencana jangka pendek dan rencana jangka panjang

  • Dian Restu Agustina 9:36 pm 21 Maret 2022 Balas

    Teknologi Widya Analytic akan membuat tumbuh kembang UMKM makin baik pastinya yaa..Tak hanya mempermudah ruang gerak pelaku UMKM tapi akan meningkatkan omset bisnis juga

    • Okti Li 11:23 pm 21 Maret 2022 Balas

      Widya Analytic ini baru nih buat saya. Jadi penasaran bagaimana nanti sistem kerjanya dalam membantu UMKM memasuki dunia digital secara nyata. Secara di kampung saya banyak pelaku UMKM masih gaptek

    • Taufiqur rahman 1:52 pm 22 Maret 2022 Balas

      Pemilik UMKM memang dituntut untuk melek teknologi alias mengikuti perkembangan transformasi digital.
      Dengan begitu ruang gerak dan kesempatan untuk berkembang semakin besar.
      Sudah saatnya pengembangan UMKM ditangani lebih serius…

  • Laila Dzuhria 7:24 am 22 Maret 2022 Balas

    Banyak manfaat yang disarankan oleh UMKM dengan transformasi digital, seperti meningkatkan efisiensi kinerja dan produktivitas, hemat tenaga, waktu, anggaran dan lain sebagainya

    • kaka-store 3:43 pm 22 Maret 2022 Balas

      Transformasi digital menjadi kebutuhan di masa sekarang dan mendatang karena skema digital menjadi bagian kehidupan, pun buat usaha

  • Bundamami Devi 11:29 am 22 Maret 2022 Balas

    Setuju banget, nih. Memang di era digital skrg gini, teknologi dapat membantu memajukan UMKM dan menghemat banyak sumber daya. Terima kasih insight-nya, Pak.

  • Susindra 1:15 pm 22 Maret 2022 Balas

    Kalau UKM mau go digital dan go global, Widya Analytic ini jadi salah satu sumber senjata yang ampuh untuk penetrasi pasar.

  • nurul afiati 2:44 pm 22 Maret 2022 Balas

    Transformasi digital mesti dilakukan oleh pelaku umkm saat ini, karena hasilnya lebih berdampak dibanding offline. Mudah²n yang belum paham dan pindah ke digital bisa teredukasi dan efektif untuk memajukan usahanya

  • Sugianto 3:04 pm 22 Maret 2022 Balas

    Tranformasi Digital tidakbisa dihindari, harus diikuti oleh semua pelaku UMKM, tujuannya agar bisa ikut melebarkan sayap dan memanfaatkan peluang yang lebih luas.

  • Yanti ani 3:35 pm 22 Maret 2022 Balas

    UMKM sekarang diperhatikan banget ya! Syukurlah, seneng kalau pedagang negri bisa maju. Semoga dengan transformasi digital ini UMKM bisa terus berkembang dan semakin efisien.

  • Shyntako 4:02 pm 22 Maret 2022 Balas

    transformasi digital ini kunci buat bisa memasuki era persaingan global yang serba digital, jadi pelaku umkm memang harus melek digital sih

  • Dian 5:27 pm 22 Maret 2022 Balas

    Iya dong
    Sekarang era digitalisasi
    Makanya semuanya harus beradaptasi
    Termasuk pelaku UMKM ini ya mas

  • Nanik Nara 6:59 pm 22 Maret 2022 Balas

    Setuju, pelaku UMKM pun harus memanfaatkan transformasi digital ini agar makin banyak masyarakat yang mengetahui produk yang dihasilkan. Kalau bingung, bisa pakai jasa dari Widya analytic ya

  • Palupi 2:44 am 23 Maret 2022 Balas

    Kayaknya emang ke depan semua bakal serba digital. Penting bgt mengedukasi masyarakat terutama kalangan bawah agar upaya bisnis mereka tetap bisa survive di era digital ini.

  • Nia Haryanto 7:45 am 28 Maret 2022 Balas

    Di masa kayak sekarang, apalagi setelah masuk masa pandemi, kerasa banget kalo semua wajib bertransformasi digital. Termasuk UMKM. Sebab memang bisa mengembangkannya tanpa batas. Apalagi nanti kalo metaverse sudah semakin menyebar. Tanpa digital, udah deh kayaknya bisa kelibas ya.

    • Wahid Priyono 6:18 am 7 April 2022 Balas

      Yups, betul kak, transformasi digital bagi pelaku bisnis UKM/UMKM semakin terlihat ya, buktinya saja mereka sudah bisa memasarkan barang/produk/jasa mereka secara online melalui internet. Keren banget ya? hehe

  • Anggraeni Septi 7:46 am 3 April 2022 Balas

    kalo banyak UMKM mulai beralih ke dunia digital, makin banyak pula nih omsetnya. karena jangkauan pasar makin besar 🙂

    • Wahid Priyono 5:51 am 7 April 2022 Balas

      Yups betul kak, para pelaku bisnis UMKM harus Go Digital mulai sekarang dan seterusnya. Ikuti perkembangan zaman yang ada pastinya.

Write a comment