Wahid Priyono

Bloger

Web Designer

Influencer

Freelancer

Teacher

Writer

Content Creator

Badminton Lovers

Wahid Priyono

Bloger

Web Designer

Influencer

Freelancer

Teacher

Writer

Content Creator

Badminton Lovers

#BlogPost

10 Tahun SJS Selamatkan Anak Bangsa Dari Pengangguran

23 Maret 2022 Edukasi

Saya masih ingat betul dua tahunan yang lalu, tepatnya pada tahun 2020 banyak sekali sahabat-sahabat saya yang di PHK karena perusahaan tidak sanggup lagi membayar karyawannya. Hal ini lantaran terjadi akibat pandemi COVID-19 yang menghancurkan ekonomi nasional.

Akibat di PHK tersebut, maka teman saya tersebut akhirnya menganggur tidak ada kerjaan pasti. Dan pastinya ini menjadi pukulan berat bagi dirinya, karena ia harus membiayai keperluan keluarga, termasuk biaya hidup harian dan anaknya yang masih sekolah di kelas 2 Sekolah Dasar (SD). Sungguh kasihan.

Bahkan, saya sendiri juga pernah mengganggur karena pandemi, dan memang beberapa bisnis online yang saya kerjakan juga ada yang sulit tumbuh dan berkembang dan kurang menghasilkan.

Berdasarkan grafik di bawah ini yang dikutip dari sumber BPS-Litbang KI/and dan Koran Jakarta/Ones memperlihatkan kasus pengangguran semakin meningkat pada Agustus 2020 yaitu sebesar 9,8 juta jiwa karena pada tahun ini merupakan puncak terjadinya kasus COVID-19 dalam jumlah yang cukup tinggi. Selain itu, pada tahun 2020 juga pelaku bisnis UKM/UMKM mengalami penurunan omset bisnis dan banyak karyawan yang dirumahkan. Di tahun berikutnya pada tahun 2021, tepatnya pada bulan Februari, kasus pengangguran sedikit melandai menjadi 8,8 juta kasus saja atau setara dengan 26,3%, namun ini masih terbilang tinggi dibandingkan pada tahun 2019 lalu.

Sebenarnya kasus penggangguran tidak hanya terjadi akibat pandemi saja, akan tetapi faktor lain bisa saja terjadi misalnya terbatasnya lapangan pekerjaan biasanya adalah faktor penyebab yang paling sering muncul.

Kasus tingginya pengangguran ini dapat dicegah dengan setiap individu memiliki kepribadian yang rajin, tekun/ulet, terampil dan mau membuka lapangan kerja sendiri misalnya membuka bisnis walaupun skalanya masih mikro kecil menengah (UMKM).

Selain itu, peran serta pemerintah serta lembaga outsourcing ternyata sangat berperan penting dalam penyelamatan anak bangsa dari penggangguran.

Pemerintah setidaknya harus lebih gencar membuka lapangan kerja seluas-luasnya, sehingga jika lapangan kerja semakin banyak maka secara otomatis akan ada banyak peluang bagi anak bangsa untuk menempati posisi strategis di sebuah perusahaan/tempat kerja sesuai dengan bidang keahlian yang mereka miliki.

Sementara itu, untuk perusahaan sendiri bisa membuka lapangan kerja dengan tidak perlu repot-repot mencarinya, sehingga cukup menggunakan jasa layanan dari lembaga outsourcing yang tersedia cukup banyak.

Outsourching merupakan lembaga yang menyediakan karyawan dengan kriteria dan keahlian tertentu sehingga jika ada perusahaan yang membutuhkan karyawan sesuai kriteria itu maka akan semakin mudah menemukannya.

Di Indonesia lembaga outsourcing dijamin oleh Undang-Undang Ketenagakerjaan Nomor 13 Tahun 2013, dan keberadaanya sangat membantu perusahaan-perusahaan di Indonesia dalam mendapatkan tenaga kerja baru yang handal dan mumpuni sesuai bidang keahlian masing-masing.

Bahkan saat ini di internet kita bisa dengan mudah menemukan lembaga outsourcing yang menginfokan soal ketersediaan karyawan yang mereka miliki sehingga perusahaan akan semakin gampang dalam mencari karyawan baru sesuai tipe keahlian yang dibutuhkan. Sebut saja lembaga outsourcing yang terpercaya dan profesional adalah PT. Sinar Jernih Suksesindo yang kehadirannya mampu memberi kontribusi nyata bagi pengelolaan tenaga kerja di Indonesia.

Mengenal PT. Sinar Jernih Suksesindo

PT. Sinar Jernih Suksesindo ( SJS) yaitu perusahaan outsourcing/alih daya yang menyediakan beragam layanan tenaga kerja yang disesuaikan dengan permintaan klien.

SJS sendiri adalah bagian dari Solusi Energi Nasional (SPE) yang fokusnya pada pengembangan efisiensi dan energi di Indonesia.

Kehadiran SJS menjadi sebuah “angin segar” bagi para pencari kerja, sebab saat ini sedang marak permintaan lembaga semacam outsourcing guna membantu mereka ditempatkan pada perusahaan yang tepat sesuai keahlian.

SJS semakin yakin untuk bertumbuh dan berkembang tentunya dengan menghadirkan banyak kreativitas, inovasi serta kontribusi nyata dalam pengelolaan tenaga kerja di Indonesia. Selain mencegah pengangguran, SJS juga sudah mampu menyalurkan ribuan lebih tenaga kerja di perusahaan-perusahaan ternama baik di level lokal, nasional, maupun internasional.

Setelah saya menonton video dari kanal youtube SJS, bahwa ada sebuah misi besar SJS yaitu keharusan memberikan pekerjaan serta manfaat utama bagi orang banyak tentunya dengan penghasilan layak. Misi besar ini pastinya sangat positif dan menggugah semangat masyarakat yang belum mendapatkan kerja untuk segera bisa bekerja dengan upah yang layak guna memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari.

Pelayanan Memadai Yang Disediakan Oleh PT. SJS

Untuk meningkatkan budaya pelayanan yang baik terhadap masyarakat/para pencari kerja/perusahaan yang bermitra, maka SJS memandang perlu untuk menciptakan terobosan terbaik dengan beberapa layanan unggulan seperti:

  • Rekrutmen dan Test: Layanan SJS ini sudah pasti tujuannya untuk menyediakan database, sumber penyaringan kandidat, interview kandidat, serta tindakan dan upaya untuk penggantian staf dalam kondisi-kondisi tertentu;
  • Transfer Pegawai dan Kontrak: SJS memiliki layanan dalam pengelolaan karyawan transfer dari kontrak internal klien, atau di luar itu. Seperti misalnya sosialisasi karyawan atau penandatanganan kontrak kerjasama, dan lain sebagainya;
  • Monitoring Staff: SJS dalam hal ini menyediakan Customer Relationship officer sebagai petugas yang mengelola semua kebutuhan pelanggan, serta terdapat petugas pengelolaan karyawan khusus guna menangani staf outsourcing;
  • Pelatihan Soft Skill dan Hard Skill: SJS menyediakan berbagai pelatihan soft skill maupun hard skill untuk seluruh karyawan kontrak tujuannya adalah agar semuanya semakin profesional dalam pekerjaan, cermat, terampil, tekun, dan membiasakan berkepribadian baik;
  • Penggajian dan Pajak: Gaji merupakan hal yang diharapkan bagi setiap pekerja. Proses penggajian di SJS pastinya tepat waktu. Dalam sistem penggajian, maka SJS menyediakan sistem penggajian dan pajak sesuai ketentuan yang sama-sama menguntungkan;
  • Layanan Review: Layanan review ialah tinjauan serta penilaian karyawan, pengadaan pertemuan rutin dan presentasi sesuai dengan SLA/survei karyawan maupun klien;
  • Mengelola Administrasi Bagi Karyawan: SJS memandang perlu untuk menyediakan beragam layanan administrasi kepada pelanggan terkait peraturan staf kontrak. SJS menyediakan layanan database online yang tentunya sangat aman dan nyaman bagi pelanggan serta dapat diakses dimana saja mereka berada. Misalnya layanan BPJS dan administrasi asuransi;
  • Validasi Data-Data Karyawan: Layanan ini lebih ke referensi pemeriksaan guna memeroleh kandidat potensial serta pengecekan alamat kandidat yang diterima (Biasanya khusus posisi dengan risiko yang tinggi, ini direncanakan berdasarkan permintaan klien)

Selain itu, SJS juga menyediakan layanan premium yang bertujuan untuk memberikan kemudahan kepada pelanggan dan karyawan dalam mendapatkan informasi maupun perekrutan. Beberapa layanan premium SJS antara lain:

  • Test Online;
  • Absensi Online;
  • Aplikasi Mobile SJS;
  • Program HR;
  • Penggajian Online;
  • Kontrak Karyawan Online;
  • Database Online;

10 Tahun SJS Semakin Kuat dan Yakin

10 Tahun SJS sebagai lembaga alih daya/outsourcing di Indonesia pastinya sudah banyak berkontribusi nyata bagi pemenuhan tenaga kerja di perusahaan-perusahaan yang membutuhkan baik itu di level lokal, nasional maupun tingkat internasional. Waktu 10 tahun berdiri hingga hari ini adalah waktu yang tidak sebentar. Tentunya dengan tekad dan SJSYakin sesuatu hal yang patut diacungi jempol karena beberapa alasan seperti:

  • Terdapat Ribuan Karyawan Di Seluruh Indonesia: Lembaga outsourcing SJS telah mempunyai ribuan karyawan yang tersebar di indonesia. Dengan jabatan baik sebagai call center, marketing, sales, finance, analis dan lain sebagainya;
  • Sistem Kerja Dengan Teknologi Mutakhir: Untuk mempermudah kinerja karyawan maupun pelanggan, maka SJS selalu berinovasi dengan menciptakan aplikasi yang membantu banyak orang.
  • Perusahaan Dengan Dukungan Modal yang Tinggi: 10 tahun bercimpung di bidang outsourcing membuat SJS semakin banyak peminatnya, termasuk jumlah karyawan yang terus berkembang dan juga klien yang semakin banyak. Hal ini karena SJS memiliki modal tinggi dan bisa membuat alur keuangan lembaga alih daya yang terpercaya dan maju;
  • Cabang dan Perwakilan Nasional: SJS mempunyai kantor pusat yang berlokasi di Jakarta. Dan cabangnya ada di Sumatera dan Jawa. Cabang perwakilan SJS di daerah antara lain di kota Bandung, Semarang, Surabaya, Medan, Cirebon dan Riau;
  • SJS Didukung Orang Yang Loyal dan Profesional: Lembaga alih daya SJS diprakarsai oleh orang-orang cerdas, handal, dan dari segi kepemimpinannya baik. Sehingga dalam kinerja SJS selalu dipercaya oleh klien maupun karyawan mereka sendiri;
  • Klien Lokal, Nasional dan Internasional: Kepercayaan pelanggan terhadap SJS sudah dibuktikan dengan banyaknya perusahaan baik di tingkat lokal, nasional maupun internasional yang bekerjasama dengan SJS;

10 Tahun SJS Berkontribusi Nyata Dalam Pengelolaan Tenaga Kerja Di Indonesia

10 Tahun SJS hingga hari ini masih terus maju dan berkembang adalah prestasi yang sangat luar biasa dan patut diapresiasi. Tidak gampang mempertahankan perusahaan yang telah lama berdiri, karena pastinya akan ada tantangan silih berganti. SJS membuktikan bahwa dirinya mampu berdiri di tangan sendiri dan dengan dukungan orang-orang yang profesional di dalamnya.

Selama satu dekade berdiri pastinya SJS sudah banyak berkontribusi nyata terhadap bangsa dan negara, salah satunya adalah membantu para pencari kerja yang masih belum mendapatkan pekerjaan, atau membantu para pengangguran untuk mendapatkan pekerjaan dengan gaji yang layak.

Semoga harapan saya ke depan untuk lembaga alih daya SJS bisa semakin bersinar, tumbuh, dan berkembang menjadi outsourcing ternama dan pertama di Indonesia. Selain itu, SJS bisa jadi teladan bagi semua orang, sehingga keberadaannya akan semakin terasa bagi seluruh masyarakat Indonesia. Aamiin ya robal alamiin.

Sumber Referensi:

Taggs:
26 Comments
  • Nefertite Fatriyanti 5:56 pm 25 Maret 2022 Balas

    Jadi, SJS ini semacqm jembatan yg menghubungkan para pencari kerja, dengan perusahaan yang membutuhkan ya.
    Membantu dua pihak sekaligus.

    • Okti Li 6:31 pm 25 Maret 2022 Balas

      Berterima kasih kepada SJS yang mana sepuluh tahun terakhir ini sudah banyak memberikan kontribusi bagi dunia ketenagakerjaan… Semoga pelayanan terus maksimal ya

  • Taufiqur rahman 9:55 pm 25 Maret 2022 Balas

    Hari gini memang lebih baik menggunakan jasa outsourcing ya untuk staffing di bagian-bagian tertentu. SJS bisa mendulang peluang itu, sekaligus menyerap tenaga kerja yang skillful… Mengatasi pengangguran juga nih…

  • Dennise Sihombing 10:50 pm 25 Maret 2022 Balas

    Masa 10 tahun bukan waktu yang sebentar untuk sebuah usaha outsourching seperti SJS. Pengalaman inilah yang membuat SJS di percaya oleh berbagai perusahaan untuk permintaan karyawan.
    Sukses untuk SJS yang telah menyelamatkan anak bangsa dari pengganguran

    • Annie Nugraha 5:56 am 27 Maret 2022 Balas

      Outsourching tuh benar-benar membantu saat HRD sebuah perusahaan stuck dalam menseleksi dan mendapatkan candidate yg pas untuk sebuah jabatan. Mereka bisa (sangat) membantu dengan opsi-opsi personal yg mereka miliki. Yang seperti inilah yang sungguh dibutuhkan. Baik bagi si pencari kerja maupun si penyedia jasa dan yang menyediakan kesempatan kerja

  • Maria G 3:02 am 26 Maret 2022 Balas

    wah keren nih SJS
    Karena fokus pada pengembangan efisiensi dan energi di Indonesia.
    sektor yang sangat dibutuhkan dengan berkurangnya cadangan energi

  • Nanik Nara 7:36 am 26 Maret 2022 Balas

    PT Sinar Jernih Sejahtera. Dari namanya aja kelihatan sudah punya visi untuk mensejahterakan ya.

    Emang 2020 kemarin banyak juga teman saya yang mengalami PHK, beralih menekuni usaha kecil jadi pilihannya.

    Outsourching sekarang makin banyak di butuhkan, apalagi setelah banyak instansi pemerintah meniadakan pegawai honorer, maka outsourching bisa jadi solusinya

  • Sugianto 7:54 am 26 Maret 2022 Balas

    SJS pastinya terus berbenah dan berinovasi agar tetap bisa eksis, dan bukan waktu yang mudah bagi SJS untuk bertahan selama 10 tahun, apalagi bisa menghadirkan peluang kerja dan memberikan kontribusi dalam peningkatan skill

  • Dian Restu Agustina 11:04 am 26 Maret 2022 Balas

    Salut dan bangga akan kontribusi SJS selama satu dekade sebagai lembaga alih daya/outsourcing di Indonesia bagi pemenuhan tenaga kerja di perusahaan-perusahaan yang membutuhkan baik itu di level lokal, nasional maupun tingkat internasional. Semoga makin sukses membantu menyelamatkan anak bangsa dari pengangguran

  • Desi 3:51 pm 26 Maret 2022 Balas

    SJS ini pasti banyak membantu orang orang yg membutuhkan pekerjaan. Pengangguran emang kondisi yg gak enak bgt. Klo ada yg membantu gini insya Allah lebih baik lg ke depannya.

    • Wahid Priyono 6:20 am 7 April 2022 Balas

      Yups betul kak, SJS sudah banyak berkiprah dalam membantu masyarakat yang belum memeroleh pekerjaan.

  • Yanti ani 4:46 pm 26 Maret 2022 Balas

    Wahh SJS baik sekali ya, memikirkan para pengangguran yang mau bekerja keras tapi tidak ada lowongan. Semoga semakinberkembang, supaya angka pengangguran bisa berturun.

  • inez 4:48 pm 26 Maret 2022 Balas

    wah, baru tau ada company SJS ini untuk perusahaan outsourcing. Memang ada beberapa bidang pekerjaan butuh outsourcing ya.

  • Andy Hardiyanti 5:37 pm 26 Maret 2022 Balas

    Besar banget ya kiprahnya SJS ini dalam mengatasi jumlah para pengangguran di Indonesia. Semoga gak hanya 10 tahun, tapi lebih dan lebih lama lagi SJS tumbuh dan berkembang, sehingga menjadi wadah bagi para pekerja di Indonesia.

  • Fenni Bungsu 4:01 pm 27 Maret 2022 Balas

    Kehadiran SJS bisa membantu masyarakat agar berkarya dan berdaya, jadi bisa mengurangi angka pengangguran juga ya.

  • Tanti Amelia 9:12 pm 27 Maret 2022 Balas

    Semoga lembaga alih daya SJS bisa semakin bersinar, tumbuh, dan berkembang menjadi outsourcing ternama dan pertama di Indonesia. dan bisa jadi teladan bagi semua orang, Aamiin

    • Wahid Priyono 6:18 am 7 April 2022 Balas

      Aamiin kak, mari kita dukung SJS semakin jaya dan bisa memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat yang belum memeroleh pekerjaan.

  • Bayu Fitri 2:03 am 30 Maret 2022 Balas

    Wah solutif sekali ya keberadaan lembaga alih daya SJS untuk mengatasi dampak pengangguran akibat pandemi, semoga menjadi berkah untuk perekonomian keluarga yang mengalami PHK ya kak

    • Wahid Priyono 6:16 am 7 April 2022 Balas

      Yups, betul kak SJS ini keren bisa menjadi tempat untuk para pencari kerja mendapatkan kesempatan kerja yang baik.

  • Susindra 7:21 am 2 April 2022 Balas

    Pengangguran selalu jadi kisah klasik di Indonesia dan semua negara di dunia. Semoga SJS bisa mengurangi angka pengangguran secara signifikan, karena memang ada batas maksimal pengangguran yang normal. Indonesia masih harus mengejar angka itu. Semangat!

    • Wahid Priyono 6:17 am 7 April 2022 Balas

      Yups, betul kak Susindra, kisah klasik pengangguran yang konon katanya lapangan kerja kurang. Padahal bisa buka usaha sendiri ya kak, artinya mandiri secara finansial.

  • Maria Tanjung Sari 1:46 pm 4 April 2022 Balas

    Duh beneran banget mas, kerasa pandemi ini saya pun terdampak. Namun bersyukur bisa sedikit demi sedikit beradaptasi. Perusahaan outsourcing ini bisa solusi untuk mengurangi pengangguran ya mas. Suami saya juga ikut outsourcing

    • Wahid Priyono 5:50 am 7 April 2022 Balas

      Yups betul kak, mudah2an pandemi bener2 sudah berakhir sehingga kita bisa bekerja dan beraktivitas sebagaimana mestinya yang tidak ada tekanan. Aamiin.

Write a comment