Wahid Priyono

Bloger

Web Designer

Influencer

Freelancer

Teacher

Writer

Content Creator

Badminton Lovers

Wahid Priyono

Bloger

Web Designer

Influencer

Freelancer

Teacher

Writer

Content Creator

Badminton Lovers

#BlogPost

Taktik Jitu Kelola Stok Barang Biar Semakin Cuan

26 Juni 2022 Bisnis Online

Dalam dunia bisnis, istilah stok barang bukanlah hal yang awam bagi mereka yang bekerja di suatu perusahaan yang bergerak di bidang industri perdagangan ritel, e-Commers, dan lain sebagainya.

Stok barang adalah suatu hal yang sangat krusial dalam bisnis ritel dan sejenisnya. Jumlah stok barang dan produk yang dijual cukup besar juga pastinya akan merepotkan pengelolaan stok sehingga terkesan ribet, memakan banyak waktu dan tenaga.

Belum lagi jika bisnis yang kita tekuni sedang grow dan punya kantor cabang dimana-mana. Bisa kita bayangkan akan ada banyak waktu yang dipakai untuk update stok barang, memonitor, serta pengecekan secara berkala.

Apabila kita tidak tepat dalam mengelola stok tersebut, maka bisa mengalami kerugian. Tentu hal ini tidak diinginkan oleh para pengusaha UKM/UMKM?

Nah, mari kita sama-sama pelajari bagaimana taktik jitu untuk pembukuan perusahaan secara praktis, serta mudah digunakan dalam mendukung keberlangsungan bisnis perusahaan yang kita bangun agar selalu cuan.

#1. Berikut Masalah Yang Banyak Dihadapi Pengusaha Dalam Hal Stok Barang

Tentu saja permasalahan di atas adalah masalah umum yang acap kali dapat merugikan bisnis yang sedang kita bangun bukan? Akan tetapi tidak perlu khawatir, karena di jaman yang sudah serba digital saat ini, sudah tersedia software akuntansi Kledo. Penjelasannya ada di point nomor 2 di bawah ini ya?

#2. Pengusaha Harus Tahu Bahwa Proses Pengelolaan Stok Inventori Barang, Pembukuan Dan Stok Opname Jadi Lebih Gampang di Kledo

Waktu adalah uang. Berapa lama waktu yang kita habiskan untuk mencatat stok barang yang ada? Apalagi stok inventori barang di perusahaan cukup banyak, tentu repot jika harus dilakukan secara manual bukan?.

BACAAN LAINNYA:  Bantu Pelaku Bisnis Tanah Air, Publikasimedia Sediakan Layanan Branding Digital yang Ramah Kantong

Bahkan ketika kita salah mencatat stok barang yang ada, maka bisa berpeluang bisnis jadi rugi, contoh mudahnya jika jumlah stok barang yang ada tidaklah sesuai dengan catatan stok yang dibuat.

Sebab itulah penting sekali mempunyai aplikasi untuk mencatat stok barang secara kontinyu dan tentunya berbasis teknologi digital supaya mudah dalam memanagemennya, sehingga semuanya jadi rapih.

Dengan Aplikasi Kledo, kita dengan mudah bisa mengetahui jumlah stok barang di gudang serta data dapat diakses secara realtime setiap waktu. Kita juga bisa melakukan tracking seluruh stok barang yang ada, mulai dari jumlah stok, stok yang akan segera habis, serta stok barang telah habis, pada satu tampilan. Selain itu, kita juga bisa melacak jumlah stok barang yang masih tersedia secara realtime dengan memakai metode rata-rata (average).

Tidak sedikit pelaku usaha yang kesulitan saat ditanya mengenai produk terlaris dan yang paling menguntungkan?.

Sebagai contohnya, saat kita ingin memesan barang ke supplier dan tanpa mengetahui produk-produk terlaris, maka kita bisa saja memesan produk yang salah dan atau kurang diminati konsumen/klien nantinya.

Akan tetapi, dengan memakai aplikasi Kledo, kita bisa tahu mana produk terlaris dan yang paling menguntungkan bagi bisnis, produk yang hendak kita pesan lebih terarah dan sesuai keinginan pasar. Hal ini pastinya akan berpengaruh positif kepada larisnya produk sehingga bisa cuan lebih banyak.

Sebagai pengusaha, pernahkah kita mengalami kejadian bahwa stok barang habis sementara pelanggan kita butuh barang itu saat itu juga dengan jumlah banyak?

Jika hal itu terjadi pada bisnis kita, maka jika dibiarkan akan membahayakan bisnis kita karena pelanggan bisa saja kabur. Untuk itu penting kita memastikan jumlah stok barang cukup.

BACAAN LAINNYA:  Kini Pembukuan Usaha UMKM Jadi Gampang Berkat Aplikasi Digital BukuWarung

Dengan menggunakan fitur stok barang di Kledo, kita tentu saja bisa mengatur batas minimal stok sehingga apapun jenis masalah baik itu kekurangan stok barang maupun lupa dalam memesan stok dapat terhindari.

Perhitungan persediaan (stok opname) sudah biasa dilakukan pengusaha/karyawan saat mengatur stok barang di dalam gudang.

Dengan memakai software akuntansi Kledo untuk stok barang maka secara langsung kita bisa menyesuaikan stok barang di gudang dengan yang tercatat pada jurnal jadi lebih mudah, praktik dan akurat.

Dalam mengelola stok barang untuk bisnis retail, maka sangat diperlukan orang teliti supaya stok barang tercatat lebih akurat dan menghindari kesalahan-kesalahan fatal yang berakibat kerugian besar bagi perusahaan.

Untuk itu, dalam mempermudah pekerjaan kita dalam memantau stok barang di gudang, maka software akuntansi online dari Kledo ini bisa dicoba.

Saya sendiri sudah mencoba trial untuk software akuntansi Kledo ini dan memang cukup mudah sekali penggunaan aplikasi ini, bahkan bisa kita gunakan baik untuk tampilan web, maupun mobile dengan mendownload terlebih dahulu aplikasi Kledo melalui Google Play maupun di App Store.

Untuk mendaftar ke aplikasi Kledo ternyata sangat gampang sekali yaitu:

  • Teman-teman bisa klik situs https://kledo.com/daftar/;
  • Lalu pilih/klik tombol “Coba Gratis” di pojok kanan paling atas, lalu daftarkan perusahaan bisnis anda dengan mengisi form yang tersedia;
  • Kemudian setelah mengisi kelengkapan data-data secara benar, lalu akhiri dengan klik tombol “Daftar Sekarang“;
  • Pada tahap ini, pihak Kledo akan mengirimi kode login ke aplikasi melalui email yang terdaftar. Cek email, lalu login ke aplikasi kembali;
  • Aplikasi Kledo siap digunakan.

Berikut ini contoh tampilan aplikasi Kledo via tampilan desktop yang saya miliki:

By the way, selain Kledo mempunyai aplikasi stok barang dan inventori, juga tersedia fitur lainnya yang mendukung dalam urusan bisnis kita seperti membuat invoice (invoicing), purchasing, 50+ laporan keuangan, pencatatan biaya, aset tetap otomatis, serta kemudahan dalam pengelolaan transaksi penjualan maupun pembelian secara mudah dan praktis.

BACAAN LAINNYA:  Hadirkan Kemudahan Pembayaran Digital, QRIS Semakin Disukai Pelaku Bisnis UMKM !

Perlu kita ketahui juga bahwa Kledo sebagai software akuntansi online mempunyai teknologi mutakhir canggih yang berbasis cloud tentu saja menyediakan fitur-fitur unggulan yang memudahkan urusan bisnis kita dari nol. Gak percaya?

Yuk para pejuang cuan segera daftarkan bisnis kita dan mari kita kelola stok barang, dll dengan mudah melalui software akuntansi online Kledo dan dapatkan trial/uji coba selama 14 hari secara gratis.

Taggs:
12 Comments
  • Maria G 11:35 pm 27 Juni 2022 Balas

    ternyata banyak banget manfaat Kledo
    mau coba ah
    Karena sering diminta bantuan (teman/saudara) untuk bantuin pembukuan
    dan selama ini masih pakai cara konservatif yang pastinya merepotkan

  • YSalma 8:28 am 28 Juni 2022 Balas

    Ternyata aplikasi Kledo juga bisa untuk memantau stok barang. Komplit berarti ya. Sebab ngitung stok barang dan menjaganya tetap aman serta gak over stok kalau gak dibantu aplikasi, asli bikin mumet kepala.

  • Mutia 10:01 am 28 Juni 2022 Balas

    Manajemen stok emang penting banget. Apalagi pelaku usaha yang berdagang sembako atau makanan dan minuman ya. Kalo manajemen stoknya gak bagus, ya dalam waktu singkat saja usahanya bisa rugi. Menarik banget Kledo membantu monitor stok barang pengguna dengan skema realtime. Ini dia namanya teknologi yang mempermudah usaha.

  • Suci 10:44 am 28 Juni 2022 Balas

    Wah iya, kalau cek stok barang cara manual bikin kepala nyut2. Belum lagi kalo khilaf ngeliat artikel / kode barang bisa smakin ruwet.

    Sykurnya ada aplikasi Kledo yang bisa membantu, ya.
    memantau dan menghitung jadi lebih praktis.

  • Sylviana 11:35 am 28 Juni 2022 Balas

    belakangan ini banyak aplikasi yang bermanfaat ya, seperti kledo ini. dengan bantuan aplikasi jadi semakin mudah mengurus bisnis dan praktis juga karena datanya tercatat rapi di smartphone kita

  • Annie Nugraha 11:54 am 28 Juni 2022 Balas

    Saya pernah di satu posisi/pekerjaan yang mengharuskan saya untuk mengontrol inventaris dan stok bahan baku. Bukan perkara gampang memang. Apalagi banyak raw material yang harus diimport. Jadi memang perlu ketelitian agar materi tersebut tidak dalam kondisi non-available agar produksi bisa berjalan dengan lancar.

    Coba dulu saya sudah mengenal KLEDO ya. Bisa jadi aplikasi ini bisa membantu kelancaran tugas saya.

  • eureka-pedia 12:06 pm 28 Juni 2022 Balas

    Pemanfaatan aplikasi buat usaha dan pembukuan akan mengintegrasikasikan usaha dengan data lebih rapi.

  • lendyagassi 12:15 pm 28 Juni 2022 Balas

    Aplikasi Kledo selengkap itu yaa..
    Ada aplikasi stok barang dan inventori, membuat invoice, purchasing, laporan keuangan, pencatatan biaya dan aset tetap otomatis, juga kemudahan dalam mengelola transaksi penjualan maupun pembelian.

    User friendly begini, pasti KLEDO akan mudah membantu mendapatkan cuan.

  • Rhoshandhayani 4:28 pm 28 Juni 2022 Balas

    Wuah enak juga ya kalau pake Kledo
    Ada pembuatan invoicenya juga
    Jadi karyawan cuma pake 1 aplikasi sehingga pencatatannya rapi semua

  • Aisyah Dian 4:32 pm 28 Juni 2022 Balas

    Wah wajib banget memiliki aplikasi yang banyak memudahkan gini, jadi lebih simple ya Proses pembukuanya

  • Lasmicika 4:41 pm 28 Juni 2022 Balas

    Kalo bisnis makin besar, barang makin banyak dan beraneka ragam, sudah waktunya butuh aplikasi yang memudahkan urusan kerja seperti KLEDO ini.

  • Nengsi 7:41 am 29 Juni 2022 Balas

    Aplikasi kledo membantu banget ya kak untuk memudahkan pekerjaan. Jadi pekerjaan kita lebih simple dan efisien.

Write a comment