Wahid Priyono

Bloger

Web Designer

Influencer

Freelancer

Teacher

Writer

Content Creator

Badminton Lovers

Wahid Priyono

Bloger

Web Designer

Influencer

Freelancer

Teacher

Writer

Content Creator

Badminton Lovers

#BlogPost

Berawal dari Hobi Berkebun, Akhirnya Saya Bisa Buka Usaha Bibit Tanaman

15 Desember 2021 Bisnis Online
Berawal dari Hobi Berkebun, Akhirnya Saya Bisa Buka Usaha Bibit Tanaman

Berkebun merupakan salah satu hobi saya sejak kecil hingga sampai saat ini. Bahkan saat pandemi COVID-19 kemarin saya senang sekali melakukan berkebun di samping rumah.

Ada banyak sekali tanaman pertanian yang bisa saya tanam, mulai dari labu, jahe, cabai, tomat, dan masih banyak yang lainnya.

Karena hobi berkebun tersebut, maka akhirnya saya berkenalan dengan mas Anjar salah seorang owner dari Tabulampot Lampung.

Dari perkenalan tersebut akhirnya saya bisa kolaborasi dengan beliau yaitu bisnis bibit tanaman. Adapun jenis bibit tanaman yang kami jual bermacam-macam, mulai dari bibit tanaman bunga hingga tanaman buah.

Jangkauan untuk bibit yang kami jual hingga mencakup seluruh wilayah Indonesia. Paket tanaman kami kirim dengan menggunakan jasa ekspedisi JNE maupun JNT.

Namun, jika jaraknya cukup jauh biasanya kami menggunakan jasa pengiriman bibit via pesawat terbang, jadi lebih cepat dan praktis.

Suka Duka Berjualan Bibit Tanaman

Selama menekuni bisnis jualan tanaman, saya mendapatkan banyak pengalaman baik yang mengenakan maupun yang sulit untuk dilupakan.

Pengalaman mengenakan yaitu sudah cukup bersyukur jika bibit tanaman yang dikirimkan ke alamat pembeli sampai dengan selamat, sehingga bibit sehat dan tidak kering di jalan. Bahkan dari berjualan bibit tanaman di website kemudian ada juga pembeli yang menanyakan ketersediaan bibit dan tak heran akan banyak juga yang tertarik untuk membeli.

Pengalaman kurang mengenakannya yaitu pernah mengirim bibit tanaman tapi jaraknya cukup jauh dan akhirnya bibit kering di perjalanan. Setelah bibit sampai kondisinya mati, dan bagian tanaman seperti daun sudah rontok, ranting dan akarnya kering, dan saat itu pula saya dianggap tidak profesional.

Dari Pengalaman Berjualan Bibit Tanaman Maka Ada Banyak Hikmah Yang Didapat

Menjual bibit tanaman itu menurut saya tidak gampang. Karena yang dijual dan diantar ke alamat pembeli adalah makhluk hidup jadi dalam penanganannya pun perlu hati-hati. Tidak bisa sembarangan pastinya.

BACAAN LAINNYA:  Kini Pembukuan Usaha UMKM Jadi Gampang Berkat Aplikasi Digital Accurate #BisaSantaiDeh

Jika packing tanaman tidak benar, kondisi ketercukupan air di media tanam bibit yang akan dikirim tidak baik maka akan membahayakan tanaman selama proses pengiriman. Bahkan bibit tanaman bisa kering/layu bahkan yang lebih parah mati sebelum diterima oleh pembeli.

Pengalaman selama berjualan bibit tanaman ternyata mengajarkan banyak hikmah dalam perjalanan hidup saya, diantaranya:

  • Dalam melakukan usaha/bisnis perlu kesabaran, ketekunan, ketelitian, dan tanggungjawab moral kepada konsumen;
  • Kepercayaan penjual dihadapan konsumen sangat dipertaruhkan dengan menjaga produk bibit tanaman yang dikirim agar sampai dengan selamat tanpa kendala;
  • Mempertahankan bisnis itu tidak mudah, butuh belajar sepanjang waktu, tidak mudah berpuas diri;
  • Harus bisa melakukan pencatatan keuangan bisnis secara konsisten dan sistematis setiap harinya;
  • Mampu mempromosikan produk bibit yang dijual di sosial media yang ada termasuk website.

Promosi Bibit Tanaman di Sosial Media dan Website Itu Penting di Era Digital Seperti Sekarang Ini

Apapun jenis produk/jasa yang akan diperjualbelikan maka penting sekali harus melalui tahapan promosi. Promosi ini tujuan utamanya agar produk yang kita jual bisa dikenal oleh banyak orang, sehingga menarik animo masyarakat untuk membeli produk tersebut.

Promosi juga pada akhirnya akan menciptakan personal branding produk/jasa yang kita jual dihadapan konsumen sehingga akan terjadi pembelian berulang karena mereka sudah mengenal produk/jasa yang mereka beli sebelumnya.

Untuk saya sendiri dalam mempromosikan produk bibit tanaman yaitu dengan menjualnya di e-Commerce (marketplace) dan atau melalui website toko online bibit tanaman yang saya miliki.

Mengapa Toko Online Berbasis Website Penting Untuk Berjualan Bibit Tanaman dan Produk Bisnis Lainnya?

Kelebihan jika kita memiliki toko online sendiri yaitu kita bebas mengatur metode pembayaran, mengupload stok produk/jasa/barang sesuka kita, serta bisa menjangkau pangsa pasar yang lebih luas.

Toko online berbasis website karangan sendiri juga bisa mencerminkan isi toko secara luas, meminimalisir terjadinya kompetisi di antara satu penjual dengan penjual lainnya. Selain itu, bisa dijadikan sebagai portofolio bisnis yang mudah digunakan jika ada penjual yang hendak menanyakan atau akan membeli produk/jasa yang kita tawarkan.

Saya sendiri ketika membuka usaha bibit tanaman lebih menyukai menggunakan website toko online pribadi, karena lebih fleksibel dan tak kalah menarik seperti kita berjualan di marketplace.

Bahkan Kini Mudah Sekali Untuk Membangun Bisnis Berbasis Website Toko Online

Kini untuk membangun toko online berbasis website sudah sangat mudah dilakukan oleh pelaku usaha/bisnis apapun itu. Tugas anda hanya menyewa jasa layanan domain dan hosting di salah satu penyewa hosting, kemudian anda merancang desain website toko online dan memasukkan sejumlah stok barang di dalam website dan diberi label harga sesuai dengan kriteria masing-masing produk.

Tidak hanya pada tahap itu, perlu kiranya untuk mempromosikan toko online yang kita miliki ke publik dengan cara melakukan kampanye iklan di facebook ads, instagram ads, google ads, di media cetak, media massa, dan sarana promosi lainnya yang sudi kiranya dapat melejitkan omset bisnis yang sedang kita bangun.

Saya sendiri sudah mencoba membangun sejumlah website baik untuk dijadikan passive income dengan bergabung menjadi affiliate markerter, Google AdSense, toko online jualan bibit tanaman, dan masih hal lain yang menambah banyak pengalaman saya dalam memanfaatkan website sebagai aset digital.

Nah sebagai seorang pebisnis/pelaku usaha UMKM, maka tidak ada salahnya anda juga membangun website sebagai aset bisnis yang tak lekang oleh waktu. Anda bisa menyewa domain dan hosting di Sahabat Hosting.

BACAAN LAINNYA:  Samsung dan Toyota Siapkan Anggaran Baterai Listrik yang Lebih Baik, Produsen Lain?
Sumber gambar: https://sahabathosting.com/hosting

Mengapa Perlu Menyewa Domain dan Hosting di Sahabat Hosting?

Sebagai pelaku bisnis UMKM, maka membangunkan website untuk bisnis itu penting sekali di era digital. Tidak sekedar promosi saja, website yang sudah anda bangun, maka bisa dijadikan sebagai investasi masa depan bahkan bisa menghasilkan cuan dan mempermudah pekerjaan anda dalam transaksi jual beli.

Sahabat Hosting merupakan salah satu provider penyewaan domain dan hosting dengan harga yang terjangkau dan bisa disesuaikan dengan kebutuhan anda dalam membangun website bisnis.

Tersedia Hosting Murah dengan kualitas juara yang bisa teman-teman miliki. Jadi akan jauh lebih berhemat jika layanan hosting murah ini bisa anda miliki. Selain itu, penting juga untuk menentukan nama domain anda yang mencerminkan bisnis yang sedang dijalankan. Sebagai contohnya jika anda menekuni usaha UMKM di bidang kue bolu maka bisa membuat nama domain seperti ini: kuebolu-lampung.com atau kueboluenak.com. Sesuaikan saja nama domain sesuka hati tapi harus mencerminkan profil usaha/bisnis yang sedang dijalani.

Sumber gambar: https://sahabathosting.com/hosting

Pada akhirnya bahwa membangun website bisnis itu sangat penting untuk mendukung kesuksesan suatu usaha apapun itu jenisnya.

Website adalah aset digital berharga dan perlu kiranya agar semua pelaku usaha UKM/UMKM di Indonesia memiliki website dalam mendukung usaha.

Saya sebagai penulis berharap agar ke depannya banyak pelaku usaha UKM/UMKM yang mengandalkan website sebagai lapak jualan sekaligus sebagai sarana untuk jual-beli secara bebas sehingga penjual akan mendapatkan cuan sebanyak-banyaknya.

Taggs:
Write a comment