Wahid Priyono

Bloger

Web Designer

Influencer

Freelancer

Teacher

Writer

Content Creator

Badminton Lovers

Wahid Priyono

Bloger

Web Designer

Influencer

Freelancer

Teacher

Writer

Content Creator

Badminton Lovers

#BlogPost

BRI Sebagai Inisiator ESG di Indonesia: Mengintegrasikan Lingkungan, Sosial, dan Tata Kelola

8 Desember 2023 Teknologi
BRI Sebagai Inisiator ESG di Indonesia: Mengintegrasikan Lingkungan, Sosial, dan Tata Kelola

ESG tidak hanya menjadi tren dalam dunia bisnis modern saat ini, tetapi telah menjadi fondasi untuk pertumbuhan ekonomi berkelanjutan dan keberlanjutan. Perusahaan yang memahami, mengukur, dan meningkatkan kinerja ESG mereka tidak hanya mendukung keberlanjutan planet ini tetapi juga menciptakan nilai jangka panjang bagi para pemangku kepentingan mereka.

Sebagai pedoman yang merangkum keseluruhan dampak bisnis, ESG telah memainkan peran kunci dalam membentuk masa depan bisnis yang bertanggung jawab dan berkelanjutan.

Dalam era di mana tanggungjawab sosial dan keberlanjutan semakin menjadi fokus utama perusahaan dan investor. ESG (Environmental, Social, and Governance) telah muncul sebagai pedoman utama dalam mengukur dan mengevaluasi kinerja perusahaan secara holistik (menyeluruh).

ESG tidak hanya mencerminkan aspek keberlanjutan lingkungan, tetapi juga mempertimbangkan dimensi sosial dan tata kelola perusahaan.

Artikel yang saya tulis ini akan menjelaskan tentang konsep ESG, mengapa ini penting, dan dampaknya terhadap dunia bisnis.

Apa Itu ESG?

ESG adalah singkatan dari tiga faktor utama yang dinilai ketika menilai keberlanjutan dan dampak sosial suatu perusahaan:

  • Environmental (Lingkungan): Faktor-faktor ini berkaitan dengan cara perusahaan memperlakukan lingkungan, termasuk kebijakan lingkungan, manajemen limbah, efisiensi energi, dan dampak karbon.
  • Social (Sosial): Ini mencakup aspek hubungan perusahaan dengan masyarakat, tenaga kerja, dan dampak sosialnya. Faktor-faktor ini mencakup tanggung jawab sosial perusahaan, hak asasi manusia, keadilan dalam hubungan kerja, dan keberagaman.
  • Governance (Tata Kelola): Faktor ini melibatkan bagaimana sebuah perusahaan dikelola dan diawasi. Ini mencakup struktur perusahaan, etika bisnis, kebijakan anti-korupsi, dan transparansi.

Mengapa ESG Penting?

Sebagai faktor kunci dalam sebuah perusahaan modern saat ini, maka ESG dinilai sangat penting untuk menopang jalannya bisnis agar terkendali, hal ini dapat mencakup beberapa hal seperti:

  • Risiko dan Peluang Keuangan: Faktor-faktor ESG dapat menjadi indikator risiko potensial dan peluang finansial. Perusahaan yang mengelola risiko lingkungan dan sosial dengan baik dapat menghindari masalah potensial dan menciptakan nilai jangka panjang.
  • Peningkatan Reputasi: Perusahaan yang berkomitmen pada ESG cenderung memperoleh reputasi positif di mata pelanggan, investor, dan masyarakat. Ini dapat memberikan keunggulan kompetitif dan membantu dalam membangun hubungan yang lebih baik dengan para pemangku kepentingan.
  • Permintaan Konsumen: Konsumen semakin menyadari dampak lingkungan dan sosial dari produk dan layanan yang mereka beli. Perusahaan yang memperhatikan ESG dapat menarik pelanggan yang lebih sadar lingkungan dan sosial.
  • Regulasi yang Berkembang: Banyak negara dan lembaga regulasi mengenakan persyaratan ESG. Kepatuhan terhadap standar ini tidak hanya mendukung keberlanjutan tetapi juga membantu perusahaan memenuhi tuntutan peraturan.
BACAAN LAINNYA:  Fitur dan Keunggulan ASUS Vivobook 13 Slate OLED (T3300) Cocok Untuk Saya Yang Bekerja Sebagai Guru

Dampak ESG dalam Dunia Bisnis

Dilansir dari situs hukumonline.com, menyebutkan bahwa lembaga jasa keuangan menjadi pendukung perusahaan tambang berisiko menyebabkan kerusakan hutan, pencemaran air, dan pelanggaran HAM serta membawa berbagai dampak buruk bagi masyarakat dan lingkungan. Koalisi Internasional Forests & Finance menerbitkan laporan yang mengungkap bank-bank yang telah memberikan kredit sebesar USD 37,7 miliar kepada 23 perusahaan pertambangan kecil hingga besar yang berisiko menyebabkan kerusakan hutan, pencemaran air, dan pelanggaran Hak Asasi Manusia (HAM) di tiga wilayah tropis. Dari semua kredit yang diberikan sejak tahun 2016 setelah Perjanjian Paris ditandatangani, 43% kredit diberikan kepada perusahaan di Asia Tenggara (USD 16,1 miliar), sementara Afrika Tengah & Barat dan Amerika Latin keduanya menerima USD 10,8 miliar.

Sebaliknya, perusahaan yang berbasis pada jasa keuangan yang fokus pada ESG cenderung mengintegrasikan inovasi berkelanjutan dalam operasi dan produk mereka. Ini mencakup pengembangan teknologi ramah lingkungan dan metode produksi yang lebih efisien.

Investor yang berorientasi pada nilai akan semakin banyak yang memilih untuk berinvestasi sesuai dengan nilai-nilai ESG mereka. Ini menciptakan tekanan tambahan bagi perusahaan untuk meningkatkan kinerja ESG mereka guna menarik pemodal.

Selain itu, dampak positif lainnya yaitu fokus pada dimensi sosial ESG dapat mendorong perusahaan untuk menciptakan lingkungan kerja yang lebih inklusif dan diversifikasi keberagaman tenaga kerja.

Kiprah Dan Penerapan ESG Di Tubuh Bank Rakyat Indonesia (BRI)

Bank Rakyat Indonesia (BRI), dengan alamat website https://bri.co.id selaku raksasa perbankan di Indonesia, telah memainkan peran sentral dalam mendorong inisiatif Lingkungan, Sosial, dan Tata Kelola (ESG).

Dengan fokus pada keberlanjutan dan tanggung jawab sosial, BRI bukan hanya menjadi pemimpin dalam sektor perbankan, tetapi juga agen perubahan positif dalam pembangunan berkelanjutan di Indonesia. Mari telaah lebih jauh tentang peran BRI sebagai inisiator ESG di negeri ini.

BACAAN LAINNYA:  Untung Ada Kotakode.com, Belajar Koding Jadi Semakin Gampang !

1. Komitmen pada Keberlanjutan Lingkungan

BRI mengarahkan perhatiannya pada keberlanjutan lingkungan melalui serangkaian langkah konkrit. Investasi dalam proyek-proyek energi terbarukan, peningkatan efisiensi energi, dan pengurangan dampak lingkungan dari operasional bank menjadi fokus utama.

BRI terus berkomitmen untuk menjadi pemain utama dalam mendukung transformasi menuju ekonomi rendah karbon.

2. Pendekatan Sosial yang Holistik

ESG di BRI tidak hanya berfokus pada aspek lingkungan, tetapi juga menyeluruh dalam hal sosial. Dukungan untuk pendidikan dan kesehatan, serta pembangunan infrastruktur di daerah-daerah terpencil menjadi bukti nyata komitmen sosial bank ini.

Selain itu, BRI sebagai Pahlawan UMKM juga mempunyai program inklusi keuangan yang mencakup pemberdayaan ekonomi masyarakat lokal melalui aktivitas bisnis skala UKM/UMKM, sehingga dalam hal ini masyarakat akan semakin mudah dalam menjalani roda bisnis.

3. Tata Kelola Perusahaan yang Transparan dan Bertanggung Jawab

BRI mengintegrasikan prinsip-prinsip tata kelola perusahaan yang baik dalam setiap aspek operasionalnya. Transparansi dalam laporan keuangan, partisipasi aktif pemegang saham, dan keterlibatan dalam keputusan strategis adalah bagian dari pendekatan tata kelola perusahaan yang bertanggung jawab.

4. Green Financing untuk Proyek Berkelanjutan

Sebagai upaya konkrit dalam mendukung proyek-proyek berkelanjutan, BRI telah mengembangkan produk keuangan yang mendukung inisiatif ESG.

Green financing untuk proyek-proyek ramah lingkungan menjadi alat penting yang membantu perusahaan dan pemerintah untuk berinvestasi dalam solusi berkelanjutan.

BRI telah berperan sebagai penggerak dalam meningkatkan pemahaman dan kesadaran tentang ESG di kalangan bisnis dan masyarakat. Workshop, seminar, dan program edukasi lainnya menjadi sarana untuk menyebarkan pengetahuan tentang pentingnya ESG dan bagaimana hal itu dapat menjadi pendorong utama pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan.

BRI terlibat aktif dalam forum-forum keberlanjutan, baik di tingkat nasional maupun internasional. Melalui keterlibatan ini, bank ini tidak hanya mendapatkan wawasan terbaru tentang praktik-praktik ESG terbaik, tetapi juga berkontribusi pada pembentukan arah kebijakan keberlanjutan di tingkat yang lebih luas.

BACAAN LAINNYA:  6 Keuntungan Kolaborasi Antar Brand yang Perlu Kita Lakukan Sebagai Pelaku Bisnis

5. Penghargaan, Pengakuan, dan Komitmen Jangka Panjang

Langkah-langkah BRI dalam memimpin inisiatif ESG diakui secara luas melalui berbagai penghargaan dan pengakuan dari lembaga-lembaga keuangan dan lingkungan. Ini mencerminkan kesuksesan dan dampak positif dari upaya keberlanjutan yang telah diambil oleh BRI.

Yang tak kalah pentingnya, BRI menunjukkan komitmennya pada keberlanjutan dengan mengambil pendekatan jangka panjang. Ini mencakup perencanaan strategis, integrasi ESG dalam setiap keputusan bisnis, dan adaptasi terhadap perkembangan kebijakan dan tuntutan pasar. Serta yang paling terpenting untuk komitmen jangka panjang yaitu tetap melakukan transformasi digital (Digitalisasi BRI) agar ke depannya tetap relevan dengan perkembangan IPTEK.

Yang tidak kalah pentingnya yaitu tetap menjadikan lembaga keuangan BRI Untuk Indonesia yang lebih maju, tetap berwawasan lingkungan, serta sebagai penjaga lingkungan agar krisis iklim di masa depan dapat ditangani dengan baik.

Kesimpulan:

Dengan menjadi inisiator ESG di Indonesia, BRI membuktikan bahwa kesuksesan bisnis tidak hanya diukur dari pertumbuhan finansial tetapi juga oleh dampak positif yang dihasilkan dalam lingkungan dan masyarakat. Bank ini menjadi teladan bagi sektor perbankan lainnya, menunjukkan bahwa tanggungjawab sosial dan keberlanjutan adalah pilar penting dalam membangun masa depan yang berkelanjutan.

Sumber Referensi:

  • Website resmi bank BRI, diakses melalui situs: https://bri.co.id/.
  • Youtube resmi BRI, diakses melalui situs: https://www.youtube.com/watch?v=PYyYCJi1Ja8.
  • https://click.crmsindonesia.org/esg-sebagai-dasar-keberlanjutan-bisnis-perspektif-risiko-dan-nilai-jangka-panjang.php#:~:text=Dengan%20memprioritaskan%20ESG%2C%20perusahaan%20dapat,meningkatkan%20keberlanjutan%20jangka%20panjang%20perusahaan.
  • https://money.kompas.com/read/2023/03/12/211625126/apa-itu-esg-pengertian-kriteria-dan-pentingnya-dalam-dunia-bisnis.
  • https://www.hukumonline.com/berita/a/kontribusi-lembaga-keuangan-terhadap-kerusakan-lingkungan-dan-pelanggaran-ham-lt6260f129b74d0/.
  • Gambar atau ilustrasi diolah menggunakan aplikasi canva.com.
Taggs:
43 Comments
  • Bambang Irwanto 8:47 am 9 Desember 2023 Balas

    saya semakin tercerahkan seputar ESG ini, Mas. Dan memang seharusnya sukses itu tidak diukur dari finansial yang dihasilkan, tetapi seberapa bermanfaatnya bagi sekitar, dan berkelanjutan. Dan keren nih, BRI bisa sebagai pioner atau contoh bagi yang lainnya.

    • Wahid Priyono 6:54 pm 10 Desember 2023 Balas

      Iya mas, semoga bermanfaat tulisan saya ini untuk teman2 juga…

    • Richa Miskiyya 10:52 pm 14 Januari 2024 Balas

      BRI emang selalu berinovasi di segala sektor. Maka tak heran jika BRI banyak dicintai masyarakat

  • Annie NUGRAHA 9:21 am 9 Desember 2023 Balas

    Saya sempat membaca sekilas tentang ESG ini. Bahkan isu nya menjadi semakin menarik ketika usaha perhiasan saya bergabung menjadi binaan salah satu BUMN di tanah air. Setelah membaca uraian yang Mas Wahid sampaikan di atas, saya jadi tambah penasaran, terutama mengenai bagaimana banyak stakeholders di sekitar UMKM yang mempengaruhi sustainability usaha. Baik dari segi financial, management, promotion, bahkan hingga menyentuh ranah publik dan negara secara umumnya.

    BUMN yang membawahi saya ada rencana untuk mengadakan workshop khusus bertemakan ESG ini dalam waktu dekat. Duh rasanya gak sabar untuk menampung banyak insight baru tentang hal ini.

    • Wahid Priyono 6:54 pm 10 Desember 2023 Balas

      Betul kak, BRI menerapkan bisnis yang sustainability, sehingga berdampak positif bagi masyarakat, sosial, dan lingkungan….

  • Adi 11:47 am 9 Desember 2023 Balas

    Daging banget nih tips dan artikelnya dari mas Wahid. Keren banget. Jadi makin tahu dengan banyak ilmu baru, khususnya mengenai ESG.

    • Desi 7:44 am 10 Desember 2023 Balas

      Komitmen bank negri utk kebaikan ESG perlu ada dalam visi misi bank. Pelaksanaan yg terus berkelanjutan akan memberi manfaat yang lebih banyak bagi masyarakat. BRI sebagai pahlawan UMKM juga patut diacungi jempol melihat perlunya dukungan finansial bagi mereka

      • Wahid Priyono 6:36 pm 10 Desember 2023 Balas

        Betul sekali kak Desi, sudah sejak lama memang bank BRI ini selalu mendukung UMKM di Indonesia untuk terus berdikari di negeri sendiri.

      • I n n a 9:41 am 14 Desember 2023 Balas

        Selain menjadi pahlawan UMKM , BRI menunjukkan bahwa tanggungjawab sosial dan keberlanjutan adalah pilar penting dalam membangun masa depan yang berkelanjutan. sukses terus BRI

    • Wahid Priyono 6:52 pm 10 Desember 2023 Balas

      Makasih ya mas, semoga bermanfaat artikel ini ya mas…

  • Maria G 11:49 am 9 Desember 2023 Balas

    BRI memang selalu terdepan ya?
    Saya inget, dulu BRI yang pertama maju membantu generasi muda yang ingin membangun start up.

    Di lain pihak tetap mendampingi UMKM dan para petani dengan mendirikan kantor hingga pelosok Indonesia.

    • Wahid Priyono 6:52 pm 10 Desember 2023 Balas

      Yups, bener banget kak Maria, BRI selalu terdepan, dan semoga dengan program ESG ini bisa menjadikan BRI sebagai teladan/contoh bagi bank lainnya.

  • Windi Astuti 2:27 pm 9 Desember 2023 Balas

    terobosan BRI yang memukau. Meski saya baru tahu tentang ESG ini, secara konsep bagus ya untuk mendukung bisnis berkelanjutan

    • Wahid Priyono 6:51 pm 10 Desember 2023 Balas

      Iya kak, ESG menerapkan bisnis berkelanjutan dan memang bagus banget untuk jalannya roda perekonomian Nasional. Efek positifnya juga ke rakyat dan lingkungan, sosial…

  • Fenni Bungsu 3:03 pm 9 Desember 2023 Balas

    Bisnis tanpa memikirkan lingkungan, sosial dan tata kelola maka entah bakal seperti apa keberlanjutannya ya. Dan BRI memikirkan hal tersebut untuk terus maju dan jadi pilihan masyarakat

    • Wahid Priyono 6:50 pm 10 Desember 2023 Balas

      Bener banget bisnis BRI sudah menerapkan ESG dalam bisnis mereka. Keren memang, bisnis jalan dan lingkungan tetap lestari…

    • Dawiah 12:29 pm 20 Desember 2023 Balas

      Istilah BRI sebagai pahlawan UMKM ini emang pas deh. Berapa banyak pelaku usaha ini yg terbantukan sama bantuan dari BRI. Salut sama BRI yg konsisten dengan kepeduliannya pada lingkungan dan sosial.

  • ikhwan 4:24 pm 9 Desember 2023 Balas

    BRI memang selalu menjadi yang pertama. Saya ingat, BRI meskipun sudah “menguasai” pasar pedesaan lewat simpedes (simpanan pedesaan), tetap berjuang memasuki pasar perkotaan. Sekarang, BRI juga yang sudah menerapkan ESG dalam mengukur kinerjanya, selain faktor keuangan tentu saja.

    • Wahid Priyono 6:43 pm 10 Desember 2023 Balas

      Yups, jadi inget dengan Simpedes, yaitu simpanan pedesaan dimana kiprah BRI membantu pendanaan masyarakat untuk berkembangan menjadi desa yang maju secara ekonomi, sosial dan lingkungan.

    • Wahid Priyono 6:49 pm 10 Desember 2023 Balas

      Iya bener kak, BRI terus berkembang dan kini ada program ESG yang berkelanjutan.

      • Alfida Husna 8:45 am 12 Desember 2023 Balas

        ESG ini luas juga ternyata ya aspeknya dari mulai lingkungan, sosial hingga tata kelola perusahaan sendiri. BRI bergerak dan mengedukasi tentang ESG tersebut. Bukan hanya sebagai bank peminjam kredit, tapi juga peduli lingkungan yang menyadarkan pelaku bisnis baik UMKM atau perusahaan untuk terus peduli lingkungan. Keren banget BRI.

    • Nengsi 10:55 am 15 Desember 2023 Balas

      Sukses terus ya buat BRI. Dari dulu selalu memberikan pelayanan terbaik kepada nasabahnya.

  • lendyagassi 4:37 pm 9 Desember 2023 Balas

    BRI selain dekat dengan seluruh lapisan masyarakat, kini semakin dekat dengan UMKM yang ternyata memiliki program terbaik yakni mengangkat pentingnya ESG dan bagaimana ESG dapat menjadi pendorong utama pertumbuhan ekonomi berkelanjutan di Indonesia.

    • Wahid Priyono 6:41 pm 10 Desember 2023 Balas

      Bener kak, BRI juga menggaet para UMKM untuk terus maju, sehingga secara otomatis bisa menggerakkan roda ekonomi Indonesia agar lebih baik ke depannya. Kolaborasi yang keren ini mah antara BRI vs UMKM šŸ™‚

  • Siti nurjanah 5:41 pm 9 Desember 2023 Balas

    Apa yg dilakukan BRI sudah menjadi suatu inovasi terdepan karna menerapkan implementasi melalui serangkaian program yang mendorong penerapan bisnis berkelanjutan bahkan senantiasa melakukan pemberdayaan untuk memastikan masyarakat Indonesia mendapat pelayanan perbankan lebih mudah

    • Wahid Priyono 6:40 pm 10 Desember 2023 Balas

      Yups, bener banget kak, BRI terus berinovasi untuk negeri. Keren memang bank BRI ini. mantappp

  • Cindi 6:04 pm 9 Desember 2023 Balas

    Program ini keren sekali ya, sekaligus bisa membantu UMKM untuk bertumbuh jadi lebih besar. BRI bisa menjadi sahabat bagi masyarakat Indonesia..

    • Enny Mamito 8:12 pm 9 Desember 2023 Balas

      Wah BRI memang keren banget ya. Selalu jadi yang terdepan. Apalagi di era digital BRI juga semakin meningkatkan pelayanan digitalisasi yang sangat membantu semua lapisan masyarakat.

      • Wahid Priyono 6:38 pm 10 Desember 2023 Balas

        Bener banget kak Enny, bank BRI sudah menerapkan ESG dalam bisnis perbankan mereka. Sehingga hal ini bisa menjadi contoh teladan bagi bank-bank lainnya di Indonesia.

    • Wahid Priyono 6:39 pm 10 Desember 2023 Balas

      Bener kak, sudah 128 tahun bank BRI terus berupaya untuk pemberdayaan UMKM lokal, para nasabah yang bergerak di bidang UMKM bisa meminjam dananya ke BRI secara tunai untuk pengembangan usaha UMKM mereka.

  • Lia_lathifa 9:22 pm 9 Desember 2023 Balas

    Salut dengan inovasi dan terobosan BRI, peranannya meningkatkan pemahaman dan kesadaran tentang ESG patut diacungi jempol demi pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan untuk pelaku bisnis maupun masyarakat

    • Wahid Priyono 6:37 pm 10 Desember 2023 Balas

      Yups, Bank BRI sudah menjadi pioner penting dalam pembentukan bank berskala ESG di perusahaan bisnis mereka. Keren ya, jadi perbankan juga gak cuma ambil untung, tapi juga berperan aktif dalam pelestarian lingkungan hidup yang berkelanjutan. Keren emang bank BRI ini.

  • Nanik Nara 2:02 pm 11 Desember 2023 Balas

    Iya juga ya, perbankan yang memberikan pinjaman dana pada perusahaan tambang terus secara tak langsung berperan serta juga terhadap percepatan kerusakan lingkungan.

    Semoga BRI tetap mengedepankan Environmental, Social, and Governance dalam memberikan layanan pada masyarakat

  • Anik Rohmah 2:20 pm 13 Desember 2023 Balas

    makin maju ya BRI, sekarang sudah mengembangkan produk keuangan yang mendukung inisiatif ESG. mitra yang bekerjasama dengan BRI bisa ikut maju kaya bank rakyat ini. kalau baca ulasannya kan ideal bangert itu, concern ke isu lingkungan, nggak banyak yang mau ikut repot masuk dalam urusan lingkungan kaya gini

  • Hani 6:57 am 14 Desember 2023 Balas

    Baru tahu loh soal ESG ini. Ya pantes BRI semakin maju yah. Terutama soal digitalisasinya…
    Kata temen yg ngerti saham, saham BRI paling kuat sih di antara sahamĀ² perbankan lainnya. Udah gitu sampai ke pelosok Indonesia yah…
    Semoga makin maju dan pelayanan di bankĀ² makin ramah.

  • NISA 11:07 am 14 Desember 2023 Balas

    cakep banget BRI, selain ATM ada di mana-mana, juga support UMKM eh sekarang hadir sebagai ESG untuk mendorong pertumbuhan ekonomi.

  • Maria Tanjung 10:20 am 16 Desember 2023 Balas

    Ibu saya juga nasabah BRI sudah 20 tahun lebih nih. Seneng banget BRI semakin bertranformasi menjadi bank terbaik untuk seluruh masayarakt Indonesia

  • Maria Tanjung 10:21 am 16 Desember 2023 Balas

    Ibu saya juga nasabah BRI sudah 20 tahun lebih nih. Seneng banget BRI semakin bertranformasi menjadi bank terbaik untuk seluruh masayarakt Indonesia

    • Wahid Priyono 10:26 am 16 Desember 2023 Balas

      Mantap kak, ibunya sudah jadi nasabah 20 tahun. Semoga tetap konsisten terus menggunakan bank BRI sebagai pilihan transaksi perbankan ya?

  • Matius Teguh Nugroho 6:53 pm 20 Desember 2023 Balas

    Perusahaan harus mau mengimplementasikan aspek-aspek ESG kalau mau semakin dicintai konsumennya, dan bersyukur BRI sebagai salah satu bank BUMN sudah menerapkannya. Produk-produk dan layanannya semakin ramah lingkungan, misalnya melalui pembiayaan berkelanjutan dan program-program penanaman pohon di berbagai wilayah Indonesia.

  • Karunia 1:56 am 7 Januari 2024 Balas

    Penting banget sih ESG ini diadaptasi sektor perbankan lain. Efeknya yang memberikan nilai positif terkait lingkungan, sosial, dan tata kelola ini nggak bisa dipandang sepele.

Write a comment