Wahid Priyono

Blogger

Web Designer

Freelancer

Teacher

Writer

Content Creator

Badminton Lovers

Wahid Priyono

Blogger

Web Designer

Freelancer

Teacher

Writer

Content Creator

Badminton Lovers

#BlogPost

Untung Ada Kotakode.com, Belajar Koding Jadi Semakin Gampang !

14 Juni 2021 Teknologi
Untung Ada Kotakode.com, Belajar Koding Jadi Semakin Gampang !

Memasuki era masyarakat 5.0 atau super smart society (society 5.0), maka kebutuhan manusia akan internet, kemajuan kecerdasan buatan (Artificial Intelligence), Big Data, dan lainnya yang berkaitan tentang pemanfaatan teknologi informasi tentu saja menjadi kebutuhan mendasar bagi peradaban dunia ke depan. Kita tentu tidak bisa mengelak dari perubahan yang cepat ini, dan mau tidak mau harus menerimanya.

Mengutip sedikit dari halaman Ditpsd Kemdikbud, bahwa era society 5.0 adalah masyarakat yang dapat menyelesaikan berbagai tantangan dan permasalahan sosial dengan memanfaatkan berbagai inovasi yang lahir di era Revolusi industri 4.0 seperti Internet on Things (internet untuk segala sesuatu), Artificial Intelligence (kecerdasan buatan), Big Data (data dalam jumlah besar), dan robot untuk meningkatkan kualitas hidup manusia. Society 5.0 juga dapat diartikan sebagai sebuah konsep masyarakat yang berpusat pada manusia dan berbasis teknologi.

Dengan tuntutan yang begitu “tajam” dengan memasuki era society 5.0, maka ke depannya tentu saja dibutuhkan manusia Indonesia dan dunia yang andal/unggul dalam pengoperasian teknologi dan informasi sehingga bisa bermanfaat bagi kemashalatan seluruh umat manusia. Sebisa mungkin kita tidak hanya sebatas “pemakai” saja akan tetapi kita harus mampu menjadi produsen (pembuat), sehingga peluang-peluang bisnis seputar teknologi bisa kita ambil perannya sehingga kapasitas diri kita akan semakin meningkat seiring waktu.

Ilustrasi era Society 5.0. Sumber gambar: RDK FM Unj.

Bahkan kini di era society 5.0 ini semua orang memiliki peluang sama untuk bisa membuat suatu produk teknologi hanya dengan belajar dari internet, mengikuti tutorial di internet, membaca buku lalu mempraktekannya, dan nyatanya mereka bisa menciptakan produk teknologi ini dan itu. Segampang ini ya? Contohnya adalah jasa pembuatan website, aplikasi online untuk android/smartphone, SEO, digital marketing untuk bisnis, dan lain sebagainya.

Akan tetapi, untuk menguasai kemampuan pembuatan website atau aplikasi apa saja yang membutuhkan koding/coding, maka tentu saja seorang developer perlu kiranya untuk mempelajari koding di website. Basic belajarnyapun menurut teman-teman saya yang jago koding harus bertahap mulai dari belajar dasar HTML, CSS, Javascript dan dilanjutkan dengan belajar Framwork Bootstrap. Ada juga teman saya lainnya bilang bahwa untuk belajar tidak ada yang instan semua punya proses dan tahapannya.

Kalau Frontend Programmer:

Fokus ke (1). HTML, CSS, Javascript (2). Lanjut belajar Framework CSS dan Javascript (diawali dengan Bootstrap dan JQuery juga bisa) (3). Lanjut ke pemahaman Tools seperti Webpack, npm dan lain sebagainya, (4). Membuat Aplikasi sederhana dengan Vue/React.

Kalau Backend Programmer:

  • Belajar dasar PHP;
  • Buat Apps Basis OOP (MVC);
  • Pahami Tools seperti Git, Composer dan lain-lain;
  • Pelajari Framework yang mudah dipelajari seperti Codeigniter 3;
  • Pelajari Framework lainnya seperti Laravel/Yii/Zend.

Belajar koding menurut saya tidak perlu takut dan tentunya bisa kita lakukan dengan berbagai cara, misalnya langsung membayar orang yang ahlinya langsung/para mastah yang sudah jago koding sesuai kesepakatan, belajar autodidak dari Internet, atau dengan metode belajar yang lainnya. Namun, menurut saya untuk hasil pembelajaran yang lebih maksimal dan cepat, maka lebih baik membayar mastah koding saja agar tidak bingung harus memulai dari step yang mana dulu. Tapi jika dana yang kita miliki cukup terbatas, maka belajar autodidak tidak jadi masalah asalkan kita tekun dan ulet pastinya akan berhasil.

Ngomongin soal belajar koding secara autodidak sebenarnya agak berat, karena dalam proses menjalankannya itu butuh perjuangan besar. Semua dasar-dasar koding harus dipelajari secara sendiri melalui bahan bacaan di internet. Tutorial-tutorial di youtube seputar programming bisa dipelajari dan dipraktekan secara langsung. Atau agar gampang belajarnya bisa membeli buku koding/seputar programming di toko buku untuk menambah referensi bacaan dan teknik-teknik mengolah koding menjadi sebuah kode pemrograman sesuai yang dibutuhkan oleh developer tersebut.

Tidak dipungkiri, kadang belajar secara autodidak soal koding bikin pusing kepala (terutama bagi pemula), bahkan ada teman saya yang bisa koding bilang bahwa belajar koding kadang bisa buat kepala jadi “ngebul/berasap” dan sebenarnya ini manusiawi dan perlu pembiasaan rutin agar semakin mahir. Selain itu, biar tidak stres perlu juga sharing dan kumpul bareng teman-teman untuk belajar koding secara kolektif.

Bahkan saya sendiri punya teman yang kuliah mengambil Teknik Informatika atau jurusan Ilmu Komputer (Ilkom) di Universitas Lampung yang ketika belajar di kampus harus bisa belajar koding dan semacamnya. Jika saya amati, mereka itu belajarnya sambil nongkrong bareng teman-temannya di bawah pohon, di cafe-cafe bahkan asyik belajar koding dengan bawaan buku penunjangnya yang super tebal-tebal sekali seperti:

  • The Pragmatic Programmer: Your Journey to Mastery. Penulis: Andrew Hunt, David Thomas;
  • Structure and Interpretation of Computer Programs;
  • Code Complete: A Practical Handbook of Software Construction;
  • Clean Code: A Handbook of Agile Software Craftsmanship;
  • Introduction to Algorithms (Algoritma Pemrograman);
  • dan masih banyak jenis buku seputar programming yang lainnya.

Saya berpikir saat itu, berat juga ya kalau belajar koding tanpa bahan bacaan dan teman nongkrong atau sharing? Pantesan ya mereka (para developer) juga kemana-mana selalu bawa laptop untuk menyelesaikan proyek dosen/tugas kampus dan atau job di luar kampus. Keren sih anak-anak koding ini, bisa sesabar itu mengurusi koding-koding yang menurut saya “njlimet” atau sulit banget, hehe.

By the way, setelah saya amati dari apa yang teman-teman saya lakukan agar bisa belajar koding, maka belajar koding secara autodidak atau ada tutornya langsung itu menurut saya sama-sama harus punya bahan referensi tambahan untuk semakin sempurna. Seperti di jelaskan di atas, kita butuh buku dan sumber referensi situs/website untuk belajar koding. Mengapa butuh seperti ini? kita ini hidup di era society 5.0 yang tidak sendiri guys, karena kini kita sudah berdampingan langsung dengan dunia internet/teknologi yang sudah mutakhir, artinya cukup berkembang pesat dari waktu ke waktunya. Kita bisa searching apapun sesuka kita di halaman pencarian google dan dengan seketika informasi yang kita butuhkan bisa dapat langsung dinikmati sesuai kebutuhan, termasuk saat membutuhkan website sebagai tempat belajar kodingpun sekarang makin banyak yang bertebaran di internet. Nah, setelah saya searching di internet, ada salah satu website yang menurut saya menarik dan bisa dicoba untuk sebagai partner belajar koding dengan mudah yaitu dengan kotakode.com.

Apa Itu Kotakode.com?

Kotakode.com merupakan komunitas online untuk para penggiat IT (developer) di Indonesia untuk berkarya dimana programmer dapat belajar dan berbagi wawasan seputar dunia IT terkini untuk mendukung pertumbuhan perekonomian di Indonesia. Kotakode.com ini juga didirikan oleh anak bangsa yang luar biasa hebat. Bahkan ketika saya cek pendiri dari kotakode ini lulusannya gak maen-maen guys, yaitu dari jebolan Universitas ternama di dunia.

Tim pendirinya antara lain Peter Tanugraha (Cofounder & CEO) lulusan Computer Engineering @University of Toronto 2019. Ada juga Michael Englo yang merupakan Cofounder & CTO lulusan Computer Science @University of British Columbia 2020, serta ada Anncarel Sanchiabarca merupakan sosok keren di kotakode.com sebagai Cofounder & CBO lulusan dari Computing & Information Systems @University of London 2019.

Adapun misi dari platform digital ini yaitu untuk membantu para developer dengan pertanyaan programming sehari-hari. Selain itu, tersedia juga platform bagi para developer untuk membangun reputasi online yang nantinya dapat dipakai untuk membantu karir mereka di masa depan. Tentunya dengan hadirnya kotakode.com menjadi sesuatu hal yang sangat positif bagi para developer dalam hal urusan pemrograman koding-koding website, aplikasi online dan lain-lain.

Selain itu, adanya Komunitas programmer Indonesia ini tentu saja menjadi “angin segar” bagi para developer di Indonesia untuk saling sharing pengalamannya, berdiskusi/tanya jawab melalui platform diskusi pemrograman, mencari informasi koding melalui blog kotakode.com, atau mengikuti serangkaian webinar pemrograman yang diadakan secara berkala/rutin.

Mengapa Harus Belajar Koding di Kotakode.com?

Belajar koding memang bisa dilakukan dimana saja, namun kita bisa mencoba kotakode.com sebagai platform bagi para developer/programmer untuk belajar koding lebih jauh, karena ada banyak sekali keunggulan/benefit/manfaat yang bisa kita peroleh seperti misalnya:

  • Bisa belajar dan berbagi informasi seputar dunia IT terkini kepada orang lain sesama pencinta programming;
  • User bergabung di kotakode.com sudah banyak mencapai lebih dari 10110, +752 blog ditulis, serta +10088 pertanyaan sudah dijawab dengan gamblang oleh para penggiat programmer profesional yang ahli dibidangnya. Ini artinya antusias anak-anak muda milenial dan gen-Z luar biasa, sudah mulai berkarya dan menekuni dunia programming;
  • Para tim dari kotakode.com sangat handal dan profesional, serta mempunyai kualifikasi pendidikan yang terbaik;
  • Komunitas di kotakode.com sangat ramai sekali, satu platform dengan atap dan misi yang sama yaitu sama-sama ingin pandai dan menguasai IT terkini terkait pemrograman. Cakupannya pun sudah sangat luas se-Indonesia;
  • Respon pertanyaan di forum tanyajawab antar anggotanya pun sangat cepat, tepat dan gratis;
  • Terdapat konsep gamifikasi yaitu badge menarik yang dapat meningkatkan personal branding kita sebagai programmer handal, sehingga mudah dilirik oleh IT rekruter;
  • Terdapat konsep untuk membangun portofolio online, maksudnya adanya portofolio online ini maka akan menjadi sebuah aset berharga bagi setiap orang (penggiat IT). Adanya portofolio online yang berisi profilmu tersebut tentu saja akan membuat semakin terkenal dan membuktikan bahwa kita ini adalah programmer yang profesional dan berkualitas;
  • Satu platform banyak solusi, maksudnya adalah di kotakode.com banyak sekali fitur-fitur pelengkapnya seperti online forum untuk tanya jawab antar anggota, terdapat microblogging sebagai wadah bagi programmer untuk berbagi wawasan/pengetahuan terkait info terkini seputar IT. Selain itu, terdapat pula Job Hiring yang dapat membantu rekruiter dalam mencari talenta-talenta terbaik anak bangsa Indonesia yang memenuhi standar perusahaan IT kini dan masa depan;
  • Terdapat komunitas di Telegram Kotakode untuk mencapai misi besar sebagai developer handal;
  • Mendapatkan bantuan jawaban dari ribuan ahli dan profesional programmer di seluruh wilayah kesatuan negara Indonesia sesuai keahlian bidangnya seperti keahlian di bidang Android, Bootstrap, Code Igniter, CSS, Firebase, Git, HTML, Java, Javascript, Jquery, Kotlin, Node JS, Python, PHP, SQL, React JS, dan Swift.

Apa Saja Fitur-Fitur di Kotakode.com?

Fitur-fitur di kotakode.com cukup lengkap dan tentunya memenuhi ekspektasi para developer di Indonesia. Tentunya bagi teman-teman developer harus mencoba fiturnya seperti:

#1 Pertanyaan

Adanya fitur atau platform diskusi pemrograman di halaman website kotakode.com ini tentu saja membuat para developer semakin gampang dalam mengelola koding/coding dalam satu kesatuan baris yang utuh dan mempunyai arti tertentu sesuai keinginan.

Fitur pertanyaan ini nyatanya sangat membantu terutama bagi pemula yang masih bingung harus bagaimana memulai untuk belajar bahasa pemrograman. Dan jika ada kesulitan juga bisa dengan gampang untuk bertanya di forum ini, karena menurut analisis saya pasti isinya orang developer yang udah jago-jago semuanya.

Contohnya saya mencoba memanfaatkan fitur pertanyaan ini untuk menanyakan hal-hal apa yang bisa dilakukan untuk memulai belajar koding untuk website/bog. Berikut ini hasil screenshoot-nya yang saya ajukan di website kotakode.com setelah saya bergabung dengan komunitas programmer ini.

Ternyata setelah saya tanyakan di fitur pertanyaaan tersebut, ternyata beberapa anggota yang ada di komunitas kotakode tersebut membantu menerangkan pertanyaan saya tersebut dengan simpel, berbobot, serta responnya juga cepat. Akhirnya saya senang bisa punya teman sharing dan kalau seperti ini saya rasa tepat sekali jika kotakode.com menjadi pilihan untuk belajar koding.

#2 Blog

Di website kotakode.com ini juga terdapat fitur blog yang menurut saya sangat menarik untuk kita coba. Namun, untuk mencoba fitur blog ini maka tentu saja kita perlu mendaftar terlebih dahulu di kotakode melalui halaman website official mereka.

Di fitur blog ini kita bisa memperoleh info-info terbaru seputar IT dan programming yang up to date. Selain itu, fitur blog ini juga sebagai tempat bersantai bagi programmer untuk menjelajah hal seputar pemrograman dalam bentuk sumber referensi berupa bacaan, tutorial coding/proyek IT, serta berita-berita terbaru terkait framework coding.

Kita juga bisa menjelajahi blog berdasarkan waktu, apakah kita akan melihat info terkini baik itu di bagian populer, terbaru, mingguan, bulanan, bahkan tahunan. Semuanya lengkap ada di fitur ini.

Selain itu, kita bisa membuat blog di fitur ini dan memposting artikel/informasi penting seputar programmer dengan mudah. Penasaran, yuk kepoin langsung di halaman berikut: blog programming indonesia.

#3 Events

Ada juga nih fitur Events di halaman website kotakode.com yang berisi kegiatan-kegiatan produktif seputar programming dan IT. Kegiatan produktif ini seperti webinar pemrograman yang bisa diikuti oleh semua anggota komunitas kotakode.com. Jadi ayo manfaatkan fitur events ini untuk menambah wawasan dan kapasitas diri supaya menjadi programmer handal.

#4 Challenges

Fitur Challenges di kotakode.com ini sangat bagus sekali karena bisa menambah semangat para anggotanya melalui kompetisi coding (Kotakode Coding Competition) atau Kotakode Coding Festival 2.0 yang dimana kita bisa belajar, koding, dan memenangkan beberapa hadiah menariknya. Info selengkapnya bisa kamu lihat pada link berikut: https://kotakode.com/challenges.

Pengen Jago Koding? Yuk Daftar dan Belajar ke Kotakode.com Aja!

Membangun relasi dalam bisnis dan pertemanan apapun itu sangat penting dalam komunitas online maupun offline. Bergabung menjadi bagian dari kotakode.com tentu saja adalah pilihan tepat karena bisa menaikkan personal branding, serta mampu meningkatkan online portofolio agar mudah dilirik oleh tech recruiter. Maka dari itu, teman-teman bisa mendaftar dan membuat akun dengan mudah di kotakode.com. Caranya cukup gampang, silakan teman-teman klik menu sign up, lalu kemudian isikan username, email dan password sesuai keinginan teman-teman, lalu kemudian ikuti petunjuk selanjutnya. Saya rasa proses pendaftaran ini sangat mudah dan saya yakin teman-teman pastinya bisa.

Oya setelah akun kotakkode teman-teman berhasil di buat, kini teman-teman juga bisa melengkapi profil akun sesuka hati, bertanya kepada teman-teman komunitas jika ada permasalahan tentang koding yang tidak bisa dipahami sehingga butuh bantuan mereka, dan lain sebagainya. Mengikuti event-event dan challenges dari kotakode.com juga bisa teman-teman coba untuk menambah jam terbang dan juga melatih skill coding agar semakin mahir.

Terakhir dari tulisan saya ini maka saya mengajak kepada teman-teman blogger, penggemar dunia IT, agar di kehidupan era society 5.0 ini yang mulai masuk di Indonesia, maka kita harus mau dan siap mengikuti perubahan zaman yang serba cepat ini sehingga kita tidak tertinggal dengan teknologi mutakhir terbaru.

Menjadi programmer adalah pilihan terbaik untuk hidup di zaman yang serba digital seperti era society 5.0, dan belajar koding tentunya bisa dilakukan dimana saja, dengan siapa dan dengan media apa saja. Namun, untuk belajar koding dengan fasilitas yang terbaik dan dengan teman-teman komunitas yang solid maka saya menganjurkan belajar saja di kotakode.com, yuk segera bergabung oke?. Oya semoga ulasan saya ini bermanfaat untuk teman-teman blogger dan programmer di Indonesia. Sukses selalu untuk kita semua, Happy koding guys !

Sumber Referensi Pendukung Tulisan:

Taggs:
110 Comments
  • Dyah ummu AuRa 12:07 pm 14 Juni 2021 Balas

    Saat ini coding emang sedang naik daun ya mas. Dengan adanya kotakode.com ini jadi mempermudah orang-orang yang mau belajar coding dan berniat jadi programmer.

    • Wahid Priyono 4:23 pm 14 Juni 2021 Balas

      Setuju kak Dyah. Programming ke depannya nanti memang akan semakin naik daun dan progress karirnya sangat cerah. Kebutuhan dunia akan orang2 yang ahli di bidang koding ini tentu saja banyak dibutuhkan di perusahaan2 besar tingkat lokal, nasional maupun internasional. Beruntunglah kita yang masih mau belajar dan menekuni programming ini.

      • Fionaz Isza 7:40 am 23 Juni 2021 Balas

        Era digital makin lama makin canggih aja dan buat orang yang gaptek perkodingan kayak aq ini harus banyak belajar buat ngejar ketertinggalan. Tapi belajar di kotakode bakal makin mudah karena bisa belajar dirumah

        • Wahid Priyono 11:38 am 23 Juni 2021 Balas

          Iya betul kak, tuntutan zaman serba digital saat ini tentu kemampuan koding juga harus dimiliki ya. Tentunya kita sama2 harus belajar.

      • Masruhin 5:56 am 25 Juni 2021 Balas

        Selalu ada jalan bagi yg mau belajar. Termasuk belajar koding. Dan tidak ada kata terlambat bagi org yg masih semangat. Kotakode.com bisa jadi penyemangat buat saya yg mau belajar koding tapi modalnya cuma semangat… He he

    • Annie Nugraha 7:05 am 23 Juni 2021 Balas

      Baru ngeh kalau ada fitur BLOG nya. Jadi bisa nulis rame-rame disana seperti Kompasiana gitu ya?

      • Wahid Priyono 11:36 am 23 Juni 2021 Balas

        Yups betul kak, di fitur blog di kotakode.com tersebut memang betul kak bisa untuk menulis asal sudah menjadi member di komunitas kotakodenya kak. Bisa sharing pengatahuannya juga kak.

    • Amel 6:12 am 17 Juli 2021 Balas

      Menarik sekali untuk kenalan dengan katakode.com. Pemula seperti saya, bisa terbantu oleh komunitas. Mana gratis pula pendaftarannya.

  • diane 1:12 pm 14 Juni 2021 Balas

    lengkap juga ya fiturnya.. Sampe ada challenge juga.. Apalagi penggunanya udah banyak banget.. Auto pengen intip deh ke katakode dot com..

    • Wahid Priyono 4:20 pm 14 Juni 2021 Balas

      Yups kak, lengkap dan fitur2 kotakode-nya juga sungguh milenial banget nih. Sesuai harapan anak muda banget yang suka banget sama tantangan yang untuk uji nyali, skill dan mental…keren kok memang ini mah 😀

      • Sani 8:59 pm 16 Juni 2021 Balas

        Jadi. Ingat kawanku ada yg programmer. Dia bilang memang harus punya komunitas, jd bisa saling update dan saling mengisi. Kotakode wadah yg bgs untuk wadah para programer

  • Hani 3:00 pm 14 Juni 2021 Balas

    Aku tuh penasaran banget sama koding-kodingan. Tapi takut engga kesampaian otaknya untuk belajar…haha…Coba ah kepoin kotakode.com, siapa tahu Mamak kayak aku masih bisa belajar…

    • Wahid Priyono 4:18 pm 14 Juni 2021 Balas

      Hahaha, ada2 aja kak Hani ini, takut kepalanya “ngebul/berasap” ya kak? hehe 🙂 enggak kok kak, yang penting ada niat jadi programmer dan memang mau belajar sungguh2 pastinya bisa kok. Tekun, ulet, teliti itu juga modalnya.

    • Lia Yuliani 3:11 pm 23 Juni 2021 Balas

      Aku pun merasa begitu, mendengar kata koding kok kaya rumus-rumus matematika ya, hehe … Apa perlu ikutan aja or kepoin dulu Kotakode.com. Siapa tahu belajar koding jadi lebih mudah dipahami

  • Nurul Rahma 5:04 pm 14 Juni 2021 Balas

    Gegara drakor START UP, kayaknya banyak yg kepincut belajar koding ala Nam Do San 😀
    Asik nih, dunia koding dan IT makin membahana.
    Dan seruuu banget ada kotakode com ya

    • Moch. Ferry 6:47 pm 14 Juni 2021 Balas

      Belajar coding jadi ingat mas onny dengan kemampuan informatikanya. Menarik disimak..

      • Wahid Priyono 6:57 pm 14 Juni 2021 Balas

        Kalo mas Onny emang basic-nya di informatika ya? kerenlah yang sudah mastah koding hahaha 😀 progress karirnya juga keren tuh ke depannya.

        • Mutia Ramadhani 10:26 pm 14 Juni 2021 Balas

          Ada fitur blognya. Wkwkwk. Jadi berkaca pada diri sendiri yg ngoprek CMS aja gak bisa. Boro-boro yang lainnya. Wkwkwk. Harus ikutan katakode.com dan komunitasnya nih.

          • Wahid Priyono 9:49 am 15 Juni 2021

            Wah, kadang kalo udah error webnya baru nyesel ya kak ngapain tadi ngotak-atik koding2 HTML Javacript di theme website, hahaha. 😀 tuh, kan kak berarti belajar koding itu ternyata penting ya, wabil khusus buat kita para blogger. Setidaknya paham koding yang kiranya dibutuhkan saat membuat theme website atau editing theme.

            Btw, kalo mau lebih expert lagi bisa meminta bantuan dan bayar para mastah koding yang dah jago. Belajarnya jadi lebih cepat, tepat, dan efisiensi tenaga waktu dan pikiran. Kotakode.com juga bisa sarana untuk belajar dan menambah wawasan bersama teman-teman komunitas yang tersedia.

          • Mutia Ramadhani 1:21 pm 23 Juni 2021

            Hahahaha. Bener bangetttt itu. Pernah iseng ngoprek-ngoprek sendiri. Halaaaa, hasilnya blog tampilannya jadi eror. Dududu. Belajar pelan-pelan di Kotakode.com bisa jadi solusi cerdas.

  • Maria Soemitro 5:08 pm 14 Juni 2021 Balas

    koding, waduh keahlian adikku nih yang alumni dari sini
    karena bingung saya nggak pernah “nyentuh” hehehe
    baru kerasa waktu di awal Mei provider yang saya pakai enggak bisa buka gambarnya blogspot
    Kayanya saya harus gabung dengan kotakode.com ya?

  • Mutia Ramadhani 9:08 pm 14 Juni 2021 Balas

    Suami saya sekarang lagi ningkatin skill buat jadi backend developer, mungkin kurang lebih sama dengan backen programmer seperti yang Mas Wahid tulis di atas ya.

    Belajar coding sekarang mah sudah normal banget dimulai dari anak-anak, dan gak mengenal usia. Mau udah 30 up baru belajar juga gak masalah, yang penting niat dan serius.

    Asik nih kayaknya bisa join di komunitas kotakode.com. Bisa sharing ilmu dari mereka yang lebih tua dan senior di dunia percodingan.

    • Wahid Priyono 9:52 am 15 Juni 2021 Balas

      Wow keren nih suami kak Muti yang mau upgrade kemampuan programmingnya ke backend developer/programming, keren. Mudah-mudahan ilmunya makin bertambah dan bermanfaat untuk yang lainnya.

  • Lia Yuliani 4:31 am 15 Juni 2021 Balas

    Saat membaca judul soal koding, auto puyeng akunya Kak. Duh, aku nyerah soal begini. Pernah otak-atik blog masukin kode ini itu. Malah jadi aneh tampilannya. Akhirnya saya menyerahkan pada yang ahli aja.

    Saya suka tulisannya Kak Wahid, paparannya lengkap. Buat saya yang ngeblank soal koding jadi tahu dikit-dikit.

    • Wahid Priyono 9:47 am 15 Juni 2021 Balas

      Berarti skill koding ini sangat dibutuhkan ya kak, termasuk kita2 ini sebagai seorang blogger. Sehingga kejadian salah input koding saat oprek theme website dengan bahasa pemrograman seperti HTML Javascript jadinya gak bingung ya kan?

  • Dian 8:05 am 15 Juni 2021 Balas

    wah iya sekarang makin banyak ya kak yang mau belajar coding,
    klo aku kayaknya sudah nyerah duluan belajar coding, hehe
    tapi klo mudah seperti yang kakak tulis ini, aku jadi pengen nyoba

    • Wahid Priyono 9:46 am 15 Juni 2021 Balas

      yups kak, bisa belajar pelan-pelan kok kak di kotakode.com, ada banyak juga event2 menarik, challanges, pertanyaan/Q&A, microblog untuk berbagi di laman web kotakode.com.

    • Fenni Bungsu 5:27 am 17 Juni 2021 Balas

      Menurut daku memang harus tekun sepertinya belajar koding. Ngoprek html blog aja, kalau gak sabaran, bisa kacau semua haha.

      Dan sepertinya memang gak bisa instan belajarnya, harus rutin. Biar lebih menggigit hasilnya

  • Nanik Nara 9:29 am 15 Juni 2021 Balas

    Kini nggak cuma mahasiswa yang kuliah di jurusan TI aja ya yang bisa belajar coding. Seiring perkembangan TI, banyak tersedia platform untuk belajar koding, salah satunya katakode ini.

    Tapi sebelum belajar coding, sebaiknya belajar logika dan algoritma dulu. kalau alurnya sudah jelas, pengkodeannya akan terasa lebih mudah

    • Wahid Priyono 9:43 am 15 Juni 2021 Balas

      Terima kasih kak Nanik atas insight-nya yang wow bener. Yups, logika pemrograman dan algoritma memang perlu dipelajari juga kak nyambil langsung praktek ngoding. Buku yang algorithm itu ternyata tebel banget kak, duh kalo masuk otak semua bisa “berasap” gak ya itu? hehe.

    • Fenni Bungsu 3:04 pm 23 Juni 2021 Balas

      Siapa saja udah bisa kok belajar koding ya mbak . Yang penting ada kemauan buat belajar, dan tetap #SemangatCiee alias jangan rajin di awal, eh pas tengah-tengah sampai habis pelajaran malah ambyar hehe

  • Annie Nugraha 10:50 am 15 Juni 2021 Balas

    Salah satu media terbaik dalam proses belajar adalah bergabung dalam komunitas yang tepat ya. Sesuai dengan minat kita dan subyek apa yang ingin kita pelajari.

    Anak sulung saya kebetulan kuliah di bidang IT. Saya bagikan artikel ini ke dia. Siapa tahu bisa dishare juga ke teman-temannya buat tambahan pengetahuan dan pemahaman.

    • Wahid Priyono 12:01 am 16 Juni 2021 Balas

      Silakan kak bagikan artikel saya ini ke anak sulung kak Annie. mudah2an tertarik ya belajar di kotakode.com

      • Annie Nugraha 12:57 pm 17 Juni 2021 Balas

        Bagus sih katanya. Jadi memperluas pengetahuan juga. Yang seperti ini bisa jadi referensi untuk tugas akhir

        • Wahid Priyono 3:13 pm 18 Juni 2021 Balas

          Yups betul sekali kak @Annie, bisa untuk mendukung tugas akhir ya, belajar koding bisa dimulai dari sekarang tak kenal usia kok kak. Hehe.

  • Diah Alsa 12:25 pm 15 Juni 2021 Balas

    lengkap banget ya di kotakode ini, jadi pengen belajar coding lagi.. saya salah satu yang awal-awal ngeblog itu penasaran banget dengan coding dan sedikit belajar coding walau sering nyerah, cuma bisa kulit luar aja utak atik blog, kalau mentok ya cari tutorial lagi, tapi di kotakode ini bisa saling belajar ya, mau iih.

    • Wahid Priyono 12:03 am 16 Juni 2021 Balas

      yups betul kak. kan soal kita mau belajar kan bisa kemana aja dan oleh siapa saja. Bisa coba kotakode.com kak untuk mulai belajar2 IT dan koding untuk programmer

      • Diah Alsa 1:25 am 16 Juni 2021 Balas

        Iyah Kak, saya udah coba mampir lho di kotakode.com itu dan lihat dikit-dikit. Wew, salut, Timnya masih pada muda semua ya, jago koding semua, mantaap!
        harus cari waktu juga nih buat belajar, apalagi ada fitur blog ya, tahu banget ya Blogger itu rasa penasaran dan ingin tahunya tinggi 😀

        • Wahid Priyono 5:16 am 16 Juni 2021 Balas

          Iya betul kak…kotakode.com menurut hemat saya merupakan tempat yg tepat sekali untuk belajar koding.

  • Fenni Bungsu 1:07 pm 15 Juni 2021 Balas

    Ngotak-ngatik html blog udah bikin kleyengan juga hihi. Tapi senengnya memang kalau belajar ini memang harus sambil baca sambil praktik. Jadi mudah ditangkap.

    Apalagi ini udah ada Kotakode, yang membuat belajar koding gak perlu galau atau cemas takut ini itu ya. SemangatCiee belajarnya

    • Wahid Priyono 11:59 pm 15 Juni 2021 Balas

      yups kak belajar koding mudah2an akan semakin gampang karena sudah ada platform kotakode.com dengan banyak fitur lengkapnya.

      • Yuni Bint Saniro 3:08 pm 16 Juni 2021 Balas

        Mempelajari kode-kode itu rumit. Apalagi bagi orang yang dari sononya nggak pernah bersinggungan sama kode selain ngodein doi. Hehehe

        Tapi, kalau mau belajar otodidak alamat pusing duluan. Hehhe

        Katakode.com fiturnya lengkap ya. Bisa nanya2 juga.

        • Wahid Priyono 8:14 am 18 Juni 2021 Balas

          Hallo kak @Yuni, betul kak fitur2 di kotakode.com sangat lengkap menurut saya karena menyesuikan kebutuhan penggunanya. Patut dicoba nih !

  • Ratna Kirana 1:35 pm 15 Juni 2021 Balas

    Gak ada kata terlambat ya belajar coding hehe, apalagi ada banyak komunitas yang bisa membantu, salah satunya ini ya!

    • Wahid Priyono 11:57 pm 15 Juni 2021 Balas

      Betul sekali kak…belajar koding memang tdk ada batasan umur. semua orang bisa bergabung di kotakode.com untuk belajar bareng antar komunitas developer/programmer disana.

  • Ane 4:30 pm 16 Juni 2021 Balas

    Selama ini kalau lihat suami lagi ngoding saya lebih milih mlipir aja dong, kayaknya pusing sendiri deh lihatnya. Eh… ternyata si bungsu sekarang diam-diam suka asik ngoprek belajar coding sendiri. Kayaknya bagus nih dia gabung di kotakode biar banyak temen diskusinya.

    • Maria Soemitro 11:19 pm 16 Juni 2021 Balas

      hihihi karena rumitnampaknya ya?

      padahal selama kita menekuni dunia blogger penting banget tahu tentang coding.
      Minimal basicnya

      • Wahid Priyono 7:48 am 18 Juni 2021 Balas

        Hallo kak @MariaSoemitro, setuju kak setidaknya bisa basic coding saja sudah bagus saat memutuskan jadi seorang blogger. Misalnya saat oprec theme website pastinya butuh skill koding juga tuh…

    • Sumiyati Sapriasih 3:08 pm 17 Juni 2021 Balas

      Aku ga ngerti coding, tapi dari tulisan ini sepertinya menarik juga ya untuk bisa dipelajari, mau dong diajarin kak Wahid Priyono

      • Wahid Priyono 7:49 am 18 Juni 2021 Balas

        Hallo kak @Sumiyati, hehe, saya juga masih belajar koding pelan-pelan dan belum expert/pro banget hehe. Masih sering nyimak-nyimak obrolan mastah di kotakode.com 😀

  • Moch. Ferry 5:16 pm 16 Juni 2021 Balas

    Sepertinya asli baiknya memang belajar coding lebih maksimal di kotakode.com sehingga mahir.

    • Wahid Priyono 7:51 am 18 Juni 2021 Balas

      Iya betul mas Ferry, belajar koding di kotakode.com bisa saja dilakukan, karena banyak events seru, Q&A di forum pertanyaan, ikutan challangesnya juga boleh tuh !

  • Nurul Sufitri 6:35 pm 16 Juni 2021 Balas

    Wow, koding2an begini mah kalau aku jauh dari jangkauan hahahaha 🙂 Udah ga bisa memahaminya. Mungkin beda ya dg anak2 generasi zaman now yang sudah dibiasakan teknologi digital sejak kecil. Kalau mau belajar koding berarti tinggal ikutan di Kotakode aja ya hehehe. Btw seru juga ya ada challenge nya, jadi belaja koding makin bersemangat. Lengkap amat ulasannya, cakep, Mas Wahid.

    • Wahid Priyono 7:52 am 18 Juni 2021 Balas

      Yups kak, di era society 5.0 ini memang harus punya basic skill koding terutama untuk kita yang blogger2, supaya apa? ya supaya kapasitas diri kita bisa terupgrade skill dengan baik dan mengikuti perkembangan zaman yang ada. Biar kita sebagai manusia gak terdegradasi dengan teknologi.

  • Laela Dzuhria Wahyudo 7:12 pm 16 Juni 2021 Balas

    Dulu aku belajar html, java script itulah mas jaman SMP, rasanya memang puyeng belajar bahasa2 pemrograman tersebut ya. Cuma, menurut sy, ternyata koding ini sangat penting lho dipelajari, karena bisa menjadi skill kita dan bisa menjadi mata pencaharian suatu saat nanti. Blkgn sy jg srg lihat iklan untuk meng kursuskan bahasa koding untuk anak usia 4-6 th. Jadi kita harus berkembang sesuai zamannya sih.

    • Wahid Priyono 7:54 am 18 Juni 2021 Balas

      Wah mantap tuh di SMP-nya sudah belajar koding semacam html, javascript.. keren pastinya sudah dapet basic-nya tinggal nerusin lagi ke tingkat lanjut kak..

      Btw, yups, belajar koding memang penting sekali kak, terutama di era masyarakat society 5.0 ini. Perlu kiranya kita bisa adaptasi dengan percepatan di bidang teknologi programming saat ini.

    • Wahid Priyono 7:56 am 18 Juni 2021 Balas

      Btw, Bisa coba anak-anaknya diarahkan ke course di kotakode.com supaya lebih mahir koding pas dewasanya. Jadi mudah mengarahkan minat mereka saat kuliah/kerja nantinya.

  • FIRSTY UKHTI MOLYNDI 8:11 pm 16 Juni 2021 Balas

    kebetulan banget. mollly juga suka belajar programming nih. udah beberapa kali dapat beasiswa. kalo belajar programming mesti diulang2 biar mahir.

    • Wahid Priyono 7:57 am 18 Juni 2021 Balas

      Setuju kak, kemahiran suatu bidang apapun itu termasuk koding berasal dari adanya kemauan, niat, serta ulet dan tekun pastinya akan berhasil.

  • diane 8:12 pm 16 Juni 2021 Balas

    Kadang pengen banget nih belajar koding.. Cuma bayangin kayaknya bakal berlama-lama depan laptop gt gak sih..hehe..

    • Annisa Tang 6:25 am 17 Juni 2021 Balas

      Anak saya pernah ikut trial koding online tapi kebetulan baru 6 tahun dan belum lancar membaca juga, jadj agak kebingungan. Ntar kalau sudah 9 tahun baru didaftarin lagi biar maksimal dapatnya, heheheee.

    • Annisa Tang 6:25 am 17 Juni 2021 Balas

      Anak saya pernah ikut trial koding online tapi kebetulan baru 6 tahun dan belum lancar membaca juga, jadi agak kebingungan. Ntar kalau sudah 9 tahun baru didaftarin lagi biar maksimal dapatnya, heheheee.

      • Wahid Priyono 7:59 am 18 Juni 2021 Balas

        Hallo kak @Annisa, keren nih umur 6 tahun sudah trial koding online, mantap…nah, nanti bisa diarahkan untuk serius belajar koding kak. Boleh dicoba dan tanya2 dulu kak admin kotakode.com tuk info selanjutnya…

    • Wahid Priyono 7:58 am 18 Juni 2021 Balas

      Hallo kak @Diane, kalo belajar koding di depan laptop itu relative menurut saya kak, tergantung orangnya. Kalo belajar dan daya nangkapnya cepat saya rasa belajarnya juga lebih efektif dan sesuai kebutuhan saja.

  • Yasinta Astuti 5:52 am 17 Juni 2021 Balas

    Sekarang udah bukan industri 4.0 ya tapi udah 5.0 wah bener-bener harus upgrade diri. Pengen belajar koding, kayanya seru ya. Tapi emang harus spare waktu khusus untuk belajar dan praktek, jangan cuma disambi karena bakal lama bisanya. Nanti mau liat-liat kotakode ini di IG nya ahh, intip dulu mana tau bisa gabung

    • Wahid Priyono 8:01 am 18 Juni 2021 Balas

      Hallo kak @Yasinta, perubahan zaman dan teknologi memang semakin cepat sesuai kebutuhan manusia yang dinamis. Tentunya manusia sendiri juga harus mau meng-upgrade kemampuan dirinya, termasuk belajar koding apalagi sebagai blogger, maka basic koding sangat penting sekali. Yups, kak, bisa cek Instagramnya kotakode.com untuk lihat2 dulu informasi yang disajikan.

  • YSalma 7:59 am 17 Juni 2021 Balas

    Penasaran dengan koding. Tapi saya setidaknya harus punya sedikit dasar kalau mau gabung dengan kotakode. Tapi bagi yg menggeluti koding wajib gabung ke sini deh. Sebab akan semakin cepat bertumbuh kalau tergabung dalam komunitas ya.

    • Wahid Priyono 8:02 am 18 Juni 2021 Balas

      Yups kak kotakode.com bisa jadi sahabat para blogger dan juga programmer nih. Patut dicoba dan dikunjungi websitenya !

  • Dian 9:46 am 17 Juni 2021 Balas

    klo buat yang benar benar newbie seperti aku ini, apakah memungkinkan bisa gabung belajar koding di kotakode ya mas?

    • Wahid Priyono 8:04 am 18 Juni 2021 Balas

      Hallo kak Dian, bisa banget dong gabung belajar koding di kotakode.com. Bisa coba event-event menarik dari kotakode.com juga kak, jangan lupa cek juga kak sosmed kotakode ini untuk informasi koding yang sangat membantu tentunya.

  • Nurul Rahma 9:57 am 17 Juni 2021 Balas

    kalo mau eksis berkiprah di ranah digital, better belajar coding ya Kak.
    Nuhun utk rekomendasinya.
    MANTAB!

    • Wahid Priyono 8:05 am 18 Juni 2021 Balas

      Hallo kak Nurul, yups betul sekali kak @Nurul, ranah digital saat ini sedang digandrungi oleh para kaum milenial dan gen-Z. Bisa dapet cuan dari belajar koding juga. Btw, banyak juga kok perusahaan/instansi yang membutuhkan para pekerjanya yang pintar koding. Mantap gak tuh?

      • Bayu Fitri 2:45 pm 18 Juni 2021 Balas

        Keren ya ..konon yg jago coding pasti bnyk nih bisa dapat tawaran peluang pekerjaan hehehe.jadi cuan makin bnyk datang

        • Wahid Priyono 3:15 pm 18 Juni 2021 Balas

          Iya kak peluang kerjanya lebih terbuka lebar. Karena basic skill koding ini menurut saya juga mahal sekali. Karena tidak semua orang juga bisa. Tech rekruter biasanya banyak yang meliring bidang programming ini.

  • Maria Tanjung Sari 10:34 am 17 Juni 2021 Balas

    Sejujurnya saya gak paham sama koding sih mas, tapi mengapresiasi komunitas yang berkutat dengan koding. Saya pun kadang suka takut salah pas utak atik kode html di blog, hehehe

    • Wahid Priyono 8:07 am 18 Juni 2021 Balas

      Ya saya pun suka belajar koding dan kadang sukanya bisa gabung di komunitas itu bener2 bisa nambah wawasan kita, bahwa di atas langit masih ada langit biar kita gak berpuas diri terhadap apa yang sudah kita miliki saat ini. Kita butuh orang lain sebagai sarana belajar dan meningkatkan kapasitas diri.

  • Nurhilmiyah 11:01 am 17 Juni 2021 Balas

    Penting juga nih belajar koding ya di Kotakode, soalnya era Society 5,0 internet of things semuanya mengalami digitalisasi, mau gak mau kita juga harus bs jadi pemain di bidang ini gak hanya nonton aja ya Mas

    • Wahid Priyono 8:08 am 18 Juni 2021 Balas

      Yups, kak semuanya sekarang sudah banyak yang digitalisasi, sudah ada robot canggi/AI untuk mempermudah semua pekerjaan manusia. Namun, biar kita gak kalah dengan AI maka kita juga harus melek teknologi kekinia. Belajar pelan2 kak, sayapun gitu.

  • ha 2:03 pm 17 Juni 2021 Balas

    Kalo ngomongin tentang koding, jadi keinget masa-masa kuliah dulu. Dulu kuliah di jurusan IT, tiap hari harus ngoding. Tapi sekarang udah lupa hihi. Jadi pengen belajar ngoding lagi di Kotakode

    • Wahid Priyono 8:10 am 18 Juni 2021 Balas

      Wah keren nih kak Diko ngambil jurusan berbasis IT, seru ya kak belajar koding terus setiap hari, pasti makin bagus progressnya dong. 😀

  • Handiko Rahman Pebrianto 2:04 pm 17 Juni 2021 Balas

    Kalo ngomongin tentang koding, jadi keinget masa-masa kuliah dulu. Dulu kuliah di jurusan IT, tiap hari harus ngoding. Tapi sekarang udah lupa hihi. Jadi pengen belajar ngoding lagi di Kotakode

    • Wahid Priyono 8:10 am 18 Juni 2021 Balas

      Keren kak ada basic koding waktu di kampus. Semoga lanjut ke pro ya kak.

  • Fadli 2:59 pm 17 Juni 2021 Balas

    Banyak orang menganggap pemrograman itu sulit, tapi kalau ada tempat bertanya dan berbagai seperti Kotakode, saya kira jadi lebih mudah

    • Wahid Priyono 8:11 am 18 Juni 2021 Balas

      Setuju mas Fadli, adanya website kotakode.com tentu saja harus dimanfaatkan oleh teman-teman blogger dan publik untuk belajar koding serta menambah wawasan dengan teman-teman komunitas online disana. Seru pastinya asal ada niat, kemauan dan tekun saja sudah pasti oke progress ke depannya.

  • Rania Fardyani 3:58 pm 17 Juni 2021 Balas

    Pengen belajar coding tapi udah jiper sama bayangan ‘puyeng’nya @.@
    Kayaknya nanti anak saya mau saya arahkan ke coding nih, yang menguasai coding akan menguasa masa depan
    Semoga kotakode masih ada waktu anak saya belajar coding ya

    • Wahid Priyono 8:12 am 18 Juni 2021 Balas

      Setuju kak, bisa koding tentu bisa jadi peluang bagus untuk menyambut dan hidup di era society 5.0.

  • Maria Tanjung Sari 1:02 pm 18 Juni 2021 Balas

    Kalau saya belajar pemrograman sederhana dulu nih mas yaitu kode html blogger, hihihi. Tapi salut sama orang orang yg mau menekuni pemrograman

    • Wahid Priyono 3:12 pm 18 Juni 2021 Balas

      Iya mbak, siapa yang bisa menguasai/mahir teknologi, maka dialah yang akan menguasai dunia. Sehingga untuk mencapai hal ini tentu saja butuh skill khusus seperti programming untuk mendukung bisnis dll.

  • Siti Nurjanah 9:06 pm 18 Juni 2021 Balas

    aku sempat berasumsi kalau koding itu cukup rumit, jika ada kesalahan kadang mencari (BUG) nya dibutuhkan ketelitian.
    Tapi memang koding ini juga bisa sebagai sarana untuk berlatih dan melihat logika untuk membangun suatu algoritma
    Platform kotakode.com terlihat cukup membantu bagi yang ingin mendalami dan belajar dunia koding ya

    • Wahid Priyono 11:01 pm 21 Juni 2021 Balas

      Yuk kak perlu belajar rutin secara berkala kalo mau mahir di bidang programming.

      • Emma 5:20 am 23 Juni 2021 Balas

        Saya baru belajar blog aja baru sedikit-sedikit, nah untuk coding kayaknya kudu tatap muka atau belajar dari tutorial yutub mungkin sedikit paham tapi tetap harus semangat belajar

        • Wahid Priyono 11:40 am 23 Juni 2021 Balas

          yups kak, belajar dimana saja bagus kok untuk menambah wawasan. Belajar di kotakode dengan komunitas juga bisa jadi pilihan..

  • Okti Li 8:36 pm 22 Juni 2021 Balas

    Pernah buka sedikit “dalemannya” blog, wah ternyata tumit sekali. Jaman Multiply saya belajar ke sesama teman. Cara yg cetek aja seperti ganti header, dan itu kode html dll kodenya bikin pusing saja… Wuih gak kesampaian pokoknya. Hehehe …
    sekarang bisa belajar dengan sesama komunitas di tempat yang benar, kesempatan bagus banget dong ya

  • Moch. Ferry Dwi Cahyono 6:15 am 23 Juni 2021 Balas

    Belajar coding membantu pengalaman informasi teknologi maksimal. Saya perlu mas wahid membaca seperti ini karena awam.

    • Wahid Priyono 11:37 am 23 Juni 2021 Balas

      iya betul mas, untuk menambah pengetahuan kita biar lebih melek koding.

  • Susindra 11:38 am 23 Juni 2021 Balas

    Kalau baca tentang belajar coding, saya selalu ingat anak lanang yang saya ingin ia belajar itu. Kayaknya lebh baik daripada kegiatan bermainnya.
    Dan ternyata di kotakode juga mengakomodir kebutuhan blogger yang memang butuh belajar kode kalau mau blog/web-nya bagus.

    • Wahid Priyono 11:53 am 23 Juni 2021 Balas

      setuju sekali kak Susindra. Memang perlu belajar koding memang, sudah jadi kebutuhan bagi para blogger dan programmer…

  • Dian 12:53 pm 23 Juni 2021 Balas

    coding menjadi salah satu skill yg wajib dikuasi utuk saat ini ya mas
    beruntung sekarang sudah ada
    Kotakode yang buat bljr coding makin mudah

  • onny putranto 1:54 pm 23 Juni 2021 Balas

    Dulu waktu belajar coding PHP saya sampai rela kursus, sekarang dengan adanya forum dan komunitas online kotakode dengan berbagai fitur dan menu yang dijanjikan, kita lebih mudah belajar dan berbagi dengan sesama para programmer

  • Dian Restu Agustina 2:01 pm 23 Juni 2021 Balas

    Setuju jika kita harus mau dan siap mengikuti perubahan zaman yang serba cepat sehingga tidak tertinggal dengan teknologi terkini. Terima kasih info lengkapnya seputar Kotakode, saya coba tawarkan ke anak sulung yang kelas X SMA dia tertarik dengan IT

  • Desi 2:48 pm 23 Juni 2021 Balas

    Kebetulan banget aku lagi pengen belajar coding, makasih infonya, kak

  • ovie 4:53 pm 23 Juni 2021 Balas

    Seru banget belajar koding di kotakode. Selain belajar dan diskusi ada challengenya juga. Secara kalau ada tantangan aku lebih semangat hehee.
    Makasih kak infonya tentang tahapan untuk belajar koding.

    • ge maulani 5:34 pm 23 Juni 2021 Balas

      Waaah akhirnya kumenemukan informasi yang kubutuhkan tentang di mana tempat belajar koding atau pemrograman yang asyik dan lengkap. Ternyata ada yang namanya kotakode ya. Auto mau kepoin lebih lanjut soalnya tertarik buat belajar pemrograman lagi hehe

  • Akarui Cha 5:38 pm 23 Juni 2021 Balas

    Belajar koding ini identik dengan kaum adam sih. Ilmu yang bertahan terus diposisi “ilmu yang dibutuhkan” sejak perkembangan teknologi makin berkembang.

    Semoga dengan belajar di kotakode.com, makin mahir ngodingnya nih teman teman yang sedang belajar koding.

  • Akarui Cha 5:39 pm 23 Juni 2021 Balas

    Belajar koding ini identik dengan kaum adam sih. Ilmu yang bertahan terus diposisi “ilmu yang dibutuhkan” sejak perkembangan teknologi makin berkembang.

    Semoga dengan belajar di kotakode.com, makin mahir ngodingnya nih teman teman yang sedang belajar koding. Semangat.

  • Narasi Nia 8:39 am 28 Juni 2021 Balas

    Pengen gabung kotakode, tapi insecure karena sama sekali gak bisa coding 😅

    • Lasmicika 6:23 am 1 Juli 2021 Balas

      Setuju banget. Belajar koding memang harus sama guru atau master ahli. Dunia koding itu luas banget ternyata. Kalau ngga ada guru, bingung mulainya dari mana. Saya awal2 ngeblog nih, mau betulin template aja bingung kalau cuma baca tutorial dari gugel. Alhamdulillah ada teman yang bantuin dan sampai sekarang saya jadikan guru ngeblog. Kalau ada web khusus belajar koding beserta gurunya, pasti sangat membantu.

  • Lasmicika 6:25 am 1 Juli 2021 Balas

    Setuju. Belajar koding memang sebaiknya ada guru biar lebih mudah. Kalau ada web khusus belajar koding beserta gurunya pasti sangat membantu.

  • Nita Juwithafina 6:00 pm 2 Juli 2021 Balas

    Menarik nih, ku jadi kepo apa saja yang ada di dalamnya. Bisa di katakan ini stackoverflow nya indonesia gt ya mas?

Write a comment