Wahid Priyono

Bloger

Web Designer

Influencer

Freelancer

Teacher

Writer

Content Creator

Badminton Lovers

Wahid Priyono

Bloger

Web Designer

Influencer

Freelancer

Teacher

Writer

Content Creator

Badminton Lovers

#BlogPost

Pengalaman Saya Membangun Personal Branding Bersama Rumahweb, Auto Jadi #NaikLevel !

1 Mei 2023 Teknologi
Pengalaman Saya Membangun Personal Branding Bersama Rumahweb, Auto Jadi #NaikLevel !

Di era digitalisasi masyarakat society 5.0 (masyarakat super pintar), maka sudah banyak orang yang menyadari akan pentingnya internet bagi kehidupan. Bahkan dengan internet seseorang bisa meningkatkan personal branding serta mendapatkan penghasilan tambahan (passive income) dengan jumlah fantastis.

Penghasilan tambahan dari internet tersebut bisa diperoleh dengan berbagai macam cara. Misalnya dengan memasang iklan di blog/website, bisnis affiliate, penjualan produk/jasa, pembuatan fitur aplikasi online, jasa penulisan konten artikel/video, menjadi seorang youtuber, content writer, kerjasama content placement di blog, dan masih banyak yang lainnya.

Semua penghasilan tambahan di atas bisa diperoleh dengan mudah jika kita sudah tahu caranya serta punya personal branding yang kuat.

Lalu apa sebeneranya personal branding itu dan bagaimana cara untuk membangunnya? mari kita simak pada pembahasan di bawah ini.

Mengenal Apa Itu Personal Branding?

Menurut Erwin dan Tumewu dalam buku Personal Brand-Inc, personal brand yaitu suatu kesan yang berkaitan dengan keahlian tertentu, perilaku maupun prestasi yang dibangun oleh seseorang baik secara sengaja maupun tidak sengaja dengan tujuan untuk menampilkan citra dirinya.

Dan pastinya setiap individu ditakdirkan oleh Tuhan dengan keunikannya masing-masing. Artinya punya bakat, minat, passion atau hobi yang kadang tidak sama. Dan dari keunikan inilah seharusnya setiap orang mengerti akan potensi yang dimiliki serta bisa dikembangkan sesuai kebutuhan.

Dengan bisa mengembangkan keunikan tersebut juga maka seseorang akan semakin tahu bagaimana membangun personal branding pada dirinya, sehingga berpotensi juga untuk menjadi nilai jual tinggi (good value).

Bagaimana Cara Membangun Personal Branding dengan Tepat?

Berikut ini cara tepat yang bisa dicoba oleh teman-teman semuanya untuk membangun personal branding menurut versi saya:

#1. Menentukan Citra Diri Positif Yang Bisa Dikenali

Personal branding maupun pencitraan sekilas seperti terlihat sama. Padahal, keduanya tentu sangat berbeda.

Personal branding bisa diartikan sebagai gambaran dari keunikan setiap orang bisa berupa pencapaian di bidang tertentu (prestasi), passion, kelebihan/keunggulan pada suatu bakat dan minat tertentu, bahkan bisa kepada cita-cita di sepanjang perjalanan hidup.

Personal branding cenderung menunjukkan karakter sebenarnya pada diri seseorang, sehingga citra tersebut dapat menempel pada kurun waktu cukup lama.

Sedangkan pencitraan dapat diartikan sebagai gambaran karakter seseorang yang secara sengaja ingin ditampilkan dengan cara memanipulasi karakter sebenarnya. Oleh karena itulah, kesan yang ditunjukkan terkadang nampak seperti tidak sesuai dari karakter asli yang ada pada dirinya sendiri. Maka sebuah pencitraan terkadang relatif tidak dapat bertahan lama, sebab mengandung risiko.

Mulai dari sekarang penting sekali kita menetapkan citra diri seperti apa yang kita inginkan ketika orang lain melihat sosok pada diri kita sendiri. Kita perlu memastikan bahwa impresi tersebut tidaklah bersifat pura-pura yang pada akhirnya akan berujung menenggelamkan nama dan karir di kemudian hari.

#2. Mengenal Keunikan Pada Diri Sendiri (Interpersonal)

Cara membangun personal branding tentu berkaitan dengan poin sebelumnya di atas. Untuk memutuskan personal branding apa yang ingin ditampilkan, tentu saja kita perlu mengenali terlebih dahulu keunggulan serta apa yang menjadi keunikan diri kita sendiri.

Mengetahui apa yang menjadi minat, bakat, kelebihan, atau keunikan pada diri sendiri adalah modal awal untuk mempermudah langkah berikutnya. Jika kita tidak mengasah modal awal tersebut, maka hal tersebut tidak lantas menjadi personal branding seperti yang diharapkan.

Sebaliknya, kitapun tidak perlu berkecil hati apabila termasuk orang tidak memiliki kemampuan/skill khusus. Tugas kita adalah perlunya memperkaya informasi, terus belajar upgrade skill serta mempelajari pekerjaan kekinian apa yang paling banyak dibutuhkan serta nyaman untuk dikerjakan. Tentukan juga target (goal setting) apa yang ingin dicapai, kemudian mulailah untuk membekali diri dengan keterampilan/skill yang dibutuhkan pada bidang kerja yang diincar.

#3. Mengasah Keterampilan Untuk Memperkuat Personal Branding

Masih erat kaitannya dengan dua poin di atas, bahwa mengasah keterampilan merupakan komponen penting lainnya untuk membangun citra diri positif (personal branding). Memaksimalkan potensi diri dengan melakukan berbagai aktivitas positif yang mendukung dalam karir adalah hal yang begitu penting.

Kita bisa memperkuat personal branding dengan cara mengikuti pelatihan formal maupun kursus online yang banyak tersedia di internet. Pilihlah pelatihan/kursus sesuai bidang yang kita tekuni dan tentunya kelak akan menjadi penguat personal branding kita.

Jangan lupa juga, pasca mengikuti pelatihan/kursus tertentu, aplikasikan wawasan/hasil karya yang sudah kita dapatkan ke dalam bentuk aksi nyata yang bisa berdampak positif bagi masyarakat, bangsa dan negara.

Sebagai contohnya jika kita berkeinginan menjadi seorang online marketer profesional dan hanya mengikuti teori di ruang latihan/kursus saja tentunya tidak akan cukup mengukur sudah sejauh mana kesiapan untuk dilihat sebagai seorang online marketer sesungguhnya. Maka kita perlu melakukan aksi nyata dengan mencoba membuka toko online sendiri berbasis website/blog.

Akan tetapi apabila modal yang diperlukan cukup besar, maka kita bisa bergabung atau kerjasama dengan pihak lain atau saling kolaborasi bersama teman untuk membangun bisnis. Atau kita juga bisa melamar kerja sebagai online marketer di sebuah badan usaha atau bisnis di bidang tertentu. Solusi lainnya yang menarik bisa kita coba misalnya dengan mengikuti kelas/program magang/internship yang saat ini banyak ditawarkan di internet.

#4. Menentukan Target Audiens Yang Jelas

Menentukan target pasar/pengguna (target audiens) yang jelas dan tepat adalah langkah sangat tepat untuk membantu kita untuk menentukan langkah selanjutnya. Sebagai contohnya jika kita telah bekerja di perusahaan X sebagai seorang content writer selama 5 tahun. Lalu dikemudian hari kita ingin resign (pindah kerja) di perusahaan Y dengan gaji lebih besar sebagai senior content writer serta mengembangkan karir di sana.

Begitu kita telah mematok perusahaan Y sebagai target audiens, maka langkah selanjutnya kita juga perlu kiranya untuk mencari informasi lebih tentang perusahaan Y tersebut. Kita perlu tahu content writer seperti apa yang mereka butuhkan? Apakah pengalaman kerja selama 5 tahun di perusahaan X tersebut sudah cukup untuk membantu perusahaan terus berkembang?

Bahwa intinya dalam mengenali lebih dalam karakter target audiens, dalam hal ini perusahaan Y dan diri sendiri merupakan hal yang begitu penting sebagai salah satu bekal kita untuk terus menguatkan bargaining power. Perkecil juga gap antara diri kita dengan perusahaan Y tersebut untuk memperkecil pula kemungkinan mereka menolak kita berkerja disana. Intinya kita harus terus menjaga silaturahim dengan perusahaan Y tersebut dan tahu peluang apa yang bisa kita ambil pelajarannya.

BACAAN LAINNYA:  Untung Ada Kotakode.com, Belajar Koding Jadi Semakin Gampang !

#5. Menampilkan Lebih Banyak Portofolio

Ada istilah menarik di dunia digital marketing yaitu “Action speaks louder words“. Aplikasikan sebuah keterampilan yang kita miliki dengan lebih banyak menampilkan portofolio. Misalnya saja jika kita adalah seorang content writer di sebuah perusahaan tersebut. Maka hasil kerja berupa karya tulisan yang kita buat tersebut mungkin hanya akan terlihat oleh orang-orang yang ada di lingkungan kerja tersebut. Dan jika nantinya kita ingin berpindah ke perusahaan lainnya, maka kita cenderung akan jauh lebih sulit untuk menjelaskan kualitas diri kita kepada perusahaan baru tersebut.

Hal di atas tentunya akan jauh berbeda jika kita mempunyai portofolio yang bisa diakses secara luas oleh publik. Untuk kita maka kita perlu mempunyai blog dengan domain dan menyewa hosting dengan kapasitas bandwith tertentu. Dengan kita menuliskan portofolio serta pencapaian/prestasi yang sudah kita miliki di platform blog/website personal, maka hal ini akan memberi kesempatan orang lain di luar kantor untuk mengetahui potensi keterampilan/skill yang kita miliki.

Dengan kata lain, jika kita semakin mengukuhkan personal branding diri sendiri sebagai seorang content writer, maka suatu hari nanti apabila ada klien atau saat kita mendaftar kerja di perusahan lain dengan posisi serupa, maka portofolio tersebut akan menjadi senjata ampuh untuk memperluas peluang kerja sama dalam jangka waktu lama.

#6. Memperluas Networking

Cara tepat untuk membangun personal branding berikutnya yaitu melalui perluasan relasi (networking). Networking ini bisa dilakukan melalui perluasan jejaring pertemanan. Networking sangatlah penting untuk membuka lebih banyak pengalaman, wawasan terhadap dunia luar, bahkan memberi kesempatan serta peluang besar diri kita untuk terus tumbuh dan berkembang.

Dalam pergaulan maka sebaiknya kita tidak hanya terpaku ingin berkumpul dengan satu kelompok tertentu saja. Teruslah memperluas networking dengan banyak orang, sebab hal ini bisa menambah banyak relasi/kolega dari kelompok lain dengan background berbeda-beda.

Sebab akan ada banyak keuntungan melalui networking ini. Kita akan mendapat lebih banyak teman atau rekan untuk berdiskusi atau bekerjasama dalam sebuah proyek tertentu. Selain itu, kita pastinya akan memperoleh lebih banyak ilmu baru (wawasan) dari berbagai sudut pandang berbeda yang mungkin tidak pernah kita sadari sebelumnya.

Networking bisa saya katakan sebagai salah satu pintu menjemput rezeki. Misalnya, kamu adalah seorang bloger dan mempunyai teman yang bekerja sebagai seorang penulis. Teman tersebut kemudian mempunyai seorang klien yang memerlukan jasa penulisan sebuah artikel dan dia merekomendasikan kamu. Jika klien tersebut nantinya puas dengan hasil kerjamu, bukan tidak mungkin dia akan kembali menggunakan atau merekomendasikan jasa penulisanmu tersebut kepada orang lain yang membutuhkan (bisa dari mulut ke mulut). Inilah yang disebut sebuah networking bisa memiliki dampak positif bagi pengembangan personal branding untuk jangka waktu yang lama.

#7. Memanfaatkan Banyak Platform Digital

Membangun personal branding di era masyarakat society 5.0 seperti sekarang ini bukanlah sesuatu hal yang sulit. Kehadiran teknologi digital ternyata bisa membantu kita dalam berbagai hal di dalam kehidupan ini. Teknologi digital bisa kita analogikan sebagai “senjata powerful” yang bisa menaikkan personal branding kita. Teknologi digital sekarang hadir bisa dipakai secara gratis, seperti Linkedin, Facebook, Instagram, Twitter, Tiktok, dan masih banyak platform lainnya.

Beragam platform digital di atas bisa menjadi alat yang sangat ampuh untuk memperluas kerjasama dengan pihak lain (networking) sekaligus menjadi sarana media untuk memamerkan portofolio dan pencapaian-pencapaian penting di dalam hidup. Gunakan platform media sesuai kebutuhan untuk meningkatkan personal branding.

Sebagai contohnya, jika kita bekerja di bidang fotografer, maka platform digital yang tepat untuk memperkenalkan personal branding yaitu website/blog personal, Instagram, Halaman Facebook, Twitter, dan TikTok. Sementara itu, jika kita adalah seorang business analyst di sebuah korporasi besar, maka kita bisa memanfaatkan platform yang tepat untuk membangun personal branding yaitu di Linkedin.

Intinya untuk membangun dan meningkatkan personal branding agar semakin melejit, maka pilih platform media digital sesuai dengan target audiens yang ingin dicapai. Jangan lupa juga untuk terus mempelajari bagaimana cara memaksimalkan platform tersebut supaya personal branding semakin tercapai sesuai harapan.

Apa Sajakah Tips Membangun Personal Branding?

#1. Sebaiknya Menggunakan Nama Akun Sama di Semua Media Sosial Yang Dimiliki

Ketika membangun personal branding, maka kita perlu kiranya paham terlebih dahulu bahwa nama akun pada sebuah sosial media adalah sebuah brand. Dengan begitu untuk membangun dan memperkuat personal branding, maka kita harus menggunakan nama akun yang sama di semua platform media sosial yang dipakai.

Hal ini tentunya bertujuan untuk mempermudah kolaborasi dan komunikasi dengan orang-orang sekitar untuk mengenali/mencari konten relevan terkait tentang diri kita di media sosial.

#2. Mengenali Kelebihan, Keunggulan dan Kekurangan Pada Diri Sendiri

Mengenali kelebihan, keunggulan serta kekurangan pada diri sendiri adalah bagian penting untuk membangun personal branding. Dengan kita semakin mengetahui kelebihan dan kekurangan pada diri sendiri maka kita tahu langkah apa untuk mengembangkan personal branding tersebut. Kita perlu berfokus pada kelebihan untuk kemudian dijadikan senjata utama untuk melejitkan potensi sehingga berdampak positif bagi lingkungan sekitar.

Memang di dunia ini tidak ada manusia sempurna akan tetapi dalam membangun personal branding positif, maka langkah paling baik adalah mulailah kita menonjolkan nilai lebih seperti prestasi dan portofolio yang mendukung, serta senantiasa terus mengasah diri dari waktu ke waktu.

#3. Membangun Interaksi/Komunikasi/Kolaborasi Positif, Yang Baik Dengan Audiens

Di era digital masyarakat 5.0 saat ini, interaksi positif seperti komunikasi dan kolaborasi merupakan hal penting. Kata “branding” sering orang menilainya sebagai ranah personalitas atau kepribadian yang sering dibuat-buat (tidak asli). Namun, perlu diingat bahwa saat kita berhubungan langsung dengan orang-orang di media sosial maka kita penting untuk menunjukkan sisi keaslian kita. Berupayalah untuk jujur dan tetap rendah hati dengan orang-orang sekitarnya.

Tentunya kita juga perlu memperhatikan tingkah laku dan gaya bicara saat berkomunikasi atau berkolaborasi dengan orang lain baik saat online di media sosial maupun saat di dunia nyata.

BACAAN LAINNYA:  4 Manfaat AI Credit Scoring Bagi Pelaku Bisnis UMKM dan Lembaga Penyelenggara Layanan Pendanaan Masyarakat

Dengan menunjukkan personal branding melalui attitude yang bagus, maka hal ini juga tidak hanya akan membuat kita nampak terlihat ramah, tetapi menunjukkan bahwa kita terlihat benar-benar tulus dalam segala hal yang dikerjakan. Dampak positifnya biasanya kita akan mendapatkan tawaran kerjasama secara kontinyu.

#4. Mengonsultasikan Dengan Agensi Atau Ahlinya Langsung

Membangun personal branding tidaklah gampang, tapi bukan berarti kita tidak bisa mengerjakannya. Kita pasti bisa membangun personal branding dengan terus belajar lebih giat.

Jika dalam perjalanan membangun personal branding kita menemukan jalan buntu, maka kita bisa meminta bantuan dengan seorang profesional atau yang ahli di bidangnya, tentu sesuai keluhan kita. Lakukan konsultasi terkait masalah, kendala dan persoalan yang dihadapi dengan sebuah rekan lain yang kompeten/agensi khusus.

Bisa jadi dengan meminta bantuan kepada rekan lain atau agensi yang kompeten, tentu bisa saja menjadi langkah besar untuk membangun personal branding kita semakin lebih bagus lagi ke depannya.

Hal-hal yang perlu kita ingat saat akan membangun personal branding harus benar-benar dijalani dengan tuntas. Sebab, konsep personal branding bukan memasang wajah palsu, akan tetapi harus menjadi versi terbaik dari diri kita sendiri. Tunjukkanlah kelebihan/keunggulan serta teruslah kita mengasah kemampuan tiada henti.

Untuk mengasah kemampuan maka kita bisa mengikuti berbagai hal/kegiatan untuk pengembangan skill personal (hard skill maupun soft skill). Dalam upaya untuk meningkatkan hard skill misalnya kita bisa mengikuti online course di bidang Teknologi Digital seperti penguatan Artificial Intelligence (AI), Bahasa Pemrograman (HTML, Java Script, Phyton, PHP, dan lain sebagainya), Manajemen Pemasaran dan Penjualan, Bisnis Digital, dan lain sebagainya. Jika hard skill ini telah kita penuhi, maka penting juga kita meningkatkan soft skill seperti Managemen Kepemimpinan, kursus seputar Business Communication, dan masih banyak yang lain.

Pengalaman Saya Membangun Personal Branding Bersama Rumahweb

Sudah hampir 8 tahun sejak 2015 sampai hari ini di tahun 2023 saya masih setia menggunakan jasa dari Rumahweb untuk membangun personal branding melalui layanan domain dan hostingnya. Rumahweb bagi saya adalah keluarga, karena sudah sangat lama menemani perjalanan ngeblog dan bisnis online saya dari internet hingga menghasilkan pundi-pundi rupiah untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Rumahweb menurut saya adalah penyedia jasa hosting dan Domain murah dengan kualitas yang tidak diragukan lagi.

Saya menyadari bahwa, membangun personal branding saat ini sangatlah penting demi melakukan hal citra diri yang positif ke masyarakat luas.

Pada akhirnya nanti personal branding ini juga bisa melahirkan berbagai macam kerjasama dengan brand serta bisa memperoleh penghasilan tambahan yang terus mengalir dari waktu ke waktu.

Contohnya saya membangun website bersama Rumahweb dengan nama domain wahidpriyono.com, tipspetani.com, toko.tipspetani.com, resepmpasi.com, gantungraket.com bertujuan untuk membangun personal branding sesuai dengan profil diri dan minat yang saya tekuni selama ini.

Paket domain dan hosting yang saya order/beli di Rumahweb sangat ampuh menaikkan personal branding saya. Jadi #NaikLevel. Terimakasih RumahWeb Indonesia Sudah Menemani Perjalanan Ngeblog Saya dari Tahun 2015 – 2023.

Dari mendaftarkan nama domain dan hosting di Rumahweb maka seiring waktu personal branding saya semakin terbentuk. Saya bisa memperoleh penghasilan tambahan dari website-website tersebut baik melalui content placement, jasa link building dengan korporasi/perusahaan besar, bisnis afiliasi, Google AdSense, dan masih banyak yang lainnya.

Membangun blog/website berbahasa inggris (blog bule) yang menggunakan domain dan hosting di Rumahweb ternyata masih bisa memperoleh penghasilan tambahan dari internet. Cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, agar dapur tetap ngebul.

Karena basic saya adalah seorang guru dan juga pekebun, maka saya membuat domain dengan nama saya pribadi (wahidpriyono.com dan tipspetani.com), sehingga di domain tersebut saya bisa menuliskan aktivitas saya sehari-hari sebagai seorang pekebun atau guru, mengisi tulisan-tulisan/tugas-tugas siswa dan seputar pendidikan, sebagai wadah untuk mengikuti lomba-lomba menulis blog, membuat portofolio, dan lain-lain.

Dari menulis di blog yang saya ternak tersebut, maka banyak juga orang yang merasa terbantu dari kehadiran tulisan saya. Terkadang ada orang-orang yang belum saya kenal di internet, langsung berkomentar atau bertanya-tanya seputar artikel yang sudah saya tulis. Bahkan beberapa kali saya mengenal banyak orang dan tawaran kerjasama karena berkat tulisan-tulisan yang saya posting di blog.

Karena setiap profesi/pekerjaan apapun itu yang sedang kita geluti, maka sebaiknya kita harus tetap mempunyai personal branding agar semakin kredibel, mudah dilirik oleh brand, mudah dalam mendaftar kerja, dan lain sebagainya.

Oya, saya punya pengalaman pernah lolos tahap 1 Guru Penggerak Kemendikbudristek angkatan 7 di tahun 2022 berkat saya menyantumkan portofolio dan prestasi-prestasi menulis di website-website yang saya hostingkan di Rumahweb. Bahkan website-website yang saya bangun di Rumahweb saya cantumkan saat mengisi essai di formulir registrasi Guru Penggerak di aplikasi SIMPKB guru, dan alhamdulillah lolos seleksi tahap 1. Dugaan saya benar bahwa, semakin banyak hal positif termasuk prestasi/portofolio yang ada pada diri kita, maka orang lain akan melirik dan mempertimbangkan keunggulan kita diantara yang lainnya.

Saat kuliah Pendidikan Profesi Guru (PPG) Dalam Jabatan tahun 2022 lalu, saya termasuk dari banyak guru yang terkenal sebagai seorang bloger dikalangan guru, karena saya sering mengirimkan artikel-artikel pendidikan seputar kegiatan PPG yang saya posting di blog saya ke group WA kelas PPG Daljab. Semua artikel itu saya tulis di website-website yang saya hostingkan di Rumahweb dan memiliki dampak besar bagi kehidupan saya, termasuk karir dan bisa membantu saya memperoleh penghasilan tambahan (passive income) dari internet.

Peserta PPG Daljab Biologi Universitas Khairun Ternate Maluku Utara
Saya Sedang Kuliah PPG Daljab Biologi Universitas Khairun Ternate Maluku Utara

Atau karena saya memenangkan beberapa kali lomba menulis/blog (bukan bermaksud pamer), saya juga semakin dikenal di kalangan guru dan murid di sekolah bahkan di kalangan teman-teman bloger dan orang-orang di kampung saya. Ini semuanya berkat personal branding yang dibangun dengan menggunakan domain dan hosting dari Rumahweb. Bisa dilihat hasilnya disini My Achievements.

Membangun personal branding dengan mendaftarkan nama domain ke Rumahweb adalah cara tepat yang bisa kita lakukan jika kita ingin melejitkan potensi di berbagai platform digital.

BACAAN LAINNYA:  BRI Sebagai Inisiator ESG di Indonesia: Mengintegrasikan Lingkungan, Sosial, dan Tata Kelola

Saran saya untuk teman-teman pembaca yang ingin membangun personal branding melalui paltform digital berupa blog/website, maka saya merekomendasikan sebaiknya menggunakan jasa domain dan Hosting dari Rumahweb. Mengapa hal ini penting?

  • Sekarang semua hal yang berkaitan dengan keterampilan (skill), minat bakat tidak lagi hanya disembunyikan. Orang lain juga perlu tahu apa saja hal positif yang kita miliki;
  • Sekarang sudah era digital, dari personal branding yang dibangun dengan tepat maka akan melahirkan cuan dari hasil jual konten (foto, video, artikel, dll);
  • Dari personal branding di web/blog yang kita kembangkan maka berpeluang menciptakan banyak job bersama brand tertentu, banyak relasi (networking) dengan berbagai instansi/orang di dunia tanpa batasan waktu dan wilayah;
  • Dari personal branding yang dibangun dengan tepat, maka akan membuat citra diri kita semakin positif di mata orang lain. Sehingga kita akan dianggap profesional di bidang tertentu.

Untuk membangun personal branding bersama Domain murah dan Hosting Rumahweb maka cukup mudah dilakukan. Teman-teman cukup menyiapkan nama domain yang akan didaftarkan, lakukan registrasi, dan selesai. Untuk caranya teman-teman silakan baca pada panduan berikut: Panduan Order Domain dan Hosting di Rumahweb Indonesia.

Jangan lupa juga untuk membeli paket Hosting Murah dari Rumahweb sesuai kebutuhan. Saya dulu waktu pertama kali akan membangun website/blog, maka pertama beli hosting dari Rumahweb dari yang harga murah terlebih dahulu, misalnya ambil paket yang 500MB atau 1GB, karena waktu itu mau mencoba dulu layanan mereka. Dan sangat gampang nanti jika artikel di website sudah penuh, maka bisa coba upgrade bandwith hosting menjadi yang lebih tinggi, misalnya dari 500 MB ke 1GB, atau dari 1GB ke 2GB, dan seterusnya. Untuk melakukan hal ini kita juga bisa meminta bantuan dari customer service (CS) Rumahweb yang biasanya saya menyebutnya “orang rumah”. Selama 8 tahun saya memakain layanan dari Rumahweb ini, alhamdulillah pelayanan mereka bagus, ramah dan peduli dengan klien. Sehingga setiap kali saya menemukan kendala/masalah terkait setting website di c-Panel dll, maka mereka sangat cepat memberikan solusi yang terbaik. Saya merasa puas dengan pelayanan dari rekan teknis Rumahweb.

Di Rumahweb juga tersedia paket Unlimited Hosting dengan harga mulai dari Rp.99.000/tahun, dengan tambahan gratis fitur keamanan website (SSL) dan juga website builder, cocok untuk mendukung bisnis terus berkembang, apalagi bagi kita yang memiliki toko online sendiri pastinya lebih bagus menggunakan paket ini, bisa terus cuan dan pastinya #NaikLevel. Bagi saya harga sedemikian ini sangatlah murah dan cukup untuk bisa berkonten ria melalui blog/website yang kita kelola.

Bagi teman-teman yang mempunyai website skala besar dan membutuhkan resource besar, tentu bisa mencoba paket Cloud Hosting dengan harga mulai Rp.120.000-37.650.000 (bisa dipilih sesuai kebutuhan). Paket ini sangat cocok untuk membangun personal branding website perusahaan, bisnis E-Commerce skala UKM/UMKM/skala pabrik/industri, E-learning, portal berita, sistem informasi, institusi pendidikan (untuk website pendaftaran sekolah/kuliah), serta instansi/lembaga pemerintahan.

Dengan menggunakan paket cloud hosting ini, maka tidak perlu khawatir lagi website akan sering mengalami server down maupun akses yang lambat. Dengan cloud hosting juga kita tidak perlu repot-repot mengelola server sendiri, sebab servernya sudah langsung dikelola/ditangani langsung oleh tim dari Rumahweb. Cukup praktis dan simpel bukan?

Jujur sih dari beberapa layanan domain dan Hosting Indonesia yang pernah saya coba pakai, hanya layanan dari Rumahweb yang memberikan pelayanan prima. Selain itu, ada beberapa hal yang saya kagumi dari Rumahweb antara lain:

  • Pelayanan dari customer service (CS) atau “Orang Rumah” yang sangat ramah. 7×24 jam non stop setiap kendala website kita akan selalu diberikan solusi yang jitu dari mereka. Dan inilah yang disebut sebagai pelayanan prima dari Rumahweb. Tidak seperti dengan pelayanan dari penyedia domain dan hosting sebelah yang pelayanannya sangat lama, kadang bikin jengkel;
  • Harga domain dan hosting sangat terjangkau. Terdapat harga domain murah mulai dari harga Rp.10.000-an, sangat terjangkau dan semua orang bisa punya website untuk membangun personal branding;
  • Jarang terjadi maintenance atau error pada server website. Bahkan saat akan terjadi maintenance untuk semua server Rumahweb, pastinya akan diberitahu terlebih dahulu melalui layanan email kita yang terdaftar di Rumahweb;
  • Aman dan nyaman. Bahkan saya ingat betul, saat kejadian kebakaran salah satu ruang gedung penyimpanan server Rumahweb yang menghanguskan beberapa servernya, maka tetap terselamatkan. Semua website-website yang saya bangun tetap selamat, tidak ada yang cacat atau rusak database-nya;
  • Ada backup database dari website-website yang kita bangun jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan;
  • Proteksi website melalui fitur keamanan (SSL) yang membuat website kita semakin aman dari bahaya kejahatan cyber seperti phishing, walmare, dan lain sebagainya;
  • dan pastinya masih banyak hal positif yang saya dapatkan dari Rumahweb selama perjalanan karir saya menjadi seorang bloger.

Oya untuk teman-teman yang sudah profesional dan ingin meningkatkan performa website agar ngebut dan stabil, maka bisa mencoba paket VPS Murah dari Rumahweb. Untuk harga VPS cukup murah, mulai dari Rp.50.000 dan tersedia layanan VPS Alibaba Cloud (VPS Linux dan VPS Windows). Selain itu, tersedia paket VPS AWS Lightsail untuk membangun website dan aplikasi. Ada juga VPS Ubuntu Rumahweb yang bisa membantu teman-teman dalam menginstal dan mengkonfigurasi EPrints dan menjalankan platform manajemen dokumen dengan cepat dan stabil, sangat cocok untuk lembaga penelitian maupun pendidikan.

Mulai gunakan VPS Ubuntu Rumahweb untuk platform eprints di instansi penelitian maupun akademik (sekolah atau kampus) melalui link berikut: http://rwb.pw/smdiskonvps. Setelah itu, kita juga bisa melihat tutorial instal E-prints melalui link disini: https://www.rumahweb.com/journal/cara-install-eprints-di-vps-ubuntu/.

Kini kita sudah tidak perlu ragu lagi untuk mencoba layanan VPS dari Rumahweb, karena Rumahweb sudah sangat terkenal sebagai penyedia jasa VPS Indonesia dengan kualitas premium dan pelayanan yang sangat prima.

Jika ada kendala setting VPS di website yang kita kelola, maka jangan sungkan untuk menghubungi “Orang Rumah” atau sebutan untuk customer service dari Rumahweb yang siap membantu setiap harinya 7×24 jam (full support).

Nah, itulah beberapa hal yang bisa saya bahas dan bagikan tentang pengalaman saya menggunakan domain dan hosting di Rumahweb untuk meningkatkan personal branding saya sejak tahun 2015 hingga sekarang. Over all, apa yang saya tulis di atas jujur berdasarkan pengalaman saya sendiri dan tidak dibuat-buat (berbohong).

Semoga informasi di atas bermanfaat untuk rekan-rekan pembaca yang sedang membutuhkan referensi terkait pemilihan jasa domain dan hosting yang bagus untuk menaikkan personal branding, maka Rumahweb adalah jawaban paling tepat !

Taggs:
61 Comments
  • Fenni Bungsu 6:54 pm 10 Mei 2023 Balas

    Personal branding dapat diasah dengan berkelanjutan ya, apalagi sudah mengetahui keunikan pada diri, sehingga bisa ditonjolkan sebagai nilai jual menjalin kerjasama dengan banyak brand

    • Eka Murti 2:25 pm 17 Mei 2023 Balas

      Tips yang keren dan bermanfaat. Kuncinya fokus dan konsisten ya supaya personal branding kita berhasil. Untuk blog juga harus jelas rumahnya jadi nggak yang
      saat tiba-tiba error’ eh nggak ada dukungan servis yang kompeten.

      • Wahid Priyono 1:11 pm 18 Mei 2023 Balas

        Iya kak, Rumahweb paling gesit kalo soal pelayanan. Selalu ada solusi dari “Orang Rumah”. Keren pelayanan Rumahweb selama ini.

    • Wahid Priyono 1:29 pm 18 Mei 2023 Balas

      Yups, bener kak personal branding bisa terus ditingkatkan.

  • Imawan 8:11 pm 10 Mei 2023 Balas

    Personal branding ini emang penting banget sih, dan setuju banget dengan poin-poin yang dijabarkan tentang bagaimana cara membangun personal branding, semua itu bila dilakukan dengan baik pasti branding yang ingin dibangun akan berjalan sukses nantinya ya.

    • Wahid Priyono 1:30 pm 18 Mei 2023 Balas

      Yups, bener banget, setiap orang perlu punya personal branding. Dengan begitu, kemudahan sukses dari internet juga semakin terbuka lebar.

  • Dian Restu Agustina 8:47 pm 10 Mei 2023 Balas

    Mas Wahid, sungguh menginspirasi kegiatannya…Selamat dan sukses untuk prestasi dan pencapaiannya baik sebagai pendidik, blogger maupun kegiatan yang memotivasi banyak kalangan lainnya.
    Memang personal branding perlu dibangun dan tips-tips di artikel ini sangat bermanfaat untuk diterapkan. Tentu dukungan dalam membangun personal branding bersama Domain murah dan Hosting Rumahweb sangat diperlukan. Btw, saya juga pelanggan Rumahweb nih:)

    • Wahid Priyono 1:31 pm 18 Mei 2023 Balas

      Makasih kak Dian atas apresiasinya. Keren juga nih kak Dian dengan personal brandingnya yang bagus juga. Seorang bloger yang juga jadi teladan saya dalam hal tulis-menulis.

  • Myra (Keke Naima) 10:43 pm 10 Mei 2023 Balas

    2 blog saya juga sejak awal pakai Rumahweb. Tahu Rumahweb karena kantor suami juga pakai. Alhamdulillah, selama ini lancar. Masih puas pakai Rumahweb.

    • Bambang Irwanto 8:55 am 17 Mei 2023 Balas

      Saya juga sejak awal pakai Rumahweb, Mbak. Alhamdulillah sampai saat ini lancar jaya. Dulu juga saya pasangnya sendiri, padahal masih pemula hehehe.

      • Wahid Priyono 1:16 pm 18 Mei 2023 Balas

        Mantap mas Bambang kalo udah pake Rumahweb untuk menemani perjalanan karir sebagai penulis/bloger. Semoga sukses selalu.

    • Wahid Priyono 1:29 pm 18 Mei 2023 Balas

      Mantap kak, terus pertahankan pake Rumahweb ya… 🙂

  • Maria Soemitro 10:48 pm 10 Mei 2023 Balas

    Jadi tambah yakin mau pesan domain di Rumahweb
    Saya punya blog khusus lingkungan hidup dan selama ini maju mundur mau beli di mana
    Ternyata Rumahweb jawabannya

    • Wahid Priyono 1:28 pm 18 Mei 2023 Balas

      Yups kak, yuk cobain beli domain dan hosting di Rumahweb. Semoga memuaskan.

  • lendyagassi 2:53 am 11 Mei 2023 Balas

    Personal branding jadi sebuah PR besar yang harus dilakukan ketika ingin menekuni dunia content creator, karena sesungguhnya, gak semua orang serba bisa. Kudu punya ciri khas yang paling mudah diingat ketika nama kita disebut.

    Dan lebih spesifiknya lagi tentu mengenal target audience kita.
    Ini sesuatu yang dibangun time by time.

    Bersama Rumahweb, branding yang baik dan positif bisa dibangung melalui berbagai media sosial terutama blog yang terpercaya dengan tulisan-tulisan berbobot yang bisa menjadi referensi bagi banyak orang.

    • Mpo Ratne 8:40 am 17 Mei 2023 Balas

      Jadi solusi buat nambah cuan dengan memanfaatkan internet. Rumahweb kasih tahu harga perpanjang domain sebulan sebelum masa berakhir

    • Wahid Priyono 1:28 pm 18 Mei 2023 Balas

      Iya bener kak, dunia konten kreator memang luas cakupannya, untuk capai kesuksesan maka perlunya personal branding.

      Bagi bloger personal branding bisa dimulai dengan membuat portofolio khusus sesuai keahlian di bidang tertentu supaya orang lain tahu.

  • Sugianto . 5:18 am 11 Mei 2023 Balas

    Wah asik nih bangun personal branding ya ga sendirian, apalagi ada dukungan dari Rumahweb dengan unlimited hosting ga sampai 100rb setahun. Makin mudah naik level dan bangun personal branding nih…

  • Bambang Irwanto 7:02 am 11 Mei 2023 Balas

    Kehadiran internet memang membuka banyak peluang ya, Mas. Termasuk jadi blogger. Alhamdulillah saya pun enjoy di menulis di blog. Dan sejak awal, saya sudah diingatkan teman, sebaiknya pakai domain berbayar dengan nama sendiri, bukan blog gratisan. Jadi personal branding lebih kuat dan kepercayaan klien lebih bertambah. Saya juga kebetulan pakai Rumahweb, Mas.

    • Fenni Bungsu 3:54 pm 17 Mei 2023 Balas

      Pakai domain dengan nama sendiri lebih mudah buat branding diri ya Pak Wahid, serta buat diingat pun juga lebih mudah

      • Wahid Priyono 1:02 pm 18 Mei 2023 Balas

        Bener kak, saya pun sebagai guru juga penting punya website pribadi. Saya sendiri percaya bikin domain di Rumahweb. Pelayanannya sangat bagus dan memuaskan.

    • Wahid Priyono 1:25 pm 18 Mei 2023 Balas

      Bener mas, kehadiran internet membuka banyak peluang cuan yang tak terhingga. Semua orang bisa mulai mendulang cuan dari internet dengan berbagai platform yang disukai.

  • Laela Dzuhria Wahyudo 7:09 am 11 Mei 2023 Balas

    Penting banget emg kak untuk membangun personal branding, agar org2 tahu ciri khas kita ya. Dan memang skill setiap org y berbeda dan harus diasah ya kak. Aku baru tahu ada Rumahweb kak. Kayaknya oke juga nih Rumahweb untuk jadi rumahnya para bloger.

    • Wahid Priyono 1:24 pm 18 Mei 2023 Balas

      Yups, bener banget kak, personal branding perlu dimiliki semua orang agar punya ciri khas. Dalam bisnis pun penting diterapkan agar sukses.

  • Mpo Ratne 8:20 am 11 Mei 2023 Balas

    Rumahweb mpo juga pakai. Gak naik naik stabil payment dari penghasilan blognya dari pertama kali hingga sekarang.

    • Wahid Priyono 1:24 pm 18 Mei 2023 Balas

      Alhamdulillah kalo mpo Pake Rumahweb, semoga tetap menggunakannya ya…

  • Annie NUGRAHA 10:11 am 11 Mei 2023 Balas

    Penasaran saya. Sampe baca artikel ini berulang-ulang. Sebagai salah seorang entrepreneur, saya tak pernah berhenti belajar tentang personal banding dan image. Dan setiap belajar selalu bertemu banyak hal-hal baru yang bisa dikulik dan dicoba.

    Kapan sempat kita ngobrol via WA tentang Rumahweb ini ya Mas. Biar sudah baca tulisan di atas, sepertinya sharing pengalaman lewat ngobrol bakal lebih nyantol di kepala saya.

    • Wahid Priyono 11:57 am 11 Mei 2023 Balas

      Iya boleh kak Annie, nanti saya notice untuk ngobrol tetang Rumahweb.

      • Annie NUGRAHA 9:56 am 17 Mei 2023 Balas

        Ya ampun jadi keinget belum sempat ngobrol lagi dengan Mas Wahid. Plus belum mempelajari lagi lebih jauh tentang Rumahweb ini. Tapi sedikit banyak saya tahu kalau Rumahweb sudah menemani Mas Wahid menggapai banyak kesuksesan di dunia kepenulisan.

        • Wahid Priyono 1:15 pm 18 Mei 2023 Balas

          Hahaha, iya kak, sesempatnya saja. Mudah-mudahan bisa komunikasi lagi.

  • Palupi 4:14 pm 11 Mei 2023 Balas

    Sampai sekarang aku masih kesulitan melakukan personal branding. Masih gado-gado kontennya dan belum ada satu hal yang ingin ditekuni.

  • Maria G 6:52 pm 16 Mei 2023 Balas

    Tepat banget ngambil quote Bob Sadino yang punya personal branding
    Pebisnis sukses yang kemana-mana pakai celana pendek

    • Wahid Priyono 1:23 pm 18 Mei 2023 Balas

      Yups, Bob Sadino itu pebisnis asal Lampung yang saya segani. Satu daerah dengan saya. Gayanya yang nyentrik sering pakai celana pendek menurut saya menjadi personal branding sekaligus keunikan yang tidak dimiliki pebisnis lainnya.

  • Myra (Keke Naima) 8:10 pm 16 Mei 2023 Balas

    Suka bingung ketika menentukan personal branding. Tapi, pastinya saya memang gak ingin membuat konten yang negatif. Dengan konsisten, lama-lama jadi ketahuan branding saya ke arah mana.

    • Wahid Priyono 1:22 pm 18 Mei 2023 Balas

      Iya kak, tentunya harus bikin konten positif yang berdampak luas kepada masyarakat.

  • YSalma 9:29 pm 16 Mei 2023 Balas

    Pak guru Wahid memang jempol personal brandingnya. Pencapaiannya luar biasa.
    Selamat dan sukses berkaya di bidang yang ditekuni.
    Saya sepertinya harus menggunakan RumahWeb juga agar personal brandingnya makin jelas, bukan gak tentu arah alias gado2 seperti sekarang.
    Terima kasih pencerahannya, Mas Wahid.

    • Wahid Priyono 1:21 pm 18 Mei 2023 Balas

      Makasih kak Salma. Saya juga masih terus belajar dari waktu ke waktu.

  • Julia Pasca 9:52 pm 16 Mei 2023 Balas

    Pernah mendengar sekilas di medsos tentang kekuatan personal branding. Memang dahsyaaaat sih ya. Anak jaman now kalau tanya tentang bahasa sama Fiki Naki bukan ke gurunya. Artinya apa? Orang yang ahli dibidangnya kalah dengan orang yang punya personal branding kuat. Itu intinya kak.

    Ditambah baca artikel dari Kak Wahid, ya…ya….personal branding is a must

    • Wahid Priyono 1:20 pm 18 Mei 2023 Balas

      Yups bener kak, yang penting kuncinya tekun dan punya tekad kuat untuk mau mencoba. Berproses lebih bagus untuk mencapai tujuan akhir 🙂

  • Mpo Ratne 8:41 am 17 Mei 2023 Balas

    Enaknya rumah web ada pemberitahuan kalau domain kita mau berkahir masa kontraknya

    • Wahid Priyono 1:17 pm 18 Mei 2023 Balas

      Iya bener banget. Rumahweb seinget saya kalo mau ngabarin domain akan expired biasanya 1 bulan sebelum habis waktunya sudah diingetin duluan. Jadi bisa lebih priper kalo mau bayar tagihan selanjutnya. Keren Rumahweb.

  • Dennise Sihombing 10:33 am 17 Mei 2023 Balas

    Wah dapat banget nih ilmunya membangun personal branding Mas Wahid. Memang networking berperan penting ya

    • Wahid Priyono 1:15 pm 18 Mei 2023 Balas

      Iya kak, networking penting banget untuk memperbanyak teman dan karir. Salah satu bagun networking yang bagus itu bisa melalui komunitas.

  • deddyhuang.com 11:04 am 17 Mei 2023 Balas

    betul banget sekarang penting buat kita bangun personal branding ya.. saya pun kenal mas Wahid karena suka ikutan lomba blog. teguh dan gigih banget.

    • Wahid Priyono 1:14 pm 18 Mei 2023 Balas

      Makasih kak Deddy Huang atas motivasinya. Saya juga kenal kakak dari komunitas bloger yang sering ikut lomba blog juga.

  • Katerina 11:27 am 17 Mei 2023 Balas

    Beberapa orang masih belum paham apa itu Personal Branding. Sehingga yang ia lihat dari seseorang yang sedang membangun personal branding adalah pencitraan.

    Di dunia blogger pun, jika tak punya personal branding yang baik dan kuat, akan susah untuk punya success story, dan akhirnya tidak menjadi siapa-siapa. Bukan berarti sia-sia, tapi jadi tidak punya kesempatan lebih luas untuk bermanfaat bagi orang banyak.

    • Wahid Priyono 1:13 pm 18 Mei 2023 Balas

      Iya betul kak, personal branding juga dibutukan oleh rekan-rekan bloger agar sukses ngeblog dan bisa cuan dari internet.

  • Taufiqur rahman 11:41 am 17 Mei 2023 Balas

    Wow, artikel bervitamin dosis tinggi nih… Cocok banget dengan apa yang sedang dan sudah saya develop selama ini: membangun personal branding.
    Rumahweb memang dari dulu terkenal, tertercaya dan pasti bisa naik kelas…. MAkasih ya mas infonya…

    • Wahid Priyono 1:12 pm 18 Mei 2023 Balas

      Makasih dokter Taufik yang sudah baca artikel saya. Semoga bermanfaat ya…

  • Sandra Hamidah 1:26 pm 17 Mei 2023 Balas

    Wah selamat mas dan makasih pemaparan nya degan Rumahweb btw emang personal branding ibarat mancing rezeki ya heheh

    • Wahid Priyono 1:12 pm 18 Mei 2023 Balas

      Iya bener kak, rezeki dari membangun website bersama Rumahweb dah dari lama banget…sampe sekarang saya masih setia bersama Rumahweb

  • Sugianto 3:33 pm 17 Mei 2023 Balas

    Tips pertama, nama akun media sosial saya belum sama semuanya, duh jadi PR nih harus bikin akun lagi biar seragam.

    • Wahid Priyono 1:09 pm 18 Mei 2023 Balas

      Iya bener kak, usahakan nama kita terus melekat di berbagai platform digital yang kita miliki.

  • Andy Hardiyanti 3:40 pm 17 Mei 2023 Balas

    Keren ih..perjalanan membangun personal branding benar-benar terbantu dengan Rumahweb. Saya pun jadi pengen buat satu blog khusus yang sesuai dengan hobi saya, hmmm.. apa jajan domain dan hostingnya di sana aja kali ya?

    • Wahid Priyono 1:09 pm 18 Mei 2023 Balas

      Iya bener kak, ngebantu banget Rumahweb untuk meningkatkan personal branding saya. Jadi bisa dapet cuan juga dari website…aamiin.

  • lendyagassi 4:59 pm 17 Mei 2023 Balas

    Personal branding saat ini memang sangat diperlukan untuk memberikan keyakinan dalam bekerjasama dengan pihak klien. Uda gak zaman lagi ya.. bikin lamaran di atas kertas.

    Kini klien bisa dengan mudah mendapatkan informasi mengenai seseorang hanya dengan melihat sosial media yang dimilikinya.

    Dan bersama Rumahweb, bisa perkuat lagi personal branding yang ingin diunggulkan dan paling konsisten dilakukan.

    • Wahid Priyono 12:56 pm 18 Mei 2023 Balas

      Yups, bener kak, bangun personal branding diri dan bisnis bersama RumahWeb agar terus #NaikLevel 🙂

  • Lia Lathifa 5:55 pm 17 Mei 2023 Balas

    Membangun personal branding menurutku gak bisa secara instan, asal konsisten lama-lama akan melekat dengan sendirinya kalau kita tuh emang konsen pada suatu bidang, sayangnya jaman sekarang nyari viral supaya dikenal. Btw, aku sempat pengen beli domain di Rumahweb, tapi sayang tenagaku belum kuat buat ternak blog. Sometime mungkin suatu hari bisa

    • Wahid Priyono 12:55 pm 18 Mei 2023 Balas

      Betul kak, membangun personal branding itu memang butuh proses yang panjang, tidak gampang dan harus konsisten ngejalaninya.

Write a comment