Wahid Priyono

Bloger

Web Designer

Influencer

Freelancer

Teacher

Writer

Content Creator

Badminton Lovers

Wahid Priyono

Bloger

Web Designer

Influencer

Freelancer

Teacher

Writer

Content Creator

Badminton Lovers

#BlogPost

8 Tips Meningkatkan Produktivitas Karyawan Di Tempat Kerja Melalui Kolaborasi Digital di Era Masyarakat Society 5.0

30 Juni 2023 Teknologi
8 Tips Meningkatkan Produktivitas Karyawan Di Tempat Kerja Melalui Kolaborasi Digital di Era Masyarakat Society 5.0

Apakah saat ini anda merasa bahwa produktivitas kerja karyawan di perusahaan yang anda pimpin belum maksimal? Hasilnya, pekerjaan yang semestinya dapat diselesai dalam waktu cepat namun harus tertunda penyelesaiannya. Atau di tempat kerja anda mungkin masih menggunakan cara-cara tradisional/manual dalam menyelesaikan urusan pekerjaan? jika ia, maka artikel ini sangat tepat anda baca lebih lanjut karena setelahnya anda akan mendapatkan solusi yang berarti bagi pertumbuhan dan perkembangan bisnis perusahaan anda ke depannya.

Sebagai pemilik bisnis di sebuah perusahaan yang levelnya UKM maupun UMKM, maka sudah sepatutnya untuk masalah produktivitas karyawan merupakan hal yang perlu diperhatikan. Lalu apa itu sebenarnya yang dimaksud dengan produktivitas karyawan?

Seperti dilansir dari situs zistemo.com, pengertian produktivitas karyawan merupakan metrik/indikator tertentu diukur berdasarkan pada output yang dihasilkan oleh para karyawan. Selanjutnya output tersebut dibandingkan dengan waktu yang dibutuhkan karyawan untuk melakukan kinerja di perusahaan.

Logikanya, semakin banyak jumlah output yang dihasilkan dalam waktu tertentu maka akan membuat sebuah bisnis semakin cuan. Akan tetapi, seringkali pemilik bisnis merasa bahwa produktivitas kerja karyawan di sebuah perusahaan belumlah optimal.

Bagi anda pemilik bisnis/usaha tertentu, mari ketahui tentang bagaimana cara meningkatkan produktivitas karyawan di tempat kerja agar semakin lebih baik lagi

1. Sesuaikan Kemampuan Karyawan Dengan Posisi Kerja

Tentu saja seorang karyawan akan semakin lebih mudah mengerjakan pekerjaan apabila mereka memiliki kemampuan khusus serta punya ketertarikan pada bidang yang mereka ahli di situ. Sebaliknya, yang sering ditemukan di lapangan bahwa jika seseorang tidak menguasai bidang pekerjaannya, maka akan merasa kesulitan.

Langkah pertama yang bisa anda lakukan untuk meningkatkan produktivitas yakni menempatkan kemampuan karyawan di dalam bidang yang tepat.

Anda perlu juga menyesuaikan karakter karyawan untuk posisi tertentu. Sebagai contohnya karyawan kreatif dan ceria lebih cocok untuk bidang pemasaran atau marketing. Sementara tipe karyawan yang teliti dan tekun lebih cocok pada bidang keuangan.

2. Menciptakan Lingkungan Kerja Yang Kondusif dan Aman

Sebagai atasan, anda memegang kendali penuh kepada perusahaan yang dipimpin. Anda juga berpengaruh terhadap produktivitas setiap karyawan. Anda mungkin bisa memanipulasi orang-orang di kantor, dengan kata lain anda bisa membuat produktivitas karyawan meningkat atau sebaliknya.

Untuk meningkatkan produktivitas kerja karyawan, maka anda harus memberikan lingkungan kerja yang nyaman, aman dan kondusif untuk mendukung pekerjaan lebih maksimal.

Buatlah suasana lingkungan kerja yang bersahabat (no toxic), lingkungan bersih, nyaman, kondusif, serta terjadi interaksi baik antar pekerja hingga memberikan pelayanan maupun fasilitas kerja yang mencukupi. Jika anda menyiapkan ini semuanya, maka otomatis produktivitas kerja karyawan di perusahaan yang anda pimpin akan jauh lebih baik lagi.

3. Jalin Komunikasi Yang Baik Kepada Karyawan

Bagaimana pun juga produktivitas kerja karyawan sangat dipengaruhi oleh bagaimana komunikasi antara karyawan kepada atasan atau sebaliknya. Jika komunikasi berjalan baik, tentu visi misi perusahaan akan tercapai. Sebaliknya, apabila komunikasi antar stake holder perusahaan terjalin dengan buruk maka tujuan serta visi dan misi perusahaan akan sulit terwujud.

Sebagai contohnya jika perusahaan memiliki target tertentu, maka lakukan komunikasi dengan jelas kepada karyawan. Sehingga segala macam hal yang menjadi target perusahaan maka mereka tau tentang apa saja yang perlu mereka lakukan ke depannya untuk membantu perusahaan agar semakin tumbuh dan berkembang.

BACAAN LAINNYA:  Semua Urusan Sekolah Beres Berkat Laptop ASUS Legend Yang Menemaniku Sepanjang Waktu

Anda sebagai pimpinan perusahaan sebaiknya memberikan arahan yang jelas, tentunya dengan bahasa yang sopan serta mudah dipahami oleh karyawan. Hal ini pastinya akan memberi kemudahan bagi para karyawan untuk lebih giat bekerja.

4. Mengadakan Pelatihan

Sudahkah anda secara rutin memberikan pelatihan kepada karyawan? Banyak ditemukan di lapangan terkait dengan para pemilik bisnis yang tidak mau mengadakan pelatihan karena alasan biaya dan waktu.

Padahal dengan memberikan pelatihan secara rutin kepada karyawan akan mberikan banyak manfaat bagi perusahaan. Anda tidak harus menyewa pelatih mahal dari luar jika memang belum ada anggaran yang memadai untuk hal tersebut.

Solusinya yaitu anda bisa meminta karyawan terbaik pada perusahaan yang anda pimpin untuk memberikan pelatihan kepada rekan lainnya. Pilihan tepat lainnya yang bisa dilakukan yakni dengan mengadakan cross training. Dengan cara semacam ini, maka para karyawan saling memberikan pelatihan serta berbagi beragam informasi dari kemampuan mereka masing masing.

Dengan diadakan pelatihan secara rutin ini, tentu saja akan membuat karyawan memiliki kemampuan yang lebih baik lagi. Hal ini pada akhirnya akan meningkatkan produktivitas karyawan dengan baik.

5. Mendorong Semua Karyawan Untuk Terus Berinovasi

Salah satu hal yang dapat mendorong produktivitas karyawan yaitu mengajak semua karyawan untuk selalu berinovasi dan memiliki kreativitas tanpa batas. Pendapat dan ide-ide briliant dari para karyawan perlu diperhatikan dan dipertimbangkan terlebih jika itu mampu meningkatkan produktivitas mereka.

Jangan sampai perusahaan bersifat kaku, sehingga membatasi ruang gerak dan kreativitas para karyawan mereka untuk terus berinovasi. Sebaliknya, libatkan semua karyawan untuk bisa terus berinovasi serta mampu berpikir secara kritis dan kreatif.

6. Berikan Penghargaan dan Motivasi Kepada Para Karyawan

Untuk meningkatkan produktivitas karyawan, pastinya sebagai pimpinan anda perlu terus mendorong karyawan untuk dapat bekerja sesuai target serta mereka mampu menyelesaikan pekerjaan dengan baik dan benar serta tepat waktu. Bagaimana caranya? tentu anda bisa memberi penghargaan bagi karyawan dengan kinerja terbaik.

Penghargaan dari perusahaan ini pastinya akan mendorong karyawan lain untuk melakukan tindakan serupa dan saling berlomba-lomba untuk meningkatkan kualitas kerja mereka secara kontinyu.

Selain itu, berikan motivasi secara rutin pada karyawan anda. Karena hal ini merupakan cara terbaik untuk meningkatkan produktivitas kerja karyawan bisa dibilang sangat ampuh. Sebagai pemilik bisnis, maka anda juga perlu menetapkan strategi tepat dalam menerapkan pemberian penghargaan ini kepada karyawan secara adil dan bijaksana.

7. Melakukan Evaluasi Secara Berkala

Setelah melakukan berbagai cara untuk meningkatkan produktivitas para karyawan, jangan lupa juga untuk melakukan evaluasi secara rutin dari waktu ke waktu. Sebagai pimpinan di tempat kerja, anda bisa memberikan evaluasi dan rapat akhir bulan pada karyawan.

Apa sebenarnya fungsi dari kegiatan evaluasi kerja ini?

BACAAN LAINNYA:  5 Alasan Memilih Laptop Mobile Workstation Sebagai Mitra Bisnis yang Andal

Tentu saja dengan adanya kegiatan evaluasi pada periode waktu tertentu, maka anda bisa mengetahui apa yang membuat produktivitas karyawan menurun atau sebalinya. Kemudian, langkah yang perlu anda lakukan apabila produktivitas karyawan menurun, maka anda bisa mengidentifikasi dan melakukan riset tentang hal-hal apa saja yang perlu diperbaiki untuk meningkatkan produktivitas karyawan di periode berikutnya.

8. Mendorong Karyawan Untuk Terus Berkolaborasi dan Berkomunikasi Secara Rutin

Di era masyarakat society 5.0, maka perubahan besar pada perusahaan saat ini sudah sangat kompleks. Bahkan, sudah banyak perusahaan-perusahaan besar di Indonesia dan dunia yang mengalami proses transformasi digital. Itu artinya banyak perusahaan yang menginginkan karyawannya melek dengan teknologi dan informasi (TIK). Sehingga dalam melakukan pekerjaannya juga sudah dilengkapi dengan sebuah sistem atau aplikasi khusus untuk memudahkan para karyawan berkolaborasi serta berkomunikasi secara digital.

Dan kabar baiknya saat ini setiap perusahaan tidak usah bingung lagi untuk bagaimana mendorong karyawan untuk berkolaborasi dan berkomunikasi secara digital. Sebab, kini sudah ada aplikasi khusus yang bernama Worxspace.

Apa Itu Aplikasi Worxspace?

Worxspace merupakan sebuah aplikasi kolaborasi dan komunikasi yang bersifat all in one apps. Aplikasi ini secara resmi dirintis oleh PT Gamatechno Indonesia yang hadir untuk membantu kolaborasi dan komunikasi secara digital bagi para karyawan di sebuah perusahaan tertentu.

Dengan menggunakan aplikasi Worxspace, maka sebagai pimpinan di tempat kerja, maka anda bisa melakukan monitoring serta evaluasi secara rutin kepada karyawan.

Bagaimana Worxspace Hadir Sebagai All In One Apps Yang Mewadahi Kolaborasi, Komunikasi Internal dan Urusan Personalia?

Worxspace merupakan aplikasi untuk meningkatkan produktivitas karyawan dengan fitur-fiturnya yang sangat lengkap.

Beberapa fitur yang bisa dimanfaatkan oleh perusahaan yang anda pimpin antara lain:

#1. Company Directory

Company Directory yang ada pada aplikasi Worxspace ini mampu memberikan kemudahan bagi para pimpinan dan seluruh karyawan untuk saling berkomunikasi dan berkolaborasi melalui satu pintu. Pimpinan dan karyawan bisa tahu profi, visi dan misi perusahaan secara gamblang. Selain itu, dapat mengetahui semua kontak karyawan tanpa menambah dan menyimpan kontak telepon mereka.

Bisa juga stake holder perusahaan bisa saling mengenal di dalam aplikasi, serta bisa memudahkan para karyawan untuk dapat mengakses file-file atau dokumen tertentu perusahaan.

#2. Internal Messaging

Internal messaging ini bisa dikatakan sebagai tempat untuk saling berkomunikasi dan berkolaborasi antar pimpinan dengan karyawan, antar kayawan dan seterusnya. Terdapat chat box, group chat, personal chat, dan broadcast messages yang secara umum berfungsi untuk menyebarkan segala macam informasi maupun berita kepada seluruh karyawan sesuai kebutuhan.

#3. Task Management

Ini merupakan fitur khusus untuk memanagemen karyawan secara sederhana. Anda sebagai pimpinan bisa memberikan tugas dan kegiatan rutin yang perlu dilakukan karyawan, membuat catatan tertentu untuk memudahkan komunikasi antar tim kerja. Terdapat kolom diskusi, attachment, tagging untuk menandai rekan kerja maupun managemen role user secara real time.

Di fitur task management ini juga terdapat fitur kalender untuk mengingatkan semua karyawan untuk lebih peduli dengan waktu kerja. Di fitur ini karyawan maupun pimpinan perusahaan serta stake holder yang terlibat dapat mengetahui kapan waktunya meeting, jam aktif kerja, hingga penugasan yang perlu diselesaikan pada tenggat waktu tertentu. Semuanya terintegrasikan secara baik melalui aplikasi hr worxspace ini.

BACAAN LAINNYA:  6 Keuntungan Kolaborasi Antar Brand yang Perlu Kita Lakukan Sebagai Pelaku Bisnis

#4. Smart Personalia

Bagian yang bertugas di bagian personalia perusahaan akan semakin mudah dengan menggunakan aplikasi kolaborasi dari worxspace ini.

Tugas personalia perusahaan akan semakin ringan karena bisa memonitoring secara langsung pengajuan cuti dan izin karyawan, memudahkan bagian HR dengan automasi chat layanan personalia, fitur khusus agar karyawan baru lebih cepat adaptasi dengan lingkungan kerja, mengirim pesan broadcast messages kepada semua karyawan tanpa batasan waktu, serta terdapat fitur employee inbox yang berfungsi untuk menyimpan informasi penting karyawan seperti kontrak kerja, SPT pajak, sertifikat, slip gaji, dan dokumen penting dari masing-masing karyawan.

#5. News & Great

Fitur news dan great ini sangat penting dalam sebuah perusahaan untuk meningkatkan komunikasi di antara karyawan maupun antar karyawan dan pimpinan.

Di fitur news dan great ini maka semua karyawan dapat mengetahui update perusahaan terkini. Selain itu, di fitur great ini, maka antar karyawan bisa saling berinteraksi misalnya dengan mengucapkan hari ulang tahun sesama rekan kerja, ucapan selamat datang bagi karyawan baru, sebagai media untuk promosi perusahaan dan lain sebagainya.

Keunggulan Perusahaan Menggunakan Aplikasi Worxspace

Beberapa keunggulan dari aplikasi Worxspace diantaranya adalah:

  • Harga aplikasi worxspace sangat terjangkau;
  • Data pimpinan maupun karyawan aman karena pengelola server privat di perusahaan yang anda pimpin;
  • All in one apps, artinya satu aplikasi dalam genggaman untuk mengurusi semua visi-misi perusahaan, serta aplikasi ini mampu bertindak sebagai tempat untuk kolaborasi, komunikasi serta dapat menyelesaikan semua urusan personalia;
  • Satu chanel khusus untuk berinteraksi terkait dengan urusan pekerjaan tanpa khawatir mengganggu urusan pribadi;
  • Memudahkan semua karyawan dalam meningkatkan produktivitas kerja, sebab aplikasi Worxspace ini sudah satu pintu dalam apps;
  • Yang paling terpenting adalah aplikasi Worxspace ini mampu memudahkan komunikasi dan kolaborasi antar karyawan dalam satu tempat (aplikasi) sehingga akan berdampak positif kepada peningkatan produktivitas karyawan dari waktu ke waktu.

Kesimpulan:

Jadi, apakah saat ini anda merasa bahwa produktivitas karyawan di perusahaan belum maksimal? Segera cari tahu permasalahan tersebut dan berikan solusi untuk mengatasinya.

Dari berbagai langkah yang telah dijelaskan di atas, carilah cara mana yang paling sesuai untuk diterapkan pada perusahaan anda.

Tentunya produktivitas kerja karyawan yang dilakukan dengan baik akan meningkatkan keuntungan perusahaan serta membuat seluruh karyawan jadi lebih sejahtera dan bahagia. Tentunya tidak lupa untuk menggunakan aplikasi hr worxspace untuk meningkatkan produktivitas kerja, komunikasi, serta kolaborasi yang baik di perusahaan.

Itulah tadi penjelasan tentang cara meningkatkan produktivitas kerja karyawan di perusahaan dengan tetap memainkan peran kolaborasi dan komunikasi digital agar semua urusan bisnis berjalan dengan lancar sehingga bisa menguntungkan bagi pemilik perusahaan maupun karyawannya. Semoga bermanfaat bagi kita semuanya.

Taggs:
30 Comments
  • Haryadi Yansyah 4:13 pm 5 Juli 2023 Balas

    Gap juga menurutku penting. Mengurangi drama antara senior dan junior. Senior gak selalu bener tapi kadang ngerasa dilangkahi sama junior yang lebih pinter hwhw. Jadi dengan teknologi mestinya semua komunikasi dapat dilakukan dengan lebih baik dan efektif. Kolaborasi antara human dan machine harus bersinergi dengan baik.

    • Wahid Priyono 11:32 am 6 Juli 2023 Balas

      Setuju nih saya dengan pendapat atau argumen mas Haryadi. Intinya antara senior dan junior harus sama2 akur dan berkolaborasi dengan baik di perusahaan. Hilangkan drama2 yang tidak penting.

  • Bambang Irwanto 5:38 pm 5 Juli 2023 Balas

    Produktivitas karyawan memang jadi faktor utama sebuah perubahaan maju dan berkembang ya, Mas. Makanya kalau ada kendala, harus segera dicari solusinya. Misalnya kenapa karyawan A ini tidak meningkat, ternyata posisinya tidak sesuai dengan kemampuannya. Apalagi sekarang bisa ditunjang juga dengan aplikasi hr worxspace.

    • Wahid Priyono 11:31 am 6 Juli 2023 Balas

      Iya mas, alhamdulillah sekarang sudah ada aplikasi hr worxspace yang sangat berguna bagi pengembangan karyawan dan perusahaan agar terus maju dan bertransformasi secara digital era society 5.0 ini.

  • Dian Restu Agustina 10:26 pm 5 Juli 2023 Balas

    Bicara produktivitas kerja memang mesti jadi perhatian utama perusahaan karena akan terkait dengan keuntungan . Tujuannya tentu ingin membuat karyawan sejahtera dan bahagia bekerja di sana. Keberadaan aplikasi hr worxspace tentu akan membantu meningkatkan produktivitas kerja, komunikasi, serta kolaborasi yang baik antara perusahaan dan karyawan.

    • Wahid Priyono 11:26 am 6 Juli 2023 Balas

      Bener banget kak Dian Restu. Produktivitas memang kunci keberhasilan dalam segala bidang apapun itu. Intinya mau tekun dan terus belajar sepanjang hayat. Biar ilmu nambah dan akhlak lebih baik lagi.

  • Aisyah Dian 11:56 pm 5 Juli 2023 Balas

    Memberikan pelatihan kepada karyawan di tempat kerja memang Penting ya kak, agar karyawan bisa upgrade kemampuan dirinya juga

    • Wahid Priyono 11:24 am 6 Juli 2023 Balas

      Iya kak Dian, bener banget itu mah, kudu dan wajib. Sebagai bekal upgrade skill agar lebih mahir lagi.

  • windi astuti 5:19 am 6 Juli 2023 Balas

    salut sama karyawan swasta yang memiliki etos kerja tinggi, serta mereka yang bekerja di perusahaan emang tantangannya lebih tinggi apalagi yang berkaitan sama produktivitas. perusahaan pasti punya cara tersendiri untuk hal itu, makanya ada juga yg melakukan kolaborasi dan aksi demi perusahaannya tetap jaya di Era Masyarakat Society 5.0

    • Wahid Priyono 11:25 am 6 Juli 2023 Balas

      Makasih kak Windie, iya nih saya juga kerja di sekolah swasta sebagai guru.

  • Lila 7:49 am 6 Juli 2023 Balas

    Menciptakan lingkungan yang kondusif menururtku paling penting karena kalo karyawan nggak nyaman pastinya akan berdampak dengan pekerjannya juga. Berdasarkan pengalaman pribadi jangan sampai ada gap antara senior dan junior

    • Wahid Priyono 10:54 am 6 Juli 2023 Balas

      Betul banget, lingkungan kerja memang harus diciptakan sekondusif mungkin. Sebisa mungkin menghindari percekcokan dan lebih rukun damai agar kerja2 perusahaan berjalan dengan lancar.

  • Fenni Bungsu 8:18 am 6 Juli 2023 Balas

    Pelatihan dari tempat kerja memang mendukung seorang pegawai buat lebih berkembang. Jadinya dapat terjalin sinergi dengan karyawan lain dan perusahaannya juga

    • Wahid Priyono 10:53 am 6 Juli 2023 Balas

      Iya bener banget kak Fenni. Pentingnya karyawan diberikan pengalaman secara kontekstual terkait dengan bagaimana ia harus mengupgrade kemampuannya untuk terus produktif di tempat kerjanya.

  • Maria G 9:18 am 6 Juli 2023 Balas

    Pernah bertahun-tahun menjadi kepala bagian, saya setuju banget dengan tulisan di atas
    Dan sangat menyesali kelahiran saya yang terlalu cepat, hehehe
    Andaikan dulu telah ada worxspace, banyak hal bisa teratasi

    • Wahid Priyono 10:52 am 6 Juli 2023 Balas

      Mantan pekerja dan karyawan ya kak Maria. Sama kak, saya juga sekarang seorang karyawan sekolah alias guru hehe… ya berproses untuk mendidik anak bangsa dan ikut mencerdaskan kehidupan anak2 Indonesia.

  • Dennise Sihombing 9:45 am 6 Juli 2023 Balas

    Wah dapat banget nih Mas Wahid aku ilmunya. Next time aku jadi pengusaha UMKM misalnya (boleh ya bermimpi dulu) aku akan terapkan cara ini

    • Wahid Priyono 10:51 am 6 Juli 2023 Balas

      Saya aamiinkan dulu ya kak, hehe 🙂 semoga mimpi kak Dennise terwujud ya ke depannya untuk bikin bisnis UMKM sendiri.

  • Lendyagassi 11:44 am 6 Juli 2023 Balas

    Wah, keren banget.
    Zaman sekarang, solusinya hanya dengan memanfaatkan Aplikasi Worxspace untuk bantu sebuah perusahaan meningkatkan kinerja ataupun hasil perusahaan tersebut.

    Kalau zaman dulu, bisa jadi dilakukan evaluasi besar-besaran yaa… Sehingga bisa jadi merugikan pegawai.

    • Wahid Priyono 9:50 am 7 Juli 2023 Balas

      Iya bener kak, zaman sudah canggih, kita sudah masuk di era society 5.0 dimana semua bidang kehidupan telah bertransformasi secara digital agar semua urusan pekerjaan jadi lebih efektif dan efisien. Seperti misalnya penggunaan aplikasi Worxspace ini sangat bagus untuk meningkatkan produktivitas karyawan di sebuah perusahaan tertentu.

  • Annie NUGRAHA 11:59 am 6 Juli 2023 Balas

    Kalo dari pengalaman saya selama 18tahun bekerja, selain “the right man in the right place” perihal “sense of belonging” harus jadi perhatian penting dalam manajemen SDM. Beda banget kualitas karyawan yang punya “rasa memiliki” dengan mereka yang “hanya bekerja” nine to five.

    • Susindra 4:16 pm 6 Juli 2023 Balas

      Melatih skill kolaborasi tidaklah mudah jika tidak dibantu seorang profesional atau tim. Memang harus begitu karena zaman terus berubah sementara tuntutan skill kerja juga tambah berat. Padahal…. pegawai lama selalu menganggap senioritas itu penting. Yang tua harus jadi kepala, sementara skill tak bisa. Semangat jadi masyarakat 5.0

      • Wahid Priyono 9:46 am 7 Juli 2023 Balas

        Bener banget kak Susindra, bahwa setiap pekerja atau karyawan maupun pimpinan harus punya kemampuan berkolaborasi dan berkomunikasi dengan sesamanya. Sebab, ini merupakan tuntutan zaman di era masyarakat society 5.0.

    • Wahid Priyono 9:48 am 7 Juli 2023 Balas

      Makasih kak Annie Nugraha yang sudah berpengalaman dalam penyesuaian managemen SDM dalam suatu bidang bisnis/perusahaan. Sukses selalu ya kak Annie.

  • Ririn Wandes 3:48 pm 6 Juli 2023 Balas

    Beragam tips yang sangat bermanfaat nih untuk peningkatan produktifitas karyawan. Poin nomor 1 tuh terkadang justru ya menempatkan karyawan gak sesuai skill, alhasil ya tidak maksimal kinerjanya tuh.

    • Wahid Priyono 9:47 am 7 Juli 2023 Balas

      Yups bener kak, penting sekali memang untuk menempatkan karyawan pada posisi/bidang/divisi yang sesuai agar semakin bagus produktivitasnya.

  • Susindra 4:15 pm 6 Juli 2023 Balas

    Melatih skill kolaborasi tidaklah mudah jika tidak dibantu seorang profesional atau tim. Memang harus begitu karena zaman terus berubah sementara tuntutan skill kerja juga tambah berat. Padahal…. pegawai lama selalu menganggap senioritas itu penting. Yang tua harus jadi kepala, sementara skill tak bisa.

    • Emma 7:57 am 7 Juli 2023 Balas

      Setuju banget sama yang no.1 menempatkan karyawan sesuai dengan kemampuannya ibaratnya the right man on The right place. Dengan begini perusahaan berjalan dengan lancar.

      • Wahid Priyono 9:45 am 7 Juli 2023 Balas

        Bener kak Emma, the right man on the right place… karena setiap orang punya pasion berbeda2, tentu harus ditempatkan pada tempat yang tepat agar bisa cepat tumbuh dan berkembang.

    • Wahid Priyono 10:36 am 7 Juli 2023 Balas

      Bener banget kak @Susindra, skill kolaborasi memang penting dilatih tentu dengan kemampuan untuk berkoordinasi dengan orang lain secara kelompok. Harus punya jika kebersamaan dan sosial tinggi. Ini kuncinya menurut saya sih….

Write a comment