Wahid Priyono

Blogger

Web Designer

Freelancer

Teacher

Writer

Content Creator

Badminton Lovers

Wahid Priyono

Blogger

Web Designer

Freelancer

Teacher

Writer

Content Creator

Badminton Lovers

#BlogPost

Bingung Cari Hostel Untuk Menginap Saat Traveling? Cobain BestHostels Aja !

11 Juni 2021 Traveling
Bingung Cari Hostel Untuk Menginap Saat Traveling? Cobain BestHostels Aja !

Hallo teman-teman apakah kalian suka traveling? pastinya suka ya. Yups, saya juga suka banget lho traveling entah kemana saja yang penting bisa happy. By the way, tahukah teman-teman bahwa traveling itu secara psikologis sangat bagus lho untuk membuat perasaan jadi senang, menghilangkan stress/penat, memperbaiki mood yang sebelumnya rusak jadi bagus, dan lain sebagainya.

Foto-foto ketika saya dan keluarga traveling ke Lembah Hijau Lampung. Sumber gambar: dokumentasi pribadi penulis.

Traveling bisa dilakukan bareng rekan-rekan kampus/kerja, bahkan dengan keluarga adalah hal yang sangat menyenangkan. Namun saat akan traveling jauh dari tempat tinggal, maka karena berada di daerah/kota orang lain sehingga kita perlu mempersiapkan fasilitas penginapan seperti misalnya hostel untuk menginap.

Mengenal Apa Itu Hostel? Dan Apa Perbedaannya dengan Hotel?

Perbedaan sekilas hostel dan hotel yang perlu kamu ketahui. Sumber: blog.besthostels.co.id

Dari pengertiannya saja, hostel dan hotel itu berbeda. Hostel yaitu tempat untuk menginap dimana ada berbagai fasilitas yang disediakan dan dapat digunakan bersama dengan tamu lainnya seperti kamar mandi, ruang nonton TV, tempat duduk/tempat kerja, dan lain sebagainya.

Walaupun ada beberapa hostel di Indonesia yang hadir dengan kamar tidur private, akan tetapi masih banyak hostel umumnya memiliki kamar tidur layaknya seperti asrama yang digunakan secara bersama oleh tamu lain. Hostel juga memiliki ciri unik karena sering penggunaan bunk bed/tempat tidur bertingkat-tingkat.

Dari pengertiannya saja hostel ini pastinya berbeda dengan hotel bukan?. Nah, berikut ini yang saya ketahui tentang perbedaan antara hotel dan hostel yang pernah saya reservasi, yakni:

  • Fasilitas: Hotel itu sendiri mempunyai fasilitas lebih lengkap serta menyediakan kamar untuk setiap tamu yang datang secara private. Sementara itu, hostel hanya menyediakan fasilitas-fasilitas mendasar yang disediakan untuk digunakan secara bersama-sama oleh semua tamu yang hadir dan ini menurut saya tidak ada masalah yang berarti;
  • Jumlah tamu dalam setiap kamar: Hotel menyediakan kamar private dan dapat digunakan oleh tamu itu sendiri, sedangkan hostel pada setiap kamarnya bisa dihuni oleh 4 sampai 6 tamu berbeda secara bersama-sama, atau bahkan bisa lebih dan cocok jika kamu menginap di hostel bareng keluarga besar atau teman-teman saat traveling;
  • Privasi: Hostel lebih praktis dan privasi juga tak kalah terjamin dengan hotel;
  • Harga: Dengan fasilitas yang digunakan secara bersama, maka harga menginap di hostel relatif lebih terjangkau dibandingkan hotel sehingga bisa disesuaikan dengan budget yang teman-teman miliki. Menginap/tinggal di hostel ini juga cocok buat kamu yang ingin tetap traveling namun ingin menggunakan konsep “traveling hemat”.

Memilih hostel untuk menginap saat traveling tentu penting dipersiapkan jauh-jauh hari sebelum kegiatan berlibur dilakukan. Kadang orang bingung mau pilih hostel yang mana untuk nginep? dan di internet dan aplikasi juga sudah banyak beredar jasa penginapan di hostel dengan rentang harga yang berbeda-beda. Namun tahukan teman-teman bahwa, kadang fasilitas hostel yang diberikan bisa saja harga murah tapi fasilitasnya justru tidak bagus sesuai ekspektasi? maka dalam kondisi ini, teman-teman perlu selektif memilih hostel untuk menginap saat traveling.

Tips Memilih Hostel yang Tepat Untuk Menginap Saat Traveling

menginap di BestHostel Indonesia yang nyaman dan aman. Sumber gambar: blog.besthostels.co.id.

Saat merencanakan liburan/traveling, maka memilih hostel untuk menginap penting mempertimbangkan banyak hal agar kegiatan traveling semakin berkesan. Berikut ini akan saya jelaskan setidaknya hanya 4 tips singkat memilih hostel yang tepat untuk menginap saat traveling (berdasarkan pengalaman sendiri).

#1 Melihat Lokasi Hostel dengan Teliti

Saat hendak memesan hostel untuk menginap, biasanya saya akan mempertimbangkan lokasi hostel. Saya akan lebih senang memilih hostel yang dekat dengan lokasi liburan/traveling karena ada beberapa alasan seperti:

  • Lebih menghemat energi sehingga tidak mudah lelah karena harus repot bolak-balik naik kendaraan (jika tanpa kendaraan pribadi);
  • Efisiensi waktu, sehingga waktu liburan akan makin berkualitas;
  • Mencegah stres saat di jalan akibat macet, dan perpindahan ke angkutan umum satu ke yang lainnya;
  • Menghemat budget sehingga meminimalisir penggunaan sarana transportasi yang berlebihan;
  • Lebih ramah lingkungan, sehingga kita bisa menghemat bahan bakar kendaraan.

Mempertimbangkan hal-hal di atas tentu saja akan membuat tubuh kita lebih sehat, pikiran jadi tidak stress dan meminimalisir hal-hal yang tak prioritas.

#2 Pilihlah Hostel Sesuai Budget

Setiap traveler yang akan berangkat traveling/liburan sudah pastinya budget harus disiapkan jauh-jauh hari. Bahkan saya jika ingin traveling mengunjungi ke salah satu tempat wisata, maka saya biasanya harus menabung terlebih dahulu dan menyiapkan dana yang diperlukan, termasuk biaya akomodasi untuk menginap di hostel, keperluan peralatan yang dibawa, dan lain sebagainya.

Ternyata mempersiapkan dana (budget) traveling itu penting disiapkan jauh-jauh hari dan sebaiknya jangan ngutang ya temen-temen? hehe…

Btw, saat akan memesan hostel untuk menginap beberapa hari, maka kita bisa menyesuaikan hostel dengan budget yang kita punya. Tidak perlu gengsi traveling hemat menginap di hostel jika memang harganya sesuai uang yang kalian punya.

#3 Memastikan Keamanan dan Kenyamanan di Sekitar Hostelnya

Hal yang saya selalu saya harapkan saat menginap di rumah/villa, hotel atau bahkan hostel maka saya mengharapkan hostel yang dihuni harus aman dan nyaman. Jika lingkungan hostel kondusif/aman, maka kita sebagai penghuninya akan semakin betah dan tidak merasa terganggu dengan hal-hal yang menegangkan hati dan perasaan.

Salah satu ciri umum hostel yang aman adanya petugas hostel dan petugas keamanan seperti satpam yang menjaga seluruh lokasi gedung selama 7×24 jam. Dengan adanya keamanan yang tertib dari satpam/pemilik hostel, maka ini bisa membuat kita sebagai penghuni hostel tidak perlu was-was/khawatir.

#4 Cek Fasilitas di Hostel Tersebut

Mengecek fasilitas hostel yang akan dituju untuk menginap sangat penting kita perhatikan. Kita bisa melakukan googling dengan melihat review orang-orang di aplikasi hostel tersebut, apakah hasil review-nya positif atau banyak yang negatif? atau bagaimana respon mereka tentang kenyamanan hostel yang mereka tempati.

Jika hasil review fasilitas hostelnya tidak bagus atau cuma bintang 1, maka mengalihkan keinginan untuk berpaling ke hostel lain yang lebih mumpuni fasilitasnya akan jauh lebih bagus. Intinya dari pada teman-teman memaksakan tinggal di hostel yang tidak nyaman, tentu nanti ujung-ujungnya malah “baper” atau menyesal. Hehe…

Fasilitas setiap hostel pastinya berbeda-beda sesuai dengan harga dan kelasnya. Namun fasilitas hostel yang paling umum tersedia antara lain seperti kamar tidur, toilet, kolam renang, fasilitas cafe, kantin/restaurant, halaman lobi, meja kursi dan aksesoris yang ada di dalam ruangan hostel. Namun, memilih hostel dengan fasilitas yang bersih dan tidak jorok penting kita pertimbangkan supaya kita semakin betah selama liburan. Kamu juga bisa membaca ulasan berikut: Tips Menginap di Hostel.

Sebagai informasi bahwa ada salah satu hostel yang sengaja akan saya kenalkan kepada teman-teman dan bisa jadi pilihan teman-teman ketika akan traveling hemat yaitu dengan menggunakan jasa penginapan di BestHostels Indonesia.

Apa Itu BestHostels Indonesia?

Mengikuti jejak penemu ide hostel yaitu Richard Schirrmann pada Agustus 1909, maka BestHostels Indonesia semakin gencar untuk membuka banyak hostel yang tersebar di berbagai tempat wisata sehingga membantu memenuhi kebutuhan traveler/backpackers untuk mendapatkan hunian menginap yang lebih simpel, praktis, hemat dan bisa secara ramai-ramai dihuni bareng teman-teman saat traveling (liburan).

BestHostels Indonesia merupakan agen spesialis hostel dengan berbagai pilihan hostel yang tersebar di beberapa area wisata seperti di Yogyakarta, Bali, dan seluruh wilayah Indonesia.

Kantor resmi BestHostels Indonesia beralamat di Perumahan Nuansa Puri Abasan Jl. Gunung Salak Villa 888, Padangsambian Klod, Denpasar Timur, Kota Denpasar, Bali (80117). Alamat teleponnya: +62 811 3883 301. Sedangkan alamat emailnya: info@besthostels.co.id.

Hadirnya BestHostels Indonesia ini tentu saja menjadi “angin segar” bagi para backpackers untuk tetap bisa terus traveling tanpa terkenda tempat menginap dengan harga yang mungkin mahal. Karena di BestHostels Indonesia memiliki banyak keunggulan yang tak perlu diragukan lagi.

Apa Saja Keunggulan BestHostels Indonesia?

Akan ada beragam keunggulan, manfaat atau benefit ketika teman-teman traveler/backpackers menggunakan jasa dari BestHostels Indonesia diantaranya adalah:

  • Harga sewa penginapan hostel cukup murah sesuai kebutuhan dengan harga terjangkau sehingga tidak bikin kantong kering;
  • Traveling bisa jadi lebih hemat karena ada banyak tawaran harga/promo terjangkau dan murah di BestHostels Indonesia;
  • BestHostels tersebar di seluruh destinasi wisata di berbagai kota di Indonesia;
  • Tersedia kurasi lebih dari ratusan hostel terbaik di Indonesia;
  • Kemudahan transportasi selama traveling;
  • Paket traveling seru yang tak terlupakan begitu saja;
  • Transaksi yang mudah sekali klik melalui aplikasi BestsHostels yang tersedia di Google Play dan App Store;
  • Metode pembayaran menginap di BestHostels yang beragam bisa dipilih sesuai keinginan seperti bisa memakai dari ATM Bank, Transfer Bank, Perbankan Online, Minimart, Kartu Kredit, dan e-Wallet;
  • Layanan di BestHostels Indonesia ini sangat prima, amanah dan ramah;
  • Jaminan keamanan dan kenyamanan 7×24 jam;
  • Fasilitas di BestHostels ini mumpuni di kelasnya dan tentunya tetap membuat nyaman penggunanya;
  • Banyak sekali promo-promo menariknya setiap bulan yang bisa dicoba;
  • Pemesanan untuk reservasi hostel cukup mudah bisa melalui handphone dengan mengunjungi alamat pemesan BestHostels dan atau melalui aplikasi BestHostels Indonesia yang bisa diinstal di hapemu melalui Google Playstore;

Apa Saja Fasilitas yang Tersedia di BestHostels Indonesia?

Di BestHostels Indonesia, ada banyak sekali fasilitas yang bisa kita dapatkan dan tentunya dengan segala macam manfaat yang bisa diperoleh. Fasilitas di BestHostels ini memang didesain sedemikian rupa dan tetap mementingkan sisi kenyamanan pengunjung/tamu yang datang.

Adapun fasilitas yang tersedia di BestHostels Indonesia ini memang cukup terawat, artinya lingkungan tempat tinggal/hostel-nya bersih, aksesoris dan isi ruangan tersusun rapih, kamar-kamar bertingkatnya yang khas hostel telah terstandar dan tidak perlu takut roboh, suasana kamar yang mirip-mirip asrama namun tetap memperhitungkan volume orang yang bisa tinggal di situ.

Saat Nginep di hostels terkadang beberapa orang ada yang memutuskan ingin tinggal di hostel yang private room dan ada juga yang menginginkan sharing room. Di BestHostels Indonesia, semua tipe kamar private room maupun sharing room ini sudah tersedia lho dengan fasilitas pendukung lainnya. Untuk lebih jelasnya, yuk simak apa saja fasilitas yang tersedia di BestHostels Indonesia supaya teman-teman semuanya tidak penasaran, hehe…

#1 Kamar Asrama (Dormitory Room)

Kamar asrama (dormitory room) merupakan jenis kamar hostel yang sifatnya adalah sharing room. Kamar asrama ini umumnya dihuni oleh lebih dari 4 orang per kamarnya. Biasanya akan dihuni antara 6-8 orang atau bahkan bisa lebih hingga bisa dihuni oleh 20 orang, keren ya?. Nah, kamar jenis dormitory ini nyatanya sangat cocok lho buat kamu yang sedang traveling ngajak keluarga atau orang banyak dalam kurun waktu tertentu.

Jenis kamar asrama/dormitory ini mempunyai tipe tempat tidur single bed dengan ukuran 90x200cm serta bunk bed (tempat tidur tingkat) layaknya seperti asrama-asrama lainnya. Tipe kamar dormitory room ini juga mempunyai bermacam-macam jenisnya antara lain yaitu mix dorm, woman only dorm, male only dorm, dan shared dorm.

  • Mix dorm yaitu jenis kamar yang menggunakan tempat tidur tipe bunk bed dan dalam satu kamar tidak terbatas jenis kelamin. Jadi boleh laki-laki maupun perempuan. Tipe kamar mix dorm ini ternyata lebih praktis dan murah jika kamu membawa teman-teman banyak ketika traveling;
  • Woman only dorm, merupakan tipe dormitory room ini hanya diperuntukkan untuk kaum wanita saja dan cocok untuk yang ingin bebas di kamar tanpa ada yang mengganggu (me time);
  • Male only dorm, merupakan kamar hostel hanya diperuntukkan untuk kaum laki-laki saja;
  • Shared dorm, merupakan kamar hostel yang bisa dipergunakan untuk sharing, rapat-rapat kecil dan musyawarah kecil yang sifatnya terbatas.

Nah, sudah tahu kan tipe kamar dormitory ini, yuk sekarang kenali fasilitas kamar lainnya dari BestHostels Indonesia, yaitu private room.

#2 Private Room

Mungkin ada yang beranggapan bahwa tinggal di hostel itu gak bisa private room? ternyata bisa kok. Nah jadi di BestHostels Indonesia teman-teman semuanya tetap bisa memilih tipe kamar private room apabila tidak ingin menggunakan dormitory. Kamar tipe private room ini tentunya memiliki fasilitas twin bed atau single bed.

Kamar tipe private room tentu saja memiliki tipe kamar mandi di dalam. Jenis privat room ini cocok sekali bagi kamu yang ingin staycation di hostel tapi ingin menikmati “me time” atau “work from hostel“. Jenis kamar private room ini harganya tentu lebih mahal daripada kamar dormitory room. Tinggal kamu sendiri nih mau memilih tipe kamar yang mana? hehe….

#3 Dapur Bersama

Saat menyewa tempat menginap di BestHostels Indonesia maka teman-teman traveler akan mendapatkan fasilitas dapur bersama dengan peralatan dapur yang telah disediakan seperti microwave, toaster, kompor, panci, serta perlengkapan penggorengan, dan lain sebagainya.

Dapur bersama ini akan digunakan oleh semua penghuni hostel untuk kegiatan memasak, jadi maka setelah teman-teman selesai masak/makan maka wajib mencuci/membersihkan peralatan masak hingga bersih.

Nah, ngomongin soal seluk-beluk dapur juga selain aktivitas memasak, serta bagaimana kita bisa merawat dapur agar bersih, maka BestHostels Indonesia juga menawarkan beberapa program/workshop tentang kuliner (cooking class) dan masak-memasak sehingga kita sebagai tamu hostel juga bisa mendapatkan pengetahuan tambahan melalui workshop yang bisa kita ikuti. Seminar/workshopnya juga keren-keren karena diisi oleh mentor yang handal dan profesional di bidangnya masing-masing.

#4 Ruang Bersama (Lounge Room)

Fasilitas yang tak kalah menarik di hunian hostels yaitu ruang bersama (lounge room). Fasilitas bersama ini bisa digunakan secara bersama-sama sehingga sifatnya publik.

Fasilitas di ruang bersama ini tentu saja sangat kondusif, nyaman dan aman. Ruangannya dilengkapi dengan aneka bentuk meja dan kursi. Memanfaatkan ruang bersama ini bisa untuk sharing bareng teman/keluarga, curhat, ngobrol santai, baca-baca buku, bahkan kamu bisa mengerjakan aktivitas online selama pandemi COVID-19 dengan menyenangkan.

Nah, itulah beberapa fasilitas yang tersedia di BestHostels Indonesia, menarik bukan untuk dicoba selama kamu traveling? Yuk lakukan reservasi hostel dan dapatkan promo-promo menarik dengan cek di website besthostels.co.id.

Bagaimana Cara Pemesan Hostel di BestHostels Indonesia?

Untuk memesan hostel di BestHostel Indonesia, maka teman-teman bisa mengikuti panduan registrasi berikut ini:

  • Silakan kunjungi alamat situs resmi BestHostels Indonesia berikut: https://besthostels.co.id/;
  • Lakukan registrasi data diri dengan klik tombol “Daftar” pada bagian menu di pojok kanan paling atas;
  • Isikan data-data diri secara tepat, setelah selesai lalu klik tombol “Daftar Sekarang“.
  • Setelah klik tombol “Daftar Sekarang“, maka akan ada konfirmasi selanjutnya bahwa kita disuruh mengecek email yang kita inputkan tadi untuk aktivasi akun BestHostels kita. Segeralah cek email dan lakukan aktivasi sesuai petunjuk;
  • Setelah saya cek email, maka memang benar ada notifikasi tentang disuruh mengaktifkan akun BestHostels yang telah dibuat dengan klik link yang disediakan. Lihat contoh di bawah ini:
  • Setelah saya klik link aktivasi yang ada pada isi email notifikasi tersebut, kemudian secara otomatis saya diarahkan kembali ke halaman website https://besthostels.co.id/, dan ada pemberitahuan juga bahwa akun yang saya buat telah diaktivasi dan ini artinya bisa gunakan login ke akun untuk memesan hostel di BestHostels Indonesia sesuai kebutuhan.
  • Sampai tahap di atas, maka kamu sudah selesai membuat akun di BestHostels di Indonesia, dan sekarang kamu bisa pilih hostel sesukamu untuk menginap saat traveling.

Jika kamu akan memesan hostel melalui halaman website BestHostels Indonesia, maka kamu tinggal masukkan saja lokasi “Kamu ingin pergi kemana?“, jadwal “Check in – Check out“, serta “Total Tamu” yang akan menginap. Kemudian selanjutnya klik tombol “Cari” seperti contoh gambar di atas. Setelah itu ikuti petunjuk selanjutnya ya?

Nah, itu saja sih sebenarnya cara untuk mendaftar/registrasi di BestHostel Indonesia. Cukup mudah bukan registrasi di BestHostels Indonesia? yuk buat teman-teman yang belum punya akun segera registrasi dan tentunya nikmati juga segala kemudahan saat traveling hemat bareng BestHostels Indonesia.

Bagaimana Pelayanan BestHostels Indonesia Selama Pandemi COVID-19?

Pelayanan BestHostels Indonesia selama pandemik COVID-19 yaitu tetap mengikuti protokol kesehatan dari pemerintah yaitu dengan menerapkan 3M yaitu mencuci tangan pakai sabun, memakai masker, dan menjaga jarak.

Petugas di hostel yang bekerjasama dengan BestHostels Indonesia akan menerapkan protokol kesehatan 3M kepada traveler yang menginap. Petugas menganjurkan semua pengunjung hostel untuk menerapkan 3M. Menjaga jarak minimal satu meter pun telah dianjurkan saat berada di hostel. Memakai masker adalah mutlak bagi pengunjung, serta rutin cuci tangan dengan sabun supaya kebersihan diri juga tetap terjaga.

Selain itu, petugas hostel juga selalu melakukan pemantauan kebersihan lingkungan hostel. Caranya melakukan penyemprotan diinfektan pada ruang-ruangan hostel agar tetap steril dan terbebas dari bakteri, jamur, dan virus COVID-19. Selain itu, tamu yang masuk hostel akan dicek suhu tubuhnya dengan alat pendeteksi suhu badan, menyemprotkan disinfektan pada setiap spot-spot area di sekitaran hostels, memberikan masker gratis bagi tamu yang lupa membawa masker serta penggunaan hand sanitizer.

Dengan dilakukan penyemprotan disinfektan di seluruh ruangan hostel tentu akan semakin steril. Selain itu, ketatnya Protokol Kesehatan di hostels, maka tentu saja akan mencegah kemungkinan risiko tinggi penyebaran virus COVID-19 di lingkungan hostel. Jadi untuk kalian traveler tidak perlu ragu lagi untuk menginap di hostel dari BestHostels Indonesia walaupun kini sedang pandemi.

Nah, berikut ini Review hostel oleh Bima dalam hal penerapan protokol kesehatan di salah satu hostel Nusa Penida yang bekerjasama dengan BestHostel Indonesia. Silakan bisa teman-teman tonton pada live IG TV @besthostels_id di bawah ini:

Apa Kata Mereka Tentang BestHostels Indonesia?

Banyak sekali testmoni positif BestHostels dan keseruan pengalaman mereka menginap di BestHostels Indonesia, seperti misalnya pengalaman Kevin Torsten (akun instagramnya: @kevin_torsten) saat menginap di BestHostels. Kamu bisa tonton videonya di bawah ini:

Oya, untuk testimoni dan pengalaman seru dari teman-teman traveler lainnya tentang BestHostels Indonesia, kamu bisa kepoin akun Instagram BestHostels di: https://www.instagram.com/stories/highlights/17974800280384329/. Atau bisa juga kepoin sosial media BestHostels Indonesia yang lainnya seperti:

Oya, sebagai penutup dari tulisan saya ini, maka pada dasarnya ketika kita hendak berlibur/traveling ke tempat wisata yang kita inginkan, maka memilih lokasi untuk menginap penting dilakukan jauh-jauh hari. Selain itu, menyesuaikan dana/budget dengan tempat menginap juga penting diperhatikan. Tidak perlu memaksakan untuk menginap di hotel/hostel yang mahal untuk traveling, karena sekarang kalian para teman-teman traveler/backpakers bisa mencoba traveling hemat dengan menggunakan BestHostels Indonesia. Semoga artikel ini bermanfaat, terima kasih.

Sumber Referensi Pendukung Tulisan:

BestHostels Indonesia
Taggs:
73 Comments
  • Dian 5:53 pm 12 Juni 2021 Balas

    menarik sekali menginap di hostel ini ya mas
    aku belum pernah merasakan menginap di hostel
    mungkin next bisa dicoba

    • Wahid Priyono 9:16 pm 13 Juni 2021 Balas

      Yups kak Dian, mudah2an next time bisa nginep di hostel ya?

      • Lithaetr 7:12 am 14 Juni 2021 Balas

        Sepertinya seru juga ini menginap di hostel. Buat keluarga besar, pas ini bisa jadi alternatif menginap yang lebih murah. Simpan dulu tulisannya, buat dibaca lagi saat hendak bepergian nanti

        • Wahid Priyono 7:57 am 14 Juni 2021 Balas

          Boleh juga tuh kak disave dulu tulisan saya ini, siapa tahu lain waktu dan kesempatan pengen nyobain BestHostels Indonesia, kan kudu dicoba nih !

        • Laela Dzuhria Wahyudo 7:05 pm 15 Juni 2021 Balas

          Seru nih menginap di hostel, akan ada rasa kebersamaan yabg tinggi, saling menjaga kebersihan bersama untuk kenyamanan bersama, dan sudah pasti harga lebih bersahabat dibandingkan hotel ya. Next time lah bisa aku coba nih menginap di hostel. Thx mas infonya.

        • Nengsi 8:36 pm 29 Juni 2021 Balas

          Seumur-umur, baru sekarang aku tau perbedaan hostel dengan hostel. Wkwk.. Memang lebih rekomended ya kak buat yang mau nginap dengan harga lebih hemat. Tapi kayaknya di kota ku belum ada nih hostel.

        • Jihan Fauziah 4:26 am 6 Juli 2021 Balas

          Hostels ini juga cocok ya untuk traveling bareng keluarga. Tapi kalau bawa bayi kira2 gimana ya??? Fasilitasnya mendukung gag ya???

  • Narasi Nia 6:09 pm 12 Juni 2021 Balas

    Wah, asrama room nih enak buat sekeluarga. Bisa ngirit dan tetep bareng-bareng.

    Interior nya juga okeh punya. Pokoke patut dicoba.

    Thanks kaka atas infonya

    • Yanti Ani 1:30 pm 13 Juni 2021 Balas

      Dari penjelasannya apakah sama dg losmen kah? Bagi traveler keberadaan hostel ini pasti sangat hemat isi dompet ,:)

    • Wahid Priyono 9:18 pm 13 Juni 2021 Balas

      Yups kak, yuk pas traveling boleh nih cobain hostel dari BestHostels Indonesia aja yuk..???

  • firsty molyndi 7:42 pm 12 Juni 2021 Balas

    hostelnya bisa milih hostel yang ramah disabilitas gak ya? soalnya penting tuh untuk pengguna kursi roda kalo mau nginap

    • Wahid Priyono 9:20 pm 13 Juni 2021 Balas

      Maaf kak, saya belum tahu betul apakah BestHostels Indonesia sudah memfasilitasi bagi teman2 disabilitas. Saya cari dulu infonya ya kak…Makasih.

  • Yuni Bint Saniro 8:31 pm 12 Juni 2021 Balas

    Hostel tu enaknya lebih murah ketimbang hotel. Karena itu, kita kudu benar-benar selektif pilihnya. Meski murah jangan pilih yang murahan juga ding.
    Kadang seru juga lho kalau sekamar jadi dihuni banyak orang. Kita jadi banyak kenalan.

    • Wahid Priyono 9:22 pm 13 Juni 2021 Balas

      Memang nginep di hostel itu gak jauh beda dengan di hotel kok kak menurut pengalaman saya. Harga nginep di hostel juga lebih terjangkau sesuai budget yang kita punya.

  • Mutia Ramadhani 11:51 pm 12 Juni 2021 Balas

    Beda-beda rasanya menginap di hostel dan hotel ya mas. Saya pas ke Singapura dan Malaysia beberapa kali seringnya nginap di hostel karena lebih murah. Kekeke. Kalo di Indonesia saya yakin hostelnya lebih bagus dibanding luar negeri. Yakin bener saya itu. Jadi, asik juga kalo lagi pelesiran rame-rame sama teman nginap di hostel, misalnya di BestHostels ini.

    • Wahid Priyono 9:30 pm 13 Juni 2021 Balas

      Yups, betul sekali kak Mutia, menginap di hostel pasti ada pengalaman tersendiri. Bagi solo traveler juga gak masalah, mau ajak keluarga juga boleh tuh, biar sekalian rame-rame kumpul dalam satu lokasi. hehe. Btw, di masa pandemi COVID-19 namun tetap patuhi protokol kesehatan 3M -nya ya?

      • Mutia Ramadhani 3:19 pm 14 Juni 2021 Balas

        Di Bali itu bule-bule backpacker, yaa di bahasa kitanya bule dengan bujet menginap terbatas, suka pilih hostel. Hostel di Bali itu kalo menurut saya setara dengan hotel lokal yang ada di kabupaten-kabupaten di Sumatera. Hihihi. Emang jatuhnya ke preferensi masing-masing sih. Kalo saya pribadi, selama hostelnya bersih, sepreinya wangi, selimutnya diganti, pokoknya homy, gak masalah nginep di hostel.

        • Wahid Priyono 4:16 pm 14 Juni 2021 Balas

          Iya kak, yang penting esensi sesungguhnya kan traveling hehe… yang penting #happytraveling 😀

  • Maria Soemitro 12:20 am 13 Juni 2021 Balas

    harus masuk list nih, BestHostels Indonesia untuk ntar Solo Traveling
    Karena ngajak anak-anak susah banget cari waktu yang cocok
    Ya udah pergi sendiri aja ^^

    • Wahid Priyono 9:31 pm 13 Juni 2021 Balas

      Jadi solo traveling juga gpp kak, hehe. Tetap seru juga kok… 🙂

  • Ida Tahmidah 2:51 am 13 Juni 2021 Balas

    Wah bagus nih, pengalaman kalau traveling tuh hotel hanya digunakan untuk berisitirahat saja… kebanyakan waktu habis untuk mengeksplor destinasi, jadi bisa menekan budget nih di penginapan dengan menginap di hostel aja ya Ntar cobain pakai besthostels nih mencarinya..

    • Wahid Priyono 9:33 pm 13 Juni 2021 Balas

      Yups, silakan kak Ida, boleh nih coba BestHostels Indonesia tuk tempat menginap saat traveling ke luar kota. Mudah-mudahan betah ya kak, hehe…

  • Arai Amelya 6:21 am 13 Juni 2021 Balas

    Kayaknya buat solo traveller sepertiku yang doyan sendiri ke mana-mana, hostel lebih cocok sih. Dari dulu selalu pengen nginep di hostel capsule gini sih kak. semoga pandemi ini segera kelar yah, jadi bisa melanglang buana lagi

    • Wahid Priyono 9:36 pm 13 Juni 2021 Balas

      Wah saya mah udah gak heran sama kak Arai ini mah…hahaha, cewek hebat, traveling sendirian sebagai solo traveler sudah gak diragukan lagi…terbukti sekali tulisan kak Arai di blognya yang keren2 abis bahas destinasi wisata bareng temen2nya.. duh kerennya kak Arai ini 🙂

  • Dian Restu Agustina 8:04 am 13 Juni 2021 Balas

    Saya sekeluarga menjadikan traveling sebagai saat membangun bonding. Karena sekian waktu bisa bersama, melepas lelah pikiran bersama kesayangan meski tetap perencanaan dana mesti dipikirkan.
    Tentu penginapan saat traveling seperti Besthostels ini bisa jadi pilihan karena nyaman dengan harga sangat terjangkau
    Saya sudah pernah di salah satu destinasi menginap di share room semacam bestshostel ini. Ada bunkbed untuk 4 orang, kami tempati sekeluarga…jadi hemat sekali dana menginapnya

    • Wahid Priyono 9:37 pm 13 Juni 2021 Balas

      Yups kak, menginap di hostel tak kalah serunya ya, apalagi bareng keluarga dan orang2 tersayang sudah pastinya akan semakin nyaman.

  • Dwi Ananta 10:33 am 13 Juni 2021 Balas

    Dulu waktu belum punya anak jauh lebih praktis untuk menggunakan hostel. Bisa ketemu dan berkenalan dengan banyak orang juga.

    • Wahid Priyono 9:39 pm 13 Juni 2021 Balas

      Yups, betul kak menginap di hostel bisa jadi pilihan terbaik saat hendak memutuskan liburan ke luar daerah dalam jangka waktu tertentu. BestHostels Indonesia bisa jadi pilhan terbaik bagi para backpackers.

  • Moch. Ferry 10:43 am 13 Juni 2021 Balas

    Referensi komprehensif mengenal diferensiasi/perbedaan hostel dan hotel, panduan memilih hostel yang tepat sesuai budget memang dibutuhkan. Terima kasih mas wahid.

    • Wahid Priyono 9:40 pm 13 Juni 2021 Balas

      Yups kak Ferry. Semoga tulisan saya di atas bermanfaat ya?..

  • Nanik Nara 12:07 pm 13 Juni 2021 Balas

    Bagi keluarga beranak 3 kayak keluarga saya ini, menginap di hostel emang lebih hemat di banding di hotel yang harus pesan dua kamar. Lebih praktis juga. Jadi walau travelling, kami tetap bisa ngumpul dan tidur bareng.

    • Wahid Priyono 9:41 pm 13 Juni 2021 Balas

      Yups kak, yang penting nilai kekeluargaannya tetap terjaga bagus ya kak selama liburan.. keren nih pengalaman kak Nanik…

      • Nanik Nara 12:09 pm 14 Juni 2021 Balas

        Rencana agustus mau ke banyuwangi lanjut Bali, tapi ngecek ternyata belum ada hostel di Banyuwangi yang bekerja sama dengan besthostels ini. Semoga makin banyak yang bekerja sama ya, kalau jaringannya makin luas, sebagai konsumen, tentu saya juga senang

  • Annie Nugraha 12:40 pm 13 Juni 2021 Balas

    Jika memutuskan untuk menginap di hostel, satu hal yang saya pastikan adalah mengenai gender dengan ruangan yang bisa ditinggali oleh jumlah tak lebih dari 4 orang plus akses ke toilet/kamar mandi yang juga dikelompokkan berdasarkan gender. Terasa banget untuk saya yang mengenakan jilbab. Lebih aman dan juga nyaman di hati.

    Tapi jika berangkat atau traveling bertiga, saya lebih milih hotel karena sharingnya biasanya tidak begitu jauh daripada tinggal di hostel. Tentu saja hotel bintang 3 aja.

    • Wahid Priyono 4:56 am 14 Juni 2021 Balas

      Makasih kak Annie atas opininya, hehe.. Kembali ke esensi menginap baik di hostel dan hotel. Semuanya punya fasilitas dan keunggulan masing-masing, tinggal mau pilih yang mana juga tidak masalah sesuai budget juga kan ya? hehe… BestHostels Indonesia bisa jadi pilihan traveling hemat buat solo traveler maupun ketika liburan bareng keluarga….

  • Bayu Fitri 4:54 pm 13 Juni 2021 Balas

    Wah keren nih informasinya . Saya baru tau lho bedanya hostel dan hotel. Satu lagi saya baru tau ada jenis hostel co working space tak kira hanya ruang kantor saja yang co working space. Menurut saya lebih nyaman tinggal di hostel kalau seorang diri ya karena bisa dapat jejaring dan teman baru. Kalau sama keluarga baru deh nginapnya di hotel karena lebih privacy

    • Wahid Priyono 4:53 am 14 Juni 2021 Balas

      Wah iya makasih kak Bayu Fitri atas opininya. Hehe, iya kak, memang menginap di hostel itu juga tak kalah menariknya dengan menginap di hotel. Semuanya pasti punya keuntungan masing-masing dan setiap orang pasti berbeda2 opininya tentang hostel maupun hotel. Jika ingin menginap saat traveling bisa coba BestHostels Indonesia juga kak…

  • Wiwin | Pratiwanggini.Net 10:03 pm 13 Juni 2021 Balas

    Saya belum pernah nginap di hostel. Hanya bisa membayangkan saat masih single trus jalan-jalan, nginapnya di hostel, pasti seru. Sekarang bisanya saya rekomendasikan ke anak saya sebagai alternatif penginapan dengan budget backpacker.

    • Wahid Priyono 4:25 am 14 Juni 2021 Balas

      Next time mudah2an terwujud ya kak nginep di hostelnya. aamiin

      • Wiwin | pratiwanggini.net 6:38 am 14 Juni 2021 Balas

        Aamiin 🙂

  • Erly Damayanti 9:06 am 14 Juni 2021 Balas

    Aku kira dulu hostel itu gak nyaman, karena serba terbatas harus berbagi dengan teman lain yang kadang kita belum pernah bertemu, pekewoh istilah jawanya alias serba kikuk tapi kalo liat fasilitas hostel sekarang ternyata nyaman juga ya.. terima kasih banyak infonya

    • Wahid Priyono 11:10 am 14 Juni 2021 Balas

      Yups kak, hostel sekarang mah makin bersih aja kak, contohnya BestHostels Indonesia yang kredibel selalu pakai konsep “ada harga ada barang” jadi no tipu-tipu hehe..

  • Iim Rohimah 10:45 am 14 Juni 2021 Balas

    Seru banget ya kalau bisa travelling dan nginep di hostel kaya gini. Lebih ekonomis tapi tetap nyaman. Buat aku sih tempat tinggal sederhana udah biasa. Maklum orang desa 😄

    • Wahid Priyono 11:12 am 14 Juni 2021 Balas

      Hehe, yang pentingnya esensi sebenarnya adalah traveling ya kak? hahaha. Saya juga pernah dan terbiasa jadi orang2 terlantar di pinggir jalan, melihat sisi lain kehidupan di dunia ini.

      Btw, tinggal di desa juga gak masalah kak, serba “nerimo” dan pastinya lebih banyak bersyukur ya hehe.

  • Susindra 10:56 am 14 Juni 2021 Balas

    Menginap di hostel memang sangat menghemat. Salah satu pilihan traveling pribadi saya. Senangnya, kadang ketemu teman baru yang seru dan ternyata bisa langsung akrab.

    • Wahid Priyono 11:14 am 14 Juni 2021 Balas

      Yups betul kak, tinggal di hostels juga tentunya akan memberikan pengalaman berharga dalam hidup ya kak? karena kita akan melihat banyak sisi lain kehidupan. Termasuk bisa memahami sifat/karakter orang yang berbeda-beda untuk diambil pelajaran hidupnya. TFS ya kak Susi 😀

    • Laela Dzuhria Wahyudo 7:07 pm 15 Juni 2021 Balas

      Seru nih menginap di hostel, akan ada rasa kebersamaan yabg tinggi, saling menjaga kebersihan bersama untuk kenyamanan bersama, dan sudah pasti harga lebih bersahabat dibandingkan hotel ya. Next time lah bisa aku coba nih menginap di hostel. Tapi kalau bawa anak balita memungkinkan nggak y?

      • Wahid Priyono 11:50 pm 15 Juni 2021 Balas

        yups kak betul sekali. Fasilitas di BestHostels Indonesia memang baguse testimoninya.Lingkungan hostel aman tetap bersih dan terawat kok.

  • supadilah 6:30 pm 14 Juni 2021 Balas

    Best Hostels Indonesia sangat menolong ketika mencari fasilitas menginap serta ruangan pertemuan dan lainnya. Jika biasanya nanya ke teman-teman, sekarang bisa nih memanfaatkan Bets Hostels Indonesia. Makasih mas artikelnya. Keren

    • Wahid Priyono 9:54 am 15 Juni 2021 Balas

      Yups mas supadilah, alternatif berlibur/traveling yang hemat dan berkualitas memang bisa memakai BestHostels Indonesia.

  • Waode_1453 7:57 pm 14 Juni 2021 Balas

    Kalau baca tulisan para backpacker, biasanya mereka emang lebih milih hostel dari pada hotel. Alasan utamanya tentu karena lebih hemat. Tapi ada juga yang beralasan kalau di hostel, bisa lebih memperluas pergaulan.

    Sebagai pecinta jalan2 murah, kayaknya besthostels ini patut untuk di coba. Terimakasih informasinya Mas.

    • Wahid Priyono 9:56 am 15 Juni 2021 Balas

      Yups kak, BestHostels Indonesia ini memang bisa dicoba untuk para traveler yang ingin liburan simpel dan hemat. Fasiltas di BestHostels Indonesia juga gak abal-abal lho kak, tetap memperhatikan kebersihan ruangan hostel, kamar, dan lainnya. Selain itu, penerapan protokol kesehatannya ketat (3M).

  • Farida Pane 5:31 pm 15 Juni 2021 Balas

    Hostel ini memang cocok banget buat backpacker, ya. Cuma kalau aku masih butuh yang ada kamaR mandi pribadi.

    • Laela Dzuhria Wahyudo 7:06 pm 15 Juni 2021 Balas

      Seru nih menginap di hostel, akan ada rasa kebersamaan yabg tinggi, saling menjaga kebersihan bersama untuk kenyamanan bersama, dan sudah pasti harga lebih bersahabat dibandingkan hotel ya. Next time lah bisa aku coba nih menginap di hostel. Tapi kalau membawa balita memungkinkan nggak ya?

    • Wahid Priyono 11:54 pm 15 Juni 2021 Balas

      yups kak bisa coba BestHostels Indonesia nih tuk tempat nginep saat traveling.

  • nurulrahma 6:39 pm 15 Juni 2021 Balas

    Aku baru sekali nginep di hostel, pas halan2 ke San Francisco.
    Dan emang menarik banget vibes-nya.

    kurasa next time kalo udah siap ngetrip lagi, aku bakal pertimbangkan untuk pilih besthostels aja

    Asik buangettt! Makasi tipsnya kak.

    • Wahid Priyono 11:52 pm 15 Juni 2021 Balas

      yups betul kak. yuk mari kita coba BestHostels Indonesia untuk tempat nginep saat traveling.

  • Nurul Sufitri 8:53 pm 15 Juni 2021 Balas

    AKu pernah menginap di hostel ketika traveling bareng teman blogger…di Singapura sih. Kalau hostel di Indonesia belum pernah. Tapi aku memamg sudah pasang aplikasinya, sudah lihat2 hostel di beberapa tempat. Ternyata cakep2 banget ya, fasilitasnya oke deh, ga kalah pamor sama hotel pada umumnya. Harga yang diyakini sih pasti jauh lebih murah tapi kualitasnya ga murahan 😀 Cakep nih tulisannya, Mas Wahid.

    • Wahid Priyono 11:48 pm 15 Juni 2021 Balas

      makasih kak Nurul. boleh dicoba nih aplikasi BestHostels Indonesia.

  • Dian Restu Agustina 11:52 pm 15 Juni 2021 Balas

    Cocok sekali buat pilihan penginapan traveling hemat saat BestHostels Indonesia ini. Bisa dialihakn deh dana penginapan ke pos lainnya. Bisa tetap jalan-jalan dengan nyaman

  • moch ferry dc 2:19 am 16 Juni 2021 Balas

    Jika dihadapkan pada suatu pilihan saya memilih hostel mas wahid karena belum pernah mencoba menginap di sananya.

    • Wahid Priyono 5:14 am 16 Juni 2021 Balas

      Iya mas ferry. Mudah2an nanti pas traveling mas ferry bisa coba menginap di BestHostels Indonesia.

  • Maria Soemitro 10:36 am 16 Juni 2021 Balas

    nama lain hostel mungkin home stay ya?
    saya sering pilih home stay jika tahu nomor kontaknya
    Karena lebih nyaman, serasa rumah sendiri
    Bisa masak di dapur, walau cuma air minum dan mie instant
    Juga bisa duduk duduk sambil nonton tv

    • Wahid Priyono 7:45 am 18 Juni 2021 Balas

      Memang nyaman kak tinggal di Hostel, saya juga pas traveling kadang memilih hostel untuk menginap juga.

  • Bayu Fitri 11:47 am 16 Juni 2021 Balas

    Saya senang nginap di hostel timbang di hotel. Suasananya hostel tuh lebih merakyat heheh kalau di hotel kan lebih privacy ya jadi kurang merakyat

    • Wahid Priyono 7:44 am 18 Juni 2021 Balas

      Yups kak Bayu, betul sekali nginep di Hostels lebih praktis dan juga terjangkau harganya.

  • Renov 12:04 am 21 Juni 2021 Balas

    wuihhh ini cocok banget buat backpacker yang enggak akan menghabiskan waktu terlalu lama di kamar. Bisa memilih hostel yang berkualitas tapi sesuai budget di besthostels

    • Wahid Priyono 11:28 am 21 Juni 2021 Balas

      Yups, betul kak, bisa coba besthostels Indonesia ya untuk liburan hemat.

  • Ngopi Santai 11:06 am 21 Juni 2021 Balas

    memang kita harus jeli dalam memilih penginapan, terutama penginapan yang ada di kota yang belum pernah kita kunjungi. menginap di hostel saya kira cukup menarik, karena harganya biasanya terjangkau. terima kasih infonya mas wahid

    • Wahid Priyono 11:27 am 21 Juni 2021 Balas

      Yups mas, betul hostel memang bisa jadi pilihan tepat untuk traveling hemat.

Write a comment