Wahid Priyono

Bloger

Web Designer

Influencer

Freelancer

Teacher

Writer

Content Creator

Badminton Lovers

Wahid Priyono

Bloger

Web Designer

Influencer

Freelancer

Teacher

Writer

Content Creator

Badminton Lovers

#BlogPost

Family Gathering Guru dan Staf Karyawan SMA Yadika Natar di Pantai Embe Kalianda, Lampung Selatan

3 Juni 2023 Traveling
Family Gathering Guru dan Staf Karyawan SMA Yadika Natar di Pantai Embe Kalianda, Lampung Selatan

Alhamdulillah, di penghujung semester genap tahun ajaran sekolah di 2023 ini, maka seluruh guru dan staf karyawan SMA Yadika Natar Lampung Selatan mengadakan kegiatan Family Gathering di salah satu pantai yang sangat unik di daerah Merak Belantung, Kalianda, Lampung Selatan. Nama pantainya adalah “Pantai Embe”.

Pantai Embe ini merupakan salah satu pantai tertua di Lampung, sudah ada sejak tahun 1990-an awal. Namun saat itu, pengelolaan pantai masih kurang bagus, karena masih dilakukan oleh masyarakat sekitar.

Namun sejak Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf RI) membidik pariwisata sebagai destinasi yang harus dipopulerkan ke tingkat dunia, maka pantai Embe Kalianda ini mengalami beberapa perbaikan baik dari struktur organisasi pengelola pantai maupun perbaikan fasilitas maupun layanan kepada para pengunjung.

Gerbang Masuk Pantai Embe Kalianda Lampung Selatan

Untuk menuju ke pantai yang dikelola oleh Bakrie Group ini tidaklah sulit. Pantai Embe berlokasi di Jl. Trans Sumatera KM 45, Desa Merak Belantung, Kalianda, Kabupaten Lampung Selatan. Jika ingin ke Pantai Embe, kita bisa naik sepeda motor atau mobil dari kota Bandar Lampung dengan jarak tempuh sekitar 1,5 jam saja hingga tiba di kawasan Grand Elty. Kemudian kita tinggal belok kanan menyusuri jalanan beraspal yang nyaman untuk dilewati karena di sekitarnya ada beberapa tanaman magrove yang indah untuk dilihat. Kita juga bisa melewati jalan tol sumatera untuk menuju lokasi ini. Jika dari kota Bandar Lampung kita bisa melewati tol Kota Baru dari kampus Institut Teknologi Sumatera (Itera).

Selain itu, kita juga bisa berangkat dari Pelabuhan Bakauheni dengan waktu tempuh yang relatif lebih cepat, hanya sekitar 35 menit saja. Ketika melewati jalanan beraspal untuk menuju ke Pantai Embe, kita juga akan menemui sejumlah pantai indah lainnya sebelum sampai di Pantai MBeach (Embe), seperti Pantai Bagus, Pantai Tanjung Beo, hingga Pantai Sapenan.

BACAAN LAINNYA:  Bingung Cari Hostel Untuk Menginap Saat Traveling? Cobain BestHostels Aja !

Bagi yang tidak punya kendaraan pribadi juga bisa naik bus untuk mengantarkan ke Pantai Embe. Kita bisa mencoba naik bus jurusan Rajabasa-Bakauheni, kemudian turun di Simpang Merak Belantung. Setelah sampai di Simpang Merak Belantung, setelah itu bisa naik ojek yang siap mengantarkan ke Pantai Embe. Ongkos atau biaya ojek tersebut bisa sangat bervariasi, tergantung dari proses tawar-menawar dengan abang tukang ojeknya.

Tidak jauh dari pelang Pantai Embe, kita akan menemukan bukit kecil bebatuan yang ditata sedemikian rupa hingga menyerupai taman. Namun kita juga perlu berhati-hati, pasalnya kata penduduk setempat konon terdapat sebuah goa tersembunyi yang didiami oleh seekor ular.

Saat tiba di Pantai Embe, mata kita akan langsung disuguhi pemandangan pepohonan yang rindang di sekitar pantai. Kemudian ada pula sejumlah pondokan/gazebo yang dapat disewa untuk beristirahat selama berada di Pantai Embe.

Tempat parkir mobil di pantai Embe/MBeach Kalianda, Lampsel.

Hamparan pasir putih di Pantai Embe ini tentunya akan menarik minat untuk sekadar bermain pasir atau berenang di tepian. Ombak di Pantai Embe sendiri cukup tenang namun memiliki arus yang besar. Bagi yang membawa anak kecil tetap perlu waspada agar si kecil tidak berenang sendirian ke tengah-tengah pantai, sebab ombaknya cukup besar terutama di atas jam 12 siang.

Untuk masuk ke area Pantai Embe, kita akan dikenai tiket seharga Rp 20 ribuan per orang. Akan tetapi jika kita membawa kendaraan seperti mobil, maka akan ditarik biaya parkir sebesar Rp 10 ribuan. Harga tiket masuk tersebut sudah termasuk biaya asuransi Jasa Raharja dan toilet. Cukup murah bukan?

Selain menikmati indahnya pemandangan laut di Pantai Embe, maka kita juga bisa menyaksikan pemandangan menakjubkan Gunung Rajabasa dari kejauhan yang tampak tinggi menjulang di Pesisir Kalianda. Untuk urusan fasilitas, pantai ini telah menyediakan fasilitas cukup lengkap bila dibandingkan dengan pantai-pantai lainnya.

Pantai Embe Kalianda Lampung Selatan
Pantai Embe Kalianda Yang Indah

Kita bisa menyewa ban yang disediakan oleh pengelola Pantai Embe agar lebih aman saat berenang ke tengah laut. Selain terdapat persewaan ban, disini juga dilengkapi fasilitas penunjang lainnya seperti kuliner laut alias sea food, lapangan bermain tradisional anak-anak, outbond track, mini mancing, persewaan kano, toilet, ruang bilas, area parkir, pondokan, lapangan voli pantai, sepak bola pantai, bumi perkemahan (camping ground), hingga musala bagi umat muslim yang ingin beribadah.

Di pantai Embe juga menyewakan ban untuk berenang

Meski fasilitasnya cukup lengkap, sebaiknya kita juga tak lupa untuk menyiapkan bekal dari rumah untuk berjaga-jaga jika warung yang ada di Pantai Embe sedang tutup. Menurut pengakuan beberapa wisatawan yang pernah ke wisata pantai Embe Kalianda Lampung Selatan ini, terkadang warung-warung ada yang tutup apabila pengunjung sedang sepi.

Untuk urusan akomodasi, jika kita termasuk seorang traveler yang berjiwa petualang dan senang tinggal di alam bebas bisa mencoba membangun tenda sendiri alias kemah di camping ground yang disediakan di Pantai Embe. Namun jika kita berlibur bersama keluarga atau rekan kantor/rekan kerja, dan mendambakan sebuah hotel atau penginapan yang nyaman untuk dijadikan tempat beristirahat, tentu kita bisa untuk mencoba menginap di Grand Elty Krakatoa Kalianda Resort yang letaknya dekat sekali dari Pantai Embe ini.

Grand Elty Krakatoa Resort Kalianda ini menyediakan cukup banyak kamar hotel dan villa dengan fasilitas yang cukup lengkap mulai dari restoran, kolam renang, ruang pertemuan, dan masih banyak lagi. Terdapat beberapa tipe kamar yang bisa dipesan, mulai dari Superior Twin Room with Pool View dengan rate Rp 833 ribuan per malam, Superior Twin Room with Sea View dengan harga Rp 1 jutaan per malam, Villa Rp 1 jutaan per malam, atau yang paling mahal Executive Villa dengan tarif sewa mencapai Rp 1,2 jutaan per malam. Cukup terjangkau bukan? Jika ingin menginap di sana, kita dapat melakukan reservasi kamar dengan menghubungi nomor telepon (0727) 322900.

Akan tetapi jika kita merasa keberatan dengan harga kamar di Grand Elty Krakatoa Resort, kita bisa memilih menginap di daerah Kalianda. Banyak penginapan murah dengan tarif mulai dari Rp 100 ribuan hingga Rp 800 ribuan saja per malam yang bisa didapat, mulai dari Hotel Kalianda, Hotel Way Urang, Hotel Beringin, Homestay Kembar, Wisma Belerang, Alau-Alau Boutique Resort, hingga Hotel Negeri Baru.

BACAAN LAINNYA:  Nikmati Keseruan Staycation Bersama Keluarga Dan Orang-Orang Tercinta Di Kapal Garden Hotel Malang

Serunya Family Gathering Guru dan Staf Karyawan SMA Yadika Natar Lampung Selatan di Pantai Embe/MBeach Kalianda

Pada hari Sabtu, 3 Mei 2023 rombongan guru dan karyawan SMA Yadika Natar Lampung Selatan mengadakan kegiatan Pembinaan dan Family Gathering di pantai embe atau MBeach ini. Konsep dalam kegiatan ini adalah bersenang-senang untuk merefresh tubuh setelah ujian semester genap 2023.

Dalam kegiatan ini acara dibuka oleh kepala SMA Yadika Natar, Waka Kurikulum, serta beberapa perwakilan dari staf Tata Usaha (TU).

Family Gathering SMA Yadika Natar di Pantai Embe Kalianda Lampung Selatan

Setelah acara pembukaan, dilanjutkan dengan menyantai sambil memakan menu kue-kuean dan minuman. Setelah itu barulah para guru dibagi menjadi beberapa kelompok untuk kegiatan outbond.

Ada beberapa permainan dalam kegiatan outbond yaitu estafet tepung, estafet air, memindahkan sumpit pakai mulut/congor, estafet karung, serta permainan siap cepat pasti dapat.

Bermain estafet air

Setelah out bond, para guru tidak lupa nyemplung di pantai untuk sekedar berenang, bermain bola voli, bermain bola kucing, dan lain sebagainya.

Acara di akhiri dengan pembagian hadiah bagi para pemenang lomba di kegiatan out bond.

Tepat pukul 15.45 wib kami beranjak ke bus, untuk melanjutkan perjalanan pulang melewati jalan tol lintas Sumatera dari tol Kalianda.

Taggs:
18 Comments
  • Dian Restu Agustina 6:41 pm 8 Juni 2023 Balas

    Seru Mas , dengan family gathering akan mempererat silaturahmi dan sinergi antara guru dan staf karyawan SMA Yadika Natar. Btw, pantai di Lampung indah-indah euy, bisa nih nanti kalau ke Lampung lagi singgah ke Pantai MB

    • Wahid Priyono 11:03 am 10 Juni 2023 Balas

      Bener banget kak Dian, jadi bagus ya energinya 🙂

  • Cindi 5:55 am 9 Juni 2023 Balas

    Pantainya bersih, cantik juga, acara gatheringnya bisa seru dan jadi quality time juga. Asik banget Kak..

    • Wahid Priyono 11:02 am 10 Juni 2023 Balas

      Iya kak Cindi, alhamdulillah seru dan kekeluargaannya dapet banget… 🙂

  • Sumiyati Sapriasih 5:58 am 9 Juni 2023 Balas

    hmm … jadi pengen nih …. family gathering bersama teman teman SMA, secara lihat keseruan mas wahid priyono bisa mempererat silaturahmi terus terjalin

    • Wahid Priyono 11:02 am 10 Juni 2023 Balas

      Hayuk kak mampir kesini, liburan ke pantai Embe Kalianda ini, seru kok gak jauh dari Jakarta 😀

  • April Hamsa 8:18 am 9 Juni 2023 Balas

    Wah baru tahu keluarga Bakrie mengelola pantai di sana juga.
    Banyak pilihan penginapan juga di sana ya, mulai dari rate yang ramah kantong sampai di atasnya.
    Seru banget nih kegiatan guru dan staf, refreshing setelah tahun ajaran baru selesai ya. Biar makin semangat menghadapi tahun ajaran baru. Selain itu acara2 kyk gini bagus buat refleksi mengenai ajaran tahun kemarin.

    • Wahid Priyono 11:01 am 10 Juni 2023 Balas

      Iya kak, bener punyanya Bakrie Group hehe, bagus ya kak pantainya? Petugas pengelolaannya juga rajin.

    • Elisa 9:22 am 12 Juni 2023 Balas

      Setelah berkutat dengan ajaran akhir tahun emang paling tepat refreshing bareng rekan kerja ya, Pak. Jadi kalaupun ada perselisihan waktu kerja bisa kembali berbaur lagi, jadi nyaman tanpa ada salah tingkah 😅

      • Wahid Priyono 10:40 am 12 Juni 2023 Balas

        pengalaman banget nih kayaknya ibu Elisa, ada perselisihan teman kerja wkwkwkwk…:)

  • Annie NUGRAHA 8:28 am 9 Juni 2023 Balas

    Pantainya panjang membentang ya Mas dengan pasir putih yang bersih terawat. Saya suka sekali lihat liukan pantainya yang indah banget untuk direkam oleh kamera. Semoga keindahan seperti ini terus tetap terjaga dan menjadi salah satu destinasi wisata andalan Kalianda, Lampung Selatan.

    Mas Wahid, sering-sering dong menulis soal destinasi wisata di Lampung. Bagus tulisannya. Menyenangkan untuk dibaca dan bisa jadi masukan bagi publik untuk berwisata ke Lampung.

    • Dian 2:05 pm 9 Juni 2023 Balas

      Wah seru banget acara family gathering nya
      Apalagi bisa menikmati keindahan pantai yang cantik seperti ini

      • Wahid Priyono 11:00 am 10 Juni 2023 Balas

        Iya kak, alhamdulillah, pantai di Lampung emang bagus2 kok 🙂

    • Wahid Priyono 11:01 am 10 Juni 2023 Balas

      Iya kak Annie, insha Allah kalo waktunya sudah tepat saya akan eksplore Lampung hehe 🙂

  • Maria G 4:12 pm 9 Juni 2023 Balas

    Wah indahnyaaaa…..bikin mupeng
    Catat penginapannya ah, Grand Elty Krakatoa Resort Kalianda
    Agar jika keberuntungan bisa membawa saya ke sini, udah tau tempat penginapannya

    • Wahid Priyono 10:59 am 10 Juni 2023 Balas

      Iya kak pantai Lampung bagus2, di Grand Elty Krakatoa, lengkap fasilitasnya 🙂

  • lendyagassi 4:26 pm 9 Juni 2023 Balas

    Seneng banget Family Gathering Guru dan Staf Karyawan SMA Yadika Natar. Akutu kalo acara rame-rame dan berwisata gini suka gak pernah menang kalo ada lomba. Huhuhu~
    Dan pasrah banget sih.. mengingat uda berusaha sebaik mungkin. Eh, tapi ini team ya…. bisa jadi banyak faktor yang mewarnai.

    Hwaitiing, Pak Guru.

    • Wahid Priyono 10:59 am 10 Juni 2023 Balas

      Alhamdulillah, iya kak, menyatukan energi lagi untuk persiapan tahun ajaran baru 🙂

Write a comment