Wahid Priyono

Blogger

Web Designer

Freelancer

Teacher

Writer

Content Creator

Badminton Lovers

Wahid Priyono

Blogger

Web Designer

Freelancer

Teacher

Writer

Content Creator

Badminton Lovers

#BlogPost

Menikmati Keseruan Wisata Alam Lembah Hijau Lampung

29 Juni 2021 Traveling
Menikmati Keseruan Wisata Alam Lembah Hijau Lampung

Menikmati wisata alam bersama teman, keluarga dan kolega kerja merupakan hal yang sangat menyenangkan. Rekreasi menikmati keindahan alam ini ternyata mampu mendekatkan hubungan yang sudah lama terbina. Indahnya pemandangan alam dan sejuknya udara pegunungan semakin merajut keakraban keluarga. Adapun tempat wisata alam yang sangat direkomendasikan sebagai tujuan wisata keluarga adalah Taman Wisata Lembah Hijau Lampung.

Lembah Hijau Lampung ini merupakan wisata alam yang memadukan unsur rekreasi, edukasi, dan pemandangan alam yang indah dan sejuk. Tempat ini bisa dibilang sebagai destinasi wisata favorit di kotaku yang tidak akan pernah sepi di akhir pekan dan hari-hari normal lainnya sebelum COVID-19 datang di Indonesia.

Terletak di Kota Bandar Lampung, Lampung, taman wisata ini menawarkan rekreasi alam, sarana edukasi, penelitian di lahan seluas 30 hektare (ha). Taman wisata ini berjarak sekitar 10 km dari pusat kota Bandar Lampung.

Lokasi Lembah Hijau Lampung

Adapun untuk lokasi Lembah Hijau Lampung ini terletak di Jalan Raden Imba Kesuma Ratu, Kelurahan Sukadana Ham Tanjung Karang Barat, Kota Bandarlampung. Membutuhkan waktu sekitar 30 menit dengan menggunakan transportasi darat untuk mencapai lokasi wisata ini. Untuk mencapai Lembah Hijau Lampung ini, para wisatawan dapat melewati daerah Kemiling, Teluk Betung, atau dari arah Pasar Tamin. Apabila perjalanan ke lokasi dari Kemiling, silakan ambil arah ke Sukadana Ham melewati Palang Besi di Jalan Imba Kesuma. Setelah melewati tanjakan, kemudian turunan, dan tanjakan lagi, persis setelah tanjakan ini di sebelah kiri jalan ada plang Lembah Hijau.

Apabila perjalanan menuju Lembah Hijau dilakukan dari arah Teluk Betung, silakan ikuti Jalan Imba Kesuma, kemudian dari Lazuardi Haura School lurus lalu ada tanjakan, turunan sedikit, lalu ada tanjakan dan turunan lagi, barulah ketemu Tugu Durian. Dari Tugu Durian inilah masih lurus lagi sekitar 300 meter. Di sebelah kanan jalan akan dijumpai Plang Lembah Hijau.

Namun, jika teman-teman ke Lembah Hijau dari arah Pasar Tamin, maka lakukan jalan menuju arah teluk, 50 meter dari pasar terdapat lampu merah, kemudin ambil arah kanan, lalu jalan lurus dan ada tanjakan tajam. Ikuti terus jalan ini sampai bertemu Tugu Durian. Dari Tugu Durian ini lalu ambil arah kanan, dan sampailah di Lembah Hijau Lampung. Jika teman-teman menuju lokasi wisata dari arah Kemiling, Lembah Hijau ada di sebelah kiri jalan sebelum Tugu Durian. Jika dari arah Teluk Betung, maka ada di sebelah kanan jalan.

Jam Kerja Operasional dan Harga Tiket Masuk Lembah Hijau Lampung

Lembah Hijau Lampung dapat dikunjungi setiap hari kerja mulai hari Senin sampai Minggu, mulai pagi hari yakni pada pukul 07.15 WIB sampai dengan jam 18.00 WIB. Pengunjung yang berwisata di Lembah Hijau Lampung dikenakan tarif masuk (tiket) berbeda-beda mulai dari Rp.15.000,- (update bulan Juni 2021). Berikut ini ketentuannya:

Tiket masukRp. 15.000,-
Tiket masuk+taman satwa/binatangRp. 50.000,-
Tiket masuk+waterboom (hanya waktu weekend)Rp. 25.000,-
Tiket masuk+taman satwa+waterboom (hanya waktu weekend)Rp. 55.000,-

Lembah Hijau Lampung ini lokasinya sangat nyaman dan asri oleh pohon-pohon hijau di sebuah lembah kecil. Keindahan alamnya yang asri ini berpadu bersama wahana-wahana wisata yang siap memanjakan pengunjung disana. Ada banyak wahana wisata tersedia di Lembah Hijau Lampung ini seperti wahana air, outbound, tempat berkemah (camping), permainan air/water park. Salah satu wahana yang sangat digemari oleh pengunjung adalah Taman Satwa. Di taman satwa ini, pengunjung dapat menyaksikan lebih dari 465 satwa dari 65 jenis binatang yang tersebar di area Lembah Hijau ini. Saat saya berkunjung di Lembah Hijau Lampung, saya melihat ada konservasi burungnya juga, keren kan? kamu perlu coba datang kesini ya guys!

Kakak Tua Tanimbar di Lembah Hijau Lampung
Dokumentasi Pribadi: Kakak Tua Tanimbar di Lembah Hijau Lampung
Merak Biru di Lembah Hijau Lampung
Dokumentasi Pribadi: Merak Biru di Lembah Hijau Lampung yang Menyita Perhatian Pengunjung

Fasilitas/Sarana Prasarana di Lembah Hijau Lampung

Fasilitas/sarana prasarana di Lembah Hijau Lampung menurut saya tergolong sangat lengkap. Fasilitas yang tersedia seperti tempat parkir yang aman, toilet,mushola untuk tempat beribadah, sampai rumah makan/resto-resto yang tersebar di beberapa titik di lokasi wisata. Sementara itu, untuk fasilitas wisatanya, ada playground untuk anak-anak, aquarium, pemandu taman satwa, pentas satwa, gazebo untuk duduk-duduk, bird park yang terdapat banyak keanekaragaman jenis burung yang dimasukkan ke dalam kandang-kandang khusus terbuat dari kawat/pagar kayu, wisata gajah, live music, dan lain sebagainya.

Bird Park Lembah Hijau Lampung
Dokumentasi Pribadi: Bird Park Lembah Hijau Lampung

Saat saya bertandang ke Lembah Hijau ini beberapa kali, maka para pengunjung atau wisatawan yang hadir di lokasi wisata dapat melakukan kegiatan outbond di lokasi. Saya dulu cukup rutin berada di lokasi ini untuk melakukan outbond ketika masih menjadi mahasiswa Universitas Lampung bersama teman-teman satu organisasi kampus. Outbond di lokasi wisata Lembah Hijau ini sangat menyenangkan karena nuansanya berpadu dengan alam secara langsung. Yang pernah saya coba di lokasi ini adalah mancakrida (outbound), seperti arena tali, dan jembatan bergoyang. Selain itu, menyediakan perlengkapan outbond dari sesama tim dari organisasi yang saya ikuti di kampus juga bisa dijadikan sarana untuk edukasi dan latihan kepemimpinan organisasi mahasiswa. Dan tentunya selepas kegiatan outbond di Lembah Hijau Lampung ini, maka perasaan saya sangat senang sekali.

Di lokasi Lembah Hijau yang paling saya sukai karena wisatawan dapat mencoba outbound training center dengan berbagai macam arena permainan. Untuk anak-anak sendiri juga sudah tersedia outbond kids and children playground dimana mereka akan belajar di alam secara langsung sekaligus untuk pengembangan minat dan bakat mereka seputar alam. Selain itu, sarana edukasi ini juga mampu memupuk kedisiplinan anak-anak melalui sarana permainan di alam.

Bahkan, di sekitar lokasi juga terdapat plang-plang bernilai edukasi yang penuh tantangan untuk anak-anak. Hal ini juga tentunya melatih rasa cinta mereka terhadap satwa di alam.

Wahana bermain anak-anak di lembah hijau lampung
Dokumentasi Pribadi: Plang Bernilai Edukasi Untuk Anak-Anak di Lembah Hijau Lampung

Adapun fasilitas lainnya yang tersedia di Lembah Hijau ini adalah camping ground sebagai area berkemah serta menambah nilai-nilai kebersamaan antar wisatawan dengan fasilitas full set camping. Maka dari itulah, para wisatawan tidak perlu membawa alat camping dari luar. Saya juga melihat ada fasilitas paint ball and air soft guns sebagai permainan simulasi dengan perlengkapan khusus yang dapat dimanfaatkan sebagai sarana untuk melatih ketangkasan serta menambah ragam keceriaan.

Taman satwa dan pentas satwa di Lembah Hijau Lampung juga adalah bagian dari fasilitas yang diberikan pengelola untuk para wisatawan yang datang. Taman satwa ini sebagai rekreasi edukasi dan syarat akan nilai-nilai sosial terhadap binatang serta memberikan nilai informasi mengenai satwa. Di taman satwa ini terdapat beberapa spot yang dapat dieksplorasi misalnya taman burung (bird park), taman flora, aquarium, pentas satwa, serta kebun binatang dengan berbagai macam keanekaragaman hayati di dalamnya. Setiap satwa disediakan tempat luas, seperti nampak mereka tinggal seperti di alam bebas. Sebagai contohnya, burung pelikan yang disediakan taman luas dengan kolam air serta batu-batuan di sekitarnya. Burung-burung ini dapat bergerak dan berenang bebas di area kolam tersebut.

Bird Park Lembah Hijau Lampung
Dokumentasi Pribadi: Bird Park Lembah Hijau Lampung

Para wisatawan juga dapat melihat kijang dan rusa timor di sebuah kandang berpagar kayu dengan kawat besi. Pihak pengelola taman satwa di Lembah Hijau Lampung menyediakan setumpuk dedaunan hijau di samping kandang. Dedaunan hijau ini bisa pengunjung gunakan untuk memberi makan hewan-hewan tersebut, tentunya dengan pemantauan dari petugasnya langsung. Selain hewan-hewan di atas, ada juga orangutan, siamang, nilgai (sapi biru), gajah sumatera, beruang madu, banteng, buaya dan masih banyak yang lainnya. Di Lembah Hijau para pengunjung juga diperkenankan berinteraksi dengan mencoba menunggang beberapa jenis hewan. Hewan yang paling popular tentu saja gajah. Selain gajah, ada juga kuda berwarna hitam, putih, cokelat yang bisa ditunggangi.

Rusak Timor di Lembah Hijau Lampung
Dokumentasi Pribadi: Rusa Timor di Lembah Hijau Lampung
Nilgai atau Sapi Biru
Dokumentasi Pribadi: Nilgai atau Sapi Biru
Gajah Sumatera
Dokumentasi Pribadi: Gajah Sumatera
Beruang madu
Dokumentasi Pribadi: Beruang Madu

Kegiatan wisata satwa di Lembah Hijau Lampung ini memberikan ruang interaksi yang begitu akrab antara pengunjung dan hewan-hewan yang ada. Setelah lelah berkeliling ke taman satwa ini, pengunjung bisa istirahat sejenak di dekat kolam ikan besar. Terdapat barisan meja serta kursi-kursi tersusun rapih untuk bersantai seraya menikmati makanan. Para pengunjung yang membawa anak-anaknya juga bisa bermain serta melihat banyak ikan di kolam yang beranekaragam bentuk warna kulitnya. Dan setelah pengunjung puas mengelilingi taman satwa serta bermain outbound yang penuh tantangan, maka selanjutnya para pengunjung bisa menuju ke water park.

Setahu yang saya amati, bahwa di water park ini terdapat lima buah kolam yang menyediakan wahana air cukup menantang. Ada wahana waterboom untuk bermain air serta berenang sepuasnya misalnya gelas tumpah, water canon, kolam arus, torpedo slide, spiral slide, twins boomerang, dan water splash. Dari semua fasilitas water park itu twins boomerang adalah wahana air primadona yang jadi animo dari para pengunjung. Mempunyai dua jalur sepanjang 160 meter serta ketinggian 28 meter, wahana air ini mampu membuat adrenalin pengunjung semakin berdecak. Lintasan slidenya yang meliuk-liuk dan curam tentunya membuat jantung wisatawan yang menaiki wahana ini semakin berdetak kencang dan menantang tentunya. Ada juga komidi putar, kereta api kecil, dan boom-boom car. Selain itu, yang suka horor bisa bertandang ke rumah hantu untuk uji nyali. Di Lembah Hijau ini juga para pengunjung bisa mencoba naik roller coaster namun melalui Cinema Empat Dimensi, menonton film dengan kacamata 4D sembari duduk santai serta merasakan serunya berguncang seperti layaknya naik roller coaster.

Setelah puas menikmati semua wahana wisata yang ada di Lembah Hijau Lampung ini, akhirnya saya langsung berpindah tempat ke lokasi wisata lainnya yaitu ke wisata pantai yang tak jauh dari lokasi wisata satwa ini. Ada rasa bahagia dan merasakan kesejukan jiwa selepas mengunjungi Lembah Hijau Lampung, dan biarkan kunjungan ini menjadi pengalaman berkesan dan suatu saat akan kembali menikmati keindahan alam di tempat yang sama.

Oya, sekedar informasi bagi teman-teman pembaca semuanya juga bisa bercerita tentang wisata favorit di kota teman-teman seperti yang saya tulis di atas, tentunya dengan mengikuti lomba blog dari Universitas Esa Unggul (UEU). Selain kamu bisa mempromosikan destinasi wisata dan kuliner di daerah/kotamu, kamu juga akan mendapatkan hadiah menarik dari lomba tersebut.

Dan jika teman-teman pembaca mempunyai saudara yang baru lulus SMA/SMK mau lanjut kuliah, maka bisa mendaftar di Universitas EsaUnggul. Karena di Universitas EsaUnggul (UEU) banyak sekali pilihan jurusan/program studi kuliah dengan akreditasi yang sangat baik dan tentunya bisa kamu pilih sesuai dengan minat dan bakatmu. Misalnya jika kamu punya minat dan bakat di bidang kesehatan, maka kamu bisa mencoba mendaftar di Fakultas Ilmu Kesehatan, pada jurusan/program pendidikan Kesehatan Masyarakat. Ayo jangan sia-siakan kesempatan ini, karena pendaftaran bagi calon mahasiswa baru Universitas Esa Unggul tahun 2021/2022 ini masih dibuka lho. Untuk informasi pendaftarannya bisa kamu cek disini.

*Disclaimer: Foto-foto dalam artikel ini diambil sebelum pandemi COVID-19.

#inikotaku #esaunggul

Taggs:
53 Comments
  • nurulrahma 2:53 pm 29 Juni 2021 Balas

    Asyik asyiik, wisata alam emang super FUN dan yahhh paling cocok yg dilakoni ketika pandemi

    kalo ke mall kan serba kuatir, lantaran indoor
    kalo wisata alam gini udah paling bener dahhhh

    • Wahid Priyono 8:40 am 1 Juli 2021 Balas

      Iya kak, memang seru berwisata di alam, dan ini yang paling saya sukai. Wisata alam membuat saya semakin bersyukur atas karunia Yang Maha Kuasa.

      • nurulrahma 7:06 am 2 Juli 2021 Balas

        Betuulll banget!
        Bisa bersyukur dan menikmati karunia Allah. Ini kenikmatan yg haqiqi banget ya

        Aakk, jadi kangen tadabbur alam

        • Wahid Priyono 8:28 am 4 Juli 2021 Balas

          Wah tadabur alam, langsung bersatu dengan alam pastinya lebih seru ya kak, pikiranpun akan semakin fresh karena bisa melihat beragam biodiversitas di alam bebas..duh, kangen traveling lagi… πŸ˜€

  • YSalma 10:35 pm 29 Juni 2021 Balas

    Wisata alam salah satu pilihan untuk saat ini, yang dekat-dekat rumah dan sesuai prokes ya, dan tentunya bersama keluarga.
    Lengkap juga fasilitas prasarana di wisata lembah hijau Lampung ini. Semoga kalau main ke Lampung bisa berkunjung.

    • Wahid Priyono 8:42 am 1 Juli 2021 Balas

      Iya kak, itu saya saat pas datang ke Lembah Hijau Lampung yaitu sebelum pandemi COVID-19.

      Btw, menurut saya memang lengkap kak untuk fasilitas di Lembah Hijau ini. Cocok untuk wisata favorit keluarga dan kumpul bareng temen2.

      • YSalma 10:32 pm 1 Juli 2021 Balas

        Siip, tambahan infonya, mas.
        Ntar kalau si C ini sudah menepi, dan pulkam lewat darat, mau singgah ke Wisata Lembah Hijau Lampung ini juga, buat melepas penat sejenak.

        • Wahid Priyono 8:27 am 4 Juli 2021 Balas

          Hallo kak YSalma. Oke kak, ditunggu kunjungannya ke Lembah Hijau Lampung dan obyek wisata di kota BandarLampung tapis berseri ini.

  • Maria Soemitro 10:43 pm 29 Juni 2021 Balas

    saaya pernah ke Bandar Lampung tapi gak tau ada tempat asyik seperti Lembah Hijau Lampung

    harus ke Bandar Lampung lagi nih, sambil kulineran ^^

    • Rafahlevi 7:20 am 30 Juni 2021 Balas

      Rekomendasi spot wisata kalo ke lampung nih kak… edukatif, back to nature dan menyenangkan… semoga pandemi segera berlalu. Ga sabar ngajak anak-anak main kesini

      • Wahid Priyono 8:49 am 1 Juli 2021 Balas

        Betul kak, yuk coba Lembah Hijau Lampung yang super duper seger udaranya. Insya Allah gak nyesel nih…hehe

    • Wahid Priyono 8:45 am 1 Juli 2021 Balas

      Hallo kak @Maria iya boleh dicoba nih Lembah Hijau Lampung ini.

  • Nanik Nara 9:42 am 30 Juni 2021 Balas

    Luas banget Lembah Hijau lampung ini, 30 hektar. Bisa betah nih seharian di sana menikmati kesejukan alamnya. Selain itu bisa banyak belajar juga dunia hewan dan tumbuhan.

    Eh pak guru ganteng sendiri, nggak ada lawan. Rombongan emak-emak semua nih

    • Wahid Priyono 9:46 am 30 Juni 2021 Balas

      hehe, iya kak, itu soalnya ada saudara yang datang jauh-jauh dari Kebumen Jawa Tengah ke rumah saya, eh akhirnya ngajak mereka ke Lembah Hijau ini… ikut nemenin hehe πŸ˜€

  • Annie Nugraha 10:35 am 30 Juni 2021 Balas

    Saya penasaran sama camping ground nya Mas. Gak ada fotonya ya? Pasti seru tuh ada lahan yang setidaknya bisa digunakan untuk piknik.

    Dan itu saya lihat ada burung Merak ya? Udah jarang banget loh kita bisa melihat burung jenis ini. Apalagi diberikan rejeki melihat si burung merentangkan buntutnya yang panjang, indah dan berwarna.

    • Wahid Priyono 8:51 am 1 Juli 2021 Balas

      Maaf kak Annie belum sempet foto karena pas ke lembah hijau itu waktunya kami bagi2 untuk ke tempat wisata lainnya seperti pantai sari ringgung dan ke pulau tangkil. Next time, mudah2an bisa kok foto ya camping groundnya…

  • Handiko Rahman Pebrianto 11:09 am 30 Juni 2021 Balas

    Aku suka banget kalo diajak wisata yang isinya banyak hewan + tumbuhannya hihi. Keren tempatnya, terawat dengan baik. Ekosistem-nya pun dibuat semirip mungkin biar hewannya nggak stress. Untuk ukuran tiketnya termasuk terjangkau. Di daerah Jawa harganya pun juga segituan

    • Wahid Priyono 8:52 am 1 Juli 2021 Balas

      Hallo mas Diko…hehe, saya juga gitu mas. Intinya yang menyatu langsung dengan alam dan hewan-hewan itu lebih seru ya, jadi hilang semua penat hehe. Pikiran jadi fresh!

  • Moch. Ferry 1:01 pm 30 Juni 2021 Balas

    Bisa melihat kakaktua, beruang madu dari review mas wahid. Bagus wisata dan terjangkau. Teringat Taman Safari di Jawa Timur mas Wahid.

    • Wahid Priyono 8:54 am 1 Juli 2021 Balas

      Hallo mas Ferry, iya mas hehe…kita akan semakin mengenal hewan2 yang sebelumnya belum pernah kita lihat. Wisata Lembah Hijau Lampung ini bisa jadi tempat wisata yang rekomended pokoknya. Nilai edukasi bahkan untuk penelitian-penelitian mahasiswa juga bisa kok. Seru juga tempatnya, nyaman dan banyak wahana bermain bagi dewasa maupun anak-anak.

  • Fenni Bungsu 2:56 pm 30 Juni 2021 Balas

    Daku waktu ke Lampung mengunjungi paman, belum sempat ke sana. Wah ternyata asri ya tempatnya.

    Kalau keadaan udah memungkinkan, mau juga suatu saat ke Wisata Lembah Hijau. Kangen juga piknik tipis-tipis

    • Wahid Priyono 8:55 am 1 Juli 2021 Balas

      Kak Fenni ada saudara juga toh saudara di Lampung. Sekali2 bisa dicoba kak kalo pas ke Lampung lagi… iya kak piknik tipis2 ya…yang penting happy hehe πŸ˜€

      • Fenni Bungsu 7:19 am 2 Juli 2021 Balas

        Yups ada Paman di Lampung.

        Namun juga mau ke sana nunggu aman dulu dari pandemi ini, hehe. Soalnya lagi ngeri-ngeri sedap ya penyebarannya.

        Padahal mah kangen juga mau halan-halan, insya Allah.. semoga cepat kondusif ya kondisi ini

        • Wahid Priyono 8:26 am 4 Juli 2021 Balas

          Iya betul kak, sekarang memang banyak daerah di Indonesia yang sedang zona merah. COVID-19 sedang ngamuk hehe, bersabar saja menunggu semuanya sudah baik baru bisa piknik. Aamiin.

  • Omnduut 3:54 pm 30 Juni 2021 Balas

    Mirip dengan Palembang Bird Park yang ada di sini, tapi yang Lembah Hijau ini jauh lebih cakep haha. Ngebayangin ajak ponakan datang ke sana pasti seru banget.

    • Wahid Priyono 8:57 am 1 Juli 2021 Balas

      Wow Palembang punya juga ya, keren dan saya dukung banyaknya destinasi suatu wilayah tentu akan semakin meningkatkan derajat perekonomian masyarakat sekitarnya.

      Btw…bisa dicoba om nanti pas ke Lampung. Datang ke Lembah Hijau Lampung insya Allah suasananya segar sekali karena pepohonan dan hutannya masih alami.

      • Sandra Hamidah 3:43 pm 1 Juli 2021 Balas

        Wah asyik banget ya bawa keluarga kesini apalagi anak-anak bakalan betah huhu kangen alam

        • Wahid Priyono 8:25 am 4 Juli 2021 Balas

          Hallo kak @Sandra, betul kak bisa rame2 dateng ke sini bareng keluarga besar pasti lebih seru…apalagi bawa anak-anak pas lihat satwanya pasti mereka senang banget… πŸ™‚

  • Katerina 5:12 am 1 Juli 2021 Balas

    Saya kalau baca nama Lembah Hijau ini ingat Mas Rasyid Ibransyah. Kenal pas mereka pameran di Festival Krakatau. Aku mampir ke stan mereka, ketemu Mas Yudi Indra juga. Managernya. Sayangnya sampai sekarang aku belum kesampain main ke sana padahal dulu sering main ke Lampung.
    Tapi selalu nyimak fotoΒ² Lembah Hijau di IG nya Mas Rasyid.

    Tiketnya murah ya mas. Bisa ramean ajak keluarga kalau murah gini. Bagus juga tempatnya.

    • Wahid Priyono 8:59 am 1 Juli 2021 Balas

      Yups kak, Festival krakatau itu memang rutin diadakan tiap tahun dengan menampilkan beberapa tarian adat Lampung. Btw, boleh coba kak nanti ke Lembah Hijau pas ke Lampung.

    • Dian 9:19 pm 1 Juli 2021 Balas

      wah asik ya jalan jalan ke lampung
      aku pengen someday bisa kesana
      ajak anak anak pasti seru

      • Wahid Priyono 8:23 am 4 Juli 2021 Balas

        Hallo kak @Dian, iya kak di kota Bandar Lampung seru kak banyak obyek wisata favorite keluarga. Mantaplah.

    • Wahid Priyono 8:24 am 4 Juli 2021 Balas

      Iya kak, alhamdulillah Lembah Hijau Lampung emang jadi obyek wisata yang selalu ramai pengunjung karena syarat akan nilai-nilai edukasi dan rekreasi yang kuat. Kapan2 kalo pas datang ke Lampung bisa coba wisata di Lembah Hijau.

  • Nia Haryanto 9:53 am 1 Juli 2021 Balas

    Serunya bisa jalan-jalan bareng keluarga. Refreshing banget ya, kak. Dan buat anak-anak sekolah, ini nambah pengetahuan yang gak didapat dari sekolah. Bawa makanan dan piknik gelar tikar seru kayaknya. Hehehe.

    • Wahid Priyono 11:57 am 1 Juli 2021 Balas

      Iya betul kak, bisa juga kok gelar tikar sambil kumpul bareng keluarga dan makan2, hehe di bawah pohon2nya yang rindang πŸ˜€

    • Wahid Priyono 8:29 am 4 Juli 2021 Balas

      Yuk kak jalan2 ke Lembah Hijau Lampung πŸ˜€

  • Khairiah 10:58 am 1 Juli 2021 Balas

    Jadi ingin liburan sekeluarga pasti lebih seru, baru tau ada lomba blog juga harus sering mampir kesini biar update info

    • Wahid Priyono 11:58 am 1 Juli 2021 Balas

      Iya kak itu lomba blog yang diadakan oleh kampus Universitas Esa Unggul (UEU). Sangat menarik untuk saya diikuti πŸ™‚

  • Maria Soemitro 8:48 pm 1 Juli 2021 Balas

    siap-siap mecah celengan untuk ke lembah hijau lihat beruang madu
    sayang gak penuh penuh nih celengan. hiks

    • Wahid Priyono 8:21 am 4 Juli 2021 Balas

      Semoga impiannya bisa terwujud kak untuk berkunjung ke Lampung dan menikmati semua tempat wisata yang ada sesuai kebutuhan.

  • Moch. Ferry 7:58 am 2 Juli 2021 Balas

    Bersama keluarga bisa berkunjung ke destinasi wisata referensi tulisan mas Wahid. Satwanya beragam, fauna nya menarik.

    • Sumiyati Sapriasih 9:34 am 2 Juli 2021 Balas

      Wah senangnya bisa berwisata ke daerah lampung, aku juga punya saudara disana, tapinya belum pernah ke lokasi wisata lah hijau. Kapan kapan mau juga ah travelling ke lampung

      • Wahid Priyono 8:19 am 4 Juli 2021 Balas

        Iya betul kak, yuk traveling ke Lampung? Sebab, ada banyak spot dan obyek wisata yang bisa dinikmati saat liburan bersama teman, kolega kerja atau keluarga. Cocok ini Lembah Hijau bisa jadi pilihan tempat wisata favorite keluarga.

    • Wahid Priyono 8:20 am 4 Juli 2021 Balas

      Hallo mas @Ferry, betul sekali bahwa satwa dan faunanya beragam di Lembah Hijau Lampung. Bisa jadi sarana edukasi dan rekreasi bagi para pengunjung disana.

  • Maria Tanjung Sari 8:19 am 2 Juli 2021 Balas

    Wisata ini bagus sih menurut saya mas, bisa mengenal berbagai satwa juga ya. dan harga tiket masuk terjangkau sih. Menyengkan orang tua ya mas ajak jalan-jalan

    • Wahid Priyono 8:18 am 4 Juli 2021 Balas

      Iya kak cocok banget kalo bawa anak-anak di Lembah Hijau juga. Jadi anak-anak bisa diperkenalkan dengan berbagai macam jenis satwa yang ada. Syarat akan sarana edukasi yang bermanfaat serta menghibur.

  • Susindra 2:07 pm 2 Juli 2021 Balas

    Wah, enakan pilih tiket lengkap untuk masuk taman, rumah satwa dan Waterboom sekaligus. Bayar sekali aja dan mari nikmati semuanya seharian.

    • Wahid Priyono 8:17 am 4 Juli 2021 Balas

      Iya betul kak Susi. Paket hemat di Lembah Hijau Lampung memang cukup terjangkau harganya. Insya Allah puas jika berlibur di sini.

  • Ratna Kirana 3:28 pm 2 Juli 2021 Balas

    Semoga cepat berlalu ya pandemi ini, udah kangen banget buat jalan-jalan dan liburan. Seru banget berkunjung ke sana, pasti otak langsung fresh nih melihat wisata yang asri.

    • Wahid Priyono 8:16 am 4 Juli 2021 Balas

      Sama kak, sudah kangen banget ya kak dengan jalan2 di tempat wisata. Cuma kan kita memang harus tahan diri sementara dulu ya selama pandemi COVID-19 ini.

  • BayuFitri 2:06 pm 4 Juli 2021 Balas

    Wisata alam memang menakjubkan ya kak..saya juga lebih pilih wisata alam kalau sedang traveling serasa segar dan sejuk gitu rasanya heheh

  • Faisal ramdani 4:30 pm 27 Juli 2021 Balas

    wah begitu bahagianya sekeluarga bisa berwisata ke lembah hijau lampung

Write a comment