Wahid Priyono

Bloger

Web Designer

Influencer

Freelancer

Teacher

Writer

Content Creator

Badminton Lovers

Wahid Priyono

Bloger

Web Designer

Influencer

Freelancer

Teacher

Writer

Content Creator

Badminton Lovers

#BlogPost

Fitur dan Keunggulan ASUS Vivobook 13 Slate OLED (T3300) Cocok Untuk Saya Yang Bekerja Sebagai Guru

30 Juni 2022 Teknologi
Fitur dan Keunggulan ASUS Vivobook 13 Slate OLED (T3300) Cocok Untuk Saya Yang Bekerja Sebagai Guru

“Laptop Vivobook 13 Slate OLED (T3300) sudah menggunakan sistem operasi terbaru yaitu Windows 11. Salah satu fitur andalan yang ada di Windows 11 adalah Widgets. Temukan foto favorit Anda, berita terbaru, daftar tugas hari ini dan cuaca esok dengan mudah. Widgets membantu menemukan konten yang penting bagi Anda, demi hidup yang sedikit lebih teratur. Widgets juga menunjukkan meeting Anda yang akan datang. Dapatkan pengingat daftar tugas dan jadwal kalender Anda. Memberikan pembaruan cuaca lokal secara langsung.

Temukan Widget pada Windows 11. Sesuaikan untuk mendapatkan pembaruan terkini seputar berita, kehidupan sosial, dan artikel penting bagi Anda, serta pengingat dari kalender dan daftar tugas Anda.”

Mendengar dan membaca informasi di atas kalo ASUS Vivobook 13 Slate OLED (T3300) ini sudah menerapkan window 11 di fiturnya, bikin saya semakin penasaran dengan laptop ini, mengapa? Karena saya sendiri masih pake laptop ASUS dengan spek windows 10. Itu artinya ASUS Vivobook 13 Slate OLED (T3300) ini sudah lebih maju dari pada laptop pendahulunya. Sudah bisa dipastikan bahwa fitur-fiturnya pasti kece dengan teknologi yang lebih berkembang sehingga sangat pantas laptop ini untuk merangkul semua kalangan, tentunya dengan beragam profesi.

Bahkan saya pribadi yang berprofesi sebagai guru meyakini kalo laptop ASUS Vivobook 13 Slate OLED (T3300) ini cocok untuk menemani saya bekerja di sekolah atau di rumah. Alasan ini akan saya kaitkan dengan fitur-fitur maupun keunggulan yang ada pada laptop tersebut.

Pertama, Windows 11 pada laptop ASUS Vivobook 13 Slate OLED (T3300) ini lebih maju satu langkah dibandingkan laptop pendahulunya yang rata-rata masih memakai windows 10. Bahkan beberapa teman saya yang juga seorang guru masih ada yang memakai laptop dengan windows 7. Apa gak jadul tuh? Hehe..

Sumber: asus.com

Windows 11 yang tersemat di piranti ASUS Vivobook 13 Slate OLED tipe ini menyimpan banyak widgets dan aplikasi yang pastinya sangat bermanfaat bagi saya, seperti widgets kalender untuk memanagemen tugas-tugas penting saya selama mengajar di sekolah.

BACAAN LAINNYA:  UMKM Lokal Semakin Maju Bersama Eranyacloud
Dokumen pribadi: Saya sedang pembelajaran bersama siswa di sekolah.

Bahkan ada daftar tugas juga ini pastinya sangat berguna karena saya bisa menuliskan list tugas-tugas yang harus saya kerjakan setiap harinya. Benar-benar sangat membantu pastinya, sehingga tidak perlu repot mencatat hal-hal penting secara manual di buku agenda ataupun di note hape.

Widget-widget lain seperti foto favorit saat bekerja di sekolah mungkin bisa saya simpan dan mempermudah dalam mendokumentasikannya. Selain itu, operasi windows 11 yang ada pada laptop ini juga memungkinkan aplikasi android bisa dipasang di dalamnya.

Selain itu, adanya fitur-fitur aplikasi sosmed dan lain-lain pada windows 11 ini sangat bermanfaat untuk mempermudah segala tugas harian dan terhubung dengan banyak orang/rekan sejawat.

Kedua, laptop ini lebih fleksibel. Itulah mengapa ASUS Vivobook 13 Slate OLED (T3300) ini mengusung gaya kekinian (2 in 1) yakni bisa dipakai dalam mode laptop maupun tablet.

Tampilan mode laptop seperti pada umumnya sifatnya tetap dengan layar 13,3 inci jika diputar baik ke arah horizontal maupun vertikal. Mode laptop sangat cocok untuk seorang guru yang mengajar melalui presentasi power point di depan siswa, meeting/webinar/workshop online, untuk membuat soal-soal ulangan harian/ujian akhir semester, artikel, ataupun tugas-tugas penting selama mengajar di sekolah, termasuk praktikum.

Sementara itu, mode tablet sangat cocok untuk mencari-cari artikel di internet atau menonton film yang lagi ngetrend selepas mengajar. Karena tidak dipungkiri juga kalo pekerjaan guru itu kadang bikin stress, sering kelelahan jika jam mengajar padat dan pastinya butuh healing di tengah-tengah kesibukan. Cara healing yang cukup efektif pastinya dengan menonton film/hiburan di dunia maya.

Untuk versi tablet dari ASUS Vivobook 13 Slate OLED tipe T3300 ini cukup unik karena ketika menggerakkan tablet dalam bentuk vertikal maupun horizontal maka secara otomatis tampilan tablet akan mengikuti/menyesuaikan arah orientasi yang diinginkan penggunanya.

BACAAN LAINNYA:  Hidup Semakin Mudah Bebas Masalah Berkat Jaringan Internet Terbaik dan Berkualitas Dari #MyRepublicXJaringanPRIMA

Pada bagian sisi atas tabletnya terdapat tombol power untuk menyalakan perangkat. Sementara itu, pada bagian sisi kanannya terdapat tombol volume untuk memperkecil dan atau memperbesar suara sesuai kebutuhan.

Pada bagian bawah tombol volume suara terdapat tulisan “Dolby Atmos” dan ada dua speaker disana. Pada ASUS Vivobook 13 Slate OLED tipe ini juga dilengkapi oleh AI Noise Cancelling Audio untuk meredam suara berisik/kebisingan di sekitarnya. Sementara itu, pada bagian sisi lainnya juga terdapat port USB tipe C, slot micro SD, 3,5 headphone jack, dan dua speaker lagi, PANTONE  validated, dukungan layar sentuh yang powerful serta terdapat stylus Asus Pen 2.0 sama seperti 4096 tingkat tekanan pada layar sehingga lebih akurat untuk menggambar pola, dan lain sebagainya. Btw, karena saya guru biologi, biasanya saya harus menggambarkan bagian-bagian organ pada manusia, atau bagian-bagian bunga sempurna. Jika memakai ASUS Vivobook 13 Slate OLED tipe ini untuk menggambar pastinya pembelajaran di kelas akan semakin menarik.

Stylus Asus Pen 2.0 bisa digunakan untuk menggambar pola, dan lainnya (sumber asus.com)

Oya setahu saya masih jarang lho produk laptop lain yang mengusung tema 2 in 1 semacam ini. Dan pastinya hanya ASUS yang mengerti soal kebutuhan konsumen.

Ketiga, laptop ini memiliki layar dengan bingkai monitor cukup besar sehingga memberi sudut pandang mata untuk lebih leluasa melihat tampilan layar. Sehingga layar yang lebar ini sangat cocok untuk guru yang memiliki mata minus seperti saya ini, sehingga mata cenderung lebih nyaman, tidak pedas atau pegal  ketika harus bekerja, menulis, membaca artikel, berselancar di dunia maya dengan menatap monitor lama-lama.

Keempat, di bagian bingkai atasnya juga tersemat kamera depan 5MP untuk beragam keperluan telekonferensi video rapat atau untuk panggilan video dengan memakai aplikasi Zoom, Google Meet, atau Microsoft Teams, dan lain sebagainya. Untuk ukuran kamera depan 5MP menurut saya sudah cukup bagus untuk video call atau conference sehingga tampilan/gradien warna yang dimunculkan lebih jernih dan tajam, sehingga membuat puas dan nyaman ketika sedang dioperasikan.

BACAAN LAINNYA:  8 Tips Meningkatkan Produktivitas Karyawan Di Tempat Kerja Melalui Kolaborasi Digital di Era Masyarakat Society 5.0

Saya dalam keprofesian sebagai guru sering sekali memanfaatkan video telekonferensi semacam Zoom atau Google Meet saat mengajar siswa baik di rumah saat Work From Home (WFH) atau ketika di sekolah. Seminar-seminar pendidikan/webinar yang sifatnya online juga sering kali saya ikuti menggunakan aplikasi tersebut.

Sementara itu, di bagian bodi belakang laptop ini juga dibekali dengan kamera belakang 13MP satu slot dan dikemas dengan pola tulisan “Slate PC dan WOW The World” sehingga terkesan seperti tablet gaming asus versi sebelumnya.

Masih di bagian bodi belakangnya terdapat tulisan tiga dimenasi “Asus Vivobook” yang ada pada sudut paling bawah kanan jika mode tablet diberdirikan secara horizontal. Pada bagian sisi bodi lainnya nampak terlihat adanya logo Intel Pentium Silver N6000 didukung RAM 4GB atau 8GB LPDDR4x dengan storage eMMC 128GB dan tersedia PCIe SSD 128Gb atau 256GB, serta dapur pacunya adalah 3,3 Ghz.

Kelima, laptop ini lebih ringkas dan simpel sehingga mendukung produktivitas seorang guru. Ringkas karena mudah dibawa kemana-mana, memiliki berat yang cukup ringan sehingga tidak merepotkan atau membuat punggung seperti mau patah.

Menurut saya juga laptop ini simpel, karena sudah ada versi laptop dan tabletnya, serta fungsional dari laptopnya sudah layaknya seperti smartphone.

Keenam, laptop ini selain untuk menunjang produktivitas harian seperti mengerjakan tugas-tugas mengetik, membaca artikel berita di internet, dan lainnya juga ternyata cocok untuk sarana hiburan (rekreasi online). Siapa sih yang gak pengen hiburan (healing)? Saya pun senang jika di tengah-tengah kesibukan mengerjakan tugas harian menggunakan laptop/tablet pastinya sambil diselingi camilan, minum kopi, maen game atau menonton film kesukaan.

Sumber: asus.com

Karena sudah dibekali windows 11, maka laptop tipe ASUS Vivobook 13 Slate OLED T3300 ini pastinya sangat nyaman dan lancar saat membuka beragam aplikasi maupun widgets hiburan. Bahkan untuk sekedar nonton video di Youtube, Netflix, Vidio dan situs film lainnya di internet, maka kecepatan akses sangat mumpuni dan lancar tanpa buffering atau lelet. Selain itu, saat menonton streaming atau maen game juga didukung dengan koneksi WIFI 6.

Sumber: asus.com

Untuk kamu yang tertarik dengan fitur-fitur dan keunggulan laptop ASUS Vivobook 13 Slate OLED (T3300), lebih rincinya bisa dilihat pada tabel di bawah ini:

ColorBlack
HargaRp. 9.099.000,-
Operating SystemWindows 11 Home – ASUS recommends Windows 11 Pro for business Windows 11 Home in S Mode – ASUS recommends Windows 11 Pro for business Windows 11 Pro – ASUS recommends Windows 11 Pro for business Windows 11 Pro Education
ProcessorIntel® Pentium® Silver N6000 Processor 1.1 GHz (4M Cache, up to 3.3 GHz, 4 cores)
GraphicsIntel® UHD Graphics
Display13.3-inch, FHD (1920 x 1080) OLED 16:9 aspect ratio, 0.2ms response time, 550nits peak brightness, 100% DCI-P3 color gamut, 1,000,000:1, VESA CERTIFIED Display HDR True Black 500, 1.07 billion colors, PANTONE Validated, Glossy display, 70% less harmful blue light, TÜV Rheinland-certified, SGS Eye Care Display, Touch screen, With stylus support, Screen-to-body ratio: 83%
Memory8GB LPDDR4X on board, Total system memory upgradeable to:8GB 4GB LPDDR4X on board, Total system memory upgradeable to:4GB
Storage256GB M.2 NVMe™ PCIe® 3.0 SSD 128GB M.2 NVMe™ PCIe® 3.0 SSD
I/O Ports2x USB 3.2 Gen 2 Type-C support display / power delivery Micro SD card reader 1x 3.5mm Combo Audio Jack
Keyboard & TouchpadSoft Keyboard, 1.4mm Key-travel Touchpad 128 x 64 mm
Camera5MP camera 13MP camera
AudioBuilt-in 4-way stereo speakers Built-in array microphone with Cortana support Smart Amp Technology
Network and CommunicationWi-Fi 6(802.11ax) (Dual band) 2*2 + Bluetooth 5.2
Battery50WHrs, 3S1P, 3-cell Li-ion
Power SupplyTYPE-C, 65W AC Adapter, Output: 20V DC, 3.25A, 65W, Input: 100-240V AC 50/60GHz universal
Weight0.78 kg (1.72 lbs)
Dimensions (W x D x H)30.99 x 19.00 x 0.79 ~ 0.79 cm (12.20″ x 7.48″ x 0.31″ ~ 0.31″)
Built-in AppsMyASUS
MyASUS FeaturesSystem diagnosis Battery health charging Splendid Function key lock WiFi SmartConnect TaskFirst Link to MyASUS Live update ASUS OLED Care AI Noise Canceling
Microsoft Office1-month trial for new Microsoft 365 customers. Credit card required WPS Office Standard Edition (With license for 3 products) Microsoft 365 Personal 1-year included. (Activation required with 6-months of Windows activation date) Office Home and Student 2021 included
Regulatory ComplianceEnergy star
SecurityTrusted Platform Module (TPM) McAfee LiveSafe™ 30-day trial Fingerprint sensor integrated with Power Key
Included in the Box (Optional)Sleeve Stand
Sumber: asus.com

Nah, itulah tadi review tentang laptop ASUS Vivobook 13 Slate OLED (T3300) besutan ASUS yang menurut saya sangat cocok untuk saya yang berprofesi sebagai seorang guru. Semoga bermanfaat dan memberikan informasi untuk kamu yang penasaran dengan laptop ini.

Taggs:
2 Comments
  • deddyhuang.com 12:54 pm 5 Juli 2022 Balas

    laptop ini keren sih dari fitur dan fungsi.. jadi mupeng punya juga satu hehe

    • Wahid Priyono 7:02 pm 6 Juli 2022 Balas

      Sama kak, saya pengen juga untuk mengajar di sekolah.

Write a comment