Wahid Priyono

Blogger

Web Designer

Freelancer

Teacher

Writer

Content Creator

Badminton Lovers

Wahid Priyono

Blogger

Web Designer

Freelancer

Teacher

Writer

Content Creator

Badminton Lovers

#BlogPost

JKN-KIS BPJS Permudah Layanan Kesehatan Bagi Masyarakat

26 Mei 2021 Health
JKN-KIS BPJS Permudah Layanan Kesehatan Bagi Masyarakat

Pemerintah melalui JKN-KIS BPJS melakukan proses percepatan akses kesehatan bagi masyarakat baik yang tinggal di daerah pelosok maupun di wilayah perkotaan. Namun, target yang paling utama adalah untuk masyarakat pelosok di daerah pedesaan yang akses kesehatannya masih terbilang cukup rendah.

Daerah-daerah Terdepan, Terpencil, dan Tertinggal (3T) ternyata masih banyak tersebar di berbagai pulau di Indonesia dan memiliki akses kesehatan yang penting untuk terus dibangun guna kepentingan masyarakat yang makin sehat dan adil. Namun, sayangnya masih saja ada ketidakmerataan pelayanan kesehatan di daerah 3T ini. Beberapa faktor yang mempengaruhinya seperti jarak antara rumah sakit dengan tempat tinggal terlalu jauh (contohnya di daerah Papua dengan letak geografisnya daerah bukit dan pegunungan), tersedianya sarana dan prasarana (faskes) yang belum lengkap, sedikitnya pusat pelayanan kesehatan di wilayah itu, kesadaran masyarakat yang masih rendah, serta tidak meleknya masyarakat dengan media digital juga ikut mempengaruhi perkembangan masyarakat yang sehat. Terutama orang kadang malas untuk memperoleh informasi tentang kesehatan dan faskes karena malas membaca dan mencari informasi. Kadang ketidaktersedianya jaringan internet yang memadai di daerah terpencil juga jadi faktor kendala khusus sehingga perlu bantuan dari pihak-pihak terkait.

Kendala kesehatan yang belum merata di daerah 3T ini tentu saja menjadi akar permasalahan kompleks yang perlu kita benahi bersama. BPJS sebagai bagian dari tangan pemerintah tentu saja ikutserta dalam penanganan masalah kesehatan di wilayah 3T tersebut. Dengan adanya program BPJS seperti JKN-KIS BPJS Kesehatan maka kita harapkan bersama bahwa lapisan masyarakat menengah ke bawah akan semakin mudah dalam memperoleh akses layanan kesehatan. Untuk informasi tentang JKN-KIS dan bacaan tentang BPJS Kesehatan, silakan bisa baca pada ulasan di website mereka yaitu: https://bpjs-kesehatan.go.id/.

Taggs:
Write a comment