Wahid Priyono

Blogger

Web Designer

Freelancer

Teacher

Writer

Content Creator

Badminton Lovers

Wahid Priyono

Blogger

Web Designer

Freelancer

Teacher

Writer

Content Creator

Badminton Lovers

#BlogPost

Bersama Kredit Digital JULO Wujudkan Semangat UMKM Agar Bangkit dari Pandemi

26 Mei 2021 Edukasi
Bersama Kredit Digital JULO Wujudkan Semangat UMKM Agar Bangkit dari Pandemi

Merasakan kemelaratan saat pandemi COVID-19 hadir di Indonesia adalah sesuatu hal yang pernah kita rasakan bersama. Menganggur tidak dapat kerja, tidak ada uang cukup, di PHK dari tempat kerja, sulit cari makan, harga-harga bahan makanan pokok harian melambung tinggi, nilai tukar rupiah melemah sehingga daya beli masyarakat juga turun, bisnis usaha yang sedang dijalankan mandek atau gulung tikar, dan problem-problem lainnya yang seringkali kita takuti. Ini adalah hal yang sudah kita makan bersama. Saya pun merasakan hal-hal seperti ini. Soal ditanya rasanya bagaimana hidup di masa pendemi COVID-19? Saya jawab nano-nano rasanya !

Hidup di masa pandemi COVID-19 bukan sesuatu hal yang enak seperti kita hidup di masa sebelum pandemik. Keterbatasan untuk saling berjumpa dengan rekan kerja menjadi terbatas dengan adanya work from home (WFH). Bagi saya yang juga seorang guru tentu saja merasakan bagaimana suka dan duka mengajar siswa secara daring (virtual) melalui media pembelajaran saat ini. Selain itu, kontrol mental, emosi, dan kejiwaan saat pandemik memang benar-benar penting disokong setiap harinya agar tidak mudah lelah, stress, dan tubuh tetap sehat bugar.

Pandemik COVID-19 mengajarkan kita semua untuk sabar ketika ditimpa musibah sakit, kekhawatiran, kemelaratan dan kesusahan dalam hidup. Tidak baik jika kita berlebihan dan menyalahkan kondisi yang sudah ada, kita hanya butuh ikhtiar serta doa bersama dengan memulihkan kesehatan nasional, serta perekonomian kita secara menyeluruh. Perekonomian bangsa kita akan berjalan baik tentunya berkat upaya-upaya para pengusaha, pelaku bisnis UKM/UMKM yang terus gencar membantu memperkuat kondisi di masa pandemik. Dengan jumlah UMKM yang semakin hari semakin meningkat tentu saja diharapkan mampu memulihkan stabilitas ekonomi kita secara menyeluruh.

Usaha Kecil, Mikro dan Menengah (UMKM) adalah produk pilar ekonomi bangsa yang perlu kita dukung untuk terus berkembang karena bisa meningkatkan inklusi keuangan kita. Bahkan, berdasarkan grafik di atas, Indonesia sendiri menempatkan posisinya di urutan teratas di Asia sebagai negara dengan konsentrasi UMKM tertinggi. Itu artinya, banyak sekali masyarakat kita yang semakin melek dengan literasi keuangan, bisnis berbasis mikro-menengah, dan tinggal dimatangkan kembali melalui berbagai macam bimbingan, penyuluhan, kegiatan seminar-seminar bisnis baik secara online maupun offline, pendampingan dan pelatihan pemasaran produk/jasa menggunakan digital marketing, pelatihan pembukuan usaha secara benar bagi pelaku bisnis UMKM, dan kegiatan produktif lainnya guna pengembangan skill, mentalitas bisnis, moralitas, dan daya saing baik untuk tingkat lokal maupun internasional.

Dokumentasi pribadi: Es Teler AA besutan bisnis UMKM keluarga saya.

UMKM dengan poros pelaku bisnis yang mayoritas dilakukan oleh kelompok masyarakat menengah ke bawah tentu saja memiliki banyak sisi kelebihan dan kelemahannya. Kelebihan UMKM adalah mampu menciptakan pasar baru, produk-produk lokal yang variatif dan penuh inovasi baru, serta mencegah banyaknya pengangguran karena ketersediaan lapangan kerja yang kurang memadai. Selain itu, salah satu sisi kelemahan UMKM adalah seringnya terkendala modal usaha di awal, sehingga banyak generasi muda kita yang enggan untuk memulai bisnis karena kesulitan permodalan bisnis/usaha.

Berdasarkan data/diagram yang dirilis dari Kementerian Koperasi dan UKM (Kemenkop UKM) di atas nampak jelas bahwa permasalah UMKM yang terberat adalah UMKM mengalami kesulitan permodalan (jumlahnya ada 141 UMKM) dengan persentase sebanyak 12%. Kendala distribusi barang/jasa dialami oleh sebanyak 111 UMKM (persentase 10%), kendala stok bahan baku dialami 63 UMKM (6%), 42 UMKM terhambat produksinya (4%), serta efek pandemi COVID-19 juga mempengaruhi prosesi penjualan barang/jasa dimana ada setidaknya 774 pelaku UMKM mengalami penurunan penjualan (persentase 68%). Ini artinya kita perlu secara gotong royong secara bersama-sama untuk membangkitkan semangat UMKM di Indonesia agar terus bangkit dari pandemi.

Terkait dengan adanya permasalahan modal seperti data-data yang tersaji pada diagram di atas tersebut sebenarnya bisa diatasi dengan melakukan peminjaman modal di lembaga keuangan seperti misalnya di bank, atau di platform keuangan digital. Ingat bahwa meminjam uang/modal di bank atau meminjam uang secara kredit di lembaga keuangan, menurut saya sebaiknya bukan bertujuan untuk mencukupi gaya hidup hedonisme melainkan dana yang sudah dipinjam tersebut harus dimanfaatkan sebaik mungkin untuk sesuatu hal yang bermanfaat seperti investasi atau merintis usaha/bisnis baru baik secara online maupun offline.

Ada salah satu platform keuangan digital kekinian yang menurut saya bagus untuk dicoba oleh teman-teman pelaku UMKM untuk peminjaman modal usaha/bisnis yaitu dengan mencoba di aplikasi JULO.

Mengenal Apa Itu JULO?

PT. JULO TEKNOLOGI FINANSIAL merupakan platform penyedia layanan pinjaman online multifungsi dengan berbagai fitur keuangan yang bisa dinikmati oleh semua orang, termasuk ada fitur Kredit Digital (peminjaman tunai), serta fitur non-tunai seperti untuk membayar listrik, BPJS Kesehatan, pasca bayar, membeli pulsa dan paket data, hingga mengisi dompet digital. JULO sendiri awal mulanya didirikan oleh Adrianus Hitijahubessy pada tahun 2016 yang memiliki visi untuk mewujudkan inklusi finansial di Indonesia. Sementara itu, JULO memiliki alamat kantor di 88@Kasablanka Tower A Lantai 5. Jl. Casablanka Raya Kav.88, Jakarta Selatan (12870), Indonesia.

JULO sebagai Fintech Lending Indonesia dengan taglineKredit Digital Indonesia Terpercaya” telah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan nomor registrasi S-589/NB.213/2018 sesuai dengan hukum Republik Indonesia dan Peraturan Otoritas Jasa Keuangan nomor 77/POJK.01/2016. Serta secara resmi telah memperoleh perizinan penuh dengan status berizin melalui nomor registrasi KEP-16/D.05/2020. Dengan adanya registrasi JULO di OJK, maka tidak perlu diragukan lagi dan sudah pastinya aplikasi JULO ini aman dan terpercaya (kredibel). Selain itu, JULO juga merupakan aplikasi karya putra bangsa yang penuh inovasi dan patut kita apresiasi karena aplikasi ini tentu saja bisa membantu mempercepat pertumbuhan perekonomian Indonesia dengan membantu masyarakat dan pelaku bisnis seperti UMKM untuk melek literasi keuangan secara digital. Dengan semakin banyak yang memakai aplikasi JULO maka bisa membantu permodalan usaha yang sangat krusial dalam bisnis juga mendorong inklusi keuangan di Indonesia agar semakin merata dan meningkat dari hulu ke hilirnya. Bahkan, JULO juga bisa menjangkau masyarakat pelosok desa dan UMKM yang masih banyak belum punya rekening bank (underbanked).

Mengapa Penting Meminjam Dana Online di JULO?

Platform digital keuangan di Indonesia sudah banyak tersebar di dunia maya. Akan tetapi, jika teman-teman ingin meminjam dana online sebaiknya ke JULO saja karena selain aman, juga terpercaya dan sudah legal. Legal karena paltform JULO ini sudah banyak pemakainya, juga sudah izin ke OJK sebagai lembaga Otoritas Jasa Keuangan yang berdampingan langsung dengan pemerintah. Ingat teman-teman perlu waspada meminjam dana secara online karena sudah banyak penipuan di dunia maya yang kadang tidak jelas siapa owner lembaga keuangan yang dimaksud.

Dengan meminjam dana di JULO, ada beberapa alasan kuat yang bisa jadi pertimbanganmu, yaitu:

  • Teknologi Canggih dan Mutakhir: Tim JULO melakukan inovasi dalam seleksi risiko kredit dengan menggunakan teknologi big data, machine learning & algoritma mutakhir untuk menguji kelayakan kredit teman-teman;
  • Sistem Keamanannya Terjamin: Data konsumen adalah hal yang sangat berharga, oleh karena itu pihak JULO memastikan data akan tersimpan dengan aman. Karena berdasarkan pengalaman dan apa yang saya alami, banyak juga lembaga peminjaman online (PINJOL) yang tidak amanah, sehingga data diri nasabah/konsumen dimanfaatkan untuk modus penipuan. Hal ini tentu saja akan merugikan konsumen baik secara materi maupun non-material;
  • Suku Bunga Rendah: Di tengah persaingan bisnis yang ada, hingga saat ini bunga pinjaman pada produk JULO merupakan salah satu yang rendah. Besar suku bunga pinjaman JULO yaitu berkisar antara 6% hingga 10% perbulan dan ditetapkan berdasarkan hasil analisa kelayakan kredit masing-masing;
  • Desain Dan Pengalaman Pengguna Yang Baik: Seluruh perencanaan produk JULO akan terus dikembangkan dengan tujuan memberikan pengalaman yang baik bagi pengguna dalam menggunakan produk JULO secara menyeluruh;
  • Tersedia Kredit Digital JULO: JULO mengakomodasi beragam kebutuhan dengan fasilitas kredit berbasis mobile yang mudah digunakan untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat.

Selain alasan di atas, JULO juga sudah mendapatkan banyak penghargaan yang luar biasa dan patut kita apresiasi bersama seperti:

● JULO telah melayani lebih dari 350,000 nasabah di 34 provinsi di seluruh Indonesia, mulai dari Aceh sampai ke Papua (2021);
● Berlisensi ISO 27001 perihal keamanan data konsumen;
● Mengantongi status berizin penuh OJK sejak bulan Mei 2020;
● Memenangkan berbagai penghargaan di tingkat nasional dan internasional:
○ Pemenang Indonesia Fintech Festival;
○ Pemenang UN Fintech Challenge;
○ Pemenang Inclusive Fintech 50;

Apa Saja Produk JULO?

Keuntungan bergabung dan menjadi konsumen JULO tentu saja akan semakin banyak hal yang bisa dieksplorasi termasuk menikmati sajian produk lengkapnya untuk menunjang kebutuhan sehari-hari termasuk bisnis/wirausaha. Adapun produk-produk JULO antara lain sebagai berikut:

  • Tarik Dana: Tarik dana bisa dilakukan jika akun JULO-mu dalam kondisi aktif dan mencukupi sesuai persyaratan yang ditetapkan oleh pihak JULO;
  • Transfer Dana: Ini bisa dilakukan antar sesama pengguna JULO. Jadi satu sama lain bisa melakukan transfer dana dengan jumlah nominal tertentu sesuai kebutuhan. Transfer dana bisa juga untuk gajian karyawan, pemberian hadiah kepada orang tua dari anaknya yang bekerja, dan lain sebagainya.
  • Top Up (Isi Pulsa dan Dana): Teman-teman juga bisa isi pulsa dan isi dana kapanpun dan dimanapun ke aplikasi JULO yang sudah dipunyai;
  • Kartu Pascabayar;
  • Bayar Tagihan Listrik/BPJS Kesehatan: Sekarang mau bayar tagihan listrik dan BPJS Kesehatan jadi gampang karena bisa langsung pakai aplikasi JULO dari hapemu;
  • Dompet Digital: Seberapa banyak uang digitalmu bisa disimpan di aplikasi JULO dan bisa digunakan kapanpun untuk berbagai kebutuhanmu secara tepat, cepat, dan efisiensi waktu dan juga tenagamu.
  • Top UP e-Wallet: Bisa juga top up e-Wallet jadi lebih gampang dan cepat ya kan?
  • Pinjaman Tunai: Nah, untuk pinjaman tunai di JULO tanpa agunan/jaminan, dimana teman-teman bisa mencairkan limit pinjaman ke rekening bank teman-teman;

Sementara itu, untuk fitur-fitur lain yang bisa dipakai oleh teman-teman pelaku UMKM dan non UMKM antara lain fitur dari kredit digital dengan pembayaran cicilan bulanan, suku bunga rendah, bisa digunakan sesuai kebutuhan untuk peminjaman dana, serta pengajuan kembali lebih mudah. Untuk mengajukan dana kembali akan semakin mudah jika rekam jejak kita baik yaitu dapat melunasi cicilan dan pembayaran secara tepat waktu.

Apa Sajakah Fungsi/Kegunaan, Peran dan Benefit/Manfaat Kredit Digital JULO Bagi Pelaku UMKM di Indonesia?

Sebagai pelaku Usaha Kecil, Mikro dan Menengah (UMKM), maka modal usaha adalah sesuatu hal yang menjadi penting untuk bergeraknya roda bisnis. Karena bagaimanapun juga modal usaha/bisnis ini penting misalnya bagi pelaku usaha yang bergerak di bidang UMKM di desa-desa dengan inovasi produk yang beragam. Jika teman-teman mempunyai rencana ingin membangun bisnis tapi terkendala dana/modal usaha akibat efek pandemik COVID-19, maka tidak perlu khawatir, karena ada kredit digital JULO sebagai solusi terbaiknya. Bersama kredit digital JULO semua rintisan usaha jadi gampang walaupun sekarang masih dalam kondisi new normal di masa COVID-19.

JULO mempunyai komitmen untuk memberikan kemudahan akses kredit kepada para peminjam untuk memenuhi kebutuhan teman-teman seperti untuk modal usaha, renovasi rumah, biaya pendidikan, serta kegiatan positif lainnya. Kredit Digital di JULO adalah Kredit Tanpa Agunan/KTA/tanpa jaminan ini sampai Rp.15.000.000,00,- untuk mendapatkan modal usaha bagi pelaku UMKM yang berumur 21-60 tahun di seluruh wilayah kesatuan Republik Indonesia melalui aplikasi yang bisa diunduh di Google Playstore. Dan jika usaha/bisnisnya sudah sukses, maka tentu saja akan semakin mudah dalam pembayaran kreditnya. Segampang itu ya ternyata meminjam modal usaha melalui kredit digital di JULO? Yuk teman-teman pelaku UMKM bisa mencobanya nih !

Oya menurut saya pribadi nih, dengan adanya platform digital seperti JULO ini tentunya banyak sekali manfaat (benefit) yang bisa diperoleh baik oleh pelaku UMKM, pemerintah dan masyarakat umum lainnya.

Pelaku UMKM akan mendapatkan keuntungan/benefit berupa modal usaha seperti yang telah dijelaskan di atas. Sementara itu, pemerintah sendiri akan mendapatkan keuntungan seperti UMKM-UMKM yang berdiri di Indonesia akan semakin banyak dengan beragam inovasi dan produk lokal yang dihasilkan. Tentunya dengan semakin banyak UMKM-UMKM yang berdiri maka secara otomatis inklusi keuangan negara kita akan semakin baik dan pada akhirnya akan mendorong perputaran ekonomi Indonesia, serta meningkatkan surplus pertumbuhan ekonomi yang semakin merata baik dari tingkat desa sampai ke tingkat wilayah perkotaan.

Bagi masyarakat umum sendiri, segala keuntungan yang dapat diperoleh dari penggunaan aplikasi JULO seperti kemudahan dalam pembayaran tunai dan non-tunai, kemudahan mencukupi kebutuhan dasar sehari-hari (kebutuhan primer, sekunder, tersier), meningkatkan perekonomian, membuat orang/masyarakat semakin rajin bekerja (tidak malas), semakin kreatif dengan melihat peluang-peluang bisnis di depan mata untuk secepat mungkin di eksekusi, serta mencegah pengangguran. Selain itu, dengan adanya layanan aplikasi JULO juga, maka masyarakat umum dan juga pelaku UMKM akan semakin melek dengan literasi keuangan sehingga ke depan diharapkan dengan banyaknya bonus demografi dan geografi di negara kita, maka peluang sekecil apapun itu bisa dimanfaatkan oleh masyarakat untuk memperoleh cuan dengan berbagai inovasi bisnis yang dijalankan.

Bagaimanakah Cara Pelaku UMKM Mengajukan Pinjaman Online Melalui Kredit Digital JULO?

Pengajuan pinjaman online (Kredit Digital) di JULO cukup mudah dilakukan, cepat dan praktis bisa dari hape smartphonemu. Syarat yang perlu diperhatikan oleh teman-teman untuk meminjam dana di JULO antara lain:

  • Telah berdomisi di wilayah Indonesia (Warga Negara Indonesia/WNI);
  • Berusia 21-59 tahun (ditunjukkan dengan KTP atau identitas yang lainnya);
  • Pengajuan dilakukan dengan menggunakan smartphone milik sendiri yang aktif digunakan paling sedikit 1 bulan terakhir.

Jadi, bagi teman-teman pelaku UMKM yang ingin mengajukan pinjaman online di JULO bisa mengikuti tahapan-tahapan sebagai berikut:

  1. Download dan lengkapi dataDownload aplikasi JULO di Google Playstore dan lengkapi data sesuai ketentuan;
  2. Verifikasi untuk mendapatkan kredit limit – Pastikan nomor telepon aktif saat dilakukan proses verifikasi oleh tim JULO;
  3. Pilih transaksi & pencairan dana – Pilih opsi “Tarik Dana” untuk pinjaman/tunai ke rekening sendiri atau “Transfer Dana” untuk kebutuhan lainnya. Tentukan jumlah tenor dan cicilan sesuai kebutuhan teman-teman ya?;
  4. Gunakan JULO kapanpun di manapun – Pantau aktivitas pinjaman melalui aplikasi JULO, bayar tepat pada waktunya, dan pinjam kapanpun dibutuhkan.

Untuk mempermudah proses peminjaman dana online di JULO, maka teman-teman bisa melihat pada video yang saya kutip dari akun Instagram JULO di bawah ini:

Namun, setelah teman-teman beres melakukan proses registrasi dan melakukan peminjaman dana kredit di JULO, maka tidak langsung akan disetujui otomatis, namun data teman-teman akan diverifikasi oleh tim JULO secara ketat terlebih dahulu serta akan dicek apakah layak lolos uji kelayakan kredit atau tidaknya. Jadi perlu menunggu beberapa hari untuk memastikan bahwa progres peminjaman telah berhasil/lolos. Jadi harus bersabar ya, oke?

Jika pengajuan kredit limit dana pinjaman lolos, maka untuk pencairan dananya melalui rekening bank teman-teman yang aktif (pencairan dana 1-2 hari kerja). Pencairan menggunakan layanan rekening bank ini dilakukan supaya menghindari salah transaksi, kegiatan pencucian uang, modus penipuan, maupun aktivital illegal lainnya. Setelah pinjaman pertama selesai, maka teman-teman juga bisa transfer dana ke rekening bank lainnya.

Oya, perlu diingat bahwa dana yang sudah teman-teman pinjam dari kredit digital JULO sebaiknya digunakan dengan baik untuk pengambangan diri, untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari serta sebagai modal usaha/bisnis UMKM yang sedang teman-teman geluti. Jika bisnis teman-teman sudah sukses dan berkembang, maka penyicilan pinjaman di JULO akan semakin gampang karena bisa dibayarkan lewat M-Banking, bank transfer, Alfamart dan Indomaret.

Terakhir dari tulisan ini, saya berdoa semoga sukses ya untuk teman-teman pelaku UMKM dalam menjalankan bisnisnya walaupun di tengah pandemi COVID-19 harus tetap semangat. Karena berkat kredit digital JULO inilah pelaku UMKM sudah tidak repot lagi harus minjam modal usaha kemana, tinggal pinjam melalui aplikasi JULO, maka semua prosesnya akan cepat dan lebih menguntungkan. Oya, terima kasih juga buat teman-teman yang sudah menyimak artikel ini, semoga bermanfaat.

Sumber Referensi Pendukung Tulisan:

Taggs:
71 Comments
  • nurulrahma 1:20 pm 1 Juni 2021 Balas

    makin ke sini, fintech kian brkembang pesat ya Kak
    dibutuhkan kejelian, mawas diri, dan detail banget utk memilah dan memilih mana pelaku fintech yg baik, dan cocok diajak kolaborasi, apalagi utk UMKM.
    Semogaaa JULO bisa bantu UMKM bangkit dan berdaya!

    • Wahid Priyono 8:02 am 2 Juni 2021 Balas

      Betul kak bahwa Finansial Technology (Fintech) makin tumbuh dan berkembang pesat di Indonesia. Adanya JULO juga sebenarnya ini adalah hal positif jika memang benar2 diperlukan masyarakat sesuai kebutuhan yang pantas misalnya untuk modal usaha/bisnis jauh lebih bagus karena dapat menghidupkan UMKM-UMKM kecil yang perlu support dana/modal usaha.

  • Maria Tanjung Sari 5:54 pm 1 Juni 2021 Balas

    Dan yg terpenting memang punya legalitas ya mas. Karena lembaga fintech seperti ini perlu banget mengumumkan kalau resmi di OJK agar konsumen tenang menggunakannya

    • Wahid Priyono 8:04 am 2 Juni 2021 Balas

      Dan kerennya memang JULO ini sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) jadi lebih kredibel dan juga tidak diragukan lagi sistem keamanannya. Masyarakat dan pelaku UMKM perlu mencoba kredit digital JULO untuk mendukung bisnis/usaha UMKM rumahan mereka.

  • FIRSTY UKHTI MOLYNDI 9:00 pm 1 Juni 2021 Balas

    aku sendiri masih takut nih ikutan pinjol pinjol. padahal mestinya gak perlu takut ya apalagi udah ada pengawasan dari ojk. so udah pasti aman dan nyaman minjemnya

    • Wahid Priyono 8:06 am 2 Juni 2021 Balas

      Bisa coba JULO ini kak, mudah2an segi pelayanan dari customer service/CS pihak JULO memuaskan nantinya. Sehingga kita semakin percaya dan tidak ragu-ragu lagi ya…

      • Laela Dzuhria Wahyudo 9:48 pm 8 Juni 2021 Balas

        Waw fitur JULO-nya macam2 ya mas. Tidak hanya pinjam saja tetapi kita bisa membayar macam-macam kebutuhan kita, bisa tarik dana dll.

        • Wahid Priyono 6:32 pm 9 Juni 2021 Balas

          Hallo kak Laela, betul kak fitur2 JULO lengkap kak sesuai yang dibutuhkan user/pengguna. Betul ada fitur tarik dana, bayar BPJS, dll. Keren ya JULO?

  • Moch. Ferry 2:34 am 2 Juni 2021 Balas

    Mas wahid memberikan panduan mencari pinjaman online terdaftar Otoritas Jasa Keuangan, memudahkan langkah ukmk berkembang sesuai berkembangnya keuangan.

    • Wahid Priyono 8:07 am 2 Juni 2021 Balas

      Terdaftar OJK sebagai tangan pemerintah juga memang sangat penting sekali kak sebagai pernyataan resmi bahwa lembaga fintech seperti JULO itu legal/resmi dan telah diawasi secara ketat. Sehingga masyarakat tidak perlu ragu-ragu lagi.

  • hani 5:26 am 2 Juni 2021 Balas

    Kak Wahid keren, sudah merintis bisnis keluarga. Mudah-mudahan lanjut berkembang yah. Bagus nih ada JULO fasilitas kredit digital supaya UMKM makin maju. Fiturnya keren pula, bisa bayar-bayar juga….

    • Wahid Priyono 8:08 am 2 Juni 2021 Balas

      Alhamdulillah kak, merintis usaha pelan-pelan. Mudah2an ada hasil walaupun harus berhadapan dengan pandemik COVID-19, harus tetap semangat nih buat teman-teman pelaku UMKM yang lainnya…

  • Maria Soemitro 6:55 am 2 Juni 2021 Balas

    wah keren ya Julo, punya seabrek prestasi dan ratusan ribu nasabah
    JULO sebagai Fintech Lending Indonesia sanagt dibutuhkan UMKM karena mayoritas UMKM nggak bankable
    Sehingga sulit mengakses permodalan untuk pengembangan usaha

    • Wahid Priyono 8:10 am 2 Juni 2021 Balas

      Dengan prestasi yang diperoleh JULO, maka tentu saja kita bisa menaruh harapan besar agar JULO bisa tumbuh, berkembang, serta mampu memenuhi kebutuhan masyarakat Indonesia, termasuk untuk membantu permodalan usaha bagi pelaku bisnis/UMKM agar bisa bangkit dari pandemi.

  • Okti 7:56 am 2 Juni 2021 Balas

    Saat pandemi para pelaku bisnis UMKM memang banyak kena dampak. Dengan adanya kredit seperti ini semoga bisa membantu mereka untuk bertahan dan kembali memulai kehidupan

    • Wahid Priyono 8:12 am 2 Juni 2021 Balas

      Setuju sekali kak Okti…setidaknya mereka teman-teman pelaku UMKM masih bisa terus melanjutkan usaha/bisnisnya dengan ajeg walau mungkin ada yang masih sulit untuk berjalan..aamiin.

      • Emma 8:32 am 9 Juni 2021 Balas

        Keren sudah merintis usaha keluarga, semoga berkembang sampai ke next generation, good job

        • Wahid Priyono 6:33 pm 9 Juni 2021 Balas

          Makasih kak Emma, doakan ya mudah-mudahan lancar usaha saya dan keluarga apapun itu…aamiin.

  • Mutia Ramadhani 8:29 am 2 Juni 2021 Balas

    JULO meramaikan bisnis fintech di Tanah Air ya. Tentunya JULO berkontribusi meningkatkan literasi dan inklusi keuangan di negara kita. Selama sudah berizin dan disahkan negara, harus kita dukung sepenuhnya.

    Saya jadi familiar dengan namanya. JULO. Kalo dulu pas SMP dan SMA itu di Sumatera Barat, saya dan teman-teman sekolah saya suka main JULO-JULO. Itu sebutan lain untuk arisan, lebih tepatnya tabungan bersama, dan pemenangnya digilir. Kita harus komitmen menyetorkan sejumlah uang hingga peserta terakhir selesai dan menerima bagiannya. Saya masih ingat nominalnya dulu cuma Rp 500-1.000 per hari. Wkwkwk. Apa mungkin JULO ini juga terinspirasi dari kisah yang sama?

    • Wahid Priyono 7:18 am 3 Juni 2021 Balas

      Betul sekali kak, JULO di tempat sekolah saya juga sering disebut2 sebagai agen arisan. JULO ikut meramaikan fintech di Indonesia juga bagus untuk menaikkan inklusi keuangan kita juga mengedukasi masyarakat untuk melek literasi keuangan.

  • Annie Nugraha 9:45 am 2 Juni 2021 Balas

    Permodalan ini memang jadi isu utama dari (hampir) setiap UKM. UKM yang tentu saja benar-benar bangkit dari sebuah pendanaan dan lingkup usaha yang kecil serta industri rumahan.

    Dana jugalah yang akhirnya jadi kebutuhan utama saat kondisi ekonomi yang labil mengguncang kestabilan usaha. Ini yang sedang dirasakan oleh saya dan teman-teman. Ada banyak keraguan untuk mencari dukungan (baca: pinjaman) dana dengan kondisi penjualan yang semakin terpuruk. Apalagi bisnis saya dan teman-teman mencakup barang/produk kebutuhan tersier.

    Semoga JULO bisa jadi alternatif untuk masuk pertimbangan kami.

    • Wahid Priyono 7:20 am 3 Juni 2021 Balas

      Semoga saja kak UKM/UMKM segera bangkit ya kak dari pandemi walaupun dalam perjalanannya terkena imbas pandemik COVID-19. Harus tetap semangat ya.

      • Annie Nugraha 12:26 pm 9 Juni 2021 Balas

        Aamiin YRA. Semoga kondisi ekonomi segera membaik dan neraca keuangan para UKM pun berkembang lebih sehat…….

  • deddyhuang.com 10:13 am 2 Juni 2021 Balas

    Membantu buat kita yang sedang butuh dana segar lebih cepat. Apalagi proses pembukaan akun di Julo sepertinya emang mudah dan aman.

    • Wahid Priyono 7:22 am 3 Juni 2021 Balas

      Yups kak Deddy, bahwa JULO sudah terdaftar di OJK dan tentunya aman dan bisa jadi pertimbangan bagi para pelaku bisnis UKM/UMKM untuk meminjam modal sesuai kebutuhan.

    • Sarieffe 8:21 am 9 Juni 2021 Balas

      Prestasi julo ternyata lumayan banyak ya, apalagi sudah diakui OJK jadi nggak ragu nih kalau ada teman minta rekomendasi fintech terpercaya

  • Nanik Nara 12:21 pm 2 Juni 2021 Balas

    Udah lama juga ya JULO ini, dari 2016.
    Terdaftar di OJK bahkan bersertifikasi ISO, jadi nggak ragu buat pelaku UMKM untuk mengajukan pinjaman dana untuk memulai merintis ataupun menambah modal usahanya. Semoga keberadaannya makin di kenal masyarakat (saya baru tahu JULO setelah membaca artikel ini), makin banyak yang bisa memanfaatkan jasanya

    • Wahid Priyono 7:23 am 3 Juni 2021 Balas

      Betul kak JULO sudah terdaftar dan diawasi oleh OJK yang juga sebagai tangan kanan pemerintah. Jadi masyarakat dan pelaku usaha/bisnis UMKM tidak perlu ragu lagi untuk peminjaman modal di JULO. Jika usaha/bisnisnya sudah lancar tentu saja proses penyicilan modal akan semakin mudah dan beres sesuai kesepakatan.

  • Fenni Bungsu 12:26 pm 2 Juni 2021 Balas

    Kehadiran JULO memang pas untuk menjadi sahabat UMKM, karena dukungan dalam kemudahan finansial bisa memperluas pangsa pasar UMKM.

    Apalagi masa kini daku pun senang, melihat geliat UMKM yang kembali bangkit. Jadi dukungan penuh harus diberikan

    • Wahid Priyono 7:26 am 3 Juni 2021 Balas

      Iya betul kak Fenni, geliat UMKM kini mulai banyak ditekuni oleh masyarakat kita ya, jadi dengan semakin banyak UMKM yang berdiri maka inklusi keuangan negara kita akan bangkit dan semakin mantap untuk jangka pendek maupun jangka panjang.

    • Moch. Ferry Dwi Cahyono 5:24 am 9 Juni 2021 Balas

      Teringat nama julo sewaktu podcast dengan salah satu teman profesi di Program Keluarga Harapan Kementerian Sosial Salemba Raya Jakarta mas Wahid. UMKM membutuhkan support dana untuk pengembangan usaha di satu sisi namun perlu kecermatan ketika melakukan transaksi dengan lembaga keuangan, perlu dipastikan lembaga keuangan terdaftar di ojk tentu salah satu panduannya.

  • Ratna Kirana 2:31 pm 2 Juni 2021 Balas

    Keren banget yaa fintech ini bisa membantu UMKM mendapatkan tambahan modal, apalagi JULO izinnya sudah lengkap, jadi gak waswas terkena perangkap terror rentenir

    • Wahid Priyono 7:27 am 3 Juni 2021 Balas

      Dukungan JULO kepada pelaku usaha/bisnis UMKM juga patut diapresiasi. Patut dipertahankan nih JULO sebagai fintech yang dapat menjawab semua kebutuhan pelanggannya yang tersebar di seluruh Indonesia.

      • Moch. Ferry 6:16 am 9 Juni 2021 Balas

        Teringat sewaktu podcast di Kementerian Sosial Salemba Raya 28 Jakarta bersama teman profesi di Program Keluarga Harapan asal Sumbar istilah Julo. Perlu kecermatan ketika mengembangkan umkm dengan lembaga perbankan, tulisan ini memberi panduan mengembangkan unit usaha.

        • Wahid Priyono 7:01 am 9 Juni 2021 Balas

          Makasih mas Ferry atas pengalamannya, semoga teman2 yang lain juga bisa cermat dalam mengembangkan UMKM dengan lembaga keuangan. Sukses selalu ya mas, thanks so much..

    • Fenni Bungsu 11:26 am 9 Juni 2021 Balas

      Benar kak Ratna, kalau jelas lebih aman ya hidup. Gak ada kecemasan bakal ditagih seperti apa. Yang penting juga sih dari sisi peminjam kudu ontime juga pembayarannya, kan

      • Wahid Priyono 6:05 pm 9 Juni 2021 Balas

        Hallo kak @Fenni betul kak yang paling terpenting bayar tepat waktu akan jauh lebih bagus kak.

  • Susindra 10:32 am 3 Juni 2021 Balas

    Masa pandemi gini banyak sekali ibu yang bergerak di bidang ekonomi. Beruntung banyak pendanaan yang diberikan untuk kami yang sekarang jadi pejuang ekonomi keluarga.

    • Wahid Priyono 8:22 pm 8 Juni 2021 Balas

      Yups, kak, masa pandemi bukan untuk leyeh-leyeh saja ya kak, menjemput rezeki dengan jalan bisnis rumahan/UMKM sesuai hobi akan bisa dapat cuan jika mau ditekuni dengan baik.

      • Maya Fitriani 9:35 am 9 Juni 2021 Balas

        Keren nih ya sekarang ada aplikasi JULO fasilitas kredit digital. Semoga para UMKM makin bisa maju dan berkembang lebih baik lagi. Fiturnya pun mantap yaa dan bisa juga melakukan pembayaran juga

        • Wahid Priyono 6:07 pm 9 Juni 2021 Balas

          Yups, betul kak @Maya, sekarang sudah tersedia aplikasi JULO yang bisa membantu para pelaku bisnis/UMKM untuk meminjam modal usaha dengan mudah dan cepat.

  • Farida Pane 5:23 pm 8 Juni 2021 Balas

    keren nih punya bisnis es teler.
    Semoga usahanya sukses dan barokah selalu, ya.

    • Wahid Priyono 8:22 pm 8 Juni 2021 Balas

      Makasih mbak Farida..aamiin, terimakasih doanya.

  • Talitha 7:06 pm 8 Juni 2021 Balas

    Membaca tulisan mas wahid, membuat saya punya referensi soal pinjaman dana online yang terpercaya. Soalnya saya termasuk yang kurang begitu merasa aman dengan pinjaman online, tapi Julo kayaknya boleh dicoba.

    Btw lancar dan sukses serta berkah ya, mas bisnis es telernya. Semoga saya juga bisa nyicipin es telernya ya, hehehe

    • Wahid Priyono 8:24 pm 8 Juni 2021 Balas

      Aamiin mbak Talitha, thank you ya atas doanya. Sama-sama mbak, yuk pelaku bisnis UMKM harus tetap semangat bangkit dari pandemi… Btw, betul kak bisa coba JULO saja untuk peminjaman modal usaha/bisnis. Prosesnya gampang dan cepat.

  • Firsty 8:39 pm 8 Juni 2021 Balas

    Julo ini bisa jadi pilihan untuk yang ingin berbisnis.

    • Wahid Priyono 6:09 pm 9 Juni 2021 Balas

      Hallo kak Firsty, setuju sekali kak, saya percaya JULO bisa membantu peminjaman modal untuk teman-teman pelaku bisnis/usaha UMKM dimana saja berada. Proses pencairannya cukup cepat juga sekitar 1-2 harian.

  • Keke Naima 10:30 pm 8 Juni 2021 Balas

    Sangatlah penting untuk tau apakah sudah terdaftar di OJK atau belum. Kesulitan ekonomi jangan membuat kita jadi tregesa-gesa untuk meminjam. Julo sepertinya pinjol yang bisa dipercaya.

    • Wahid Priyono 6:11 pm 9 Juni 2021 Balas

      Betul kak Keke, bahwa ketika kita meminjam dana online untuk modal usaha maka hal pertama yang harus dipastikan apakah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK) atau tidak?

      Btw, JULO sendiri sudah terdaftar di OJK sehingga tingkat keamanannya tidak perlu diragukan lagi.

  • Yuni Bint Saniro 10:32 pm 8 Juni 2021 Balas

    Hari gini semua seolah serba dipermudah. Bahkan untuk urusan pinjaman modal. Coba saja kita cek, setiap harinya ada aja sms yang katanya ingin memberikan pinjaman modal usaha.

    Tapi tetap kita kudu hati-hati. Memastikan meminjam pada pihak yang tepat, seperti Julo misalkan. Terdaftar di OJK agar kitanya nggak was-was.

    Berharap semoga masa kelam ini segera usai. Sudah rindu pada dunia yang tanpa pandemi.

    • Wahid Priyono 6:14 pm 9 Juni 2021 Balas

      Hallo kak Yuni, benar kak, saat pinjam uang ke aplikasi/platform keuangan secara online perlu mengecek apakah lembaga tersebut legal atau tidaknya.

      Untuk JULO sendiri sudah legal/resmi dan terdaftar di OJK sehingga pelanggan tidak perlu ragu karena sudah diawasi OJK, jadi lebih aman dan tak was-was lagi ya…

  • Dian Restu Agustina 7:05 am 9 Juni 2021 Balas

    Seperti biasa, ulasan Mas Wahid lengkap sekali. Keren!
    Menarik ini, ada JULO yang akan membantu pelaku UMKM agar tidak repot lagi harus meminjam modal usaha kemana-mana, tinggal pinjam melalui aplikasi JULO, maka semua prosesnya akan cepat dan lebih menguntungkan.

    • Wahid Priyono 6:18 pm 9 Juni 2021 Balas

      Hallo kak Dian Restu, thanks ya kak Dian…dan memang betul JULO membantu teman-teman pelaku UKM/UMKM di Indonesia agar terus berinovasi tanpa terkendala dana.

      Btw, adanya JULO juga inklusi keuangan kita akan semakin bagus sehingga meningkatkan daya saing bangsa dalam hal pembukaan sektor usaha/bisnis.

  • Cempaka Noviwijayanti 7:43 am 9 Juni 2021 Balas

    Pandemi memukul banyak industri kecil ya… subhanallah 🙁 beberapa orang di lingkaran saya pun terdampak bisnisnya. Bantuan modal mungkin bisa jadi solusi buat bertahan di masa pandemi kayak gini.

    • Wahid Priyono 6:20 pm 9 Juni 2021 Balas

      Betul sekali kak, pandemi COVID-19 cukup memukul pengusaha kecil-menengah (UMKM). Namun, teman-teman pelaku UMKM tidak perlu bersedih, harus terus maju dan semangat bangkit dari pandemi.

  • Onny Putranto 9:40 am 9 Juni 2021 Balas

    Aplikasi serupa seperti JULO sudah banyak dikembangkan di Indonesia, Jika JULO ingin bersaing dan terus eksis, maka JULO harus bisa menyajikan menu, dan fitur yg berbeda dari aplikasi serupa. Semoga JULO semakin eksis dan bisa memberi manfaat untuk para pelaku umkm indonesia.

    • Wahid Priyono 6:22 pm 9 Juni 2021 Balas

      Hallo kak Onny, thanks sarannya yang membangun ini, semoga dibaca oleh pihak JULO demi penyempurnaan aplikasi/websitenya supaya bisa semakin bagus ke depannya. Yups, saya pun yakin JULO bisa menjadi platform dan aplikasi yang menjadi sahabat bagi teman2 UMKM di Indonesia.

  • Maria Soemitro 12:59 pm 9 Juni 2021 Balas

    sedih banget denger kisah para pelaku UMKM yang terlibas pandemi Covid 19
    Contoh kasus ditutupnya sekolah membuat penjual cemilan dan mainan di depan sekolah harus gulung tikar
    Efeknya berantai ke penjual bahan baku cemilan dan grosiran mainan
    Karena itu butuh solusi digital marketing dan platform digital keuangan yang kompeten seperti Julo

    • Wahid Priyono 6:26 pm 9 Juni 2021 Balas

      Yups, betul sekali kak, banyak juga pedagang kantin di sekolah saya juga yang sementara tutup akibat pandemi ini. Semoga pandemi segera berakhir sehingga teman-teman pebisnis mikro-kecil-menengah (UMKM) segera lancar kembali usahanya…dan bisa beraktivitas berjualan kembali.

  • nurulrahma 1:29 pm 9 Juni 2021 Balas

    Solutif banget ini JULO!
    karena aku tahu ada beberapa sahabatku penggiat UMKM yg kolaps di masa pandemi ini.
    JULO bisa menjdi alternatif yg sip markosip!

    • Wahid Priyono 6:28 pm 9 Juni 2021 Balas

      Yups kak Nurul…bahwa JULO memang solutif bisa menjadi sahabat pelaku UMKM yang ingin mengembangkan usaha/bisnisnya, sehingga peminjaman modal usaha jadi lebih gampang dan cepat via JULO. Keren memang JULO ini ya sebagai lembaga Open Finance yang kekinian.

  • Tian Lustiana 2:33 pm 9 Juni 2021 Balas

    Keren, semoga menjadi alternatif baik untuk para pelaku UMKM

    • Wahid Priyono 3:59 pm 9 Juni 2021 Balas

      Yups, kak kita berharap semoga JULO bisa jadi sahabat para pelaku UMKM/bisnis di Indonesia.

  • Katerina 1:27 pm 10 Juni 2021 Balas

    Ada ijin dari OJK ya, insha Allah aman.
    Ah iya, saya setuju sekali dengan pengingat yang baik ini:
    “JULO sebaiknya digunakan dengan baik untuk pengambangan diri, untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari serta sebagai modal usaha/bisnis UMKM”. Biar gak salah guna ya 👍

  • suci permatasari 10:20 am 12 Juni 2021 Balas

    bisnis kredit ya unntuk umkm menarik juga . terimakasih infonya

    • Wahid Priyono 2:27 pm 12 Juni 2021 Balas

      Yups kak, bisa coba JULO tuk teman bisnis rumahan/UMKM agar cuan.

  • Nia Haryanto 1:57 pm 12 Juni 2021 Balas

    Wah, baru tahu deh akau dengan JULO ini. Makin banyak ya fintech semacam ini. Tapi pastinya, JULO aman, terpercaya, dan sudah terdaftar OJK ya. Aku sendiri awalnya anti sama yang seperti ini, karena denger cerita2 yang gak mengenakkan. Tapi pas nyoba, saat bener2 butuh, ternyata membantu ya. Asal jangan buat foya2 aja. Dan tentu, harus milih yang seperti JULO ini. Aman, terpercaya, serta terdaftar OJK. Insya Allah bermanfaat.

    • Wahid Priyono 2:25 pm 12 Juni 2021 Balas

      Yups, kak, aplikasi JULO ini boleh dicoba kak tuk pendanaan UMKM dengan sistem yang mudah dan proses pencairan dananya cepat.

  • Nanie 8:04 pm 14 Juni 2021 Balas

    Maju terus UMKM Indonesia, semoga dengan hadirnya JULO bisa makin membantu pengembangan UMKM apalagi masa pandemi gini yak keadaan ekonomi masih belum stabil

    • Wahid Priyono 9:52 am 15 Juni 2021 Balas

      Yups kak Nanie, semoga UMKM di Indonesia makin maju berkat adanya aplikasi kredit digital JULO.

Write a comment