Wahid Priyono

Blogger

Web Designer

Freelancer

Teacher

Writer

Content Creator

Badminton Lovers

Wahid Priyono

Blogger

Web Designer

Freelancer

Teacher

Writer

Content Creator

Badminton Lovers

#BlogPost

Mengapa JKN-KIS BPJS Kesehatan Itu Penting Bagi Masyarakat?

26 Mei 2021 Health
Mengapa JKN-KIS BPJS Kesehatan Itu Penting Bagi Masyarakat?

BPJS kesehatan merupakan lembaga yang berdampingan langsung dengan pemerintah Indonesia. Lembaga BPJS Kesehatan ini tentunya sudah tidak asing lagi kita dengar, bahkan masyarakat daerah pelosok juga sudah sering mendengarnya. Bahkan, di tempat saya juga program-program positif dari BPJS Kesehatan seperti kartu JKN-KIS ini juga secara gratis telah saya terima satu keluarga, dan dalam proses pembuatannya dilakukan oleh pihak RT/RW/Kelurahan. Cukup cepat prosesnya, karena memang pihak kelurahan di tempat saya waktu itu sedang gencar-gencarnya membantu kami untuk mengurusi pembuatan kartu JKN-KIS ini.

Kartu JKN-KIS yang saya miliki ini rupanya sangat membantu saya dan kelurga ketika sedang sakit. Jadi saya bisa berkunjung ke rumah sakit atau puskesmas yang telah ditentukan sebelumnya. Itulah mengapa saya mendukung program baik dari BPJS Kesehatan ini, dengan harapan kedepannya masyarakat baik di desa maupun di kota akan mendapatkan dampak positif dari kartu JKN-KIS ini.

Menurut salah satu artikel yang saya baca di situs https://bpjs-kesehatan.go.id/bpjs/, bahwa ada banyak manfaat ketika teman-teman menjadi anggota/peserta BPJS Kesehatan, diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Memperoleh pelayanan kesehatan tingkat pertama, seperti di puskesmas, praktik mandiri dokter, rumah sakit kelas pertama D, klinik pertama atau yang setara khusus TNI/Polisi, Faskes penunjang seperti apotik dan laboratorium, dan lain sebagainya;
  • Rawat jalan tingkat pertama, seperti penyuluhan kesehatan perorangan, keluarga berencana, skrining riwayat kesehatan, dan lain sebagainya;
  • Rawat inap tingkat pertama, seperti akomodasi rawat inap, perawatan dan persalinan dan neonatal, pelayanan obat, pemeriksaan penunjang diagnostik laboratorium, dan lain sebagainya;
  • Pelayanan kesehatan rujukan tingkat lanjut, seperti misalnya rehabilitasi medis, pelayanan darah, pemeriksaan/pengobatan/konsultasi medis dasar atau spesialistik, pelayanan obat dan alat kesehatan, perawatan inap nonintensif dan di ruang intensif, dan lain-lain;
  • Pelayanan gawat darurat;
  • Pelayanan ambulan untuk pasien rujukan dengan kondisi tertentu.

Dengan banyaknya manfaat yang diperoleh ketika menjadi peserta BPJS Kesehatan, maka itulah mengapa saya mengajak ke teman-teman semua yang belum memiliki kartu JKN-KIS ini untuk ikut bergabung dan mendaftar menjadi peserta. Sehingga ke depannya diharapkan, adanya layanan gratis dari JKN-KIS ini maka masyarakat akan semakin mudah memperoleh dan merasakan manfaat dari pelayanan kesehatan secara cuma-cuma di rumah sakit/puskesmas yang melayaninya. Yuk gabung dengan JKN-KIS BPJS Kesehatan untuk mendapatkan banyak akses dan kemudahannya!

Taggs:
27 Comments
  • […] Mengapa JKN-KIS BPJS Kesehatan Itu Penting Bagi Masyarakat? […]

    • Triyatni 9:09 pm 3 Juni 2021 Balas

      Senangnya JKN ini bisa diakses di mana saja secara daring dan menggunakan aplikasi.

      Jadi ketika saya di Surabaya dulu, saya melakukan perpindahan faskes dengan mudah hanya melalui online.

      Prosesnya memang agak menunggu, tapi setidaknya bisa dapat pelayanan meski di luar kota

      • Wahid Priyono 3:30 pm 4 Juni 2021 Balas

        Iya betul kak, sangat gampang ya akses kesehatan, bayar iuran BPJS kalo sudah instal aplikasi Mobile JKN di hape.

  • ILa Aswil 3:21 pm 3 Juni 2021 Balas

    Terus syarat untuk jadi peserta jkn-kis bagaimana ya?

    • Wahid Priyono 3:40 pm 3 Juni 2021 Balas

      ​Prosedur Pembuatan Kartu JKN-KIS:
      1. Siapkan KTP dari masing-masing anggota keluarga yang ada di dalam KK.
      2. Bawa fotokopi dan berkas asli KK.
      3. Buat surat keterangan tidak mampu dari kelurahan domisili.
      4. Membawa surat pengantar pendaftaran KIS (dari puskesmas).
      5. Datangi kantor BPJS dan bawa berkas lengkap di atas.

      Kakak juga bisa cek situs resmi BPJS Kesehatan berikut >> https://bpjs-kesehatan.go.id/bpjs/

      Semoga bermanfaat.

  • Hida 3:41 pm 3 Juni 2021 Balas

    Saya lahiran cesar pake BPJS mas, alhamdulillah banyak manfaat yang saya peroleh dari kartu BPJS. Sangat membantu sekali.

    • Wahid Priyono 3:35 pm 4 Juni 2021 Balas

      Alhamdulillah kalo bergitu kak, yups, memang membantu adanya BPJS Kesehatan ini, saya pun saat berobat sering gratis pake BPJS JKN-KIS ini. Thanks sharingnya kak.

  • Hendra Suhendra 9:47 am 4 Juni 2021 Balas

    Wah benar-benar ngebantu banget ya, terutama warga tidak mampu. Biaya berobat kan mahal banget, apalagi kalau sampai penyakit besar dan rawat inap. Makasih info kerennya Mas

    • Wahid Priyono 3:18 pm 4 Juni 2021 Balas

      Sama-sama mas Hendra, betul sekali mas…tujuan pemerintah untuk pemerataan kesehatan melalui Mobile JKN ini patut kita dukung dan semoga ke depannya semakin berjalan lancar program-program kesehatan dari BPJS Kesehatan.

  • Lintang 6:03 am 5 Juni 2021 Balas

    JKN-KIS BPJS Kesehatan emang mudah banget dan banyak banget manfaatnya. Kapan hari adikku harus melahirkan mendadak secara SC, untung udah ada bpjs jadi membantu banget di saat mendesak.

    • Wahid Priyono 2:32 pm 6 Juni 2021 Balas

      Iya betul sekali kak, bahwa BPJS JKN-KIS memang sangat membantu sekali ya…mantap semoga terus jaya BPJS.

  • Rizky Kurnia Rahman 9:06 am 5 Juni 2021 Balas

    Alhamdulillah, kehadiran BPJS memang sangat membantu untuk pengobatan istri saya. Untuk anak-anak juga jika membutuhkan pengobatan yang ringan. Soalnya, tiap bulan, gaji saya terpotong untuk membayar BPJS ini. Jadi, ya, dimanfaatkan dengan baik, lah.

  • Susindra 9:31 am 5 Juni 2021 Balas

    Pada praktiknya masih ada rumah sakit yang menyepelekan pasien dengan BPJS. Saya pemilik BPJS Mandiri dan merasakannya juga karena kelas III. Dari entah berapa tahun kami punya BPJS, saya hanya pakai sekali untuk kelahiran normal saja.
    Gapapa deh, yang penting punya jaminan dana kesehatan. Itu yang terpenting bagi saya.

    • Wahid Priyono 2:34 pm 6 Juni 2021 Balas

      Semoga kita berharap bersama pelayanan kesehatan dari BPJS Kesehatan akan semakin prima dan memberi solusi bagi masyarakat.

  • Mutia Ramadhani 10:23 am 5 Juni 2021 Balas

    Penting karena dipake gak dipake kita wajib bayar iuran. Kekeke. Lebih rugi lagi kalo JKN-KIS-nya gak dipake ya mas. Konsepnya juga sama kayak zakat dalam Islam. Manfaatnya tepat sasaran bagi saudara kita yang membutuhkan dan kondisi finansialnya kurang mampu.

    • Wahid Priyono 2:34 pm 6 Juni 2021 Balas

      Harus bijak saja menurut saya kak, pakai sesuai kebutuhan saja.

  • Shyntako 11:22 am 5 Juni 2021 Balas

    Orang tuaku termasuk yang terbantu loh mas, kemarin baru aja tuh operasi katarak 2 mata, tentunya dalam 2 periode waktu ya seperti ketentuan BPJS kan, kebantu banget lah kalo pake dana sendiri duh gusti amsiong deh

    • Wahid Priyono 2:35 pm 6 Juni 2021 Balas

      Alhamdulillah kak, keren berarti nih BPJS. Program2nya makin oke aja.

  • Helmiyatul Hidayati 7:02 am 6 Juni 2021 Balas

    apa konsekuensinya kalo tidak menjadi peserta jkn-kis kak?

    • Wahid Priyono 2:36 pm 6 Juni 2021 Balas

      Sebaiknya daftar saja mas, bisa langsung temui pihak BPJS di kantor cabangnya. Di daerah sampeyan sepertinya sudah ada kantornya.

  • Fadli 2:16 pm 6 Juni 2021 Balas

    BPJS ini sistemnya kan gotong royong gitu kan mas. Manfaatnya memang sangat banyak jika masyarakat Indonesia rutin membayar. Mudah-mudahan pengelolaannya bisa lebih baik dan bisa mengayomi peserta.

    • Wahid Priyono 2:36 pm 6 Juni 2021 Balas

      Iya betul sekali akan ada banyak manfaat yang bisa kita peroleh dengan menjadi peserta BPJS JKN-KIS ini.

      • Waode_1453 9:03 pm 7 Juni 2021 Balas

        Alhamdulillah, kami juga merasakan manfaat BPJS ini. Tepatnya waktu ibu saya di operasi.

        Manfaat BPJS bisa dirasakan yg penting lancar bayar iuran.

  • Erly Damayanti 8:29 am 7 Juni 2021 Balas

    Saya pakai BPJS saat anak saya tiba-tiba kena apendic jadi semua biaya ditanggung oleh pemerintah. Jadi saya lebih fokus ke perawatn anak saya. Sangat membantu sekali

    • Wahid Priyono 8:38 am 7 Juni 2021 Balas

      Wah, alhamdulillah kak jadi terbantu ya kak dengan adanya JKN-KIS dari BPJS Kesehatan ini, keren kak đŸ™‚

  • Dyah ummu AuRa 9:33 am 7 Juni 2021 Balas

    Walaupun di kantor suami ada asuransi umum gitu, kami sesekali juga menggunakan BPJS. Soalnya kalau asuransi umum, biasanya kami harus bayar terlebih dahulu baru nanti diklaim. kalau bpjs bisa langsung berobat walaupun gak ada uang. xixixi..

Write a comment