Wahid Priyono

Bloger

Web Designer

Freelancer

Teacher

Writer

Content Creator

Badminton Lovers

Wahid Priyono

Bloger

Web Designer

Freelancer

Teacher

Writer

Content Creator

Badminton Lovers

#BlogPost

Mengulik Manfaat Sertifikasi Guruinovatif.id Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran di Sekolah

10 Oktober 2021 Edukasi
Mengulik Manfaat Sertifikasi Guruinovatif.id Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran di Sekolah

Sergur merupakan singkatan dari “Sertifikasi Guru“. Sertifikat guru merupakan proses pemberian sertifikat pendidik kepada seorang guru yang telah memenuhi standar profesional atau karena memang mempunyai kelayakan seorang guru dalam kegiatan belajar mengajar (KBM) di sekolah. Sertifikat guru ini sebenarnya tidak gampang untuk mendapatkannya, karena akan ada beragam proses yang dilalui yakni karena ada beberapa uji kompetensi tertentu seputar pedagogik dan wawasan umum seputar pendidikan. Selain itu, banyak juga pelatihan-pelatihan khusus yang harus diikuti oleh guru yang mengikuti sertifikat pendidik ini.

Sebagai guru Biologi di SMA Yadika Natar Lampung Selatan, maka saya juga mengikuti serangkaian pelatihan guru untuk peningkatan kualitas pendidikan di sekolah.
Dokumentasi pribadi saya (pakai baju batik hitam warna loreng cokelat) ketika mengikuti pelatihan MGMP Guru Biologi untuk peningkatan skill sebagai guru merdeka (lokasi di SMAN 2 Kalianda, Lampung Selatan)

Segur rupanya jadi salah satu itikad pemerintah untuk menjamin dan meningkatkan mutu tenaga pendidik (guru) dalam naungan yang didimensikan pada mekanisme teknis dan diatur oleh pemerintah melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan. Selain itu, ada payung hukum yang mengaturnya, seperti:

a). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional pada butir pasalnya:

  • Pasal 42 ayat 1, Pendidik harus memiliki kualifikasi minimum dan sertifikasi sesuai dengan jenjang kewenangan mengajar, sehat jasmani dan rohani, serta memiliki kemampuan untuk mewujudkan tujuan pendidikan nasional.
  • Pasal 43 ayat 2, Sertifikasi pendidik diselenggarakan oleh perguruan tinggi yang memiliki program pengadaan tenaga kependidikan yang terakreditasi;

b). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen pada butir pasalnya menyebutkan bahwa:

  • Pada pasal 8, Guru wajib memiliki kualifikasi akademik, kompetensi, sertifikat pendidik, sehat jasmani dan rohani, serta memiliki kemampuan untuk mewujudkan tujuan pendidikan nasional.
  • Pasal 11 ayat 1 Sertifikat pendidik sebagaimana dimaksud dalam pasal 8 diberikan kepada guru yang telah memenuhi persyaratan, ayat 2 Sertifikasi pendidik diselenggarakan oleh perguruan tinggi yang memiliki program pengadaan tenaga kependidikan yang terakreditasi dan ditetapkan oleh Pemerintah, ayat 3 Sertifikasi pendidik dilaksanakan objektif, transparan, dan akuntabel, ayat 4 Ketentuan lanjut mengenai sertifikasi pendidik sebagaimana dimaksud pada ayat 2 dan ayat 3 diatur dengan Peraturan.

Apabila seorang guru telah memiliki sertifikat pendidik, maka guru tersebut telah dianggap sebagai guru profesional dalam merancang pembelajaran serta mengaplikasikan ilmunya kepada peserta didik. Sehingga pada akhirnya diharapkan bagi semua guru di Indonesia yang telah lolos sergur ini harus bersiap diri untuk memberi perubahan bagi pendidikan di Indonesia agar jadi lebih baik.

Saya sedang membantu siswa untuk melakukan pengamatan sel dan jaringan dengan menggunakan mikroskop binokuler di Laboratorium Biologi SMA Yadika Natar Lampung Selatan.

Keuntungan/manfaat menjadi guru yang mendapatkan sertifikat ini selain memberi jaminan profesionalisme dalam kegiatan belajar dan mengajar (KBM), juga secara langsung akan memberi dampak positif secara finansial/keuangan sebab jika seorang guru telah lulus sergur maka bisa mendapatkan tunjangan sertifikasi guru dengan nominal tertentu sesuai pangkat/jabatannya sebagai tenaga pendidik.

Adapun tujuan dari Sertifikasi Guru itu sendiri yang saya ketahui antara lain sebagai berikut:

  • Meningkatkan mutu dan kualitas pendidikan di Indonesia dari beragam sekolah yanga da di daerah 3T ke daerah yang lebih maju baik dari segi sarana dan prasarana pendidikannya;
  • Meningkatkan harkat dan martabat guru sebagai tenaga pendidik yang profesional;
  • Meningkatkan mutu serta proses kegiatan belajar mengajar (KBM) di sekolah maupun di sekitar lingkungan sekolah;
  • Menentukan spesifikasi serta apakah seorang guru layak untuk menjalankan serangkaian proses KBM di sekolah demi mewujudkan tujuan pendidikan nasional;
  • Menjamin standar profesionalisme guru ketika melakukan KMB di kelas;
  • Meningkatkan proses serta mutu dan hasil pendidikan secara menyeluruh;
  • Sebagai proteksi bagi guru dan tenaga kependidikan terkait lainnya;
  • Membantu melindungi penyelenggara pendidikan/sekolah dengan cara memberi instrumen, dukungan, serta rambu-rambu untuk menyeleksi guru yang benar-benar kompeten di bidangnya;
  • Membangun citra positif tenaga kependidikan (guru) di kalangan masyarakat luas;

Sementara itu, untuk manfaat Sergur (Sertifikasi Guru/Sertifikat Pendidik) antara lain sebagai berikut:

  • Penjaminan Mutu Pendidikan Secara Holistik, artinya dapat memberi kesan/feed back positif masyarakat dan pemerintah terkait profesionalisme dan kinerja tenaga pendidik. Dalam prosesnya, Sergur menyediakan beragam informasi berharga yang dibutuhkan oleh penyelenggara pendidikan (sekolah) yang ingin mempekerjakan orang dalam bidang keterampilan dan keahlian tertentu. Jadi dalam prosesnya tidak sembarangan mengambil guru yang tersertifikat;
  • Pengawasan Mutu Pendidikan Agar Jauh Lebih Baik, artinya lembaga sertifikasi telah menentukan dan mengidentifikasi kompetensi dalam peningkatan profesionalisme guru dengan mekanisme seleksi atau melalui pengembangan karir dan mengadakan program pelatihan yang jauh lebih bermutu dan berkualitas;
  • Perlindungan Hak-Hak Guru Sebagai Manusia yang Beradab, artinya guru/pendidik akan dilindungi hak-haknya sebagai seorang guru, sehingga mencegah kemungkinan buruk adanya praktek yang merusak citra guru sebagai tenaga pendidik di lingkungan sekolah. Selain itu berfungsi juga untuk melindungi masyarakat dari praktek pendidikan yang kurang berkualitas maupun kurang profesional.

Nah, kemudian bagi guru-guru yang sudah mendapatkan atau yang masih dalam proses memperoleh sertifikat pendidik yang resmi dari pemerintah, maka tidak ada salahnya juga untuk terus meningkatkan kompetensi mengajarnya. Salah satunya untuk bergabung dan mengikuti serangkaian kegiatan pembelajaran secara online (Pelatihan Guru) bersertifikat melalui platform guruinovatif.id.

Platform guruinovatif ini bisa dinikmati oleh semua guru di Indonesia guna meningkatkan profesionalismenya sebagai guru. Karena ada banyak hal yang akan didapatkan guru seperti beragam seminar online, pelatihan online, fitur guru belajar, dan lain sebagainya. Yang paling menariknya, di akhir sesi kegiatan seminar, pelatihan, kegiatan belajar guru di platform guruinovatif.id ini, maka guru akan mendapatkan sertifikat yang bisa dimanfaatkan oleh guru untuk berbagai kepentingan mengajar, sebagai portofolio guru, dan bisa juga untuk kenaikan pangkat guru sebagai seorang PNS atau Guru Tetap Yayasan (GTY) dan sejenisnya. Menarik bukan?

Nah, mari kita tengok dan ulik tentang platform guruinovatif.id ini isinya apa aja ya kursus-kursusnya?

#1. Online Certification

Online Certification ini adalah kursus atau pelatihan guru secara online melalui aplikasi pembelajaran online di guruinovatif.id. Dibandrol mulai harga terjangkau dan tentunya cocok dengan kantong bapak/ibu guru. Bahkan, harga OC-nya ada yang Rp.15.000,- bahkan ada yang gratis (free). OC-Free ini artinya bapak/ibu guru bebas mengikuti kursus atau pembelajaran di aplikasi dan mendapatkan sertifikat online di akhir pembelajaran hingga 32 JP (Jam Pembelajaran).

#2. Productivity Course

Productivity Course ini adalah Pelatihan Guru yang ketika saya ulik di dalam halaman websitenya lebih mengarah ke bagaimana teknik membuat media pembelajaran agar tampil menarik dan tidak membosankan. Misalnya pembuatan media animasi untuk mendukung proses belajar mengajar siswa selama masa pandemi COVID-19 atau saat tatap muka langsung di sekolah. Ada juga cara membuat google classroom, cara menggunakan zoo, penafsiran rumus-rumus di Microsoft Excel, membuat ujian secara online, penggunaan media WhatsApp untuk belajar daring, merekam materi pembelajaran dengan teknik screen shoot, dan masih banyak ilmu menarik lainnya yang bisa bapak/ibu guru coba baik secara gratis maupun berbayar. Namun, jika bapak/ibu guru mencoba paket belajar/course yang versi berbayar juga menurut saya masih tergolong murah (tidak terlalu mahal) sehingga lebih hemat secara finansial alias gak bikin “kantong kering”.

#3. Mini Course

Paket Mini Course ini menurut saya cocok untuk bapak/ibu guru yang ingin upgrade skill supaya teknik mengajar siswa di dalam kelas semakin berkelas. Ada banyak kursusnya untuk mewujudkan hal demikian seperti misalnya bagaimana langkah mengajar efektif di kelas, cara mudah merancang Asesment Kompetensi Minimum (AKM), pengembangan kurikulum inovatif, seputar pedagogi keguruan, medesain dan merancang pembelajaran dengan maksimal, dan masih banyak course yang isinya berguna untuk bekal guru dalam mengajar. By the way, di Mini Course guruinovatif.id ini juga selain berbayar juga ada yang gratis lho, yuk bisa segera dicobain, siapa tahu cocok, ya kan?

Selain course di atas, juga terdapat promo kursus serta kumpulan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang bisa didapatkan guru dengan mudah dan praktis. Semua guru di Indonesia yang sudah tergabung di guruinovatif.id bisa Download RPP secara gratis dan pastinya akan semakin dapat ilmu baru tentang pembuatan RPP yang sudah terstandar. Sehingga pada akhirnya RPP ini akan bisa digunakan guru untuk proses pembelajaran di kelas saat mengajar siswa-siswinya.

Selain itu, apabila Guru Belajar di guruinovatif secara rutin dan mengikuti serangkaian kursus (course) secara teratur maka pastinya akan semakin banyak sertifikat online didapat dan kompetensi guru sebagai tenaga pendidik akan semakin bagus. Sehingga apa yang sudah diperoleh selama belajar online di guruinovatif dapat diimplementasikan dalam pembelajar di kelas.

Semoga informasi di atas bermanfaat untuk rekan-rekan guru di Indonesia, dan mari ajak semua rekan-rekan guru di sekolah anda untuk mencoba semua course di guruinovatif untuk mendapatkan beragam pembelajaran, teknik dan metode mengajar yang baik dan benar dari para pakarnya langsung. Karena pada akhirnya peningkatan kualitas pembelajaran di sekolah adalah tugas dan tanggungjawab guru sebagai seorang tenaga pendidik yang dipercayai amanahnya untuk mencerdaskan kehidupan bangsa.

Sumber Referensi:

***Discalimer: Artikel ini telah lolos copyscape dan tidak plagiat serta diikutkan dalam lomba blog yang diselenggarakan oleh “Guruinovatif.id” dengan tema: “Peran GuruInovatif.id sebagai Platform dan Sertifikasi Guru Indonesia”

Taggs:
14 Comments
  • Maria Soemitro 2:55 am 14 Oktober 2021 Balas

    wah kerennn
    saya selalu penasaran tentang sertifikasi guru ini
    karena terbagi dua, ada yang ikut untuk meningkatkan kemampuan, ada pula yang hanya meningkatkan gaji 😀

    Padahal menjadi guru di era 4.0, harus selalu mengikuti perkembangan jika gak mau kalah ama muridnya ya?

    • Wahid Priyono 3:52 pm 17 Oktober 2021 Balas

      Yang penting niatnya baik dan positif aja, kalo saya ikut sertifikasi diniatkan karena ingin upgrade diri dan ilmu sebagai guru yang benar-benar profesional mampu meng-cover seluruh aktivitas pembelajaran di kelas.

  • T.Retno 4:29 am 14 Oktober 2021 Balas

    Sedikit penasaran, yang suka mengakses platform ini kira-kira guru usia berapa ya? Pengalaman aja sih dengan para guru anakku, terutama yang di sekolah negeri. Cuma guru-guru muda (masih honorer pula) semangat banget upgrade diri dan terbuka pada platform seperti ini. Tentunya buat ningkatin keahlian ngajar.

    • Wahid Priyono 3:49 pm 17 Oktober 2021 Balas

      Gak ada batasan usia kak, semua guru boleh bergabung di course guruinovatif.id untuk memperoleh online sertifikasi…
      Btw, guru memang penting kak terus upgarde diri dan ilmu supaya bisa terus bertahan dengan perubahan yang ada di bidang SAINS dan IPTEK. Guru juga terus belajar dan gak boleh berpuas diri, intinya harus terus haus akan ilmu pengetahuan hingga akhir hayat.

  • Moch. Ferry 8:36 am 14 Oktober 2021 Balas

    Sertifikasi memang salah aatu instrumen untuk mengefahui kualifikasi dan kompetensi guru. Mantap mas wahid paparan tulisan.

    • Wahid Priyono 3:49 pm 17 Oktober 2021 Balas

      Makasih kak Ferry. Silakan bisa bantu sebarkan info ini ke teman2nya kak Ferry ya. Thanks.

  • Sani 8:49 am 14 Oktober 2021 Balas

    Sekarang guru2 banyak sertifikasinya ya. Kl saya jumpa kakak2 saya yg guru, selalu sibuk lagu ngurus sertifikasi, termasuk minta traktir tggu uang sertifikasi haha
    Makasih info Sertifikasi Guruinovatif.id ini, kakak saya harus tau nih

    • Wahid Priyono 3:48 pm 17 Oktober 2021 Balas

      Iya kak, bisa dikasih tahu ke kakaknya kak Sani yang lagi ngurus sertifikasi kalo di guruinovatif.id juga banyak sertifikasi onlinenya yang bisa didapat dari mengikuti course di aplikasi guruinovatif.id.

  • Mutia Ramadhani 12:09 pm 14 Oktober 2021 Balas

    Hei Mas Wahid, murid-muridnya pada tahu gak sih kalo dirimu itu guru inovatif yang multitasking dan jadi creative blogger juga? Hehehe. Asik ya ada paltform guruinovatif yang bisa diakses seluruh guru di Indonesia untuk meningkatkan profesionalisme kerjanya.

    • Wahid Priyono 3:45 pm 17 Oktober 2021 Balas

      Makasih kak Mutia.. masih belajar saya mah untuk jadi guru yang baik.

  • Fenni Bungsu 3:17 pm 14 Oktober 2021 Balas

    Adanya sertifikat guru jadi menambah semangat juga pastinya untuk para guru, untuk terus berkarya dan mengabdi.

    Semoga inovasi dari para guru terus berkembang untuk kemajuan dunia pendidikan

    • Wahid Priyono 3:44 pm 17 Oktober 2021 Balas

      Aamiin kak, semoga saja harapan besar kita pendidik (guru) akan semakin terupgrade skill/ilmunya ya. Pada akhirnya pasti akan berdampak positif terhadap mutu pendidikan.

  • Emma 4:19 pm 14 Oktober 2021 Balas

    Sebagai ortu dari murid yang bersekolah saya juga cari tahu apakah guru² di sekolah anak saya sudah di vaksin semua Alhamdulillah sekolah anakku taati Prokes semua.

    • Wahid Priyono 3:42 pm 17 Oktober 2021 Balas

      Iya kak, tentu saja kak, semua stake holder sekolah perlu taat prokes ya, supaya semua siswa aman, guru pun tenang saat mengajar. Btw, ini sudah mulai pemberian vaksin untuk pelajar. Mudah2an segera merata ya?

Write a comment