Wahid Priyono

Blogger

Web Designer

Freelancer

Teacher

Writer

Content Creator

Badminton Lovers

Wahid Priyono

Blogger

Web Designer

Freelancer

Teacher

Writer

Content Creator

Badminton Lovers

#BlogPost

Pemasangan CCTV di Ruang Kelas dan Lingkungan Sekolah SMK Yadika Natar untuk Memastikan Warga Sekolah Terbebas Dari Tindakan Kekerasan Berbasis Gender

30 November 2020 Edukasi
Pemasangan CCTV di Ruang Kelas dan Lingkungan Sekolah SMK Yadika Natar untuk Memastikan Warga Sekolah Terbebas Dari Tindakan Kekerasan Berbasis Gender

Aksi nyata untuk mencegah tindakan kekerasan berbasis gender telah dilakukan di lingkungan sekolah saya yakni di SMK Yadika Natar, Kabupaten Lampung Selatan.

Pagi itu, seperti biasanya duduk seorang wanita paruh baya dengan rambutnya yang agak ikal dan perawakan tubuh yang tinggi semampai, biasanya saya menyebutnya sebagai Mom Rumina. Mom Rumina ini adalah seorang Waka Kurikulum dan guru Bahasa Inggris yang asyik. Beliau mengajar di kelas Teknik Komputer Jaringan (TKJ) dan beberapa kelas unggul lainnya.

Dok.Pribadi: Rumina Pasaribu, S.Pd.

Saat saya memasuki ruangan kerjanya, nampak di spot ruangannya terdapat monitor komputer berukuran sekira 40 inch yang tersambung dengan kabel CCTV. Saya melihat pada layar monitor CCTV itu terdapat beberapa gambaran lingkungan sekolah dengan berbagai macam aktivitas, bahkan beberapa spot dan sekat-sekat ruangan yang ada di lingkungan sekolah telah terlihat melalui layar monitor tersebut. Benar-benar keren ya zaman yang serba digital saat ini? seolah CCTV menjadi β€œpetugas keamanan” yang bisa memantau tiap gerak-gerik siswa, guru, karyawan dan stake holder sekolah lainnya.

Sejenak saya duduk dan sambil ngobrol dengan beliau. Saya coba tanyakan secara sederhana untuk apa sekolah memasang CCTV? Kemudian beliau menjelaskan bahwa, banyak sekali manfaat jika sekolah memasang CCTV, yaitu untuk memastikan bahwa tidak ada tindakan kriminal, tidak ada kekerasan fisik maupun pelecehan seksual yang bisa membahayakan warga sekolah.

Spot yang dipasang CCTV di lingkungan sekolah saya tersebut misalnya ruang kelas, ruang guru, ruang laboratorium, tempat parkir kendaraan, area taman/lobi, aula lantai 4 sekolah, pos satpam, ruang karyawan, perpustakaan, lokasi lorong dan depan WC/toilet, serta beberapa spot lainnya yang dirasa penting untuk dipantau dengan CCTV ini.

dok.pribadi: salah satu CCTV yang dipasang di halaman lobi sekolah

Nah, aksi nyata dan keseriusan pihak sekolah saya tersebut untuk memasang CCTV di titik-titik lokasi tertentu sangat berguna sekali untuk melindungi warga sekolah dari kemungkinan terjadinya tindakan kekerasan berbasis gender. Terutama karena di lingkungan SMK saya adalah banyak kalangan pria dibandingkan wanita. Maka, memantau gerak-gerik siswa dan warga sekolah melalui CCTV itu begitu penting. Siswa SMK baik itu kelas X, XI maupun XII sudah bisa dibilang usia yang cukup matang dan remaja. Jadi, siswa-siswi tersebut harus dipantau kesehariannya di lingkungan sekolah.

Usia remaja secara seksual juga sudah matang dan ketertarikan dengan lawan jenis begitu kuat. Dan ini yang menjadi kekhawatiran pihak sekolah saya jika lingkungan sekolah tidak dipantau secara ketat dengan CCTV, maka bisa jadi tindakan kekerasan yang menyangkut pelecehan seksual terhadap kaum perempuan (siswi) bisa saja terjadi. Maka jika hal ini terjadi tentu saja akan merusak masa depan para remaja dan reputasi sekolah bisa hancur. Maka, mencegah itu lebih baik daripada mengobati. Dengan CCTV yang terpasang di lingkungan sekolah dan ruang kelas, ternyata telah banyak membantu mencegah serta memastikan bahwa lingkungan sekolah terbebas dari tindakan pelecehan seksual, kriminalitas, dan kejahatan lainnya.

Nah, bagaimana dengan lingkungan sekolah sobat-sobat karakter semuanya, apakah sudah memasang CCTV? Jika belum, yuk mulai sekarang pasang CCTV supaya lingkungan sekolah menjadi lebih aman dan terkendali.

58 Comments
  • Iffiarahmandotcom 11:51 am 30 November 2020 Balas

    Bagus banget nih. Semoga dengan adanya cctv ini murid murid dan juga guru serta staff sekolah bisa terhindar dari tindakan2 yg merugikan banyak pihak termasuk kekerasan dan pelecehan.

    • Wahid Priyono 1:42 am 1 Desember 2020 Balas

      Iya betul sekali mbak Indah…. sekolah memang harus menjadi tempat yang nyaman untuk tumbuh kembang peserta didik (siswa). Sehingga tindak-tindakan yang berbau kekerasan berbasis gender bisa terminimalisir karena adanya CCTV yang terpasang di lingkungan sekolah. Istilahnya CCTV ini sebagai “pemnatau/satpam” yang mengamati gerak-gerik seluruh warga sekolah, sehingga mudah dipantau jika terjadi hal-hal yang tidak diharapkan oleh pihak sekolah.

  • Bety Kristianto 5:28 pm 2 Desember 2020 Balas

    Saya stuju banget nih di sekolah anak-anak dipasangin CCTV. Selain untuk memantau keamanan, juga untuk memonitor pergerakan anak selama KBM berlangsung. Keren nih!

    • Wahid Priyono 11:31 pm 2 Desember 2020 Balas

      Thank you ya mbak Bety. Betul sekali, anak-anak (siswa/i) juga butuh pengawasan selama di sekolah. Karena mereka juga butuh rasa nyaman dan bahagia ketika berada di sekolah, terlebih terbebas dari macam aktivitas yang tidak menyenangkan seperti kriminal, pelecehan seksual, dan lainnya. Adanya CCTV yang terpasang di lingkungan sekolah saya tentu saja bertujuan untuk memastikan bahwa warga sekolah terbebas dari kekerasan berbasis gender. Mudah-mudahan anak-anak kita bisa terbebas dari tindakan kekerasan berbasis gender di sekolah.

  • Dian Restu Agustina 1:10 am 3 Desember 2020 Balas

    Di sekolah anak saya juga ada CCTV-nya Mas. Dan ini berguna. Satu waktu anak sulung saya (waktu itu SMP) kena bully ga seperti biasa saat pulang, dia diam aja di rumah..saya tanya ada apa ga mau ngaku..akhirnya saya ajak bicara biar terus terang baru ngaku. Esoknya saya lapor ke guru BK dan akan ditindaklanjuti. Dilihat dari CCTV hari dan jam tersebut, akhirnya ada 5 anak yang dipanggil karena kasus anak saya.
    Bisa jadi bukti deh rekaman CCTV-nya

    • Wahid Priyono 2:29 am 3 Desember 2020 Balas

      Wah pengalamannya keren sekali bu dian sebagai orang tua yang tentunya sangat peduli dengan tumbuh-kembang anaknya di sekolah. Bagus, ibu masih terus memantau anak-anak ibu selama di sekolah maupun di luar sekolah. CCTV memang bagus dan akurat serta bisa dijadikan alat bukti untuk mengungkap kasus-kasus kejahatan yang tak biasanya orang ketahui. Termasuk mengintai pelaku kejahatan atau kekerasan seksual berbasis gender. Thanks ya bu sudah sharing.

  • Nurhilmiyah 2:22 am 3 Desember 2020 Balas

    Penting juga ini ya Pak Guru, pemasangan CCTV di ruang kelas. Soalnya maklum juga kan ya SMK kebanyakan siswanya remaja laki-laki, tidak ada salahnya mengambil langkah antisipatif seperti ini. Btw, barusan nanya ke suami yg dulunya sekolah di SMK sebelum masuk fakultas teknik. Beliau bilang, gak juga ah… anak2 SMK baik2 kok, hahaha

    • Wahid Priyono 2:31 am 3 Desember 2020 Balas

      Iya langkah preventif memang selalu kami lakukan kepada siswa-siswi untuk menghindari mereka dari terjerumus perbuatan kriminal, bullying, kekerasan seksual dan sejenisnya. Salah satu upaya sekolah memasang CCTV di lingkungan sekolah tentu ini sebagai langkah preventif untuk hal-hal yang tidak kami inginkan. Sehingga para siswa/i akan senang belajar di sekolah dan mendapatkan kenyamanan.

  • Supadilah S.Si 5:36 am 3 Desember 2020 Balas

    Makin terjamin keamanan anak-anak Ya Pak guru dan begitu orangtua tak ragu lagi anaknya berada di sekolah

    • Wahid Priyono 6:12 am 3 Desember 2020 Balas

      Betul sekali pak guru padil. Anak2 juga butuh lingkungan belajar yg nyaman dan terbebas dari lingkungan yg tdk kondusif termasuk kriminal, bullying, kekerasan gender maupun kekerasan fisik. Dengan pemasangan CCTV di sekolah saya sangat berguna untuk anak2 agar terhindar dari kekerasan gender.

  • Fadli Hafizulhaq 10:46 am 3 Desember 2020 Balas

    Memang di masa SMA itu kenakalan remaja rentan terjadi Mas. Waktu saya SMA dulu, banyak kenakalan-kenakalan yang dilakukan para siswa, dan itu harus diawasi betul agar para peserta didik tidak salah melangkah

    • Wahid Priyono 11:57 am 3 Desember 2020 Balas

      Iya mas Fadli betul sekali, sebagai guru juga harus ikut serta membantu siswa agar tetap nyaman di sekolah, belajar tenang sehingga siswa bisa berprestasi. Saya juga sebagai guru juga ikut mengawasi gerak-gerik siswa/i dalam pergaulan di sekolah. Kami para dewan guru di sekolah juga berharap jangan sampai anak-anak salah pergaulan, atau berada pada titik dimana mereka mengalami kekerasan fisik, bullying, bahkan kekerasan dan pelecehan seksual.

  • Amel 2:29 pm 3 Desember 2020 Balas

    Kalau ada CCTV begini ngerasa aman ya. Soalnya kalau ada yang berniat tidak baik akan mikir2 lagi untuk melakukannya, bukti terpampang nyata.

    • Wahid Priyono 4:11 pm 3 Desember 2020 Balas

      Iya betul sekali kak Amel…CCTV bisa dijadikan alat bukti yg valid untuk seseorang yg melakukan aksi kejahatan, bullying, kekerasan dll. Efektif sekali jika sekolah punya CCTV yg dipasang pada spot2 yg cukup berpotensi untuk adanya prilaku tidak terpuji.

      • Aisyah Dian 7:14 am 7 Desember 2020 Balas

        Dengan adanya cctv begini sekolah menjadi tempat yang aman dan tenang buat proses belajar dan mengajar ya kak. Dimana kalau terjadi kenakalan bisa cepat diketahui oleh pihak sekolah, perilaku tidak terpujipun bisa dihindari

  • mutia ramadhani 8:05 am 4 Desember 2020 Balas

    Semoga semua sekolah memberlakukan hal serupa ya mas. Gak cuma pasang CCTV di gerbang dekat pos satpam aja. Hehehe.

  • Bang Doel 12:09 pm 4 Desember 2020 Balas

    Kekerasan berbasis gender memang bisa terjadi kapan aja ya, tapi paling tidak dengan adanya CCTV bisa memperkecil adanya peluang tindak kekerasan di sekolah.

    • Wahid Priyono 1:07 am 5 Desember 2020 Balas

      Setuju sekali bang Doel,,,memang benar bahwa sekolah kami terbantu dengan adanya CCTV yang terpasang di lingkungan sekolah, terlebih karena siswanya lumayan banyak jadi kalau gak dipasang CCTV maka guru sulit memantaunya. Dengan CCTV juga kami percaya bahwa kondisi sekolah akan lebih nyaman dan memudahkan dalam menguak kasus yang mungkin saja terjadi pada warga sekolah, termasuk guru, karyawan maupun siswa itu sendiri.

  • Sani 4:16 pm 4 Desember 2020 Balas

    Langkah tepat dan maju ya. Memang udah kebutuhan, apalagi kan siswa tu ramai. Kl diawasi hanya dengan mata guru dan penjaga sekolah ya kurang maksimal. Dengan adanya CCTV jadi lwbih terawasi dan jd lebih aman.

    • Wahid Priyono 1:09 am 5 Desember 2020 Balas

      Betul sekali kak Sani,,,memang benar bahwa sekolah kami terbantu dengan adanya CCTV yang terpasang di lingkungan sekolah, terlebih karena siswanya lumayan banyak jadi kalau gak dipasang CCTV maka guru sulit memantaunya. Dengan CCTV juga kami percaya bahwa kondisi sekolah akan lebih nyaman dan memudahkan dalam menguak kasus yang mungkin saja terjadi di lingkungan sekolah.

  • renov 1:12 am 5 Desember 2020 Balas

    Yang memantau CCTV itu Mom Rumina itu kah? Saya pikir dipantau oleh satpam sekolah mas.

    Selama ini pernah adakah laporan mengenai pelecehan seksual dari murid kah? Bagaimana dampaknya sesudah pemasangan CCTV ini?

    • Wahid Priyono 1:38 am 5 Desember 2020 Balas

      Di sekolah kami, kebijakan pemantau CCTV dilakukan oleh WAKA Kurikulum dan dibantu oleh guru piket pada jam pelajaran. Jadi tugas satpam melayani tamu yang hendak berkunjung ke sekolah.

      Justru pernah pihak sekolah yang melihat adanya kasus pelecehan gender (silakan tonton video yang saya upload di dalam artikel) yang dilakukan siswa laki-laki ke siswa perempuan. Namun, masalah ini sudah selesai dan ditempuh dengan jalan musyawarah antara pihak sekolah, orang tua dan murid. Ini terbukti dengan adanya CCTV yang merekam kejadian, jadi ada bukti yang kuat untuk menguak suatu peristiwa yang ada di sekolah.

  • Enny 1:56 am 5 Desember 2020 Balas

    Setuju banget ini. Harusnya semua sekolah memang dipasang CCTV. Sehingga jika ada kejadian yang merugikan siswa/guru, bisa langsung diselediki dan dicari tahu kebenarannya melalui CCTV`

    • Wahid Priyono 8:33 am 5 Desember 2020 Balas

      Iya betul kak Enny. Memang sekolah kami sudah memfasilitasi CCTV sebagai bagian dari pengamanan di lingkungan sekolah selain petugas satpam.

  • Helmiyatul Hidayati 2:41 am 5 Desember 2020 Balas

    Wah ada CCTV di SMK?? dulu pas aku sekolah sih nggak ada ya.. Apakah kasus kekerasan berbasis gender di SMK tersebut sering terjadi?? Tapi ga ada salahnya juga sih melakukan pencegahan yaa

    semoga anak-anak Indonesia bisa melalui masa pendidikan SMA nya dengan belajar yang baik dan aman..

    • Wahid Priyono 8:35 am 5 Desember 2020 Balas

      Ada dong kak CCTV di sekolah kami. Pernah si kak terjadi tindakan yg tdk diharapkan sekolah, dengan CCTV maka bisa dijadikan alat bukti untuk menyelesaikan masalah.

  • Nurhilmiyah 2:57 am 5 Desember 2020 Balas

    Pemasangan CCTV ini urgen sekali, meminimalisasi terjadi tindakan yg tidak diinginkan ya. tidak saja kekerasan gender, namun juga kejahatan2 biasa seperti mencuri, penganiayaan dan lain2

  • Bayu Fitri 3:37 am 5 Desember 2020 Balas

    Wah keren nih ya kak sekolahnya sudah melakukan pemantauan tingkah siswa siswi dengan cctv. Emang sih zaman now segala sesuatunya lebih mudah untuk diawasi apalgi dibantu perangkat teknologi. Semoga situasi sekolah nya aman terkendali ya kak.

    • Wahid Priyono 12:49 am 6 Desember 2020 Balas

      Iya betul kak, semakin banyak CCTV maka semakin bagus tuh kualitas sekolahnya, sebab memperhatikan kenyamanan yang ada di dalam lingkungan sekolah untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan.

  • wahyuindah 3:55 am 5 Desember 2020 Balas

    Judulnya panjang bangeeeeeetttt… hehe… emang penting pasang cctv biar ketahuan kalau ada tindakan kekerasan. bagus nih dan harus ada di tiap sekolah. biar aman dan nyaman

    • Wahid Priyono 12:51 am 6 Desember 2020 Balas

      Judul panjang yang penting gak klikbait kak πŸ™‚ hehe… iya kak betul, CCTV isitilah sebagai “mata pengintai” bagi semua gerak-gerik stake holder sekolah dalam melakukan sesuatu hal.

  • Damar Aisyah 4:00 am 5 Desember 2020 Balas

    Melihat pergaulan anak zaman now, sebagai orangtua saya sangat mendukung jika sekolah memasang CCTV. Sebenarnya ini nggak cuma untuk menghindari kemungkinan terjadinya pelecehan seksual, namun juga bullying yang belakangan makin mengkhawatirkan. Ya, pokoknya memang sekolah harus melakukan tindakan preventif karena keamanan siswa sepenuhnya menjadi tanggung jawab sekolah, ketika berada di lingkungan sekolah.

    • Wahid Priyono 12:55 am 6 Desember 2020 Balas

      Iya betul kak, memang tetap pergaulan siswa zaman now harus tetap dipantau baik oleh orang tua maupun guru di sekolah. Jangan sampai mereka anak-anak kita tersebut salah melangkah dan berada pada pergaulan bebas yang mengancam masa depan mereka. Nah, adanya CCTV di sekolah saya memang untuk mencegah dampak negatif dari kemungkinan adanya prilaku bullying di antara siswa/i di sekolah, juga mencegah perbuatan asusila yang mungkin saja bisa terjadi kapanpun tanpa sepengetahuan guru.

  • Wiwin | pratiwanggini.net 8:36 am 5 Desember 2020 Balas

    Betul, di sekolah-sekolah memang penting dipasang CCTV. Demi keamanan dan kenyamanan semua penghuni sekolah.

    • Wahid Priyono 11:56 am 7 Desember 2020 Balas

      Iya kak Wiwin, betul sekali, demi kenyamanan warga sekolah juga kan πŸ™‚ sip

  • Fachrur 9:07 am 5 Desember 2020 Balas

    Jaman dulu enak banget bisa bolos sekolah, bisa merokok, atau bisa melakukan hal yang dilarang sekolah. Sekarang dimana” sudah terpasang cctv hehe. Berkat adanya cctv lingkungan kelas dan sekolah merasa aman dan nyaman dari kasus bully

    • Wahid Priyono 12:00 pm 7 Desember 2020 Balas

      Saya dulu mah ngikut kata emak-bapak, kalo gak boleh bolos ya saya ikut apa kata ortu hehe… karena mereka yang nyekolahin saya. Nah, dulu waktu saya SMA memang belum ada dan belum tenar CCTV. Jadi kasus kenakalan belum semuanya terkuak. Nah, adanya CCTV saat ini yang dipasang di titik2 lokasi di sekolah ternyata manjur sekali untuk memantau seluruh aktivitas warga sekolah. Bahkan, di ruang karyawan juga bisa dipantau aktivitas dan kinerja mereka, kereeen euy jaman makin canggih πŸ™‚

  • elva s 2:54 am 6 Desember 2020 Balas

    Alhamdulillah ya kak,semoga dengan adanya pemasangan cctv disetiap titik rawan di sekolah dapat mengurangi tindak kekerasan pada siswa/siswi. Karena biasanya korban kekerasan akan menjadi trauma berkepanjangan

    • Wahid Priyono 3:09 am 8 Desember 2020 Balas

      Iya betul, terkadar korban kekerasan sering mengalami trauma bekepanjangan….jika tidak ditangani bisa berbahaya bagi perkembangan mental dan psikologi siswa. Mencegah lebih baik kak daripada mengobati.

  • Lidia 12:20 pm 6 Desember 2020 Balas

    Penting banget nih ya mas, banyak banget lho kadang kekerasan di lingkungan sekolah yang kadang tidak bisa terdeteksi. Bukan hanya dari guru atau petugas, terkadang antar sesama siswa pun terlewat. SMK Yadika ini tentu sudah tepat langkahnya.

    • Wahid Priyono 3:07 am 8 Desember 2020 Balas

      Iya makasih kak Lidia… πŸ™‚ setuju dengan tanggapan kakak

      • Lidia 11:36 pm 17 Desember 2020 Balas

        Mas Wahid waktu awal pemasangan CCTV di SMK Yadika Natar apakah ada kendala penolakan? di Sekolah SMA saya yang dulu sepertinya sudah mulai juga nih mas dipasang CCTV untuk menghindari kejadian yang tidak diinginkan.

        • Wahid Priyono 2:44 am 18 Desember 2020 Balas

          tidak ada penolakan semuanya mendukung πŸ™‚

  • Nanik Nara 2:11 am 7 Desember 2020 Balas

    Di kantor saya tahun ini juga di pasang CCTV di banyak titik. Untuk memastikan lingkungan aman dan memantai aktivitas karyawan juga di jam kerja

    • Wahid Priyono 3:12 am 8 Desember 2020 Balas

      setuju betul bu, bagus sekali idenya…. intinya semua demi kenyamanan bersama ya kan? πŸ™‚

  • Dyah ummu AuRa 2:59 am 8 Desember 2020 Balas

    Semoga makin banyak cctv yang ditambah biar tidak ada lagi kekerasan di lingkungan sekolah.

    Anehnya orang tuh kalau ada CCTV takut berbuat kekerasan dan kejahatan tapi kalau gak ada bebas aja padahal Allah Maha Melihat. Suka gemes deh.

    • Wahid Priyono 3:13 am 8 Desember 2020 Balas

      hahahaha, iya bunda Dyah…padahal ada Allah yg selalu mengawasi ya….manusia memang seperti ini πŸ™‚

  • Shafira - ceritamamah.com 3:25 pm 8 Desember 2020 Balas

    wah benar banget cctv berguna untuk merekam semua lingkungan aman dan aktivitas yang mecurigakan ya ka wahid.

    • Wahid Priyono 1:32 am 9 Desember 2020 Balas

      Iya betul sekali kak πŸ™‚ CCTV memang ampuh untuk memata-matai oknum tertentu ya kak, hehe…

  • Triyatni 12:36 am 10 Desember 2020 Balas

    Sepakat dengan penggunaan CCTV di sekolah-sekolah. Bukan hanya kekerasan gender yang bisa dicegah atau diminimalisir, tapi juga beberapa bentuk2 kesempatan kejahatan lainnya.

    • Wahid Priyono 1:39 am 10 Desember 2020 Balas

      Iya betul kak Triyatni… kejahatan bisa saja terjadi dimana saja tanpa kita ketahui. Mencegah aksi kejahatan apalagi di lingkungan pendidikan juga perlu dengan pemasangan CCTV.

  • Linimasaade 2:41 am 10 Desember 2020 Balas

    Ngeri banget ya kekerasan gender ini. Sama-sama kita mensosialisasikan kekerasan gender.

  • Kangamir.com 11:02 pm 15 Desember 2020 Balas

    Wah ini ide yang bagus dan layak ditiru sekolah lain untuk terciptanya keamanan di lingkungan sekolah. Baru denger sih ada kayak gini di sekolah.

  • Arai Amelya 4:31 am 16 Desember 2020 Balas

    Kayaknya sekolah-sekolah masa kini udah pada pake CCTV sih ya. Sekolah adik saya yang SMK juga udah ada, terutama di sudut2 mati yang rawan aksi pelecehan. Karena emang bener kata Bang Napi, kejahatan terjadi itu juga krn ada kesempatan. Dengan CCTV gini, jadi meminimalisir peluang pelecehan, dukung!

  • Jihan 5:00 pm 18 Desember 2020 Balas

    Duh andai dulu di sekolahku ada cctv juga. pasti ngga ada tuh namanya bullying di lingkungan sekolah. Suasana sekolah juga jadi lebih aman, minim pelecehan jugaaaa.

  • Hanat Futuh Nihayah 4:04 am 3 Januari 2021 Balas

    Di beberapa sekolah yang ada di daerah aku, nggak semua ada CCTVnya mas Wahid. Hanya sekolah-sekolah tertentu saja. Padahal ya benar banget, adanya CCTV di lingkungan sekolah bisa mencegah tindak kekerasan di lingkungan sekolah. Tulisan ini harus banget nih dibaca sama warga sekolah khususnya bagian kesiswaan biar bisa mengadakan CCTV supaya meningkatkan keamanan di lingkungan sekolah.

Write a comment