Wahid Priyono

Blogger

Web Designer

Freelancer

Teacher

Writer

Content Creator

Badminton Lovers

Wahid Priyono

Blogger

Web Designer

Freelancer

Teacher

Writer

Content Creator

Badminton Lovers

#BlogPost

Mencari Cuan dengan Berbisnis Online Bibit Tanaman Buah dan Bunga di Tengah Pandemi

30 November 2020 Lomba Blog
Mencari Cuan dengan Berbisnis Online Bibit Tanaman Buah dan Bunga di Tengah Pandemi

Di tengah pandemi covid-19 saat ini, banyak orang yang hidupnya susah, apalagi yang ekonominya kelas ke bawah. Cari kerjaan susah. Cari sesuap nasi juga belum tentu mudah, karena gejolak ekonomi saat ini belum stabil sehingga butuh ide untuk menjalankan bisnis apa saja yang penting hidup bisa makan.

Saat pandemi ini, saya yang bekerja sebagai guru juga ikut terkena imbasnya. Gaji bulanan yang semakin berkurang karena siswa di rumahkan, maka mau tidak mau saya harus “putar otak” untuk mencari cara agar saya bisa bertahan hidup, yaitu dengan berbisnis kecil-kecilan.

Saya mencoba bisnis kecil-kecilan, ya semacam UMKM gitu. Jadi saya bisnis bibit tanaman buah. Bahkan, saya juga menyediakan bibit tanaman hias yang sedang musim di kalangan emak-emak se-tanah air karena di sela-sela pandemi ini umumnya mereka senang berkebun untuk menghilangkan jenuh di rumah/tempat tempat kerja.

tanaman bibit aglonema yang saya jual ke pelanggan

Bibit tanaman buah yang saya jual misalnya ada bibit mangga, alpukat, rambutan, jambu kristal, jambu jamaika, belimbing, lemon, jeruk purut, jambu air, duku, sawo manila, dan lain sebagainya. Sementara bibit-bibit bunga yang sedang saya jual yang paling trending adalah bunga agloanema/aglonema.

Ya walaupun bisnis kecil-kecilan, tapi hasilnya lumayanlah untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari. Bayangkan, jika saya tidak ada penghasilan tambahan maka mau makan apa coba?

Nah, selain jualan bibit tanaman buah dan tanaman hias secara offline, saya juga menjual bibit tanaman tersebut secara online dengan membangun website bisnis (toko online).

Toko online saya adalah https://toko.tipspetani.com/. Di toko tersebut banyak sekali bibit-bibit tanaman yang saya jual dan siap antar melalui jasa pengiriman barang se-tanah air. Jadi bibit yang dipesan akan saya packing lalu dikirim ke alamat pemesan dengan kondisi baik tentunya.

toko online bibit tanaman yang saya kelola

Bahkan, jika ada warga yang pesan bibit saya pun tidak malu untuk mengantarkan pesanan mereka, yakni biasanya dengan COD atau langsung ke rumah mereka.

Dan dari toko offline dan online inilah saya menampung rezeki sedikit-sedikit yang penting saya bisa hidup berkah.

Saatnya Bisnis UMKM Go Online dengan Sahabathosting.com

Nah, di tengah pandemi ini, untuk mempermudah jualan offline, maka jangan melupakan juga jualan secara online, baik dengan cara menjualnya ke sosial media, dan yang terpenting bisnis harus dionlinekan dengan membangun website tentunya.

Satu hal yang saya suka dengan membangun toko online berbasis website, maka katalog produk yang saya jual bisa dikenal oleh banyak orang dengan mudah. Istilahnya go online gitu. Sehingga dunia luar tahu keberadaan toko yang saya bangun. Dan pada akhirnya, saya akan memperoleh banyak cuan saat pandemi ini karena cukup lumayan orang yang order melalui website toko online saya tersebut.

Dan karena saya sudah membangun toko online berbasis website untuk jualan bibit, maka bagi teman-teman yang ingin membangun bisnis saat pandemi seperti saya ini, juga bisa pakai jasa layanan hosting murah dari sahabat hosting yang harganya cukup bersahabat. Sehingga nantinya teman-teman punya nama domain khusus+hosting yang mumpuni untuk menyimpan database penjualan produk. Contoh nama domain misalnya https://jualanbibitaglonema.com/ karena si pelaku bisnis akan berjualan bibit aglonema. Pembuatan nama domain tersebut tentunya disesuaikan dengan nama toko atau jenis bibit yang mau dijual. Jadi bebas saja sih sesuai keinginan yang punya bisnis.

Jadi, untuk membuat website toko online teman-teman juga bisa memilih beberapa paket hemat dari sahabat hosting seperti:

  • Starter, mulai dari Rp.16.000/bulan dengan spesifikasi yang didapat adalah 1 website, 750MB storage, Unlimited bandwidth, Unlimited Database, SSL Gratis Selamanya;
  • Advance, mulai dari Rp.32.000/bulan dengan spesifikasi yang didapat unlimited website, 2GB storage, Unlimited bandwidth, Unlimited Database, SSL Gratis Selamanya, gratis domain;
  • Super, mulai dari Rp.68.000/bulan dengan spesifikasi yang didapat adalah 1 website, 5GB storage, Unlimited bandwidth, Unlimited Database, SSL Gratis Selamanya, gratis domain;
  • Enterprise, mulai dari Rp.112.000/bulan dengan spesifikasi yang didapat adalah 1 website, 12GB storage, Unlimited bandwidth, Unlimited Database, SSL Gratis Selamanya, gratis domain;
  • Ada juga paket could hosting dengan kapasitas yang lebih cepat dan stabil untuk kebutuhan bisnis teman-teman semuanya.

Nah, begitu murah sekali kan paket-paket hosting yang ditawarkan oleh sahabathosting.com di atas?. Jadi tidak usah ragu dan mikir-mikir lagi untuk segera meng-onlinekan bisnis teman-teman dengan mendaftarkan nama domain dan hosting di sahabat hosting.

Oya kalo teman-teman pelaku bisnis (UMKM) masih bingung mau buat toko online/website, maka teman-teman bisa memesan jasa pembuatan “website design” dari tim sahabat hosting karena desain yang mereka buat sangat profesional dengan harga murah dan terjangkau.

*Sumber referensi logo dan materi pendukung dari situs sahabathosting.com.

64 Comments
  • Avatar
    Sani 2:35 pm 6 Desember 2020 Balas

    Sahabat hosting bisa jadi sahabat usaha kita ya hehe. Saya minat juga nih buat usaha istri jualan makanan 😀

    • Wahid Priyono
      Wahid Priyono 3:09 pm 6 Desember 2020 Balas

      Iya kak, silakan bisa dicoba kak beli domain dan hosting di sahabat hosting. Rekomended untuk membuat website toko online bisnis rumahan juga oke kok 🙂

  • Avatar
    Iim Rohimah 8:11 pm 6 Desember 2020 Balas

    Sekarang masa yang serba online memang. Tanaman dan buah juga dijulal secara online. Saya sendiri lebih suka beli secara daring untuk mencegah interaksi berlebih dengan banyak orang. Kebutuhan pelanggan seperti saya makin menguntungkan buat yang mau bisnis bibit tanaman dan bunga saat ini.

    • Wahid Priyono
      Wahid Priyono 12:37 am 7 Desember 2020 Balas

      Iya semuanya serba online, karena sekarang sudah era digital, semua bisa dipesan hanya pake hape dan akan tentunya bisnis dengan memanfaatkan sarana digital akan sangat mudah menjaring orang untuk membeli asalkan tahu tipsnya.

  • Avatar
    mutia ramadhani 3:22 am 7 Desember 2020 Balas

    Alhamdulillah ya, banyak pintu rezeki terbuka dengan bisnis online bibit tanaman buah dan bunga ini. Memang kalo mikirnya kreatif mah gak perlu takut krisis.

    • Wahid Priyono
      Wahid Priyono 11:47 am 7 Desember 2020 Balas

      Iya betul kak. Menurutku bisnis di tengah pandemi ini harus berpikir out of the box, jadi bisa mencari peluang apa saja yang penting menghasilkan. Dituntut inovasi juga sih 🙂

  • Avatar
    Dian Restu Agustina 3:29 am 7 Desember 2020 Balas

    Semoga sukses usaha bibit tanamannya ya Mas…Lagi happening nih dimana-mana
    Semoga lancar jaya didukung Sahabat Hosting yang membantu UMKM dengan mudah lewat pembuatan website/toko online

  • Avatar
    BayuFitri 3:56 am 7 Desember 2020 Balas

    Wah keren ya jual tanaman juga bisa secara online jadi kepikiran mau jual tanaman lidah buaya juga secara online. Btw paket hosting di sahabat hostimg sangat terjangkau ya ..jadi ingin gunakan juga mkasih infonya

    • Avatar
      BayuFitri 4:18 pm 20 Desember 2020 Balas

      Jual tananman hias online sedang trend nih dimana2 semoga sukses dan laris usahanya

  • Avatar
    Jihan 7:56 am 7 Desember 2020 Balas

    Kalau ngga dibikin online tuh bisa aja sebnernya tapi ngga akan berkembang, karena udah jadi tuntutan zaman jg yaa mas.

    • Wahid Priyono
      Wahid Priyono 10:31 am 21 Desember 2020 Balas

      Betul mas, bisnis/usaha harus dionlinekan dengan website supaya biar cepat terkenal dan memudahkan calon klient untuk membeli lebih mudah.

  • Avatar
    Fachrur 10:14 am 7 Desember 2020 Balas

    Dengan mencari cuan di online diharapkan bisa mandiri dan tetap mencari cuan di saat pandemi, apalagi sedang viral untuk mencari tanaman hehe pasti seru banget. Pokoknya yang hobi menanam memiliki jiwa peka terhadap lingkungan

    • Wahid Priyono
      Wahid Priyono 10:32 am 21 Desember 2020 Balas

      nah, setuju peka terhadap lingkungan itu yang harus ada pada diri setiap orang kak 🙂

  • Avatar
    Rini Novita Sari 12:21 pm 7 Desember 2020 Balas

    skrg bunga, tanaman jadi bahan yang ciamik bgt buat dijual ya mas,
    temenku juga pada jualan tanaman, aku srg beli yang sukulen, kaktus itu loh

    emang lagi hits bgt, ini hal viral yang positif sih
    jadi byk yg suka bercocok tanam
    , semoga brtahan lama ni org2 pada suka tanaman

    • Wahid Priyono
      Wahid Priyono 10:33 am 21 Desember 2020 Balas

      Betul kak, sekarang memang lagi naik daun kebiasan bercocoktanam ini 🙂 mantap deh…

  • Avatar
    Susindra 9:25 am 9 Desember 2020 Balas

    Paket yang ditawarkan sangat menarik nih, Dan terjangkau, ya. Memang UKM itu sangat butuh di-online-kan. Agar kesempatan maju makin banyak

    • Wahid Priyono
      Wahid Priyono 9:56 am 9 Desember 2020 Balas

      Iya betul sekali….pelaku UKM/UMKM harus go digital dan harus mengikuti perkembangan zaman supaya tidak tertinggal, sehingga akan lebih mudah dalam mempromosikan bisnis dan mudah dikenal orang.. 🙂

  • Avatar
    Tami 1:25 am 10 Desember 2020 Balas

    Pandemi menghadirkan banyak peluang, tergantung bagaimana kita menangkapnya. Semangat ka!

    • Wahid Priyono
      Wahid Priyono 1:35 am 10 Desember 2020 Balas

      Iya betul kak, yang penting ada kemauan untuk berbenah dan mencari peluang yang ada di sekitar. Usaha apa aja dilakoni asal bisa menghasilkan ya kan… 🙂

  • Avatar
    Fadli Hafizulhaq 4:18 am 10 Desember 2020 Balas

    Wah, saya juga sedang hobi-hobinya dengan tanaman hias nih mas, tepatnya tanaman kaktus. Setelah browsing sana-sini, potensi ekonominya cukup besar. Sepertinya saya perlu membuat websitenya juga kapan2.

    • Wahid Priyono
      Wahid Priyono 5:23 am 10 Desember 2020 Balas

      oke mas fadli…betul sekali, pelaku bisnis saat ini memang harus punya website untuk mempromosikan produk mereka. Nah, kalo belum punya web, bisnis mas fadli boleh coba beli domain dan hostingnya ke “sahabathosting.com” sehingga semua orang bisa dengan mudah melihat katalog dan produk2 yang dijual.

  • Avatar
    wahyuindah 8:51 am 10 Desember 2020 Balas

    wah asyik nih kak. jualan bibit. suami saya suka hidroponik. ada bibit hidroponik jug gak? hehe

    • Wahid Priyono
      Wahid Priyono 9:35 am 10 Desember 2020 Balas

      Wah saya gak jual mbak klo yg bibit hodroponik. Kalo bibit tanaman buah dan bunga terutama aglonema insya allah ada, karena saat ini sedang fokus mengelola bisnis yang ini 🙂

  • Avatar
    Bang Doel 5:15 am 17 Desember 2020 Balas

    Cuan memang banyak sumbernya ya, bahkan dari bibit tanaman yang mungkin buat orang desa kayak saya mudah didapatkan tanpa harus membeli. Keberadaan internet memang cukup membantu, asal pemilihan hosting dan manajemen kontennya bagus.

  • Avatar
    mutia ramadhani 3:04 am 18 Desember 2020 Balas

    Wow Mas Wahid usahanya, masya Allah. Bibit tanaman buahnya banyak banget variasinya mas. Semoga laris manis dan berkah ya mas.

    • Wahid Priyono
      Wahid Priyono 11:11 am 18 Desember 2020 Balas

      Insya allah mbak aamiin..thanks ya mbak Mutie 🙂

  • Avatar
    Putu Sukartini 8:54 am 18 Desember 2020 Balas

    Wah keren ini. Saya jadi naksir aglonemanya juga. Sepertinya jenis yang ada di digambar itu saya belum punya deh
    Oh ya, saya juga pengen banyakin tabulampot nih mas, nanti kalau butuh bibit saya hubungi ya. Semoga sukses selalu usahanya

    • Wahid Priyono
      Wahid Priyono 11:07 am 18 Desember 2020 Balas

      oke ditunggu ya mbak…mau beli bibit tanaman buah juga boleh kok 🙂 selalu ready..

  • Avatar
    Nurhilmiyah 10:38 am 18 Desember 2020 Balas

    Wah, jeli menangkap peluang ya Mas Wahid… tauu aja orang2 zaman now sedang hype sama bunga. Palagi tanaman yg lagi viral itu lho, Janda Bolong. Bener itu promosinya di dunia maya, disupport Sahabat Hosting ya

    • Wahid Priyono
      Wahid Priyono 11:08 am 18 Desember 2020 Balas

      Lucu aja ya nama2 bunga zamn now, apalagi ada yang namanya “janda Bolong” haha 🙂 ada2 aja

  • Avatar
    dolandigital 4:36 pm 18 Desember 2020 Balas

    lagi hits tanaman hias ya, aku masih wandering gimana kirim tanaman via ekspedisi, karena kan ini benda hidup ya takutnya rusak or gimana

    • Wahid Priyono
      Wahid Priyono 5:35 pm 18 Desember 2020 Balas

      Iya betul kak lagi musim tanaman hias. Bibit tanaman juga lagi trending…. nah, kalo udah biasa maketin bibit insya allah ada caranya kak biar bibit gak kering di perjalanan. Ya kita garansi juga bagi pembeli.

  • Avatar
    Shyntako 2:03 am 19 Desember 2020 Balas

    Di masa pandemi gini, bisnis online memang jadi booming banget ya, termasuk bisnis tanaman hias dan buah banyak banget dijual online jadi butuh dukungan hosting web yang oke nih

  • Avatar
    Dian Restu Agustina 2:34 am 19 Desember 2020 Balas

    Semoga sukses untuk bisnis tanaman online-nya ya, Mas..semoga laris dan lancar rezekinya
    Oh ya, Sahabat Hosting ini terjangkau dan lengkap ya layanannya , ada juga jasa pembuatan website design dari sahabat hosting dengan desain yang sangat profesional dengan harga murah dan terjangkau.

  • Avatar
    Icha Marina Elliza 2:35 am 19 Desember 2020 Balas

    Pandemi ini banyak membuat beberapa hobi kembali terkuak ya mas. Salah satunya ya bertanam. Imbasnya banyak ditawarkan jenis tanaman yang unik dan menghasilkan cuan. Gak akan dilupa bagaimana tumbuhan janda bolong bisa menembus angka jutaan ya..

    • Wahid Priyono
      Wahid Priyono 11:52 am 19 Desember 2020 Balas

      iya betul sekali kak Icha 🙂 karena bertanam juga bisa ngilangin boring selama pandemi 🙂

  • Avatar
    Wiwin | Pratiwanggini.Net 4:58 am 19 Desember 2020 Balas

    Di masa pandemi ini memang harus berani kreatif agar bisa tetap eksis berpenghasilan. Memulai dari hobi memang yang paling mudah.

    • Wahid Priyono
      Wahid Priyono 11:51 am 19 Desember 2020 Balas

      setuju sekali kak, hobi yang dibayar ya kan? 🙂

  • Avatar
    Nufazee 11:22 am 19 Desember 2020 Balas

    Murah bangeeet paket starter nyaaa, mmg utk bisnis sekarang keberadaan situs atau website usaha yang dimiliki sangat penting, sukses usahanya ya Mas

  • Avatar
    Tami 2:32 am 20 Desember 2020 Balas

    Memiliki website untuk jualan juga menambah kepercayaan calon pembeli ya kak. Tapi memang harus dipikirkan juga biaya operasionalnya. Jasa pembuatan website di Sahabat Hosting sendiri ternyata menawarkan harga yang terjangkau.

    • Wahid Priyono
      Wahid Priyono 10:30 am 21 Desember 2020 Balas

      Iya kak, betul,,,sangat terjangkau sekali biaya beli domain dan hosting di sahabathosting.com . Jadi siapapun pelaku usaha bisa memanfaatkan layanan di sahabathosting untuk keperluan bisnis dan brand engengement

  • Avatar
    Fadli Hafizulhaq 7:24 am 20 Desember 2020 Balas

    Memang lagi hits bisnis tanaman hias ini ya Mas. Saya kemarin ini pergi ke luar kota, sepanjang jalan ada saja yang jual tanaman bunga. Jadi senang lihatnya. Langkah online yang mas pilih juga sangat potensial memperluas jangkauan pasar.

    • Wahid Priyono
      Wahid Priyono 10:29 am 21 Desember 2020 Balas

      Wah thanks mas, betul sekali mas, sekarang bisnis tanaman hias dan tanaman bibit buah sedang naik daun. Yang setidaknya membantu para pelaku UMKM di daerah untuk bisa bertahan di tengah pandemi….membantu perekonomian rakyat kecil.

  • Avatar
    Fionaz 3:08 am 21 Desember 2020 Balas

    Bareng Sahabat Hosting bisa banget buat ide bisnis saat pandemi kayak gini, karena semua bisa di-online-kan jadi bakal memudahkan pembeli juga nantinya dan nggak perlu repot keluar rumah

  • Avatar
    Arai Amelya 9:49 am 21 Desember 2020 Balas

    Pak Wahid jagoan banget lihat peluang bisnis. Tanaman hias kan lagi hits banget. Ibu saya ada tuh di rumah, dan kalau udah gardening, lupa waktu mkwkwkw.

    • Wahid Priyono
      Wahid Priyono 10:24 am 21 Desember 2020 Balas

      Hahaha, ada2 aja ya kak kelakuan ibumu hehe, sudah hobi tanaman kalik ya nyampe lupa waktu gitu 😀

  • Avatar
    wahyuindah 1:13 pm 24 Desember 2020 Balas

    suka berkebun ya kak. sama, suamiku juga suka berkebun. catat ya, suamiku yang suka berkebun. akunya bagian nemenin aja sama motion tanamannya. wkwkwwkk… kreatif kak bisa hasilin duit dari hobi. sahabat hosting pilihan tepat ya. semangat

    • Wahid Priyono
      Wahid Priyono 12:55 am 27 Desember 2020 Balas

      Suka banget kak…berkebun juga jadi self healing lho 😊

  • Avatar
    Masruhin 11:01 pm 28 Desember 2020 Balas

    Kisahnya inspiratif. Pengen punya toko offline maupun online blm kesampaian. Masih wacana. Belum Nemu apa yg bisa dijual offline dan juga online

  • Avatar
    Kangamir.com 2:04 am 1 Januari 2021 Balas

    Aglonema itu kalau di Jawa juga lagi rame. Banyak yang jual dan harga lumayan. Entah besok kalau mungkin sudah gak populer.

  • Avatar
    Amel 2:59 am 1 Januari 2021 Balas

    Mas Wahid, berarti kalau aq mau beli bibit hubungin mas aja langsung ya.. apa bisa dipesan antarpulau? Karena dipromokan online begini, jadi bisa lebih luas ya jangkauannya.

  • Avatar
    Bang Doel 3:38 am 2 Januari 2021 Balas

    Di masa pandemi ini memang lagi banyak orang yang mendadak hobi menanam, mas. Makanya bisnis jual bibit tanaman di masa pandemi begini memang lumayan prospektif. Semoga sukses terus ya.

  • Avatar
    jihan fauziah 3:17 pm 4 Januari 2021 Balas

    Tanaman di kala pandemi jadi hiburan menarik tersendiri ya… apalagi kalau tanamannya cantik-cantik… beruntung sekarang kita bisa jualan nggak hanya offline tapi juga online. Dibantu sahabat hosting pastinya bakal lebih cuan

  • Avatar
    Merida 7:41 pm 4 Januari 2021 Balas

    Setuju banget iniiii. Aku pun ikutan jualan bunga ini sekarang. Cuannya bikin nagih, bok. Tapi aku masih jualan offline aja, belum nyobain yang onlinenya.

  • Avatar
    elva s 7:51 am 5 Januari 2021 Balas

    Baru beberapa hari yang lalu berdiskusi sama adik perempuanku, kalau sekarang lagi musim bercocok tanam.
    Hal ini lah yang membuat para pencari cuan mengambil peluang tuk berjualan tanaman buah ataupun tanaman lain.

    Dan akhir akhir ini disepanjang pinggiran jalan,berjejer pot bunga ataupun bibit yang akan dijual nantinya, sangat menguntungkan memang. Apalagi sekarang lagi booming tanaman berjenis daun talas

  • Avatar
    Andayani Rhani 5:38 pm 5 Januari 2021 Balas

    kebetulan banget kemarin baru saja bahas bisnis tanaman aglonema sama salah satu rekan di kelas. ternyata di tengah pandemi ini tetap membawa berkah bagi sebagian orang ya khususnya yang hobi bercocok tanam

  • Avatar
    pringadi 3:17 pm 6 Januari 2021 Balas

    selama pandemi ini aku sudah sering banget beli bibit bunga dan buah
    kirim ke kampung ditanam di ladang
    kalau di rumah sini ada jeruk, anggur, strawberi

Write a comment