Wahid Priyono

Bloger

Web Designer

Influencer

Freelancer

Teacher

Writer

Content Creator

Badminton Lovers

Wahid Priyono

Bloger

Web Designer

Influencer

Freelancer

Teacher

Writer

Content Creator

Badminton Lovers

#BlogPost

Milenial dan Gen-Z Wajib Tahu Pentingnya Investasi Saham Agar Masa Depan Tidak Suram

31 Mei 2022 Bisnis Online

Mendengar istilah Investasi Saham? bagi saya yang tinggal di kampung jujur saja masih awam dalam pelaksanaannya. Literasi keuangan saya juga mungkin masih rendah sehingga harus lebih melek akan hal ini. Saya tahu, perkembangan teknologi digital saat ini memungkinkan investasi yang dulu dilakukan secara luring (luar jaringan), kini sudah berbasis daring (dalam jaringan) yang sifatnya sudah terintegrasi dengan teknologi digital yang canggih.

Sumber gambar: https://sfsekuritas.co.id/

Saya memang akhir-akhir ini pengen banget investasi saham secara online setelah sudah mencoba investasi secara luring. Kata teman saya yang main saham bahwa ada banyak manfaat investasi saham online yang akan saya bahas pada pembahasan berikut ini:

1. Modal Kecil dengan Cuan Besar

Investasi apapun jenisnya memang ada risikonya, tapi kalau tidak mau mencoba kata temen saya ya kapan lagi kita bisa tahu dan pastinya gak bakalan dapat pengalaman kalau gak mau nyoba. Saya pernah tanya, cara investasi saham itu gimana? lalu teman saya menjawab: “Investasi saham itu ya yang langsung dikerjain“.

"Investasi saham itu ya yang langsung dikerjain"

Investasi saham ini memang kata teman saya modalnya kecil dan bisa dapat cuan lebih banyak, cukup menarik bukan?

2. Fleksibel Tanpa Terikat Waktu

Dalam melakukan Investasi Saham, pastinya kita tidak terikat waktu dengan ketat layaknya kita bekerja di kantoran. Semuanya serba fleksibel dan pastinya bisa kita jadikan pekerjaan sampingan sembari mengurus pekerjaan utama sesuai dengan bidang profesi kita.

Kita cukup memantau pergerakan transaksi saham di bursa efek hanya dengan melihat monitor komputer/perangkat gawai berupa hape smartphone yang kita miliki dengan syarat telah terkoneksi internet.

Sumber gambar: https://sfsekuritas.co.id/

3. Pajak Investasi Saham Lebih Kecil

Dari kebanyakan investasi saham yang saya peroleh informasinya dari teman saya yang sering melakukan investasi saham online, bahwa kecil sekali biaya pajaknya, palingan cuma sekitar 0,1% dari tiap keuntungan yang didapat. Tidak besar bukan?

4. Kenaikan Margin Laba Signifikan

Manfaat investasi saham yaitu kenaikan margin keuntungan relatif meningkat secara signifikan, serta bisa terus cuan dari periode satu ke periode berikutnya.

5. Aman, Nyaman, dan Transparan

Sebelum kita Main Saham, maka sebaiknya mencari tahu terlebih dahulu apakah tempat/media yang hendak dijadikan wadah untuk berinvestasi saham itu aman, nyaman dan transparan? Jika sudah memenuhi kriteria ini, berarti kita sudah tidak perlu ragu lagi untuk langsung eksekusi.

Nyaman dalam hal transaksi keuangan untuk saham yang kita gerakan adalah hal penting supaya tidak terjadi hal lain yang meresahkan atau merugikan kita baik untuk saat ini maupun di masa depan. Selain itu, media/wadah tempat kita menaruh saham apabila transparan maka ini akan menjamin semua data-data dan transaksi keuangan yang ada di bursa saham dapat dipertanggungjawabkan baik oleh pihak pertama, pihak kedua, maupun pihak ketiga.

Sumber gambar: https://sfsekuritas.co.id/

Investasi saham secara online penting kita pelajari bersama di era digital saat ini. Sebagai bahan untuk belajar menanam saham online khususnya untuk saya dan teman-teman remaja milenial dan gen-Z haruslah sudah terdaftar resmi di Otoritas Jasa Keuangan (OJK) karena pastinya selain dapat keuntungan/cuan, kita juga bisa meningkatkan literasi keuangan, serta bisa belajar investasi saham secara tipis-tipis tapi berprogres positif ke depannya.

Taggs:
31 Comments
  • Hendra 7:22 am 3 Juni 2022 Balas

    Saya masih sebatas wacana saja untuk investasi saham. Apalagi literasi soal saham sangat minim, jadi ragu untuk memulainya.

    Baru tau juga kalo pajak yang dibebankan dalam investasi saham itu sangat kecil. Namun mungkin suatu saat bakal dinaikkan sama Pemerintah nih, hehehe…

    • Wahid Priyono 8:02 pm 3 Juni 2022 Balas

      Yups, walau saat ini mas Hendra masih sekedar wacana dan masih belum siap tuk investasi saham, maka semoga ke depannya bisa mencoba investasi saham, pelan-pelan sambil belajar investasi saham gpp mas. Sukses terus untuk masnya. Aamiin.

      • Yuni Bint Saniro 7:52 am 4 Juni 2022 Balas

        Yang membuat kita tertarik tu karena keuntungan dari investasi saham tu nggak sedikit. Trendnya gedhe. Cuma ya gitu. Katanya resikonya juga gedhe. Makanya ada yang tertarik tapi nggak mau dengan resiko. Sehingga kadang kala saham ini nggak jadi pilihan. Padahal ya itu. Kalau kita mau belajar ya bisa jadi mudah. Kita bisa investasi saham secara online. Kayak memanfaatkan Sfast misalnya.

        • Wahid Priyono 7:33 pm 4 Juni 2022 Balas

          Yups betul kak, setiap orang yang ingin tanam saham pasti ada risikonya, tapi kalo gak dicoba ya mana tahu. Hehe… dicoba dulu kan biar sekalian belajar dan cari pengalaman. Yups, sekarang bener kak sudah ada SFAST yang mewadahi semua orang untuk investasi saham dengan mudah secara online.

    • Rizky Kurnia Rahman 3:34 pm 4 Juni 2022 Balas

      Masih banyak orang belum paham tentang investasi saham. Dalam pikiran mereka, investasi ini termasuk judi. Padahal beda sekali, lah.

      • Wahid Priyono 7:28 pm 4 Juni 2022 Balas

        Betul kak, investasi saham ini bukan sesuatu hal yang mengarah kepada judi. Investasi kan itu tujuannya bagus untuk menyiapkan dana/tanam dana serupa dalam skala/jangka panjang.

  • fionaz isza 7:36 pm 3 Juni 2022 Balas

    investasi saham saat ini emang banyak digemari mas, aq sendiri juga tertarik dan sedang cari info sebanyak-banyaknya tentang investasi saham untuk pemula

    • Wahid Priyono 7:59 pm 3 Juni 2022 Balas

      Yups betul kak Denise, investasi itu penting ternyata untuk hari tua. Investasi tanah juga bagus. Kalo bisa investasi saham ya juga bagus. Semuanya harus dicoba sih. Saya juga masih belajar investasi saham.

    • Supadilah 7:04 pm 4 Juni 2022 Balas

      Harus melek saham juga y Mas. Sebagai salah satu jalan dapat cuan. Apalagi ada yang investasi saham onlinenya. Jadi lebih memudahkan

      • Wahid Priyono 7:26 pm 4 Juni 2022 Balas

        Yups, betul banget mas Supadilah, monggo dicoba saham dari SFAST yang rekomended banget.

    • iputpj 7:01 am 5 Juni 2022 Balas

      Bagus banget ulasannya , makin semangat belajar tentang saham ya . Dan kayanya harus lekas praktek langsung biar makin paham teorinya

      • Wahid Priyono 10:54 am 5 Juni 2022 Balas

        Iya betul sekali kak Iput, kalo tertarik pengen investasi saham emang harus langsung eksekusi, jadi gak cuma kebanyakan teori. Ya saya juga masih belajar dikit2 invest saham.

      • Wahid Priyono 8:20 pm 7 Juni 2022 Balas

        Betul kak iput harus langsung eksekusi.

  • Iim Rohimah 11:18 pm 3 Juni 2022 Balas

    Mulai tahu tentang investasi saham belakangan ini. Ternyata tidak seberat yang dibayangkan dahulu kala. Berkat kemajuan zaman, investasi saham jadi lebih terjangkau berbagai kalangan.

    • Wahid Priyono 7:31 pm 4 Juni 2022 Balas

      Yups, betul sekali kak Iim, sekarang sudah zaman digital, jadi investasi saham semakin mudah hanya dari genggaman saja. Bahkan orang2 luar negeri sudah banyak yang tanam saham jauh sebelum Indonesia mengenal apa itu investasi saham. Nah, sekarang tugas besar kita bersama adalah mengajak kaum milenial dan gen-Z agar mereka mulai menabung dan investasi saham demi kehidupan ke depan yang lebih bagus. Karena investasi saham ini bisa untuk jangka panjang.

  • Susindra 12:22 pm 4 Juni 2022 Balas

    Benar juga. Kalau Gen Z tahu tentang investasi saham, mereka akan lebih baik dalam mengelola uang jajan mereka. Anak-anak Gen Z ini sangat suka beli makanan enak, yang sebenarnya amat sangat disayangkan. Sebagai guru, Mas Wahid pasti memperhatikan hal ini.

    • Wahid Priyono 7:29 pm 4 Juni 2022 Balas

      Yups betul sekali kak Susindra, memang penting sekali generasi milenial ini lebih menahan “jajan melulu”, ya setidaknya mereka juga penting untuk menabung dan juga melakukan “investasi” apapun itu bentuknya, termasuk investasi saham ini penting banget lho. Apalagi sudah ada SFAST yang bisa dijadikan tempat untuk berinvestasi yang aman dan nyaman, pastinya bisa cuan secara berkala.

  • kaka-store 7:42 pm 4 Juni 2022 Balas

    Investasi dalam bentuk saham memang membutuhkan pengetahuan mumpuni agar mengetahui lengkap

    • Wahid Priyono 10:52 am 5 Juni 2022 Balas

      Betul kak, investasi saham juga perlu dipelajari lebih dalam baik oleh beginer maupun yang sudah profesional, sebab trendnya terus berkembang dari waktu ke waktu.

    • Wahid Priyono 8:20 pm 7 Juni 2022 Balas

      Betul sekali kak, setuju

  • Nanik Nara 9:39 pm 4 Juni 2022 Balas

    Sama dong Kak, literasi soal keuangan saya, apalagi soal saham juga masih minim. Sering menyimak pembicaraan para senior di kantor soal peluang investasi saham ini supaya tetap ada pendapatan saat pensiun.

    Penting ya kalau mau investasi secara online, ketahui platformnya sudah terdaftar di OJK atau belum

    • Wahid Priyono 10:53 am 5 Juni 2022 Balas

      Yups, harus terdaftar OJK kak biar legal dan terpercaya semacam SFAST ini.

    • Wahid Priyono 8:21 pm 7 Juni 2022 Balas

      Yups kak, harus terdaftar dan diawasi oleh OJK pastinya, supaya transaksi semakin aman dan tertib.

  • Wahyuindah 5:39 pm 6 Juni 2022 Balas

    Investasi saham ini banyak peminatnya ya. Tapi juga harus dipelajari dulu sampai paham agar tahu betul risikonya seperti apa

    • Wahid Priyono 8:16 pm 7 Juni 2022 Balas

      Yups betul banget kak, makainya saya pribadi juga msh terus belajar soal saham maupun literasi keuangan.

  • Mutia 3:00 am 7 Juni 2022 Balas

    Konon katanya Gen Z sekarang udah sukses sejak usia masih muda, masih 20-an udah punya tabungan ratusan juta. Usia 20-an udah bisa beli rumah dan mobil sendiri. Mereka tepat banget kalo mau invest di saham.

    Hanya saja jangan sampai menaruh semua telur dalam satu keranjang. Invest saham itu berisiko banget. Aku aja masih gak kuat mental, walau pun udah belajar saham sejak 2012. Huhuhu. Mungkin karena cuanku gak sebanyak anak-anak Gen-Z ini kali ya. Hahahaha

    • Wahid Priyono 8:13 pm 7 Juni 2022 Balas

      Yups kak karena mereka sangat lekat dg teknologi digital, bahkan suka banget investasi saham misalnya.

  • Silvana 7:28 pm 7 Juni 2022 Balas

    Kakak saya sudah mulai main saham dan saya masih belum kepikiran untuk main saham. Sudah beberapa kali dipameri hasil investasi kakak saya, tapi saya masih ragu. Masih berkutat menggunakan dana untuk usaha yang dijalani saat ini.

    • Wahid Priyono 8:06 pm 7 Juni 2022 Balas

      Semoga kedepannya bisa mencoba investasi saham secara online ya kak

  • Amir 6:39 am 10 Juni 2022 Balas

    Kayaknya investasi saham itu kalau lagi naik, kita bisa beli. Kalau lagi turun jangan beli. Cuma masalahanya kita enggak bisa prediksi kapan naik turunnya. Dan resikonya cukup besar, namun untungnya juga besar. Benar gak begitu? Soalnya saya udah keder duluan setelah kasus investasi saham yang akhirnya disalahgunakan dan akhirnya masuk bui.

  • eka fitriani larasati 10:43 pm 12 Juni 2022 Balas

    sekecil-kecilnya modal investasi saham itu berapa sih kak? saya sih memandang investasi saham ini emang penting. tapi jujur ngeblank banget soal ini

Write a comment