Wahid Priyono

Bloger

Web Designer

Freelancer

Teacher

Writer

Content Creator

Badminton Lovers

Wahid Priyono

Bloger

Web Designer

Freelancer

Teacher

Writer

Content Creator

Badminton Lovers

#BlogPost

Tak Kenal Maka Tak Sayang, So….Kenalan Yuk Apa Itu IDN App?

22 April 2021 Edukasi
Tak Kenal Maka Tak Sayang, So….Kenalan Yuk Apa Itu IDN App?

Waktu saya bersekolah di bangku SMA tahun 2009, boro-boro punya hape yang bagus guys !. Hape yang saya punya alakadarnya yaitu Motorol** yang tebelnya bisa untuk ngeganjel pintu…hehe. Tombol hapenya masih harus dipencet-pencet kuat pake jari untuk sekedar mengetikan pesan SMS. Dulu tidak ada istilah kuota internet, karena saat itu penggunaan internet di Indonesia masih belum sebanyak seperti saat ini. Bahkan hape yang pertama kali saya beli itu belum mendukung jaringan internet, jadi mau update berita jadi lambat dan mau gak mau saya kudu dateng ke warnet terlebih dahulu untuk mencari berita terkini. Kalo dipikir-pikir ribet juga ya hidup di zaman SMA tempo doloe?. Hehe. Disyukuri aja deh….

Dok.Pribadi: hape pertama saya yang masih saya simpan di lemari. Hape ini sangat legendaris (jadul) sewaktu saya masih SMA kelas XI dulu yang gak bisa dipake buat internetan, tebelnya minta ampun. bisa kebayangkan gimana susahnya ada di jaman itu untuk mengakses berita yang cepat? hehe..

Akan tetapi, saat ini industri perponselan sudah mulai berkembang ya guys, terbukti ni sudah banyak diluncurkannya hape berbasis android smartphone sehingga membuat jangkauan orang untuk mengakses berita jauh lebih cepat, yaitu hanya dalam satu genggaman tangan.

Kemunculan hape berbasis smartphone (ponsel pintar) ini tentunya mengubah prilaku pengguna internet dalam mengakses dan memperoleh informasi maupun berita. Mereka lebih menyukai mengakses berita lewat hapenya daripada harus menggunakan laptop/komputer. Ini terjadi karena orang-orang saat ini ingin semuanya serba instan, praktis, dan cepat. Hal ini didukung oleh sebuah riset yang dilakukan oleh Baidu, seperti yang dikutip dari situs dailysocial.id. Pada bulan Oktober hingga November 2015 silam, Baidu dan Gfk Indonesia bekerja sama untuk melakukan sebuah riset yang mempelajari konsumsi berita daring di Indonesia. Riset ini mengambil fokus di perkotaan Indonesia yang berada di pulau Jawa seperti Jakarta, kawasan Bodetabek, Bandung, Semarang, dan Surabaya dengan pendekatan mobile dan wawancara langsung kepada responden. Rentang usia responden sendiri berada di usia 13-55 tahun.

Hasilnya, Baidu menarik beberapa kesimpulan yang salah satunya bahwa telah terjadi pergeseran di masyarakat perkotaan Indonesia dalam cara mengonsumsi berita dan informasi. Ponsel pintar kini menjadi media utama mengonsumsi informasi dan berita, diikuti media televisi. Namun bila harus spesifik kembali kepada berita daring, urutannya yaitu ponsel pintar (97%), komputer kantor (16%), komputer pribadi (13%), dan tablet (6%).

Penelitian lain yang dilakukan oleh Global Web Index (dilansir dari situs makassardigitalvalley.id), memperlihatkan trend penggunaan platform mobile mengalami peningkatan sejak tahun 2014. Sebaliknya, pengguna perangkat PC/Laptop dan tablet mengalami penurunan sejak tahun 2014 (lihat grafik di bawah).

Data-data semacam ini tentu saja memberi sinyal kuat kepada perusahaan media termasuk IDN Media untuk terus melakukan akselerasi (percepatan) dengan mempertimbangkan kebutuhan pengguna (user) ketika mereka akan mengakses berita dan informasi. Jangan sampai perusahaan media “jalan di tempat” atau tidak bergerak sama sekali untuk terus berinovasi. Perusahaan media harus terus “tumbuh dan berkembang”, dan harus menghindari yang namanya “zona nyaman”. Karena seringkali “Zona nyaman” ini melenakan serta menjadi “boomerang” yang membuat matinya perusahaan atau seseorang sekalipun.

Kamu mungkin masih ingat dengan perusahaan media besar seperti yahoo Groups yang dulunya pernah berjaya di era tahun 90-an akhir? namun, nyatanya sekarang perusahaan ini sudah mulai kurang diminati karena perlahan tapi pasti mulai ditinggalkan oleh penggunanya. Hal ini bisa saja terjadi karena perusahaan kurang mau melakukan inovasi lebih yang menjadi kebutuhan penggunanya. Perusahaan lebih cenderung berada di “zona nyaman”. Ini menurut pengamatan saya sih !

Berbeda dengan perusahaan media seperti Google, yang trend-nya dulu sempat di bawah yahoo. Namun, nyatanya saat ini Google telah merajai seluruh segmen pasar di dunia. Itu karena google selalu berinovasi dan mengikuti perkembangan zaman. Jika ponsel cerdas banyak digunakan oleh masyarakat, maka google selalu berinovasi lebih, misalnya dengan membuat halaman websitenya menjadi lebih ramah pengguna (user-friendly) dan ramah seluler (mobile-friendly), sehingga tampilan website ketika diakses di platform mobile tidak sama dengan tampilan desktop/PC/tablet. Ini tentunya sudah memenuhi kebutuhan pengguna, bukan?

Dan saya ambil contoh lain dari diri saya sediri dalam mengakses berita dan informasi. Saya akan lebih mudah mengakses berita hanya dalam satu genggaman ponsel, walaupun saya juga mungkin bisa mengakses lewat komputer atau perangkat tablet dan lainnya. Namun nyatanya, mengakses berita lewat ponsel jauh lebih praktis dan cepat, bahkan ketika saya sedang rehat sejenak di kantor, atau ketika naik angkot/bus untuk berangkat kerja, saya masih dengan mudah membaca-baca berita melalui aplikasi berita yang terinstal di ponsel saya. Saya bisa mengakses dan menikmati berita-berita lokal dan mancanegara kapan saja, dimana saja tanpa batasan waktu, perangkat atau gawai yang menyulitkan.

Dok. Pribadi: Saya sedang baca berita terlengkap di IDN App, bacaan berita melalui aplikasi yang mudah digunakan.

Dan kebanyakan kaum millenial atau gen-Z yang saya temui saat ini (di sekitar tempat bermain saya), memang mereka ini memiliki prilaku “ingin semuanya serba instan dan cepat”. Bahkan hanya untuk memeroleh informasi dan Baca Berita saja mereka cukup menginstal aplikasi di hape masing-masing. Jadi, jika hari itu pengen baca informasi berita yang sedang trending di Indonesia, tinggal buka aplikasi yang sudah terinstal di hapenya. Hal ini cukup mudah ya khan guys?

Dan jika ngomongin soal Aplikasi Baca Berita yang pantes diinstal di ponsel cerdas kita saat ini adalah IDN App. IDN App merupakan aplikasi berita terlengkap yang recommended sekali. Aplikasi berita ini bisa didownload di Google Playstore dengan sangat mudah dan tentunya tidak berbayar alias gratis. Saya pun sudah mendownload aplikasi IDN App sehingga saya akan dengan mudah memeroleh informasi berita tercepat, terpercaya dan terkini, jadinya saya tidak kudet dengan berita-berita yang sedang hits. Sekarang yuk lanjut gimana caranya saya mendownload dan instal aplikasi berita IDN App di ponsel/hape saya.

Cara Men-downlod dan Instal Aplikasi Berita IDN App via Hape yang Mudah Banget Kamu Coba Guys !

Untuk cara men-download dan menginstal aplikasi IDN Berita Terlengkap di Google Playstore cukup gampang, yuk ikuti panduan berikut ini:

  • Buka aplikasi Google Play Store di hapemu, lalu ketikan “IDN App” di bagian kolom pencarian di play store;
  • Setelah muncul IDN App, lalu klik tombol instal dan tunggu beberapa saat hingga terdownload sepenuhnya;
  • Setelah terinstal di hape lalu klik “open/buka”;
  • Jika sudah diinstal di hape, maka sekarang silakan login menggunakan akun IDN mu atau bisa login ke IDN App dengan cara menghubungkan ke salah satu akun sosial mediamu seperti facebook, google, atau email;
  • Setelah login, kini kamu bisa menikmati kemudahan dalam memperoleh informasi berita terkini dan terupdate dari IDN App seperti topik news, bisnis, berita olahraga (olahraga bola), teknologi bahkan berita-berita korea yang disukai generasi milenial dan gen-Z.

Cukup mudah bukan cara instal aplikasi IDN berita di hapemu. Oya, jangan lupa juga kamu berikan review positif serta rating “bintang 5” untuk aplikasi berita IDN agar pihak developers IDN dapat terus memperbaiki aplikasinya agar jauh lebih baik dan bermanfaat.

Saya sudah mereview dan komentar di IDN App dan kasih bintang 5 lho karena aplikasi berita ini benar-benar bermanfaat sekali bagi saya biar gak kudet soal informasi terbaru.

Karena saya sendiri sudah mendownload dan instal IDN App di smartphone saya. Dan tidak lupa juga saya sudah memberikan review dan bintang 5 untuk aplikasi ini. Jadi sekarang giliran kamu ya yang download dan instal aplikasi IDN di hape androidmu? supaya apa, ya supaya kamu yang ngaku milenial dan gen-Z gak kudet.

Saya sudah mereview IDN App melalui aplikasi.

Review IDN Versi Terbaru 2021:

#1 Topik Berita yang Menarik dan Terbaru di IDN App yang Patut Kamu Baca Guys !

Topik berita di IDN App sangat up to date dan banyak bahasan beritanya yang variatif sehingga tidak membosankan pengguna.

Jika kamu sudah instal IDN App berita di ponselmu, maka kamu perlu tahu juga topik-topik apa saja yang tersedia di aplikasi IDN tersebut. Topik menarik tersebut bisa kamu nikmati sepanjang hari seperti:

  1. News: Berisi tentang berita terkini hari ini yang akurat dan terpercaya dengan informasi seputar politik, hukum, keamanan serta topik penting lainnya baik di tingkat nasional maupun internasional;
  2. Bisnis: Berisi kumpulan berita-berita menarik untuk generasi milenial dan gen-Z untuk menambah wawasan dan pengalaman seputar dunia bisnis serta mencakup ekonomi pemerintahan dan ekonomi dunia;
  3. Otomotif: Topik ini membahas seputar dunia kendaraan motor maupun mobil. Berisi juga trik modifikasi dan tips berkendara yang baik dan benar;
  4. Sport: Berisi tentang berita-berita olahraga terbaru hari ini yang meliputi sepak bola, serta macam-macam olahraga arena baik skala nasional maupun internasional;
  5. Soccer: Berita terkini seputar sepak bola, jadwal dan hasil pertandingan Liga Indonesia, Timnas Indonesia, Liga Italia, Premier League, Liga Champions, dan Liga Spanyol;
  6. Travel: Berisi tentang kumpulan tempat rekreasi (wisata) terbaru untuk generasi milenial dan gen-Z yang suka piknik ke suatu tempat. Membahas seputar destinasi wisata, info unik dan fakta objek wisata, tips traveling, dan lain sebagainya;
  7. Teknologi: Berisi tentang teknologi terbaru di Indonesia maupun dunia. Misalnya membahas seputar review gadget, review game, tips dan trik seputar pengetahuan teknologi informasi;
  8. Life: Berisi seputar artikel motivasi hidup untuk generasi milenial dan gen-Z yang kadang sering galau. Ada juga topik tentang inspirasi, kreativitas, wanita, hubungan, keluarga, pendidikan, maupun karakter;
  9. Hype: Berita unik dan viral seperti humor, entertainment, fun fact, dan throwback untuk kamu para generasi milenial dan gen-Z yang suka berekspresi;
  10. Health: Berisi artikel-artikel kesehatan, seperti pendidikan seks, dunia fitnes, dan lain sebagainya;
  11. Food: Informasi terkini tentang tips dan trik memilih makanan sehatdan bernutrisi. Temukan juga tempat makan, resep makanan, maupun menu diet yang sehat;
  12. Science: Membahas artikel SAINS terkini yang menarik untuk kaum milenial dan gen-Z;
  13. Men: Artikel yang membahas seputar dunia laki-laki, berisi tentang attitude, style, fashion, wanita idaman serta bagaimana cara merawat diri;
  14. Quiz: Konten yang berisi kuis-kuis menarik yang dapat menghibur kamu-kamu yang mengaku milenial;
  15. Fiction: Berisi sekumpulan karya-karya fiksi kontemporer dan modern. Cocok sekali untuk para milenial. Kamu juga tentunya bisa buat karya disini lho, seru kan?
  16. Opinion: Berisi sekumpulan artikel opini dari generasi milenial dan gen-Z yang cerdas seperti opini tentang kehidupan sosial, serta beragam politik di dunia.

Nah, jika kamu sudah tau apa saja topik-topik yang dibahas di IDN App, sekarang kamu juga harus tahu fitur dan kelebihan apa saja yang bakalan didapat jika instal IDN App, yuk lanjut…

#2 Fitur dan Kelebihan IDN App yang Memanjakan Pengguna

Setelah saya menginstal dan menggunakan aplikasi IDN di hape saya, maka saya akan menyampaikan beberapa hal tentang kelebihan yang pantas dari IDN app ini diantaranya:

  • User-friendly, karena aplikasi IDN ini mengikuti perkembangan zaman. Aplikasinya sangat ramah seluler (mobile-friendly) dan ramah pengguna (user-friendly) sehingga mudah digunakan oleh siapa saja, kapan saja dan dimana saja;
  • Tanpa munculnya iklan yang mengganggu kenyamanan saat membaca berita. Terkadang iklan-iklan yang mengganggu justru sangat dibenci oleh pengguna (user). Saya pun gitu ketika beberapa kali mengunjungi situs atau aplikasi yang kebanyakan iklan juga cukup membuat tidak nyaman. Apalagi iklan-iklannya menggantung/melayang-layang seperti kuntilanak di atas pohon hehe;
  • Night Mode, merupakan fitur yang sedang booming saat ini di sosial media. Pengguna bisa memasang mode terang dan gelap ketika akan membaca berita di IDN App;
  • Newsfeed, fitur yang bisa menjadi opsional ketika akan memilih-milih berita yang akan dibaca. Pada IDN App, tampilan newsfeed keren dan tertata dengan rapih dan user-friendly;
  • Section, Di bagian newsfeed terdapat beberapa section yang memudahkan pencarian sesuai selera mulai dari hard news hingga in-dept news seperti: Semua, Untukmu, Event, Terbaru, Topik, Populer, dan Unik.
  • Berita akurat dan terpercaya. Sejauh ini jika saya membaca berita-berita dari IDN App memang akurat dan terpercaya. Karena artikel beritanya diisi oleh para jurnalis serta penulis yang kompeten di bidangnya. Beda sekali rasanya jika membaca berita dari situs atau aplikasi lain yang hanya menyediakan konten clickbait, kadang anehnya judul dan isi beritanya beda jauh atau gak sesuai. Bikin kesel tuh berita clickbait !
  • Fitur tanya jawab yang interaktif. Karena topik-topik berita hangat di IDN app memunculkan ragam kontroversi, jadi sangat asyik jika saling berbalas komentar (diskusi). Inget ya saat diskusi harus pake hati dan pikiran yang jernih, jangan ngegasssss;
  • Fitur interaktif di setiap berita yang ada. Selain artikel berita yang dibaca, juga setiap artikelnya dilengkapi dengan tombol berbagi melalui sosial media. Selain itu, terdapat fitur bookmark untuk menyimpan berita-berita yang belum sempat dibaca karena mungkin sedang sibuk dengan tugas-tugas kantor dan lainnya;
  • Bisa menjadi penulis di IDN APP Reedem Point. Untuk menjadi penulis di IDN App, maka kita harus menjadi kontributor dengan melakukan pendaftaran sebagai kontributor di IDN App. Selanjutnya buat tulisan artikel dan posting lalu tinggal menunggu verifikasi dari tim editor IDN App. Apabila artikel diterima dan sukses terbit, maka artikel yang kita buat akan dihadiahi poin. Poin ini nantinya bisa ditukar (redeem) dengan berbagai hadiah (diuangkan), keren ya guys?

Bagaimana IDN App Membantuku dalam Menentukan Dan/Atau Berbagai Informasi?

Aplikasi IDN ini cukup membantu saya karena kemudahan yang mudah diakses dalam satu genggaman tangan melalui hape. Di IDN App berisi berita-berita yang terkini dan up to date. Jadinya gak kudet lagi kan guys?

Oya, IDN App membantuku lho untuk menemukan berita terbaru hari ini. Misalnya nih karena saya suka bola, maka saya bisa dengan cepat menemukan jadwal pertandingan, berita-berita tentang bola, dll. Dari App IDN ini saya jadi merasa terbantu gitu untuk dapetin berita terkini dan benar-benar sesuai kebutuhan saya sebagai generasi milenial atau gen-Z gitu.

Kualitas Konten di IDN App yang Perlu Kamu Ketahui nih Guys !

Selama saya membaca berita terlengkap di aplikasi IDN app, maka saya tidak menemukan kendala berarti. Tulisan dan kualitas kontennya padat berisi, lengkap dan up to date banget ! Tulisannya juga yang enak dilihat di pandangan mata dan mobile friendly tampilannya tentu saja tidak membuat mata saya gampang lelah/capek. Saya jadinya lebih fokus membaca berita dari satu halaman ke halaman berikutnya.

Pokoknya ukuran dan warna tulisan di IDN App itu sangat enak dan ramah dengan mata saya. Jadi tetap nyaman-nyaman aja guys karena isi beritanya sangat berbobot banget !

Oya jadi mau tunggu apalagi nih guys kalau tidak mulai dari sekarang untuk menginstal dan download aplikasi IDN. Selain aplikasi ini gratis, kamu juga gak akan bakalan kudet soal informasi berita yang terjadi di Indonesia dan luar negeri. Selamat menikmati berita-berita hangat dari IDN App, semoga menambah banyak manfaat dan makin membuat kamu-kamu yang ngaku kaum milenial dan gen-Z makin up to date!

Sumber Referensi Pendukung: IDN App, dan arsip-arsip foto dokumen pribadi dari penulis sendiri.

*Artikel ini diikutsertakan dalam Lomba Blog Review Apa itu IDN App? periode 6 April hingga 9 Mei 2021.

Taggs:
56 Comments
  • Moch. Ferry 4:03 pm 24 April 2021 Balas

    Banget tulisannya membantu memotivasi membaca, menulis. Saya punya akun di Idn juga.

    • Wahid Priyono 5:19 pm 27 April 2021 Balas

      Bagus kak kalo gitu. Tinggal lebih aktif lagi kak menulis di IDN, biar dapet point dan keseruan hadiah2 menariknya.

  • Dian Restu Agustina 8:07 pm 24 April 2021 Balas

    Biar ga kudet dan selalu up to date memang IDN app pas sekali, selain user friendly beritanya pun akurat dan terpercaya. Redaksionalnya pun enak dibaca. Beneran jadi pilihan sumber informasi bagi kita

    • Wahid Priyono 5:16 pm 27 April 2021 Balas

      Iya kak, saya juga selalu always on IDN App di hape saya. Jadi makin gampang menikmati berita-berita terbaru.

  • deddyhuang.com 9:56 pm 24 April 2021 Balas

    lengkap sekali ya pilihan menu dari IDN Apps ini. Kayak pilihan berita dalam satu genggaman saja.

    • Wahid Priyono 5:16 pm 27 April 2021 Balas

      Iya betul kak Ded… lengkap pokoknya, keren IDN App !

  • Keke Naima 11:16 pm 24 April 2021 Balas

    Lengkap juga isi berita di IDN. Saya juga lebih sering mencari berita melalui hp. Karena memang lebih praktis

    • Wahid Priyono 5:17 pm 27 April 2021 Balas

      Iya kak, zaman makin canggih, cukup dlm 1 genggaman untuk akses berita. Semuanya jadi semakin praktis ya…

  • Ira Hamid 2:44 am 25 April 2021 Balas

    wahh ada yaa aplikasi idn, jadi pengen download aplikasinya juga deh. Btw, handphone pertama saya nokia, dan itu saya pakai tahun 2005 saat saya duduk di semester 4

    • Wahid Priyono 5:19 pm 27 April 2021 Balas

      Wah, angkatan lama nih, sama kak Ira…hehe 🙂

  • Maria Soemitro 4:29 am 25 April 2021 Balas

    saya selalu mengandalkan IDN Media untuk cari data

    saya suka karena lengkap, penuturannya runtut dan jelas

    lengkap dengan gambar pendukung

    • Wahid Priyono 1:58 pm 25 April 2021 Balas

      Hallo kak Maria Soemitro, yups kak betul sekali…setuju dengan argumen kakak 🙂

  • Annie Nugraha 5:35 am 25 April 2021 Balas

    Pesatnya perkembangan teknologi, mobilitas, dan kebutuhan informasi, memang harus dicermati oleh siapapun yang ingin bergerak dalam bidang media. 3 kunci penting agar usaha yang dijalankan terus bisa mengikuti kebutuhan jaman. Selain tentu saja terus berinovasi dengan SDM berkualitas.

    Nanti saya coba intip ah IDN apps. Meskipun untuk golongan/angkatan lama, saya lebih nyaman membaca di laptop, dalam beberapa hal memang butuh HP untuk mengakses berbagai berita. Maklum mata tua hahaha.

    • Wahid Priyono 8:19 am 25 April 2021 Balas

      Betul sekali kak Annie, hehe… IDN App boleh dicobalah instal di Hape, jadi pas kemana2 lebih gampang akses beritanya…

  • hani 5:40 am 25 April 2021 Balas

    Aku juga udah install IDN Apps nih di ponsel. Beritanya memang lengkap, bisa milih pula yg favorit aja.
    Penasaran pengen nulis juga di sana sih…Belum nyoba juga…

  • Mia Yunita 6:26 am 25 April 2021 Balas

    Ok juga nih IDN app. Biasanya kalo baca berita sih aku googling dulu di browser hehe. Ok deh, nanti akan aku instap IDN app karena jadi praktis untuk baca berita.

  • nurulrahma 6:45 am 25 April 2021 Balas

    Memang paling enjoy kalo pantengin update berita via IDN app.
    No ribet ribet club ya
    Dan pastinya lebih asyik!

  • Fenni Bungsu 9:30 am 25 April 2021 Balas

    Berita yang disampaikan IDN dengan bahasa asik sehingga gampang buat diserap, apalagi juga tampilannya mobile friendly. Cuma daku belum sempat nulis di sana, padahal ingin juga biar dapat tambahan cuan hehe

    • Wahid Priyono 1:02 pm 25 April 2021 Balas

      Iya kak, menurut saya juga gitu…bahasanya juga renyah sehingga mudah dipahami.

  • Katerina 12:25 pm 25 April 2021 Balas

    Saya juga install IDN mas, khusus buat baca berita, karena lengkap, dan yang paling penting terpercaya.

  • Ratna Kirana 1:30 pm 25 April 2021 Balas

    Seru juga ya platform ini, bisa baca berita lengkap dan mobile friendly, dan kita pun bisa menyalurkan hobi menjadi penulis juga!

    • Wahid Priyono 5:26 pm 27 April 2021 Balas

      Yups betul sekali kak Ratna… 🙂

    • Elva s 7:13 pm 23 Mei 2021 Balas

      Ya iyalah kak, kalau hidup di zaman SMA dulu jauh berbeda dengan anak milenial sekarang.
      Dan dulu juga gak secanggih sekarang, kalau mencari bahan tugas ya janjian kerumah teman untuk kerjain tugas bersama. Kalau sekarang mengakses internet sangat mudah, terlebih lagi udah ada IDN APP. jadi semakin permudah tuk mencari informasi yang dicari.

  • Gemaulani 4:56 pm 25 April 2021 Balas

    “Kurangi baca gosip, baca yang terpercaya” duh IDN membuat saya tertampar hehehe. Banyak juga kategori berita di IDN ya kak, lengkap, ah pas nih buat nyari banyak ilmu dan berita terupdate

    • Wahid Priyono 5:27 pm 27 April 2021 Balas

      Hehe, iya betul juga sih ya kak, lebih baik kurangi baca gosip, baca yang terpercaya agar persepsi berpikir kita juga gak jadi negatif terus…hehe..

  • Dian Restu Agustina 8:00 pm 25 April 2021 Balas

    Selain itu yang menarik lagi banyak bahasan berita di IDN app yang variatif sehingga tidak membosankan pengguna.Mau cari berita apa saja ..ada

    • Wahid Priyono 5:28 pm 27 April 2021 Balas

      Yups lengkap ya kak IDN App…saya juga seneng banget baca berita2 di IDN, nyaman banget….serius ini mah…

  • Hendra Suhendra 9:10 pm 25 April 2021 Balas

    Wah saya lulus SMK tahun 2000. Waktu itu apalagi belum ada internet dan hape. Baru megang hape taun 2002, beli Nokia 3310, yang memenya banyak bertebaran di internet wkwkwkwk…

    Zaman semakin canggih, internet semakin luas. Akses informasi semakin mudah didapat ya. Cukup install aplikasi IIDN, maka informasi ada di dalam genggaman. Sebelum baca berita online, saya langganan koran untuk dapetin informasi, hehehe…

    • Wahid Priyono 5:29 pm 27 April 2021 Balas

      Sama kak Hendra, kita angkatan lama, tapi alhamdulillah kini masih bisa menikmati sajian berita lewat perangkat ponsel cerdas.

  • hani 7:43 am 26 April 2021 Balas

    Tiap pagi bangun tidur sekarang yg dilirik IDN Apps deh untuk baca berita terkini. Singkat tapi padat.

    • Kangamir.com 10:11 am 27 April 2021 Balas

      Udah kenal banget sama IDN app. Aplikasi untuk anak millenial karena memang ditargetkan bagi kalangan millenial

      • Wahid Priyono 5:23 pm 27 April 2021 Balas

        Yups bener kak, dari cara penyampaian beritanya saja enteng bener ya bahasanya santai gaul banget….milenial banget..cocoklah IDN dengan kalangan anak muda gaul.

  • Mutia Ramadhani 11:22 am 26 April 2021 Balas

    Pokoknya saya senang sama aplikasi seperti IDN yang gak ada iklan mengganggu setiap saya buka news. Itu bener-bener bikin gak nyaman. Hihihi

    • Wahid Priyono 5:24 pm 27 April 2021 Balas

      Iya kak IDN memang sepertinya dirancang agar good user experience-nya bagus di kalangan pembaca..

  • Susindra 11:53 am 26 April 2021 Balas

    IDN sering muncul di rekomendasi bacaan saya. Cuma swipe ke kiri aja. Saya memang cukup sering membaca dari rekomendasi tersebut.

    • Wahid Priyono 5:25 pm 27 April 2021 Balas

      Hallo kak Susindra, siplah masih seneng baca-baca berita/informasi dari IDN App 🙂

  • Jihan 12:58 pm 26 April 2021 Balas

    Dulu sempet nulis di sini sih. Sempet juga narik 500k dari idntimes. Hehe. Lumayan euy.

    • Wahid Priyono 5:21 pm 27 April 2021 Balas

      Mantap kak Jihan…sudah menghasilkan dari content writer di IDN…

  • Waode_1453 4:41 pm 26 April 2021 Balas

    Pernah buat akun di IDN tapi dah gak kepake. Semoga bisa aktif kembali.
    Kalau dulu baca berita meski bolak balik halaman super lebar, sekarang tinggal klik2 aja apalagi dengan hadirnya IDN. Baca berita jadi lebih mudah.

    • Wahid Priyono 5:30 pm 27 April 2021 Balas

      Yuk kak aktif menulis di IDN lagi, biar reedem point jadi hadiah menarik…. 🙂

  • Syahri 10:25 pm 26 April 2021 Balas

    Ternyata IDN Apps lengkap pilihan menunya ya. Jadi kita bisa memilih berbagai pilihan berita dalam satu aplikasi. Keren deh pokoknya.

    • Wahid Priyono 5:21 pm 27 April 2021 Balas

      Betul sekali kak Syahri…IDN App memang layak untuk diinstal di hape untuk akses berita semakin cepat dimana saja, kapan saja & tentunya gak repot mau up to date berita.

  • Bang Doel 1:44 pm 29 April 2021 Balas

    IDN Times jadinya terintegrasi dalam IDN App ya. Bagus gini ternyata perkembangannya. Gak nyangka. Beritanya juga gak boombastis dan clickbait seperti media yang lain. Jadinya enak buat dibaca dan jadi sumber informasi.

    • Wahid Priyono 6:33 am 5 Mei 2021 Balas

      Iya bener sekali bang Doel, IDN App memang lebih praktis beritanya dan enak untuk dibaca karena mobile friendly juga…hehe

  • Ngopi Santai 10:02 pm 30 April 2021 Balas

    sudah cukup kenal sama IDN app. Aplikasinya memang keren, pas banget buat nambah wawasan

    • Wahid Priyono 6:34 am 5 Mei 2021 Balas

      Yups kak, aku pun always baca berita IDN-nya langsung dari HP, walau juga kadang sering ngintip2 lewat PC/dekstop juga…

  • Yelli Sustarina 6:26 am 5 Mei 2021 Balas

    Iya Mas, IDN Time salah satu berita yang dapat dipercaya dan emang enak baca kalau di sini beritanya. Terus beritanya pun juga nggak sampah kayak kebanyakan portal online lainnya.

    • Wahid Priyono 6:37 am 5 Mei 2021 Balas

      Yups betul sekali kak, patut diinstal dong aplikasi IDN di hape dong kalo gitu… 🙂

    • Wahid Priyono 8:28 am 6 Mei 2021 Balas

      Iy kak Yelli betul sekali IDN App juga selalu ontime di Hape saya dan mau baca2 berita jadi lebih gampang,tinggal cek aja pas lagi santai di kantor..hehe..

  • Faradila Putri 5:10 pm 18 Mei 2021 Balas

    Bener banget mas, sebagai generasi milenial (cieilah haha) penting banget untuk tau berita terkini yang akurat. IDN App bisa membantu kita tetap update ya.

    • Wahid Priyono 5:39 pm 18 Mei 2021 Balas

      iya kak. IDN app isi beritanya up to date kak…instan bisa diakses dalam genggaman.

      • Elva 9:53 am 24 Mei 2021 Balas

        Bener2 HP jadul banget itu kak. Alhamdulillah ya sekarang apa2 jg jadi lebih mudah, termasuk buat akses berita. Yg penting internetan lancar. Bagus nih IDN apk, sangat membantu jika mau cari info berita

Write a comment