Wahid Priyono

Blogger

Web Designer

Freelancer

Teacher

Writer

Content Creator

Badminton Lovers

Wahid Priyono

Blogger

Web Designer

Freelancer

Teacher

Writer

Content Creator

Badminton Lovers

#BlogPost

Wujudkan Karier yang Mantap Bersama Kampus Politeknik Gunakarya Indonesia

22 Maret 2021 Edukasi
Wujudkan Karier yang Mantap Bersama Kampus Politeknik Gunakarya Indonesia

Saat duduk di bangku Sekolah Menengah Atas (SMA), maka dulu saya selalu terpikir tentang rencana berkuliah dimana yang paling tepat. Karena meskipun sudah lulus SMA, maka saya masih membutuhkan tambahan skill, belajar dan mencari pengalaman untuk menunjang karier saya ke depannya. Maka, pada suatu ketika saya menentukan kampus yang menurut saya tepat untuk melanjut berkuliah hingga akhirnya saya bisa lulus di wisuda.

Jujur saja, dulu pertama kali saya akan mendaftar masuk kampus ada rasa bingung dan ragu-ragu terkait pilihan kampus mana yang paling tepat. Hal semacam ini menurut saya wajar saja karena banyaknya pembukaan pendaftaran dari Perguruan Tinggi Negeri (PTN) maupun Perguruan Tinggi Swasta (PTS) terkadang menuntut kita untuk lebih selektif dan benar-benar mendapatkan kampus yang sesuai selera.

Nah, sebaiknya untuk memilih kampus mana yang tepat sebelum menentukan tempat kuliahmu, mari ikuti tips-tips berdasarkan pengalaman yang pernah saya dapatkan yakni:

1. Konsultasikan Rencana Kuliahmu Ke Orang Tua dan Keluarga

Sumber Gambar: Rencanamu.id

Langkah pertama yang harus dilakukan untuk rencana kuliah ke depannya harus tetap berkonsultasi dengan keluargamu. Karena bagaimanapun juga keluarga adalah rumah pertama kita sebagai tempat untuk tumbuh dan berkembang. Berdiskusilah dengan ayah, ibu, atau kakak-adikmu tentang rencana kuliahmu. Jika sudah berdiskusi bersama pasti nantinya akan ada banyak masukan, saran, dan langkah yang tepat untuk memilih tempat kuliah, jurusan yang sesuai minat dan bakatmu.

2. Jangan Ikut-Ikutan Dengan Teman Yang Lainnya Saat Memilih Fakultas/Jurusan/Program Studi Saat Berkuliah

Kebanyakan teman-teman saya dulu waktu SMA ketika akan memilih jurusan/program studi kuliah biasanya sering ikut-ikutan dengan teman yang lainnya. Jika teman lain ingin mengambil jurusan bahasa, maka yang lain juga kadang ada yang ikut-ikutan. Menurut hemat saya, sebaiknya untuk adik-adik SMA tidak perlu ikut-ikutan dalam memilih Fakultas/jurusan/program studi saat berkuliah karena ini akan berkaitkan dengan karier dan masa depanmu. Pilihlah tempat kuliah beserta jurusan yang sesuai dengan minatmu. Karena biasanya kalau berkualiah sesuai minat, maka kamu akan selalu senang dan asyik menjalani hari-harimu selama berkuliah.

3. Pertimbangkan Biaya Masuk Ke Kampus Yang Hendak Dipilih

Sumber Gambar: Agungrangga.com

Pengalaman saya dulu ketika akan berkuliah, maka saya melihat biaya-biaya masuk kampus yang akan saya tentukan untuk melanjutkan studi. Apalagi bagi kamu yang berasal dari keluarga kurang mampu, maka menentukan tempat kuliah yang sesuai budget juga penting lho!. Kamu juga bisa mencari beasiswa untuk bisa masuk ke kampus tersebut guna meringankan SPP per semester di kampus tersebut. Jadi pada intinya, kamu perlu bijak menentukan kampus mana yang sesuai budget orang tua kamu sehingga kuliah tetap jalan tanpa terkendala dana. Kuliah boleh mahal, tapi perlu juga sadar diri dan pertimbangan matang sebelum memutuskan lebih lanjutnya.

4. Lihat Akreditasi Kampus Tersebut

Sumber Gambar: Kalderanews.com

Ketika akan menentukan kampus mana yang tepat maka saya juga selalu mengecek akreditasi kampus yang akan dituju. Akreditasi A itu sangat bagus, B lumayan bagus, dan C itu cukup bagus. Jangan pilih akreditas kampus D atau E ya, hehe. Oya, saya biasanya akan memilih kampus yang minimal akreditasnya B. Tapi tidak menutup kemungkinan akreditasi kampus C itu belum tentu jelek juga kok. Kalau dapet akreditasi kampus yang A juga jauh lebih bagus untuk tempat berkuliah karena sudah sangat kredibel kinerja dosen, karyawan dan stake holder kampus terkait.

5. Carilah Kampus-Kampus Yang Sering Membuka Peluang Beasiswa Bagi Mahasiswanya

Sumber Gambar: Fajarsumatera.co.id

Dulu waktu kuliah saya sering mendapat beasiswa baik dari kampus, atau luar kampus. Nominal beasiswa itu bermacam-macam ya, tentunya setiap kampus berbeda-beda. Untuk kampus negeri (PTN), itu banyak sekali beasiswanya dan termasuk kampus swasta (PTS). Namun pastikan sebelum memilih tempat kuliah untuk mengecek apakah kampus yang dituju tersebut menyediakan beasiswa bagi calon mahasiswa. Jika menyediakan, maka bisa kamu pertimbangkan peluang tersebut. Jujur saja ya, sewaktu saya kuliah dulu cukup terbantu dengan adanya beasiswa dari pihak kampus/jurusan sehingga kuliah tetap lancar tanpa nunggak.

6. Carilah Kampus-Kampus Yang Banyak Kegiatan Kemahasiswaan (Ekstrakurikuler)

Janganlah sewaktu kuliah nanti kita hanya menjadi mahasiswa kupu-kupu (kuliah-pulang, kuliah-pulang) yang kerjaannya hanya di kosan saja. Menjadi mahasiswa juga butuh sarana sosial untuk membangun relasi, pengalaman, dan kontribusi untuk kampus tercinta. Caranya bagaimana? ya tentunya harus ikut kegiatan-kegiatan yang diadakan oleh kampus maupun sesama mahasiswa itu sendiri. Kegiatan-kegiatan kampus ini bagus sekali dan wajib dicoba selama berkuliah. Jangan sampai berkuliah hanya ingin mendapatkan IPK bagus saja, namun perlu diimbangi dengan kegiatan positif lainnya untuk pengembangan skill dan kegiatan sosial. Karena berdasarkan pengalaman saya, ketika sudah bekerja maka akan ada manfaatnya ketika dulunya di kampus pernah mengikuti ekstrakurikuler.

7. Mantapkan Kampus Serta Pilihan Fakultas/Jurusan/Program Studi Kuliah yang Sudah Ditentukan

Biar waktu kuliahmu mudah dalam menjalaninya, maka pemilihan kampus dan juga fakultas/jurusan/program studi haruslah sesuai kata hati. Jika tidak, maka bisa makin runyam tuh permasalahan kuliah nantinya. Jangan sampai juga kuliah salah jurusan soalnya masih banyak juga calon mahasiswa yang salah pilih fakultas/jurusan/program studi ketika berkuliah. Ini terjadi akibat tadi sering ikut-ikutan dengan teman yang lainnya sewaktu sekolah.

Saran saya, pilih fakultas/jurusan/program studi kuliah sesuai passion dan personal branding kamu ya. Contohnya jika kamu punya passion di bidang teknisi, maka bisa ambil fakultas/jurusan/program studi teknik mesin, teknik otomotif, teknik komputer atau yang sekiranya linear dengan minat kamu tersebut. Dengan melihat potensi dirimu suka di bidang apa, maka peluang kariermu ke depannya juga akan bagus dan mudah untuk dikembangkan. So, cara ini wajib kamu pertimbangkan ya?

Nah, untuk pengembangan karier yang tepat sesuai passion kamu, maka kamu bisa mencoba berkuliah di salah satu kampus Politeknik di Indonesia yang sangat direkomendasikan yaitu Politeknik Gunakarya Indonesia karena sesuai kebutuhan dunia kerja saat ini.

Sumber Gambar: Instagram Politeknik Gunakarya Indonesia.

Politeknik Gunakarya Indonesia ini sangat bagus untuk tempat kamu berkuliah dan menentukan jenjang kariermu di masa depan karena beberapa keunggulan seperti:

  • Kampus terakreditas cukup baik oleh BAN-PT;
  • Visi kampus yang sangat jelas yaitu “Menjadi Politeknik Unggul Bertaraf Internasional“;
  • Letak kampus yang strategis dan mudah dijangkau dengan saran transportasi publik;
  • Sudah bekerjasama dengan Kementerian Ketenagakerjaan Republik Indonesia, Comeca, Kobexindo, Prysmian, dan masih banyak yang lainnya;
  • Fasilitas kampus yang memadai dan lengkap;
  • Bisa Kuliah Sambil Kerja;
  • Kuliah cepat dan siap kerja, karena tersedia program kuliah D3;
  • Biaya kuliah terjangkau;
  • Ada asuransi bagi seluruh mahasiswa;
  • Tersedia empat (4) pilihan program studi yaitu Teknik Elektronika, Teknik Mesin, Teknik Komputer, dan Akuntansi;
  • Dosen pengampuh mata kuliah profesional dan mampu menjalankan tugasnya dengan baik;
  • Lulusan dari Kampus Gunakarya Indonesia banyak yang terserap di dunia kerja;
  • Tersedia beasiswa bagi mahasiswa berprestasi baik secara akademik maupun non-akademik;

Semua jurusan/program studi di Politeknik Gunakarya Indonesia telah diampuh oleh dosen-dosen yang berpengalaman di bidangnya, sehingga mampu menciptakan mahasiswa dengan lulusan yang mampu bersaing di berbagai dunia kerja. Karena seyogyanya, bahwa tuntutan karier saat ini lebih mengoptimalkan wadah keterampilan (skill), serta pengetahuan dan pemahaman hanya penopangnya saja. Jadi tidak perlu ragu lagi untuk memilih kampus Politeknik Gunakarya Indonesia untuk tempat kamu berkuliah.

Untuk informasi lebih lengkap tentang kampus Politeknik Gunakarya Indonesia, kamu bisa mengunjungi situs websitenya yaitu https://www.politeknikgunakarya.ac.id/. Karena di websitenya tersebut juga tersedia banyak informasi pilihan program studi, testimoni dari para alumni yang sudah berkarier pasca berkuliah di kampus Politeknik Gunakarya Indonesia, serta berisi kontak informasi alamat kampus dan tersedia brosur/formulir pendaftaran bagi calon mahasiswa baru tahun ajaran 2021/2022. Yuk check it out websitenya untuk kamu yang penasaran dengan kampus Politeknik Gunakarya Indonesia.

Terima kasih sudah menyimak artikel sederhana di atas tentang tips dan trik mewujudkan karier yang mantap ketika akan berkuliah nantinya. Semoga artikel ini bermanfaat dan bisa menjadi referensi buat adik-adik SMA/MA/SMK yang sedang bingung ketika akan menentukan rencana kuliah ke depannya. Sukses selalu untuk kita semuanya.

Taggs:
72 Comments
  • Avatar
    Bacaan ipeh 11:49 am 23 Maret 2021 Balas

    Biaya kuliah memang jadi poin pertama yang kulihat kalau nyari kampus. Soalnya, cari yang sesuai sama bujet biar nantinya enggak berhenti di tengah jalan. Alhamdulillah sekarang sudah banyak kampus yang bagus dan biaya yang terjangkau seperti gunakarya ini ya.

    • Wahid Priyono
      Wahid Priyono 1:24 am 26 Maret 2021 Balas

      Iya kak Ipeh. Bisa direkomendasikan ke tetangga/saudara yang mau lanjut kuliah ke jenjang perguruan tinggi agar pilih Kampus Politeknik Gunakarya Indonesia untuk jenjang karir ke depan yang lebih mantap. Infonya ada di website mereka >> https://www.politeknikgunakarya.ac.id/

    • Wahid Priyono
      Wahid Priyono 1:26 am 26 Maret 2021 Balas

      Oya biaya kuliah di kampus Politeknik Gunakarya Indonesia cukup terjangkau dan bisa diangsur sebanyak 3x. Mantap kan?

    • Avatar
      Maria Tanjung 7:43 pm 7 April 2021 Balas

      Bisa banget nih utk aku infokan ke teman teman yg memiliki anak di kelas 3 SMU. Skrng kampus swasta juga tak kalah hebatnya kok.

    • Avatar
      Puspita Deyu 10:23 am 8 April 2021 Balas

      Betul banget itu. Bisa jadi rekomendasi nih buat adek-adek. Terima kasih Kakak udah nulis ginian.

  • Avatar
    Putu Sukartini 1:29 pm 23 Maret 2021 Balas

    Intinya kuliah jangan coba-coba atau iseng doang ya, mas
    Kuliah sesuai passion kita agar bisa ngikutin pelajaran dengan baik. Sayang khan duitnya klo ternyata kuliah gak serius
    Pilih jurusan yang peluang kerjanya juga lebih baik ya. Politeknik bisa jadi pilihan untuk tenaga kerja siap pakai

    • Wahid Priyono
      Wahid Priyono 1:21 am 26 Maret 2021 Balas

      Betul kak Putu…mencari kampus yang progressnya bagus dan membuka peluang karir yang seluas-luasnya..Kampus Politeknik Gunakarya Indonesia bisa jadi rekomendasi kampus yang bagus untuk kuliah sambil kerja. TFS y kak Putu 🙂

    • Avatar
      Moch. Ferry 6:36 am 8 April 2021 Balas

      Panduan referensi memilih studi di Universitas, Politeknik atau sekolah tinggi cukup baik

  • Avatar
    @nurulrahma 9:43 pm 23 Maret 2021 Balas

    Jangan Ikut-Ikutan Dengan Teman Yang Lainnya Saat Memilih Fakultas/Jurusan/Program Studi Saat Berkuliah

    Poin ini pentiiing banget, karna biasanya anak2 SMA masih suka ikut2an temannya

    • Wahid Priyono
      Wahid Priyono 1:15 am 26 Maret 2021 Balas

      Iya kak, tetap harus memilih kampus/jurusan/prodi sesuai keinginan sendiri, serta sesuai passion. Nah, kampus Politeknik Gunakarya Indonesia ini bisa jadi referensi prodi yang bisa diambil bagi para calon mahasiswa baru.

  • Avatar
    Grandys Mawarni 1:35 am 24 Maret 2021 Balas

    wah masa-masa untuk menentukan mau kuliah dimana dan ambil jurusan apa, jadi mengingat waktu struggle nya aku masuk kampus. Aku akhirnya berkuliah di Politeknik Negeri Malang nih, pengen juga waktu itu dpt beasiswa hehe

    • Wahid Priyono
      Wahid Priyono 4:15 am 27 Maret 2021 Balas

      Sama kak, dulu pas mau kuliah diselimuti rasa galau. Cuma dulu fokus pilih satu kampus dan alhamdulillah bisa lancar sampai wisuda.

    • Avatar
      Novri - diarynovri- 11:29 pm 7 April 2021 Balas

      Memilih kuliah ngga kalah pentingnya kayak memilih jodoh, eh… Tapi emang bener, harus disiapkan segala sesuatunya jangan sampai menyesal di kemudian hari. Tips dan rekomendasi nya menarik mas, must read nih buat generasi muda yg akan memilih perguruan tinggi

  • Avatar
    Tami 7:54 am 24 Maret 2021 Balas

    Pendidikan memang perlu direncanakan sejak jauh hari ya karena berkaitan dg banyak hal. Apalagi untuk keluarga dg keuangan terbatas. Bismillah kerja buat anak hihi

    • Wahid Priyono
      Wahid Priyono 1:14 am 26 Maret 2021 Balas

      Betul kak Tami…perlu perencanaan jauh-jauh hari, serta ortu juga harus mempunyai tabungan buat pendidikan anak-anaknya..

  • Avatar
    Hendra Suhendra 12:08 pm 24 Maret 2021 Balas

    Jadi inget waktu dulu mau ngampus, sempat bingung mau pilih jurusan apa, karena saya sendiri nggak ada yang ngarahin, orang tua juga nggak begitu paham dan memberikan saya kebebasan untuk memilih. Bisa jadi waktu itu memang belum nemu passion yang tepat. Coba kalau udah ketemu passionnya, pasti saya pilih jurusan komputer (IT) gitu deh, hhehehehe… Sekedar berbagi kisah 21 tahun lalu aja sih.

    Biasanya sih biaya kuliah yang paling pertama jadi pertimbangan, maklum kami berasal dari keluarga biasa saja, jadi ya semampunya saja.

    Wah fasilitas dan keunggulannya banyak juga nih Kampus Politeknik Gunakarya, apalagi bisa kuliah sambil kerja, ini yang biasanya dicari di zaman now.

    Bookmarked dulu ya Pak Cikgu, mana tau ada teman, saudara, tetangga, sepupu, keponakan, om, tante, paman, bibi, temannya teman, orang tuanya tetangga yang butuh informasi kampus keren dan beken ini.

    Thank you for sharing it

    • Wahid Priyono
      Wahid Priyono 4:17 am 27 Maret 2021 Balas

      Betul sekali kak Hendra…memang kebanyakan siswa banyak yang galau tentang pilihan jurusan/prodi apa yang mesti dipilih ketika mereka akan lanjut kuliah….saya pun dulu waktu lulus SMA dan mau lanjut kuliah, sampai diskusi dengan ortu panjang lebar hehe…

  • Avatar
    Susindra 9:35 am 25 Maret 2021 Balas

    Jangan ikut-ikutan teman saat memilih jurusan. Ini salah satu PR orangtua, lho, yaitu membuat anak memahami bakat minat dan menyelaraskan dengan cita-citanya. Plus… memastikan anak berteman dengan yang sehobi. Jadi ikut-ikutan teman tapi nggak yang membuta

    • Avatar
      Supadilah 12:19 pm 25 Maret 2021 Balas

      Biaya kuliah dan akreditasi memang menjadi pilihan utama saat memutuskan kuliah. Di politeknik gunakarya bisa memfasilitasi keinginan yang disesuaikan kemampuan kuliah. Keren artikelnya

      • Wahid Priyono
        Wahid Priyono 4:19 am 27 Maret 2021 Balas

        Makasih cik guru Padil…iya betul pak guru, di kampus Politeknik Gunakarya Indonesia banyak pilihan prodi tekniknya, dan bisa juga kuliah sambil kerja. Kampus yang layak untuk menyiapkan lulusan siap berkarir. Keren2.

        • Avatar
          Rani R 6:42 am 8 April 2021 Balas

          Kadang.. Udah nentuin jurusan dan universitasnya ganti nggak keterima 😂😂😂 ini di politeknik Gunakarya pasti bagus ya, insyaAllah langsung kerja habis lulus?

          • Wahid Priyono
            Wahid Priyono 8:52 am 8 April 2021

            Iya kak, Politeknik Gunakarya Indonesia bisa dijadikan tempat untuk menuntut ilmu dan siap kerja pasca lulus. TFS ya kak Rani.

  • Avatar
    Mutia Ramadhani 11:22 am 25 Maret 2021 Balas

    Saya ingat dulu kalo jadi anak politeknik itu kok ya keren banget kesannya. Isinya anak pintar semua. Hehehe. Semoga Kampus Politeknik Gunakarya sukses menghasilkan alumni-alumni berprestasi dan membanggakan bangsa,

    • Wahid Priyono
      Wahid Priyono 4:21 am 27 Maret 2021 Balas

      Iya kak, mudah2an kampus Politeknik Gunakarya Indonesia makin keren aja nih kak ! Dukung selalulah kalau untuk pendidikan di Indonesia agar semakin bagus generasi mudanya.. 🙂 TFS kak muthe

  • Avatar
    Annisa Tang 10:34 pm 25 Maret 2021 Balas

    Saya ingat dulu waktu saya mau kuliah, semuanya diatur oleh orang tua. Bagi saya yang penting kuliahnya keluar kota, supaya bisa mandiri dan agak bebas. Setelah selesai S1nya baru sadar, kalau ternyata salah jurusan. 😅

    • Wahid Priyono
      Wahid Priyono 4:23 am 27 Maret 2021 Balas

      Wah penting ternyata ya kak, mematangkan jurusan/prodi saat akan melanjut kuliah. Pertimbangkan juga prodi yang jenjang karir ke depannya bagus.. itu penting biar kuliahnya lebih nyaman aja.

  • Avatar
    Waode_1453 8:58 am 26 Maret 2021 Balas

    Jujur saja, sya termasuk orang yg kuliah tanpa perencanaan jauh2 hari. Dulu mikirnya yg penting kuliah aja dulu. Mungkin karena dulu masih kurang baca jdi ngasal aja. Akhirnya menyesal sendiri krna bnyak waktu yg terbuang. Bacaan sprti ini penting banget bagi ortu sbgai bahan mengarahkan anak2nya.

    Untuk Politeknik Gunakarya, semoga sukses selalu.

    • Wahid Priyono
      Wahid Priyono 10:38 am 28 Maret 2021 Balas

      Memang penting sekali ya kak mencari sumber2 bacaan untuk referensi kampus dan kegiatan selama di bangku kuliah jadi biar makin terarah kuliahnya. Yups kak, Kampus Politeknik Gunakarya Indonesia bisa jadi pilihan para ortu untuk menguliahkan anaknya di jenjang perguruan tinggi yang mumpuni. Thanks for sharingnya kak 🙂

  • Avatar
    Nur Asiyah 5:01 pm 28 Maret 2021 Balas

    Dulu saat saya ingin kuliah, poin pertama tidak saya lakukan krena orang tua saya adalah orang pertama yang enggak mau saya kuliah. Jadi saya tidak bisa konsultasi dengan mereka. Untuk poin kedua, saya melakukannya. Meskipun saat itu banyak yang ambil jurusan sains, saya malah ingin jurusan bahasa. Padahal saya anak IPA. Tapi jangan ditiru juga, terlalu berisiko, hehe.

    • Wahid Priyono
      Wahid Priyono 12:33 pm 1 April 2021 Balas

      Betul sekali kak Nur, bahwa sebenarnya memang perlu sekali orang tua untuk melanjutkan anaknya ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi pasca SMA. Kadang memang ada anak2 yang sudah down duluan ketika mendengar ortunya sudah pesimis duluan. Padahal sebenarnya kuliah juga bisa lancar tergantung anaknya, karena di kampus bahkan menyediakan banyak beasiswa yang bisa dicoba. Selebihnya kuliah juga kan bisa sambil bekerja dll.

      Thanks ya kak Nur sudah berbagi pengalamannya. Keren…

  • Avatar
    Fachrur Rozi 12:10 pm 4 April 2021 Balas

    lebih keren politeknik sih karena langsung menciptakan fresh graduate yang siap kerja dan bisa memiliki peluang kerja. Apalagi politeknik tidak terlalu mahal biayannya

    • Wahid Priyono
      Wahid Priyono 12:51 pm 4 April 2021 Balas

      Setuju kak. Di daerah sy ada banyak politeknik dan memang gak kalah keren dg mahasiswa dari kampus negeri.

      • Avatar
        Reyne Raea / Rey 9:04 pm 7 April 2021 Balas

        Kalau saya dulu, awalnya milih jurusan hanya ikut-ikutan hehehe.
        Pilih jurusan arsitektur, dengan alasan ga terlalu banyak perhitungan kayak di Sipil.
        Eh malah ga lulus, trus tahun depannya test lagi, ternyata malah masuk di Sipil hahaha.

        Jodohnya di sipil kayaknya.

        Tapi setuju banget, hal-hal yang harus diperhatikan di atas.

  • Avatar
    Rizky Kurnia Rahman 9:09 am 5 April 2021 Balas

    Ada sebenarnya kesempatan untuk meneruskan S2 dari instansi tempat saya bekerja. Tapi orang tua maunya di Jogja, sekota dengan mereka. Sedangkan untuk kuliah, mesti ada tes psikologi dan TOEFL sendiri. Nah, itu menambah biaya bolak-baliknya dari Sulawesi Tenggara ke sana. Sampai sekarang masih belum S2 juga. Hehe..

    • Wahid Priyono
      Wahid Priyono 7:39 am 7 April 2021 Balas

      Kuliah memang sangat penting sekali ya kak, begitu selesai S1 kalo ada dana lebih bisa lanjut kuliah biar makin mumpuni. TFS.

  • Avatar
    Rifia Nisya 9:00 pm 5 April 2021 Balas

    Adik -adik yang duduk di kelas tiga sma pasti lagi galau menentukan mau lanjut sekolah dimana. Memang untuk menentukannya harus menimbang banyak hal… Tips ini pastinya berguna banget buat adik-adik yang sedang sekolah di tingkat akhir…

    • Wahid Priyono
      Wahid Priyono 7:31 am 7 April 2021 Balas

      Makasih kak Rifia, yups kak memang butuh banyak baca dan referensi ya kak buat adik2 sekolah menengah atas/SMA/SMK yang memang mau melanjut kuliah. Boleh rekomendasikan nih tuk daftar politeknik gunakarya Indonesia.

  • Avatar
    Bayu Fitri 4:03 am 7 April 2021 Balas

    Keren ya kampusnya bisa menjadi pilihan untuk adik2 yang sedang duduk di kelas 3 SMA nih btw emang lulusan politeknik kebanyakan siap pakai ya di dunia kerja

    • Wahid Priyono
      Wahid Priyono 7:33 am 7 April 2021 Balas

      Iya betul kak Bayu, pilih kuliah di Politeknik bisa jadi peluang bagus untuk calon karir ke depan yang lebih menjanjikan di era industri 3.0 yang persaingan dunia kerja semakin ketat.

      • Avatar
        Desi 8:42 am 8 April 2021 Balas

        Penting banget emang merencanakan tempat kuliah, termasuk memilih kampus dan menyiapkan anggaran biayanya. Soalnya banyak yang putus di tengah jalan karena merasa nggak cocok dengan kampus pilihan

  • Avatar
    Nurul Sufitri 3:21 pm 7 April 2021 Balas

    Banyak faktor penentu kita memilih jenjang pendidikan selepas SMA ya. Bisa puyeng kalau ga memahaminya nih, semua mesti terpadu dan kita tahu yang dimau sesuai minat, bakat dan urusan kantong tentunya. Poltek Gunakarya Indonesia bisa menjadi pilihan nih karena ternyata banyak alumnusnya yang memperoleh lapangan pekerjaan ya. Biaya terjangkau, fasilitas oke, akreditasi keren. TFS, Mas Wahid. Salam kenal yach.

  • Avatar
    nurulrahma 6:32 pm 7 April 2021 Balas

    semangaatt buat adik2 yg siap berburu kampus idaman.
    memang pilih jurusan yang COCOK itu pentiingg banget.
    kita kudu tahu minat dan bakat masing2 ya

  • Avatar
    Maria Soemitro 7:34 pm 7 April 2021 Balas

    wah keren nih bisa kuliah sambil kerja
    emang sekarang lebih dibutuhkan universitas yang memahami mahasiswanya
    Nggak semua mahasiswa beruntung mempunyai ortu yang bisa membiayai anaknya
    Beasiswa juga sulit didapat, sehingga perguruan tinggi seperti Politeknik Gunakarya sangat dibutuhkan

  • Avatar
    Jalan-Jalan KeNai 7:46 pm 7 April 2021 Balas

    Insya Allah 1 tahun lagi anak saya akan lulus kuliah. Tentu aja berbagai informasil tentang kampus negeri dan swasta akan kami baca. Sebagai bahan pertimbangan supaya anak saya gak salah pilih.

    • Wahid Priyono
      Wahid Priyono 7:51 am 10 April 2021 Balas

      Wah semoga referensi tulisan saya di atas bisa jadi bagian dari pilihan kak kenai, yuk kak Kenai cobain daftar di kampus Poltek Gunakarya ini. Insya allah jenjang karir ke depannya okelah… 🙂

  • Avatar
    YSalma 8:16 pm 7 April 2021 Balas

    Membaca ini jadi ingat masa-masa jadi anak politeknik, ketemu teman-teman serunya yang membuat betah hingga malas ngulang ikut UMPTN lagi *jaman kapan ini, hahaha*.
    Sekarang banyak informasi yang menjadi pertimbangan dalam melanjutkan kuliah ya. Semoga adik2, anak2, yang mau kuliah tahun sekarang tidak ada yang merasa salah jurusan lagi.

  • Avatar
    Lithaetr 10:50 pm 7 April 2021 Balas

    Saya setuju sekali dengan poin kelima dan keenam. Buat yang sekolah dengan biaya terbatas, mencari beasiswa adalah jawabannya. Sehingga kita masih bisa melanjutkan pendidikan dengan prestasi. Begitu pun kegiatan mahasiswa yang positif juga perlu. Hal ini demi menunjang sebuah hubungan relasi dengan para senior maupun junior. Kita tidak pernah tahu darimana sebuah peluang akan kita dapatkan.

  • Avatar
    diane 5:22 am 8 April 2021 Balas

    Bener banget…kadang pilih kuliah ada yang ngikut temen… Kalo temennya gak bener ya jadi ikutan gak bener deh… Pertimbangan untuk kuliah dimana emang gak cuma sekedar jurusan apa ya..banyak pertimbangan..

    • Wahid Priyono
      Wahid Priyono 7:49 am 10 April 2021 Balas

      Iya betul kak, kudu selektif dan memang harus banyak diskusi juga dengan ortu/keluarga, biar pilihannya lebih terencana.

  • Avatar
    Fenni Bungsu 5:57 am 8 April 2021 Balas

    Daku setuju kak untuk pilih kampus itu memang konsultasi dulu sama orangtua, karena daku pun demikian. Serta pertimbangan jarak, dan juga adanya beasiswa, sehingga gak perlu ke luar banyak uang juga, dan bisa dimanfaatkan uang yang tadi itu buat beli buku

  • Avatar
    Annie Nugraha 7:15 am 8 April 2021 Balas

    Politeknik adalah pilihan kuliah yang pas untuk mereka yang memiliki keterbatasan finansial dan ingin segera bekerja dalam satu bidang keahlian khusus. Pengetahuan seperti ini bagus disampaikan kepada anak-anak yang sudah duduk di SMA agar mereka mantap melangkah dan memutuskan kemana mereka akan melanjutkan belajar di tahap terakhir sebelum bekerja.

    Nice writing Mas Wahid.

    • Wahid Priyono
      Wahid Priyono 8:51 am 8 April 2021 Balas

      Sama2 kak Annie, makasih juga lho tulisan di blog kk yang super duper lengkapnya… 🙂

  • Avatar
    triyatni ashari 8:16 am 8 April 2021 Balas

    Memilih kampus memang susah-susah gampang
    Ingat dulu pilih yang pokoknya terkenal
    Padahal banyak standar untuk bisa menilai kampus bagus tidaknya
    Politeknik Gunakarya ini ternyata sudah ada di Bekasi ama Cikarang ya
    Semoga Politeknik ini semakin menjadikan para mahasiswa lebih berkarakter dan ber-skill dengan taraf internasioanl

  • Avatar
    Sumiyati Sapriasih 8:49 am 8 April 2021 Balas

    kampus politeknik gunakarya indonesia keren ya … bisa mencetak generasi muda untuk bisa berkarya, terlihat dari kurikulum-nya. rekomended banget nih … tulisan-nya

  • Avatar
    Siti Nurjanah 9:47 am 8 April 2021 Balas

    Setuju, untuk meneruskan ke jenjang perguruan tinggi akan lebih baik jika memilih sesuai minat dan passion. Agar menjalani masa-masa perkuliahan pun tidak merasa terbebani,
    Visi dan misi dari Universitas Gunakarya Indonesia juga terbilang bagus. Apalagi disini juga mengedepankan pratikum yang terjun langsung ke lapangan. Sehingga bisa menciptakan lulusan yang mampu bersaing di berbagai dunia kerja dan mereka telah dibekali skill yang cukup mumpuni

    • Wahid Priyono
      Wahid Priyono 11:56 am 8 April 2021 Balas

      Betul sekali kak. Minat dan bakat perlu disinkronkan dengan JURUSAN/prodi sewaktu akan kuliah…

  • Avatar
    Katerina 11:37 am 8 April 2021 Balas

    Jadi ingat tahun lalu saat anak saya mulai cari kampus buat kuliah, alhamdulillah sudah dapat seperti yang dia mau, dan cocok, dapat beasiswa juga 100%. Semua poin di atas sudah dilakukan oleh anak saya. Tinggal nomor 6 nih nanti mesti diingatkan ulang, supaya selama kuliah nanti dia aktif dengan kegiatan kampus dan sosial. Baru Sept nanti sih kuliahnya, sekarang masih kelas 3 SMA nunggu lulus dulu hehe. Tfs ya. Semangat terus!

    • Wahid Priyono
      Wahid Priyono 11:53 am 8 April 2021 Balas

      Iya sama2 kak katerina.. hehe. Betul sekali nih harus seperti itu. Anak lanjut kuliah harus dipertimbangkan kampus yg cocok dan coba cek lebih lanjut keunggulan yang ada di kampus tersebut…

  • Avatar
    Dian 1:23 pm 8 April 2021 Balas

    politeknik sekarang jadi pilihan buat melanjutkan pendidikan ya kak
    karena lebih punya prospek kerja

  • Avatar
    Anis Khoiriyah 2:25 pm 8 April 2021 Balas

    Cari kampus itu bisa dibilang gampang- gampang susah. Saya dulu mencari yang sesuai minat dan jurusannya ada di kampus tersebut. Kalau bicara kampus Politeknik Gunakarya Indonesia tidak diragukan lagi kualitasnya

    • Wahid Priyono
      Wahid Priyono 9:11 pm 8 April 2021 Balas

      Iya betul sekali kak, di Kampus Politeknik Gunakarya Indonesia memang bisa jadi pilihan untuk para orang tua yang hendak menguliahkan putera/puterinya ke jenjang perguruan tinggi.

  • Avatar
    Shafira Adlina 7:53 pm 8 April 2021 Balas

    Wah berguna sekali informasinya, aku pun mempertimbangkan harganya ketika masuk PTS dulu. Aku lebih emmilih yg gratis alias beasiswa meski PTS hehe

    • Wahid Priyono
      Wahid Priyono 9:13 pm 8 April 2021 Balas

      Kampus-kampus swasta juga tetap keren dan bisa menjaring karir yang lebih luas juga kok, contoh kampus Politeknik Gunakarya Indonesia juga bisa jadi pilihan untuk berkuliah anak-anak.

    • Wahid Priyono
      Wahid Priyono 7:44 am 10 April 2021 Balas

      Iya kak betul, pastinya setiap orang punya pilihannya masing2, dan tentu tujuan akhirnya untuk karir juga kan..hehe

  • Avatar
    Benny Chandra 9:17 pm 8 April 2021 Balas

    Bnr bgt min,, kita hrs bnr2 selektif dalam hal memilih perguruan tinggi stlh lulus SMA/SMK.. politeknik skrg jd primadona bagi calon mahasiswa yg ingin kuliah di teknik 👍

Write a comment