Wahid Priyono

Bloger

Web Designer

Influencer

Freelancer

Teacher

Writer

Content Creator

Badminton Lovers

Wahid Priyono

Bloger

Web Designer

Influencer

Freelancer

Teacher

Writer

Content Creator

Badminton Lovers

#BlogPost

Brain Academy by Ruangguru, Solusi Rendahnya Minat Belajar Siswa

18 Maret 2023 Edukasi
Brain Academy by Ruangguru, Solusi Rendahnya Minat Belajar Siswa

Sebagai seorang guru Biologi di SMA Yadika Natar, kabupaten Lampung Selatan, maka saya sering menemukan minat belajar siswa yang rendah, khususnya di mata pelajaran Biologi yang saya ajar.

Saat saya melakukan survei maupun kegiatan refleksi belajar dan menanyakan pada beberapa siswa melalui angket tentang masalah mengapa nilai-nilai Biologi mereka di bawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM), lantas mereka menganggap bahwa Biologi itu banyak hafalan. Selain itu, mereka menganggap bahwa pelajaran yang berbau Sains itu cukup sulit mereka nalar.

Sebenarnya rendahnya minat belajar juga bisa dipengaruhi oleh motivasi belajar siswa. Motivasi belajar rendah, tentu saja mempengaruhi minat belajar mereka di kelas.

Keterampilan tingkat tinggi
Dokumen Pribadi: Saya dan para siswa berfoto selepas selesai kegiatan praktikum di Laboratorium Biologi SMA Yadika Natar, Lampung Selatan

Bahkan saya sebagai guru juga terus berupaya untuk memperbaiki pembelajaran di kelas yang saya ajar tersebut, khususnya di bidang Biologi. Salah satu yang saya perbaiki yaitu dengan menerapkan model-model pembelajaran abad ke-21, dimana pembelajaran dikombinasikan dengan penggunakan teknologi digital serta media yang berkembang di kalangan siswa saat ini.

Dalam pembelajaran abad ke-21, guru dituntut untuk menciptakan pembelajaran yang berorientasi pada siswa sebagai target aktif dalam pembelajaran (student center).

Guru harus menyiapkan pembelajaran yang dinamis dan menyenangkan. Adanya kolaborasi, komunikasi dalam pembelajaran itu sangatlah penting. Siswa juga diajak untuk berpikir kreatif dan mampu menciptakan karya inovasi terkini, serta mampu menyelesaikan masalah yang ada di sekitar lingkungan mereka (problem solving).

Pembelajaran yang menekankan pada pemecahan masalah (problem solving) ini sangatlah penting untuk meningkatkan literasi, serta mengajak siswa untuk berpikir kritis (critical thinking).

Dengan pembelajaran berbasis masalah yang dinamis dan menyenangkan tersebut, maka siswa akan semakin aktif dan memicu motivasi positif untuk terus bersemangat dalam belajar.

Bagi siswa-siswa yang motivasi dan minat belajarnya rendah, maka sebagai seorang guru, saya pelan-pelan untuk mengajaknya terus semangat belajar. Selain itu, membaurkan mereka (siswa yang minat belajarnya rendah) dengan siswa lain yang aktif melalui sarana diskusi, kegiatan praktikum maupun tugas-tugas kelompok.

Dokumen Pribadi: Kemampuan Kolaborasi dan Komunikasi Tim adalah Tuntutan Pembelajaran Abad ke-21. Saya Membidik Foto Siswa Saat Praktikum Uji Urine di Sekolah Kami, SMA Yadika Natar, Lampung Selatan.

Bagi saya, siswa dengan minat belajar rendah, bukan berarti 100% saya sebagai guru yang salah/keliru dalam mengajar mereka, tapi masih banyak faktor lain yang mempengaruhi. Itu pastinya perlu dievaluasi dan diberikan solusi terbaik.

Di sekolah saya mengajar, bagi siswa yang minat belajarnya rendah, pastinya kami sebagai guru terus mengevaluasi diri dan juga proses pembelajaran yang dilakukan, serta kami sebagai guru juga mengajak mereka untuk giat belajar. Bahkan, kami merekomendasikan mereka untuk mengikuti bimbel atau les sebagai sarana untuk memperdalam materi pembelajaran di sekolah.

Apalagi sekarang di era digital, tidaklah sulit untuk mengikuti bimbel/les secara online, karena di internet sudah banyak. Namun, sejak pandemi banyak siswa kami yang belajar secara daring di salah satu platform karya anak negeri bernama Brain Academy Center by Ruangguru. Karena bagi kami sebagai seorang guru maupun orang tua, maka sampai sekarang kami terus berupaya untuk merekomendasikan siswa-siswi kami untuk upgrade ilmu di luar kelas dengan bimbel di Brain Academy Online by Ruangguru sebab banyak sekali manfaat yang bakal diterima siswa demi mencapai prestasi cemerlang di sekolah.

Bahkan bagi siswa-siswi kami yang ada di kelas XII IPA maupun XII IPS, yang notabene mereka hendak mengikuti tes seleksi masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNBP/SNBT/Seleksi Mandiri), maka kami selalu mengingatkan untuk mencoba les/bimbel di Brain Academy Online by Ruangguru tersebut.

Mengenal Brain Academy, Sebagai Tempat Bimbel/Les Nomor 1 Terpercaya di Indonesia

Ruangguru merupakan pusat center bimbel/les untuk membantu siswa dalam menangani kesulitan belajar. Kesulitan belajar bisa saja dialami siswa selama di sekolah maupun ketika mengerjakan tugas-tugas (Pekerjaan Rumah) dari guru mereka. Sehingga hal ini perlu mendorong mereka untuk mengikuti pendalaman materi di bimbel seperti Ruangguru ini supaya lebih paham akan materi dipelajari di sekolah.

Ruangguru melalui platform terkerennya yaitu Brain Academy Online atau Brain Academy Center terus berkiprah untuk membantu memberikan strategi bagi para siswa yang mengalami kesulitan belajar ketika akan menghadapi UAS/UTS, mulai dari lintas jenjang SD, SMP, SMA, maupun siswa yang hendak meningkatkan nilai UTBK/SNBT/SNBP/Seleksi Mandiri pada seleksi masuk Perguruan Tinggi favorite mereka.

Jujur saja, saya mengakui bahwa tempat bimbel/les online dan offline di Brain Academy di Ruang Guru ini sangat bagus sekali. Tutor/guru/tenaga pengajar di bimbel ini sangat jelas dalam penyampaian materi pembelajaran kepada peserta les/siswa. Sehingga pada akhirnya siswa jadi lebih paham materi.

Bagi siswa yang mengalami kesulitan belajar (tugas-tugas PR) juga bisa menemui secara offline master teacher di Brain Academy Center untuk diberikan solusi dalam mengerjakan PR hingga paham. Ada juga layanan konsultasi belajar bagi siswa yang mendapatkan masalah belajar, motivasi belajar turun, atau adanya masalah minat belajar yang rendah. Selain itu, di layanan konsultasi ini juga tersedia wadah bagi para siswa untuk berkonsultasi langsung masalah jenjang pendidikan ke depannya bersama konselor handal dari Brain Academy ini.

Siswa yang belajar di Brain Academy Center ini juga diberikan fasilitas belajar yang modern dan tentunya menyenangkan. Tersedia WIFI gratis, ruang kelas ber-AC/Air Purifier, modul belajar lengkap, tersedia akses Ruangbelajar dan Brain Academy Online, belajar terjadwal dengan master teacher, ruang konsultasi, smart class room, sarana prasarana belajar lengkap, papan tulis berbentuk huruf L sehingga siswa bisa nyaman saat mendengarkan penjelasan tutor, dan banyak hal menarik lainnya. Selain itu, banyak kegiatan-kegiatan seru dan positif bagi para siswa seperti membuat mading yang berisi kegiatan siswa, profil para master teacher, profil alumni Brain Academy Center, serta informasi-informasi seputar pendaftaran masuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dan lain sebagainya.

Brain Academy by Ruangguru

Selain Brain Academy Center yang siswa bisa secara langsung belajar di tempat, juga ada Brain Academy Online bagi siswa yang belajar lewat aplikasi daring di Ruangguru.

Di aplikasi online Brain Academy by Ruangguru ini, sering saya perhatikan juga bahwa para tutornya sangat ramah, menekankan pembelajaran yang menyenangkan berbasis digital sehingga siswa tidak mudah bosan. Sebab, anak-anak/siswa zaman sekarang senang belajar secara online, namun juga mereka suka tampilan platform/fitur/materi belajar yang mudah dimengerti, mudah digunakan dan enak dilihat mata seperti aplikasi Brain Academy Online ini.

Brain Academy by Ruangguru, Solusi Atasi Rendahnya Minat Belajar Siswa

Sebagai seorang guru dan orang tua pastinya akan khawatir jika anak/siswa mengalami rendahnya minat belajar. Pastinya hal ini akan berpengaruh kepada hasil prestasi mereka di sekolah.

Oleh sebab itu, bagi kita sebagai orang tua perlu untuk memberikan pendidikan mereka di luar pembelajaran di sekolah. Salah satunya dengan mengajaknya untuk ikut les/bimbel di Brain Academy by Ruangguru ini, karena ada banyak manfaat yang tidak akan diperoleh dari les/bimbingan belajar lainnya.

Brain Academy by Ruangguru

Belajar secara langsung (tatap muka) di Brain Academy Center maupun lewat aplikasi Brain Academy Online by Ruangguru ini, maka siswa akan mendapat banyak manfaat belajar seperti:

  • fitur-fiturnya sangat lengkap di aplikasi/platform Brain Academy Online by Ruangguru, ramah seluler, mudah digunakan (user-friendly), serta tampilannya oke banget;
  • Fasilitas sarana dan prasarana belajar di Brain Academy Center sangat lengkap, termasuk modul belajar komprehensif (modul cetak maupun digital) sesuai bidang yang dipelajari, menyediakan ruang konsultasi bagi siswa yang mempunyai kendala belajar dan penyelesaian tugas rumah (PR), smart class room, kegiatan-kegiatan siswa melalui mading, dan masih banyak hal seru lainnya;
  • biaya les/bimbel sangat terjangkau bahkan untuk siswa berasal dari orang tua yang berpenghasilan di kelas menengah ke bawah pun bisa mengikuti pembelajaran di kelas Brain Academy Online ini;
  • terdapat banyak materi pelajaran maupun soal-soal latihan yang cukup bervariasi dan bisa didownload sepuasnya bagi semua member aktif;
  • siswa diajar oleh tutor (master teacher) profesional dan telah berpengalaman baik guru maupun dosen tersertifikasi;
  • materi les/bimbel disampaikan secara interaktif dan menyenangkan oleh tutor/tenaga pengajar;
  • materi les/bimbel disesuaikan dengan karakteristik siswa dan gaya belajar mereka. Materi-materi pelajaran disampaikan melalui beragam sumber dan media, seperti media audio, audio-visual, penjelasan materi multi dimensi, berbasis game, serta media interaktif digital lainnya yang pastinya akan merangsang minat belajar siswa semakin meningkat;
  • Pastinya siswa tidak bosan belajar langsung maupun lewat aplikasi Brain Academy Online by Ruangguru, sebab bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja. Siswa bisa fleksibel menyesuaikan kapan mereka mengambil jam kursus di bimbel/les ini;
  • Jika pembelajaran dilakukan secara disiplin dan baik, tentu hal ini akan menambah rasa percaya diri maupun minat belajar siswa, sehingga berimbas pada mutu siswa itu sendiri dimana minat belajar meningkat, prestasi belajarpun makin terdepan.
  • teman-teman juga bisa cek pamflet di bawah ini agar semakin tahu manfaat jika belajar di Brain Academy by Ruangguru ini.

Beberapa manfaat di atas, tentunya bisa menjadi pertimbangan kita sebagai orang tua maupun guru yang hendak meningkatkan minat belajar siswa.

Karena seyogyanya, minat belajar siswa yang rendah tentu akan berkolerasi dengan hasil belajar yang rendah pula. Begitu juga sebaliknya, jika minat belajar siswa tinggi, maka hasil belajar siswa juga akan meningkat.

Meningkatnya minat belajar dan hasil belajar siswa atau anak-anak kita dalam kegiatan akademik adalah harapan besar kita sebagai orang tua untuk mereka yang notabene adalah calon pemimpin dan generasi penerus bangsa kita.

Karena orang tua dan guru yang cerdas adalah orang yang tidak pernah melupakan anaknya untuk tumbuh dan berkembang menjadi pribadi yang berprestasi. Tentunya melalui jalur pendidikan formal maupun non-formal yang dapat membekali anak-anak/siswa untuk menjadi insan berilmu.

Tentunya, mari kita arahkan untuk siswa dan anak-anak kita untuk mencoba mengikuti les/bimbel di Brain Academy Center maupun di aplikasi Brain Academy Online by Ruangguru ini, sehingga mereka nantinya akan menjadi siswa yang berprestasi dengan segudang ilmu yang dimiliki.

Sebagai siswa pastinya bisa dengan mudah untuk mendaftar Brain Academy menggunakan aplikasi Ruangguru yang bisa didownload di App Store dan Play Store. Temukan juga promo menariknya ya bagi kalian pendaftar hari ini. Jangan sampai terlewat kesempatan baik ini.

Oya, sampai disini dulu ya pembahasan tentang Brain Academy by Ruangguru, semoga ulasan ini bermanfaat untuk kalian teman-teman yang sedang mencari solusi bimbel terbaik yang bisa menghantarkan anak-anak maupun siswa kita sebagai pemimpin masa depan. Terima kasih.

Taggs:
32 Comments
  • Fenni Bungsu 7:39 pm 22 Maret 2023 Balas

    Dalam satu kelas pasti ada aja siswa yang kurang mumpuni, misalnya kurang oke dalam pelajaran eksakta, tetapi untuk pelajaran ilmu sosial malah tinggi. Sehingga perlu jeli mengimbanginya dengan ikut tambahan belajar salah satunya

    • Wahid Priyono 7:35 pm 24 Maret 2023 Balas

      Yups, bener banget kak perlu tambahan belajar/bimbel, misalnya dengan mencoba ikut belajar di Brain Academy by Ruangguru ini. Pembelajarannya seru, modern dan tidak membosankan pastinya.

  • Palupi 9:29 pm 22 Maret 2023 Balas

    Jadi inget masa sekolah dulu. Aku pas pelajaran biologi emang ngafal banget lho paaakkk. Hehehe….

    • Lia Yuliani 6:17 am 23 Maret 2023 Balas

      Tenaga pengajar juga perlu upgrade cara belajar biar lebih menyenangkan dan mudah dipahami muridnya. Dengan adanya bimbel baik online dan offline murid pasti terbantu banget memahami pelajaran dan berlatih soal-soal buat ujian sekolah maupun persiapan masuk kuliah

      • Wahid Priyono 7:30 pm 24 Maret 2023 Balas

        Yups, bener kak ikut bimbel/les online seperti di aplikasi Ruangguru ini maka akan bnyk yg didapatkan siswa, seperti prestasi belajar makin meningkat, kesulitan dan minat belajar rendah bisa teratasi dg baik.

    • Wahid Priyono 7:33 pm 24 Maret 2023 Balas

      Hehe, ya kadang belajar hafalan juga penting untuk melatih literasi mereka juga..

  • Maria Soemitro 10:26 pm 22 Maret 2023 Balas

    Saya juga selalu merekomendasikan Brain Academy kepada keponakan keponakan yang kebingungan
    Karena gak seperti zaman dulu, ortu bisa mendampingi anak anaknya dalam belajar, sekarang mah agak sulit terkadang repot dengan pekerjaan.

    • Wahid Priyono 7:32 pm 24 Maret 2023 Balas

      Iya kak Maria,, bagus deh klo sudah rekomendasiin ponakannya untuk belajar di Ruangguru. Coba juga Brain Academy -nya juga dong hehe…biar belajar ponakan kk makin lengkap 🙂

  • Parenting By Rey 10:55 pm 22 Maret 2023 Balas

    iya ya, zaman sekarang tuh minat belajar siswa jadi turun banget, saking banyaknya godaan yang bikin pelajaran jadi terasa super membosankan. Brain Academy beneran jadi solusi yang baik untuk siswa

    • Wahid Priyono 7:31 pm 24 Maret 2023 Balas

      Yups, Brain Academy by Ruangguru solusi siswa yg mengalami minat belajar rendah..

  • Suci 10:17 am 23 Maret 2023 Balas

    Kalau saya pribadi duluuu yang bikin semangat belajar salah satunya ya pola ajar yang diterapkan guru dan sikap gurunya. Semakin humoris gurunya saya semakin suka meski itu matematika atau pelajaran yang susah,hehee

    Serunya jadi pengajar ya, Mas. Ketemu ribuan murid tiap tahunnya dengan karakter berbeda-beda jadi bikin kita harus punya banyak trik mengajar yang asik.

    Semangat Pak Guru…

  • MUTIA RAMADHANI 10:19 am 23 Maret 2023 Balas

    Wah, guru biologi di SMA Yadika ternyata Mas Wahid. Ini samping rumah saya di Bekasi juga SMA Yadika. Hihihi. Besarrrr sekolahnya.

    Brain Academy sudah makin luas sekarang ya. Jaringan onlinenya apalagi. Usernya sudah tinggi.

    • Wahid Priyono 1:47 pm 23 Maret 2023 Balas

      Yups, bener kak, sy ngajar di SMA YADIKA Natar, Lampung Selatan. Memang bener kok kak, sekolah Yadika ini emang besar.

  • Taufiqur rahman 11:27 am 23 Maret 2023 Balas

    Salah satu yang dibenci oleh guru dan dosen adalah rendahnya minat belajar dari peserta didik.
    Asyik banget ya belajar di Ruangguru bisa menghadirkan wahana belajar yang menyenangkan…
    Mau dong ikutan buat anakku…

    • Wahid Priyono 7:28 pm 24 Maret 2023 Balas

      Yups, banyak siswa sy yg belajar di aplikasi Ruangguru, dan kata mereka merasa terbantu karena semakin paham pelajaran. Mereka juga bebas download soal, try out persiapan UTBK/PTS/dll.

  • Annie NUGRAHA 11:42 am 23 Maret 2023 Balas

    Biologi, Fisika dan Kimia. Tiga mapel yang memang butuh perjuangan lebih hahahaha. Gak gampang memang memancing minat murid untuk mendalami, meminati dan menguasai mapel ini.

    Jadi kalau ada solusi pengajaran di luar sekolah seperti Brain Academy ini, sepertinya bakal jadi solusi yang tepat. Apa yang disampaikan di sekolah bisa dilengkapi oleh sarana pengajaran di tempat yang lain. Saling melengkapi dan saling mendukung.

    • Wahid Priyono 7:26 pm 24 Maret 2023 Balas

      Yups, bener kak, semua kendala belajar siswa semua bisa diberikan solusi bersama Brain Academy by Ruangguru karena pembelajarannya menarik sesuai minat dan bakat siswa saat ini. Siswa jadi lebih enjoy belajarnya 🙂

  • Dian 12:07 pm 23 Maret 2023 Balas

    Brain Academy by Ruangguru, Solusi Rendahnya Minat Belajar Siswa ya mas
    Belajar bersama Brain Academy buat siswa semangat belajar.

    • Elisa 2:21 pm 23 Maret 2023 Balas

      Fasilitas Brain Academy Center keren banget ya.. apalagi metode belajar yang bisa menjadikan anak lebih aktif, komunikatif dan bisa belajar berdiskusi, belajar tentunya jadi lebih asik juga.

      • Wahid Priyono 7:23 pm 24 Maret 2023 Balas

        Yups, betul banget kak @Elisa, Brain Academy center dan Brain Academy onlinenya juga mantap tuk dijadiin tempat belajar bagi siswa dan anak2 kita agar semakin berprestasi.

    • Wahid Priyono 7:24 pm 24 Maret 2023 Balas

      Yups, bener banget kak Dian. Di aplikasi maka siswa yg terdaftar bebas untuk download soal dan bimbel langsung maupun secara online bersama master teacher yg handal dan profesional. Layak dicoba nih kak.. 🙂

  • lendyagassi 3:10 pm 23 Maret 2023 Balas

    MashaAllah~
    Perjuangan guru masa kini ya.. Di samping saingan dengan gadget yang tentunya lebih menarik, tentunya solusi terbaik adalah bekerjasama dengan memanfaatkan Brain Academy by Ruangguru yang banyak menawarkan metode pembelajaran menarik.

    • Wahid Priyono 7:21 pm 24 Maret 2023 Balas

      Yups, aplikasi Ruangguru keren dan lengkap untuk memfasilitasi siswa untuk belajar bersama tutor (master teacher) yg profesional dan berpengalaman di bidangnya. Siswa jadi mudah paham materi yg diajarkan.

  • REZA FAHLEVI 3:29 pm 23 Maret 2023 Balas

    Ruangguru selalu berinovasi mengikuti perkembangan belajar siswa saat ini termasuk Brain Academy ini jadi solusi kesulitan belajar mata pelajaran tertentu.

    • Wahid Priyono 7:19 pm 24 Maret 2023 Balas

      Yups, bener banget kak. Ruangguru emang jadi pilihan tepat bagi siswa yg memiliki kesilitan maupun minat belajar rendah.

  • Sugianto 5:08 pm 23 Maret 2023 Balas

    Brain Academy by Ruangguru ini kreatif dan inovatif dalam menyajikan pembelajaran. Jadi siswa bisa betul-betul bisa berproses dengan nyaman menerima materi yg diberikan.

    • Wahid Priyono 7:18 pm 24 Maret 2023 Balas

      Yups betul banget mas. Brain Academy by Ruangguru ini emang keren karena fasilitas belajarnya juga lengkap, jadi nyaman klo siswa/putra putri kita belajar disini.

  • Annisakih 8:10 am 28 Maret 2023 Balas

    Brain Academy ini solusi banget buat anak -anak yang lebih “percaya” gadget. Dukungan ortu juga perlu banget ya, daripada kuotanya habis buat main game aja mending dipakai buat belajar

    • Wahid Priyono 9:01 am 28 Maret 2023 Balas

      yups bener banget kak, kuota internet bagus untuk belajar saja, karena lebih bermanfaat. Apalagi untuk belajar di Brain Academy by Ruangguru pastinya semakin nambah prestasi belajar siswa.

  • Dea Vita Manda 2:54 am 2 April 2023 Balas

    Waktu denger ada Ruangguru ini yang pertama ada dalam pikiran saya adalah, wah andai zaman saya sekolah dulu ada aplikasi Ruangguru, karena menurut saya pembelajaran di Ruangguru cukup simple untu mudah dipahami.

    • Wahid Priyono 2:24 pm 7 April 2023 Balas

      Yups, bener kak, setidaknya bisa dong direkomendasiin ke saudara2/ponakan kakak untuk mengambil kursus di Brain Academy by Ruangguru ini. Semoga prestasi belajarnya makin meningkat…aamiin 🙂

Write a comment