Wahid Priyono

Bloger

Web Designer

Influencer

Freelancer

Teacher

Writer

Content Creator

Badminton Lovers

Wahid Priyono

Bloger

Web Designer

Influencer

Freelancer

Teacher

Writer

Content Creator

Badminton Lovers

#BlogPost

Contoh CP dan ATP BIOLOGI kelas X (10 SMA) Fase E Kurikulum Merdeka Terbaru

10 September 2022 Edukasi

Berikut ini contoh Capaian Pembelajaran (CP), Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) Biologi kelas X (10 SMA) Fase E Pada Kurikulum Merdeka Belajar:

CAPAIAN PEMBELAJARAN MATA PELAJARAN BIOLOGI SMA/MA FASE E

ElemenCapaian Pembelajaran
Pemahaman BiologiPada akhir fase E, peserta didik memiliki kemampuan menciptakan solusi atas permasalahan-permasalahan berdasarkan isu lokal, nasional atau global terkait pemahaman keanekaragaman makhluk hidup dan peranannya, virus dan peranannya, inovasi teknologi biologi, komponen ekosistem dan interaksi antarkomponen serta perubahan lingkungan.
Keterampilan prosesMengamati
Mampu memilih alat bantu yang tepat untuk melakukan pengukuran dan pengamatan. Memperhatikan detail yang relevan dari obyek yang diamati.Mempertanyakan dan memprediksi Mengidentifikasi pertanyaan dan permasalahan yang dapat diselidiki secara ilmiah. Peserta didik menghubungkan pengetahuan yang telah dimiliki dengan pengetahuan baru untuk membuat prediksi. Merencanakan dan melakukan penyelidikan Peserta didik merencanakan penyilidikan ilmiah dan melakukan langkah-langkah operasional berdasarkan referensi yang benar untuk menjawab pertanyaan. Peserta didik melakukan pengukuran atau membandingkan variabel terikat dengan menggunakan alat yang sesuai serta memperhatikan kaidah ilmiah. Memproses, menganalisis data dan informasi Menafsirkan informasi yang didapatkan dengan jujur dan bertanggung jawab. Menganalisis menggunakan alat dan metode yang tepat, menilai relevansi informasi yang ditemukan dengan mencantumkan referensi rujukan, serta menyimpulkan hasil penyelidikan. Mengevaluasi dan refleksi Mengevaluasi kesimpulan melalui Mengevaluasi kesimpulan melalui perbandingan dengan teori yang ada. Menunjukkan kelebihan dan kekurangan proses penyelidikan dan efeknya pada data. Menunjukkan permasalahan pada metodologi dan mengusulkan saran perbaikan untuk proses penyelidikan selanjutnya. Mengomunikasikan hasil Mengomunikasikan hasil penyelidikan secara utuh termasuk di dalamnya pertimbangan keamanan, lingkungan, dan etika yang ditunjang dengan argumen, bahasa serta konvensi sains yang sesuai konteks penyelidikan. Menunjukkan pola berpikir sistematis sesuai format yang ditentukan.  

ALUR TUJUAN PEMBELAJARAN

BIOLOGI SMA/MA

FASE E KELAS X

BAB 1 Keanekaragaman Hayati

Tujuan Pembelajaran

  1. perbedaan keanekaaragaman tingkat gen, jenis, dan ekosistem, serta tipe ekosistem.
  2. mengaitkan keanekaragaman hayati di Indonesia dengan fungsi dan manfaatnya.
  3. menganalisis penyebab-penyebab menghilangnya keanekaragaman hayati.
  4. mengidentifikasi ancaman kelestarian berbagai hewan dan tumbuhan khas Indonesia yang disusun dalam bentuk laporan kegiatan.
  5. mengklasifikasikan makhluk hidup berdasarkan ciri-cirinya.

Alur Tujuan Pembelajaran

Elemen: Pemahaman Biologi
Profil Pelajar Pancasila: Bernalar kritis, Mandiri, dan Kreatif
Capaian Pembelajaran: Peserta didik memiliki kemampuan menciptakan solusi atas permasalahan-permasalahan berdasarkan isu lokal, nasional atau global terkait pemahaman keanekaragaman makhluk hidup dan peranannya, virus dan peranannya, inovasi teknologi biologi, komponen ekosistem dan interaksi antarkomponen serta perubahan lingkungan.
Materi*Tujuan PembelajaranModul Ajar**JP
Tingkat Keanekaragaman HayatiPeserta didik dapat mengidentifikasi perbedaan keanekaragaman tingkat gen, jenis, dan ekosistem, serta tipe ekosistem.12  
Tipe Ekosistem1
Keanekaragaman Hayati IndonesiaPeserta didik dapat mengaitkan keanekaragaman hayati di Indonesia dengan fungsi dan manfaatnya.12
Menghilangnya Keanekaragaman HayatiPeserta didik dapat menganalisis penyebab-penyebab menghilangnya keanekaragaman hayati.14
Usaha Pelestarian Keanekaragaman HayatiPeserta didik dapat mengidentifikasi ancaman kelestarian berbagai hewan dan tumbuhan khas Indonesia yang disusun dalam bentuk laporan kegiatan.1
Klasifikasi Makhluk HidupPeserta didik dapat mengklasifikasikan makhluk hidup berdasarkan ciri-cirinya.12
TOTAL JAM PELAJARAN (JP)10

BAB 2 Virus

Tujuan Pembelajaran

  1. Peserta didik dapat menganalisis ciri-ciri virus berdasarkan kajian pustaka/teori.
  2. Peserta didik dapat membandingkan siklus litik dan siklus lisogenik pada reproduksi virus.
  3. Peserta didik dapat menjelaskan peranan virus dalam kehidupan berdasarkan pengalamannya dan kajian teori.
  4. Peserta didik dapat membuat daftar usulan tindakan preventif untuk meminimalkan dampak infeksi virus penyebab penyakit Covid-19, AIDS, SARS, herpes, cacar, flu burung, rabies, demam berdarah, campak, hepatitis, poliomielitis, chikungunya, dan influenza serta berani mengemukakannya melalui diskusi kelas.
  5. Peserta didik dapat menjelaskan viroid dan prion yang merupakan organisme berukuran lebih kecil dari virus.

Alur Tujuan Pembelajaran

Elemen: Pemahaman Biologi
Profil Pelajar Pancasila: Bernalar kritis, Mandiri, dan Bergotong-royong
Capaian Pembelajaran: Peserta didik memiliki kemampuan menciptakan solusi atas permasalahan-permasalahan berdasarkan isu lokal, nasional atau global terkait pemahaman keanekaragaman makhluk hidup dan peranannya, virus dan peranannya, inovasi teknologi biologi, komponen ekosistem dan interaksi antarkomponen serta perubahan lingkungan.
Materi*Tujuan PembelajaranModul Ajar**JP
Peserta didik dapat menganalisis ciri-ciri virus berdasarkan kajian pustaka/teori.21
21
Peserta didik dapat membandingkan siklus litik dan siklus lisogenik pada reproduksi virus.22
Peserta didik dapat menjelaskan viroid dan prion yang merupakan organisme berukuran lebih kecil dari virus.  24
Peserta didik dapat menjelaskan peranan virus dalam kehidupan berdasarkan pengalamannya dan kajian teori.2
Peserta didik dapat membuat daftar usulan tindakan preventif untuk meminimalkan dampak infeksi virus penyebab penyakit Covid-19, AIDS, SARS, herpes, cacar, flu burung, rabies, demam berdarah, campak, hepatitis, poliomielitis, chikungunya, dan influenza serta berani mengemukakannya melalui diskusi kelas.24
2. Pembiakan Virus
TOTAL JAM PELAJARAN (JP)12

BAB 3 Inovasi Teknologi Biologi

Tujuan Pembelajaran

  1. menganalisis pengertian inovasi teknologi biologi, bioteknologi konvensional dan modern, serta bioteknologi kondisi nonsteril dan steril.
  2. membuat produk makanan/minuman berbasis bioteknologi.
  3. menjelaskan mikroorganisme penghasil protein, zat-zat organik, enzim, vitamin, penghasil obat, penghasil energi, pembasmi hama tanaman (biopestisida), peternakan, pengolah limbah (bioremidiasi), bioplastik, dan pertambangan.
  4. menjelaskan prinsip kultur jaringan pada tumbuhan.
  5. menganalisis tahapan kloning embrio dan kloning transfer inti pada hewan, teknologi hibridoma, prinsip rekombinasi DNA, teknologi plasmid, dan organisme transgenik menggunakan diagram.      

Alur Tujuan Pembelajaran

Elemen: Pemahaman Biologi
Profil Pelajar Pancasila: Bernalar kritis, Mandiri, dan Kreatif
Capaian Pembelajaran: Peserta didik memiliki kemampuan menciptakan solusi atas permasalahan-permasalahan berdasarkan isu lokal, nasional atau global terkait pemahaman keanekaragaman makhluk hidup dan peranannya, virus dan peranannya, inovasi teknologi biologi, komponen ekosistem dan interaksi antarkomponen serta perubahan lingkungan.
Materi*Tujuan PembelajaranModul Ajar**JP
Pengertian BioteknologiPeserta didik dapat menganalisis pengertian inovasi teknologi biologi, bioteknologi konvensional dan modern, serta bioteknologi kondisi nonsteril dan steril.31
Bioteknologi Konvensional dan Modern31
Penggunaan Mikroorganisme dalam BioteknologiPeserta didik dapat membuat produk makanan/minuman berbasis bioteknologi.32
Peserta didik dapat menjelaskan mikroorganisme penghasil protein, zat-zat organik, enzim, vitamin, penghasil obat, penghasil energi, pembasmi hama tanaman (biopestisida), peternakan, pengolah limbah (bioremidiasi), bioplastik, dan pertambangan.
Kultur Jaringan pada TumbuhanPeserta didik dapat menjelaskan prinsip kultur jaringan pada tumbuhan.32
Kloning pada HewanPeserta didik dapat menganalisis tahapan kloning embrio dan kloning transfer inti pada hewan, teknologi hibridoma, prinsip rekombinasi DNA, teknologi plasmid, dan organisme transgenik menggunakan diagram.34
Rekayasa Genetika3
Pemanfaatan Rekayasa Genetika3
Dampak Negatif BioteknologiPeserta didik dapat menganalisis dampak negatif penerapan bioteknologi.32
TOTAL JAM PELAJARAN (JP)12

BAB 4 Komponen Ekosistem dan Interaksinya

Tujuan Pembelajaran

  1. Peserta didik dapat menganalisis peranan komponen-komponen ekosistem dalam aliran energi dan daur biogeokimia.
  2. Peserta didik dapat menjelaskan interaksi antara komponen biotik dan komponen biotik lainnya dalam ekosistem.
  3. Peserta didik dapat membedakan tipe piramida ekologi.
  4. Peserta didik dapat membuat media charta diagram rantai makanan dan jaring-jaring makanan.
  5. Peserta didik dapat membuat media charta daur biogeokimia (siklus nitrogen, siklus karbon, siklus sulfur, dan siklus fosfor) dari kajian literatur.

Alur Tujuan Pembelajaran

Elemen: Pemahaman Biologi
Profil Pelajar Pancasila: Bernalar kritis, Mandiri, dan Kreatif
Capaian Pembelajaran: Peserta didik memiliki kemampuan menciptakan solusi atas permasalahan-permasalahan berdasarkan isu lokal, nasional atau global terkait pemahaman keanekaragaman makhluk hidup dan peranannya, virus dan peranannya, inovasi teknologi biologi, komponen ekosistem dan interaksi antarkomponen serta perubahan lingkungan.
Materi*Tujuan PembelajaranModul Ajar**JP
Komponen EkosistemPeserta didik dapat menganalisis peranan komponen-komponen ekosistem dalam aliran energi dan daur biogeokimia4  2
Interaksi Antarkomponen EkosistemPeserta didik dapat menjelaskan interaksi antara komponen biotik dan komponen biotik lainnya dalam ekosistem42
Aliran EnergiPeserta didik dapat membuat media charta diagram rantai makanan dan jaring-jaring makanan42
Piramida EkologiPeserta didik dapat membedakan tipe piramida ekologi41
Produktivitas41
    
Daur BiogeokimiaPeserta didik dapat membuat media charta daur biogeokimia (siklus nitrogen, siklus karbon, siklus sulfur, dan siklus fosfor) dari kajian literatur44
TOTAL JAM PELAJARAN (JP)12

BAB 5 Perubahan dan Pelestarian Lingkungan Hidup

Tujuan Pembelajaran

  1. Peserta didik dapat menganalisis dan mengemukakan gagasan terkait pemecahan masalah perubahan lingkungan di daerahnya.
  2. Peserta didik dapat mengidentifikasi jenis-jenis limbah penyebab berbagai pencemaran.
  3. Peserta didik dapat memprediksi dampak negatif dari pencemaran udara di atmosfer terhadap bumi.
  4. Peserta didik dapat mengemukakan penanganan berbagai jenis limbah (cair, gas, padat, dan B3).
  5. Peserta didik dapat melakukan daur ulang limbah yang dapat bermanfaat bagi kehidupan.

Alur Tujuan Pembelajaran

Elemen: Pemahaman Biologi
Profil Pelajar Pancasila: Bernalar kritis, Mandiri, dan Kreatif
Capaian Pembelajaran: Peserta didik memiliki kemampuan menciptakan solusi atas permasalahan-permasalahan berdasarkan isu lokal, nasional atau global terkait pemahaman keanekaragaman makhluk hidup dan peranannya, virus dan peranannya, inovasi teknologi biologi, komponen ekosistem dan interaksi antarkomponen serta perubahan lingkungan.
Materi*Tujuan PembelajaranModul Ajar**JP 
Keseimbangan dan Perubahan Lingkungan HidupPeserta didik dapat menganalisis dan mengemukakan gagasan terkait pemecahan masalah perubahan lingkungan di daerahnya.52 
Pencemaran Lingkungan HidupPeserta didik dapat mengidentifikasi jenis-jenis limbah penyebab berbagai pencemaran.52 
Akumulasi Bahan Pencemar dalam Rantai MakananPeserta didik dapat memprediksi dampak negatif dari pencemaran udara di atmosfer terhadap bumi. 
Penanganan LimbahPeserta didik dapat mengemukakan penanganan berbagai jenis limbah (cair, gas, padat, dan B3).  56 
Peserta didik dapat melakukan daur ulang limbah yang dapat bermanfaat bagi kehidupan. 
Dinamika KomunitasPeserta didik dapat menganalisis dan mengemukakan gagasan terkait pemecahan masalah perubahan lingkungan di daerahnya.52 
Adaptasi dan Mitigasi terhadap Perubahan Lingkungan5 
TOTAL JAM PELAJARAN (JP)12

Untuk file lengkapnya, silakan bisa didownload/unduh pada berkas file di bawah ini:

Semoga informasi di atas bermanfaat untuk bapak/ibu guru Biologi se-Indonesia. Oya, jangan lupa sebarkan informasi ini ke teman-teman guru Anda yang lainnya agar keberkahan selalu tercurah pada kita semuanya, aamiin.

Taggs:
37 Comments
  • Juhairin 8:51 pm 22 September 2022 Balas

    Assalamualaikum, salam kenal saya dari Nusa Tenggara Barat Kab. Bima. ijin pak untuk membagikan atau sharing perangkat pembelajaran Biologi kelas 10 11 dan 12 Modul Ajar

    • Wahid Priyono 11:58 pm 22 September 2022 Balas

      Silakan pak, semoga bermanfaat ya untuk bpk/ibu guru semuanya, aamiin.

      • Suci 4:53 am 11 Oktober 2022 Balas

        Biologi ini mapel kesukaan saya waktu SMP.
        Sebab cara gurunya mengajar juga sangat santai dan gampang diterima otak. Saking bagusnya sampe saya hapal bener kalimat per kalimat yang beliau sampaikan. Alhasil nilai saya sempurna terus khusus di pelajaran biologi.

        • Wahid Priyono 10:04 am 13 Oktober 2022 Balas

          Sama kak, saya juga suka dengan mapel biologi SMA ini. Karena Biologi langsung mempelajari diri kitaa dan bumi yang kita huni… seru ya…

      • Ririn Mulyani 4:42 pm 4 November 2022 Balas

        Assalamualaikum wr.wb, Bapak mohon izin untuk mendownload perangkat pembelajaran. Terimaksih

        • Wahid Priyono 10:03 am 5 November 2022 Balas

          Hallo bu Rini, silakan didownload bu, semoga bermanfaat aamiin 🙂

  • YSalma 8:02 pm 10 Oktober 2022 Balas

    Sangat membantu banget bagi yang memerlukan materi Capaian Pembelajaran Biologi kelas 10 ini mas Wahid.
    Beda jauh kurikulum sekarang dengan saya waktu jadi pelajar SMA jurusan Biologi.

    • Sylviana 4:08 pm 11 Oktober 2022 Balas

      Salam sehat untuk para guru dan tenaga pengajar Indonesia 👍

    • Wahid Priyono 10:05 am 13 Oktober 2022 Balas

      Iya kak YSalma, oke siap…. semoga bermanfaat untuk para guru di Indonesia, khususnya untuk guru yag mengampu mapel Biologi di SMA/MA/sederajat…

  • Fenni Bungsu 8:24 pm 10 Oktober 2022 Balas

    Jadi inget waktu SMU di jurusan IPA belajar tentang virus daku ndak mudeng hehe, apalagi pas bagian menghapal nama latinnya sesuatu banget

    • Wahid Priyono 10:06 am 13 Oktober 2022 Balas

      Hehe, iya kak, memang harus siap menghafal nama-nama latin untuk virus dll.

  • Maria G 9:28 pm 10 Oktober 2022 Balas

    serasa jadi anak SMA lagi, hehehe
    3 mata pelajaran yang paling saya sukai: Biologi, Matematika dan Sejarah
    Berbekal pengetahuan tersebut, sekarang saya bisa jadi trainer pengelola sampah

    • Wahid Priyono 10:08 am 13 Oktober 2022 Balas

      Alhamdulillah, jika ibu masih suka dengan Biologi… karena jujur memang biologi mempelajari diri kita dan bumi yang kita huni (lingkungan).

  • Mpo Ratne 12:03 am 11 Oktober 2022 Balas

    Makin banyak yang sharing maka makin tahu sistem pengajaran di era sekarang. Jaman Mpo pakai GBSA (cara belajar siswa aktif)

  • eureka-pedia 5:20 am 11 Oktober 2022 Balas

    Diagram dan alur pembelajaran untuk mapel biologi akan membantu guru dan siswa belajar dengan baik

    • Leha Barqa 9:02 am 11 Oktober 2022 Balas

      Terakhir belajar Biologi ketika SMP Krn aku lanjut ke Sekolah Kejuruan Ekonomi, jadi udah banyak yg lupa hehehe. Makasih banyak mas sharing nya, smoga dpt membantu guru dan siswa dalam mapel Biologi.

  • Naqiibatin Nadliriyah 12:56 pm 11 Oktober 2022 Balas

    Mantap untuk Capaian Pembelajaran sama ATP nya komplit, Pak. Bedanya kurikulum merdeka sama kurikulum sebelumnya di mana ya, Pak? Jujur, kadang ntuh bingung 😀

    • Wahid Priyono 10:21 am 13 Oktober 2022 Balas

      Makasih bu, semoga contoh CP dan ATP di atas bisa bermanfaat untuk para guru Biologi di Indonesia yang sedang menerapkan kurikulum merdeka.

  • Sugianto 1:35 pm 11 Oktober 2022 Balas

    Keren, ini bakal bermanfaat banget bagi guru-guru lainnya, bisa menjadi contoh dalam penyusunan CP juga. Pak Wahid Joss.

    Dulu waktu SMP Biologi adalah salah stau pelajaran yang saya suka. SMK ga pernah belajar lagi karena beda jurusan.hehe

  • Dian Restu Agustina 3:23 pm 11 Oktober 2022 Balas

    Terima kasih Mas..berasa baca pelajaran saya. Dulu saya SMA jurusan Biologi – tahun 1991-1994 ada penjurusan Fisika, Biologi, Sosial 😊
    Btw, kakak saya di Kediri guru Biologi SMA, saya bagikan ke Kakak ya artikelnya..

    • Wahid Priyono 10:20 am 13 Oktober 2022 Balas

      Silakan kak Dian, bisa dibagikan informasi ini ke rekan-rekan guru Biologi yang lainnya. Mudah-mudahan bisa bermanfaat demi pendidikan Indonesia yang jauh lebih baik dan berkaulitas. Aamiin.

  • Fania surya 3:31 pm 11 Oktober 2022 Balas

    Belajar Biologi dulu suka cuma gak sukanya harus ngafalin banyak2 istilah ya. Sekarang sudah banyak lupa teori biologi. Hehe

    • Mutia Ramadhani 12:11 pm 12 Oktober 2022 Balas

      Hehehe, sama mba, tipikal penghapal ya kita. Aku soalnya selama kuliah memang cenderung lebih banyak menghapal.

  • lendyagassi 5:09 pm 11 Oktober 2022 Balas

    Kurikulum merdeka membuat para guru tidak lagi aktif mengajar melainkan membuatkan materi sebagai pemantik anak-anak zaman sekarang untuk bisa berpikir kritis konstruktif.
    Baiknya, anak sekarang tidak terlalu banyak catatan.
    Gak baiknya, kalau terlewat, reviewnya kudu baca buku literatur kembali.

    • Wahid Priyono 10:19 am 13 Oktober 2022 Balas

      Maaf kak, tetap aktif mengajar, tapi anak-anak lebih diarahkan ke berbagai projek pembelajaran yang inovatif, kreatif, dan menyesuaikan dengan teknologi digital saat ini.

  • Yuni Bint Saniro 4:24 am 12 Oktober 2022 Balas

    Astaga. Kirain CP tu apaan? Ternyata capaian pembelajaran. Wah ini cocok buat saudaraku yang guru nih. Biar jadi bahan bacaan.

    • Wahid Priyono 10:18 am 13 Oktober 2022 Balas

      Iya bu Yuni, CP itu Capaian Pembelajaran. Itu istilah baru sih di Kurikulum Merdeka. Hanya transformasi istilah saja Tujuan Pembelajaran ke Capaian Pembelajaran. Pada dasarnya sama.

  • Mutia Ramadhani 11:58 am 12 Oktober 2022 Balas

    Sejak anakku sekolah, aku baru benar-benar mendalami kurikulum merdeka di berbagai level, sampai kuliah. Duh Mas Wahid, di bangku kuliah apa gak terlalu bebas yaaaa kurikulum ini. Agak ngeri-ngeri sedap saya melihatnya, khususnya ketika guru atau dosen harus merekognisi siswa atau mahasiswanya sudah mendapatkan SKS yang oke dengan magang di luar dan sudah diklaim bahwa si anak telah menguasainya. BTW, aku suka banget biologi, makanya dulu masuk fakultas kehutanan dan nongkrong di departemen konservasi sumber daya hutan. Hihihihi.

    • Wahid Priyono 10:14 am 13 Oktober 2022 Balas

      Kalau di bangku kuliah sepertinya kurikulum merdeka ini lebih kompleks sih, karena tuntutannya lebih ke teknologi informasi dan juga kreativitas, inovasi.

  • Andy Hardiyanti 8:36 pm 12 Oktober 2022 Balas

    Baca poin-poin di atas jadi keingat memori sekolah dulu. Bagaimana serunya ya kalau di zaman itu udah menerapkan kurikulum merdeka. Hmmm..

    • Wahid Priyono 10:12 am 13 Oktober 2022 Balas

      Yups, lebih kompleks dan waktu belajarnya lebih jauh untuk kurikulum merdeka ini. Jujur sih lebih capek hehe…

  • Katerina 9:03 am 13 Oktober 2022 Balas

    Berasa balik lagi ke zaman SMP dan SMA 😀
    Trims sharingnya Mas Wahid. Lengkap sekali Capaian Pembelajaran sama ATP nya ini. Coba aku share ke rekan sesama guru ya.

    • Wahid Priyono 10:12 am 13 Oktober 2022 Balas

      Iya makasih kak Katerina atas apresiasinya. Yups, saya juga mau berbagi untuk guru-guru yang lain, tentap capaian pembelajaran dan ATP Biologi SMA. Semoga bisa membantu guru sebagai referensi untuk membuat CP dan ATP Biologi di Kurikulum Merdeka ini.

  • Sapti Nurul Hidayati 9:47 pm 14 Oktober 2022 Balas

    Bermanfaat ini, jadi ada gambaran bagi siswa dan juga guru mengenai hal-hal yang harus dikuasai dan diajarkan dalam kurikulum merdeka yang diterapkan.

  • eswa 2:33 pm 20 Oktober 2022 Balas

    sangat bermanfaat, sangat membantu….terima kasih pa Wahid

    • Wahid Priyono 7:09 pm 20 Oktober 2022 Balas

      Sama2 bu, semoga bermanfaat untuk guru biologi atau IPA semuanya.

Write a comment