Wahid Priyono

Bloger

Web Designer

Influencer

Freelancer

Teacher

Writer

Content Creator

Badminton Lovers

Wahid Priyono

Bloger

Web Designer

Influencer

Freelancer

Teacher

Writer

Content Creator

Badminton Lovers

#BlogPost

Upaya APRIL Mendukung Presidensi P20-G20 Untuk Ekonomi Hijau di Indonesia Pasca Krisis Global

5 Agustus 2022 Lingkungan

Pada gelaran Presidensi P20-G20 Indonesia tahun 2022 yang dihadiri oleh negara anggota, maka telah melahirkan beberap isu penting yang perlu menjadi perhatian kita bersama. Isu prioritas tahun ini mencakup beberapa hal yakni pembangunan berkelanjutan dan ekonomi hijau, ekonomi inklusif dan masyarakat yang kuat, parlemen efektif dan demokrasi yang kuat, serta kesetaraan gender dan pemberdayaan perempuan. Pemilihan isu prioritas P20-G20 ini rupanya tepat dengan kondisi saat ini sebagai upaya mitigasi dan pengentasan permasalahan global pasca krisis, serta sesuai dengan peran efektif parlemen dalam menyokong demokrasi ekonomi yang berkelanjutan.

Pembangunan Berkelanjutan dan Ekonomi Hijau

Sebenarnya konsep ekonomi hijau adalah motor penggerak pembangunan berkelanjutan. Prinsip utamanya yaitu memenuhi kebutuhan sekarang tanpa harus mengorbankan pemenuhan kebutuhan generasi di masa depan. Poin pentingnya adalah “ramah lingkungan”.

Menurut United Nations Environment Programme (UNEP), ekonomi hijau adalah sekonomi yang meningkatkan taraf hidup dan sekaligus keadilan sosial, seraya tetap mengurangi secara signifikan risiko lingkungan dan tertabraknya ambang ekologis (lihat: sumber). 

Sumber gambar: aprilasia.com

Ekonomi hijau dapat juga diartikan sebagai perekonomian yang lebih ramah lingkungan karena rendah/tidak menghasilkan emisi karbondioksida yang dapat mencemari lingkungan, irit sumber daya alam serta berkeadilan sosial.

Adapun ciri utama ekonomi hijau yang membedakan dengan gagasan ekonomi lain yakni penilaiannya langsung terhadap modal alami serta jasa ekologis (nilai ekonomi). Akuntansi biaya yang diwujudkan ke dalam masyarakat dapat ditelusuri secara langsung, kesatuan yang tidak mengabaikan aset dan tak membahayakan.

Contoh aplikasi ekonomi hijau yang bisa kita lakukan sehari-hari :

  • Mengurangi emisi gas karbondioksida dengan rutin menaman tanaman perkebunan (sayur-mayur, buah-buahan, dan lain-lain) di sekitar rumah;
  • Pengurangan efek gas rumah kaca dan bahan pencemar;
  • Pembuatan program reboisasi lahan di sekitar tempat tinggal maupun lingkungan kerja;
  • Menciptakan Industri (UKM/UMKM) yang berwawasan lingkungan sehingga dapat mencegah kerugian akibat pencemaran yang mungkin dapat terjadi.

Dalam konteks masyarakat modern saat ini, ternyata banyak masyarakat kita yang masih “rakus” dan semuanya hanya semata-mata dipandang sebagai bisnis/materi sehingga melupakan lingkungan yang membersamainya. Sering kita jumpai kenyataan bahwa eksploitasi sumber daya alam secara besar-besaran dan mengancam kehidupan. Pembangunan nasional yang hanya bertumpu kepada pertumbuhan produksi terbukti memperbaiki ekonomi, tetapi gagal di bidang lingkungan maupun sosial. Contohnya terjadi global warming (efek rumah kaca, kekeringan, petani gagal panen, krisis iklim dan air bersih, kelangkaan bahan pangan, harga-harga bahan makanan pokok melambung tinggi, dan lain sebagainya). Selain itu, dampak paling mengerikan saat ini karena berkurangnya hutan serta musnahnya biodiversitas yang ada di dalamnya. Selain itu, adanya kesenjangan sosial rata-rata pendapatan antara penduduk negara kaya dengan negara miskin.

Konsep ekonomi hijau yang dikonsep secara bersama pada rapat presidensi P20-G20 beberapa waktu lalu, sangat diharapkan menjadi jalan keluar dari permasalahan di atas. Bisa menjadi konektivitas antara pembangunan berkelanjutan, keadilan sosial bagi seluruh rakyat, aktivitas ramah lingkungan serta irit sumber daya alam (SDA). Maka, green economy dalam pembangunan berkelanjutan sangat perlu untuk dilakukan karena:

  • Mendukung demokrasi ekonomi masyarakat;
  • Pembangunan manusia beradab serta berwawasan lingkungan;
  • Pengelolaan energi dan sumber daya alam yang irit dan berkeadilan sosial;
  • Regulasi serta kebijakan pemerintah yang bersih dari KKN serta keberpihakan kepada masyarakat;
  • Pemberdayaan UKM/UMKM untuk membangun jiwa entrepreneurship di kalangan masyarakat lokal sehingga mengurangi pengangguran.

Upaya APRIL Mendukung Presidensi P20-G20 Untuk Ekonomi Hijau dan Pembangunan Berkelanjutan

APRIL Group memiliki target jelas dalam setiap bisnis yang dilakukannya. Bisnis tidak hanya sebatas soal materi (uang), tapi lebih dari itu. Bisnis harus relate dengan pelestarian lingkungan hidup.

Please wait while flipbook is loading. For more related info, FAQs and issues please refer to DearFlip WordPress Flipbook Plugin Help documentation.

Sejak didirikannya 30 tahun lalu hingga sampai hari ini, pihak APRIL Group terus berkomitmen penuh untuk mengembangkan bisnis berkelanjutan (Sustainability) sesuai dengan visi APRIL2030. Dalam visi APRIL2030 ini bertujuan memberikan dampak positif kepada iklim, alam, dan masyarakat sembari tetap tumbuh menjadi perusahaan yang senantiasa memperhatikan aspek keberlanjutan dalam satu dekade ke depan.

Selain itu, pembangunan fasilitas baru APRIL yang berlokasi di Riau Kompleks PT Riau Andalan Pulp and Paper (RAPP) diharapkan dapat mendukung laju pembangunan dan pemulihan ekonomi Indonesia pasca pandemi Covid-19 melalui diversifikasi produk hilir yang berkelanjutan dan bernilai tambah tinggi. Diversifikasi produk hilir sejalan dengan kebijakan APRIL dalam pengelolaan hutan yang berkelanjutan atau Sustainable Forest Management Policy (SFMP) 2.0. Investasi ini tentu berkontribusi pada pencapaian komitmen APRIL2030, termasuk nol emisi bersih dari penggunaan lahan, zero net loss dari kawasan konservasi, capaian positif keanekaragaman hayati serta menghapus kemiskinan ekstrim pada masyarakat di sekitar wilayah operasional (lihat: sumber).

Taggs:
30 Comments
  • Julia Pasca 8:24 pm 6 Agustus 2022 Balas

    Sebenarnya perempuan itu bisa jadi sosok yang bisa diandalkan terutama dalam pemilihan sampah rumah ya, kak. Dari yang terdekat saja dengan kehidupan saya. Salah satunya dengan mengompos. Pemilahan dan pemilihan sampah organik dan anorganik. Bisa juga kan ya menjadi langkah untuk menghijaukan bumi, bener kan ya kak?

    • Wahid Priyono 11:34 am 9 Agustus 2022 Balas

      Iya betul kak, menghijaukan bumi melalui kegiatan reboisasi lahan/hutan bisa dilakukan dari lingkungan sekitar rumah, tentu dengan usaha kita bersama maka lingkungan akan semakin asri.

  • Maria G 9:12 pm 6 Agustus 2022 Balas

    keren banget terobosan APRIL Group ya?
    Sebetulnya ini sama-sama menguntungkan lho
    Kehidupan planet dan mahluk hidupnya berkelanjutan
    sementara produk APRIL Group diterima di perdagangan Eropa.

    • Wahid Priyono 11:36 am 9 Agustus 2022 Balas

      Iya betul kak Maria, terobosan dari APRIL Group ini memang bagus sekali ya, saya pun sebagai penulis blog juga bangga dengan APRIL Group yang masih balance antara bisnis dan pelestarian lingkungan, termasuk hutan dll. Keren…

      • Suci 1:45 pm 11 Agustus 2022 Balas

        Oh ini sama dengan yang program discoverapril itu yaa?

        Seneng deh banyak organisasi yang fokus sama keberlangsungan alam. Program2 kerjanya juga bagus2.

        Smoga banyak grup/organinasi serupa yang memerhatikan alam. Kasian anak cucu nanti kalau alam kian habis….

  • Fenni Bungsu 11:16 am 7 Agustus 2022 Balas

    Ekonomi sangat baik untuk ditingkatkan, tapi bener itu untuk memerhatikan juga lingkungan, jangan sampai malah emisi karbonnya yang meningkat

    • Wahid Priyono 11:39 am 9 Agustus 2022 Balas

      Iya betul kak, selama ini emisi gas karbon baik sisa respirasi makhluk hidup, dari emisi gas industri/kendaraan yang ada di atmosfer yang menyebabkan beragam permasalahan lingkungan, global warming serta perubahan iklim yang ektrem. Maka tugas kita bersama untuk mengatasi masalah ini secara bersama-sama.

      • Suci 1:47 pm 11 Agustus 2022 Balas

        Oh ini sama dengan yang program discoverapril itu yaa?

        Seneng deh banyak organisasi yang fokus sama keberlangsungan alam. Program2 kerjanya juga bagus2.

        Smoga banyak grup/organinasi serupa yang memerhatikan alam. Kasian anak cucu nanti kalau alam kian habis….

  • Wahyuindah 12:42 pm 7 Agustus 2022 Balas

    Ekonomi hijau memang selalu menarik untuk dibahas. Isu lingkungan yang dekat dengan keseharian kita namun banyak yang masih acuh dan tak peduli. Sudah saatnya kita bergerak menyelamatkan bumi dimulai dari diri sendiri dulu.

    • Wahid Priyono 11:42 am 9 Agustus 2022 Balas

      Iya kak, di Presidensi P20/G20 menjadi topik perbincangan menarik antara negara anggota tersebut untuk menyikapi permasalahan lingkungan/perubahan iklim yang berpengaruh ke berbagai bidang kehidupan.

  • BayuFitri 1:41 pm 7 Agustus 2022 Balas

    Pentingnya menjaga keseimbangan alam dengan melestarikan hutan ya kak karena manusia sangat bergantung dengaan keberadaan hutan sebagai penghasil oksigen terbesar di bumi

    • Wahid Priyono 11:28 am 9 Agustus 2022 Balas

      Betul sekali kak Bayu, bahwa hutan adalah sumber kehidupan, sebagai laboratorium alam, penjaga stabilitas air dan udara di bumi, serta sebagai pengendali beragam permasalahan iklim yang ada saat ini.

  • Siti Rogayah 1:57 pm 7 Agustus 2022 Balas

    Untuk mewujudkan itu semua pasti harus dibutuhkan kesadaran bersama terutama kesadaran dari diri sendiri. Apalagi hal yang diinginkan itu untuk mewujudkan yang terbaik terutama upaya yang dilakukan dari APRIL Group demi keberlangsungan dan berjalannya dalam mendukung Presidensi P20-G20 Untuk Ekonomi Hijau. Jadi kalau itu berhasil pasti yang merasakan dampak yang baik juga kita semua. Karena tidak ada sesuatu yang dilakukan itu yang salah dan tidak ada manfaatnya. Pasti ada banyak manfaat yang bisa kita dapatkan. Semoga dapat terwujud.

    • Wahid Priyono 11:44 am 9 Agustus 2022 Balas

      Yups betul kak, kesadaran diri sendiri untuk peduli dan cinta lingkungan perlu kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari. Bahkan dalam bidang bisnis juga kita harus tetap menunjukkan bisnis yang ramah lingkungan seperti APRIL Group ini.

  • Lia Yuliani 2:25 pm 7 Agustus 2022 Balas

    Ternyata APRIL Group sudah 30 tahun sejak didirikan. Memang benar gerakan untuk menjaga kelestarian lingkungan bisa dimulai dari ruang lingkup terkecil yaitu keluarga.

    • Wahid Priyono 11:47 am 9 Agustus 2022 Balas

      Iya setahu saya juga gitu kak, usia APRIL Group sudah 30 tahunan. Artinya APRIL Group semakin dewasa dan pastinya terobosan dalam bisnisnya yang ramah lingkungan sangat saya apresiasi. Karena jarang2 lho ada bisnis lain yang seperti APRIL Group yang mau merelevankan antara bisnis dan pelestarian lingkungan. hidup. APRIL Group sudah menunjukkan bukti cintanya pada lingkungan. Keren banget sih 🙂

  • Lia Yuliani 2:26 pm 7 Agustus 2022 Balas

    Memang benar untuk menjaga kelestarian lingkungan bisa dimulai dari diri sendiri dan keluarga. APRIL Group ini ternyata Sudah 30 tahun sejak didirikan, saya baru tahu soalnya

  • Sumiyati Sapriasih 4:26 pm 7 Agustus 2022 Balas

    semoga upaya APRIL Group ini sangat mendukung untuk ekonomi yang lebih hijau, hindari pengrusakan bumi ya

    • Wahid Priyono 11:51 am 9 Agustus 2022 Balas

      Iya kak saya juga setuju dengan upaya APRIL Group dalam mendukung ekonomi hijau. Dan ini juga sejalan dengan program pemerintah yang sedang menjalankan green economy secara global.

  • lendyagassi 4:40 pm 7 Agustus 2022 Balas

    Aku jadi merasa, kak.. Bahwa benar sekali kalau manusia masih serakah dengan apa yang ada di sekitarnya. Dengan kesadaran yang dimulai dari diri sendiri, semoga kita bisa menjaga lingkungan dan mewariskannya untuk anak cucu cicit di masa depan.

    • Wahid Priyono 11:53 am 9 Agustus 2022 Balas

      Iya kak, memang penting sekali menunjukkan sikap peduli lingkungan dan tidak serakah mengeploitasi SDA secara besar-besaran tanpa adanya konservasi lahan/hutan secara berkelanjutan.

      • lendyagassi 3:11 pm 11 Agustus 2022 Balas

        Ekonomi Hijau membuat kita semua harus memikirkan dampak apa yang kita lakukan di setiap keputusan yang kita ambil, terutama bila itu yang berkaitan dengan alam.

        Sungguh konservasi ini membutuhkan waktu yang gak instan juga yaa.. Perhitungan yang tepat harus dilakukan demi masa depan dunia.

  • Annie Nugraha 9:26 am 11 Agustus 2022 Balas

    Suka banget dengan kata EKONOMI HIJAU. Dan jika ditelusuri dan dimaknai dengan baik, konsep, visi dan misi dari ekonomi hijau ini luas banget ya Mas. Tapi yang pasti, jika benar-benar dijalankan oleh semua stakeholders yang terkait dengan ekonomi dan pelestarian lingkungan, efeknya berkesinambungannya agar sangat terasa. Tentu saja dengan konsistensi dan dukungan dari berbagai pihak.

  • Maria G 10:04 am 11 Agustus 2022 Balas

    keren komitmennya
    sudah seharusnya sih ya? Bahkan seluruh perusahaan di Indonesia harus mengikuti langkah APRIL Group menuju ekonomi hijau, jika ingin bisnisnya berkelanjutan

  • Reyne Raea 11:14 am 11 Agustus 2022 Balas

    Inovasi yang sangat menarik ya dari APRIL Group, kolaborasi yang saling menguntungkan juga terutama bagi dampaknya yang insha Allah positif buat lingkungan kita 🙂

  • Dian Restu Agustina 11:14 am 11 Agustus 2022 Balas

    Salut pada korporasi seperti APRIL Group yang sejak 30 tahun lalu hingga kini, terus berkomitmen penuh untuk mengembangkan bisnis berkelanjutan. Semoga bisa menginspirasi berbagai pihak untuk mengikuti langkah yang sama demi ekonomi hijau di Indonesia

  • Ira Hamid 11:25 am 11 Agustus 2022 Balas

    masalah lingkungan ini memang masalah yang melibatkan semua orang yaa karena berkaitan dengan kelangsungan hidup kita semua

  • Fenni Bungsu 11:35 am 11 Agustus 2022 Balas

    Mantap ini yang dilakukan APRIL Group, apalagi untuk program sustainable-nya dan bagaimana untuk tetap menjaga bumi lestari dengan penghijauan. Semangat selalu.

  • Ria Rochma 12:31 pm 11 Agustus 2022 Balas

    ekonomi hijau memang dimulai sejak dari lingkup rumah tangga ya, Mas. Dengan begitu, akan mudah membentuk pribadi yang peduli dengan kondisi hijaunya bumi.
    dan yang sudah dilakukan oleh APRIL Group ini, saya suka sekali. Termasuk tidak melakukan penebangan liar.

  • Ida Wahyuni 6:00 pm 11 Agustus 2022 Balas

    Ini yang perlu kita galakkan saat ini ya kak, karena bumi sudah semakin panas dan apabila tidak kita ubah cara kita hidup, maka tidak tahu lagi apa yang akan terjadi 20-30 tahun kedepan. Mulai dari hal kecil seperti kurangi penggunaan plastik adalah langkah awal yang bisa kita ambil

Write a comment