Wahid Priyono

Bloger

Web Designer

Influencer

Freelancer

Teacher

Writer

Content Creator

Badminton Lovers

Wahid Priyono

Bloger

Web Designer

Influencer

Freelancer

Teacher

Writer

Content Creator

Badminton Lovers

#BlogPost

Apical Group Bantu Pemberdayaan Masyarakat dan Generasi Muda Indonesia Agar Lebih Melek Penggunaan Minyak Nabati Berkelanjutan

17 Desember 2022 Blog Competition

Saat saya pergi ke Supermarket dan membeli minyak goreng, ternyata pada deretan rak yang berisi aneka macam jenis minyak, saya tertarik dengan merek “Harumas”, kemudian saya melihat sejenak kemasannya, dan saya temukan ada label/merek perusahaan yang membuatnya yaitu Apical Group. Setelah coba saya searching di internet, rupaya produk-produk Apical Group ini sudah bersertifikat Hazard Analysis Critical Control Point (HACCP) sehingga produknya sangat aman untuk dikonsumsi. Selain itu, pada kemasan luarnya juga saya temukan ada logo sertifikat halal dari Majelis Ulama Indonesia (MUI), sehingga produk ini halal dan layak konsumsi. Sehingga tanpa berpikir panjang, saya langsung check out produk ini ke keranjang belanja saya.

Sesampainya di rumah saya coba gali lebih dalam untuk produk minyak goreng ini melalui beberapa sumber internet, dan sesuai tebakan saya benar bahwa Apical ini memang perusahaan minyak kelapa sawit terbesar di Indonesia yang memproduksi banyak sekali kebutuhan manusia mulai dari bangun pagi sampai pergi tidur kembali.

Itu artinya bahwa, dari buah kelapa sawit bisa diambil sarinya, seperti CPO (Crude Palm Oil), berbagai macam PPO (Olahan Kelapa Sawit) dan PPKO (Olahan Inti Sawit). Dari CPO, PPO, dan PPKO inilah bisa dirinci lebih detail untuk menjadi produk turunan sawit yang berguna untuk memenuhi kebutuhan kita sehari-hari.

Vegetable oils, such as palm oil, can be found in everyday products such as food, toothpaste, and the biofuel that drives our vehicles“.

Source: https://www.apicalgroup.com/media-resources/articles/poweredbypalmoil/?utm_source=facebook&utm_medium=sm&utm_campaign=Facebook%20New%20Powered%20by%20Palm%20Oil%20Irma%20Setyowati%20Quote

Contoh produk turunan minyak sawit yang dibuat oleh Apical Group untuk memenuhi kebutuhan kita sehari-hari mulai dari bangun pagi sampai pergi tidur lagi antara lain margarin, mie instan, pengemulsi, shortening dan lemak khusus, oleokimia, sabun, deterjen, sampo, bahan dasar pasta gigi, pelembut kain, gliserin, minyak goreng nabati yang sudah terfortifikasi dengan vitamin A seperti produk Harumas yang saya beli ini.

BACAAN LAINNYA:  5 Kontribusi Kurikulum Internasional Terhadap Sistem Pendidikan di Indonesia

Adanya fortifikasi vitamin A pada minyak goreng ini tujuannya untuk mencegah kekurangan vitamin A (KVA) serta infeksi pada bayi, balita dan anak-anak di Indonesia. Bahkan, seperti sumber yang saya kutip dari kompas.com menyebutkan bahwa Minyak goreng adalah bahan pangan yang hanya mengandung lemak. Dengan fortifikasi vitamin A pada minyak goreng di sejumlah negara dapat menurunkan 25 persen angka kematian bayi dan anak balita akibat infeksi. Fortifikasi ini sangat penting diterapkan oleh produsen minyak terbesar seperti Apical Group ini.

Bahkan, dari turunan kelapa sawit bisa menghasilkan minyak sawit merah (Red Palm Oil) yang sangat bagus karena memiliki kandungan lemak jenuhnya rendah dan sangat menyehatkan.

Selain itu, dihasilkan juga biodisel dari buah kelapa sawit. Dimana biodisel ini adalah produk turunan sawit yang dimanfaatkan untuk menggantikan diesel untuk keperluan sumber energi dan transportasi yang lebih ramah lingkungan dan berkelanjutan (Sustainability). Hal ini juga disampaikan oleh pembalap Nasional (The Car Racer) Ryan Haryanto yang mengatakan bahwa:

Teknologi telah membuat kemajuan besar dalam dunia olahraga ini…seperti penggunaan tenaga listrik dan biodisel…Hal ini baik bagi lingkungan, aman dan terbarukan

Mari simak kutipan pernyataan resmi Ryan Haryanto pada video di bawah ini:

Sebenarnya, Apical Group ini telah lama mengadopsi aksi-aksi Sustainability pada perusahaannya. Perusahaan ini mempunyai passion positif terhadap Sustainable Development Goals (SDGs) yang telah dianggap sebagai gen perusahaan ini. Hal ini tentu saja selaras dengan visi ekonomi hijau (Green Economy) yang menjadi prioritas pemerintah dalam Presidensi G20 Indonesia.

Secara pengertiannya, bahwa Ekonomi hijau merupakan kegiatan ekonomi rendah karbon, bertanggungjawab dalam menggunakan sumber daya alam secara bijak dan berkelanjutan (Sustainability), serta mampu menciptakan kesejahteraan sosial. Ekonomi hijau nantinya diharapkan mampu mengurangi kemiskinan di tengah-tengah masyarakat, menciptakan inklusi sosial serta menjaga kelestarian lingkungan sesuai target SDGs 2030.

Tentu saja dalam hal ini, pemerintah tidak bisa bekerja sendiri untuk mewujudkan ekonomi hijau. Pastinya akan dibutuhkan kerjasama semua pihak, terutama oleh perusahaan swasta yang bergerak di bidang/sektor riil ekonomi, seperti Apical .

BACAAN LAINNYA:  Beginilah Cara Saya Menghadapi Toxic People di Tempat Kerja Agar Mood dan Kesehatan Mental Tidak Rusak

Dukungan Apical terhadap visi ekonomi hijau Indonesia dilakukan melalui Apical2030. Program ini setahu saya telah diluncurkan sejak 2020 lalu.

Apical2030 berisi serangkaian aksi nyata untuk berkontribusi positif pada aksi iklim, kemitraan transformatif, inovasi hijau serta pengembangan masyarakat melalui sistem pemberdayaan selama sepuluh tahun kedepan sejak diluncurkan. Program ini tentunya telah disesuaikan dengan pilar-pilar SDGs Indonesia serta target yang ditetapkan terkait erat dengan filosofi bisnis dari Apical Grup itu sendiri yaitu 5C (good for community, country, climate, customer, company), tujuan Lingkungan, Sosial dan Tata Kelola (LST), dan sembilan (9) dari Tujuan Pembangunan Berkelanjutan Perserikatan Bangsa-Bangsa (UNSDG).

Adapun empat (4) pilar SDGs dalam Apical2030, meliputi:

  • Kemitraan transformatif (Transformative Partnerships);
  • Aksi iklim (Climate Action);
  • Inovasi hijau (Green Innovation);
  • Kemajuan inklusif (Inclusive Progress) dalam kurun waktu 10 tahun ke depan.

2021 adalah tahun pertama realisasi Apical2030. Ada banyak capaian yang telah diraih pada tahun tersebut.

Pada pilar kemitraan transformatif, Apical berhasil menjalankan empat target yang bertujuan untuk berkolaborasi dengan pemangku kepentingan di sepanjang rantai pasokan untuk memacu perubahan positif terkait kepatuhan akan kebijakan Tanpa Deforestasi, Tanpa Gambut, dan Tanpa Eksploitasi (NDPE), ketertelusuran, dan konservasi.

  • Pertama, Berkolaborasi dengan pemasok untuk mencapai 100% rantai pasokan yang sesuai dengan kebijakan Tanpa Deforestasi, Tanpa Gambut, dan Tanpa Eksploitasi (NDPE);
  • Kedua, Melibatkan 100% pemasok untuk verifikasi ketertelusuran yang independen pada tahun 2025;
  • Ketiga, Berkolaborasi dengan pemasok untuk mendorong penggunaan energi bersih melalui 20 pembangkit listrik tenaga biogas (PLTBG);
  • Keempat, Bermitra dengan pemasok untuk melestarikan hutan dan lahan gambut seluas 150.000 ha di dalam lanskap area Apical pada tahun 2030.

Pada pilar aksi iklim, Apical Group melakukan dua target aksi dengan tujuan untuk mengambil tindakan mendesak guna memerangi perubahan iklim dan dampaknya. Pertama, Mengurangi 50% intensitas emisi gas rumah kaca (GRK) dalam produksi kami pada tahun 2030, dan yang kedua, mencapai netral karbon (net zero) pada tahun 2050.

BACAAN LAINNYA:  Alhamdulillah, Saya Menang Lomba Blog Writing Competition Unisa Yogyakarta

Pada pilar inovasi hijau, Apical Group mencanangkan dua target besar yang bertujuan untuk memanfaatkan inovasi untuk mencapai operasi yang semakin berkelanjutan. Pertama, 38% dari total penggunaan energi berasal dari sumber energi terbarukan dan bersih. Kedua, meningkatkan intensitas penggunaan air hingga 30% melalui solusi sirkular.

Pada pilar kemajuan inklusif, Apical Group telah mencanangkan dua target utama yang bertujuan untuk memberdayakan masyarakat serta meningkatkan kesejahteraan melalui inisiatif yang disesuaikan. Pertama, Mendukung masyarakat melalui 30 Desa Berkelanjutan atau Sustainable Living Villages (SLV) pada tahun 2030. Dan yang kedua, mendukung 5.000 petani swadaya untuk mencapai sertifikasi pada tahun 2030.

Program keberlanjutan yang selama ini telah berjalan antara lain Traceability Outreach Program (TOP) untuk memberi solusi ketertelusuran yang disederhanakan untuk para pemasok.

Selanjutnya, Program Smallholder Inclusion for Better Livelihood & Empowerment (SMILE) yang berperan membantu para petani swadaya di Indonesia untuk meningkatkan hasil panen mereka, memperoleh sertifikasi internasional RSPO dapat membantu petani kecil ini untuk meningkatkan hasil melalui akses yang lebih baik ke pasar internasional, meningkatkan pendapatan petani miskin, serta mengurangi risiko konversi lahan serta mendapatkan premi penjualan. Adapula untuk solusi blockchain aliansi minyak sawit yang dibentuk untuk meningkatkan ketertelusuran ke area produksi minyak sawit serta untuk mempercepat penerapan kebijakan NDPE di seluruh rantai pasokan yang kompleks.

Perjalanan Apical2030 masih tersisa sekitar delapan tahun lagi. Dukungan Apical Group tentu saja sangat membantu pemerintah serta masyarakat dalam memenuhi komitmen global Indonesia terhadap target ekonomi hijau pada 2030 mendatang.

Sumber Referensi:

Taggs:
27 Comments
  • Reyne Raea 4:57 pm 19 Desember 2022 Balas

    Produk-produknya banyak amat ya, dan semua dipake hampir setiap hari, dan aman banget untuk dikonsumsi.
    Keren sih APICAL ini, apalagi sangat membantu pemberdayaan masyarakat serta generasi muda kita ya

    • Wahid Priyono 9:48 pm 27 Desember 2022 Balas

      Yups betul banget kak, produk minyak sawit itu banyak dipakai untuk banyak kebutuhan kita sehari-hari pastinya.

  • Maria G 8:57 pm 19 Desember 2022 Balas

    iya banget, sejak menjelang tidur, bangun tidur hingga aktivitas sehari-hari, kita gak bisa lepas dari produk miyak kelapa sawit dan turunannya
    Karena itu bangga banget dengan Apical Group yang peduli pada sustainability environment, karena bumi ini harus lestari hingga anak cucu kita kelak

  • Nurul Rahma 5:25 am 20 Desember 2022 Balas

    Concern terhadap pemberdayaan masyarakaat ini yg jadi ciri otentiknya ya.
    Bagus bgt
    Dan sangat inspiratif

  • deddyhuang.com 7:45 am 20 Desember 2022 Balas

    manfaat dari Apical Group ini emang ngebantu banget yaaa biar kita jadi melek sama penggunaan minyak.

  • Laila Dzuhria 11:39 am 20 Desember 2022 Balas

    Saya baru tau ternyata banyak sekali turunan minyak sawit untuk memenuhi kebutuhan kita sehari-hari mulai dari bangun pagi sampai pergi tidur lagi antara lain margarin, mie instan, pengemulsi, shortening dan lemak khusus, oleokimia, sabun, deterjen, sampo, bahan dasar pasta gigi, pelembut kain, gliserin, minyak goreng nabati yang sudah terfortifikasi dengan vitamin A.

    • Fenni Bungsu 1:14 pm 20 Desember 2022 Balas

      Semoga tercapai target 2030 nya, karena memang kita perlu energi berkelanjutan, mengingat sumber daya alam yg tidak dapat diperbaharui lainnya makin menipis

      • Wahid Priyono 9:47 pm 27 Desember 2022 Balas

        Aamiin, semoga saja dg usaha dan doa yg mantap maka #Apical2030 segera tercapai 🙂

  • Dian Kusumawardani 2:05 pm 20 Desember 2022 Balas

    Wah, aku senang lho kalau ada perusahaan yang sangat peduli dengan sustainability seperti APICAL ini
    Memang harus mulai beralih menggunakan produk yang ramah lingkungan

    • Ila Rizky 4:34 pm 20 Desember 2022 Balas

      Keren banget inovasinya buat bikin produk yang ramah lingkungan. Semoga petani2 yang bekerjasama juga lebih makmur ya

  • Nanik Nara 2:57 pm 20 Desember 2022 Balas

    Lha ternyata banyak banget ya produk yang bisa dihasilkan dari pengolahan kelapa sawit dan turunannya, saya selama ini tahunya jadi minyak goreng aja.

    Salut sama Apical yang punya concern tinggi dalam pengolahan sawit namun tetap menjaga supaya bumi hijau.

  • Yuni Bint Saniro 3:11 pm 20 Desember 2022 Balas

    Emang benar sih produk turunan dari CPO itu banyak banget. Dan Apical ini keren banget deh. Benar-benar memperhatikan keberlanjutan. Di mana sekarang tuh emang lagi genting nya issue perubahan iklim.

    • Wahid Priyono 9:46 pm 27 Desember 2022 Balas

      Yups betul kak, Apical Group selalu mendorong kebaikan untuk alam yg berkelanjutan dan juga pemberdayaan masyarakat.

  • Lia Lathifa 3:37 pm 20 Desember 2022 Balas

    Aku baru tau lho pak ternyata minyak goreng yang sering kubeli itu produk Apical. Sebagus itu ya mereka memperhatikan pengolahan produknya. Berarti selama ini aku gak salah pilih. Merk baru tetap mampu bersaingan dan diterima oleh masyarakat seperti saya ini

    • Wahid Priyono 9:44 pm 27 Desember 2022 Balas

      Wah mantap kak sudah pakai produk2 Apical Group.

  • Enny Mamito 4:17 pm 20 Desember 2022 Balas

    Ada banyak sekali merk minyak goreng yg beredar saat ini, harus pilih yg terbaik utk kesehatan ya.
    Btw aku baru tau kl ternyata banyak sekali turunan minyak sawit untuk memenuhi kebutuhan kita sehari-hari.

    • Meilia Wuryantati 5:11 pm 20 Desember 2022 Balas

      Ternyata produk turunan dari kelapa sawit ini banyak banget yah dan bisa untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari dari pagi sampai malam, dan Apical Group yang memproduksi nya , keren banget deh, produk baru tapi bisa bersaing dipasaran karena memang berkualitas

  • Sugianto . 4:34 pm 20 Desember 2022 Balas

    Membangun industri berkelanjutan memiliki tantangan yang besar dan berat tentunya, tapi dengan tujuan mulia memperdayakan masyarakat jadi benar-benar memberikan dampak yang luar biasa, sehingga tantangan pun bisa dihadapi dengan baik

  • Naqiyyah Syam 8:06 pm 20 Desember 2022 Balas

    perlu banget edukasi terus menerus ya agar tetap menjaga iklim dan kehijauan Indonesia. Mulai dari hemat penggunaan minyak goreng, listrik dan menjaga kelestarian alam.
    target ekonomi hijau pada 2030

  • Mutia Ramadhani 12:21 am 21 Desember 2022 Balas

    Berharap semakin banyak perusahaan kelapa sawit dalam negeri konsisten menerapkan ekonomi hijau, bukan semata-mata demi sertifikasi atau demi memenuhi syarat NDPE saja. Semua hal yang datang dari hati akan mendatangkan manfaat jauh lebih besar lagi.

  • Nengsi 12:03 pm 22 Desember 2022 Balas

    Minyak kelapa sawit ini udah jadi kebutuhan pokok di pedapuran. Dan ternyata Apical Group juga ada produknya yang minyak kelapa sawit ya. Keren! Cocok banget dengan negara kita yang banyak menghasilkan perkebunan kelapa sawit.

    • Wahid Priyono 9:43 pm 27 Desember 2022 Balas

      Yups, betul banget kak. Minyak goreng dari Apical sudah beredar di pasaran.

  • Nanik Kristiyaningsih 12:44 pm 24 Desember 2022 Balas

    Selalu salut dengan industri yang tak hanya peduli pada margin bisnis, tapi juga peduli pada lingkungan dan pemberdayaan masyarakat terutama para petani yang berada dalam circle industrinya.
    Apresiasi untuk Apical group.

    • Wahid Priyono 9:42 pm 27 Desember 2022 Balas

      Betul kak, saya juga ikut berbangga ada Apical Group yg ikut memberdayakan masyarakat sekaligus lingkungan

  • Ira Hamid 9:51 pm 2 Januari 2023 Balas

    semoga semakin banyak perusahaan seperti Apical Group ini, yang gak cuman fokus pada keuntungan materi aja tapi juga tetap memperhatikan lingkungan

Write a comment