Wahid Priyono

Blogger

Web Designer

Freelancer

Teacher

Writer

Content Creator

Badminton Lovers

Wahid Priyono

Blogger

Web Designer

Freelancer

Teacher

Writer

Content Creator

Badminton Lovers

#BlogPost

Jamur Miliki Kandungan Gizi Tertinggi, Bisa Untuk Kanker

9 Desember 2020 Health
Jamur Miliki Kandungan Gizi Tertinggi, Bisa Untuk Kanker
Kandungan Gizi: Kalori (energi) 367 kal Protein 10,5-30,4% Karbohidrat 56,6% Lemak 1,7-2,2% Tianin 0,2 mg Riboflavin 4,7-4,9 mg Niasin 77,2 mg Ca (kalsium) 314 mg K (kalium) 3,793 mg P (posfor) 717 mg Na (natrium) 837 mg Fe (zat besi) 3,4-18,2 mg Serat 7,5-87%

Jamur merupakan bahan makanan yang sangat baik untuk dikonsumsi dengan berbagai bentuk olahannya. Komoditas ini memiliki kandungan gizi yang tinggi. Cita rasa dan kandungan gizi merupakan dua unsur yang membuat jamur tiram sangat layak untuk menjadi bahan makanan pilihan.

‚’’Jamur merupakan alternatif pangan yang sehat, murah, namun bergizi tinggi,’’terang Herlin. Dari hasil penelitian, rata-rata jamur mengandung 19-35 persen protein. Dibanding beras (7,38 persen), dan gandum (13,2 persen). Asam amino esensial yang terdapat pada jamur, ada sembilan jenis dari 20 asam amino yang dikenal. Paling istimewa 72 persen lemaknya tidak jenuh, jamur juga mengandung berbagai jenis vitamin, antara lain B1 (thiamine), B2 (riboflavine), niasin, dan biotin.

Selain elemen mikro, jamur juga mengandung berbagai jenis mineral, antara lain K, P, Ca, Na, Mg. Dan Cu. Kandungan seratnya juga bagus, mulai 7,4-24,6 persen sangat baik bagi pencernaan. Jamur memiliki kandungan kalori yang sangat rendah sehingga cocok bagi pelaku diet.

Sementara hasil studi di Massachusett University menyimpulkan bahwa riboflavin, asam nicotinat, pantothenat, dan biotin (Vitamin B) masih terpelihara dengan baik meskipun jamur telah dimasak.

”APJAL sendiri mempunyai slogan hidup sehat dengan jamur, karena jamur ini memang merupakan makanan yang sangat baik untuk dikonsumsi rutin,” tutur Ardi.

Semua hasil riset tersebut di atas masih diperkuat lagi oleh riset lainnya akan keunggulan jamur tiram. Para peneliti dari Ujagar Group (India) menyampaikan, bahwa jamur tiram memiliki nilai nutrisi yang sangat bagus.

Alasannya, 100 persen sayuran dan bersih, mengandung protein tinggi dan kaya vitamin-mineral, rendah karbohidrat, lemak dan kalori, bagus untuk penderita liver, pasien diabetes, dan menurunkan berat badan, berserat tinggi membantu pencernaan. Lalu antiviral dan antikanker, mudah memasaknya dan mudah dicerna, dan jamur tiram merupakan jamur yang paling enak rasanya dibandingkan jamur pangan lainnya. (Sumber Bacaan Koran Lampung Post).

Taggs:
Write a comment