Wahid Priyono

Bloger

Web Designer

Influencer

Freelancer

Teacher

Writer

Content Creator

Badminton Lovers

Wahid Priyono

Bloger

Web Designer

Influencer

Freelancer

Teacher

Writer

Content Creator

Badminton Lovers

#BlogPost

Kini Pembukuan Usaha UMKM Jadi Gampang Berkat Aplikasi Digital BukuWarung

21 November 2021 Bisnis Online
Kini Pembukuan Usaha UMKM Jadi Gampang Berkat Aplikasi Digital BukuWarung

Pembukuan usaha tentu saja sangat dibutuhkan baik oleh perusahaan besar maupun kecil (UKM/UMKM).

Nyatanya masih banyak juga perusahaan kecil (UMKM) yang masih belum mengetahui bahwa laporan keuangan itu sangat penting walaupun pembuatannya sederhana sebab biasanya mereka akan fokus pada produknya saja.

Barangkali menurut mereka pembuatan buku catatan keuangan itu sulit sehingga jarang membuat pembukuan usaha. Sedangkan perusahaan besar sudah mempunyai akuntan khusus untuk pembukuan usaha yang sedang dijalankan.

Pengertian Pembukuan Usaha

Pembukuan usaha yaitu suatu proses pencatatan yang dilaksanakan secara teratur dan sistematis dengan tujuan untuk mengumpulkan berbagai data serta informasi keuangan.

Pembukuan usaha sangat diperlukan karena sebagai patokan untuk mengetahui sejauh mana bisnis yang sedang dijalani itu berkembang atau tidak. Selain itu, melalui pembukuan usaha juga bisa mengukur dan mengetahui keuntungan bisnis hingga pada keuangan usaha.

Pembukuan usaha meliputi beberapa hal seperti harta, kewajiban, modal, serta biaya lainnya yang nantinya akan ditutup dengan menyusun laporan keuangan berupa neraca pada periode tertentu.

Kenapa pembukuan keuangan begitu sangat pentingnya? Hal ini karena untuk menghindari kerancuan keuangan usaha dan pribadi demi berjalannya sebuah usaha/bisnis.

Manfaat Pembukuan Keuangan Bagi Pelaku Bisnis UKM/UMKM

Dokumentasi pribadi: Usaha “Es Teler AA” berbasis UMKM keluarga saya.

Pembukuan keuangan dalam setiap bisnis pastinya sangat penting sekali. Bahkan ketika saya dan keluarga membangun usaha UMKM kecil-kecilan dengan berjualan “Es Teler AA” ini juga melakukan pencatatan modal, bahan baku, gaji karyawan hingga pada pembukuan untung-rugi. Setahu pengalaman saya pribadi, ada banyak kesalahan yang mungkin sering dilakukan oleh pelaku usaha/bisnis UKM/UMKM yaitu seringnya mencampur keuangan usaha dengan uang pribadi sehingga berpotensi membuat bisnis menjadi mandek/gulung tikar. Maka dari itu, setiap kali pelaku bisnis menjalankan roda bisnis agar tetap melakukan pembukuan usaha walaupun baru pertama kali menjalankan bisnis.

Ada beberapa manfaat/keuntungan/benefit jika kita sebagai pelaku bisnis menerapkan pembukuan usaha, diantaranya yakni:

  • Bisa mengontrol besar-kecilnya biaya operasional usaha/bisnis yang sedang dijalankan;
  • Meminimalisir beragam risiko akan kehilangan aset perusahaan;
  • Dapat mengetahui progress dari usaha/bisnis yang sedang dijalankan;
  • Dapat berpengaruh terhadap aset, laba/rugi dari perusahaan/usaha yang sedang berjalan.

Lalu, Bagaimana Cara Membuat Pembukuan Usaha?

Waktu yang paling tepat untuk membuat pembukuan usaha adalah ketika bisnis itu dimulai hingga bisnis itu berjalan secara ajeg (kontinyu). Dalam pembukuan usaha, ada beberapa hal yang perlu dilakukan seperti mencatat kewajiban, modal, harta, serta pendapatan lainnya secara terus-menerus supaya nantinya bisa menyusun neraca dan laporan laba rugi usaha/bisnis yang sedang berjalan.

Setidaknya terdapat 7 langkah yang bisa kamu ikut untuk membuat pembukuan keuangan untuk usaha yang sedang kita jalani yaitu:

#1. Buatlah Catatan Pengeluaran dan Pemasukan

Sejak awal membuat usaha, tentunya sebagai pelaku bisnis UKM/UMKM harus melakukan pemisahan pembukuan pada keuangan usaha. Jadi saat pertama kali menjalankan bisnis tentu bisa membuat pembukuan usaha dari semua pengeluaran bisnis mulai dari biaya operasional, bahan baku hingga pada gaji karyawan secara rinci dan jelas.

Dengan catatan pengeluaran keuangan tersebut maka kita akan tahu modal usaha yang sudah dikeluarkan seberapa besar dan dari situ juga kita bisa menetapkan target dari bisnis yang sedang berjalan.

Selain membuat catatan pengeluaran bisnis, maka kita juga perlu membuat catatan pemasukan usaha. Karena dari catatan pemasukan usaha inilah kita akan semakin mengetahui jumlah uang masuk ke usaha yang pada akhirnya nanti menjadi keuntungan bisnis.

Catatan pemasukan perlu dilakukan secara terus-menerus setiap harinya, tujuannya untuk memudahkan kita dalam menyusun pembukuan usaha tiap bulannya.

#2. Buku Kas Utama

Langkah selanjutnya yaitu menyusun buku kas utama. Pada buku kas ini maka kita menjadi tahu keuntungan atau kerugian yang dialami bisnis yang sedang berjalan.

Sebab buku kas utama ini dibuat dari hasil penggabungan antara transaksi pemasukan dan pengeluaran.

Kita juga dapat menentukan anggaran bisnis terkait uang yang masuk dan uang keluar.

Dalam membuat catatan buku kas ini, maka kita perlu teliti dan dilakukan secara terus-menerus selama bisnis itu masih berjalan.

#3. Pembukuan Stok Barang

Ketika menyusun pembukuan usaha, maka hal yang dihitung dan dicatat tidak hanya berupa uang saja melainkan barang juga perlu didokumentasikan. Kita sebagai pelaku bisnis UKM/UMKM diharuskan untuk melakukan pencatatan jumlah barang yang masuk dan juga barang keluar.

Dengan melakukan pencatatan stok barang maka akan memudahkan kita dalam mengawasi setiap persediaan barang yang ada di perusahaan/lapak jualan kita.

Selain itu, catatan stok barang ini berfungsi untuk menyusun manajemen gudang agar kinerjanya lebih optimal serta menghindari kecurangan yang mungkin bisa jadi terjadi pada pabrik/perusahaan yang sedang kita pimpin.

#4. Catatan Inventaris Barang

Membuat catatan inventaris barang tentu saja mempunyai fungsi/manfaat/kegunaan seperti memudahkan untuk mencari barang, mencegah hilangnya stok barang yang ada, serta sebagai alat untuk mengawasi setiap barang yang masuk dan keluar gudang.

Jadi, dengan adanya buku inventaris barang ini pastinya dapat membantu pelaku bisnis untuk mencatat semua barang yang ada di gudang/di perusahaan sehingga aset perusahaan dapat terjaga secara maksimal.

#5. Laporan Laba Rugi Usaha/Bisnis

Selanjutnya kita bahas tentang laporan laba dan rugi, yang mempunyai fungsi untuk mencatat transaksi pendapatan dan beban usaha. Jadi intinya dari pencatatan ini maka kita akan mengetahui apakah bisnis yang sedang berjalan ini mengalami keuntungan atau kerugian?.

Sebagai pengusaha pemula pastinya kita dapat memulainya dengan menyusun pembukuan usaha untuk laba-rugi secara sederhana agar mudah dipahami.

Ada satu hal yang lebih penting dari laporan laba-rugi yaitu sebagai langkah evaluasi, pemantapan, serta untuk mengambil strategi yang cocok/tepat sebagai bagian cara untuk memperbaiki langkah strategi ke depannya yang jauh lebih baik.

#6. Laporan Perubahan Ekuitas

Seperti yang kita ketahui bahwa ekuitas yaitu jumlah kekayaan dari pemilik usaha pada harta perusahaan/bisnis. Ekuitas didapatkan dari selisih jumlah aktiva dikurangi dengan pasiva. Pada laporan ekuitas ini pastinya mencakup semua perubahan dalam satu periode waktu tertentu.

#7. Membuat Neraca Keuangan

Neraca keuangan mempunyai beberapa unsur seperti harta, kewajiban, dan modal. Neraca keuangan mempunyai tugas sebagai penentu terkait kondisi keuangan suatu bisnis/badan usaha pada periode waktu tertentu. Sebab dengan neraca keuangan inilah kita akan semakin tahu kira-kira bagaimana kondisi keuangan usaha saat ini, apakah kondisinya sedang baik atau tidak. Tentunya kita juga bisa mengetahui lebih pasti nilai suatu usaha/bisnis sesudah menjalankan aktivitas yang berkaitan dengan persoalan keuangan.

Contoh Pembukuan Usaha Sederhana/Konvensional

#1. Contoh Pembukuan Pemasukan

Pembukuan pemasukan tentunya harus dipisah dengan pengeluaran sebab pada catatan pemasukan berisi tentang penjualan produk dan piutang. Oleh sebab itu, untuk membuat catatan pemasukan sangat disarankan untuk dilakukan setiap hari secara teratur+tertib agar dapat mengetahui keuntungan usaha yang didapatkan setiap harinya.

#2. Contoh Pembukuan Pengeluaran

Pada pembukuan pengeluaran mencatat semua alur pengeluaran uang perusahaan/badan usaha untuk biaya operasional dari bisnis misalnya terkait akan bahan baku, gaji karyawan, serta peralatan operasional.

Dari catatan pengeluaran inilah kita bisa tahu besar modal yang dikeluarkan serta dapat menetapkan target dan strategi pemasaran dari bisnis ke depannya.

#3. Pembuatan Buku Kas

Buku kas ini mencakup antara catatan pengeluaran dan pemasukan sehingga kita bisa tahu bukan hanya keuntungan usaha saja, akan tetapi kerugian usaha juga bisa terlihat dengan jelas (jika sewaktu-waktu bisa terjadi).

#4. Pembukuan Stok Barang

Selain pencatatan terkait keuangan dengan buku kas, kita juga harus mencatat stok barang yang ada. Pembukuan pengeluaran sangat berkaitan derat engan catatan stok barang sebab dengan pencatatan stok barang maka kita dapat mengawasi usaha yang sedang berjalan.

#5. Pembukuan Inventaris Barang

Selanjutnya, selain pembukuan stok barang maka perlu juga kita melakukan pembukuan inventaris barang. Dari sinilah maka kita akan mengetahui berapa jumlah barang hibaan hingga anggaran belanja dari perusahaan/badan usaha yang kita miliki. Tujuan inventarisasi barang supaya semua barang dapat dikelola dengan baik dan teratur.

Nah, itulah penjelasan singkat mengenai pembukuan usaha secara sederhana (konvensional). Pastinya kita akan semakin tahu bahwa pembukuan usaha tidak hanya melulu soal keuangan melainkan sampai ke stok barang dan inventaris barang di kantor/bisnis yang sedang kita kelola.

Maka dari itu, jika teman-teman mempunyai usaha UMKM dan semakin tumbuh-berkembang, maka kita bisa menggunakan aplikasi pembukuan usaha secara digital melalui platform BukuWarung yang mudah, praktis dan aman karena bisa langsung dioperasikan melalui aplikasi digital keuangan yang komplet melalui handphone/smatphone. Dengan adanya aplikasi digital kekinian seperti BukuWarung ini, maka tentunya dapat memudahkan kita untuk melakukan pembukuan keuangan usaha UKM/UMKM yang biasanya kita lakukan secara manual/sederhana.

Dengan aplikasi BukuWarung ini, maka teman-teman tidak perlu ribet untuk mengurus bisnis dan pencatatan buku usaha yang dulunya masih dilakukan secara tradisional.

Bersama BukuWarung, teman-teman pelaku bisnis juga bisa kelola semua kebutuhan harian dan bisnis dalam satu aplikasi mulai dari jualan online (jadi juragan konter untuk berjualan pulsa, token listrik, top up e-wallet, dan lainnya), tagihan utang, cetak struk jualan praktis dengan printer bluetooth, pakai mode kasir catat transaksi keuangan jadi lebih cepat, atur stok barang lebih mudah dan praktis, sampai kelola keuangan bisnis melalui catatan keuangan usaha harian UKM/UMKM yang sedang dijalankan. Bersama aplikasi BukuWarung maka teman-teman bisa santai saja sebab tidak perlu repot lagi dalam pembukuan usaha/bisnis yang sedang dijalani sebab pembukuan usaha bisa dilakukan secara online dan canggih.

Mau cari tahu sendiri tentang BukuWarung, fitur-fitur dan bagaimana cara penggunaannya ? Silakan Klik pada link di bawah ini:

Mau tau lebih lanjut tentang aplikasi BukuWarung? silakan bisa Download BukuWarung dengan klik tombol di bawah ini:

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Peringkat: 5 dari 5.

59 Comments
  • Maria G 10:50 pm 25 November 2021 Balas

    betul, platform BukuWarung sangat membantu UMKM

    saya sering mendorong pelaku UMKM agar melakukan pembukuan karena banyak banget manfaatnya

    tapi jadi bingung jika harus mengajari mereka dengan pembukuan tradisional, beruntung ada pembukuan digital dari BukuWarung

    • Wahid Priyono 6:49 pm 26 November 2021 Balas

      Iya kak, pembukuan usaha itu penting banget ya, dan syukurnya sekarang sudah ada aplikasi BukuWarung yang bisa membantu para pelaku bisnis/usaha UMKM untuk mudah dalam pencatatan keuangan secara digital.

    • Supadilah Padil 8:29 pm 29 November 2021 Balas

      Masalah pembukuan biasanya sering menjadi kendala bagi UMKM. Tapi pakai aplikasi BukuWarung masalah ini bisa diatasi karena pencatatannya yang rapih.

      • Wahid Priyono 6:10 pm 1 Desember 2021 Balas

        Iya betul sekali pak Padil. Dengan aplikasi BukuWarung maka pencatatan keuangan usaha UMKM akan semakin gampang ya. Karena hanya input data saja.

    • Diska widya 6:48 am 2 Desember 2021 Balas

      Buku warung ngebatu banget untuk rekap penjualan jadi nggak perlu pusing capek capek nyatet pake tangan

      • Wahid Priyono 7:40 am 2 Desember 2021 Balas

        Setuju banget kak Diska, Aplikasi BukuWarung sangat membantu semua pelaku usaha UKM/UMKM di Indonesia ya? keren pokoknya.

  • nurulrahma 6:33 am 26 November 2021 Balas

    App Buku Warung ini benar2 memahami apa tantangan dan kesulitan yg dhadapi UMKM ya.
    Dgn adanya app ini, para pegiat UMKM jadi lebih mudah utk menjalani hari.

    • Wahid Priyono 6:50 pm 26 November 2021 Balas

      Iya kak betul banget. Aplikasi BukuWarung ini pastinya bagus banget ya karena mengalihkan pembukuan usaha yang manual ke digital. Emang keren nih aplikasi BukuWarung, soalnya saya juga dah pake aplikasi BukuWarung tuk pencatatan keuangan bisnis UMKM keluarga saya.

  • Dyah ummu AuRa 9:04 am 26 November 2021 Balas

    Aplikasi buku warung emang bisa banget jadi solusi pembukuan yang gak pake ribet untuk para UMKM ya mas. Mana gratis dan aman juga.

    • Wahid Priyono 6:51 pm 26 November 2021 Balas

      Yups betul banget kak, aplikasi BukuWarung ini sudah banyak yang pake kok, pelaku UKM/UMKM sudah banyak yang pake. Insya Allah aman.

      • Dyah ummu AuRa 9:10 am 29 November 2021 Balas

        Senang dengernya, gak kebayang kalau dulu harus mencatat manual. Makanya banyak warung yang gak punya catatan keuangan karen ribet plus gak tahu caranya. BukuWarung emang rekomen banget deh.

        • Wahid Priyono 6:11 pm 1 Desember 2021 Balas

          Yups betul banget kak, BukuWarung emang rekomended banget ya untuk aplikasi pencatatan keuangan usaha agar lebih praktis dan no-ribet

  • uchi 9:42 am 26 November 2021 Balas

    Udah ngga capek2 lagi nulis manual ya. Apalagi klo ada kesalahan harus dihapus stipo jadi ngga rapih banyak coretaan. Dengan aplikasi begini pembukuan jd teratur dan bikin makin smeangat jualannya …

    • Wahid Priyono 6:52 pm 26 November 2021 Balas

      Betul banget kak Uchi. Zaman sekarang kan udah digital, jadi pembukuan manual sudah jarang dipakai setahuku, semua pelaku UKM/UMKM sudah banyak yang kenal aplikasi BukuWarung tuk pencatatan keuangan usaha/bisnis setiap harinya.

  • Annie Nugraha 9:55 am 26 November 2021 Balas

    Satu hal penting tentang pembukuan adalah konsentrasi, konsistensi serta disiplin. Dan ini tidaklah gampang karena kita harus paham hukum akuntansi yang benar, efisien, efektif dan informatif. Termasuk diantaranya pemisahan antara individual property and account dengan business account.

    Kalau dulu masih perlu pencatatan manual pake Buku Besar, sekarang sudah jauh lebh mudah yah. Tinggal download aplikasi Buku Warung. Paperless.

    • Wahid Priyono 6:53 pm 26 November 2021 Balas

      Setuju kak, pembukuan keuangan usaha emang harus teliti, disiplin dan konsentrasi dalam mengerjakannya. Sedikit-dikit saya pahamlah soal hal ini hehe. Sekarng saya makin terbantu adanya aplikasi BukuWarung ini.

    • Mutia Ramadhani 12:11 pm 29 November 2021 Balas

      Duh, belajar akuntansi itu ribet ternyata ya, meski akuntansi dasar. Sayangnya dalam hidup kita gak bisa lepas dari akuntansi. Untung aja sekarang udah banyak aplikasi yang membantu untuk pencatatan keuangan pelaku usaha.

      • Wahid Priyono 6:13 pm 1 Desember 2021 Balas

        Belajar akuntansi itu emang perlu ketelitian dan kedisiplinan kak. Karena salah ketik huruf/angka saja sangat berpegaruh. Makainya pernah ada saudara yang kerja di bagian kasir juga tanggungjawabnya itu besar lho, karena menyangkut dana masuk.

  • Mutia Ramadhani 12:00 pm 26 November 2021 Balas

    Senangnya banyak aplikasi pencatatan keuangan seperti Buku Warung ini yang membantu pelaku usaha kecil di Indonesia. Orang berani berusaha, dan gak perlu lagi dipusingkan dengan laporan keuangan akhir bulan atau akhir tahun.

    • Wahid Priyono 6:54 pm 26 November 2021 Balas

      Yups kak, aplikasi BukuWarung salah satunya kak yang telah berkontribusi sebagai alat digital pencatatan keuangan usaha UMKM. Semua UMKM makin terbantu karena aplikasi digital BukuWarung ini 🙂

  • Dian 1:00 pm 26 November 2021 Balas

    yang namanya pembukaan usaha itu kadang PR banget ya mas, apalagi buat pelaku umkm
    Tapi untungnya sekarang sudah ada BukuWarung,
    membantu umkm melakukan pembukaan dengan mudah

    • Wahid Priyono 8:11 am 27 November 2021 Balas

      Yups betul banget kak Dian,zaman sekarang sudah era digital, jadi semakin gampang pembukuan usaha bisa dilakukan lewat hape smartphone dengan instal aplikasi BukuWarung. Lebih prakis dan mudah dalam pembukuan usaha.

  • Moch. Ferry 1:19 pm 26 November 2021 Balas

    Berbahas usaha tentu sepasang denganmpencatatan atau pembukuan keuangan, buku warung aplikasi bagus untuk dipakai pencatatan usaha.

    • Wahid Priyono 8:12 am 27 November 2021 Balas

      Yups betul sekali mas Ferry. BukuWarung bisa jadi aplikasi khusus untuk pencatatan keuangan usaha/bisnis UMKM sehingga lebih teratur, tertib dan disiplin. Semua fitur pembukuan usahanya lengkap.

  • Fenni Bungsu 1:27 pm 26 November 2021 Balas

    Jadi tertata rapi ya laporan keuangan dengan BukuWarung, apalagi memang buat yang memiliki usaha hal seperti itu harus apik. Karena kalau pencatatannya aja udah tidak jelas maka jadi sulit untuk selanjutnya.

    • Wahid Priyono 8:14 am 27 November 2021 Balas

      Iya betul kak Fenni, dengan aplikasi BukuWarung semua catatan keuangan/pembukuan usaha jadi lebih rapih sehingga bisa lebih transparan karena sudah ada aplikasi yang mudah diakses lewat handphone.

  • Dian Restu Agustina 1:41 pm 26 November 2021 Balas

    Ayik banget ini, semua jadi satu ga pakai beberapa buku kayak zaman dulu, Bersama BukuWarung, pelaku usaha bisa melakukan pencatatan bisnisnya juga bisa kelola semua kebutuhan harian dan bisnis dalam satu aplikasi saja. Bakalan memudahkan pastinya. Praktis!

    • Wahid Priyono 8:15 am 27 November 2021 Balas

      Iya kak, zaman sekarang pembukuan usaha gak manual lagi, sekarang sudah ada aplikasi BukuWarung yang telah dipakai oleh hampir semua UMKM di Indonesia. Cukup download dan instal aplikasi BukuWarung di googleplaystore tuk manfaatin segudang fitur pembukuan usaha.

  • YSalma 2:16 pm 26 November 2021 Balas

    Aplikasi BukuWarung sangat membantu UMKM banget tentunya, secara pembukuan yang diperlukan untuk mengambangkan usaha sudah tinggal pakai. Pembukuan rapi, usaha berkembang.

    • Wahid Priyono 8:16 am 27 November 2021 Balas

      Setuju kak, jika pembukuan usaha rapih pastinya akan semakin tumbuh dan berkembang usaha. BIsa jadi bahan evaluasi juga dengan adanya pembukuan usaha secara berkala.

  • Siti Nurjanah 2:17 pm 26 November 2021 Balas

    Apps bukuwarung ini bisa dibilang cukup membantu dan memudahkan para pelaku usaha dalam membuat pembukuan.
    Tentu yang tak kalah menarik nya bisa juga melakukan transaksi pembayaran tagihan/pulsa iya bisa jadi peluang usaha tambahan tentunya

    • Wahid Priyono 8:17 am 27 November 2021 Balas

      Iya kak betul di aplikasi BukuWarung kita juga bisa jadi JURAGAN KONTER dan berjualan pulsa, dll pastinya. Keren ya aplikasinya.

  • Dhenok Hastuti 3:42 pm 26 November 2021 Balas

    waaah penting ini buat saya. makasih, mas wahid. saya ancang2 per awal tahun deh diberesin. bikin usaha tp ga kemana2 hehe.. karena fokusnya memang terpecah2. tapi pembenahan catatan keuangan ini memang penting banget.

    • Wahid Priyono 8:18 am 27 November 2021 Balas

      Yups kak Dhenok, pencatatan keuangan emang sangat penting sebagai bahan evaluasi selama menekuni usaha tertentu.

      • Silvana Sari 5:43 am 2 Desember 2021 Balas

        Saya pengguna aplikasi BukuWarung. Walau tidak menghasilkan produk seperti UMKM tapi aplikasi ini sangat membantu untuk mencatat keuangan pribadi. Kalo suami sih sudah lama pakai BukuWarung karena ada usaha yang dijalankan. Memang sangat membantu sekali aplikasi ini.

        • Wahid Priyono 7:41 am 2 Desember 2021 Balas

          Betul kak, sudah banyak pelaku usaha bisnis di bidang UKM/UMKM yang banyak terbantu dengan adanya aplikasi digital pembukuan usaha dari BukuWarung ini. Semoga bermanfaat untuk para pebisnis.

  • Naqiyyah Syam 5:34 pm 26 November 2021 Balas

    Sudah pernah nyoba aplikasi Buka Warung, emang sangat ngebantu banget pencatatan keuangan

    • Wahid Priyono 8:19 am 27 November 2021 Balas

      Alhamdulillah kalo gitu kak, mudah2an dengan adanya aplikasi BukuWarung semua segmen pelaku usaha UMKM di Indonesia makin terbantu dalam hal pencatatan keuangan/pembukuan usaha sehingga bisnis semakin tumbuh dan berkembang.

    • Jasmi Bakri 11:10 am 29 November 2021 Balas

      Dalam menjalankan usaha emang pembukuan itu paling penting. Syukur sekarang pelaku UMKM sudah dibantu dengan aplikasi semacam BukuWarung untuk mencatat cashflow. Tapi tetap harus belajar juga sih apalagi terkait istilah-istilah pembukuan biar gak salah ngitung

      • Wahid Priyono 6:14 pm 1 Desember 2021 Balas

        Yups kak, aplikasi BukuWarung ini emang sedang naik daun dan banyak temen2 saya juga pelaku UMKM yang pakai aplikasi BukuWarung ini. Katanya lebih praktis dan mudah dalam penggunaannya.

  • Syamsiah 6:58 pm 26 November 2021 Balas

    Pembukuan usaha kalo jenis barang yang dijual udah sampe ribuan item bakal susah, sehingga perlu aplikasi yang lebih besar lagi seperti BukuWarung ini.

    • Wahid Priyono 9:13 am 27 November 2021 Balas

      Yups kak, aplikasi BukuWarung emang bisa jadi andalan bagi pelaku UKM/UMKM untuk semakin mudah dalam pembukuan usaha/pencatatan keuangan.

  • Ipeh 10:50 am 28 November 2021 Balas

    Aku salah satu pengguna aplikasi warungku, kak. Dan emang ini aplikasinya ngebantu banget. Salah satunya fitur laporan pemasukan dan pengeluaran yang masih bisa diedit jika terjadi kesalahan tik. Sementara dari aplikasi lain belum ada yang kaya Warungku ini. Udah gitu gratis dan bisa dipakai di dua device jadi aku bisa mantau laporan dari handphone khusus warung yang dipegang pegawaiku

    • Wahid Priyono 6:16 pm 1 Desember 2021 Balas

      Wah alhamdulillah ya kak Ipeh udah pake aplikasi BukuWarung tuk pencatatan/pembukuan usaha. Keren-keren dan makasih berbagi pengalamannya pake aplikasi BukuWarung yang legendaris di era digital ini.

  • Moch. Ferry Dwi Cahyono 6:45 pm 28 November 2021 Balas

    Pembukuan salah satu halnpenting diperhatikan dalam berwirausaha, saat aplikasi berkembang dengan baik hadirnya buku warung membantu memberikan pencatatan pembukuan rapi.

    • Iffiarahmandotcom 10:40 am 29 November 2021 Balas

      BukuWarung membantu pencatatan keuangan UMKM yg belum terbiasa mencatat kas arus keuangan jadi lebih rapih.

    • Wahid Priyono 6:17 pm 1 Desember 2021 Balas

      yups…betul banget kak Ferry kalo pembukuan usaha itu penting dan bersyukurnya sekrang sudah ada aplikasi BukuWarung yang mudah dalam penggunaan dan sekaligus membantu teman-teman UKM/UMKM di Indonesia.

  • Ririn Wandes Melalak Cantik 11:34 am 29 November 2021 Balas

    Mau punya usaha semakin mudah untuk urusan pembukuannya nih dengan ada aplikasi gini. Sekarang para pelaku usaha pun enggak repot urusan catat mencatat manual.

    • Wahid Priyono 6:18 pm 1 Desember 2021 Balas

      Iya kak, alhamdulillah karena sudah ada aplikasi BukuWarung, tinggal download dan instal di hape langsung pake deh… mudah dan praktis semua urusan pembukuan usaha jadi lebih cepat.

  • Nur Asiyah 1:31 pm 29 November 2021 Balas

    Wah, cocok nih buat saudara saya yang lagi usaha warung. Kemarin dia sempat curhat kalau ada mis di catatan keuangan warung. Padahal harus kulakan, tapi ada uang yang hilang entah ke mana. Sepertinya pakai aplikasi ini akan mempermudah pencatatan keuangan yang ada.

    • Wahid Priyono 6:19 pm 1 Desember 2021 Balas

      Wah boleh banget nih kak untuk merekomendasiin agar saudaranya yang sedang buka usaha warung dengan pakai aplikasi pembukuan BukuWarung.

  • Nanik Nara 2:06 am 30 November 2021 Balas

    Kalau dilakukan manual, kok kayaknya ribet ya pembukuan usaha ini. Bisa jadi inilah yang membuat pelaku UMKM merasa malas untuk melakukannya, ditambah lagi kadang masih mencampur uang pribadi sama uang buat usaha.

    Tapi kalau pakai Bukuwarung, jadi mudah, nggak ribet lagi. Tinggal input data aja

    • Wahid Priyono 6:21 pm 1 Desember 2021 Balas

      Betul kak, semua pekerjaan yang manual itu memang sedikit lama. Bahkan kadang tak jarang boros waktu, anggaran dan tenaga. Sekarang zaman sudah digital dan pembukuan usaha jadi semakin mudah karena sudah terintegrasi dengan aplikasi BukuWarung yang bisa didownload di Google Playstore dan AppStore. Mudah dan praktis juga cara penggunaan aplikasi BukuWarung ini pastinya.

  • Nufazee 4:23 am 30 November 2021 Balas

    Mudah sekali jadi pengusaha zaman sekarang, ada banyak platform yang memudahkan bahkan sampai urusan pembukuan ini dengan aplikasi digital bukuwarung

    • Wahid Priyono 6:22 pm 1 Desember 2021 Balas

      Yups betul banget kak. Aplikasi BukuWarung ini emang sangat bagus kok, lengkap dan mudah dalam penggunaannya. Pelaku usaha kecil UMKM bisa memanfaatkan aplikasi BukuWarung untuk pembukuan usaha supaya lebih rapih.

  • Sukma Meganingrum 8:08 am 30 November 2021 Balas

    Kalau begini, jadi mudah ya menghitung keuntungan. Bukan sekadar perkiraan saja. UMKM pemula seringnya mereka nggak fokus sama pembukuan ini. Dengan bantuan buku warung ini tentu mereka akan memulai pembukuan dari awal tanpa merasa menambah beban kerjaan.

    • Wahid Priyono 6:23 pm 1 Desember 2021 Balas

      Yups betul kak, dengan memanfaatkan fitur pembukuan usaha di BukuWarung pastinya pekerjaan akan semakin cepat, hemat energi, dan pastinya hemat anggaran.

  • Hani 11:25 am 2 Desember 2021 Balas

    Lengkap nih Kak. Sudah langsung praktek aplikasi BukuWarung karena sudah mulai usaha juga. Yang sulit kan memisahkan antara kebutuhan rumah tangga dengan pembukuan untuk usaha.

    • Wahid Priyono 11:53 am 2 Desember 2021 Balas

      Betul sekali kak Hani. Emang kadang banyak yang masih sulit memisahkan uang untuk kebutuhan rumah tangga dan uang usaha.

Write a comment