Wahid Priyono

Bloger

Web Designer

Influencer

Freelancer

Teacher

Writer

Content Creator

Badminton Lovers

Wahid Priyono

Bloger

Web Designer

Influencer

Freelancer

Teacher

Writer

Content Creator

Badminton Lovers

#BlogPost

Peristiwa Maut 98′: Kecelakaan Lalin Tak Tercover Asuransi Kendaraan, Bagaimana Nasibnya?

17 September 2023 Asuransi
Peristiwa Maut 98′: Kecelakaan Lalin Tak Tercover Asuransi Kendaraan, Bagaimana Nasibnya?

Peristiwa kecelakaan maut ini menimpa keluarga dari ibu saya di tahun 1998. Dimana salah satu kakak tertua dari ibu saya mengalami kecelakaan lalu lintas (lalin) di salah satu lokasi di jalan menuju Pesisir Barat, Provinsi Lampung.

Ceritanya, di kala malam itu sekitar bulan Februari 1998, kakak tertua dari ibu saya (mas Eno) tersebut ingin melakukan perjalanan dalam rangka berkunjung ke rumah mertuanya, karena sedang sakit.

Tidak tahu mengapa saat ia mengendarai mobil bersama istri dan ketiga anaknya mengalami kecelakaan karena mobilnya oleng ke arah kiri menabrak pohon yang letaknya persis di sebelah kiri bahu jalan.

Terdapat korban jiwa dalam peristiwa ini, dimana salah satu anak mas Eno yang bungsu harus meninggal dunia di TKP. Selain itu, kendaraan yang ditumpangi mengalami kerusakan yang cukup parah, bodi mobil ada yang ringsek sebagian, dan terpaksa saat itu harus menunggu mobil lewat, karena komunikasi melalui perangkat handphone saat itu masih terbatas.

Rasa sedih, pilu, dan berbagai kerugian kendaraan akibat kecelakaan ini menyisahkan sebuah kenangan sekaligus pengalaman berharga dalam hidup keluarga besar kami.

Kami sekeluarga memang tahu, bahwa rute jalan dari Kota Agung menuju Pesisir Barat dengan melintasi hutan Taman Nasional Bukit Barisan Selatan (TNBBS) di malam hari tentu saja sangat berisiko.

Selain karena terkenal dengan banyaknya hewan buas di tahun itu, juga medan jalan yang sempit dan penerangan yang kurang cukup di malam hari tentu juga menjadi alasan terkadang membuat jarak pandang pengemudi menjadi minim.

Lalu Berapa Kerugian Untuk Biaya Perbaikan Kendaraan?

Saat saya tanya ke mas Eno, saat itu ia harus menunggu pagi harinya baru ada warga yang membantu untuk mengurusi kendaraan yang ringsek di pinggir jalan itu. Sementara, ada warga yang membantu untuk menghubungi polisi terdekat agar segera ditangani. Untuk anaknya yang meninggal memang langsung dibawa oleh mobil warga di daerah itu ke rumah mas Eno.

Setelah mobil ditangani, sebagian polisi mencoba menanyakan ke mas Eno, apa yang sebenarnya terjadi pada malam tadi saat mobil menabrak pohon?

Mas Eno menjawab bahwa kecelakaan itu memang murni karena akibat dirinya yang sangat mengantuk. Karena memang perjalanan malam itu ditempuh setelah sholat isya, dan berharap di pagi harinya sudah sampai di mendiang mertua. Namun, naas, di tengah perjalanan tepatnya di Jalan Lintas Barat Lampung yang rute jalannya sempit terjadi kecelakaan mobil.

“Kecelakaan ini murni akibat kelalaian saya ketika mengemudikan kendaraan. Saya memang sangat mengantuk saat itu,”. Ujar mas Eno kepada seorang polisi di sekitar TKP tersebut.

Dari peristiwa ini, menurut cerita mas Eno kepada saya bahwa ternyata tidak sedikit biaya yang harus dikeluarkan untuk perbaikan kendaraan. Selain rugi secara materi, waktu, tenaga, juga ia harus mengikhlaskan putra bungsunya yang meninggal dunia.

BACAAN LAINNYA:  Perusahaan Asuransi Digital Itu Bernama Tugu Insurance

Mas Eno juga menyesal mengapa saat itu ia tidak mengasuransikan mobilnya agar jika terjadi hal-hal yang tak diinginkan bisa ditangani dengan cepat.

Namun, nasi sudah menjadi bubur. Dan dari peristiwa ini juga kita semua bisa belajar dan memetik pengalaman berharga dari mas Eno bahwa kejadian tidak terduga dalam hidup itu bisa saja terjadi kapan saja.

Bahkan sebenarnya setiap diri kita yang memiliki kendaraan juga ternyata memiliki risiko besar untuk mengalami kecelakaan atau juga kerusakan pada kendaraan pada kondisi-kondisi tertentu.

Oleh sebab itu, setiap diri kita yang sudah memiliki kendaraan maka penting sekali untuk mengasuransikan kendaraan kita, baik itu mobil maupun motor melalui asuransi kendaraan.

Karena bagaimanapun juga asuransi kendaraan inilah yang nantinya akan mengcover semua kebutuhan kita akan hal-hal tidak terduga yang terjadi pada kendaraan.

Asuransi kendaraan ini juga bisa kita analogikan sebagai “payung” yang siap untuk melindungi kita dari badai maupun hujan yang tiba-tiba datang tanpa diundang.

Pentingnya Kepemilikan Asuransi Kendaraan Pada Setiap Pemilik Mobil Maupun Motor

Kisah mas Eno dan keluarganya yang mengalami kecelakaan maut di atas ternyata bisa menjadi pembelajaran bagi kita semuanya bahwa, kepemilikan asuransi kendaraan itu penting bagi pengendara apapun itu jenisnya baik mobil maupun motor.

Di perjalanan berangkat kerja atau pulang kita berisiko untuk mengalami kecelakaan maupun kerusakan pada kendaraan.

Maka dengan kita memiliki asuransi bagi kendaraan yang kita sayangi tentu hidup kita akan semakin tenang. Karena kalau kendaraan sudah terasuransikan ke lembaga asuransi terpercaya maka jika ada hal-hal tak terduga datang terjadi pada kendaraan kita maka akan tercover dengan baik.

Jadi intinya, tidak ada ruginya bagi setiap pemilik kendaraan untuk mengasuransikan kendaraan ke pihak asuransi agar hidup semakin baik.

Dan kabar baiknya bahwa saat ini sudah ada lembaga asuransi terpercaya di Indonesia yaitu dari MPM Insurance. Lalu sebenarnya apa itu MPM Insurance atau asuransi MPM?

Mari kita simak pada pembahasan di bawah ini, semoga bermanfaat.

Mengenal Asuransi Kendaraan Dari MPM Insurance

MPM Insurance merupakan lembaga asuransi terpercaya di Indonesia. MPM Insurance merupakan bagian dari MPM Group yang beroperasi di ibu kota negara (Jakarta).

MPM Insurance sudah terdaftar dan terus diwasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sehingga untuk para pemilik kendaraan yang hendak mengasuransikan kendaraannya tidak perlu khawatir lagi. Hal ini karena pihak asuransi MPM Insurance sangat cermat dan pelayanan yang diberikan selalu prima. Sehingga tidak heran jika banyak pemilik kendaraan di Indonesia yang mengasuransikan kendaraan mereka di MPM Insurance.

BACAAN LAINNYA:  Kisah “Paino” dan Timun Ajaibnya, Bersama Menjadi Lebih Baik
Logo MPM Insurance

PT Asuransi Mitra Pelindung Mustika (MPM Insurance) ini berdiri sejak tanggal 8 Mei 2012 dan mulai beroperasi sejak 2 Oktober 2012 setelah memperoleh izin asuransi umum dari Kementerian Keuangan Republik Indonesia.

Kantor pusat MPM berada di Jakarta dengan banyak kantor cabang dan perwakilan di berbagai daerah di Indonesia seperti di Solo, Malang, Purwokerto, Palembang, Pekanbaru, Pontianak, Medan, Surabaya, Semarang, Samarinda, Jambi, Bandar Lampung, Makassar, Banjarmasin, Denpasar, Bandung dan Bogor.

Walaupun perusahaan ini terlihat relatif baru sejak tahun berdirinya, namun asuransi MPM dipimpin oleh manajemen berpengalaman dengan rekam jejak sangat baik. Hal ini terbukti dari para pimpinan, kayawan serta seluruh stake holder MPM Insurance yang bekerja dengan profesional.

Perlu diketahui bersama bahwa untuk saat ini, MPM Insurance lebih berfokus pada jenis asuransi bisnis dan asuransi personal.

1. Asuransi Bisnis MPM Insurance

Asuransi bisnis dari MPM Insurance dapat mengcover beberapa jenis asuransi yang bisa teman-teman coba dan disesuaikan dengan kebutuhan, misalnya:

  • Asuransi rekayasa;
  • Asuransi keuangan;
  • Asuransi pengangkutan;
  • Asuransi rangka kapal;
  • Asuransi kredit multiguna;
  • Asuransi tanggung gugat;
  • Penjaminan surety.

Asuransi bisnis ini menurut saya sangat cocok dimanfaatkan bagi teman-teman yang bergerak di bidang bisnis ritel termasuk UKM/UMKM. Mengklaim asuransi jenis ini tentu saja bertujuan agar perusahaan yang sedang dijalankan bisa tetap bertahan lama serta kemampuan untuk terus menjaminan keamanan, keselamatan, serta profesionalisme dalam berbagai aktivitas pekerjaan baik untuk saat ini maupun di masa yang akan datang.

2. Asuransi Personal MPM Insurance

Jenis asuransi personal dari MPM Insurance ini justru ditujukan untuk perlindungan diri sendiri maupun keluarga. Asuransi jenis ini pun bisa kita coba karena tentunya sangat berguna untuk mempersiapkan kejadian di luar prediksi, seperti:

  • Asuransi properti;
  • Asuransi perjalanan;
  • Asuransi kecelakaan diri; dan
  • Asuransi kendaraan.

Menurut saya untuk asuransi kendaraan saat ini sangat penting sekali. Sebab, saat ini kita kalau mau berpergian entah itu ke tempat mertua, calon pasangan, gebetan, dan teman pastinya menggunakan kendaraan baik itu mobil maupun motor.

Meskipun terlihat cepat menggunakan kendaraan pribadi baik itu mobil maupun motor saat kita mau berpergian ke sebuah tempat kerja dan lainnya, nyatanya ada banyak risiko mengintai serta kerugian berkendara di jalan raya.

Kita bisa ambil contohnya yaitu kerusakan mesin kendaraan secara tiba-tiba, kecelakaan lalu lintas/tabrakan dengan sesama kendaraan atau menabrak pohon seperti yang dialami oleh keluarga saya, benturan, tergelincir, terbalik, kehilangan, pencurian, serta modus kejahatan di jalan raya adalah sesuatu hal yang bisa saja terjadi pada diri kita maupun keluarga yang kita cintai.

MPM Insurance sendiri menawarkan kepada kita semua untuk selangkah lebih baik bersamanya yakni dengan memanfaatkan asuransi kendaraan yang sudah terbukti mampu membantu memberi keamanan, kenyaman serta perlindungan banyak orang yang berkendara di jalan raya. Di MPM Insurance sendiri tersedia asuransi kendaraan baik itu untuk jenis asuransi mobil maupun asuransi motor.

Asuransi mobil atau asuransi kendaraan bermotor merupakan asuransi yang memberikan ganti rugi terhadap kendaraan bermotor yang diasuransikan akibat terjadi kehilangan, bencana, maupun kecelakaan.

Menurut halaman website MPM Insurance, bahwa jaminan asuransi untuk kendaraan bermotor tercover dalam 2 (dua) jenis layanan yakni:

  • Semua risiko, yaitu menjamin kerugian atas kerusakan pada kendaraan yang kita tumpangi jika mengalami peristiwa akibat benturan, tabrakan, tergelincir, terbalik, atau terpenyok, dan lain sebagainya;
  • Kerusakan total saja, yaitu menjamin kerusakan yang terjadi pada kendaraan bermotor  sama dengan atau di atas 75% dari harga pasar saat peristiwa terjadi, menjamin kehilangan akibat pencurian, serta menjamin kerugian akibat tanggungjawab hukum terhadap pihak ketiga;

Memiliki asuransi kendaraan baik itu asuransi mobil atau motor sangatlah penting. Maka dari itu, kita semua penting sekali menyiapkan hal tersebut sejak awal atau jauh-jauh hari agar kehidupan kita semakin baik.

Selangkah Lebih Baik Bersama MPM Insurance

Kadang untuk menjadi orang baik itu butuh proses. Ada proses kehidupan yang perlu dijalani hingga kita berada pada titik kesuksesan yang diimpikan.

Sama halnya, untuk menjadikan kendaraan yang kita miliki lebih baik, bukan hanya kita merawat dan atau menambahkan aksesoris tambahan pada bagian eksterior maupun interior saja. Akan tetapi lebih dari itu.

Tentu saja kita perlu mengasuransikan kendaraan kita pada lembaga asuransi yang tepat seperti MPM Insurance ini. Sebab, kita tidak akan tahu hal-hal baik atau buruk apa yang akan menimpa diri kita, keluarga ataupun kendaraan yang kita miliki saat berada di jalan. Maka dari itu, memiliki asuransi kendaraan itu sangat penting sekali dalam hidup.

Dengan kita yakin dan semakin mantap untuk mengasuransikan kendaraan kita maka sudah satu langkah kita menuju hidup yang jauh lebih baik. Yuk, selangkah lebih baik bersama MPM Insurance !

Sumber Referensi:

Taggs:
35 Comments
  • Mpo Ratne 4:56 pm 19 September 2023 Balas

    Ngantuk memang jadi penyebab kecelakaan . Hal inilah yang perlu di waspadai dan juga mengajarkan betapa pentingnya asuransi kendaraan biar biaya rusaknya mobil akibat kecelakaan, asuransi yang menanggung

    • Wahid Priyono 9:51 am 21 September 2023 Balas

      yups bener banget kak, memang sedang kelelahan katanya mas Eno.

  • Fenni Bungsu 7:33 pm 19 September 2023 Balas

    proteksi barang yang dimiliki apalagi ini adalah kendaraan pribadi memang sebaiknya dilakukan ya kak, sebagai upaya jaga-jaga selain dengan berhati-hati ketika dalam perjalanan

    • Dian 4:36 pm 20 September 2023 Balas

      Iya benar sekali mas
      Memang sangat penting punya asuransi ya
      Melindungi kita dari kejadian yg tak terduga

    • Wahid Priyono 10:00 am 21 September 2023 Balas

      Yups bener banget kak…

  • nurul rahma 7:59 pm 19 September 2023 Balas

    turut berduka ya mas.
    memang asuransi kendaraan itu pentiiinggg bgt.
    karena bs menjadi payung yg bs diandalkan manakala terjadi hal2 yg tdk diinginkan ya

    • Wahid Priyono 9:59 am 21 September 2023 Balas

      Bener dan setuju dengan pendapat kak Nurul. Makasih kak.

  • Dian Restu Agustina 11:14 pm 19 September 2023 Balas

    Ikut berduka cita atas musibah kecelakaan saudaranya ya, Mas
    memang manfaat asuransi sebagai proteksi nyata adanya. Saya mengansuransikan kendaraan dan pernah mengalami kecelakaan meski ringan. Mobilnya disodok bus saat perjalanan mudik. ringsek di bagian tengah. Alhamdulillah kami sekeluarga baik-baik saja. Syukurnyanya biaya perbaikan yang belasan juta rupiah itu dicover asuransi juga.

    • Wahid Priyono 9:56 am 21 September 2023 Balas

      Iya bener banget mbak Dian…makasih atas argumen dan saran2nya. Sangat berguna sekali.

  • Shyntako 9:08 am 20 September 2023 Balas

    byk sekali ya org kita yg memang masih menyepelekan asuransi, krn memang manfaatnya tuh baru berasa klo udh kejadian, menurutku sih, klo memang pas ada uangnya baiknya ambil deh asuransi minimal asuransi jiwa dan kendaraan/rumah gitu

    • Wahid Priyono 9:54 am 21 September 2023 Balas

      Yups, makasih kak Shyntako atas saran-sarannya. Semoga bisa dibaca dan bermanfaat untuk yang lainnya.

  • Maria G 10:14 am 20 September 2023 Balas

    Saya juga pernah ngalamin apes nih
    2 kali kehilangan mobil ketika asuransinya belum sempat diperpanjang
    Sesudah itu kapok, selalu memperpanjang asuransi tepat waktu
    Alhamdulilah gak perna hilang lagi
    Ups …..:D

    • Wahid Priyono 9:53 am 21 September 2023 Balas

      Berarti punya asuransi kendaraan ternyata begitu pentingnya demi kehidupan yang lebih baik.

  • Taufiqur rahman 10:19 am 20 September 2023 Balas

    Zaman now, tiap mobil sebaiknya diikutkan asuransi. Kondisi di jalan raya yang unpredictable membuat pemilik kendaraan harus punya tameng agar jika terjadi sesuatu, sudah ada cadangannya.
    Di MPM Insurance tersedia banyak pilihan asuransi termasuk asuransi kendaraan bermotor. Yuk cuss kunjungi MPM Insurance yuk…

    • Wahid Priyono 9:52 am 21 September 2023 Balas

      Iya setuju mas. Pemilik kendaraan memang perlu mengansuransikan mobil atau motornya ke pihak asuransi yang terpercaya seperti MPM Insurance ini. Produk asuransi kendaraan dari MPM Insurance ini sangat bagus sekali, banyak diminati masyarakat Indonesia.

  • Suci 10:46 am 20 September 2023 Balas

    Innalillaahi Wainna Ilaihi rajiuun…
    Jadi bisa belajar dari pengalaman, ya, mas
    Betapa pentingnya berasuransi untuk antisipasi hal-hal yang di luar dugaan dan di luar kuasa.
    Semoga kita semua selalu dalam lindungan. Aamiin

  • Myra (Keke Naima) 1:26 pm 20 September 2023 Balas

    Pastinya gak ada yang pengen mengalami kecelakaan saat perjalanan, ya. Tapi, adanya asuransi setidaknya bisa membantu dalam hal pembiayaan. Semoga kita selalu dilindungi oleh Nya. Aamiin

    • Wahid Priyono 9:48 am 21 September 2023 Balas

      Bener kak, saya juga gitu tetap berhati2 saat berkendara, tenang dan kondisi badan harus fit.

  • lendyagassi 1:56 pm 20 September 2023 Balas

    Inna lillahi wa inna ilaihi raji’un.
    Allahummaghfirlahu warhamhu wa’afihi wa’fu’anhu.
    Semoga diberi kelapangan dan kesabaran bagi keluarga yang ditinggalkan.

    Pukulan yang berat ketika ada musibah seberat kecelakaan ini yaa..
    Ada banyak faktor dan semoga dengan kejadian ini, kak Wahid sudah berbagi pengalaman berharga bagi pembaca untuk senantiasa waspada dan melakukan apa yang bisa dilakukan di masa kini untuk melindungi aset berharga keluarga.
    Heturnuhun.

    • Wahid Priyono 9:47 am 21 September 2023 Balas

      Iya kak, dari sini juga saya belajar mengambil hikmah dari cerita mas Eno. Sangat menyentuh.

  • Annie NUGRAHA 3:30 pm 20 September 2023 Balas

    Saya sepertinya pernah melewati jalur TNBBS ini saat akan ke Krui. Bener gak sih Mas Wahid? Ngeri banget memang jalurnya. Sudahlah banyak jalan rusak dan bolong-bolong, penerangan jalan minim, pun dikelilingi hutan yang lebat. Syukurnya saat itu saya diantar oleh warga Krui yang memang bisa antar jemput tamu dari bandara di Bandar menuju Krui.

    Tahun 1998 juga memang HP belum banyak beredar dan digunakan publik. Jadi mendapatkan pertolongan pertama di area ini memang susah. Harus menunggu bantuan dari mobil yang lewat.

    Duh saya merinding baca tulisan ini. Apalagi dalam keadaan rusak parah dan tanpa tanggungan asuransi. Resikonya tinggi sekali ya Mas.

    • Wahid Priyono 9:46 am 21 September 2023 Balas

      Iya bener banget kak Annie menuju daerah KRUI. Dulu jalannya memang ada yang mulus dan berlubang kalo cerita dari mas Eno. Cuma sekarang udah lebih bagus dan vibesnya indah karena langsung bisa melihat hutan lebat TNBBS dengan view yang indah.

  • Bambang Irwanto 3:32 pm 20 September 2023 Balas

    Turut berduka cita ya, mas. dan memang itulah kenapa, dilarang menegndarai saat dalam keadaan mengantuk. Lebih baik berhenti sejenak,lalu melanjutkan perjalanan. Ata ada yang gantian menyetir.
    Dan itu juga perlunya ada asuransi. karena kita tidka tahu yang akan terjadi.kalau sudah tercover, jadi lebih tenang.

    • Wahid Priyono 9:45 am 21 September 2023 Balas

      Bener kak, harus tenang dan dalam kondisi fit memang saat berkendara di jalan raya. Ya kadang musibah gak tahu ya memang, perlu juga memang punya asuransi kendaraan untuk mengcover kepemilikan mobil atau motor dll.

  • Lia Lathifa 7:04 pm 20 September 2023 Balas

    Turut berduka cita atas wafatnya keponakan ya mas, sedih juga baca ceritanya. Dan memang penting banget ikut asuransi kendaraan karena kita gak tau hal apa yg terjadi , tapi tetap harus pilih asuransi yang terpercaya, jangan sampai begitu dibutuhkan malah tetep gak dicover dengan berbagai alasan

    • Wahid Priyono 9:43 am 21 September 2023 Balas

      Iya makasih kak Lia, bener banget perlu memang memilih asuransi yang tepat dan terpercaya, misalnya di MPM Insurance ya…

  • Nanik Nara 3:44 am 21 September 2023 Balas

    Musibah memang nggak bisa diduga datangnya ya. Supaya nggak bingung saat musibah datang, terutama dengan masalah biaya, punya asuransi memang bisa jadi pilihan

    • Wahid Priyono 9:41 am 21 September 2023 Balas

      Yups, bener banget kak Nanik. Asuransi memang sangat bermanfaat untuk kehidupan kita dan juga barang yang kita miliki.

  • Reyne Raea 11:13 am 21 September 2023 Balas

    Sering banget nih kecelakaan dipicu oleh rasa ngantuk, karena di jalanan gitu, ngantuk sepersekian detik aja, olengnya ga main-main 🙁
    Emang yang namanya asuransi itu, salah satunya untuk mencover hal-hal yang tidak kita inginkan kayak gini

  • Aisyah Dian 8:07 pm 22 September 2023 Balas

    aku setuju banget kak dengan asuransi nih emang wajib punya. ingat Almarhum teman nggak cepat ditindaklanjuti karena harus urus sana-sini. kalau punya asuransi bisa sat set pasti

  • Wahyuindah 1:58 am 29 September 2023 Balas

    Innalillahi wainna ilaihi rojiun. Turut berdukacita ya kak atas musibah yang dialami saudara kakak. Kecelakaan mobil parah sampai ada yang meninggal. Coba kalau diasuransikan mobilnya. Mungkin kerugiannya gak banyak banget ya. Pelajaran nih jangan ngantuk kalau lagi berkendara. Fatal akibatnya

    • Wahid Priyono 7:20 am 29 September 2023 Balas

      Yups, makasih kak. Bener banget kak, asuransi mobil atau kendaraan bermotor sangat penting bagi pemilik kendaraan agar nyaman dan aman selama di perjalanan, karena sudah ada yang mengcover. Jadi tak perlu cemas lagi…

  • Ira Hamid 9:51 pm 1 Oktober 2023 Balas

    bagi yang punya kendaraan, penting banget untuk punya asuransi kendaraan yaa agar bila terjadi lakalantas, kendaraannya bisa dicover asuransi

Write a comment